15 prediksi bill gates tentang tren teknologi

15 Prediksi Bill Gates


Bill Gates pada tahun 1999 melalui bukunya berjudul Business @ The Speed of Thought, di dalam buku itu ada 15 prediksi soal teknologi internet yang akan terjadi pada masa depan.

Berselang 20 tahun kemudian, prediksi yang ditulis oleh pendiri Microsoft itu terbukti menjadi kenyataan.

Bahkan teknologi yang diprediksi oleh Bill Gates itu tidak bisa lepas dari keseharian Anda.

Layaknya seorang peramal, ini menunjukkan bahwa saat itu Bill Gates memang tahu betul seperti apa teknologi yang akan hadir di masa depan.

Apa saja ke-15 prediksi itu:

1. Situs Perbandingan Harga


Di dalam buku itu, Bill Gates mengatakan, layanan perbandingan harga secara otomatis akan dikembangkan, memungkinkan orang-orang untuk melihat harga di berbagai situs, menjadikannya mudah untuk menemukan produk dari berbagai industri.

Ini terbukti telah menjadi kenyataan. Saat ini, kita bisa mengetahui harga suatu poduk dengan cepat dengan mengunjungi situs seperti Amazon atau marketplace/e-commerce yang saat ini sudah banyak sekali jumlahnya.

Tidak hanya produk, perbandingan harga seperti penginapan hotel juga kini bisa diketahui secara mudah dengan mengunjungi situs seperti Agoda atau Trivago.

2. Perangkat Seluler

Bill Gates mengungkapkan bahwa suatu hari manusia akan membawa perangkat kecil ke manapun mereka akan bepergian.

Perangkat itu berfungsi menghubungkan sesama manusia, mengakses berita, melihat informasi penerbangan, mendapat informasi dari pasar keuangan, dan melakukan hal lainnya.

Tepat seperti perkiraan Gates pada 20 tahun lalu tersebut, kini hampir semua masyarakat modern di seluruh dunia sangat bergantung dengan yang namanya perangkat pintar.

Baik itu smartphone, tablet, atau smartwatch yang kahadirannya semakin popular saat ini.

3. Pembayaran Instan dan Pembiayaan Online, Hingga Layanan Kesehatan Lewat Internet

"Orang akan membayar tagihan mereka, mengurus keuangan mereka, dan berkomunikasi dengan dokter mereka melalui internet." Begitulah ungkapan Bill Gates dalam bukunya.

Lihat sekarang, untuk sekadar melakukan transaksi keuangan seperti mentranfer uang atau mutasi rekening kini tidak perlu repot mengantre di bank atau ATM berkat adanya m-banking dan internet banking.

Bahkan, juga bisa melakukan pembayaran berbagai tagihan lewat platform tersebut.

Tidak hanya itu, transaksi keuangan juga semakin maju dengan hadirnya e-wallet, e-money, dan platform pinjaman online.

Kemudian, mengenai layanan kesehatan berbasis online, saat ini memang banyak platform yang menyediakan jasa konsultasi kesehatan dengan menghubungkan pengguna langsung ke dokter ahli seperti platform Halodoc, Alodokter, dan Konsula.

4. Asisten Virtual

Google Assistant, Siri, Alexa, dan Cortana. Siapa yang tidak mengenalnya?

Merupakan deretan asisten virtual yang kini popular digunakan orang-orang, nyatanya teknologi asisten virtual ini juga masuk dalam prediksi Bill Gates.

Pendiri Microsoft itu memastikan bahwa asisten virtual yang dikembangkan dengan kemampuan teknologi akan mampu membantu mempermudah aktivitas atau pekerjaan manusia.

Sungguh hebat prediksinya bisa benar-benar menjadi kenyataan di masa kini.

5. Kamera Pengawas yang Terhubung Internet

Bapak Microsoft ini mengatakan bahwa kamera pengawas (CCTV) akan jadi hal yang lumrah digunakan pada rumah di masa depan.

Pengguna akan tahu siapa saja yang datang ke rumahnya ketika ia tak berada di tempat.

Saat ini, kamera pengawas memang benar-benar wajar diterapkan di berbagai tempat.

Bahkan, penggunaannya pun semakin luas hingga digunakan untuk mengawasi arus lalu lintas jalan hingga area-area publik.

6. Platform Media Sosial

Bill Gates memperkirakan bahwa "Situs web pribadi untuk teman dan keluarga akan menjadi umum, memungkinkan Anda untuk mengobrol dan merencanakan acara."

Dari pernyataan Gates itu, inilah yang sekarang disebut dengan media sosial. sudah banyak sekali platform media sosial yang bermunculan yang beberapanya sangat popular seperti Facebook, Instagram, Snapchat, Twitter, dan Tumblr.

Meski demikian, ada pula media sosial yang akhirnya harus mati karena kalah bersaing dengan platform lainnya.

7. Penawaran Promosi dan Tren Pembelian yang Ditargetkan

Masih berdasarkan pada bukunya, Gates mengatakan, di masa depan akan hadir "Perangkat lunak yang tahu kapan pengguna telah memesan tiket perjalanan dan menggunakan informasi itu untuk menyarankan kegiatan di destinasi tujuan.

Ini menunjukkan aktivitas, diskon, penawaran, dan harga yang lebih murah untuk semua hal yang ingin Anda ikuti.

Perangkat juga akan memiliki iklan yang cerdas. Mereka akan mengetahui tren pembelian Anda, dan akan menampilkan iklan yang disesuaikan dengan preferensi Anda."

Sekarang, iklan tertarget ini sudah bisa kita temui seperti di iklan Google atau iklan Facebook.

Selain itu, situs-situs seperti TripAdvisor dan Expedia juga dapat menyarankan kegiatan terdekat jika Anda memesan penerbangan ke suatu tempat tujuan, atau menyarankan penawaran lain, seperti hotel dan tempat hiburan.

8. Diskusi Pertandingan Olahraga Secara Live

"Sambil menonton pertandingan olahraga di televisi, layanan akan memungkinkan Anda untuk mendiskusikan apa yang sedang berlangsung, dan mengikuti kontes di mana Anda memilih siapa yang menurut Anda akan menang." Itu prediksi Gates kala itu.

Kehadiran Twitter sebagai situs yang menghimpun obrolan hangat secara langsung, sudah menjadi prediksi Gates tahun 1999.

Saat berlangsung pertandingan olahraga seru, netizen Twitter akan saling bagi informasi dan merespon berbagai informasi yang terakses.

9. Tautan Ke Situs Selama Siaran Televisi Berlangsung

Gates sudah memprediksi bahwa siaran televisi nantinya akan bertautan ke situs web dan konten yang relevan yang bertujuan untuk melengkapi tayangan yang sedang ditonton orang-orang.

Sebagai contoh, saat ini hampir semua siaran pertandingan olahraga menyematkan tautan Twitter agar penonton bisa mencari tahu informasi lebih dalam terkait tim idolanya yang sedang bertanding.

Selain itu, iklan yang kita lihat sekarang juga memiliki tautan ke situs web perusahaan yang ditayangkan di televisi, atau tagar di mana orang dapat lebih terlibat dengan produk yang diiklankan tersebut.

10. Iklan yang Cerdas

"Perangkat akan memiliki iklan yang cerdas. Mereka akan mengetahui tren pembelian Anda, dan akan menampilkan iklan yang disesuaikan dengan preferensi Anda," ungkap Gates di bukunya.

Memang benar, hampir semua iklan saat ini memiliki kemampuan seperti demikian.

Misalnya, ketika kita mencari sebuah produk smartphone, maka ketika kita membuka situs lain maka akan muncul iklan-iklan terkait produk smartphone yang sebelumnya kita lakukan dalam pencarian di peramban.

11. Diskusi Online Masyarakat

Bill Gates memprediksi bahwa setiap masyarakat suatu negara akan dapat berdiskusi berbasis Internet mengenai masalah yang mempengaruhi lingkungan mereka, seperti politik, perencanaan kota, atau hal terkait keselamatan.

Di luar apa yang sudah ditawarkan Facebook dan Twitter dalam hal diskusi politik, aplikasi seperti Nextdoor dan Citizen ditujukan untuk membantu masyarakat untuk saling terhubung satu sama lain dan mendiskusikan masalah lokal daerah mereka.

12. Situs Online Berbasis Minat

Dalam bukunya, Bill Gates juga memperkirakan bahwa "Komunitas online tidak akan dipengaruhi oleh lokasi Anda, tetapi lebih pada minat Anda."

Ini terlihat di media sosial saat ini, seperti dalam grup Facebook atau blog Tumblr.

Di YouTube, orang di seluruh dunia dapat mengikuti vlogger yang mereka sukai, apakah mereka berbicara tentang skateboarding, musik, makeup, memasak, atau topik lainnya.

13. Perangkat Lunak Manajemen Proyek

Gates pernah memperkirakan bahwa manajer proyek yang ingin menyatukan tim akan dapat dilakukan secara online ketika teknologi sudah mendukung di masa depan.

Saat ini, mengerjakan proyek secara bersamaan dapat dilakukan lewat platform Google Drive, Office365, dan lainnya.

Bahkan, dengan mengandalkan jaringan internet proyek dapat dikerjakan meskipun anggota tim berada di lokasi yang berbeda.

14. Perekrutan Online

Dengan berbagai platform pencari pekerjaan yang bermunculan saat ini, setiap orang dapat mencari pekerjaan idaman mereka.

Seperti LinkedIn dan Jobstreet misalnya, lewat platform ini perusahaan maupun pencari kerja dapat bertemu untuk selanjutnya melakukan proses rekrutmen.

15. Perangkat Lunak Komunitas Bisnis

"Perangkat akan dapat menawar pekerjaan, apakah mereka mencari proyek kontruksi, produksi film, atau kampanye iklan. Ini akan efisien untuk kedua perusahaan besar yang ingin melakukan kerjasama bisnis," ungkap Gates di bukunya.

Menurut ramalan Gates, kerja sama bisnis antar perusahaan nantinya dapat didiskusikan dengan cara yang modern dan tidak lagi menggunakan cara konvensional.

Melalui berbagai aplikasi enterprise, pengusaha dapat saling berbincang dan akhirnya dapat menjalin kemitraan untuk proyek besar.

Kompas.com/Oik Yusuf