soal hots akm dan kunci jawaban penjas orkes

 

True/False

1.      Perhatikan bacaan berikut!

 

Banyak diantara para pecinta bulutangkis belum memahami ukuran sesungguhnya dari lapangan Bulutangkis. Kebanyakan dari mereka hanya langsung bermain tanpa tahu berapa ukuran sebenarnya dari lapangan bulutangkis. Lapangan bulutangkis berbentuk persegi empat panjang dan terbagi menjadi dua bidang permainan. Setiap pemain menempati bagiannya masing-masing dengan net sebagai pembatas diantaranya.

 

Ukuran lapangan badminton / bulu tangkis tersebut digunakan dalam standar nasional dan internasional. Jadi tidak ada perbedaan antara ukuran Lapangan badminton di Indonesia dan di Luar Negeri karena memiliki standar dan ketentuan yang sama. yang membedakan ukuran lapangan badminton hanya pada kategori pertandingannya saja yaitu saat memainkan pertandingan partai ganda (double) dan pertandingan partai tunggal (single).

 

Pada pertandingan partai ganda, lebar area permainannya menggunakan garis lapangan samping bagian luar dan panjang area permainannya menggunakan garis lapangan belakang bagian luar, kecuali saat service pada pertandingan partai ganda panjang area permainannya menggunakan garis lapangan belakang bagian dalam (lihat gambar diatas).Untuk lebih jelasnya berikut ini adalah ukuran lapangan badminton partai ganda:

 

Panjang bidang permainan = 13,40 meter.

Lebar bidang permainan 6,10 meter.

Panjang bidang penerima servis = 3,96 meter.

Lebar bidang penerima servis = 3,05 meter.

Penjelasan ukuran lapangan tersebut sesuai dengan aturan yang berlaku (….)

Ans: t

                   

2.       Perhatikan bacaan berikut!

Tubuh yang bugar serta sehat merupakan keinginan atau impian setiap orang. Berbagai upaya dapat dilakukan untuk meningkatkan kebugaran serta kesehatan tubuh. Contohnya adalah dengan menjaga pola makan dan menjalani gaya hidup yang sehat.

Namun, dua hal tersebut tidaklah cukup karena harus diimbangi dengan berbagai aktivitas fisik. Aktivitas tersebut bertujuan untuk meningkatkan kebugaran jasmani seseorang. Tahukah kamu apa yang dimaksud dengan kebugaran jasmani? Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), kebugaran jasmani adalah kondisi tubuh yang bersifat bugar dan dipengaruhi oleh berbagai latihan kekuatan serta daya tahan otot, daya tahan kardiovaskular dan fleksibilitas tubuh.

Kebugaran jasmani merupakan modal utama dalam melakukan berbagai aktivitas, seperti belajar, mengerjakan tugas rumah dan lain sebaga inya. Semakin rutin melakukan aktivitas latihan kebugaran jasmani, kemampuan aktivitas fisiknya akan semakin tinggi. Agar mengetahui tingkat kebugaran jasmani seseorang, maka diperlukan tes untuk mengujinya. Tes kebugaran jasmani dilakukan untuk mengukur tingkat kebugaran jasmani.

Sebelum melakukan tes kebugaran jasmani, sebaiknya melakukan lari - lari kecil (….)

Ans: f

 

3.      Perhatikan bacaan berikut!

 

Senam lantai adalah kegiatan olahraga yang cara gerakan dan bentuk latihannya dilakukan di lantai, sesuai dengan namanya. Senam lantai merupakan satu di antara jenis cabang olahraga senam yang cukup populer di dunia.

 

Olahraga tersebut bisa dilakukan siapa saja, baik laki-laki maupun perempuan. Sesuai namanya, senam lantai dilakukan di atas permukaan lantai dengan menggunakan alas. Adapun alas yang biasa digunakan ialah berupa matras. Adanya matras tersebut sebagai alat bantu utama yang berfungsi untuk mengurangi risiko terjadinya kecelakaan.

 

Hal itu dikarenakan saat melakukan gerakan senam sering bersentuhan dengan lantai. Dalam praktiknya, senam lantai banyak menggunakan gerakan, seperti berguling, melompat, meloncat, berputar di udara, menumpu dengan tangan atau kaki untuk mempertahankan sikap seimbang atau untuk melompat ke depan atau belakang.

Senam lantai menekankan pada keindahan, kelincahan, kekuatan dan kecepatan gerak   tubuh. (….)

Ans: f

 

4.      Perhatikan bacaan berikut !

Penyakit Menular Seksual (PMS) adalah penyakit dapat menular melalui hubungan seksual dengan seseorang yang terinfeksi. Dapat ditularkan oleh pasangan Anda lewat aktivitas seksual yang melibatkan vagina, penis, anus, atau mulut. Mengacu pada penyakit yang beragam, dengan gejala-gejala yang berbeda tiap penyakit, dan beberapa lebih serius daripada penyakit yang lain. Namun, semuanya membutuhkan pengobatan untuk mencegah komplikasi dan membahayakan hidup pasien.

Beberapa jenis penyakit menular seksual dapat diobati langsung di klinik oleh ginekolog, dengan pengobatan antibiotik. Namun, penyakit serius, kasus parah, atau gejala kronis dan muncul kembali. Lebih baik mencari bantuan spesialis penyakit menular. Semua pasien HIV/AIDS perlu mencari bantuan medis dari ahlinya, untuk membantu penanganan penyakit untuk waktu yang panjang.

Penyakita Menular Seksual (PMS) yang paling umum adalah Herpes Kelamin – Penyakit ini disebabkan oleh virus herpes simplex, terutama jenis HSV-2. Tanda-tandanya yang paling jelas adalah lecet, bisul, atau luka di daerah kelamin, namun penyakit ini dapat menjangkiti seseorang tanpa menunjukkan gejala-gejala. Ini juga dapat ditularkan pada kontak kulit dengan kulit, bahkan jika seseorang yang terjangkit tidak menunjukkan peradangan atau lecet. Bisul juga dapat berkembang, hilang, dan muncul kembali selama orang tersebut, masih memiliki virusnya. Penyakit ini juga dapat ditularkan ke anak-anak, jika ibunya memiliki virus saat melahirkan, namun kondisi ini jarang terjadi. Selain gejala fisik, herpes juga menyebabkan tekanan psikologis bagi penderitanya.

Penyakit PMS yang di sebabkan oleh virus adalah herpes genital (….)

Ans: T

 

5.        Perhatikan bacaan berikut!

    

Penyakit Menular Seksual (PMS) adalah penyakit dapat menular melalui hubungan seksual dengan seseorang yang terinfeksi. Dapat ditularkan oleh pasangan Anda lewat aktivitas seksual yang melibatkan vagina, penis, anus, atau mulut. Mengacu pada penyakit yang beragam, dengan gejala-gejala yang berbeda tiap penyakit, dan beberapa lebih serius daripada penyakit yang lain. Namun, semuanya membutuhkan pengobatan untuk mencegah komplikasi dan membahayakan hidup pasien.

 

Beberapa jenis penyakit menular seksual dapat diobati langsung di klinik oleh ginekolog, dengan pengobatan antibiotik. Namun, penyakit serius, kasus parah, atau gejala kronis dan muncul kembali. Lebih baik mencari bantuan spesialis penyakit menular. Semua pasien HIV/AIDS perlu mencari bantuan medis dari ahlinya, untuk membantu penanganan penyakit untuk waktu yang panjang.

 

HIV/AIDS adalah penyakit menular seksual yang dianggap paling mematikan sehingga tidak mampu melindungi diri dari penyakit atau infeksi. Hal ini membuat pasien sangat rentan terhadap penyakit dan tidak mampu melawan kanker. Ini juga merupakan penyakit progresif yang akan mempengaruhi seseorang sepanjang hidupnya, meskipun dengan pengobatan yang tepat orang yang terinfeksi bisa hidup normal.

Penyakit AIDS merupakan penyakit yang sangat berbahaya karena akan menyerang system kekebalan tubuh  (….)

Ans: T

 

6.        Perhatikan bacaan berikut!

 

Sesuai namanya, gaya bebas adalah satu-satunya macam-macam gaya renang yang tidak membutuhkan teknik yang rumit. Gaya renang satu ini tidak terikat pada satu gaya tertentu. Maka dari itu, gaya ini dianjurkan bagi pemula. Caranya adalah dengan menggerakkan kedua lengan jauh ke depan seperti gerakan mengayuh secara bergantian. Sembari mengayuhkan kedua lengan secara bergantian, kedua kaki bergantian digerakkan naik turun secara mendatar.

 

Posisi wajah dihadapkan sejajar permukaan air dengan sesekali mengambil nafas melalui mulut dengan cara menyerongkan wajah ke atas permukaan air. Renang gaya bebas atau free swim merupakan gaya renang dengan posisi dada menghadap ke permukaan air. Posisi tubuh harus streamline alias sejajar dan lurus mulai dari kaki hingga kepala. Selain itu, pastikan sebelum terjun ke air, Anda telah melakukan pemanasan.

 

Pemanasan dilakukan agar tubuh tidak kaget dengan suhu air dan juga agar tubuh tidak kram saat harus berhadapan dengan air. Jika sebelumnya Anda kurang tidur, jangan mencoba berenang karena tingkatan fokus akan berkurang. Meskipun tidak terikat gaya tertentu, renang gaya bebas membutuhkan teknik umum yang wajib dipahami setiap orang.

Gerakan tungkai pada renang gaya bebas kepala lebih tinggi dari kaki  (….)

Ans: F

 

7.      Perhatikan bacaan berikut!

 

Senam irama ialah senam dengan gerakan yang mengikuti irama. Irama yang mengiringi dapat berupa tepukan tangan, ketukan, nyanyian musik, dan lain sebagainya. Senam irama dilakukan secara perorangan atau kelompok untuk memperlihatkan koreografi yang kental dengan akrobatik dengan atau tanpa alat bantu senam yang berupa bola, pita, tali, gada, dan simpai.

 

Setiap gerakan senam irama diatur sedemikian rupa sehingga menghasilkan gerakan senam yang indah dan rapi. Seiring berjalannya waktu, senam irama banyak mengambil gerakan dari balet.Senam irama atau senam ritmik ini sudah menjadi cabang olahraga yang dilombakan di berbagai ajang besar, seperti Olimpiade dan pertandingan skala internasional lainnya.

 

Gerakan langkah samping dilakukan dengan melangkahkan kaki ke samping kanan dan kiri. Gerakan dilakukan secara bergantian diawali dengan melangkah kaki kanan ke samping kanan. Kemudian, kaki kiri ditarik mendekati kaki kanan. Gerakan yang sama dilakukan ke samping kiri. Gerak langkah dilakukan berulang-ulang sesuai hitungan atau irama.

Langkah samping dalam senam irama di sebut juga dengan zijpas  (….)

Ans: T

 

8.      Perhatikan bacaan berikut!

 

Pada olahraga lempar cakram membutuhkan kekuatan tangan untuk melempar cakram sejauh mungkin. Mengutip dari Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), definisi lempar cakram mengacu pada pengertian olahraga melempar cakram. Dijelaskan jika definisi melempar dalam adalah membuang sejauh mungkin. Sedangkan definisi cakram adalah sebuah alat yang digunakan dalam olahraga atletik, terbuat dari kayu pipih dan bundar, pada bagian pinggirnya dilapisi besi.

 

Para atlet harus melempar cakram dari sebuah lingkaran berdiameter 8,2 kaki atau 2,5 meter dengan posisinya harus 40 derajat dari pusat lingkaran, yang sebelumnya sudah ditandai. Dilansir dari situs World Athletics, cakram atau discus yang digunakan dalam olahraga atletik ini memiliki diameter serta berat yang berbeda, tergantung pada kategori atletnya.

 

Awalnya para atlet melempar piringan cakram dari sebuah landasan yang dibuat miring, dengan menggunakan gaya yang cukup berlebihan. Pada 1912, landasan yang digunakan para atlet lempar cakram berubah menjadi lingkaran dengan diameter 7 kaki atau 2,13 meter.

Untuk kategori putra, diameter cakram adalah 22 cm dan memiliki berat 2 kg. Sedangkan untuk putri, cakram yang digunakan memiliki diameter 18 cm dan berat 1 kg. (….)

Ans: T

 

Matching

Perhatikan kalimat bacaan ini!

 

Kebugaran jasmanai adalah kesanggupan dan kemampuan tubuh untuk melakukan penyesuaian (adaptasi) terhadap pembebasan fisik yang diberikan kepadanya (dari kerja yang dilakukan sehari-hari) tanpa menimbulkan kelelahan berlebih yang berarti.

Dengan kesehatan jasmani yang bagus seseorang bisa menimbang kemampuan fisiknya dalam menjalani kesibukan sehari-hari. Semakin tinggi tingkat kebugaran jasmani seseorang, maka makin bagus pula kemampuan kerja fisiknya. Jadi makin sering olahraga justru membuat Anda menjadi tidak mudah lelah. Dengan latihan kebugaran jasmani, daya tahan tubuh Anda bisa lebih meningkat.

Tak hanya itu, kebugaran jasmani juga berguna untuk merawat kulit. Orang yang terbiasa melakukan olahraga biasanya memiliki kulit yang terlihat lebih kencang dan sehat. Seseorang yang secara rutin menjaga kebugaran jasmaninya akan merasakan organ tubuhnya menjadi lebih sehat. Secara fisik dia akan terlihat lebih segar, tidak mudah sakit, dan tidak mudah lelah.

Cermatilah pernyataan berikut ini dan jodohkan dengan jawaban yang sesuai!

A.    kebugaran

B.     daya otot

C.     daya tahan

D.    kecepatan

E.     kelincahan

F.      kesehatan

G.    kecerdasan

H.    kekuatan

1.    Fungsi latihan lari sprint berulang, latihan polymetric, split - squat- jump untuk … .

2.    Fungsi latihan yang melibatkan sit up, push up, dan squat jump untuk … .

3.    Fungsi latihan berlari naik turun tangga dan zig-zag untuk … .

4.    Fungsi latihan yang melibatkan side jump, vertikal jump, dan front jump untuk … .

1.      Ans: D

2.      Ans: H

3.      Ans: E

4.      Ans: B

 

Perhatikan bacaan berikut!

 

Pencak silat merupakan olahraga beladiri yang mengandung nilai-nilai seni tradisional dari Indonesia. Pencak silat adalah gerak keindahan dengan menghindar yang disertakan gerakan. Pencak silat tidak hanya dikenal di Indonesia, tapi juga dikenal luas negara-negara di kawasan Asia Tenggara.

 

Meskipun masing-masing Negara tersebut juga memiliki penyebutan yang berbeda. Seperti gayong dan cekak (Malaysia dan Singapura), bersilat (Thailand), dan pasilat (Filipina). Dalam pencak silat ini memiliki empat aspek utama, yakni: Aspek mental, seni budaya Budaya, bela diri dan aspek olah raga.

 

Dalam sebuah pertandingan, atlit pencak harus bias membaca strategi lawan, sehingga bias mengetahui titik kelemahan lawan. Seorang atlit harus mempunyai jenis taktik penyerangan dan jenis taktik pertahanan. Teknik dasar pencak silat yang wajib dikuasai pertama adalah kuda-kuda. Kuda-kuda merupakan sebuah sikap menapakkan kaki yang berfungsi untuk menjaga keseimbangan saat akan menyerang ataupun bertahan.

A.  Benar

B.  Salah

1.      Teknik elakan tergolong pada jenis penyerangan pencak silat. (….)

2.      Taktik serangan tidak langsung termasuk jenis taktik penyerangan. (…)

3.      Elakan belakang adalah gerakan mengelakkan diri dari serangan lurus depan dan samping. (…)

4.      Tendangan kuda, tendangan jejag dan tendangan sabit adalah jenis taktik serangan. (….)

1.        Ans: B

2.        Ans: A

3.        Ans: A

4.        Ans: B

 

Perhatikan bacaan berikut!

Perermainan Bola Voli termasuk salah satu olahraga yang diminati oleh banyak orang, termasuk masyarakat Indonesia. Di Indonesia sendiri sudah terbentuk organisasi Persatuan Bola Voli Seluruh Indonesia yang bertanggung jawab memantau perkembangan olahraga ini di dalam negeri. Permainan yang satu ini bisa di mainkan oleh siapa saja, secara umum untuk bisa bermain bola voli memerlukan 2 regu masing-masing 6 orang, dan juga lapangan voli, bola beserta net-nya

Salah satu syarat untuk bisa memainkan bola voli adalah memahami peraturannya. Olahraga ini pun memiliki sejumlah aturan yang berkaitan dengan hal teknis, pelanggaran, serta penghitungan skor. Teknik dasar voli yakni service, passing, smash, blocking harus di kuasai oleh atlit voli.

Terdapat beberapa aturan dan larangan dalam permainan bola voli yang harus dan tidak boleh dilakukan oleh para pemain. Dalam peraturan bola voli, pelanggaran tidak hanya dapat disebabkan karena fisik. Kesalahan-kesalahan mendasar yang tidak seharusnya dilakukan juga merupakan sebuah pelanggaran.

Berdasarkan keterangan di atas tentang bola voli, pilihlah setuju untuk pernyataab benar atau kolom tidak setuju untuk pernyataan salah.

A.      setuju

B.       tidak setuju

1.      Tinggi net untuk tim putera adalah 2,43 m, sedangkan untuk tim puteri adalah 2,24 m.

2.      seorang libero cuma bisa bermain pada saat dalam posisi belakang dan tak bisa memperbuat serangan dari tahap depan serta tengah.

3.      Pergantian pemain tidak dapat dilakukan berkali-kali dan terbatas.

4.      Ukuran lapangan bola voli, panjang lapangan 20 meter, lebar lapangan: 9 meter, lebar garis serang: 3 meter

1.      Ans: a

2.      Ans: A

3.      Ans: B

4.      Ans: B

 

Short Answer

1.      Perhatikan bacaan berikut!

     Bola voli merupakan salah datu permainan bola besar yang dilakukan secara beregu yang berhadapan dan di pisahkan oleh net. Permainan Bola Voli adalah salah satu cabang olahraga yang dimainkan oleh 2 regu saling berlawanan.

 

     Dimana masing-masing regu memiliki 6 orang pemain, yang cara bermainnya menggunakan tangan dengan mem-voli bola di atas net yang bertujuan untuk menjatuhkan bola voli ke dalam petak lapangan lawan untuk mencari kemenangan dalam bermain.

 

     Dalam permainan bola voli pastinya terdapat pemain bola voli yang mempunyai tugas dan fungsinya sesuai dengan formasi dan posisinya saat bertanding. Karena pengetahuan tentang posisi dalam permainan bola voly ini sangat penting agar saat pertandingan dapat bermain dengan baik serta sesuai arahan dari sang pelatih.

 

Sebutkan 3 jenis pemain dalam pertandingan bola voli dan jelaskan tugasny!

Ans:

 

2.      Perhatikan bacaan berikut!

 

Jalan cepat merupakan cabang olahraga atletik berjalan gerak maju dengan melangkah tanpa adanya hubungan terputus dengan tanah. Setiap kali melangkah kaki depan harus menyentuh tanah sebelum kaki belakang meninggalkan tanah.

 

Kaki yang digerakkan maju ke depan harus diluruskan sejak saat persentuhan pertama dengan tanah hingga badan mencapai posisi vertikal. Selain itu, pada saat kaki berada di tanah maka kaki tersebut harus lurus atau lutut tidak boleh bengkok dan kaki tumpuan ini dalam keadaan posisi tegak lurus diikuti dengan gerakan pinggul dan tangan mengayuh dengan siku ditekuk serta posisi punggung dan kepala harus tegak menghadap ke depan.

 

Jarak jalan cepat yang diperlombakan bagi putra, di lintasan sejauh 20 km, 30 km, 50 km dan di jalan raya sejauh 20 km dan 50 km. Bagi putri, di lintasan sejauh 10 km dan 20 km sedangkan di jalan raya sejauh 20 km. erjalan kaki bukan hanya sekadar aktivitas yang sering dilakukan manusia. Berjalan kaki ternyata juga termasuk dalam olahraga yang sering dikompetisikan. Dalam olahraga atletik, jalan kaki disebut sebagai olahraga jalan cepat. Perbedaannya terletak pada kecepatan serta ritme kaki saat melakukannya.

 

Jelaskan apa yang dimaksud dengan jalan cepat!

Ans:

 

3.      Perhatikan bacaan berikut!

 

Kebugaran jasmani adalah kesanggupan dan kemampuan tubuh melakukan penyesuaian terhadap pembebanan fisik yang diberikan kepadanya (dari kerja yang dilakukan sehari-hari) tanpa menimbulkan kelelahan berlebihan. Setiap orang membutuhkan kebugaran jasmani yang baik agar dapat melaksanakan pekerjaan dengan efektif dan efisien tanpa mengalami kelelahan.

 

Derajat kebugaran jasmani seseorang sangat menentukan kemampuan fisiknya dalam melaksanakan tugas-tugasnya sehari-hari. Makin tinggi derajat kebugaran jasmani seseorang maka makin tinggi pula kemampuan kerja fisiknya. Selain berguna untuk meningkatkan kebugaran jasmani, latihan kondisi fisik merupakan program pokok dalam pembinaan siswa untuk berprestasi dalam suatu cabang olahraga.

 

Dengan kesehatan jasmani yang bagus seseorang bisa menimbang kemampuan fisiknya dalam menjalani kesibukan sehari-hari. Semakin tinggi tingkat kebugaran jasmani seseorang, maka makin bagus pula kemampuan kerja fisiknya. Jadi makin sering olahraga justru membuat Anda menjadi tidak mudah lelah. Dengan latihan kebugaran jasmani, daya tahan tubuh Anda bisa lebih meningkat.

 

Jelaskan tujuan melakukan latihan kebugaran jasmani!

Ans:

 

4.      Perhatikan bacaan berikut!

Senam lantai adalah kegiatan olahraga yang cara gerakan dan bentuk latihannya dilakukan di lantai, sesuai dengan namanya. Senam lantai merupakan satu di antara jenis cabang olahraga senam yang cukup populer di dunia.

Olahraga tersebut bisa dilakukan siapa saja, baik laki-laki maupun perempuan. Sesuai namanya, senam lantai dilakukan di atas permukaan lantai dengan menggunakan alas. Adapun alas yang biasa digunakan ialah berupa matras. Adanya matras tersebut sebagai alat bantu utama yang berfungsi untuk mengurangi risiko terjadinya kecelakaan.

Hal itu dikarenakan saat melakukan gerakan senam sering bersentuhan dengan lantai. Dalam praktiknya, senam lantai banyak menggunakan gerakan, seperti berguling, melompat, meloncat, berputar di udara, menumpu dengan tangan atau kaki untuk mempertahankan sikap seimbang atau untuk melompat ke depan atau belakang.

Jelaskan pengertian sikap lilin dalam senam lantai!

Ans:

 

Completion

1.    Perhatikan bacaan berikut!

Ada macam-macam gaya renang yang penting untuk diketahui tekniknya agar tak cedera. Renang merupakan satu di antara cabang olahraga yang sering dijadikan ajang rekreasi. Bahkan, saking populernya, renang telah dilombakan baik di tingkat nasional maupun internasional. Renang bisa dilakukan berbagai kalangan di semua tingkatan umur, mulai balita hingga orang dewasa, termasuk ibu hamil.

 

Olahraga dalam air tersebut memang tak hanya menyegarkan tubuh, tetapi juga memberi manfaat besar untuk kesehatan. Jika dilakukan secara rutin, renang bisa mencegah beberapa penyakit, seperti stroke, jantung, dan diabetes. Setelah berenang biasanya membuat tubuh bugar dan rileks. Perasaan cemas dan stres juga bisa berkurang.

 

Hal tersebut yang menjadikan renang sebagai satu di antara olahraga yang cukup populer. Kendati demikian, tak semua orang bisa berenang. Ada beberapa teknik dasar yang perlu dikuasai. Dalam renang juga ada macam-macam gaya. Macam-macam gaya renang beserta tekniknya tentu perlu diketahui agar tidak mengalami cedera. Ada beberapa teknik dasar yang perlu dikuasai. Dalam renang juga ada macam-macam gaya. Macam-macam gaya renang beserta tekniknya tentu perlu diketahui agar tidak mengalami cedera.

Salah satu gaya renang adalah gaya kupu-kupu, yang merupakan perkembangan dari gaya … .

Ans: dada

Gaya dada

 

2.    Perhatikan bacaan berikut!

 

Ada macam-macam gaya renang yang penting untuk diketahui tekniknya agar tak cedera. Renang merupakan satu di antara cabang olahraga yang sering dijadikan ajang rekreasi. Bahkan, saking populernya, renang telah dilombakan baik di tingkat nasional maupun internasional. Renang bisa dilakukan berbagai kalangan di semua tingkatan umur, mulai balita hingga orang dewasa, termasuk ibu hamil.

 

Olahraga dalam air tersebut memang tak hanya menyegarkan tubuh, tetapi juga memberi manfaat besar untuk kesehatan. Jika dilakukan secara rutin, renang bisa mencegah beberapa penyakit, seperti stroke, jantung, dan diabetes. Setelah berenang biasanya membuat tubuh bugar dan rileks. Perasaan cemas dan stres juga bisa berkurang.

 

Hal tersebut yang menjadikan renang sebagai satu di antara olahraga yang cukup populer. Kendati demikian, tak semua orang bisa berenang. Ada beberapa teknik dasar yang perlu dikuasai. Dalam renang juga ada macam-macam gaya. Macam-macam gaya renang beserta tekniknya tentu perlu diketahui agar tidak mengalami cedera. Ada beberapa teknik dasar yang perlu dikuasai. Dalam renang juga ada macam-macam gaya. Macam-macam gaya renang beserta tekniknya tentu perlu diketahui agar tidak mengalami cedera.

 

Tujuan melakukan latihan menyelam selama mungkin di air adalah untuk melatih teknik …. .

Ans: Pernapasan

Bernapas

Bernafas

pernafasan