soal hots akm dan kunci jawaban geografi

 

 

32.  Perhatikan gambar berikut!

    Siklus Hidrologi

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 


            Sumber: https://jagoanilmu.net/siklus-hidrologi-beserta-gambarnya

 

Berdasarkan ilustrasi gambar tersebut merupakan proses terjadinya hujan dan pergerakan air atau disebut siklus hidrologi, manakah pernyataan dibawah ini yang benar.... (BS-1)

a.       Benar

b.      Salah

Pada tahapan siklus hidrologi pada nomer 2 dan 3 merupakan proses evaporasi dan infiltrasi.

Ans: b

 

Perhatikan gambar berikut!

                        Pola aliran sungai

33.  Berdasarkan pola aliran sungai tersebut, biasanya terdapat pada daerah dataran rendah dan aliran menyerupai urat daun dengan  banyak anak sungai menuju sungai induknya, sehingga dapat disimpulkan pola aliran tersebut merupakan....

a.      pola dendritik

b.     pola rektangular

c.      pola pinnate

d.     pola radial sentrifugal

e.      pola radial sentripetal

Ans: a

 

34.  Laut di Indonesia memiliki berbagai macam kedalaman seperti di laut Jawa yang kedalamannya kurang dari 200 m, sedangkan laut Sulawesi termasuk laut yang paling dalam karena kedalamannya lebih dari 2000 m.

Berdasarkan kedalamannya, zona laut masih dapat menerima cahaya matahari sehingga menjadi tempat paling banyak terdapat kehidupan berbagai jenis hewan dan tumbuhan laut adalah  zona….

a.         Dalam

b.        Batyal

c.         Abysal

d.        Neritic

e.         Lithoral

Ans: d

 

35.  Pernyataan manakah yang benar dan manakah yang salah. (BS-1)

a.    Benar

b.    Salah

Bioma yang memiliki ciri-ciri berada di belahan bumi utara sekitar 45° LU – 57 °LU, pada musim dingin, suhunya hampir sama dengan di daerah tundra dan tumbuhan khas pinus dan cemara termasuk bioma Taiga.

Ans: a

 

     Peta Persebaran Fauna di Idonesia

Sumber: https://www.bing.com/images/

 

36.  Berdasarkan peta persebaran fauna di Indonesia tersebut terdapat hewan endemik di wilayah Indonesia bagian tengah (fauna peralihan/Asiatis Australis) yang tidak terdapat di wilayah Indonesia manapun bahkan di negara lain, hewan-hewan di daerah peralihan tersebut merupakan hewan khas, salah satunya hewan di daerah ini yang disebut juga dengan The Dragons yaitu.... (IS)

Ans: Komodo

Ans: komodo

Ans: Comodo

 

37.  Perhatikan gambar berikut!

 

Surabaya masih miliki kawasan kumuh

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Sumber: https://surabaya.bisnis.com/20190903/surabaya-masih-miliki-kawasan-kumuh

 

Pemukiman kumuh merupakan salah satu permasalahan serius di Indonesia, khususnya di ibukota provinsi seperti Surabaya. Ini semua masih bisa kita lihat di tempat seperti daerah kali jagir, ngagel, juga sekitar wonokromo.Berdasarkan gambar di atas terjadi alih fungsi lahan pada daerah aliran sungai (DAS), sehingga berkurangnya daerah resapan, dan terjadi pendangkalan sungai oleh pemukiman kumuh yang terdapat di bantaran sungai tersebut. Dampak berikutnya adalah pada musim hujan selalu rawan banjir, sehingga bagaimanakah upaya yang tepat untuk mengatasi masalah tersebut…. (L1)

A. Penggunaan terasiring

B. Pelebaran sungai

C. Pengerukan endapan

D. Normalisasi sungai

E. Penggunaan irigasi

Ans: c, d

Pola pemukiman penduduk

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Sumber: https://www.bing.com/images/

 

38.  Berdasarkan gambar pola pemukiman penduduk tersebut mempunyai karakter wilayah yang terdapat pada daerah perbukitan, banyak dijumpai daerah karst dan tanah kurang subur. Pola pemukiman masyarakat berdasarkan ciri daerah tersebut adalah pola.... (IS)

Ans: Tersebar

Ans: tersebar

Ans: Menyebar

Ans: menyebar

 

Advanced Economies” 6 negara maju di Asia

Di Asia, hanya ada 6 negara maju yang diakui IMF masuk dalam "Advanced Economies" (total negara maju yang diakui IMF ada 37 negara di seluruh dunia): (update 2015)
1. Jepang
2. Hong Kong
3. Taiwan
4. Singapore
5. Korea Selatan
6. Israel

Ternyata, negara-negara maju dunia juga memiliki poin tinggi dalam:
1. Pendidikan
2. Income/salary
3. Tingkat harapan hidup (kesehatan dan keamanan)
4. Kebersihan lingkungan, termasuk kepedulian warganya
5. Jiwa enterpreneur warganya

Sumber: International Monetary Fund (IMF)-http://www.imf.org/external/pubs/ft/weo/2015/01/pdf/text.pdf

 

39.  Berdasarkan bacaan tersebut pada tahun 2015 International Monetary Fund (IMF) menyatakan bahwa di Asia hanya ada 6 negara maju yang diakui IMF dalam “Advanced Economies”, negara-negara maju tersebut diantaranya adalah.... (L1)

a.    UEA

b.    Taiwan

c.    China

d.   Korea Selatan

e.    Hongkong

Ans: b, d, e

 

40.  Perhatikan gambar berikut!

Skema perkembangan wilayah

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 


Sumber: https://geograpik.blogspot.com/2018/03/soal-un-arah-pengembangan-wilayah.html

 

Berdasarkan skema perkembangan wilayah terdapat 5 kawasan arah perkembangan wilayah tersebut, maka analisalah daerah yang paling pesat pada pengembangan wilayah perkotaan tersebut! Berikan alasan anda? (UR)

Ans:

3, merupakan pusat ekonomi

 

 

41.  Perhatikan teks berikut

Masalah Usang dan Runyam Penurunan Muka Tanah Jakarta

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 


Penurunan permukaan tanah di DKI Jakarta jelas tak bisa dianggap enteng. Berdasarkan kajian dari Badan Perencanaan Nasional (Bappenas), rata-rata penurunan muka tanah di Ibu Kota mencapai 7,5 cm per tahun. Bahkan di beberapa wilayah seperti Pluit penurunannya dapat mencapai 18 cm per tahun. Laju penurunan muka tanah di daratan Jakarta terus meningkat dari 5-6 cm menjadi 10-11cm per tahun, akibatnya beban daratan Jakarta kian berat dan berdampak terhadap kerusakan lingkungan. Sekitar 12 juta penduduk DKI Jakarta mengambil air tanah sekitar 210 juta meter kubik pertahun.

Penurunan permukaan tanah, kata Bappenas, telah terjadi sejak 1975 lalu. Fenomena ini disebabkan beberapa hal. Misalnya karena ekstraksi air tanah yang berlebihan, juga beban bangunan yang kelewat berat. Lantas, apa yang tengah dilakukan Pemerintah Provinsi DKI? Gubernur Anies menjelaskan mereka akan mengadaptasi sejumlah cara yang diterapkan di Jepang. Ia menyebut Tokyo juga sempat mengalami penurunan permukaan tanah, dan masalah tersebut bisa diatasi. Salah satu yang dilakukan adalah membangun tanggul pantai di kawasan pesisir utara Jakarta, serta mengawasi penggunaan air tanah oleh gedung-gedung bertingkat.

Kepala Bappeda DKI Jakarta, Nasruddin Djoko Surjono, merinci beberapa kegiatan yang saat ini dijalankan Pemprov DKI bersama pemerintah pusat untuk mengendalikan penurunan muka tanah. Selain tanggul laut raksasa, Nasruddin menyebut telah meningkatkan layanan air bersih di Jakarta utara lewat Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) Jatiluhur, SPAM Karian, SPAM Hutan Kota, SPAM Waduk Daan Mogot, dan Kios Air. Peneliti Heri Andreas berkata saat ini memang mulai ada perhatian dari pemerintah untuk setidaknya mencari solusi agar warga Jakarta berhenti mengeksploitasi air tanah. Namun, menurutnya, terlalu lamban.

(Sumber: https://tirto.id/masalah-usang-dan-runyam-penurunan-muka-tanah-jakarta-fKwS)

 

Berdasarkan wacana tentang penurunan muka tanah tersebut, terdapat permasalahan yang akan dihadapi oleh masyarakat Jakarta pada masa yang akan datang terkait fenomena di atas dan bagaimana upaya untuk menanggulangi permasalahan tersebut ? berikan analisis jawaban anda! (UR)

Ans:

 

42.  Perhatikan gambar berikut.

 

Kerusakan akibat Gempa Bumi

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Sumber: https://www.sayanda.com/wp-content/uploads/2017/08/gempa-bumi.jpg

           

          Berdasarkan gambar tentang kerusakan akibat gempa bumi tersebut memperlihatkan begitu parahnya kerusakan yang terjadi sehingga petugas gabungan dari BNPB, Basarnas dan TNI/Polri mengalami kesusahan dalam melakukan evakuasi. Untuk mengatasi permasalahan terebut maka :

a.    Jenis gempa yang memiliki skala berapakah yang menyebabkan kerusakan yang parah tersebut?

b.    Paparkan langkah mitigasi yang harus dilakukan terhadap gempa bumi yang terjadi dalam gambar?. (UR)

Ans:

 

43.  Perhatikan gambar berikut ini!

Piramida Penduduk

                                              

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Berdasarkan gambar pramida tersebut maka Indonesia memiliki bentuk piramida ekspansif dan Jepang memiliki bentuk yang konstruktif. Bagaimana upaya untuk mengatasi permasalahan yang akan muncul pada 10 tahun yang akan datang di dua negara yang memiliki piramida penduduk tersebut adalah…. (UR)

Ans:

44.  Hujan yang mengguyur di kabupaten Sidoarjo pada senin 15 Februari 2021 malam menyebabkan sebagian daerah tersebut mengalami banjir. Banjir paling parah dengan kedalaman 50 cm terjadi di Jalan raya Porong, sedangkan banjir di daerah Keramean Candi kedalamannya sekira 15-20 cm. Jumlah penduduk disekitar kawasan Porong sekira 80.000 jiwa dan daerah Keramean 20.000 jiwa. Apabila jarak kedua daerah tersebut 15 km.

Berdasarkan ilustrasi tersebut sebaiknya dimanakah lokasi yang tepat bagi tim relawan dari BASARNAS untuk mendirikan posko tanggap banjir dan memberikan bantuan kepada warga Kawasan Porong dan warga Keramean Candi! (UR)

Ans:

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Contoh template (aturan baku) penulisan soal model AKM :

️Pilgand

️Pilgand kompleks

️Isian singkat (usahakan jawabannya hanya 1 kata,maksimal 2 kata)

️Uraian

️Benar/salah

 

 

 

 

 

 

️Ya/tidak

️Setuju/tdk setuju

️Menjodohkan

 

 

Pada 2018, Anies Baswedan membentuk Tim Pengawasan Terpadu Penyediaan Sumur Resapan dan Instalasi Pengolahan Air Limbah serta Pemanfaatan Air Tanah di Bangunan Gedung dan Perumahan. Tugas tim ini menyidak penggunaan air tanah.

Pertanyaannya, apakah semua rentetan aturan itu berhasil menjaga muka air tanah dan menghentikan penurunan muka tanah?

Dalam tesisnya berjudul “Evaluasi Kebijakan Pengambilan dan Pemanfaatan Air Tanah di Provinsi DKI Jakarta” (2011), Bambang Siswanto 
menyimpulkan setidaknya sampai 2011, belum ada kebijakan pemerintah Jakarta yang efektif mengurangi pemakaian air tanah.

Siswanto menyelesaikan tesisnya untuk program magister di Institut Pertanian Bogor. Menurut analisisnya, kenaikan pajak air tanah signifikan menurunkan pengambilan air tanah pada sumur-sumur yang terletak di dalam jangkauan pelayanan PAM Jakarta, tapi tidak efektif bagi sumur-sumur di luar area pelayanan PAM.

Perbedaan harga relatif besar antara memakai air tanah dan air PAM menyebabkan rumah tangga dan industri memilih menggunakan air tanah untuk memenuhi kebutuhannya. Selain lebih murah, juga tak harus bergantung pada pihak ketiga sehingga ketersediaan air lebih terjamin.

Sembilan tahun setelah tesis Siswanto selesai, apakah ada kebijakan baru yang efektif?

Kepala Bappeda DKI Jakarta, Nasruddin Djoko Surjono, merinci beberapa kegiatan yang saat ini dijalankan Pemprov DKI bersama pemerintah pusat untuk mengendalikan penurunan muka tanah.

Selain tanggul laut raksasa, Nasruddin menyebut telah meningkatkan layanan air bersih di Jakarta utara lewat Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) Jatiluhur, SPAM Karian, SPAM Hutan Kota, SPAM Waduk Daan Mogot, dan Kios Air.

Peneliti Heri Andreas berkata saat ini memang mulai ada perhatian dari pemerintah untuk setidaknya mencari solusi agar warga Jakarta berhenti mengeksploitasi air tanah. Namun, menurutnya, terlalu lamban.

Dua puluh tahun sudah berlalu sejak ia pertama kali menyampaikan hasil risetnya. Selama dua puluh tahun itu pula, grafik penurunan tanah di Jakarta belum melandai.

Penurunan tanah di Jakarta bukan saja belum berhenti tapi bahkan lebih parah. Ia meluas ke wilayah barat, timur, dan selatan Jakarta.

Di Lebak Bulus, selatan Jakarta, misalnya, sepanjang 2015-2018, tanahnya turun rata-rata 7,4 cm per tahun.

“Kalau melihat kondisi Jakarta yang sekarang, kira-kira butuh berapa lama lagi penurunan tanah bisa mulai berhenti?”

“Kalau benar-benar memikirkan water management, ya mungkin butuh sepuluh tahun lagi,” jawab Heri kepada saya.