soal hots akm dan kunci jawaban penjas orkes

 

Multiple Choice

1.        Perhatikan bacaan berikut!

Sepak Bola ini berasal dari dua kata yaitu “Sepak” dan “Bola”. Sepak atau meyepak dapat di artikan untuk menendang (menggun akan kaki) sedangkan “bola” yaitu sebuah alat permainan yang berbentuk bulat berbahan karet, kulit atau sejenisnya.

Dalam permainan sepak bola, sebuah bola disepak atau tendang oleh para pemain. Jadi secara singkat pengertian Sepak bola ini adalah suatu permainan yang dapat dilakukan dengan cara menendang bola yang dilakukan oleh pemaian, dengan sasaran gawang dan bertujuan untuk memasukan bola ke gawang lawan.

Sepak Bola yakni serangkaian pertandingan sepak bola itu dimainkan oleh dua tim yang masing-masing beranggotakan 11 orang. Masing-masing tim ini mempertahankan gawang dan berusaha menjebol gawang lawan.

Berdasarka keterangan diatas, maka untuk mengoper bola jarak jauh dalam permainan sepak bola dilakukan dengan cara ....

A.      passing berbentuk parabola

B.       passing datar arah bola

C.       passing membusur

D.      passing bawah

E.       passing datar

Ans: A

 

2.        Perhatikan bacaan berikut!

Basket jadi salah satu cabang olahraga yang sangat diminati oleh masyarakat dunia,Tak ayal, pertandingan-pertandingan di olahraga basket pun selalu ramai penonton.

Sama seperti olahraga lainnya, basket pun punya beragam aturan yang harus dipatuhi pemainnya saat berlaga dan sesuai dengan aturan yang berlaku

Salah satu aturan yang wajib diperhatikan dalam bermain basket adalah lamanya waktu pertandingan, karena durasi waktu ini sangat berpengaruh dalam pertandingan.

Lamanya permainan bola basket  adalah ... .

A.      2 X 15 menit

B.       2 X 20 menit

C.       4 X 10 menit

D.      4 X 15 menit

E.       4 X 20 menit

Ans: C

 

3.        Perhatikan bacaan berikut!

 

Olahraga sepakbola telah diakui oleh dunia. Sepakbola adalah olahraga yang tidak akan pernah dilewatkan oleh setiap lapisan masyarakat di seluruh penjuru bumi.

Hanya saja ketika bermain mereka mereka sering melewatkan mengenai ukuran lapangan sepakbola. Mungkin saja pemain kelas dunia pun sering luput untuk mengetahui informasi ini.

 

Lapangan sepak bola disebut juga lapangan hijau atau football field. Lapangan sepak bola adalah permukaan tanah lapang untuk pertandingan sepak bola. Umumnya lapangan sepak bola berupa lapangan rumput alami atau rumput sintetis. Ukuran tinggi rumput pada lapangan sepak bola adalah sekitar 25-30 milimeter.

 

Dari penjelasan kalimat di atas panjang dan lebar lapangan sepak bola adalah ... 

 

A.      100-110, 64-75 m

B.       100-100, 65-75 m

C.       110-110, 75-75 m

D.      120-110, 65-65 m

E.       110-11-, 75-80 m

Ans: A

 

4.        Perhatikan bacaan berikut!

 

Kisah inspirasi datang dari ganda putra Indonesia, Kevin Sanjaya yang pernah alami kegagalan saat mengikuti Audisi Umum PB Djarum. Bersanding dengan Marcus Fernaldi Gideon, Kevin Sanjaya kini telah meraup hasil dari perjuangan panjangnya yakni menduduki peringkat ganda putra nomor satu dunia.

 

Perjalanan Kevin Sanjaya sebagai pebulu tangkis berprestasi ternyata tak semulus yang banyak orang bayangkan. Dengan latihan yang sangat keras dan disiplin tinggi mampu menjadi dan selevel dunia.

 

Salah satu senjata dalam permainan ny adalah backhand grip yang sangat di takuti oleh lawan saat di pertandingan bulu tangkis.

 

Dari kalimat diaatas, keuntungan pemain bulu tangkis yang menggunakan backhand grip yaitu ....

 

A.      pegangan ini lebih mudah  untuk melakukan pukulan shuttle cock disebelah kanan dari tubuh sehingga shuttle cock akan mudah dipukul dengan pukulan forehand

B.       shuttle cock yang dipukul dapat berjalan cepat dan keras

C.       sangat  efektif  untuk  melakukan  pukulan  smesh  di depan net

D.      mudah untuk memukul shuttle cock dari atas

E.       mudah mengubah tangkai  raket  menyesuaikan  arah datangnya shuttle cock

Ans: A

 

5.        Perhatikan bacaan berikut!

 

Teknik menggiring bola merupakan salah satu teknik yang harus dikuasai oleh semua pemain sepak bola. Teknik menggiring bola adalah gerakan membawa bola ke segala arah dengan cara menendang bola secara perlahan dan terus-menerus.

 

Dalam permainan sepak bola, teknik menggiring bola dapat digunakan untuk melindungi bola, membawa bola ke segala arah, dan mengatur ritme permainan.

 

Dalam melakukan gerakan menggiring bola, pemain harus dapat mengontrol bola agar bola tidak jauh dari dari jangkauan kaki pemain.

 

Dalam bacaan tersebut kegunaan mendribble pada permainan sepak bola juga untuk ....

 

A.      mempertahankan bola

B.       memperkuat pertahanan

C.       memasukkan bola

D.      melakukan free style

E.       melewati lawan

Ans: E

 

6.        Perhatikan kalimat bacaan dibawah ini!

 

Olahraga bola basket memilki 5 posisi yang memiliki peran dan fungsinya masing-masing. Adanya posisi pemain ini bertujuan untuk menyeimbangkan permainan tim serta untuk mengatur taktik offense dan defense.

 

Dalam kompetisi bola basket seperti IBL atau NBA, para pemain biasanya sudah memiliki profil dan keahlian khusus bahkan sejak dari dini. Di Amerika bahkan sekolah-sekolah basket usia dini sudah memetakan para pemainnya sesuai dengan bakat dan keinginan si pemain itu sendiri.

 

Biasanya untuk mengisi suatu posisi, sang pemain harus menguasai keterampilan tertentu. Hal ini dilakukan agar pada saat bertanding pembagian bola (ball movement) menjadi rapih, terkoordinir dan sesuai strategi yang diinginkan oleh pelatih.

 

Dari kalimat diatas pemain bola basket yang posisinya bisa multifungsi bertahan dan menyerang adalah ....

 

A.      center

B.       forward

C.       guard power

D.      point guard

E.       libero

Ans: B

 

7.         Bacalah teks berikut!

 

Olahraga bola voli merupakan salah satu olahraga yang cukup populer dewaasa ini. Olahraga ini menggunakan bola voli sebagai salah satu instrumen terpenting, selain lapangan, net, dan para pemain tentunya.

 

Sebagai olahraga, tentunya terdapat beberapa peraturan yang harus diikuti oleh setiap pihak dalam melaksanakan permainan bola voli. Pada tingkat internasional, peraturan semacam ini dikeluarkan oleh organisasi bola voli internasiona, yitu Federation Internationale de Volleyball (FIVB).

 

Sementara itu, di setiap negara juga terdapat induk organisasi bola voli. Di Indonesia, misalnya, organisasi ini disebut dengan Persatuan Bola Voli Seluruh Indonesia atau PBVSI.

 

Beberapa aturan yang harus diikuti meliputi peraturan terkait lapangan dan net. Tinggi net untuk putra dan putri dalam permainan bola voli adalah ... .

 

A.      2,43 dan 2,42

B.       2,42 dan 2,43

C.       2,43 dan 2,24

D.      3,43 dan 2,24

E.       2,40 dan 2,20

Ans: E

 

8.        Bacalah teks berikut ini!

 

Sejak diciptkan oleh William G. Morgan pada 1895 di Amerika Serikat, permainan bola voli terus berkembang dan tersebar diberbagai negara. 

 

Dalam permainan bola voli terdapat banyak istilah yang harus diketahui oleh para pemainnya. Tujuannya untuk mempermudah pemahaman dan menambah pengetahuan ketika mempelajari permainan voli.

 

Selain itu terdapat juga peraturan-peraturan yang harus diperhatikan oleh para pemain sebelum memainkan permainan bola voli.

 

Terdapat Pemain bola voli yang berkostum beda disebut ... .

A.      universal

B.       servis

C.       blocker

D.      libero

E.       smasher

Ans: D

 

9.         Bacalah teks berikut ini!

 

Tenis meja merupakan olahraga atau permainan yang membutuhkan kecermatan dan kejelian. Tidak hanya itu, kelincahan tangan dan kaki juga dibutuhkan. Di samping itu, strategi yang baik untuk dapat mengecoh dan mengalahkan lawan juga tak kalah pentingnya.

 

Dalam bermain tenis meja, tentu membutuhkan teknik-teknik tertentu, apalagi jika Anda merupakan seorang pemula. Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan, seperti teknik atau cara bermain dan juga peraturan tenis meja.

 

Kebanyakan orang awam atau pemula ketika pertama kali bermain akan mengalami kesulitan untuk mengikuti teknik dan peraturan-peraturannya. Salah satu nya saat melakukan servis.

 

Faktor – faktor yang harus diperhatikan saat melakukan servis dalam tenis meja adalah ....

 

A.      kaki ke depan

B.       pandangan ke bawah

C.       kepala tegak

D.      tangan ke atas

E.       badan agak condong

Ans: E

 

10.    Bacalah teks berikut ini!

 

Lari merupakan salah satu cabang dari olahraga atletik yang juga merupakan salah satu cabang olahraga yang tertua. Olahraga lari terbagi atas beberapa olahraga yang dibedakan berdasarkan jarak larinya. Pembagian dari olahraga lari yaitu:

a. Lari jarak pendek

b. Lari jarak menengah

c. Lari jarak jauh / marathon

d. Lari sambung / estafet

 

Karena lari jarak pendek memiliki daya tahan kekuatan yang kuat mulai dari star hingga garis finish. Sehingga membutuhkan tenaga besar dan kecepatan penuh.

 

Sementara itu lari jarak pendek disebut ... .

A.      endurance

B.       speed endurance

C.       endurance sprint

D.      split endurance

E.       sped endurance

Ans: C

 

11.     Bacalah teks berikut ini!

 

kegiatan olahraga yang cara gerakan dan bentuk latihannya dilakukan di lantai dengan menggunakan alas berupa matras. Matras berfungsi sebagai alat bantu utama yang untuk mengurangi risiko terjadinya kecelakaan atlet yang sering bersentuhan dengan lantai.

 

 Ukuran lantai yang digunakan dalam senam lantai adalah 12 x 12 meter dalam ruangan yang berukuran 14 x 14 meter. Lantai harus dilapisi dengan karpet kenyal setebal kira-kira 0,045 meter. Senam lantai banyak menggunakan gerakan berguling, melompat, meloncat, berputar di udara, menumpu dengan tangan atau kaki untuk mempertahankan sikap seimbang atau untuk melompat ke depan atau belakang.

 

Senam lantai merupakan salah satu cabang olahraga yang mana senam ini dapat mengendalikan aktivitas seluruh anggota badan. Senam lantai ini merujuk pada gerak yang dikerjakan dengan cara kombinasi terpadu dan kemudian menjelma dari setiap bagian anggota tubuh.

 

Dari penjelasan kalimat di atas senam lantai merupakan bagian dari senam ....

A.      sehat

B.       aerobik

C.       jantung

D.      pertandingan

E.       artistik

Ans: E

 

12.    Perhatikan gambar berikut!

 

 

Seorang pemain penyerang melakukan serangan ke gawang. Pemain yang bertahan  berupaya untuk mempertahankan daerah pertahanan, dan merebut bola.

 

Dalam permainan sepak bola pemain penyerang membawa bola ke arah sisi pertahanan kanan lawan, sehingga pemain bertahan berupaya merebut bola.

 

Penjaga  gawang berupaya agar  gawangnya tidak kemasukan bola. Dalam merancang strategi pertahanan dengan bersiap dan mengarahkan pemain berthan untuk merebut bola.

 

Yang harus merebut bola untuk menutup ruang apabila pembawa bola menuju ke arah pertahanan bagian kanan adalah pemain ... .

 

A.      nomor 1 dan 2

B.       nomor 1 dan 4

C.       nomor 1 dan 5

D.      nomor 2 dan 4

E.       nomor 4 dan 5

Ans: E

 

13.    Bacalah teks berikut ini!

 

Manfaat renang bagi tubuh ternyata luar biasa, olahraga yang bisa dilakukan semua orang dari segala usia ini rupanya terbukti lebih efektif daripada latihan angkat beban dan berlari.

 

Berenang bolak-balik dari ujung ke ujung kolam renang, dapat menjadi alternatif lain bagi mereka yang bosan dengan latihan yang itu-itu saja, seperti berlari di atas treadmill. Pasalnya, olahraga ini dapat menciptakan perasaan menyenangkan, dengan peluang cedera yang lebih kecil.

 

Berenang dalam air hangat dapat memberikan efek menenangkan pada otot-otot yang pegal. Sebaliknya, berenang saat cuaca panas bisa membuat kita tetap dalam keadaan ‘dingin’.

 

Renang membantu menguatkan otot, kecuali ...

 

A.      perut

B.       lengan

C.       pantat

D.      paha

E.       kepala

Ans: E

 

14.     Perhatikan bacaan berikut!

 

Olahraga renang merupakan salah satu cabang olahraga yang dilombakan dalam kejuaraan dunia. Renang juga memiliki Induk Organisasi Dunia atau Internasional yang disebut dengan Federation Internationale de Natation yang disingkat FINA dengan markas di Laussane.

 

Pertama-tama berdiri perserikatan berenang diberi nama Bandungse Zwembond ataupun Perserikatan. Berenang Bandung didirikan pada tahun 1917, perserikatan tersebut dibawahi oleh 7 perkumpulan yang di antaranya adalah perkumpulan renang di lingkungan sekolah seperti halnya OSVIA, MULO, dan KWEEKSCHOOL.

 

Pada tahun yang sama berdiri juga perkumpulan berenang di Jakarta dan Surabaya. West Java Zwembond ataupun Perserikatan Berenang Jawa Barat berdiri pada ahun 1918. Induk organisasi renang Indonesia ini didirikan di Jakarta pada tahun 21 Maret 1951 dan diketuai oleh Prof. dr. Poerwo Soedarmo.

 

Nama induk organisasi renang seluruh Indonesia adalah ....

 

A.      PRSNI

B.       PRSI

C.       PERSANI

D.      PERSARI

E.       PERSI

Ans: B

 

Multiple Response

1.        Perhatikan bacaan berikut!

 

Salah satu pemain bertahan dalam bola voli yang bertugas untuk menerima ataupun menahan serangan lawan, mengingat bola dari serangan-serangan lawan akan sangat cepat, keras dan mematikan.

 

Maka seorang pemain voli harus memiliki teknik pasing dengan kualitas terbaik untuk dapat menahan ataupun mengatasi bola-bola tersebut. Seorang pemain dituntut dapat melakukan teknik passing atas dan passing bawah dengan baik. 

 

Namun pemain voli ini  dilarang untuk melakukan pukulan smash ataupun servis. Pemain voli ini dalam sebuah pertandingan atau permainan bola voli umumnya memakai kostum yang berbeda dari semua rekan setimnya.

Dalam permainan bola voli pemain yang dimaksud bertugas dan berfungsi sebagai pemain serbaguna disebut…. (Jawaban lebih dari 1)

A.      Kapten

B.       Playmaker

C.       Universal

D.      Libero

E.       Setter

Ans: C, D

 

2.        Perhatikan bacaan berikut!

 

Pelari Indonesia Lalu Muhammad Zohri (no.400) beradu kecepatan dengan pelari lainnya saat babak final Lari 100 meter Putra Asian Games ke-18 Tahun 2018 di Stadion Utama Gelora Bung Karno Senayan, Jakarta Pusat, Minggu (26/8/2018). Lalu Muhammad Zohri gagal persembahkan medali

Lari jarak pendek atau lari sprint adalah salah satu jenis olahraga yang dilakukan dengan berlari secepat mungkin ke depan dan harus menempuh jarak tertentu. Nomor lari tersebut berlaku untuk kategori putra dan putri. Namun, kategori ini bisa bertambah sesuai dengan peraturan yang berlaku.

 

Lari jarak pendek sangat membutuhkan penguasaan teknik serta performa yang baik. Tidak hanya itu, para sprinter juga harus sering berlatih agar kemampuannya semakin terasah. Saat akan bertanding, para sprinter akan dibekali pengetahuan tentang peraturan dasar dalam lari jarak pendek atau lari sprint.

 

Untuk mendapatkan kemenangan, seorang pelari jarak pendek membutuhkan reaksi yang cepat, kecepatan yang baik, lari yang efisien dan ketepatan saat melakukan start, serta berusaha mempertahankan kecepatan dari awal hingga mencapai garis finish

 

Kategori dalam lomba lari jarak pendek  yang ditempuh adalah.… (Jawaban lebih dari 1)

 

A.      100, 200 meter

B.       200, 400 meter

C.       300, 200 meter

D.      100 dan 500 meter

E.       600, 400 meter

Ans: A, B

 

3.        Perhatikan bacaan berikut!

 

Olahraga permianan adalah olahraga beregu maupun tunggal yang dimainkan oleh beberapa orang maupun tunggal dan saling memainkan baik bola maupun alat untuk mencetak score terbanyak untuk mendapatkan kemenangan.

 

Di dunia olahraga terdapat beberapa olahraga permainan, ada diantaranya olahraga permainan menggunakan bola sebagai alatnya. Permainan bola ini juga dibagi menjadi 2 antara lain permainan bola kecil dan bola besar.

 

Dalam hal ini permaina bola kecil maupun bola besar sangat di gemari dan menyenangkan saat memainkannya. Begitu banyak cabang oalah raga di bola kecil maupun bola besar.

 

Cabang olah raga yang bukan termasuk dalam jenis permainan bola kecil adalah ... . (Jawaban lebih dari 1)

 

A.      bulu tangkis

B.       kasti

C.       sepak bola

D.      tenis meja

E.       bola voli

Ans: C, E

 

4.        Perhatikan bacaan berikut!

 

Tim tenis meja beregu Indonesia sukses menyapu bersih semua pertandingan beregu dengan kemenangan pada hari pertama ASEAN Para Games IX/2017 ketika berlangsung di Malaysian International Trade and Exhibition Center (MITEC), Kuala Lumpur, Minggu (17/9/2017). Kemenangan tim Merah-Putih diawali oleh tim beregu putra kelas 8 ketika menundukkan Filipina dan Thailand dengan skor masing-masing 3-0.

 

Tim beregu putra kelas 10 pun tak mau kalah, diperkuat petenis meja difabel nomor tiga dunia David Jacobs, sukses menumbangkan perlawanan Singapura dan Thailand dengan skor yang sama juga masing-masing 3-0. Berselang tak berapa lama giliran tim beregu putra kelas 1-3 yang menundukkan Singapura dengan skor 3-0. Kemudian tim beregu putra kelas 6-7 menaklukkan Vietnam 3-0 dan tim putri kelas 1-5 menuntaskan perlawanan tim tuan rumah Malaysia dengan skor 3-0.

 

Terakhir, tim putri kelas 9-10 Indonesia mengalahkan Thailand dengan skor 3-1. Kepala pelatih tim tenis meja Indonesia Rima Ferdianto mengatakan jika hasil di hari pertama sesuai dengan apa yang diperkirakan sebelumnya. Dirinya juga menuturkan secara umum penampilan semua atlet pada hari ini sesuai harapan. Namun tak semuanya mulus, ada sedikit kendala, tetapi para pemain bisa mengatasinya Kendala itu dicontohkan Rima seperti apa yang dialami oleh David Jacobs ketika menghadapi tunggal putra andalan Thailand Bunpot Sillapakong, namun David bisa mengendalikan situasi di set kedua sampai terakhir dan akhirnya memenangkan laga.

 

"David tidak mau bermain bola silang dan lebih memilih pukulan lurus," kata Rima. Para pemain bermain sabar dan percaya diri, salah satu kunci nya adalah pertahanan yang kokoh dikarenakan latihan yang keras.

Dari cerita diatas, berikut yang termasuk dalam taktik pertahanan dalam permainan tenis meja adalah ... . (Jawaban lebih dari 1)

A.      menjaga penguasaan bola

B.       mencetak angka

C.       menciptakan ruang

D.      melakukan serangan

E.       mempertahankan daerah

Ans: A, E

 

5.        Perhatikan bacaan berikut!

 

Ada macam-macam gaya renang yang penting untuk diketahui tekniknya agar tak cedera. Renang merupakan satu di antara cabang olahraga yang sering dijadikan ajang rekreasi. Bahkan, saking populernya, renang telah dilombakan baik di tingkat nasional maupun internasional. Renang bisa dilakukan berbagai kalangan di semua tingkatan umur, mulai balita hingga orang dewasa, termasuk ibu hamil.

 

Olahraga dalam air tersebut memang tak hanya menyegarkan tubuh, tetapi juga memberi manfaat besar untuk kesehatan. Jika dilakukan secara rutin, renang bisa mencegah beberapa penyakit, seperti stroke, jantung, dan diabetes. Setelah berenang biasanya membuat tubuh bugar dan rileks. Perasaan cemas dan stres juga bisa berkurang.

 

Hal tersebut yang menjadikan renang sebagai satu di antara olahraga yang cukup populer. Kendati demikian, tak semua orang bisa berenang. Ada beberapa teknik dasar yang perlu dikuasai. Dalam renang juga ada macam-macam gaya. Macam-macam gaya renang beserta tekniknya tentu perlu diketahui agar tidak mengalami cedera.

 

Berikut ini merupakan gaya dalam berenang adalah .... . (Jawaban lebih dari 1)

 

A.      duyung

B.       dada

C.       selam

D.      bebas

E.       anjing

Ans: B, D