soal umbk akidah akhlak

 

 

True/False

1.        Perhatikan bacaan berikut!

Anisah hidup di lingkungan masyarakat yang beragam. Ia adalah seorang muslim yang taat dan rajin menghadiri berbagai kajian. Meski demikian, ia tidak menutup diri dari pergaulan dengan sesama tanpa melihat latar belakang kesukuan dan agama.

Nilai-nilai agama ditanamkan keluarganya sejak dini, sehingga menjadi bagian dari unsur-unsur kepribadiannya. Ia mengatur sikap dan tingkah laku secara otomatis dari dalam, tidak akan mengambil milik orang lain, melakukan tindakan kriminal, bukan karena tidak ada kesempatan untuk itu, akan tetapi ia takut kepada yang diyakininya yang senantiasa melihatnya.

Ia suka berbagi makanan kepada tetangganya yang berasal dari Suku Dayak, menjenguk temannya yang sakit meski agamanya Kristen, tidak ingin menang sendiri, rendah hati, tidak sombong, dan selalu menyapa kepada warga di lingkungan sekitar.

Pilihlah jawaban benar atau salah pada pernyataan berikut!

A.      Benar

B.       Salah

Sikap yang ditunjukkan oleh Anisah disebut dengan tasamuh. (....)

Ans: t

 

2.        Perhatikan bacaan berikut!

Nu’man bin Tsabit bin Marzuban atau Abu Hanifah lahir di kota Kufah pada tahun 80 H/699 H dan wafat di kota Baghdad pada tahun 150 H/767 M . Beliau tumbuh di dalam keluarga yang shaleh dan kaya. Ayahnya, Tsabit merupakan seorang pedagang sutra yang masuk Islam masa pemerintahan Khulafaur Rasyidin.

Imam Abu Hanifah tidak mau menerima bantuan pemerintah. Seluruh biaya hidupnya ditanggung sendiri dan diperoleh dari hasil usaha dagangannya. Hal yang berbeda dengan Malik bin Anas, pendiri Mazhab Maliki yang biaya hidupnya ditanggung seluruhnya oleh baitul mal.

Imam Abu Hanifah hidup dalam dua kekuasaan Umawiyah selama 5 tahun dan 18 tahun dengan Abbasiyah. Saat Bani Umawiyah atau pun Abbasiyah, Imam Abu Hanifah pernah ditawari jabatan hakim dan menolak tawaran tersebut. Hal tersebut membuatnya dipenjara dan dicambuk berkali-kali hingga akhirnya beliau keluar dari penjara dan wafat.

Pilihlah jawaban benar atau salah pada pernyataan berikut!

A.      Benar

B.       Salah

Imam Abu Hanifah adalah seorang yang zuhud. (....)

Ans: t

 

3.        Perhatikan gambar berikut!

Manusia mengerjakan suatu hal pasti dibarengi dengan niat. Apabila niat pekerjaannya baik, maka ia akan mendapatkan apa yang diniatkannya. Begitu pula sebaliknya. Oleh karena itu, kita seyogyanya menata niat ketika hendak berlomba-lomba dalam kebaikan.

Contohnya adalah berkompetisi pidato dengan niat dipandang istimewa oleh orang lain. Jika memenangkan kompetisi terebut, ia hanya mendapatkan citra istimewa di mata orang lain. Lain halnya berkompetisi pidato dengan niat menyebarkan ajaran dengan lawan bicara yang bermacam-macam. Kalah ataupun menang tidak menjadi prioritas baginya.

Sesuatu yang dipikirkannya hanyalah mengembangkan potensi berdakwah dan mengetahui objek dakwahnya. Seorang yang dengan terbiasa dan senang hati melakukan kebaikan akan terus menyebarkan kebaikan. Bahkan tanpa adanya perintah pun, ia tetap menyebarkan kebaikan.

Pilihlah jawaban benar atau salah pada pernyataan berikut!

A.      Benar

B.       Salah

Salah satu ciri yang mengindikasikan seseorang memiliki sikap berlomba-lomba dalam kebaikan adalah memiliki niat yang ikhlas. (....)

Ans: t

 

4.        Perhatikan bacaan berikut!

Fitnah artinya memberitakan tentang suatu masalah atau seseorang yang tidak sama dengan fakta yang terjadi. Contoh dari perbuatan fitnah dapat terjadi dengan beberapa model. Adakalanya fitnah terjadi dengan cara pemberitaan yang tidak benar secara langsung kepada orang lain. Saat kita mengatakan seseorang telah mengambil buku padahal dia tidak mengambil maka kita telah memfitnahnya.

Cara lain fitnah yang lebih buruk adalah melakukan kesalahan dan menimpakannya kepada orang lain. Dalam bahasa sehari-hari, mencari kambing hitam atau melempar batu sembunyi tangan.

Cara terakhir ini merupakan cara keji yang tidak manusiawi. Kita melakukan kesalahan dan bertambah buruk menimpakan kesalahan yang kita perbuat kepada orang lain. Perilaku seperti ini sangat dibenci oleh Allah Swt.

Pilihlah jawaban benar atau salah pada pernyataan berikut!

A.      Benar

B.       Salah

Berdasarkan bacaan tersebut, dampak negatif dari fitnah adalah merusak karakter dan nama baik individu lain.

Ans: t

 

5.        Perhatikan bacaan berikut!

Organisasi adalah sistem sosial yang dikoordinasikan secara sadar dengan aturan yang telah dibuat dan disepakati bersama untuk mencapai tujuan tertentu. Sebuah organisasi pasti didirikan karena ada niat dan tujuan. Niat dan tujuan didirikan organisasi ini sangat menentukan langkah-langkah yang akan dilakukan dalam organisasi, meskipun nantinya keberlangsungan organisasi akan bergantung pada etos individu dan kelompok dalam organisasi

Untuk menjalankan organisasi yang baik, hubungan antar individu dan kelompok dalam organisasi pun juga harus baik. Hubungan baik dapat ditumbuhkan dan dijaga dengan komunikasi yang baik.

Dalam Islam, ada lima prinsip dalam berkomunikasi, yaitu:

1)      Menggunakan kata-kata yang mulia dan penuh penghormatan terhadap sesama atau diam jika tidak mampu

2)      Perkataan dikakukan dengan lemah lembut meskipun dengan lawan atau rival

3)      Isi perkataan berupa sesuatu yang benar dan jujur

4)      Pantas diucapkan sesuai dengan situasi dan kondisi

5)      Perkataan yang keluar mudah dimengerti oleh pendengar

Pilihlah jawaban benar atau salah pada pernyataan berikut!

A.      Benar

B.       Salah

Menggunakan kata-kata yang mulia dan penuh penghormatan terhadap sesama atau diam jika tidak mampu disebut qaulan layyinan. (....)

Ans: f

 

Matching

1.        Perhatikan QS. Al-A’raf ayat 180 berikut!

وَلِلّهِ الأَسْمَاء الْحُسْنَى فَادْعُوهُ بِهَا وَذَرُواْ الَّذِينَ يُلْحِدُونَ فِي أَسْمَآئِهِ سَيُجْزَوْنَ مَا كَانُواْ يَعْمَلُونَ

Hanya milik Allah nama-nama (asmaul husna), maka bermohonlah kepada-Nya dengan menyebut nama-nama (asmaul husna) itu dan tinggalkanlah orang-orang yang menyimpang dari kebenaran. Nanti mereka akan mendapat balasan terhadap apa yang telah mereka kerjakan

Berbagai perilaku dapat kita lakukan sebagai cerminan dari Asmaul Husna. Salah satu cara untuk mendekatkan diri kepada Allah adalah dengan berdzikir dan salah satu cara untuk dikabulkannya permohonan dengan berdoa.

Adab berdoa agar mudah dikabulkannya permohonan diawali memuji kepada Allah, sedangkan pujian yang paling baik adalah dengan menyebut Asmaul Husna Dengan Asmaul Husna kita mengusahakan kebaikan sebagai cerminan atas-Nya.

Cermatilah pernyataan berikut ini dan jodohkan dengan jawaban yang sesuai!

A.      Memaafkan kesalahan teman

B.       Berlomba-lomba menjadi yang pertama dalam hal kebaikan

C.       Menjadi ketua kelas yang adil

D.     Menanam pohon untuk mencegah banjir

E.      Istiqamah dalam beribadah

F.      Menjaga lingkungan sekitar

G.     Bertawakal kepada Allah Swt.

H.     Merasa aman ketika melaksanakan shalat

I.         Merapikan tempat tidur

J.        Bersedekah kepada fakir miskin

1.        Cara meneladani Asmaul Husna Al-Malik adalah ....

2.        Cara meneladani Asmaul Husna Al-Afuww adalah ....

3.        Cara meneladani Asmaul Husna Al-Razzaq adalah ....

4.        Cara meneladani Asmaul Husna Al-Wakil adalah ....

5.        Cara meneladani Asmaul Husna Al-Mu’min adalah ....                  

1.        Ans: C

2.        Ans: A

3.        Ans: J

4.        Ans: G

5.        Ans: H

 

2.        Perhatikan bacaan berikut!

Merdeka.comSetiap umat muslim pasti tidak ingin dirinya masuk ke dalam jeratan dosa. Menaati perintah Allah Swt. dan menjauhi setiap apa yang dilarang oleh agama merupakan kewajiban bagi umat Islam. Namun, ada perbuatan dosa yang sering dilakukan manusia tanpa mereka sadari. Perbuatan dosa tersebut adalah ghibah.

Meski identik dengan perempuan, namun laki-laki pun terkadang juga tidak bisa menghindari perbuatan ghibah. Ketika sedang asyik berkumpul atau berinteraksi dengan teman, terkadang kita tidak bisa mengontrol pembicaraan, sehingga tanpa sadar kita sudah menggunjing seseorang.

Ghibah adalah perbuatan di mana kita membicarakan aib atau keburukan orang lain. Ghibah adalah salah satu perbuatan yang dilarang oleh Allah Swt. dan termasuk dalam perbuatan dosa besar. Bahkan meskipun yang dibicarakan itu sesuai kenyataan, ghibah tetaplah perbuatan yang zalim.

https://www.merdeka.com/jabar/ghibah-adalah-perbuatan-menggunjing-orang-lain-begini-cara-menghindarinya-kln.html

Pilihlah jawaban benar atau salah pada pernyataan berikut!

A.      Benar

B.       Salah

1.        Hukum asal ghibah adalah mubah. (....)

2.        Ghibah untuk menyelamatkan seseorang dari potensi terjadinya kerusakan yang besar hukumnya wajib. (....)

3.        Ghibah dapat menimbulkan perasaan dendam. (....)

4.        Perumpamaan orang yang berbuat ghibah sama seperti memakan daging saudaranya sendiri (....)

1.        Ans: B

2.        Ans: A

3.        Ans: A

4.        Ans: A

 

3.        Perhatikan bacaan berikut!

Ada cerita yang cukup mengagumkan ketika Kiai Hasyim bersama dengan Kiai Kholil. Suatu hari, beliau melihat Kiai Kholil bersedih, beliau memberanikan diri untuk bertanya. Kiai Khalil menjawab, bahwa cincin istrinya jatuh di WC, Kiai Hasyim pun mengusulkan agar Kiai Kholil membeli cincin lagi. Kiai Kholil pun mengatakan bahwa cincin itu adalah cincin istrinya.

Setelah melihat kesedihan di wajah guru besarnya itu, Kiai Hasyim menawarkan diri untuk mencari cincin tersebut didalam WC. Akhirnya, Kiai Hasyim benar-benar mencari cincin itu didalam WC, dengan penuh kesungguhan, kesabaran, dan keikhlasan, akhirnya Kiai Hasyim menemukan cincin tersebut. Alangkah bahagianya Kiai Kholil atas keberhasilan Kiai Hasyim itu.

Dari kejadian inilah Kiai Hasyim menjadi sangat dekat dengan Kiai Kholil, baik semasa menjadi santrinya maupun setelah kembali ke masyarakat untuk berjuang. Hal ini terlihat dengan pemberian tongkat saat Kiai Hasyim hendak mendirikan Jam’iyah Nahdlatul Ulama`.

Di sisi lain, K.H. Hasyim Asy’ari tidak hanya dikenal sebagai seorang ulama besar, tetapi juga sebagai petani dan pedagang yang sukses. Tanahnya puluhan hektar. Dua hari dalam seminggu biasanya K.H. Hasyim Asy’ari istirahat tidak mengajar. Saat itulah beliau memeriksa sawah-sawahnya. Kadang juga pergi ke Surabaya untuk berdagang kuda, besi, dan menjual hasil pertaniannya. Dari hasil pertanian dan perdagangan, beliau membiayai keluarga dan pesantren yang diasuhnya.

(https://www.biografiku.com/biografi-kh-hasyim-asyari-pendiri-nahdlatul-ulama)

Pilihlah jawaban benar atau salah pada pernyataan berikut!

A.      Benar

B.       Salah

1.        Kiai Kholil al-Bangkalani merupakan guru K.H. Hasyim Asy’ari (....)

2.        Kiai Kholil al-Bangkalani memberikan tasbih kepada K.H. Hasyim Asy’ari. (....)

3.        K.H. Hasyim Asy’ari adalah pendiri Jam’iyah Nahdlatul Ulama`. (....)

4.        Keteladanan yang dapat diambil dari K.H. Hasyim Asy’ari adalah keseimbangan antara dunia dan akhirat (....)

1.        Ans: A

2.        Ans: B

3.        Ans: A

4.        Ans: A

 

Short Answer

1.        Perhatikan bacaan berikut!

Sidoarjo - Kejari Sidoarjo menahan Direktur Utama PT Puspa Agro Sidoarjo, Abdullah Muhibuddin dan Staff Trading PT Puspa Agro, Hery Jamari. Keduanya diduga melakukan tindak pidana korupsi yang merugikan keuangan negara senilai Rp 8,029 miliar.

Kasie Intelijen Kejari Sidoarjo Idham Kholid mengatakan penahanan kedua tersangka dilakukan atas dugaan tindak pidana korupsi sebagaimana pasal 2 dan 3 Juncto 55 KUHP. Usai diperiksa, mereka langsung ditahan di Rutan Kejati Jatim.

"Kedua tersangka yakni mantan Direktur Utama PT Puspa Agro Abdullah Muhibuddin dengan staff trading PT Puspa Agro Hery Jamari," kata Idham kepada wartawan di Kejari Sidoarjo, Jumat (16/10/2020).

Idham menambahkan keduanya terbelit kasus jual beli ikan fiktif yang dilakukan anak perusahaan PT Puspa Agro bersama CV Aneka House senilai Rp 8,029 miliar. Kegiatan jual beli itu juga dilakukan tidak berdasarkan uji kelayakan.

"Jual belinya fiktif, tapi pembayarannya jalan terus. Keduanya dipanggil sebagai saksi, setelah dilakukan pemeriksaan selama 6 jam baru ditahan," tambah Idham.

Idham menerangkan proses jual beli ikan tersebut dilakukan sebanyak tujuh kali lebih yang dimulai sejak Juni hingga November di tahun 2015. Mereka beralasan jual beli ikan tersebut untuk eksportir. (https://news.detik.com/)

Berdasarkan bacaan tersebut, perilaku korupsi dapat menimbulkan kesengsaraan umat manusia, sehingga sangat dikecam oleh agama. Negara pun telah membuat perangkat hukum untuk memberantasnya. Ironisnya, perilaku korupsi tersebut tetap ada sampai sekarang.

Mengapa demikian? Berilah alasan yang tepat!

Ans:

 

2.        Perhatikan Q.S. an-Nisa’ ayat 81 berikut!

وَيَقُولُونَ طَاعَةٌ فَإِذَا بَرَزُوا۟ مِنْ عِندِكَ بَيَّتَ طَآئِفَةٌ مِّنْهُمْ غَيْرَ ٱلَّذِى تَقُولُ ۖ وَٱللَّهُ يَكْتُبُ مَا يُبَيِّتُونَ ۖ فَأَعْرِضْ عَنْهُمْ وَتَوَكَّلْ عَلَى ٱللَّهِ ۚ وَكَفَىٰ بِٱللَّهِ وَكِيلًا

Dan mereka (orang-orang munafik) mengatakan: "(Kewajiban kami hanyalah) taat". Tetapi apabila mereka telah pergi dari sisimu, sebahagian dari mereka mengatur siasat di malam hari (mengambil keputusan) lain dari yang telah mereka katakan tadi. Allah menulis siasat yang mereka atur di malam hari itu, maka berpalinglah kamu dari mereka dan tawakallah kepada Allah. Cukuplah Allah menjadi Pelindung.

Munafik adalah menunjukkan perilaku yang tak sama dengan hatinya. Mereka akan mengucap ikrar padahal ingkar, mereka akan mengucap setia padahal mereka bermain di belakangnya.

Bagaimana cara kalian menghindari nifaq?

Ans:

 

3.        Perhatikan bacaan berikut!

Pemotor Wanita Tewas dalam Kecelakaan di Sidoarjo

Jatimnow.com - Kecelakaan melibatkan truk bernopol W 8437 UT dengan motor Yamaha Mio L 5390 FN terjadi di Simpang Empat Kecamatan Candi, Kabupaten Sidoarjo. Kecelakaan menyebabkan satu orang tewas.

Kecelakaan itu terjadi sekitar pukul 12.00 Wib, Kamis (17/12/2020). Korban meninggal adalah pengendara motor bernama Samiasih (30), warga Desa Kebonsari, Kecamatan Candi, Kabupaten Sidoarjo.

Sopir truk adalah Setu (55), warga Sarirogo, Kecamatan/Kabupaten Sidoarjo. "Dalam insiden kecelakaan antara truk kontra sepeda motor ini, mengakibatkan satu orang meninggal di TKP," jelas Kanit Laka Satlantas Polresta Sidoarjo, AKP Sugeng.

Sugeng menyebut, semula motor yang dikendarai korban melaju dari timur ke barat. Sampai di Simpang Empat Candi, korban berbelok ke kiri arah selatan dengan mengambil lajur sebaliknya. Karena diduga kurang berhati-hati, korban tertabrak bagian kanan truk yang melaju dari arah selatan ke utara, yang akan berbelok ke arah timur.

"Faktor penyebab kecelakaan ini diduga karena kekurang hati-hatinya pengendara motor," tandasnya. Jenazah korban sudah dievakuasi ke RSUD Sidoarjo. Dua kendaraan juga sudah diamankan.

Berdasarkan bacaan tersebut, dalam hal adab perjalanan, ada beberapa ketentuan/adab yang harus dipatuhi. Di antara adab perjalanan adalah berdoa ketika hendak meninggalkan rumah, berdoa ketika mengendarai kendaraan, mematuhi rambu lalu lintas, dan menghormati pengguna jalan yang lainnya.

Bagaimana jika ada pengguna jalan lain yang tidak mengindahkan etika dalam perjalanan?

Ans:

 

4.        Sikap optimis perlu dilakukan di setiap pekerjaan. Allah swt. pun memerintahkan agar umat muslim tidak berputus asa. Contoh sikap optimis adalah sebuah tim sepak bola berlatih setiap hari untuk mempersiapkan kejuaraan sepak bola tingkat kota. Ketika kejuaraan dilaksanakan, tim tersebut menjadi terlatih dengan strategi dan komunikasi antar lininya. Alhasil pada saat pertandingan berlangsung, tim tersebut yakin bahwa hari ini merupakan hari kemenangan kita dan kita harus membuktikan hasil latihan kita dengan permainan yang ciamik dan skor telak.

Islam memerintahkan umatnya untuk cepat bertindak dalam menyikapi segala perbuatan. Allah membenci sikap menunda-nunda suatu pekerjaan apalagi jika kemudian tidak dikerjakan.

Firman Allah dalam QS. Ali Imran [3]: 139:

Janganlah kamu bersikap lemah, dan janganlah (pula) kamu bersedih hati, Padahal kamulah orang-orang yang paling tinggi (derajatnya), jika kamu orang-orang yang beriman”. (QS. Ali Imran [3]: 139)

Mengapa Islam sangat menganjurkan umatnya untuk selalu bersikap optimis?

Ans:

 

5.        Menurut Imam Abu Hatim bin Hibban Al-Busthi, ”Orang yang berakal wajib mencari keselamatan untuk dirinya dengan meninggalkan perbuatan tajassus dan senantiasa sibuk memikirkan kejelekan dirinya sendiri. Sesungguhnya orang yang sibuk memikirkan kejelekan dirinya sendiri dan melupakan kejelekan orang lain, maka hatinya akan tenteram dan tidak akan merasa capai. Setiap kali dia melihat kejelekan yang ada pada dirinya, maka dia akan merasa hina tatkala melihat kejelekan yang serupa ada pada saudaranya. Sementara orang yang senantiasa sibuk memperhatikan kejelekan orang lain dan melupakan kejelekannya sendiri, maka hatinya akan buta, badannya akan merasa letih, dan akan sulit baginya meninggalkan kejelekan dirinya”.

Ketika orang lain tidak suka dengan kalian, ia akan berusaha mencari-cari kesalahan kalian. Bahkan ia tidak akan segan-segan menyebarkan isu yang tidak benar mengenai kalian.

 

Jika kalian adalah korban dari perbuatan tersebut. Apa yang kalian lakukan untuk membersihkan nama baik kalian dan bagaimana menyikapi perbuatan orang yang mencari-cari kesalahan kalian dan menyebarkannya? Jelaskan langkah-langkah yang akan kalian ambil!

Ans:

 

Completion

1.        Perhatikan bacaan berikut!

Republika.co.id, Jakarta - Di Selat Gibraltar, para peneliti menemukan adanya pertemuan dua jenis laut yang berbeda warna, satu bagian berwana biru agak gelap dan bagian lainnya berwarna biru lebih terang.

Firman Allah dalam QS. Al-Furqan: 53

''Dan, Dialah yang membiarkan dua laut yang mengalir (berdampingan); yang ini tawar lagi segar dan yang lain asin lagi pahit; dan Dia jadikan antara keduanya dinding dan batas yang menghalangi.'' (QS. Al-Furqan: 53)

Setelah lebih dari 14 abad, baru beberapa dasawarsa ini para ilmuwan berhasil mengungkapkannya. Disebutkan bahwa para peneliti harus menunggu hingga sekian tahun untuk mencari dan menemukan laut dua warna ini. Para peneliti yang dilibatkan mencapai ratusan orang untuk mencari lokasinya.

Setelah berhasil menemukan laut dua warna tersebut, beberapa peneliti akhirnya menyatakan kekagumannya akan kebenaran Al-Quran. Kemudian, memilih Islam sebagai jalan hidupnya.

(https://www.republika.co.id/berita/p0w6tb313/bukti-nyata-kekuasaan-allah)

Berdasarkan bacaan tersebut, Allah Swt. Maha Kuasa atas segala sesuatu, tidak ada yang bisa menandingi kekuasaan Allah, karena Allah memiliki sifat ....

Ans: Qudrat

Qudrot

Qudrah

 

2.        Perhatikan gambar berikut!

Tahukah Anda jika ban mobil merupakan salah satu sampah yang paling sulit terurai secara alami? Dibutuhkan sekitar 50 tahun untuk satu ban mobil terurai di tanah.

Untuk itu, memanfaatkannya menjadi sesuatu yang lebih berguna adalah pilihan yang tepat. Salah satunya adalah dengan menyulapnya menjadi pot bunga seperti pada gambar tersebut.

Cara pembuatannya pun sangat mudah. Anda hanya perlu mengecat ban bekas tersebut, lalu tempekan papan kayu pada salah satu sisinya sebagai dasar. Tambahkan tanah, pot dari ban bekas pun siap digunakan.

(https://adahobi.com/daur-ulang-barang-bekas/)

Berdasarkan bacaan tersebut, membuat pot dari ban bekas disebut ....

Ans: Kreatif