soal TEORI KEJURUAN UPW dan kunci jawaban

 

KARTU  SOAL UJIAN NASIONAL

TAHUN PELAJARAN 2017-2018

 

                        Mate Pelajaran  : TEORI KEJURUAN UPW

                             Banyak Soal       :  45

                             Bentuk Soal                 :  Pilihan Ganda

                             Bentuk Penilaian        :  Tertulis

 

 

Kompetensi yang diuji               :  Memproses dokumen perjalanan selain Dokumen Perjalanan Udara

Indikator                                         :  Sumber-sumber dan dokumen informasi industri diinterpretasikan,        

                                                    termasuk hal-hal berikut :

-    Jadwal, Data reservasi baik manual maupun komputerisasi

-    Informasi pada brosur

-    Jadwal/masa berlaku tariff

-    Panduan Visa

-    Panduan paspor

No. Soal                                        : 01

S o a l                                             : Agar wisatawan asing dapat tinggal di Indonesia, maka mereka harus mengajukan  ..... kepada pemerintah Indonesia

a. exit permit    b. fiskal   c. visa    d. paspor     e. ijin berlibur

Kunci Jawaban                             : c

 

 


Kompetensi yang diuji              : Memperbaharui informasi tentang daerah setempat

Indikator                                       : Sumber-sumber informasi daerah setempat diidentifikasi dan diakses dengan benar. Informasi yang didapat dicatat dan disimpan untuk kegunaan pada masa yang akan datang. Jenis-jenis informasi yang sering diminta/ditanyakan oleh pelanggan diidentifikasi dan disediakan, termasuk :  Sarana transportasi setempat, Obyek/atraksi wisata setempat, Bea Cukai, Peraturan-peraturan daerah setempat

                                            ekonomi daerah setempat

No. Soal                                        : 02

S o a l                                            : Unsur-unsur yang terdapat dalam sapta pesona adalah, kecuali .....

 a. indah                      b. ramah tamah           

 c. bersih                      d. kenangan                 e. damai

Kunci Jawaban                          : e

 

 

 


Kompetensi yang diuji     : Memuktahirkan informasi industri pariwisata

Indikator                               : Membagi ilmu ter - kini dengan pelanggan dan rekan kerja seperlunya dan  diaplikasikan dalam aktivitas kerja sehari hari

No. Soal                                : 03

S o a l                                    : Sekarang ini MICE tengah tumbuh menjadi indutri yang dapat diandalkan   di dunia. Apa kepanjangan dari MICE ?

a. Meeting, Incentives, Conference & Exhibition

b. Merge, Industry Conference & Exhibition

c. Meeting, Incentives, Conflic & Exhibition

d. Mart, Incentives, Conference &Exhibition

e. Meeting, Institution Meeting, Incentives Conference & Event

Kunci Jawaban                    : a

 

 

 

 

 

 

Kompetensi yang diuji      :   Mengemas produk dan jasa pariwisata

Indikator                                :  Produk dikembangkan dalam kontek  rencana bisnis dan fokus pemasaran       organisasi. Tujuan tiap-tiap produk diidentifikasi dengan konsultasi dengan teman kerja dan pelanggan yang tepat

No. Soal                                 : 04

S o a l                                     : Badan usaha yang menyelenggarakan kegiatan usaha perjalanan wisata ke dalam negeri atau ke luar negeri, disebut ....

a. kantor imigrasi  b. ticketing      c. biro perjalanan        

d. maskapai penerbangan             e. biro perjalanan wisata

Kunci Jawaban                   : e

 

 


Kompetensi yang diuji      : Memproses reservasi jasa penerbangan udara

Indikator                                : Ketersediaan permintaan reservasi ditetapkan dengan benar

                                           dan disampaikan kepada pelanggan dengan sopan

No. Soal                                 : 05

S o a l                                     : Kode special requirement untuk makanan bagi pengidap diabetes, adalah. a. CHML      .           b. VGML        c. NSML         d. DBML        e. MML

Kunci Jawaban                   : d

 

 

 


Kompetensi yang diuji        : Melakukan komunikasi melalui telepon

Indikator                                 :  Setiap panggilan telepon direspon  dengan cepat, jelas dan sopan sesuai standar perusahaan

No. Soal                                  : 06

S o a l                                       : Keberhasilan komunikasi sangat dipengaruhi oleh ketrampilan berbicara    dan mendengar secara efektif. Berikut ini faktor utama yang perlu diperhatikan dalam situasi pembicaraan, yaitu ….

  a.Kebersihan diri                         b. Menilai pembicaraan          

  c.Presentasi yang panjang                       d. Kepekaan pendengaran     

  e. Penampilan yang menarik

Kunci Jawaban                     : d

 

Kompetensi yang diuji              : Melakukan komunikasi melalui telepon

Indikator                                       : Setiap panggilan telepon direspon  dengan cepat, jelas dan

                                                 sopan sesuai standar perusahaan

No. Soal                                         : 07

 S o a l                                             :  Apabila kita berbicara dengan menggunakan telepon agar pesan bisa diterima dengan baik, maka jarak antara bibir dan corong gagang telepon yang dianjurkan adalah …..

a. Sekitar 1 jari           b. Sekitar 2 jari            c. Sekitar 3 jari           

d. Sekitar 4 jari          e. Sekitar 5 jari

Kunci Jawaban                           : c

 

 


Kompetensi yang diuji               :  Menyusun laporan keuangan

Indikator                                         :  Jurnal yang tepat dipilih untuk membuat transaksi. Pengisian jurnal  dilakukan secara akurat dan tepat.

No. Soal                                          :  08

 S o a l                                              :  Sumber-sumber pembukuan dapat meliputi dibawah ini, kecuali .....

a. kuintasi                b. bukti setoran bank      c. faktur penjualan     d. cek         e. jumlah uang

Kunci Jawaban                            : e

 

 

 

 

 

 

 

 

Kompetensi yang diuji          : Memproses reservasi jasa penerbangan udara

Indikator                                     : Ketersediaan permintaan reservasi ditetapkan dengan benar

                                               dan disampaikan kepada pelanggan dengan sopan

No. Soal                                      : 09

 S o a l                                      : Statement of intention to use reserved space if not done so late

                               the space may be resold by the airline …..

                               a. Reservation                  b. Confirm       c. Reconfirmation                  

                               d. Check in                       e. Cancellation

 

Kunci Jawaban                             : a

 


Kompetensi yang diuji              : Menerbitkan tiket penerbangan internasional

Indikator                                        : Sumber-sumber informasi penerbangan internasional diidentifikasi   dan diakses dengan benar. Informasi tariff penerbangan internasional diinterpretasikan dengan benar, termasuk:

-    Pembagian wilayah IATA

-    Global Indicator

-    International Sales Indicator

-    Airline terminology

-    Peraturan umum dan pembatasan-pembatasan perusahaan penerbangan

No. Soal                                          : 10

S o a l                                               : Di bawah ini terdapat 3 kota yang terletak di area I (IATA Area 1)  yaitu …..

a. SFO, SOC, WA                 b. SFO, HNL, MNL                          

c. SFO, LON, TYO               d. SFO, MEL, PAR               

e. SFO, LAY, YUR

 

Kunci Jawaban                             : e

 

 

 


Kompetensi yang diuji               : Menerbitkan tiket penerbangan internasional

Indikator                                        :  Sumber-sumber informasi penerbangan internasional diidentifikasi dan diakses dengan benar. Informasi tariff penerbangan internasional diinterpretasikan dengan benar, termasuk:

-    Pembagian wilayah IATA

-    Global Indicator

-    International Sales Indicator

-    Airline terminology

-    Peraturan umum dan pembatasan-pembatasan perusahaan penerbangan

 

No. Soal                                          : 11

S o a l                                          : Rute : LAX – OSA – MNL, tiket diterbitkan di LAX.

Sales indicator untuk rute tersebut adalah SITI jika tiket dibayar di

a. TYO           b. NYC           c. LAX            d. OSA            e. BKK

 

Kunci Jawaban                             : c

 

 

 

Kompetensi yang diuji         : Memperbaharui informasi tentang daerah setempat

Indikator                                  : Sumber-sumber informasi daerah setempat diidentifikasi dan diakses dengan benar Informasi yang didapat dicatat dan disimpan untuk kegunaan pada masa yang akan datang. Jenis-jenis informasi yang sering diminta/ditanyakan oleh pelanggan diidentifikasi dan disediakan, termasuk :

Sarana transportasi setempat

Obyek/atraksi wisata setempat

Bea Cukai, Peraturan-peraturan daerah setempat

Ekonomi daerah setempat

 

No. Soal                                   : 12

S o a l                                        : Orang Indonesia yang dikarenakan tugasnya harus tinggal diluar negeri, kemudian kembali ke Indonesia dan melakukan perjalanan wisata di wilayah negara sendiri, orang tersebut termasuk …..

a. domestic foreign tourist                    

b. domestic tourist                    

c. foreign tourist            

d. indigenous foreign tourist     

e. transit tourist

 

Kunci Jawaban                     :  d

 

 

 

 

 


Kompetensi yang diuji             :  Mengemas produk dan jasa pariwisata

Indikator                                       :  Program dikembangkan untuk memenuhi keinginan elanggan/pasar   khusus berkaitan dengan:

-    Anggaran

-    Kesukaan terhadap produk/layanan

-    Kendala waktu

-    Kegunaan

                                                   Komponen program dikombinasikan dan diintegrasikan untuk membuat nilai dan daya jual yang maksimum

  Jika diperlukan, persetujuan dibuat bersama penyedia dan dikonfirmasikan secara tertulis berdasarkan prosedur perusahaan.

                                                   Program dihitung pembiayaannya berdasarkan keperluan perusahaan dengan memperhatikan hal-hal yang perlu berikut:

-    Komisi

-    Kontrak persetujuan

-    Mark up/batas keuntungan yang diinginkan

-    Prosedur dan syarat pembayaran

-    Implikasi nilai tukar uang

-    Biaya karyawan

-    Biaya promosi

-    Biaya telekomunikasi

 

No. Soal                                          : 13

S o a l                                          : Kenari tour & travel, Yogyakarta mengoperasikan Yogyakarta

Full day tour dengan jumlah peserta 8 pax,  1 FOC tamu, dimana harga komponen tour sebagai berikut ….

ELF/Pregio                            : Rp. 450.000/day

Driver’s + co driver               : Rp. 150.000,-

Cost of guide                         : Rp. 15.000/hour

Parking                                  : Rp. 75.000

Enterence fee 3 objects         : Rp. 125.000

Ramayana ballet ticket          : Rp. 200.000 (incld dinner)

Lunch                                    : Rp. 50.000

Tips/sevice                             : Rp. 50.000

Berdasarkan data diatas, jika mark up 10% dan agency commission 10%, harga publish dengan pembulatan ke atas adalah ….

a. Rp. 640.000,-                     b. Rp. 643.000,-          c. Rp. 645.000,-d. Rp. 649.000,-                   e. Rp. 650.000,-

 

Kunci Jawaban                             :

 

 

 

 

 

 

Kompetensi yang diuji                 : Memutakhirkan informasi umum bagi pramuwisata

Indikator                                          :  Sumber-sumber informasi yang sering digunakan oleh pramuwisata diidentifikasi dan diakses dengan tepat. Kemampuan dan kehandalan sumber informasi dievaluasi. Informasi didapatkan dengan cara memperhatikan budaya dan lingkungan. Informasi diuji dan dipilih berdasarkan kebutuhan pelanggan kini dan berpotensi pelanggan. Jika diperlukan, materi referensi pribadi dibuat dan diperbarui dalam sistem kearsipan yang memungkin-kan diakses dengan cepat dan efisien

No. Soal                                           : 14

S o a l                                              :  Seseorang yang bekerja pada sebuah BPW untuk sementara atau paruh waktu, dan dia dapat bekerja juga untuk organisasi lain. Dibayar untuk setiap pekerjaan yang dilakukan, adalah pengertian dari ……

a. pramuwisata tetap                       b. pramuwisata lepas              

c. pramuwisata regional                  d. pramuwisata local  

e. pramuwisata perorangan

 

Kunci Jawaban                            :  b

 

 

 


Kompetensi yang diuji               : Memperbaharui informasi tentang daerah setempat

Indikator                                        : Sumber-sumber informasi daerah setempat diidentifikasi dan diakses dengan benar Informasi yang didapat dicatat dan disimpan untuk kegunaan pada masa yang akan datang. Jenis-jenis informasi yang sering diminta/ditanyakan oleh pelanggan diidentifikasi dan disediakan, termasuk :

Sarana transportasi setempat

Obyek/atraksi wisata setempat

Bea Cukai, Peraturan-peraturan daerah setempat

Ekonomi daerah setempat

 

No. Soal                                          : 15

S o a l                                               : Pelataran candi tempat pementasan Sendra Tari Ramayana adalah

a.    Candi Sewu                                d.  Candi Pawon

b.    Candi Mendut                            e.   Candi Prambanan

c.    Candi Borobudur

 

Kunci Jawaban                             : e

 

 

 


Kompetensi yang diuji               : Memperbaharui informasi tentang daerah setempat

Indikator                                         : Sumber-sumber informasi daerah setempat diidentifikasi dan diakses dengan benar Informasi yang didapat dicatat dan disimpan untuk kegunaan pada masa yang akan datang. Jenis-jenis informasi yang sering diminta/ditanyakan oleh pelanggan diidentifikasi dan disediakan, termasuk :

Sarana transportasi setempat

Obyek/atraksi wisata setempat

Bea Cukai, Peraturan-peraturan daerah setempat

Ekonomi daerah setempat

 

No. Soal                                          : 16

S o a l                                               : Seorang pramuwisata dalam membuka informasi dalam pemanduan    wisata, hendaknya menghindari penyajian informasi wisata yang bersifat …

a.    Terkini dan proaktif                                  d.  Akurat dan terkini

b.    Inovatif dan sensitive                               e.  Negatif dan proaktif

c.    Positif dan valid

 

Kunci Jawaban                             : e

 

Kompetensi yang diuji               : Memperbaharui informasi tentang daerah setempat

Indikator                                         : Sumber-sumber informasi daerah setempat diidentifikasi dan diakses dengan benar Informasi yang didapat dicatat dan disimpan untuk kegunaan pada masa yang akan datang. Jenis-jenis informasi yang sering diminta/ditanyakan oleh pelanggan diidentifikasi dan disediakan, termasuk :

Sarana transportasi setempat

Obyek/atraksi wisata setempat

Bea Cukai, Peraturan-peraturan daerah setempat

Ekonomi daerah setempat

 

No. Soal                                          : 17

S o a l                                          : Yang dimaksud dengan “itinerary” dalam suatu tour, adalah .....

a. denah dan harga paket perjalanan wisata

b. lokasi dan route objek wisata

c. route, jadwal dan keterangan perjalanan

d. aturan dan sangsi pembayaran paket tour

e. waktu istirahat dan lamanya perjalanan wisata

 

Kunci Jawaban                             : c

 

 

 


Kompetensi yang diuji               : Mengemas produk dan jasa pariwisata

Indikator                                        : Program dikembangkan untuk memenuhi keinginan elanggan/pasar   khusus berkaitan dengan:

-    Anggaran

-    Kesukaan terhadap produk/layanan

-    Kendala waktu

-    Kegunaan

                                                   Komponen program dikombinasikan dan diintegrasikan untuk membuat nilai dan daya jual yang maksimum

  Jika diperlukan, persetujuan dibuat bersama penyedia dan dikonfirmasikan secara tertulis berdasarkan prosedur perusahaan.

                                                   Program dihitung pembiayaannya berdasarkan keperluan perusahaan dengan memperhatikan hal-hal yang perlu berikut:

-    Komisi

-    Kontrak persetujuan

-    Mark up/batas keuntungan yang diinginkan

-    Prosedur dan syarat pembayaran

-    Implikasi nilai tukar uang

-    Biaya karyawan

-    Biaya promosi

-    Biaya telekomunikasi

 

No. Soal                                          : 18

S o a l                                              : Biaya yang jumlahnya tidak berubah dan tidak berpengaruh dengan berubahnya (bertambah/berkurang) jumlah penumpang/tamu, disebut

a. variable cost           b. fixed cost    c. additional cost        

d. extra cost               e. fit cost

 

Kunci Jawaban                            : b

 

 

 


Kompetensi yang diuji           : Memuktahirkan informasi industri pariwisata

Indikator                                     : Membagi ilmu terkini dengan pelang gan dan rekan kerja seperlunya dan diaplikasikan dalam aktivitas kerja sehari hari

 

No. Soal                                      : 19

S o a l                                           : Standard room dengan fasilitas dua tempat tidur ukuran single, dikenal dengan istilah ....

a. single            b. double         c. twin             d. sharing        e.extra bed

 

Kunci Jawaban                         : c

 

 

 


Kompetensi yang diuji          :  Memuktahirkan informasi industri pariwisata

Indikator                                    :  Membagi ilmu terkini dengan pelang gan dan rekan kerja seperlunya  dan diaplikasikan dalam aktivitas kerja sehari hari

No. Soal                                     :  20

S o a l                                          : Pariwisata merupakan produk yang bersifat intangible, artinya .............

a. hanya dapat dirasakan setelah produk dibeli dan dinikmati

b. dapat dirasakan sebelum produk dibeli

c. dapat diketahui lebih dahulu  melalui brosur

d. produk dapat dipesan sesuai kehendak wisatawan

e. tidak dapat diuangkan kembali

 

Kunci Jawaban                        : a

 

 

 

 

 

Kompetensi yang diuji              : Mengemas produk dan jasa pariwisata

Indikator                                        : Program dikembangkan untuk memenuhi keinginan elanggan/pasar   khusus berkaitan dengan:

-    Anggaran

-    Kesukaan terhadap produk/layanan

-    Kendala waktu

-    Kegunaan

                                                   Komponen program dikombinasikan dan diintegrasikan untuk membuat nilai dan daya jual yang maksimum

  Jika diperlukan, persetujuan dibuat bersama penyedia dan dikonfirmasikan secara tertulis berdasarkan prosedur perusahaan.

                                                   Program dihitung pembiayaannya berdasarkan keperluan perusahaan dengan memperhatikan hal-hal yang perlu berikut:

-    Komisi

-    Kontrak persetujuan

-    Mark up/batas keuntungan yang diinginkan

-    Prosedur dan syarat pembayaran

-    Implikasi nilai tukar uang

-    Biaya karyawan

-    Biaya promosi

-    Biaya telekomunikasi

 

No. Soal                                          : 21

S o a l                                              :  Dalam perhitungan harga paket perjalanan wisata, “tour guides fee” yang dibayar untuk per group, termasuk komponen....

a. biaya tetap             b. biaya variabel          c.biaya tambahan       

d. biaya pokok           e. biaya tak terduga                

 

Kunci Jawaban                             : a

 

 

 

 

 

 

 

Kompetensi yang diuji               : Mengemas produk dan jasa pariwisata

Indikator                                         : Program dikembangkan untuk memenuhi keinginan elanggan/pasar   khusus berkaitan dengan:

-    Anggaran

-    Kesukaan terhadap produk/layanan

-    Kendala waktu

-    Kegunaan

                                                   Komponen program dikombinasikan dan diintegrasikan untuk membuat nilai dan daya jual yang maksimum

                                                 Jika diperlukan, persetujuan dibuat bersama penyedia dan dikonfirmasikan secara tertulis berdasarkan prosedur perusahaan.

                                                   Program dihitung pembiayaannya berdasarkan keperluan perusahaan dengan memperhatikan hal-hal yang perlu berikut:

-    Komisi

-    Kontrak persetujuan

-    Mark up/batas keuntungan yang diinginkan

-    Prosedur dan syarat pembayaran

-    Implikasi nilai tukar uang

-    Biaya karyawan

-    Biaya promosi

-    Biaya telekomunikasi

 

No. Soal                                          :  22

S o a l                                               :  A total fix cost devide total pax added total variable cost plus profit margin, is called ....

a. nett selling price              b. net buying price                 

c. total price                        d. buying price            e. selling price

 

Kunci Jawaban                             : b

                                                

 


Kompetensi yang diuji               : Mengemas produk dan jasa pariwisata

Indikator                                         : Program dikembangkan untuk memenuhi keinginan elanggan/pasar   khusus berkaitan dengan:

-    Anggaran

-    Kesukaan terhadap produk/layanan

-    Kendala waktu

-    Kegunaan

                                                   Komponen program dikombinasikan dan diintegrasikan untuk membuat nilai dan daya jual yang maksimum

                                                  Jika diperlukan, persetujuan dibuat bersama penyedia dan dikonfirmasikan secara tertulis berdasarkan prosedur perusahaan.

                                                   Program dihitung pembiayaannya berdasarkan keperluan perusahaan dengan memperhatikan hal-hal yang perlu berikut:

-    Komisi

-    Kontrak persetujuan

-    Mark up/batas keuntungan yang diinginkan

-    Prosedur dan syarat pembayaran

-    Implikasi nilai tukar uang

-    Biaya karyawan

-    Biaya promosi

-    Biaya telekomunikasi

No. Soal                                          : 23

S o a l                                          : Istilah FOC dalam layanan perjalanan wisata adalah ...........

a. reduce harga sampai dengan 10%            

b. tidak berlaku refund

c. harga yang telah disepakati bersama        

d. bebas dari pajak pelayanan

e. dibebaskan dari pembayaran sesuai kesepakatan 

Kunci Jawaban                             : e

 

Kompetensi yang diuji               :   Memuktahirkan informasi industri pariwisata

Indikator                                         :   Membagi ilmu terkini dengan pelang gan dan rekan kerja seperlunya  dan diaplikasikan dalam aktivitas kerja sehari hari

 

No. Soal                                          :   24

S o a l                                               :  The company who sales their product to the retailers, not direct to the public, is called .....

a. wholesaler           b. retailers        c. pagkager     

d. datailer                e. tour arranger

 

Kunci Jawaban                             :  a

                            

 

 


Kompetensi yang diuji          :  Menyiapkan Penawaran harga paket wisata

Indikator                                    :  Mencari, memilih dan mener-jemahkan informasi penghi-tungan produk secara akurat. Merundingkan biaya-biaya dengan pemasok secara tepat sesuai dengan persetuuan/hubungan dagang. Mengaplikasikan prosedur komisi/kenaikan harga secara akurat sesuai dengan prosedur dan persyaratan perusahaan, pada tempatnya. Menghitung perubahan mata uang secara akurat jika diperlukan. Menghitung harga akhir kepada pelanggan secara akurat

 

No. Soal                                       : 25

S o a l                                           :  A......is printed pamphlet about a place, product, or company that used for advertizing.

a. newspaper              b. magazine                 c. media          

d. news                      e. brochure

 

Kunci Jawaban                           : e

 

 


Kompetensi yang diuji                :  Menyiapkan Penawaran harga paket wisata

Indikator                                          :  Mencari, memilih dan mener-jemahkan informasi penghi-tungan produk secara akurat. Merundingkan biaya-biaya dengan pemasok secara tepat sesuai dengan persetuuan/hubungan dagang. Mengaplikasikan prosedur komisi/kenaikan harga secara akurat sesuai dengan prosedur dan persyaratan perusahaan, pada tempatnya. Menghitung perubahan mata uang secara akurat jika diperlukan. Menghitung harga akhir kepada pelanggan secara akurat

 

No. Soal                                           : 26

S o a l                                            :  Nett buying price a tour package is USD 100.00. If profit margin 20%, the net selling is...

a. USD 120             b. USD 121     c. USD. 110   

d. USD 130             e. USD 125

Kunci Jawaban                             : a

 


Kompetensi yang diuji                    : Memuktahirkan informasi industri pariwisata

Indikator                                              : Membagi ilmu terkini dengan pelang gan dan rekan kerja seperlunya dan diaplikasikan dalam aktivitas kerja sehari hari

No. Soal                                               : 27

S o a l                                     : Dalam industri pariwisata terdapat suati periode dimana terjadi kunjungan di suatu daerah tujuan dalam jumlah kecil. Periode ini disebut....

a. low season         b. high season              c. peak season            

d. average             e. booming

Kunci Jawaban                                 :  a

Kompetensi yang diuji           : Memperbaharui informasi tentang daerah setempat

Indikator                                    :  Membagi ilmu terkini dengan pelang gan dan rekan kerja seperlunya dan diaplikasikan dalam aktivitas kerja sehari hari

No. Soal                                      : 28

S o a l                                           : Perjalanan wisata atau lazim disebut tour, mempunyai ciri-ciri spesifik yang memperlihatkan kegiatan wisatanya, terdiri dari komponen-komponen inti dari pariwisata, yaitu ............

a. transportasi, akomodasi, restoran, souvenirs, budaya, adat

b. transportasi, obyek wisata, akomodasi, dan restoran

c. intertaint, transportasi, akomodasi, restoran dan souvenir

d. atraksi wisata, transportasi, akomodasi, restoran, money changer   dan obyek wisata

e. bank, transportasi, akomodasi, restoran dan obyek wisata

 

Kunci Jawaban                          : b

 


Kompetensi yang diuji               :  Memuktahirkan informasi industri pariwisata

Indikator                                         :  Membagi ilmu terkini dengan pelang gan dan rekan kerja seperlunya dan diaplikasikan dalam aktivitas kerja sehari hari

 

No. Soal                                          :   29

S o a l                                               :   Pariwisata merupakan industri jasa yang memberikan kepuasan dan kesenangan kepada wisatawan yang datang untuk bersenang-senang, dengan sikap yang ramah dan lingkungan yang “clean & safety”. Industri semacam ini disebut dengan ....

a. industri jasa                     b. hospitality industry            

c. unsmoked industry          d. chemical industry   

e. industri ramah lingkungan

 

Kunci Jawaban                             : b

 

 


Kompetensi yang diuji               : Mengemas produk dan jasa pariwisata

Indikator                                         : Program dikembangkan untuk memenuhi keinginan elanggan/pasar   khusus berkaitan dengan:

-    Anggaran

-    Kesukaan terhadap produk/layanan

-    Kendala waktu

-    Kegunaan

                                                   Komponen program dikombinasikan dan diintegrasikan untuk membuat nilai dan daya jual yang maksimum

                                                 Jika diperlukan, persetujuan dibuat bersama penyedia dan dikonfirmasikan secara tertulis berdasarkan prosedur perusahaan.

                                                   Program dihitung pembiayaannya berdasarkan keperluan perusahaan dengan memperhatikan hal-hal yang perlu berikut:

-    Komisi

-    Kontrak persetujuan

-    Mark up/batas keuntungan yang diinginkan

-    Prosedur dan syarat pembayaran

-    Implikasi nilai tukar uang

-    Biaya karyawan

-    Biaya promosi

-    Biaya telekomunikasi

 

No. Soal                                          : 30

S o a l                                               : Biaya yang jumlahnya berubah sebanding dengan perubahan jumlah  penumpang/tamu, disebut....

a. fixed cost               b. variable cost            c. extra cost    

d. profit cost              e. selling price

 

Kunci Jawaban                             : b

Kompetensi yang diuji              : Menyiapkan bantuan kedatangan dan keberangakatan

Indikator                                       :  Informasi kedatangan tamu di check dan dicatat dengan tepat, secepatnya diterapkan pada tindakan yang diperlukan untuk mengetahui jadwal Sarana transportasi dikonfirma-sikan kepada penyedia transportasi untuk waktu dan tempat yang tepat

No. Soal                                        :  31

S o a l                                             :  Kegiatan yang dilakukan pemandu wisata pada saat check-in di hotel untuk kegiatan transfer-in adalah …

a.    Membuat rooming list                   d.  Mengalungkan rangkaian bunga

b.    Menunjukkan letak kamar e.  Menunjukkan money changer

c.    Membagikan cinderamata

 

Kunci Jawaban                          :  d

 

 


Kompetensi yang diuji              : Menyiapkan bantuan kedatangan dan keberangakatan

Indikator                                       :  Informasi kedatangan tamu di check dan dicatat dengan tepat, secepatnya diterapkan pada tindakan yang diperlukan untuk mengetahui jadwal Sarana transportasi dikonfirma-sikan kepada penyedia transportasi untuk waktu dan tempat yang tepat

No. Soal                                        : 32

S o a l                                             : Untuk menemukenali (mencari) wisatawan pada saat transfer-in dapat dilakukan dengan cara…

a.    Menggunakan perkiraan              

b.    Meminta bantuan sesame guide               

c.    Meminta bantuan polisi

d.   Menggunakan professional judgement

e.    Menggunakan papan nama (pager)

 

Kunci Jawaban                             : e

 


Kompetensi yang diuji          :  Menyiapkan bantuan kedatangan dan keberangkatan

Indikator                                    :  Informasi kedatangan tamu di check dan dicatat dengan tepat, secepatnya diterapkan pada tindakan yang diperlukan untuk mengetahui jadwal Sarana transportasi dikonfirma-sikan kepada penyedia transportasi untuk waktu dan tempat yang tepat

No. Soal                                     : 33

S o a l                                      : Persiapan yang harus dilakukan pada saat melakukan layanan

transfer-out adalah …

a.     Mengumpulkan tamu di lobi           d.Menginformasikan keberangkatan

b.    Membagikan cinderamata               e.Menginformasikan hotel

c.     Membuat passenger list

 

Kunci Jawaban                        :  a

 


Kompetensi yang diuji               : Memperbaharui informasi tentang daerah setempat

Indikator                                         :  Sumber-sumber informasi daerah setempat diidentifikasi dan diakses dengan   benar. Informasi yang didapat dicatat dan disimpan untuk kegunaan pada masa yang akan datang. Jenis-jenis informasi yang sering diminta/ditanyakan oleh pelanggan diidentifikasi dan disediakan, termasuk Sarana transportasi setempat, Obyek/atraksi wisata setempat, Bea Cukai, Peraturan-peraturan daerah setempat. Ekonomi daerah setempat

No. Soal                                          : 34

S o a l                                               : Urutan komentar pemanduan untuk presentasi gastronomy adalah

a.    Special interest, history, where is it, how to make

b.    Special interest, history, how to make, where is it

c.    Name, history, how to serve, special interest

d.   Name, how to make, how to serve, how to get

e.    Name, geography, how to serve, where is it

 

 Kunci Jawaban                             : b

 

Kompetensi yang diuji               : Memperbaharui informasi tentang daerah setempat

Indikator                                         : Sumber-sumber informasi daerah setempat diidentifikasi dan diakses dengan   benar. Informasi yang didapat dicatat dan disimpan untuk kegunaan pada masa yang akan datang. Jenis-jenis informasi yang sering diminta/ditanyakan oleh pelanggan diidentifikasi dan disediakan, termasuk Sarana transportasi setempat, Obyek/atraksi wisata setempat, Bea Cukai, Peraturan-peraturan daerah setempat. Ekonomi daerah setempat

 

No. Soal                                          : 35

S o a l                                               : “Ladies and gentlemen, on your lefthandside, you can see National Museum and people call that museum is elephant building because in front of the museum, there’s standing elepant statue made of bronze as a gift from King Chulalongkorn when he came to Jakarta in 1871” Keterengan di atas merupakan contoh guiding untuk tahap

a.    Opening                                        d.  Ending

b.    Commentary                                 e.  Greeting

c.    Closing

 

Kunci Jawaban                             : b

 


Kompetensi yang diuji               :  Memperbaharui informasi tentang daerah setempat

Indikator                                         : Sumber-sumber informasi daerah setempat diidentifikasi dan diakses dengan   benar. Informasi yang didapat dicatat dan disimpan untuk kegunaan pada masa yang akan datang. Jenis-jenis informasi yang sering diminta/ditanyakan oleh pelanggan diidentifikasi dan disediakan, termasuk Sarana transportasi setempat, Obyek/atraksi wisata setempat, Bea Cukai, Peraturan-peraturan daerah setempat. Ekonomi daerah setempat

 

No. Soal                                          : 36

S o a l                                               : “…Well everybody please let me know if you have some questions or perhaps you have some problem during the tour …” Kalimat tersebut disampaikan oleh pemandu pada saat …

a.    Berada di bis                    

b.    Berada di bandara keberangkatan                       

c.    Memulai pemanduan dalam sebuat tur

d.   Mengakhiri perjalanan wisata

e.    Akan berangkat dari obyek wisata

 

Kunci Jawaban                             : d

                                              

 


Kompetensi yang diuji               :  Memuktahirkan informasi industri pariwisata

Indikator                                         :  Membagi ilmu ter - kini dengan pelang gan dan rekan kerja seperlunya dan diaplikasikan dalam aktivitas kerja sehari hari

No. Soal                                          : 37

S o a l                                               : Organisasi untuk hotel dan restauran di seluruh Indonesia, adalah

a.   PHRI                    b. ASITA               c. HPI           

d.   SKKI                 e. SKJ

 

Kunci Jawaban                             : a

 

 


Kompetensi yang diuji               : Memuktahirkan informasi industri pariwisata

Indikator                                        : Membagi ilmu ter - kini dengan pelang gan dan rekan kerja seperlunya dan diaplikasikan dalam aktivitas kerja sehari hari

No. Soal                                          : 38

S o a l                                          : Organisasi perusahaan travel agen seluruh Indonesia, adalah .....

 a.   PHRI         b. ASITA              c. HPI             d. SKKI         e. SKJ

 

Kunci Jawaban                             : b

                                                           

Kompetensi yang diuji          : Memuktahirkan informasi industri pariwisata

Indikator                                     : Membagi ilmu terkini dengan pelang gan dan rekan kerja seperlunya  dan diaplikasikan dalam aktivitas kerja sehari hari

 

No. Soal                                       : 39

S o a l                                           :  Pelanggan mengeluh karena mutu produk layanan tidak sesuai dengan yang dijanjikan. Dalam hal ini termasuk konflik antara ....

a. Perusahaan dengan pelanggan

b. Perusahaan dengan perusahaan

c. Staff dengan staff

d. Perusahaan dengan staff

e. Pelanggan dengan pelanggan

 

Kunci Jawaban                         :  a

 

 


Kompetensi yang diuji               : Menerbitkan tiket penerbangan internasional

Indikator                                         : Sumber-sumber informasi penerbangan internasional diidentifikasi dan diakses dengan benar

                                                    Informasi tariff penerbangan internasional diinterpretasikan dengan benar, termasuk:

-    Pembagian wilayah IATA

-    Global Indicator

-    International Sales Indicator

-    Airline terminology

-     Peraturan umum dan pembatasan-pembatasan perusahaan penerbangan

 

No. Soal                                          : 40

S o a l                                               : Penumpang yang membeli tiket penerbangan Internasional dengan  jarak penerbangan melebihi jarak maksimum, maka dikenakan ...

a. EMA          b. EMS            c. TPM d. MPM           e. HIF

 

Kunci Jawaban                             : b

 


Kompetensi yang diuji              : Menerbitkan tiket penerbangan domestik

Indikator                                        : Penyusunan tarif penerbangan dengan cara yang menghasilkan tarif paling bagus dan mem-berikan keuntungan perjalanan bagi pelanggan

No. Soal                                          :  41

S o a l                                               :  Komponen yang diperlukan untuk penghitungan tarif penerbangan domestik, adalah....

a. Fare + PPn + IW + FS

b. Fare + PPn + IW

c. Fare + IW + FS

d. Fare – PPn + FS

e. Fare + PPn

 

Kunci Jawaban                             : a

 


Kompetensi yang diuji               :  Menerbitkan tiket penerbangan domestik

Indikator                                         : Penyusunan tarif penerbangan dengan cara yang menghasilkan tarif  paling bagus dan mem-berikan keuntungan perjalanan bagi pelanggan

 

No. Soal                                          : 42

S o a l                                               : The appropriate area in the airport to ask for any lost baggage is ....

a. Airport Security              b. Lost and Found Counter

c. Airline Counter               d. Quarantine              e. Customs

Kunci Jawaban                             : b

                                                     

Kompetensi yang diuji               : Menerbitkan tiket penerbangan internasional

Indikator                                        : Sumber-sumber informasi penerbangan internasional diidentifikasi dan diakses dengan benar

                                                  Informasi tariff penerbangan internasional diinterpretasikan dengan benar, termasuk:

-    Pembagian wilayah IATA

-    Global Indicator

-    International Sales Indicator

-    Airline terminology

-     Peraturan umum dan pembatasan-pembatasan perusahaan penerbangan

 

No. Soal                                          : 43

S o a l                                              : Sumber informasi harga yang digunakan dalam pertimbangan harga tiket penerbangan internasional dengan berbagai route perjalanan yang diterbitkan oleh IATA, adalah ...

a. Fare Manual        b. Abacus        c. Time Table

d. Offcial Airline Guide                 e. Passanger Air Tarif

 

Kunci Jawaban                             : e

 

 


Kompetensi yang diuji    : Memuktahirkan informasi industri pariwisata

Indikator                              : Membagi ilmu terkini dengan pelang gan dan rekan kerja  seperlunya dan  diaplikasikan dalam aktivitas kerja sehari hari

 

No. Soal                               : 44

S o a l                                 : Salah satu ciri Pariwisata adalah......

a.    Bersifat sementara

b.    Tidak untuk mencari nafkah

c.    Untuk bersenang-senang        

d.   Kemabali ke tempat asal

e.    Semua benar

                                                           

Kunci Jawaban                  :  e

 

 


Kompetensi yang diuji    :   Memuktahirkan informasi industri pariwisata

Indikator                              :  Membagi ilmu terkini dengan pelang gan dan rekan kerja seperlunya dan diaplikasikan dalam aktivitas kerja sehari hari

 

No. Soal                               : 45

S o a l                                 : Adaptasi dilingkungan kerja meliputi :

a. Memperhatikan budaya yang berbeda

b. Memperhatikan persamaan ekonomi

c. Memperhatikan kesenangan pimpinan

d. Memperhatikan kepentingan bersama

e. Memperhatikan persamaan politik

                                                            

Kunci Jawaban                  :  d