pengertian komputer

JIka kita tinjau berdasarkan etimologi maka komputer berasal dari bahasa inggris berarti “Computer”. Awalnya arti dari kata tersebut adalah orang yang melakukan kalkulasi atau penghitungan. Seiring berjalannya waktu, terjadi perubahan pada pengertian komputer, sampai akhirnya pengertian komputer adalah alat yang dapat menerima perintah atau instruksi untuk melaksanakan operasi logika dan aritmatik secara otomatis.

Kemampuan komputer untuk melakukan atau mengikuti serangkaian operasi disebut program. Hal inilah yang dapat membuat komputer bisa menjalankan berbagai macam tugas yang diperintahkan. Sedangkan yang dimaksud instruksi adalah perintah yang diberikan kepada komputer, perintahnya tentu saja bukan perintah biasa melainkan perintah yang dapat dipahami komputer.

Baca Juga  Pengertian, Fungsi, dan Jenis-Jenis BIOS


Komponen-komponen utama yang terdapat pada komputer adalah memori, motherboard, power supply, prosesor, vga, cd rom, casing, monitor dan harddisk. Jika ditinjau dari segi arsitekturnya, komputer bisa dibagi menjadi 4 bagian utama, ALU atau unit logika dan aritmatika, unit input output, memori dan unit kontrol.

Memori berfungsi menjadi tempat dalam menyimpan informasi. ALU berfungsi untuk dapat melakukan operasi aritmatika dan logika serta dapat melakukan perbandingan. Pekerjaan utama dari komputer dilakukan oleh unit tersebut. Sementara unit kontrol berfungsi sesuai dengan namanya yakni mengontrol intruksi dari program komputer. Mulai dari menyimpan perintah, mengirim preintah ke ALU dan mengembalikan hasilnya ke memori yang sesuai. Sedangkan unit input output dipakai dalam mendapatkan data dari luar dan memberikan hasil informasi ke luar.

Komputer semakin lama semakin mengalami perkembangan. Dulu komputer dibedakan atas penggunaannya yakni komputer analog, komputer digital dan komputer hybrid. Untuk sekarang ini, komputer bahkan bisa kita klasifikasikan berdasarkan ukuran. Mulai dari yang kecil seperti komputer mini dan komputer mikro, smartphone juga terolong jenis komputer mini. Kemudian ada PC atau komputer personal dan laptop sedangkan komputer berukuran besar disebut komputer super.

Pengertian komputer secara umum adalah alat yang digunakan dalam melakukan pengolahan data menurut prosedur yang sudah dirumuskan dimana komputer itu sendiri merupakan perangkat elektronik yang terdiri atas beberapa komponen yang senantiasa saling bekerja sama untuk membentuk sebuah sistem kerja yang bisa menjalankan pekerjaan secara otomatis berdasarkan urutan instruksi atau program yang diberikan kepadanya sehingga bisa menghasilkan suatu informasi berdasarkan program dan data yang sudah ada. Definisi tentang pengertian komputer sudah mengalami beberapa perubahan mengikut perkembangan komputer itu sendiri, kata komputer berasal dari kata bahasa Yunani “Computare” yang berarti memperhitungkan atua menggabungkan bersama-sama. kata “com” berati menggabungkan dalam pikiran atau secara mental, sedangkan kata “putare” berarti memikirkan perhitungan atau penggabungan. dalam bahasa inggris ” To Compute” yang artinya menghitung. sedangkan menurut beberapa ahli pengertian komputer adalah :

Pengertian Komputer menurut Robert H. Blissmer

Komputer adalah suatu alat elektronik yang dapat melakukan beberapa tugas seperti menerima input, memproses input, menyimpan perintah perintah dan menyediakan output dalam bentuk informasi.

Pengertian Komputer menurut V.C Hamacher et al



Komputer adalah mesin penghitung elektronik yang dengan cepat dapat menerima informasi input digital, memprosesnya dengan program yang tersimpan di memorinya dan menghasilkan output informasi.

Pengertian Komputer menurut Elias M. Awad



Komputer adalah sebuah alat penghitung yang memproses data untuk disajikan dalam bentuk data digital dan data analog.

Penertian Komputer menurut Donal H. Sanderes

Komputer adalah sistem elektronik untuk manipulasi data dengan cepat dan tepat serta dirancang dan diorganisasikan agar secara otomatis menerima dan menyimpan data input, memprosesnya, dan menghasilkan output dibawah pengawasan suatu langkah-langkah instruksi program (sistem operasi) yang tersimpan di dalam penyimpanannya (stored program).

Pengertian Komputer menurut Larry Long dan Nancy Long

Komputer adalah alat hitung elektronik yang bisa menginterpresentasikan juga melaksanakan perintah program untuk melakukan input, output, perhitungan dan operasi logik.

Pengertian Komputer menurut William, Sawyer

komputer adalah mesin multiguna yang dapat diprogram, yang menerima data (fakta-fakta & gambar-gambar kasar) dan memproses atau memanipulasinya kedalam informasi yang dapat kita gunakan.

Pengertian Komputer menurut William M. Fuori

komputer adalah suatu alat pemroses data yang dapat melakukan perhitungan besar secara cepat, termasuk perhitungan aritmatika dan operasi logika, tanpa campur tangan manusia.