soal hots akm dan kunci jawaban prakarya kwu

 

Multiple choice

1.      Perhatikan gambar dan bacaan berikut!

Ilustrasi

Kewirausahaan ialah proses yang dinamis untuk menciptakan tambahan kekayaan yang dibuat oleh individu yang berani untuk mengambil resiko utama. Tentu saja dengan berbagai syarat di antaranya, syarat kewajaran, waktu serta komitmen karier ataupun penyedia nilai untuk berbagai barang dan jasa produk. Jasa produk yang diberikan tak selalu baru ataupun unik, akan tetapi nilai dari barang tersebut yang akan memberikan berbagai peluang bagi pelaku usaha.

Sejalan dengan perkembangan dan tantangan seperti adanya krisis ekonomi, pemahaman kewirausahaan baik melalui pendidikan formal maupun pelatihan-pelatihan di segala lapisan masyarakat kewirausahaan menjadi berkembang. Orang yang melakukan kegiatan kewirausahaan disebut wirausahawan. Muncul pertanyaan mengapa seorang wirausahawan (entrepreneur) mempunyai cara berpikir yang berbeda dari manusia pada umumnya. Mereka mempunyai motivasi, panggilan jiwa, persepsi dan emosi yang sangat terkait dengan nilai nilai, sikap dan perilaku sebagai manusia unggul.

Dengan ditumbuh kembangkanya pengetahuan seputar kewirausahaan, akan membangkitkan semangat masyarakat Indonesia khusunya generasi muda atau mahasiswa, untuk ikut menciptakan lapangan kerja dengan berwirausaha, tidak hanya menjadi pencari kerja (job seeking). Dengan dilandasi semangat nasionalisme bahwa bangsa Indonesia harus mampu bersaing dikancah percaturan perekonomian dunia, maka akan banyak mahasiswa yang termotivasi untuk meningkatkan kualitas dirinya dan mencetuskan ide-ide kreatif dalam bidang kewirausahaan yang berdaya saing tinggi (Sumber: https://www.dosenpendidikan.co.id/).

Pada pengetahuan kewirausahaan  terdapat karakteristik yang di miliki oleh wirausawan guna meningkatkan kualitas dirinya dan mencetuskan ide-ide kreatif. Salah satu yang menunjukkan karakteristik kewirausahaan adalah...

A.    Wirausaha memiliki rasa tanggung jawab atas usaha-usaha yang dilakukannya

B.     Wirausaha lebih memilih risiko yang moderat, tidak menghindar risiko rendah dan risiko tinggi

C.     Wirausaha selalu berorientasi ke masa depan, memiliki perspektif dan berwawasan jauh ke depan

D.    Wirausaha memiliki semangat yang tinggi dan selalu bekerja keras demi masa depan yang lebih baik

E.     Wirausaha selalu menghendaki adanya umpan balik sesegera mungkin

ANS: B

 

2.      Perhatikan gambar bacaan berikut!

karakteristik wirausaha

Sekarang banyak orang beralih menjadi seorang wirausahawan. Apalagi banyak pilihan usaha yang hanya membutuhkan modal yang minim. Ketika usaha yang dijalankan berkembang dengan pesat, usaha ini mampu menciptakan lapangan pekerjaan dan mengurangi pengangguran. Ketika membangun suatu usaha, seorang wirausahawan pasti memiliki tujuan. Tujuan tersebut mencakup tujuan pribadi ataupun untuk kepentingan orang lain.

Tak hanya bermanfaat untuk masyarakat, dengan semakin banyaknya wirausahawan yang ada pada suatu negara, alhasil juga bisa meningkatkan ekonomi dan meningkatkan kualitas dari negara itu sendiri. Membangun bisnis yang besar berawal dari bisnis yang kecil. Bisnis tidak melulu harus dengan modal materi yang besar namun juga disertai dengan modal moril yang tinggi.

Membangun bisnis dengan semakin banyak penduduk menjadi wirausaha, maka ekonomi mereka akan mandiri, tidak akan bergantung pada sistem ekonomi kapitalis, dalam hal ini pemerintah harus pro aktif menyediakan modal bagi para pengusaha agar benar-benar produktif dengan bunga yang kompetitif, dan tidak menghancurkan pengusaha maupun pemerintah, hasil keuntungan usaha mereka akan disimpan di bank-bank dalam negeri, sehingga perputaran uang semakin lancar, dengan hal tersebut modal mereka akan bertambah sehingga mampu menembus pangsa pasar global, yang nantinya menaikkan neraca ekspor-impor dan akan menambah devisa negara secara signifakan, maka dengan hal tersebut sangatlah jelas, bahwa kewirausahaan memiliki peran yang sangat penting untuk menaikkan harkat martabat suatu bangsa dikancah internasional (Sumber: https://accurate.id/).

Oleh sebab itu menjadi wirausahawan perlu memiliki tujuan yang akan dicapai dimana tujuan itu mempunyai beberapa dampak positif yang dibutuhkan untuk mencapai keuntungan usaha tersebut. Salah satu dampak positif kewirausahaan tersebut, maka dapat disimpulkan tujuan kewirausahaan adalah …

A.    Meningkatkan jumlah para wirausaha yang berkualitas.

B.     Inovasi dalam meluncurkan produk dan layanan untuk memenuhi kebutuhan pelanggan

C.     Mempertinggi efisiensi produksi suatu barang

D.    Mewujudkan kemampuan para wirausaha untuk menghasilkan kemajuan dan kesejahteraan masyarakat.

E.     Membudayakan semangat sikap, perilaku, dan kemampuan kewirausahaan di kalangan pelajar dan masyarakat yang mampu, handal, dan unggul

ANS: A

 

3.      Perhatikan bacaan berikut!

Selain tujuan kewirausahaan yang harus diketahui, seseorang wirausaha tentu memiliki prinsip dalam berwirausaha. Prinsip dalam berwirausaha yang terpenting ialah berani. Kamu harus berani dalam membuat sebuah usaha baru. Tidak takut dengan kata gagal dan bisa mengambil sikap atas peluang usaha yang ada. Seorang wirausaha tak kenal dengan latar belakang pendidikan asalkan kamu memiliki prinsip dalam membentuk sebuah usaha.

Menjadi pengusaha tidaklah mudah seperti kita membalikkan telapak tangan, tapi jangan pernah berfikiran bahwa kita tidak bisa menjadi pengusah. Dengan usaha yang sungguh-sungguh dan percaya diri kita akan bisa menjadi wirausaha yang sukses. Dengan merubah sesuatu yang telah menjadi kebiasaan tidak mudah. Perubahan bukanlah kata yang menakutkan dan membahayakan. Untuk mengubah pola pikir harus memerlukan keberanian yang tinggi. Wirausahawan harus mampu melihat dan mencari peluang-peluang baru dengan disiplin yang ketat untuk menyejar peluang yang baik dan menghindari peluang yang tidak jelas. Untuk berwirausaha harus berfokus pada pelaksana yang telah direncanakan demi mencapai tujuan yang di inginkan.

Tidak selamanya usaha yang dirintis membuahkan hasil sesuai dengan yang kita harapkan, adakalanya kesuksesan sulit untuk diraih. Kegagalan dapat disebabkan oleh rasa tidak percaya diri yang timbul dari dalam diri maupun akibat pengaruh lingkungan sekitar. Rasa takut gagal juga disebabkan oleh mitos-mitos yang mengatakan “memulai usaha adalah beresiko dan sering berakhir dengan kegagalan”. Karena anda percaya dengan mitos ini maka perasaan takut gagal pun muncul. Paradigma tersebut wajar, karena dalam hidup ini selalu ada pilihan, seperi baik buruk, kaya miskin, dan sebagainya, maka ada sukses tentu ada kegagalan (Sumber: https://accurate.id/). Dengan demikian wirausahawan menganggap kegagalan sebagai …

A.    Sesuatu yang harus dihindari

B.     Awal dari kehancuran perusahaan yang telah dirintisnya

C.     Di anggap sebagai hal yang pasti dialami oleh semua wirausahawan

D.    Cambuk sebagai semangat baru untuk mengawali usaha kembali

E.     Hal paling menarik dan menantang

ANS: D

 

4.      Perhatikan bacaan berikut!

Rencana bisnis ibarat sebuah peta jalan kesuksesan bagi pebisnis. Tidak terlepas dari status pemula, junior atau senior, yang namanya pebisnis sudah pasti harus tahan banting alias memiliki mental semangat kuat dan positif dalam menghadapi segala macam tantangan bisnis.

Guna membangun bisnis yang sukses Anda harus memiliki rencana dan strategi bisnis yang jitu. Rencana bisnis yang dibuat dengan baik akan berpeluang besar meningkatkan keberhasilan usaha. Sebuah perusahaan yang memiliki dan melakukan perencanaan bisnis yang baik akan lebih cepat berhasil ketimbang perusahaan yang tidak memiliki/melakukan rencana.

Rencana bisnis ibarat sebuah konsep pengembangan tertulis yang berisi rincian dari gambaran perencanaan keuangan, pengelolaan, pengembangan, target pencapaian hingga strategi pemasaran. Rencana bisnis menguraikan arah, tujuan dan strategi perusahaan untuk jangka pendek, menengah dan panjang. Agar bisnis yang Anda bangun dan kelola berkembang pesat, harus memiliki fondasi yang kuat. Kenali 5 komponen penting dalam menyusun rencana dan strategis bisnis yang jitu

Rencana usaha merupakan sesuatu yang penting bagi seseorang pengusaha sebagai rujukan dan pedoman untuk menjaga agar kegiatan usaha terarah dan fokus pada pencapaian tujuan. Perencanaan usaha juga harus didasarkan pada kebutuhan masyarakat akan adanya barang dan jasa yang harus ditawarkan oleh perusahaan tersebut, sehingga perencanaan usaha harus berbasis pada permintaan pasar. https://accurate.id/

Oleh sebab itu rencana usaha merupakan sesuatu yang penting bagi seorang pengusaha guna untuk pengembangan bisnis yang sukses. Dalam penjelasan berikut beberapa penyataan yang benar adalah …

A.    Melakukan pekerjaan atau aktivitas yang tidak produktif serta penggunaan sumberdaya yang lebih efisien.

B.     Perencanaan usaha digunakan untuk menjamin bahwa tujuan yang telah ditetapkan tercapai.

C.     Memiliki rencana bisnis yang baik, fondasi yang kuat dan tetapi tidak fokus pada pencapaian tujuan

D.    Melakukan kompetisi dengan perusahaan lain guna untuk mendapatkan keuntungan yang lebih banyak

E.     Mendorong pekerjaan atau aktivitas yang tidak produktif serta penggunanaan sumberdaya yang tidak sesuai rencana

ANS: B

 

5.      Perhatikan bacaan berikut!

Fungsi perencanaan dalam manajemen adalah bagaimana direksi perusahaan menetapkan tujuan yang ingin dicapai dan menyusun strategi untuk mencapai tujuan tersebut. Sederhananya fungsi perencanaan adalah apa yang ingin dicapai dan bagaimana cara mencapainnya.

Planning atau fungsi perencanaan adalah salah satu dari 4 fungsi manajemen selain fungsi organizing, actuating dan controlling.

Perencanaan pada dasarnya memutuskan apa yang diinginkan dan apa akan dilakukan. Jika ingin lebih detail, perencanaan harus bisa menjawab beberapa pertanyaan yang lebih familiar disingkat dengan 5W+1H (Sumber: https://news.detik.com/) . Penyataan berikut yang merupakan pertanyaan yang meliputi dari kata ‘how’ adalah ...

A.    Tujuan seperti apa yang ingin dihasilkan dalam jangka panjang

B.     Dimana sebuah proyek dalam menjalankan tujuan akan dilakukan.

C.     Mengapa perusahaan memutuskan tujuan tersebut

D.    Kapan tujuan yang ditetapkan akan dieksekusi atau dilakukan

E.     Apakah ada alternatif cara lain yang bisa dilakukan dengan memilih cara ini

ANS: E

 

Multiple Response

6.      Perhatikan bacaan berikut!

Kata tanaman merujuk pada pengertian tumbuh tumbuhan yang diusahakan manusia yang biasanya telah melampaui proses domestikasi. Keadaan iklim indonesia membuat banyak tanaman cocok untuk hidup di indonesia. Indonesia dikenal sebagai negara agraris, yaitu negara yang sebagian besar penduduknya mempunyai mata pencaharian di berbagai bidang pertanian, seperti budi daya tanaman pangan. 

Di Indonesia tingkat kebutuhan jagung nasional yang diperkirakan mencapai 22 juta ton pada tahun ini, ternyata memberi untung yang cukup besar bagi para petani di Indonesia. Tindaklah heran bila kondisi tersebut menjadikan peluang bisnis budidaya jagung masih tetap untung.

Tanaman pangan adalah tanaman yang sengaja ditanam untuk kemudian dipanen untuk dimanfaatkan sebagai bahan pangan. Maka wirausaha di bidang budi daya tanaman pangan akan terus menjadi peluang yang baik selama manusia masih membutuhkan pangan untuk kehidupannya sehingga ide ide itu menciptakan nilai potensial di pasar sekaligus menjadi peluang usaha (Sumber: https://www.pustakabelajar.com/).

Dari bacaan tersebut ada beberapa alasan pengusaha memilih perantara dalam mendistribusikan produk budi daya tanaman pangan antara lain sebagai berikut …

A.    Efisiensi kerja

B.     Pertimbangan dana dan personalia penjualan

C.     Sarana transportasi dan komunikasi

D.    Keadaan prasarana daerah pemasaran setempat

E.     Pertimbangan sumberdaya

ANS: A, B, D, E

 

7.      Perhatikan bacaan berikut!

Indonesia memiliki berbagai jenis tanaman pangan. Keberagaman jenis tanaman pangan yang kita miliki merupakan anugerah dari Yang Mahakuasa sehingga kita harus bersyukur kepada-Nya. Bentuk syukur kepada Yang Mahakuasa dapat diwujudkan dengan memanfaatkan produk pangan yang dihasilkan oleh petani dengan sebaik-baiknya. Pelestarian dan pemanfaatan sumber daya alam (SDA) yang melimpah ini, bisa dengan menjadikannya sebagai pilihan dalam berwirausaha, yaitu wirausaha di bidang tanaman pangan.

Tanaman pangan adalah tanaman yang menjadi sumber utama bagi karbohidrat dan protein untuk memenuhi kebutuhan tubuh manusia. Maka, wirausaha di bidang budi daya tanaman pangan akan terus menjadi peluang yang baik, selama manusia masih membutuhkan pangan untuk kehidupan.

Hasil budi daya tanaman pangan dimanfaatkan untuk memenuhi kebutuhan pangan sendiri. Hasil budi daya tanaman pangan juga diperdagangkan sehingga dapat menjadi mata pencaharian. Hal ini menjadikan tanaman pangan sebagai komoditas pertanian yang sangat penting bagi bangsa Indonesia (Sumber: https://www.pustakabelajar.com/ ). Berikut beberapa yang termasuk ciri-ciri tanaman pangan, yaitu ….

A.    Dapat diolah menjadi berbagai macam makanan dan lain-lain

B.     Buah atau hasilnya dapat dimakan

C.     Masa tumbuhnya singkat

D.    Dapat memenuhi kebutuhan karbohidrat tubuh sebagai sumber tenaga.

E.     Merupakan tumbuhan tahunan

ANS: A, B, C, D

 

8.      Perhatikan bacaan berikut!

Budidaya tanaman pangan adalah aktivitas tanam menanam tanaman yang dapat jadi sumber penghasil karbohidrat serta protein yang ke depannya dapat dikonsumsi sendiri atau dijual oleh petani sebagai penanamnya.

Budi daya tanaman pangan membutuhkan lahan atau media tanam, bibit, nutrisi dan air serta pelindung tanaman untuk pengendalian hama dan organisma lain sebagai sarana budi daya. Seluruh sarana budi daya harus sesuai dengan pedoman yang dibuat oleh pemerintah untuk menjamin standar mutu produk.

Perlindungan tanaman harus dilaksanakan sesuai dengan sistem Pengendalian Hama Terpadu (PHT), menggunakan sarana dan cara yang tidak mengganggu kesehatan manusia, serta tidak menimbulkan gangguan dan kerusakan lingkungan hidup. Perlindungan tanaman dilaksanakan pada masa pratanam, masa pertumbuhan tanaman dan/atau masa pascapanen, disesuaikan dengan kebutuhan (Sumber: http://cybex.pertanian.go.id/). 

Tanaman harus dijaga agar terlindungi dari gangguan hewan ternak, binatang liar, dan/atau hewan lainnya. Beberapa langkah dasar yang harus di lakukan dalam budidaya tanaman pangan adalah ...

A.    Pengendalian Hama

B.     Pemupukan

C.     Penyulaman

D.    Pemeliharaan

E.     Penanaman

ANS: A, B, D, E

 

9.      Perhatikan bacaan berikut!

Dalam pemeliharaan tanaman sayuran yaitu tanman kangkung darat waktu yang baik untuk menanamnya adalah pada musim hujan karena tanaman ini memerlukan air banyak dalam pertumbuhannya. Agar memperoleh hasil yang baik maka dalam pemeliharaannya dilakukan penyiraman minimal sehari satu kali pada sore hari.

Selanjutnya dilakukan penyiangan agar lahan tidak tumbuh tanaman liar (gulma) dengan cara dicabut, setelah penyiangan dilakukan penggemburan tanah yang bertujuan mengurangi penguapan air di dalam tanah dan juga agar proses peredaran udara dan air tanah lebih sempurna. Langkah selanjutnya adalah pemupukan dengan menggunakan pupuk urea.

Pemupukan dan pemberian mulsa Pemupukan bertujuan untuk menambah hara yang dibutuhkan tanaman pokok, khususnya bagi tanaman yang ditanam pada daerah yang kurang subur. Pemberian pupuk harus dilakukan pada saat yang tepat (misal menjelang musim hujan) Pupuk yang diberikan hendaknya disesuaikan dengan kebutuhan tanaman. Bila salah dalam pemberian justru dapat meracuni tanaman (Sumber: https://pertanian.jogjakota.go.id/).

Mengutamakan penggunaan pupuk organik serta disesuaikan dengan kebutuhan tanaman dan kondisi fisik tanah serta memilih benih dalam awal penanaman. Hal tersebut merupakan hal yang berhubungan dengan ….

A.    Pemupukan

B.     Pengendalian

C.     Pengolahan lahan

D.    Pembibitan

E.     Pengendalian

ANS: A, D

 

10.  Perhatikan gambar dan bacaan berikut!

sawah

Indonesia berapa di wilayah khatulistiwa. Keadaan tersebut menjadikan Indonesia menjadi sebuah negara beriklim tropis yang mendapat curah hujan tinggi. Selain itu, karena berada di jalur vulkanis yang cukup aktif, menjadikan Indonesia memiliki banyak gunung berapi. Artinya Indonesia memiliki tanah yang akan mineral dan subur, dan itu sangat baik untuk pertanian.

karena suburnya tanah dan mendukungnya alam Indonesia, rakyat Indonesia bisa menanam apa saja dan akan tumbuh. Sehingga bukan hanya pertanian, tetapi sektor perkebunan juga bisa ikut dimaksimalkan untuk mendukung ketahanan pangan.

Beberapa potensi pertanian tanaman pangan  dibagi menjadi 3 kelompok, Serelia, kacang-kacangan, dan umbi-umbian. Kelompok serelia dan kacang-kacangan menghasilkan biji sebagai produk hasil budidaya. Sedangkan umbi-umbian menghasilkan umbi batang atau umbi akar sebagai produk hasil budidaya (Sumber: http://pangannusantara.bkp.pertanian.go.id/). Berikut beberapa contoh tanaman serealia adalah ...

A.    singkong

B.     Kedelai

C.     Padi

D.    Jagung

E.     Sorgum

ANS: C, D, E

 

11.  Perhatikan bacaan berikut!

Di dalam pemasaran tercakup semua kegiatan yang berkaitan dengan usaha memaasarkan produk, termasuk juga jalur pemasaran/tata niaganya. Strategi pemasaran yang tepat akan memperpendek sistem atau mata rantai perdagangan, sehingga lost of benefit atau keuntungan yang hilang akibat panjangnya tata niaga perdagangan bisa dihindar.

Studi pemasaran mencakup akses yang cukup luas, antara lain studi pasar, studi mengenai produk yang dihasilakan, distribusi, konsumen, dan promosi

Banyak strategi pemasaran yang dapat kita gunakan untuk memasarkan produk Budi daya Tanaman Pangan. Di tahap awal, pemilihan pemasaran secara langsung sangat disarankan karena masih terbatasnya jangkauan pasar yang ada. Ke depannya, bisa dikembangkan sistem pemasaran lainnya. Kegiatan promosi harus memerhatikan beberapa hal yaitu sebagai berikut

A.    Masa tahapan siklus produksi

B.     Jumlah dana yang tersedia untuk promosi

C.     Sifat konsumen yang akan dilayani

D.    Konsumen yang ingin dituju

E.     Sumberdaya yang tidak sesuai

ANS: A, B, D

 

12.  Perhatikan bacaan berikut!

Indonesia itu terkenal dengan kondisi perairan dan lahan yang sangat cocok untuk Pertanian , Perikanan dan Perkebunan . Tapi sangat jarang bahkan sampai sekarang indonesia yang katanya penghasil ikan terbesar tapi hanya mengandalkan tangkapan alamnya saja. Kita haru bisa membudidaya ikan secara khusus,  kami sangat mendukung jika indonesia menjadi produsen ikan terbesar didunia melalu sistem budidaya ikannya.

Budidaya ikan konsumsi ini adalah sebuah kegiatan yang dilakukan agar bisa memberikan bentuk hasil dan nantinya bermanfaat untuk sebuah sistem yang akan menghasilkan dalam kondisi yang dibuat oleh sistem dan bantuan manusia. Budidaya ikan konsumsi ini bisa dilakukan di dalam kolam pemancingan maupun di dalam lahan lain nya.

Sedangkan ikan konsumsi sendiri diartikan sebagai ikan yang sering digunakan sebagai bahan lauk pauk dan sering menjadi pilihan untuk dikonsumsi. Sedangkan jenis dari ikan konsumsi ini bisa dibagi lagi menjadi beberapa bagian, yakni ikan yang berasal dari daerah perairan di darat maupun ikan yang ada di laut. Jadi pembudidayaan ini bisa dilakukan dengan pembelian bibit maupun penangkapan langsung (Sumber: https://ilmubudidaya.com/). Budi daya pembenihan ikan jenis perairan payau/laut akan dilakukan masyarakat yang tinggal di tempat …

A.    dataran rendah

B.     dataran tinggi

C.     perkotaan

D.    pembukitan

E.     muara sungai

ANS: E

 

13.  Perhatikan bacaan berikut!

Indonesia itu terkenal dengan kondisi perairan dan lahan yang sangat cocok untuk Pertanian , Perikanan dan Perkebunan . Tapi sangat jarang bahkan sampai sekarang indonesia yang katanya penghasil ikan terbesar tapi hanya mengandalkan tangkapan alamnya saja. Kita haru bisa membudidaya ikan secara khusus,  kami sangat mendukung jika indonesia menjadi produsen ikan terbesar didunia melalu sistem budidaya ikannya.

Budidaya ikan konsumsi ini adalah sebuah kegiatan yang dilakukan agar bisa memberikan bentuk hasil dan nantinya bermanfaat untuk sebuah sistem yang akan menghasilkan dalam kondisi yang dibuat oleh sistem dan bantuan manusia. Budidaya ikan konsumsi ini bisa dilakukan di dalam kolam pemancingan maupun di dalam lahan lain nya.

Sedangkan ikan konsumsi sendiri diartikan sebagai ikan yang sering digunakan sebagai bahan lauk pauk dan sering menjadi pilihan untuk dikonsumsi. Sedangkan jenis dari ikan konsumsi ini bisa dibagi lagi menjadi beberapa bagian, yakni ikan yang berasal dari daerah perairan di darat maupun ikan yang ada di laut. Jadi pembudidayaan ini bisa dilakukan dengan pembelian bibit maupun penangkapan langsung (Sumber: https://ilmubudidaya.com/).  Budi daya pembenihan ikan yang sanggup dipelihara pada kolam air deras yaitu ….

A.    Bawal

B.     Patin

C.     Bandeng

D.    Nila

E.     Lele

ANS: D

 

14.  Perhatikan bacaan berikut!

Indonesia itu terkenal dengan kondisi perairan dan lahan yang sangat cocok untuk Pertanian , Perikanan dan Perkebunan . Tapi sangat jarang bahkan sampai sekarang indonesia yang katanya penghasil ikan terbesar tapi hanya mengandalkan tangkapan alamnya saja. Kita haru bisa membudidaya ikan secara khusus,  kami sangat mendukung jika indonesia menjadi produsen ikan terbesar didunia melalu sistem budidaya ikannya.

Budidaya ikan konsumsi ini adalah sebuah kegiatan yang dilakukan agar bisa memberikan bentuk hasil dan nantinya bermanfaat untuk sebuah sistem yang akan menghasilkan dalam kondisi yang dibuat oleh sistem dan bantuan manusia. Budidaya ikan konsumsi ini bisa dilakukan di dalam kolam pemancingan maupun di dalam lahan lain nya.

Sedangkan ikan konsumsi sendiri diartikan sebagai ikan yang sering digunakan sebagai bahan lauk pauk dan sering menjadi pilihan untuk dikonsumsi. Sedangkan jenis dari ikan konsumsi ini bisa dibagi lagi menjadi beberapa bagian, yakni ikan yang berasal dari daerah perairan di darat maupun ikan yang ada di laut. Jadi pembudidayaan ini bisa dilakukan dengan pembelian bibit maupun penangkapan langsung (Sumber: https://ilmubudidaya.com/). Budi daya pembenihan ikan konsumsi pada kolam yang seluruhnya terbuat/terdiri dari tanah disebut sistem ….

A.    Intensif

B.     semi intensif

C.     tradisional

D.    produktif

E.     semi produktif

ANS: C

 

15.  Perhatikan bacaan berikut!

BEP (Break Event Point) adalah suatu keadaan dimana usaha tidak memperoleh laba dan tidak menderita kerugian (titik impas). Analisis BEP merupakan alat analisis untuk mengetahui batas nilai produksi atau volume produksi suatu usaha untuk mencapai nilai impas, artinya usaha tersebut tidak mengalami keuntungan atau pun kerugian. Suatu usaha dikatakan layak, jika Menghitung Titik Impas (Break Even Point) Usaha Pembenihan Ikan Konsumsi produksi lebih besar dari jumlah unit yang sedang diproduksi dan BEP harga harus lebih rendah dari pada harga yang berlaku saat ini. 

Analisis BEP digunakan untuk mengetahui jangka waktu pengembalian modal atau investasi usaha dan mengetahui produksi minimal usaha yang menghasilkan atau menjual produknya agar tidak menderita kerugian. Analisis BEP sangat penting saat membuat usaha agar tidak mengalami kerugian (Sumber: https://ex-school.com/).

Analisis BEP merupakan alat analisis untuk mengetahui batas nilai produksi atau volume produksi suatu usaha untuk mencapai nilai impas artinya usaha tersebut tidak mengalami keuntungan atau pun kerugian.Teknis analisis yang mempelajari relasi antara biaya tetap, biaya variabel, keuntungan, dan volume kegiatan pembenihan ikan konsumsi disebut ….

A.    break event point

B.     analisis kebijaksanaan daya

C.     sistem produksi

D.    pemanenan

E.     promosi

ANS: A

 

16.  Perhatikan gambar dan bacaan berikut!

pengertian kerajinan dari bahan limbah dan cara pengemasannya

Produk kerajinan sejak dahulu digunakan sebagai alat pemenuh kebutuhan hidup sehari-hari. Kini kerajinan berfungsi juga sebagai hiasan , baik interior maupun eksterior. Banyak seniman yang memanfaatkan segala sesuatu sebagai bahan untuk membuat prakarya. Dilingkungan sekitar banyak ditemui bahan limbah yang bekum bisa dimanfaatkan dengan baik. Akan tetapi di tangan orang-orang terampil dan kreatif limbah bisa menjadi bahan untuk perakarya ataupun kerajinan yang memiliki nilai ekstetis dan daya jual yang tinggi.

Kerajinan limbah merupakan kerajinan yang dibuat dari bahan limbah yang diperoleh dari sisa produksi. Sayangnya hanya sedikit yang bisa memanfaatkan sebagai limbah yang bernilai jual tinggi. Sekarang ini, banyak ditemukan aneka produk kerajinan yang berasal dari bahan limbah.

Kerajinan adalah sebutan bagi suatu benda hasil karya seni manusia. Kata ‘kerajinan’ berasal dari kata ‘rajin’ yang artinya barang/benda yang dihasilkan oleh keterampilan tangan.

Fungsi hias adalah sebuah pemanfaatan suatu benda yang bertujuan untuk memperindah suatu ruangan/tempat agar indah dipandang mata. Kerajinan Fungsi Hias dari Bahan Limbah sebagai Hiasan adalah suatu benda hasil karya seni manusia (kerajinan) yang dibuat dari bahan limbah yang masih dapat dimanfaatkan dan lebih mengutamakan fungsi hias atau estetika dalam proses pembuatannya (http://wawasandunia34.blogspot.com/).

Oleh karena itu kerajinan yang berfungsi untuk memperindah atau mempercantik sebuah tatanan interior maupun eksterior secara visual merupakan fungsi kerajinan sebagai….

A.    Kerajinan sebagai pakai

B.     Kerajinan sebagai seni

C.     Kerajinan sebagai dekorasi

D.    Kerajinan sebagai media

E.     Kerajinan sebagai estetis

ANS: E

 

17.  Perhatikan bacaan berikut!

Berdasarkan senyawanya, limbah dibedakan menjadi 2, yaitu limbah organik dan limbah anorganik. Limbah organik sendiri adalah limbah yang mengandung hidrokarbon dan cenderung mudah terurai serta berasal dari mahkluk hidup. Contoh limbah organik antara lain sisa-sisa makanan, misalnya sayuran yang sudah busuk.

Bahan-bahan sisa yang didapatkan dari proses produksi atau sisa-sisa kegiatan dalam skala kecil atau besar disebut dengan jenis limbah organik. Limbah atau sampah organik ini tersusun dari beberapa bahan yang bersifat organik baik dalam kegiatan rumah tangga maupun industri. Jenis sampah organik ini bisa terurai dengan mudah dengan melalui sebuah proses yang sifatnya alami.

Contohnya, dalam satu hari saja kita menghasilkan  banyak limbah. Kita beli makanan kemasan, maka akan menimbulkan plastik. Kita memotong sayuran maka akan menimbulkan limbah sayur, semua ini memiliki karakteristik limbah yang berbeda- beda (Sumber: https://www.ruangguru.com/). Di bawah ini yang termasuk ciri-ciri dari limbah Organik berbentuk bangun datar adalah…

A.    Basah

B.     Mudah terurai

C.     Sulit terurai

D.    Kering

E.     Tidak bisa terurai

ANS: E