soal hots dan kunci jawaban umbk uspbk ekonomi

 

Multiple choice

1.      Doni adalah siswa kelas XI, sejak kecil dia memiliki hobi bermain sepakbola. Sehingga sejak kelas 4 SD ia diikutkan club footsal oleh orang tuanya untuk menyalurkan hobinya. Tetapi orang tuanya memberinya syarat bahwa ia tidak boleh malas dalam belajar di sekolah.

Satu bulan lagi ia akan ada ujian kenaikan kelas,ia membutuhkan buku penunjang untuk belajar tambahan.

Dilain kondisi, sepatu footsalnya juga sudah rusak dan sepeda motornya juga perlu diservis. Ia juga sudah merencanakan liburan bersama teman-temannya saat libur kenaikan kelas.

Bulan ini, Doni mendapatkan uang saku sebesar Rp 800.000,00 dari ayahnya yang akan digunakan untuk memenuhi kebutuhannya sebagai berikut.

(1)     Membeli sepatu olahraga karena yang lama telah rusak seharga Rp 545.000,00

(2)     Membeli buku pelajaran seharga Rp 200.000,00 untuk persiapan menghadapi ujian

(3)     Membeli tas ransel seharga Rp 500.000,00 untuk travelling bersama teman-temannya.

(4)     Memperbaiki sepeda motor dengan perkiraan sebesar Rp 120.000,00

Cara yang dilakukan Doni untuk memenuhi kebutuhannya sesuai dengan skala prioritas kebutuhan adalah . . . .

A.    membeli sepatu dan memperbaiki sepeda motor, sisa uangnya digunakan untuk membeli buku

B.     membeli tas ransel dan buku pelajaran, sisa uangnya untuk membeli sepatu olahraga

C.     membeli sepatu olahraga dan sisa uangnya dapat ditabung

D.    membeli tas ransel dan sepatu olahraga kemudian sisa uangnya dapat ditabung

E.     membeli sepatu olahraga dan buku pelajaran, sisa uang ditabung kembali

 

ANS: E

 

2.      Covid-19 tidak hanya membawa dampak negatif untuk kesehatan, namun juga untuk keberlangsungan pekerjaan dan penghasilan para buruh. ILO memberikan prediksi bahwa secara global pendemi ini akan menyebabkan sekitar 195 juta orang kehilangan pekerjaan. Data Kementrian Tenaga Kerja Indonesia mengungkapkan bahwa sekitar dua juta pekerja formal dan informal terkena PHK.

Informasi apakah yang disampaikan pada gambar tersebut?

A.    Perbandingan antara jumlah pengangguran laki-laki dan perempuan

B.     Peningkatan jumlah penduduk mulai tanggal 18 – 20 Agustus 2020

C.     Persentase Tingkat Pengangguran Terbuka (TPT) laki-laki yang mengalami kenaikan pada tanggal 20 Agustus 2020

D.    Dampak Covid-19 terhadap laki-laki dan perempuan pada tahun 2020

E.     Penduduk sementara yang tidak bekerja karena covid-19 jumlahnya lebih sedikit daripada bekerja dengan shorter hour

 

ANS: C

 

3.      Perhatikan wacana berikut!

PDAM Akui Sidoarjo Krisis Air Bersih

Akhir-akhir ini air berasal Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Sidoarjo, yang menyebar ke rumah warga mengalami keruh seperti kopi. Hal tersebut disebabkan debit volume air sungai digunakan sebagai bahan baku PDAM yang kualitasnya menurun.
Yoyok Supriyanto Humas PDAM Sidoarjo mengakui sudah dua minggu terakhir ini, kuantitas dan kualitas air bersihnya mengalami penurunan. Bahkan, airnya sampai berubah warna kecoklatan seperti kopi.

“Memang saat ini Sidoarjo lagi krisis pasokan air bersih,” kata Yoyok Supriyanto, saat dihubungi suarasurabaya.net, Senin (10/11/2014) sore.

Yoyok mengungkapkan, tidak heran banyak warga mengeluhkan pasokan air yang mengalir ke rumah itu kotor. Bahkan, sampai ada yang laporan airnya itu bau tidak sedap dan tercampur lumpur.

Namun, menurut Yoyok, keruhnya air disebabkan kurangnya pasokan bahan baku air bersih yang kian hari makin menipis. Apalagi, lima instalasi pengolahan air minum di PDAM Delta Tirta akhir-akhir ini dalam kondisi kritis.

Bahkan, debit pengolahan air minum mengalami penurunan sampai 20 persen. PDAM Sidoarjo terpaksa sempat mematikan instalasi pengolahan air bersih di Kedunguling, Candi, Sidoarjo.

“Makanya saat ini Sidoarjo mengalami krisis air bersih. Bahkan, ada yang laporan kalau airnya rasanya manis,” terangnya.

Yoyok berharap pada masyarakat, agar airnya tidak sampai keruh seperti kopi. Maka, yang dilakukan pelanggan air bersih PDAM, membuka kran jangan terlalu besar.

“Tipsnya itu buka kran air kecil sekali, jangan terlalu dibuka besar. Agar airnya tidak keruh ataupun keluar bersamaan dengan tercampurnya lumpur,” ujarnya.

Namun, Yoyok sendiri tidak berani memastikan sampai kapan Sidoarjo mengalami krisis air bersih.

“Saya tidak tahu kalau mengenai waktunya. Karena, pasokan air sungai yang merupakan jadi bahan baku pasokan PDAM masih belum bisa dikelola,” tutupnya.(riy/ono/ipg)

Sumber: https://www.suarasurabaya.net/kelanakota/2014/PDAM-Akui-Sidoarjo-Krisis-Air-Bersih/



Penyebab terjadinya kelangkaan air bersih tersebut adalah . . . .

A.    warga Sidoarjo terlalu menghambur-hamburkan pemakaian air bersih

B.     kurangnya pasokan bahan baku air bersih yang kian hari makin menipis

C.     tiga instalasi pengolahan air minum di PDAM Delta Tirta akhir-akhir ini dalam kondisi kritis.

D.    pipa PDAM mengalami kerusakan sehingga pasokan air bersih terhambat

E.     terlalu banyak usaha air minum isi ulang di daerah Sidoarjo

 

ANS: B

 

4.      Perhatikan gambar berikut!

 

Hubungan antara produsen dengan konsumen dalam kegiatan ekonomi tidak bisa terlepas antara satu dengan yang lain. Hubungan mereka digambarkan dalam circular flow diagam. Pernyataan berikut yang sesuai dengan siklus nomor 4 adalah . . . .

A.    rumah tangga konsumen mendapatkan faktor produksi dari rumah tangga produsen

B.     rumah tangga konsumen mendapatkan barang dan jasa dari rumah tangga produsen

C.     rumah tangga produsen mendapatkan pembayaran dari rumah tangga konsumen

D.    rumah tangga produsen menyerahkan balas jasa kepada rumah tangga konsumen

E.     rumah tangga produsen membayar pajak kepada Rumah tangga pemerintah

ANS: C

 

5.      Tahun 2021 diawali dengan berbagai peristiwa duka di tengah wabah covid-19 yang terus menjagkiti Indonesia. Kabar duka muncul lantaran terjadinya sejumlah bencana alam yang merenggut korban jiwa di sejumlah daerah di Indonesia.

Sejumlah bencana alam tersebut juga terjadi ditengah peristiwa duka jatuhnya pesawat Sriwijaya Air SJ 182 di perairan kepulauan Seribu, Jakarta pada Sabtu (9/1/2021).

Bencana alam pertama yang terjadi di awal tahun 2021 ialah longsor di Sumedang, Jawa Barat (Sabtu,9/1/2021). Kemudian dilanjut pada sejumlah bencana alam di Indonesia mulai dari banjir,gempa bumi, hingga gunung meletus. Menanggapi hal itu, beberapa masyarakat berinisiatif memberi bantuan dana, pakaian, dan makanan berupa mie instan. (Sumber: kompas.com)

Jika diketahui mie instan berada pada titik A (harga Rp 1.000,00 maka jumlah barang yang diminta 2500 unit) dan pada titik B (harga Rp 1.200,00 maka jumlah barang yang diminta 1500 unit). Apakah jenis koefesian elastisitas harga permintaan mie instan tersebut ?

A.    In elastis

B.     Elastis

C.     Elastis Uniter

D.    Elastis sempurna

E.     Inelastis sempurna

ANS: B

 

6.        Bacalah artikel dibawah ini ! 

Cara Indonesia Menumbuhkan Koperasi Besar

Dalam sejarah perekonomian Indonesia, koperasi selalu menemukan cara untuk mengambil perannya sendiri. Sering koperasi bekerja dalam diam, dalam sunyi namun pasti, saat ia menjadi sandaran bagi para pedagang di pasar-pasar tradisional.

Koperasi bahkan menjadi tempat bagi para pegawai berlari dan mengetuk pintu bantuan saat hari-hari mereka diterpa kesulitan. Itu belum termasuk peran koperasi dalam rantai pasok pangan, saprodi, hingga kebutuhan sehari-hari para anggotanya yang besar dari mulai petani, nelayan.

Ada bahkan suatu daerah kecil di  kalimantan, kekuatan koperasi kreditnya mampu menyumbangkan Pendapatan Asli Daerah (PAD)terbesar, menjadi penyangga perekonomianan anggotanya di pulau-pulau terluar yang hanya bisa dijangkau dengan perahu kecil, hingga tak satupun jaringan supermarket moderen yang bisa menyaingi kepercayaan anggota pada toko koperasi mereka sendiri.

Sementara di koperasi lain, koperasi simpan pinjam telah memayungi 3 juta anggotanya yang pelaku usaha ultra mikro dan kecil. Di Nusa Tenggara Timur (NTT), bahkan 50% masyarakatnya tercatat sebagai anggota koperasi.

Koperasi lebih sering tidak butuh pengakuan bahkan jarang mengalokasikan anggaran promosidan iklan pada produk atau jasa yang dihasilkan hingga tak dikenal namun kinerjanya justru sangat dibutuhkan.

Sampai semua tersadar bahwa mulai banyak koperasi di Indonesia yang tumbuh menjadi koperasi besar dunia yang tak bisa lagi dimarginalkan atau dipandang sebelah mata.

(Sumber: Antara.com)

Prinsip koperasi yang sesuai dengan narasi tersebut adalah . . . .

A.    pengelolaan dilakukan secara demokratis

B.     pembagian SHU dilakukan secara adil dan sebanding dengan jasa masing-masing

C.     pemberian balas jasa yang terbatas terhadap modal

D.    kemandirian

E.     keanggotaan bersifat sukarela dan terbuka

ANS: E

 

7.      Salah satu keuntungan menjadi anggota koperasi adalah mendapat SHU. SHU diatur dalam undang-undang perkoperasian nomor 25 tahun 1992 yang merupakan pendapatan koperasi yang diperoleh satu tahun buku.

Perhatikan data keuangan koperasi “Sejahtera” tahun 2020 sebagai berikut !

SHU

Rp 70.000.000,00

Penjualan

Rp 120.000.000,00

Simpanan Pokok

Rp 10.000.000,00

Simpanan Wajib

Rp 20.000.000,00

 

Lina sebagai anggota koperasi memiliki simpanan pokok Rp 600.000,00. Simpanan wajib Rp 3.000.000,00 dan simpanan sukarela Rp 1.400.000,00. Pembelanjaan Lina di koperasi sebesar Rp 1.000.000,00. Besar jasa simpanan 40%, jasa usaha 30% dan jasa pendidikan 10%. Besar SHU yang diterima Lina adalah  . . . .

A.    Rp 2.450.000,00

B.     Rp 3.535.000,00

C.     Rp 3.600.000,00

D.    Rp 3.786.000,00

E.     Rp 3.890.000,00

 ANS: B

 

8.                   Jumlah Pengangguran di Sidoarjo Semakin Banyak, Tahun ini Naik Jadi 10,97 Persen

SURYA.co.id | SIDOARJO – Warga Sidoarjo yang tidak punya pekerjaan alias menganggur semakin banyak.

Di tahun 2020 ini, angka TPT (tingkat pengangguran terbuka) Sidoarjo mencapai 10,97 persen.

Jauh di atas tahun 2019 lalu TPT-nya sebesar 4,72 persen.



Ada sejumlah factor yang menjadi pemicu tingginya TPT di Sidoarjo tahun ini. Termasuk kondisi pandemic covid-19, banyak perusahaan hengkang dari Kota Delta, dan sejumlah penyebab lain.

“Ya, TPT di Sidoarjo tahun ini jauh lebih tinggi dibanding tahun-tahun sebelumnya. Angkanya mencapai 10,97 persen. Tingginya TPT itu menunjukkan bahwa jumlah angkatan kerja di Sidoarjo masih banyak yang tidak terserap,” kata Kepala Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Sidoarjo Fenny Apridawati.

Menurutnya, kondisi pandemi merupakan penyebab utama tingginya pengangguran di Sidoarjo. Selama pandemi, banyak sekali perusahaan yang melakukan pengurangan terhadap karyawannya. Dan sejauh ini para tenaga kerja yang kena PHK atau kehilangan pekerjaannya itu, belum mendapat pekerjaan baru.

“Bahkan sektor informal juga lesu akibat pembatasan usaha selama pandemi ini. Selain itu, banyak juga angkatan kerja baru di Sidoarjo yang saat ini juga belum tertampung,” urainya.

Selain kemampuan atau skil angkatan tenaga kerja baru yang belum mumpuni, lowongan kerja atau lapangan kerja baru juga terbilang sangat sedikit. Jauh dibanding tahun-tahun sebelumnya.

Ditambah lagi, banyak juga perusahaan yang sebelumnya beroperasi di Sidoarjo belakangan ini memutuskan untuk hengkang. Alias pindah ke daerah lain. Kondisi itu juga mengurangi lapangan kerja yang ada di Kota Delta.

Menurut Fenny, untuk mengatasi persoalan ini butuh kerja sama multi sektoral yang kuat. Baik antara Organisasi Perangkat Daerah (OPD) atau pemerintah dengan berbagai pihak, khususnya dengan pihak investor atau perusahaan.
Sumber:
https://surabaya.tribunnews.com/2020/12/13/jumlah-pengangguran-di-sidoarjo-semakin-banyak-tahun-ini-naik-jadi-1097-persen.

Berdasarkan wacana tersebut, yang menjadi penyebab utama tingginya pengangguran di Sidoarjo selama masa pandemi adalah . . . .

A.    banyak perusahaan yang mengurangi jumlah karyawannya

B.     banyak tenaga kerja yang belum mendapatkan pekerjaan baru

C.     banyak perusahaan yang memutuskan untuk pindah ke lokasi lain

D.    banyak tenaga kerja yang keahliannya tidak sesuai dengan kualifikasi perusahaan

E.     jumlah perusahaan lebih sedikit daripada jumlah pengangguran

ANS: A

 

9.      Perhatikan wacana dibawah ini!            

                PT Perorangan Wajib Setor Laporan Keuangan ke Menkumham

Pemerintah mewajibkan perseroan perorangan dengan tanggung jawab terbatas (sole proprietorship with limited liability) untuk menyusun laporan keuangan. Apabila dilanggar, status badan usaha entitas terkait bisa dicabut.

Hal itu diatur dalam Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 8 Tahun 2021 tentang Modal Dasar Perseroan serta Pendaftaran Pendirian, Perubahan, dan Pembubaran Perseroan yang Memenuhi Kriteria Untuk Usaha Mikro dan Kecil yang merupakan aturan turunan UU Nomor 11 Tahun 2020 tentang Cipta Kerja.

"Laporan keuangan sebagaimana dimaksud pada ayat (1) dilaporkan kepada Menteri (Menteri Hukum dan HAM) dengan melakukan pengisian format isian penyampaian laporan keuangan secara elektronik paling lambat 6 (enam) bulan setelah akhir periode akuntansi berjalan," tulis Pasal 10 (2) PP 8/2021, dikutip Selasa (23/2).

Format isian penyampaian laporan keuangan yang disampaikan ke pemerintah mencakup laporan posisi keuangan, laporan laba rugi, dan catatan atas laporan keuangan tahun berjalan.

Nantinya, Menkumham akan menerbitkan bukti penerimaan laporan keuangan secara elektronik.

Sesuai Pasal 12 PP8/2021, perseroan perorangan yang tidak menyampaikan laporan keuangan akan dikenakan sanksi administratif berupa teguran tertulis, penghentian hak akses atas layanan, dan atau pencabutan status badan hukum.

Sebelumnya, Menkumham Yasonna Laoly menerangkan usaha mikro dan kecil perorangan yang ingin memiliki status badan hukum cukup mengisi form pernyataan secara elektronik tanpa memerlukan akta notaris.

"Dengan adanya perseroan perorangan, maka pelaku usaha dapat membentuk perseroan terbatas yang pendirinya cukup satu orang," ujar Yasonna dalam keterangan resmi saat menghadiri diskusi interaktif mengenai arah kebijakan pemerintah dalam UU Nomor 11 Tentang Cipta Kerja di Medan awal pekan ini.

Yasonna menerangkan perusahaan perorangan akan memberikan perlindungan hukum kepada para pelaku usaha melalui pemisahan kekayaan pribadi dan perusahaan dalam bentuk pernyataan modal. Hal ini pada gilirannya akan memudahkan pelaku usaha dalam mengakses pembiayaan dari perbankan.

Manfaat laporan keuangan bagi pemerintah adalah . . . .

A.    sebagai bahan acuan untuk menolak atau menyetujui  pinjaman yang diberikan

B.     untuk mengambil keputusan apakah perusahaan memiliki kemampuan untuk membayar tagihan sesuai nominal yang tertera atau tidak

C.     sebagai acuan untuk mendukung aspek perencanaan bisnis dimasa yang akan datang

D.    sebagai bahan informasi apakah modal yang di investasikan sudah tepat sasaran atau belum

E.     untuk menentukan besarnya pajak yang dikenakan pada sebuah perusahaan

ANS: E

 

10.  Perkembangan teknologi yang semakin pesat mengharuskan para pelaku usaha dan masyarakat untuk lebih cepat beradaptasi pada perkembangan teknologi tersebut. Hadirnya mesin fotocopy merupakan suatu bagian dari perkembangan teknologi tersebut yang sangat dirasakan manfaatnya. Mesin fotocopy ini sangat dibutuhkan bagi semua kalangan. Baik dari pelajar, mahasiswa, pegawai kantor, dan masyarakat pada umumnya.

Mesin fotocopy adalah peralatan kantor yang membuat salinan ke atas kertas dari dokumen, buku, maupun sumber lain. Mesin fotocopy zaman sekarang menggunakan xerografi, proses kering yang bekerja dengan bantuan listrik maupun panas.  Biasanya dalam sebuah pekerjaan, mesin fotocopy sangat dibutuhkan untuk memperbanyak data dan dokumen secara singkat dan mudah. Kita dengan mudah memperbanyak gambar dan tulisan, tinggal tekan tombol, tunggu sejenak, semua pekerjaan penggandaan beres.

 

Amir memiliki usaha fotocopy sejak tahun 2010. Usaha tersebut ia dirikan setelah ia lulus SMK bersama dengan sahabatnya diberi nama Fotocopy Lancar. 

Pada tanggal 1 Februari 2010, ia membuka usaha tersebut dan mengeluarkan modal sebesar Rp 3.000.000,00 dan sahabatnya mengeluarkan modal 2.500.000,00.

Kemudian pada tanggal 3 Februari 2010 mereka membeli perlengkapan secara kredit (mesin fotocopy dan etalase) senilai Rp 28.000.000,00.

Bentuk persamaan dasar akuntansi yang sesuai adalah . . . .

 

A.    dalam ribuan rupiah

Tgl

Ket

Aktiva

Passiva

Feb

 

kas

Perlengkapan

Utang

Modal

1

 

3.000

 

3.000

 

 

1

 

28.000

 

 

28.000

 

B.     dalam ribuan rupiah

Tgl

Ket

Aktiva

Passiva

Feb

 

kas

Perlengkapan

Utang

Modal

1

 

3.000

 

 

3.000

 

1

 

 

2.500

 

2.500

 

C.     dalam ribuan rupiah

Tgl

Ket

Aktiva

Passiva

Feb

 

kas

Perlengkapan

Utang

Modal

1

 

5.500

 

 

5.500

 

3

 

 

28.000

28.000

 

 

D.    dalam ribuan rupiah

Tgl

Ket

Aktiva

Passiva

Feb

 

kas

Perlengkapan

Utang

Modal

1

 

5.500

 

 

5.500

 

3

 

 

28.000

 

28.000

 

E.     dalam ribuan rupiah

Tgl

Ket

Aktiva

Passiva

Feb

 

kas

Perlengkapan

Utang

Modal

1

 

5.500

 

 

5.500

 

1

 

3.000

 

3.000

 

 

3

 

 

28.000

 

28.000

 

ANS: C

 

11.  Pendapatan nasional adalah tolok ukur untuk menilai kondisi perekonomian suatu negara. Secara definitif, pendapatan nasional adalah ukuran dari nilai total barang dan jasa yang dihasilkan oleh suatu negara dalam kurun waktu satu tahun yang dinyatakan dalam satuan uang.

Terdapat tiga pendekatan untuk menghitung pendapatan nasional, yaitu pendekatan produksi (production approach), pendekatan pendapatan (income approach), dan pendekatan pengeluaran (expenditure approach).

Perhatikan sebagian data keuangan negara Indonesia berikut ! (dalam milyar rupiah)

Upah pekerja

16.000

Laba

12.600

Impor

9.000

Konsumsi masyarakat

18.500

Pengeluaran pemerintah

16.500

Pendapatan sewa

12.500

Investasi

25.500

 

Dengan perhitungan pendekatan pengeluaran, pendapatan nasional negara Indonesia adalah sebesar Rp 62.500 milyar. Maka besar nilai ekspornya adalah. . . .

A.  Rp 12.400 milyar

B.   Rp 11.000 milyar

C.   Rp 7.000 milyar

D.  Rp 4.100 milyar

E.   Rp 2.000 milyar

ANS: B

 

12.  Pak Rudi memiliki usaha  Car Air Brush (cat body mobil). Usaha ini ia dirikan setelah ia recent dari tempat kerja sebelumnya. Dari tempat kerja tersebut ia memiliki banyak pengalaman dalam bidang Car Air Brush. Ia mengawali usaha ini dengan menyetorkan modal awal sebesar  Rp 17.500.000,00 pada tanggal 1 Mei 2019.

Usahanya berjalan dengan lancar karena ia memilih pangsa pasar yang sesuai. Customernya biasanya berasal dari kalangan anak muda dan club pecinta mobil. Pada tanggal 8 Mei, ia menerima job dari seorang pelanggan dan harus ia selesaikan tanggal 12 Mei. Setelah pekerjaannya selesai, ia menerima sejumlah pembayaran sebesar Rp 800.000,00.

Pada tanggal 15 Mei, ia menyempatkan diri untuk membeli peralatan keperluan bengkelnya di toko distributor dan ia menghabiskan sebesar Rp 1.250.000,00.

Bentuk pencatatan akun buku besar yang sesuai dengan transaksi diatas adalah . . . .

A.    Kas                                                                                                                                        101

Tanggal

Keterangan

Ref

D

K

Saldo

D

K

Mei 2019

1

Setoran modal

1

17.500

 

17.500

 

12

Menerima pendapatan

1

800

 

18.300

 

15

Membeli peralatan

1

 

1.250

19.550

 

 

B.     Kas                                                                                                                                          101

Tanggal

Keterangan

Ref

D

K

Saldo

D

K

Mei 2018

1

Setoran modal

1

17.500

 

17.500

 

12

Menerima pendapatan

1

800

 

18.300

 

15

Membeli peralatan

1

 

1.250

17.050

 

 

C.     Kas                                                                                                                                          101

Tanggal

Keterangan

Ref

D

K

Saldo

D

K

Mei 2018

1

Setoran modal

1

 

17.500

 

17.500

12

Menerima pendapatan

1

 

800

 

18.300

15

Membeli peralatan

1

1.250

 

 

17.050

 

D.    Kas                                                                                                                                          101

Tanggal

Keterangan

Ref

D

K

Saldo

D

K

Mei 2018

1

Setoran modal

1

17.500

 

 

17.500

12

Menerima pendapatan

1

800

 

 

18.300

15

Membeli peralatan

1

1.250

 

 

19.550

 

E.     Kas                                                                                                                                          101

Tanggal

Keterangan

Ref

D

K

Saldo

D

K

Mei 2018

1

Setoran modal

1

17.500

 

17.500

 

12

Menerima pendapatan

1

 

800

16.700

 

15

Membeli peralatan

1

 

1.250

15.450

 

ANS: B

 

MULTIPLE RESPONSE

 

13.  Telur merupakan lauk pauk yang jumlahnya melimpah di Indonesia karena sebagian besar masyarakat Indonesia bertahan hidup dari beternak. Ada yang hasilnya dikonsumsi sendiri, ada pula yang dibudidayakan sebagai lapangan pekerjaan. Perubahan cuaca dapat mempengaruhi jumlah telur yang dihasilkan oleh ayam peternak, hal itu juga berimbas pada harga jual telur per kilogramnya. Berikut adalah tabel permintaan dan penawaran telur ayam di desa Sawotratap.

Tabel permintaan dan penawaran terhadap telur ayam

Harga telur (Rp)

Jumlah permintaan telur (kg)

Jumlah penawaran telur (kg)

19.500

500

300

19.800

450

350

20.000

400

400

20.300

350

450

20.500

300

500

 

Pernyataan yang benar menurut tabel tersebut adalah . . . .

A.    keseimbangan harga terjadi pada harga Rp 19.500,00 dengan Qd sebesar 450 dan Qs sebesar 350

B.     keseimbangan harga terjadi pada harga Rp 20.000,00 dengan Qd sebesar 400 dan Qs sebesar 400

C.     keseimbangan harga terjadi pada harga Rp 19.800,00 dengan Qd sebesar 400 dan Qs sebesar 400

D.    keseimbangan harga terjadi pada harga Rp 20.300,00 dengan Qd sebesar 500 dan Qs sebesar 500

E.     keseimbangan harga terjadi pada harga Rp 20.000,00 saat Qd = Qs yaitu 400

ANS: B,E

14.  Telur merupakan lauk pauk yang jumlahnya melimpah di Indonesia karena sebagian besar masyarakat Indonesia bertahan hidup dari beternak. Ada yang hasilnya dikonsumsi sendiri, ada pula yang dibudidayakan sebagai lapangan pekerjaan. Perubahan cuaca dapat mempengaruhi jumlah telur yang dihasilkan oleh ayam peternak, hal itu juga berimbas pada harga jual telur per kilogramnya. Berikut adalah tabel permintaan dan penawaran telur ayam di desa Sawotratap.

Tabel permintaan dan penawaran terhadap telur ayam

Harga telur (P) (Rp)

 

Jumlah permintaan (Qd) telur (kg)

Jumlah penawaran (Qs) telur (kg)

19.500

500

300

19.800

450

350

20.000

400

400

20.300

350

450

20.500

300

500

Berdasarkan tabel diatas, pada saat harga telur Rp 19.500,00 maka jumlah permintaan telur sebanyak 500kg dan jumlah penawarannya adalah 300kg. Pada saat harga telur naik menjadi Rp 19.800,00 ternyata jumlah permintaaan telur turun menjadi Rp 450 kg dan jumlah penawarannya naik menjadi 350kg. Fungsi permintaannya sebesar . . . .

A.    0,167 P – 2.950

B.     -0,167 P + 3.750

C.     0,25 P – 4.600

D.    -0,25 P + 5.400

E.     -0,25 P + 5.425

ANS: A, B

15.       Perhatikan wacana dibawah ini !  

Kebijakan Moneter Di Tengah Pandemi. Lebih Baik Ekspansif Atau Kontarkatif

Jumlah pasien positif kian meningkat tiap harinya. Per 24 Juni 2020, jumlah pasien positif di Indonesia sudah mencapai 49.009 orang, dengan pasien yang sembuh 19.568 orang dan meninggal sebanyak 2.573 orang. Meningkatnya jumlah pasien tersebut, mengakibatkan implikasi terhadap berbagai sektor seperti sektor kesehatan, ekonomi, sosial, pendidikan dan sektor-sektor lainnya.
Salah satu yang menjadi sorotan adalah sektor ekonomi ekonomi. Baru-baru ini Badan Pusat Statistik menyatakan bahwa pertumbuhan ekonomi Indonesia pada kuartal I/2020 mencapai 2,97%. Tingkat pertumbuhannya ini sangat miris jika dibandingkan dengan kuartal IV/2019 yang sebesar 4,97%.
Proyeksi Pertumbuhan Ekonomi Indonesia 2020 dan 2021

Berbagai upaya sudah dilakukan pemerintah untuk menjaga stabilitas perekonomian ditengah rendahnya tingkat pertumbuhan saat ini. Salah satu upaya yang dilakukan pemerintah dalam menjaga stabilitas tersebut melalui kebijakan moneter.

Lalu apa tindakan yang sebenarnya harus dilakukan pemerintah terkait kebijakan Moneter di Indonesia dalam mengahadapi pandemic ini? Ekspansif kah atau kontraktif? Mengingat bahwa sector yang paling terkena dampak dari COVID adalah dari perekonomian.
Dalam menghadapi situasi ini, kebijakan ekspansif adalah tindakan yang tepat dalam menghadapi pandemik ini. Ada 3 hal yang menjadi dasar mengapa kita lebih baik ekspansif.
Meningkatnya jumlah pengangguran dan penduduk miskin di Indonesia
Berdasarkan data Kemnaker, hingga 27 Mei 2020 jumlah pekerja yang terdampak corona di sektor formal ada 375.165 orang. Sementara di sektor informal sebanyak 314.833 orang. Sehingga total pekerja terdampak COVID-19 ada 1.722.958.
Pelemahan ekonomi akibat Covid-19 berdampak terhadap peningkatan jumlah penduduk miskin di Indonesia. Pada skenario terburuk, jika ekonomi tumbuh hanya 1%, maka tingkat kemiskinan Indonesia mencapai 12,37%.

Penurunan pendapatan mengakibatkan daya beli masyarakat Indonesia yang menurun
Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/Bappenas memperkirakan daya beli masyarakat yang hilang akibat pandemi corona per 30 Maret hingga 6 Juni 2020 mencapai Rp 362 triliun.
Menurunnya daya beli masyarakat selain disebabkan karena banyaknya masyarakat yang menganggur,juga dipengaruhi oleh instruksi dari pemerintah untuk melakukan kegiatan dari rumah, baik itu Work From Home, Pembelajaran Jarak Jauh, dan lain sebagainya. Karena hal tersebut, banyak masyarakat yang merasa enggan untuk keluar rumah, ataupun memang merasa tidak mampu dalam hal finansial.

Banyak UMKM yang terkena dampak dari COVID 19
Jumlah UMKM yang tersebar di Indonesia sebanyak 62,9 juta unit meliputi perdagangan, pertanian, peternakan, kehutanan, perikanan, pertambangan, pengolahan, bangunan, komunikasi, hotel, restoran dan jasa-jasa.  Namun pada masa pendemic ini, banyak sekali ditemukan seperti hotel-hotel, tempat wisata, supermarket, dlsb yang tutup sementera, bahkan ada juga yang sampai harus gulung tikar. Ada sebanyak 37.000 UMKM di Indonesia yang terkena dampak ada 58,97 juta UMKM atau setara 99,99% mengalami kendala dalam produksi dan pemasaran di tengah wabah Covid-19. Kendala produksi yang dimaksud salah satunya dari sisi modal.

Pemilihan kebijakan moneter ekspansif tidak hanya ditinjau dari alasan diatas, akan tetapi berbagai kebijakan yang ditetapkan BI juga mengarah kepada kebijakan moneter ekspansif. Kebijakan tersebut diantaranya : pembelian SBN dari pasar sekunder dan perdana, penurunan rasio giro wajib minimum (GWM) valuta asing bank-bank umum konvensional, penurunan GWM rupiah, perluasan jenis dan cakupan underlying transaksi bagi investor asing, Gerakan Bank Indonesia Peduli  COVID-19.

(Sumber: Faktual.net)

Alasan indonesia lebih memilih kebijakan moneter ekspansif adalah . . . .

A.    penurunan rasio giro wajib minimum (GWM) valuta asing bank-bank umum konvensional

B.     adanya kenaikan pendapatan perkapita masyarakat Indonesia

C.     banyaknya UKM yang gulung tikar dimasa pandemi Covid 19 karena kesulitan produksi dan pemasaran

D.    meningkatnya angka pembelanjaan lewat online dikarenakan masyarakat enggan berbelanja offline

E.     penjualan SBN dari pasarperdana dan pasar sekunder

ANS: A,C

16.       Perhatikan wacana dibawah ini !             

Indonesia-Cina Sepakat Perkuat Kerja Sama di Sektor Perdagangan

Menteri Luar Negeri Retno Marsudi mengatakan Indonesia dan Cina akan memperkuat kerja sama di bidang ekonomi selama pandemi hingga pasca-pandemi, termasuk di sektor perdagangan. Niat kedua negara tersebut tercetus dalam pertemuan bilateral yang berlangsung di Sanya, Cina, 20 Agustus 2020.

“Sebagai informasi, angka ekspor Indonesia ke RRT (Cina) meningkat 11,74 persen pada semester I 2020  dari US$ 12,32 miliar menjadi US$ 13,77 miliar ketimbang 2019,” kata Retno dalam konferensi virtual, Kamis petang, 20 Agustus.

Di saat yang sama, Retno mengatakan impor Indonesia terhadap komoditas Cina menurun sebesar 11,86 persen. Dengan kondisi ini, neraca defisit perdagangan Indonesia dapat ditekan sampai  46,08 persen. Retno menjelaskan, dari waktu ke waktu, negara terus berupaya untuk mempersempit celah defisit dengan meningkatkan potensi ekspor.

Dalam pertemuan bilateral, tutur Retno, Indonesia berupaya mengatasi hambatan perdagangan dan terbukanya pasar Cina bagi produk indonesia. Adapun di sisi lain, yakni investasi, Retno menerangkan, Negeri Tirai Bambu menempati negara kedua yang menanamkan modal terbesarnya di Indonesia setelah Singapura. Pada paruh pertama tahun ini, investasi Cina meningkat 9 persen dari US$ 2,2 miliar menjadi US$ 2,4 miliar.

Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir mengatakan persamuhan Indonesia dan cina juga membicarakan soal infrastruktur logistik untuk mendukung perekonomian. “Kami di BUMN ingin melakukan transformasi di sektor logistik agar semakin kompetitif,” ujarnya.

Infrastruktur yang dimaksud bukan bukan hanya menyoal penyediaan kereta api, jalan tol, dan pelabuhan. Namun, ia menginginkan adanya reformasi digitalisasi logistik dalam skala yang lebih besar.

https://bisnis.tempo.co/read/1377861/indonesia-cina-sepakat-perkuat-kerja-sama-di-sektor-perdagangan/full&view=ok

Faktor pendorong hubungan bilateral yang sesuai adalah . . . .

A.    perbedaan sumber daya manusia

B.     keinginan untuk memperoleh keuntungan dan meningkatkan pendapatan negara

C.     kondisi iklim yang berbeda

D.    meningkatkan kualitas SDM

E.     munculnya transportasi antar daerah

ANS: B,C,D

17.       Perhatikan wacana dibawah ini !             

                        Indonesia Resmi Naik Kelas jadi Negara Berpendapatan Menengah ke Atas


Bank Dunia resmi mengelompokkan Indonesia ke dalam negara berpendapatan menengah atas. Negara yang dapat masuk dalam kategori ini memiliki pendapatan nasional bruto atau gross national income di antara US$ 4.046 hingga US$ 12.535 per tahun. Pengelompokkan kategori pendapatan negara tersebut dihitung berdasarkan GNI per kapita masing-masing negara dengan metode Atlas Bank Dunia. Indonesia sebelumnya masuk dalam kelompok negara berpendapatan menengah bawah.

Berdasarkan klasifikasi terbaru Bank Dunia yang dirilis Rabu (1/7) waktu Washington DC, negara yang masuk dalam kelompok pendapatan rendah memiliki GNI per kapita di bawah US$ 1.035. Negara berpendapatan menengah ke bawah memiliki GNI per kapita antara US$ 1.036 dan US$ 4.045. Lalu ekonomi berpendapatan menengah atas memiliki GNI per kapita antara US$ 4.046 dan US$ 12.535. Sedangkan negara dengan ekonomi berpenghasilan tinggi memiliki GNI per kapita sebesar US$ 12.536 atau lebih. Klasifikasi ini sedikit berubah dibandingkan tahun lalu.

Bank Dunia sebelumnya mengelompokkan  negara berpendapatan rendah  jika memiliki GNI per kapita US$995 ke bawah, negara berpendapatan menengah ke bawah US$996-3.895, negara berpendapatan menengah ke atas US$3.896-12.055, dan negara pendapatan atau maju yakni di atas US$12.056.  Indonesia menjadi satu-satunya negara yang baru masuk dalam kelompok negara berpendapatan menengah atas. Pada kelompok negara berpendapatan menengah bawah, terdapat anggota baru yakni Algeria, Benin, Sri Lanka, Nepal, dan Tanzania. Romania, Mauritius, dan Naru menjadi anggota baru dalam kelompok negara berpendapatan atas. Sementara Sudan yang sebelumnya masuk dalam kelompok negara berpendapatan menengah bawah kini dikelompokkan sebagai negara berpendapatan rendah.

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan sebelumnya telah menyampaikan kabar lebih dulu terkait Bank Dunia yang menobatkan Indonesia sebagai negara dengan pendapatan menengah atas. "Saya mau menyampaikan berita baik Indonesia ini diumukan oleh World Bank telah naik dari lower middle income country menjadi upper middle income country," kata Luhut dalam diskusi daring di Jakarta, Rabu (1/7). Bank Dunia belum merilis perincian GNI per kapita Indonesia terbaru berdasarkan Metode Atlas yang menjadi acuan penetapan Indonesia masuk kelompok negara berpendapatan menengah atas. Tahun lalu, Indonesia tercatat memiliki GNI per kapita berdasarkan data Bank Dunia sebesar US$ 3.840. Namun, data Badan Pusat Statistik mencatat Produk Domestik Bruto atau PDB per kapita sepanjang 2019 sebesar Rp 59,1 juta atau setara US$ 4.174,9. Angka tersebut lebih tinggi dibandingkan PDB per kapita pada 2018 sebesar Rp 56 juta rupiah, atau setara US$ 3.927,2.

Ekonom Faisal Basri dalam blog pribadinya pernah menjelaskan perbedaan antara PDB atau GDP dan pendapatan nasional bruto atau gross national income. PDB merupakan seluruh pendapatan penduduk, perusahaan, dan pemerintah selama periode tertentu, termasuk di dalamnya pendapatan warga asing. Sementara GNI menghitung seluruh pendapatan warga negara Indonesia, termasuk yang bekerja di luar negeri tetapi tak menghitung pendapatan warga negara asing yang bekerja di Indonesia. Untuk kasus Indonesia, menurut Faisal, PDB per kapita lebih tinggi dari PNB per kapita. Ini lantaran upah warga negara asing yang bekerja di Indonesia rata-rata lebih tinggi dibandingkan warga negara Indonesia yang bekerja di luar negeri. Badan Perencanaan dan Pembangunan Nasional sebelumnya menargetkan Indonesia dapat menjadi negara maju pada 2045 dengan PDB per kapita sebesar US$ 23,2 ribu atau Rp 324,9 juta. Dengan target ini, PDB nasional bisa mencapai US$ 7,4 triliun, menempati peringkat lima terbesar di dunia. Adapun pada 2020, PDB per kapita Indonesia ditargetkan mencapai US$ 4.546 per kapita, seperti terlihat dalam databoks di bawah ini.

Sumber:
https://katadata.co.id/agustiyanti/finansial/5efd443e37e94/indonesia-resmi-naik-kelas-jadi-negara-berpendapatan-menengah-ke-atas

Berdasarkan artikel diatas, penyebab PDB per kapita Indonesia lebih tinggi dari PNB per kapitanya adalah . . . .

A.    jumlah warga negara Indonesia lebih banyak daripada warga negara asing

B.    pendapatan nasional Indonesia dialokasikan untuk kesejahteraan seluruh warga negara

C.    pendapatan warga negara asing yang tinggal di Indonesia memberikan sumbangan sama besar dengan pendapatan warga negara Indonesia di luar negeri

D.    upah warga negara asing yang bekerja di Indonesia rata-rata lebih tinggi dibandingkan warga negara Indonesia yang bekerja di luar negeri

E.    upah warga negara Indonesia di luar negeri lebih rendah daripada upah warga negara asing yang bekerja di Indonesia
ANS: D,E

18.       Perhatikan wacana dibawah ini !             

 

Jumlah Pengangguran Naik jadi 9,7 Juta Orang Akibat Pandemi Covid-19

Pandemi Covid-19 telah membawa dampak yang sangat signifikan pada perekonomian dan pada akhirnya berimbas pada sektor ketenagakerjaan.

Menteri Ketenagakerjaan, Ida Fauziyah menjelaskan, berdasarkan data BPS ada 29,12 juta penduduk usia kerja yang terdampak pandemi Covid-19.

Rincian 29,12 Juta orang yang terdampak pandemi, yaitu pengangguran karena Covid-19 sebesar 2,56 juta orang; bukan angkatan kerja karena Covid-19 sebesar 0,76 juta orang; sementara tidak bekerja karena Covid-19 sebesar 1,77 juta orang; dan yang bekerja dengan mengalami pengurangan jam kerja sebanyak 24, 03 juta orang.

“Pandemi yang terjadi selama ini menyebabkan kenaikan jumlah penganggur menjadi 9,7 juta orang dengan tingkat pengangguran terbuka (TPT) mencapai 7,07 persen di Indonesia,”kata Menaker Ida saat menjadi keynote speaker pada Peluncuruan Hasil Analisis Dampak Covid-19 Terhadap Perluasan Kesempatan Kerja dan Implikasinya, Selasa (24/11/2020).

Menaker Ida mengatakan, adanya pandemi ini menimbulkan tantangan besar bagi sektor ketenagakerjaan di Indonesia. “Selain dari tantangan yang masih tetap ada, yaitu sekitar 57 persen lebih penduduk bekerja memiliki pendidikan SMP ke bawah dan skill terbatas dan masih tingginya prosentase pekerja yang ada di sektor informal,” tambahnya.

Lebih lanjut Menaker Ida mengatakan, selain berdampak pada perubahan angka statistik ketenagakerjaan, pandemi Covid-19 juga mempercepat proses transformasi ketenagakerjaan yang sudah berlangsung akibat revolusi Industri 4.0. Menurutnya, pandemi tidak hanya membuat industri menerapkan Work From Home, tetapi juga mengubah pola konsumsi masyarakat secara luas.

Ia juga mengatakan, pandemi menuntut masyarakat untuk cepat beradaptasi dengan segala perubahan, terutama dalam hal pemanfaatan teknologi digital yang merupakan inti dari revolusi industri 4.0. Teknologi membuat pekerjaan menjadi sangat fleksibel baik secara waktu maupun tempat, sehingga pekerjaan tidak lagi harus dikerjakan dari kantor dengan jam kerja yang monoton. Pandemi membentuk tatanan kehidupan dan dunia kerja baru.

“Ini merupakan dampak dari pandemi yang juga harus diantisipasi agar kita tidak tertinggal dan salah mengambil langkah dalam menghadapi perubahan yang sangat cepat saat ini,” ucapnya.

Melihat besarnya dampak yang ditimbulkan pandemi ini, kata Menaker Ida, diperlukan kebijakan yang tepat untuk menanggulangi dampak dari pandemi ini di sektor ketenagakerjaan.

“Selain untuk melindungi dan mengambalikan kesejahteraan pekerja dan masyarakat yang terdampak pandemi, Kita juga harus mempersiapkan SDM pekerja kita sebaik mungkin, meningkatkan kompetensinya, melalui pelatihan vokasi yang tepat, agar sesuai dengan kebutuhan dunia kerja paska pandemic,”katanya.

Perubahan dan perbaikan juga harus dilakukan pada ekosistem ketenagakerjaan secara keseluruhan baik pada proses penempatan tenaga kerja, pembinaan hubungan industrial dan pengawasan ketenagakerjaan sehingga dapat menjawab tantangan yang muncul di sektor ketenagakerjaan selama dan paska pandemi.

Jika kita terkena dampak Pandemi, dimana segala macam pekerjaan harus dilakukan secara Work For Home, apa yang harus kita lakukan supaya tidak menjadi pengangguran ?

A.    Memperbanyak do’a kepada Allah supaya ada orang yang menawarkan pekerjaan kepada kita

B.     Mengisi waktu Work For Home dengan cara mencari lowongan kerja di koran dan internet

C.     Membuka usaha sendiri (wirausaha) sesuai dengan keterampilan yang kita miliki

D.    Selalu mencari berita tentang perkembangan efek pandemi di daerah tempat tinggalnya

E.     Tetap melakukan pekerjaan seperti biasanya dari rumah dengan bantuan internet untuk pemasarannya

ANS: C,E