soal hots akm dan kunci jawaban prakarya kewirausahaan

 

 

1.      Perhatikan bacaan berikut!

Analisis SWOT (Strenght, Weakness, Opportunity, Threat) adalah suatu kajian terhadap lingkungan internal dan eksternal perusahaan. Analisis ini didahului oleh proses identifikasi faktor eksternal dan internal untuk menentukan strategi terbaik, kemudian dilakukan pembobotan terhadap tiap unsur SWOT berdasarkan tingkat kepentingan. 

Analisis internal lebih menitikberatkan pada aspek kekuatan (strenght) dan kelemahan (weakness), sedangkan analisis eksternal untuk menggali dan mengidentifikasi semua gejala peluang (opportunity) yang adadan yang akan datang serta ancaman (threat) dari kemungkinan adanya pesaing/calon pesaing. 

Analisis SWOT digunakan untuk mengetahui langkah-langkah yang perlu dilakukan dalam pengembangan usaha produk kerajinan sebagai alat penyusun strategi. Analisis SWOT didasarkan pada logika untuk memaksimalkan kekuatan dan peluang yang secara bersamaan dapat mengatasi kelemahan dan ancaman. Dengan analisis SWOT dapat ditentukan strategi pengembangan usaha produk kerajinan dalam jangka panjang sehingga tujuan dapat dicapai dengan jelas dan dapat dilakukan pengambilan keputusan secara cepat. 

Menganalisis peluang usaha bertujuan untuk mencari dan melaksanakan kegiatan usaha yang menguntungkan. Rencana dalam berwirausaha perlu dianalisis untuk mengenali kelemahan-kelemahan yang dapat mengakibatkan kesulitan-kesulitan keberlangsungan usaha. Analisis usaha ini juga dapat digunakan untuk mencari strategi alternatif dalam bidang penjualan, bauran produk, investasi, pengembangan staf, pengendalian usaha, pengendalian biaya, dan lain-lain (Sumber: https://ex-school.com/)

Suatu metode perencanaan strategis untuk dapat mengevaluasi faktor-faktor yang berpengaruh dalam upaya mencapai tujuan dengan cara mengkaji kondisi internal dan ekternal suatu organisasi, disebut…

A.    Analisis masalah

B.     Analisis SWOT

C.     Identifikasi masalah

D.    Analisis pasar

E.     Analisis persaingan

ANSWER: B

 

2.      Perhatikan bacaan berikut!

Memiliki ide untuk membuat sebuah usaha atau produk bisa di katakan gampang-gampang susah. Karena ketika kita sudah bisa menentukan usaha apa atau barang apa yang akan kita jalankan atau jual di pasaran, terkadang kita binggung untuk siapakah produk tersebut atau target dari usaha tersebut. Sebelum memasarkan sebuah produk ke pasaran atau menjalankan sebuah usaha, sebaiknya terlebih dahulu Anda ketahui dari segi kekuatan, kekurangan, peluang, dan ancaman yang mempengaruhi pemasaran produk anda atau usaha yang akan dijalankan.

Menganalisis faktor-faktor yang berpengaruh dalam upaya mencapai tujuan dengan cara mengkaji kondisi internal dan ekternal  dalam pengembangan usaha dengan menggunakan analisis SWOT. Analisis SWOT adalah alat yang sangat sederhana, namun sangat membantu Anda untuk mengembangkan strategi bisnis, apakah Anda membangun bisnis atau mengembangkan perusahaan lebih baik lagi. Analisis SWOT adalah alat yang sangat sederhana, namun sangat membantu Anda untuk mengembangkan strategi bisnis, apakah Anda membangun bisnis atau mengembangkan perusahaan lebih baik lagi.

Analisis SWOT merupakan sebuah analisis yang penting untuk membantu untuk menetapkan prioritas mana saja yang harus didahulukan oleh perusahaan, apakah hal itu berasal dari internal ataukah dari faktor eksternal perusahaan. Tanpa adanya informasi tersebut, Anda tidak dapat mengetahui seberapa besar potensi pasar , minat dan peluang pasar yang dapat dimanfaatkan, serta tingginya tingkat persaingan pasar pada produk atau udaha Anda (Sumber: https://sleekr.co/).

Kelemahan atau keterbatasan, dan kekurangan dalam sumber daya, keterampilan, dan kapabilitas yang secara efektif menghambat kinerja organisasi disebut...

A.     Strenght

B.     Opportunity

C.     Weaknes

D.    Threats

E.     Adventages

ANSWER: C

 

3.      BEP (Break Event Point) adalah suatu keadaan dimana usaha tidak memperoleh laba dan tidak menderita kerugian (titik impas). Analisis BEP merupakan alat analisis untuk mengetahui batas nilai produksi atau volume produksi suatu usaha untuk mencapai nilai impas, artinya usaha tersebut tidak mengalami keuntungan atau pun kerugian. Suatu usaha dikatakan layak, jika Menghitung Titik Impas (Break Even Point) Usaha Pembenihan Ikan Konsumsi produksi lebih besar dari jumlah unit yang sedang diproduksi dan BEP harga harus lebih rendah dari pada harga yang berlaku saat ini. 

Analisis BEP digunakan untuk mengetahui jangka waktu pengembalian modal atau investasi usaha dan mengetahui produksi minimal usaha yang menghasilkan atau menjual produknya agar tidak menderita kerugian. Analisis BEP sangat penting saat membuat usaha agar tidak mengalami kerugian (Sumber: https://ex-school.com/).

Sebuah perusahaan PT. Sejahtera memproduksi karung beras dengan biaya tetap yang dikeluarkan sebesar Rp. 36.000.000,-. Sementara itu total biaya variable tiap unit adalah Rp. 4.000/unit dan harga jual per unit sebesar Rp. 10.000/unit. Tentukan berapakah BEP (Q) nya …

A.    2.570 unit

B.     3.600 unit

C.     6.000 unit

D.    9.000 unit

E.     10.000 unit

ANS: C

 

Perhatikan bacaan berikut!

Dalam dunia peternakan, kita tidak asing lagi dengan ayam yang sengaja diternakan untuk dihasilkan daging atau telurnya, karena sudah banyak peternakan ayam yang menyebar diseluruh Indonesia bahkan sampai diluar negeri, baik peternkan pabrik ataupun peternakan individu.

Ayam itu sendiri terbagi ke dalam dua jenis yaitu ayam jenis pedaging dan ayam jenis petelur. Ayam jenis pedaging, pastinya dibudidayakan karena untuk dihasilkan daging dalam jumlah yang banyak dengan kualitas yang baik, sedangkan ayam petelur dibudidayakan untuk dihasilkan telur dengan jumlah yang banyak dan kualitas yang baik. Dalam beternak, kita perlu memperhatikan mulai dari pakan, kandang, penyakit serta pengobatannya, sifat genetikanya, asal usulnya, vaksinasi dan sebagainya.

Budidaya unggas petelur merupakan usaha pengelolaan sumber daya hayati berupa unggas dengan tujuan untuk dipanen hasilnya. Dalam budidaya uggas petelur dibutuhkan sarana dan peralatan. Selanjutnya kamu akan mempelajari sarana dan peralatan yang di butuhkan dalam budidaya unggas petelur. Dalam budidaya unggas petelur pemilihan lokasi harus dilakukan sebaik mungkin. Lokasi yang sesuai untuk budidaya ayampetelur adalah jauh dari keramaian, mudah dijangkau untuk pemasaran, dan bersifat menetap (Sumber: http://duniapendidikan4.blogspot.com/).

Perhatikan pernyataan berikut!

A.    Benar

B.     Salah

4.      Bibit ayam petelur dapat diperoleh pada penyedia bibit. Bibit ayam yang digunakan disebut DOC atau biasa disebut Ayam umur sehari (___)

5.      Ayam yang digunakan untuk fungsi keindahan baik pada suara maupun bulunya adalah ayam oriental (___)

6.      Bibit ayam petelur diperoleh pada penyedia bibit. Bibit ayam yang digunakan disebut DOC/ ayam umur sehari. DOC adalah kepanjang dari Day On Chicken (___)

7.      Hasil tambahan yang dapat dinikmati dari hasil budidaya ayam petelur adalah daging dari ayam yang sudah tua atau disebut afkir (___)

8.      Tujuan dari vitamin yang diberikan bercampur dengan pakan kepada unggas adalah untuk menambah kecerdasan (___)

21. ANS: A

22. ANS: B

23. ANS: B

24. ANS: A

25. ANS: B

 

Bacalah artikel berikut!

TANGGAL 2 Maret nanti bisa dikatakan merupakan hari ulang tahun pertama Corona virus Disease 2019 atau Covid-19 di Indonesia yang diketahui pertama kali menyerang korban di Depok, Jawa Barat, 2 Maret 2020. Jutaan korban berjatuhan, banyak yang meninggal dunia, tapi jauh lebih banyak yang sembuh. Vaksin Covid-19 sudah disuntikkan untuk yang perdana kepada Presiden Joko Widodo pada 13 Januari lalu. Selama 18 bulan ke depan vaksinasi terhadap 181,5 juta penduduk Indonesia ditargetkan selesai. Selain kesehatan masyarakat, pandemi Covid-19 juga membawa dampak buruk terhadap perekonomian Indonesia. Ribuan perusahaan berguguran. Tak terkecuali Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM). Data Smesco Indonesia, 35,6 persen UMKM sektor olahan makanan omzetnya menurun drastis. Disusul sektor fesyen 16 persen, kerajinan 13,8 persen dan sisanya sektor lain seperti rumah makan, jasa, manufaktur, pertanian, warung kopi, kue kering dan lain-lain. Untuk mengatasi dampak kesehatan, telah dan sedang dilakukan vaksinasi. Lantas, untuk mengatasi dampak ekonomi akibat Covid-19, apa yang harus dilakukan pemerintah? Tak lain adalah menggalakkan kewirausahaan. Bahkan kewirausahan bisa disebut sebagai "vaksin" sesungguhnya untuk mengatasi dampak ekonomi akibat pandemi Covid-19.

Perhatikan pernyataan berikut!

a.       Setuju

b.      Tidak setuju

9.              Dimasa pandemi ini setujukah jika kita memanfaatkan peluang untuk memperjual belikan vaksin covid-19 secara bebas (____)

10.       Sebagai seorang wirausaha memiliki sifat tanggung jawab. Dimasa pandemi wirausaha di tuntut dengan sifat tanggung jawabnya dengan baik untuk keselamatan Kesehatan masyarakat (____)

11.       Seorang wirausaha harus mampu mengetahui kriteria produk yang akan ia jual kepada

konsumen (___)

12.  Pebisnis akan berusaha memenangkan hidup mereka dan memungkinkan mereka untuk memanfaatkan bisnis vaksin covid-19 untuk mewujudkan kepentingan mereka. (___)

26. ANS: B

27. ANS: A

28. ANS: A

29. ANS: B

 

Bacalah artikel berikut!

KOMPAS - Dengan perkembangan zaman dan teknologi yang begitu pesat, menuntut semua orang untuk memiliki kreativitas yang tinggi. Wirausaha menjadi salah satu peluang bagi masyarakat untuk mengaplikasikan kreativitasnya dibidang usaha. Banyak sekali ide dan jenis usaha untuk dikembangkan, salah satunya budaya tradisional yang ada di lingkungan masyarakat. Setiap jenis budaya tradisional baik nonbenda dan benda dapat menjadi sumber inspirasi untuk dikembangkan menjadi produk kerajinan. Semua daerah di Indonesia dapat mengembangkan kerajinan khas daerah dengan inspirasi budaya tradisional masing-masing.

Kegiatan wirausaha harus melihat ketersediaan sumber daya manusia, material, peralatan, cara kerja, pendanaan, dan tentunya pasar. Wirausaha kerajinan yang terinspirasi dari budaya lokal dapat terlebih dahulu melihat potentsi bahan baku, keterampilan produksi, dan budaya lokal yang ada di daerah setempat. Wirausaha dengan budaya lokal ini menghasilkan produk-produk kerajinan inovatif. Pasar yang dituju tentunya adalah konsumen yang menghargai dan mencintai kebudayaan tradisional (Sumber: https://www.kompas.com/).

Perhatikan pernyataan berikut!

A.    Setuju

B.     Tidak setuju

13.  Seorang wirausaha dengan menentukan target pasar yang tepat, maka promosi produk kerajinan bangun datar akan lebih efisien dan efektif (___)

14.  Mampu mendesain, membuat produk, serta pengemasan karya kerajinan hiasan pada pasar lokal dapat dinyatakan sebagai tujuan pembelajaran wirausaha (___)

15.  Seorang konsumen akan mengetahui bahwa telah ada produk kerajinan unik yang menarik untuk mereka beli melalui sebuah produk yang mereka temukan (___)

16.  Pada dasarnya, produk kerajinan dibuat berdasarkan kebutuhan dan keinginan pasar, sehingga pembuatnya dituntut memiliki kreativitas tinggi (___)

30. ANS: A

31. ANS: B

32. ANS: A

33. ANS: A

 

MATCHING

Perhatikan bacaan berikut!

Suatu usaha tidak dapat selamanya tergantung pada satu jenis produk atau satu pasar sasaran yang sama.Hukum ekonomi dasar menjelaskan hubungan antara ketersediaan barang dipasar (suplly) dan permintaan pembeli (demend). Ketersediaa yang melebihi permintaan pembeli akan menurunkan harga barang. Apabila banyak produsen memproduksi barang yang sama dan ketersediaan barang menjadi terlalu tinggi di bandingkan dengan permintaan pasar, maka harga akan menjadi sangat murah atau barang tidak laku. Pada saat itulah diperlukan inovasi untuk pengembangan desain produk baru atau target pasar yang baru. Upaya mengembangan produk dan pasar baru tersebut disebut dengan diversifikasi.

Bagi pelaku sebuah usaha, menentukan harga pokok produksi dan harga pokok penjualan (HPP) sangat penting untuk dicermati. Sedangkan, bagi beberapa pebisnis rintisan pemula untuk menentukan harga pokok produksi dan HPP mungkin masih mengalami kesulitan. Kesulitan tersebut dibilang wajar, karena masalah perhitungan harga pokok produksi dan HPP harus dilakukan secara detail dan teliti, yaitu Cara Menghitung HPP disertai dengan Rumus Menghitung HPP itu sendiri.

Salah satu alasan mengapa harus mengetahui Cara Menghitung Harga Pokok Produksi dan HPP adalah perlunya mengetahui taksiran atas penghitungan margin penjualan, prediksi laba rugi dan lain-lain.

Dalam menjalankan bisnis apapun, satu keahlian yang wajib dan harus dimiliki oleh setiap pengusaha adalah keahlian dalam hal pemasaran secara global. Hal tersebut akan selalu ada pada bidang ekspor dan impor produk.

Pada dasarnya, pemasaran global adalah suatu kegiatan yang dilakukan dan diikuti oleh seluruh negara di dunia. Jadi, setiap pengusaha dari seluruh negara di dunia memiliki kesempatan yang sama dalam hal memasarkan produknya dengan cara yang unik dan juga kreatif. Hal ini dilakukan demi menarik minat pelanggan atas produk yang sudah diproduksi oleh pengusaha (Sumber: https://accurate.id/).

Cermatilah pernyataan berikut ini dan jodohkan dengan jawaban yang sesuai!

A.    Method

B.     Penjualan barang

C.     FC/P-VC

D.    Biaya variabel

E.     Market

F.      Pembelian barang

G.    Biaya produksi

H.    FC/1-(P/VC)

 

1.      Pengemasan suatu produk biasanya dilakukan oleh produsen untuk minat konsumen terhadap (___)

2.      Biaya yang dikeluarkan untuk bahan baku, tenaga kerja dan biaya lain merupakan pengertian dari (___)

3.      Dalam perhitungan BEP dibagi menjadi 2 unit dan rupiah, rumus BEP unit adalah (___)

4.      Sumber daya yang dikelola dalam sebuah wirausaha dikenal pula dengan sebutan 6M. Salah satu dari 6M yang dapat dipahami sebagai pasar sasaran dari produk yang dihasilkan oleh suatu usaha adalah (___)

5.      Sumber daya yang dikelola dalam sebuah wirausaha dikenal pula dengan sebutan 6M. Salah satu dari 6M yang dapat dipahami sebagai proses produksi dari produk yang dihasilkan oleh suatu usaha adalah (___)

1.      ANS: H

2.      ANS: I

3.      ANS: C

4.      ANS: F

5.      ANS: A

 

COMPLETION

Perhatikan bacaan berikut!

Sang Pisang merupakan nama produk pisang olahan milik putra dari Presiden Indonesia, Joko Widodo, yaitu Kaesang Pangarep. Sang Pisang merupakan produkpisang olahan yang berjenis pisang nuget yang disajikan dengan berbagai macam topping di luarnya.

Keunggulan dari produk pisang ini adalah memiliki berbagai varian topping yang beraneka macam serta kualitas topping yang baik. Selain itu Sang Pisang juga memiliki extra topping yang memberikan rasa lebih nikmat pada sajian Sang Pisang. Sang Pisang juga memiliki 2 bentuk penyajian yaitu pisang nuget dengan luaran dibalut dengan tepung panir dan banana roll yang diluarnya terdapat lapisan sepertipangsit.

Sang Pisang menyediakan layanan dibeli di tempat maupun lewat perantara jasa kirim makanan. Transaksi pembeliannya juga canggih, sudah terkomputerisasi dengan barcode. Nama pelanggan pun juga tertulis di nota. Outlet Sang Pisang telah menyerap 400 tenaga kerja di seluruh Indonesia, dengan rata-rata setiap outlet menampung sebanyak 15 sampai 20 orang. Sang Pisang sendiri memiliki manajemen yang baik dari pemilik usaha yaitu Kaesang dan memiliki managing director dan pegawai-pegawai di setiap outlet Sang Pisang.

Sang Pisang sendiri sudah memiliki cabang di berbagai kota di seluruh Indonesia. Target pemasaran Sang Pisang adalah 300 cabang di seluruh Indonesia. Posisi outlet Sang Pisang juga sangat strategis seperti berada di mall atau di daerah daerah yang ramai dikunjungi. Target pemasaran Sang Pisang adalah semua orang yang menyukai pisang dan makanan olahan pisang.Menurut Kaesang, dia lebih memilih olahan makanan pisang dibanding buah yanglain adalah karena pisang yang harganya murah serta tersedia sepanjang tahun. Sang Pisang sendiri memiliki izin usaha, Sang Pisang memiliki izin usaha yang bersertifikasi halal dan lulus uji BPOM. Sang Pisang juga memiliki izin Hinder Ordonantie (HO). Izin ini diberikan ke personal atau badan usaha yang menjalankan tempat usaha/kegiatan yang berpotensi menimbulkan bahaya, kerugian dan ganguan.

Wirausahawan yang menjadi managing director di usaha sang pisang dalang bacaan terebut yaitu

ANS: Kaesang Pengarep

 

Perhatikan bacaan berikut!

BLITAR, KOMPAS.TV - Seorang pria di Kabupaten Blitar, sukses mengubah limbah bambu menjadi kerajinan dan peralatan rumah tangga. Bagusnya kualitas produk yang dihasilkan membuat kerajinan tersebut sudah terjual ke berbagai negara. Ini adalah sisa batang bambu yang dibuang begitu saja oleh para pengrajin tusuk sate. Namun siapa sangka, limbah-limbah ini justru disulap menjadi berbagai kerajinan, serta peralatan rumah tangga yang unik dan cantik. Pembuatnya adalah Heru Mustofa, pria asal desa Resapombo kecamatan Doko kabupaten Blitar. Berawal dari rasa prihatin melihat banyaknya sisa batang bambu yang berserakan, bapak 1 anak itu kemudian mencoba memanfaatkan limbah tersebut menjadi kerajinan.

Kegagalan yang menghampiri di awal usahanya, tidak membuat pria 28 tahun tersebut, putus asa. Dengan memanfaatkan media sosial, heru terus belajar memperbaiki produknya hingga saat ini mampu terjual ke berbagai negara seperti India dan Australia. Kini berkat kerajinan dari limbah bambu tersebut, Heru mampu memperoleh pendapatan puluhan juta rupiah setiap bulan. Tidak hanya itu, ia juga mampu memberdayakan 3 orang tetangganya yang sebelumnya tidak memiliki pekerjaan.

Di tangan Heru Mustofa, limbah bambu tersebut mampu disulap menjadi berbagai kerajinan seperti mangkuk, gelas, hingga jam dinding. Harga jualnya juga bervariatif  mulai dari 10 ribu hingga 30 ribu rupiah. Selain mampu mendatangkan pendapatan, usaha kerajinan limbah bambu ini juga berkontribusi dalam pengurangan pencemaran lingkungan.

Berapa negara yang digunakan lokasi pemasaran produk kerajinan yang ada pada bacaan tersebut yaitu

ANS: 2

 

SHORT ANSWER

Perhatikan bacaan berikut!

Bagi Indonesia, pangan sering diidentikkan dengan beras karena jenis pangan ini merupakan makanan pokok utama. Pengalaman telah membuktikan kepada kita bahwa gangguan pada ketahanan pangan seperti meroketnya kenaikan harga beras pada waktu krisis ekonomi 1997/1998, yang berkembang menjadi krisis multidimensi, telah memicu kerawanan sosial yang membahayakan stabilitas ekonomi dan stabilitas Nasional.

Nilai strategis beras juga disebabkan karena beras adalah makanan pokok paling penting. Industri perberasan memiliki pengaruh yang besar dalam bidang ekonomi (dalam hal penyerapan tenaga kerja, pertumbuhan dan dinamika ekonomi perdesaan, sebagai wage good), lingkungan (menjaga tata guna air dan kebersihan udara) dan sosial politik (sebagai perekat bangsa, mewujudkan ketertiban dan keamanan). Beras juga merupakan sumber utama pemenuhan gizi yang meliputi kalori, protein, lemak dan vitamin.

Dengan pertimbangan pentingnya beras tersebut, Pemerintah selalu berupaya untuk meningkatkan ketahanan pangan terutama yang bersumber dari peningkatan produksi dalam negeri. Pertimbangan tersebut menjadi semakin penting bagi Indonesia karena jumlah penduduknya semakin besar dengan sebaran populasi yang luas dan cakupan geografis yang tersebar. Untuk memenuhi kebutuhan pangan penduduknya, Indonesia memerlukan ketersediaan pangan dalam jumlah mencukupi dan tersebar, yang memenuhi kecukupan konsumsi maupun stok nasional yang cukup sesuai persyaratan operasional logistik yang luas dan tersebar. Indonesia harus menjaga ketahanan pangannya (Sumber: http://www.bulog.co.id/).

Pemerintah selalu berupaya untuk meningkatkan ketahanan pangan terutama yang bersumber dari peningkatan produksi dalam negeri. Apa yang menjadi dasar pertimbangan pemerintah tersebut?

ANS:

Perhatikan bacaan berikut!

Tidak dapat dipungkiri bahwa hampir sebagian besar orang menyukai daging ayam. Pasalnya, daging ayam termasuk ke dalam salah satu jenis makanan yang dengan mudah bisa diolah menjadi berbagai macam makanan yang lezat. Selain itu, daging ayam menjadi salah satu jenis sumber protein terbaik dengan kandungan lemak yang lebih rendah dibandingkan dengan daging kambing atau sapi.

Dalam memilih jenis daging ayam kampung. Kedua jenis ayam tersebut tentunya memiliki kandungan gizi dan juga nutrisi yang berbeda. Dari pilihan tersebut tentunya kita akan berfikir jenis ayam manakah yang memiliki kandungan gizi dan juga nutrisi yang paling baik.

Daging ayam memiliki manfaat bagi kesehatan, namun juga tak baik jika dikonsumsi setiap hari atau terlalu sering seperti tiga kali seminggu. Daging ayam juga memiliki beberapa efek buruk untuk kesehatan jika dikonsumsi berlebihan atau tidak dimasak dengan benar (Sumber: https://bidanku.com/).

Apa yang anda ketahui tentang daging? Berilah penjelasan komponen utama dalam daging!

ANS:

Perhatikan gambar dan bacaan berikut!

https://s3-ap-southeast-1.amazonaws.com/8villages/48df022b-5196-407b-8cdd-73a9d8f03570-mobile.jpg

Lebih baik mencegah daripada mengobati. Pepatah ini benar adanya, baik untuk manusia begitu pula dengan hewan ternak. Tahukah Anda bahwa vaksinasi juga dibutuhkan untuk hewan ternak yang Anda budi dayakan? Tidak hanya manusia, ternyata hewan juga sebaiknya divaksin untuk mencegah dan mengatasi penyakit yang mungkin akan menyerangnya. Penyakit pada hewan ternak pasti menjadi masalah yang cukup memusingkan bagi para peternak. Selain harus menjaga kebersihan kandang, kebersihan hewan ternak, pakan yang sesuai untuk hewan ternak, hal yang paling penting untuk diperhatikan adalah pemberian vaksin yang sesuai dengan jenis hewan ternak.

Vaksinasi adalah pemberian antigen pada ternak untuk merangsang sistem kekebalan sehingga menghasilkan antibody khusus terhadap berbagai penyakit yang disebabkan oleh bakteri, virus dan protozoa.

Pemberian vaksin pada hewan ternak berfungsi untuk menjaga sistem kekebalan tubuh unggas agar tidak mudah terserang penyakit dan untuk mencegah penyebaran penyakit pada unggas (Sumber: https://8villages.com/).

Vaksinasi merupakan salah satu cara pengendalian penyakit virus yang menular dengan cara menciptakan kekebalan tubuh. Jelaskan vaksin yang diberikan pada ayam berikut ini!

a.       Vaksin aktif

b.      Vaksin inaktif

ANS:

 

Perhatikan bacaan berikut!

Bagi pelaku sebuah usaha, menentukan harga pokok produksi dan harga pokok penjualan (HPP) sangat penting untuk dicermati. Sedangkan, bagi beberapa pebisnis rintisan pemula untuk menentukan harga pokok produksi dan HPP mungkin masih mengalami kesulitan. Kesulitan tersebut dibilang wajar, karena masalah perhitungan harga pokok produksi dan HPP harus dilakukan secara detail dan teliti, yaitu Cara Menghitung HPP disertai dengan Rumus Menghitung HPP itu sendiri.

Salah satu alasan mengapa harus mengetahui Cara Menghitung Harga Pokok Produksi dan HPP adalah perlunya mengetahui taksiran atas penghitungan margin penjualan, prediksi laba rugi dan lain-lain.

Sebelum mengetahui Cara Menghitung Harga Pokok Produksi dan cara menghitung harga pokok penjualan (HPP), perlu dikemas terlebih dahulu mengenai komponen-komponen yang akan dilibatkan dalam Cara Menghitung Harga Pokok Produksi dan harga pokok penjualan tersebut. Komponen-komponen dari Harga Pokok Produksi dan harga pokok penjualan, yaitu biaya bahan baku, biaya tenaga kerja langsung, biaya overhead, dsb (Sumber: https://ex-school.com/).

Jika Disediakan data sebagai berikut: PT. Pangan Sentosa merupakan perusahaan yang bergerak dalam produksi makanan. Pada bulan Juni diperoleh data kepemilikan persediaan bahan baku yang meliputi biaya tetap yang dikeluarkan Rp. 140.000.000,-. Sementara itu total biaya variabel setiap unit sebesar Rp 75.000,- serta harga jual per unitnya sebesar Rp 95.000,-. Berapakah rupiah (RP) yang dihasilkan dalam satu bulan?

ANS:

 

Perhatikan gambar dan bacaan berikut!

Rumus Break Event Point (BEP) Beserta Contoh Soal Mengitung BEP

BEP (Break Event Point) adalah suatu keadaan dimana usaha tidak memperoleh laba dan tidak menderita kerugian (titik impas). Analisis BEP merupakan alat analisis untuk mengetahui batas nilai produksi atau volume produksi suatu usaha untuk mencapai nilai impas, artinya usaha tersebut tidak mengalami keuntungan atau pun kerugian. Suatu usaha dikatakan layak, jika Menghitung Titik Impas (Break Even Point) Usaha Pembenihan Ikan Konsumsi produksi lebih besar dari jumlah unit yang sedang diproduksi dan BEP harga harus lebih rendah dari pada harga yang berlaku saat ini. 

Analisis BEP digunakan untuk mengetahui jangka waktu pengembalian modal atau investasi usaha dan mengetahui produksi minimal usaha yang menghasilkan atau menjual produknya agar tidak menderita kerugian. Analisis BEP sangat penting saat membuat usaha agar tidak mengalami kerugian (Sumber: https://ex-school.com/).

Jika Disediakan data sebagai berikut: Sebuah perusahaan yang bergerak di bidang peternakan yang memproduksi pakan ternak memiliki biaya tetap yang dikeluarkan Rp. 100.000.000,-. Sementara itu total biaya variabel setiap unit sebesar Rp 300.000,- serta harga jual per unitnya sebesar Rp 1.500.000,-. Jika perusahaan menargetkan laba sebesar Rp 50.000.000,- per bulan maka berapa target labanya?

ANS: