soal hots akm dan kunci jawaban sejarah

 

PILIHAN GANDA

 1.

Sejarah (bahasa Yunaniἱστορία, historia (artinya "mengusut, pengetahuan yang diperoleh melalui penelitian"[1]); bahasa Arabتاريخtārīkhbahasa Jermangeschichte) adalah kajian tentang masa lampau, khususnya bagaimana kaitannya dengan manusia.[2][3] Dalam bahasa Indonesiasejarahbabadhikayatriwayattarikhtawariktambo, atau histori dapat diartikan sebagai kejadian dan peristiwa yang benar-benar terjadi pada masa lampau atau asal usul (keturunan) silsilah, terutama bagi raja-raja yang memerintah.[4] Ini adalah istilah umum yang berhubungan dengan peristiwa masa lalu serta penemuan, koleksi, organisasi, dan penyajian informasi mengenai peristiwa ini. Istilah ini mencakup kosmikgeologi, dan sejarah makhluk hidup, tetapi sering kali secara umum diartikan sebagai sejarah manusia. Para sarjana yang menulis tentang sejarah disebut ahli sejarah atau sejarawan. Peristiwa yang terjadi sebelum catatan tertulis disebut Prasejarah.[5][6]

Sejarah juga dapat mengacu pada bidang akademis yang menggunakan narasi untuk memeriksa dan menganalisis urutan peristiwa masa lalu, dan secara objektif menentukan pola sebab dan akibat yang menentukan mereka.[7][8] Ahli sejarah terkadang memperdebatkan sifat sejarah dan kegunaannya dengan membahas studi tentang ilmu sejarah sebagai tujuan itu sendiri dan sebagai cara untuk memberikan "pandangan" pada permasalahan masa kini.[7][9][10][11]

Cerita umum untuk suatu budaya tertentu, tetapi tidak didukung oleh pihak luar (seperti cerita seputar Raja Arthur) biasanya diklasifikasikan sebagai warisan budaya atau legenda, karena mereka tidak mendukung "penyelidikan tertarik" yang diperlukan dari disiplin sejarah.[12][13] Herodotus, abad ke-5 SM ahli sejarah Yunani dalam masyarakat Barat dianggap sebagai "bapak sejarah", dan, bersama dengan kontemporer Thucydides, membantu membentuk dasar bagi studi modern sejarah manusia. Kiprah mereka terus dibaca hari ini dan kesenjangan antara budaya Herodotus dan Thucydides militer yang berfokus tetap menjadi titik pertikaian atau pendekatan dalam penulisan sejarah modern. Dalam tradisi Timur, sebuah riwayat negara Chun Qiu dikenal untuk dikompilasi mulai sejak 722 SM meski teks-teks abad ke-2 SM selamat.[14]  WIKIPEDIA.0RG

Berdasarkan artikel diatas.Istilah  sejarah  ini berasal dari bahasa Arab yang mengandung pengertian  sebuah  pohon, yang  kemudian mengalami perkembangan yang berarti, ungkapan tersebut diartikan sebagai....                                      

A.    pohon yang bercabang

B.     masa lampau Umat manusia

C.     kisah – kisah masa lampau

D.    kisah-kisah sejarah

E.     kabar – kabar sejarah

         ANS: A

2.   https://www.liputan6.com/tag/pilpres-2019 Berdasarkan Kaladeskop PilPres 2019 menjadi pelajaran Kehidupan Demokrasi yang paling penting bagi generasi berikutnya,pendapat tersebut dikemukakan oleh filusuf Romawi yang bernama ....

A.    Aristoteles

B.     Hipocrates

C.     Cicero

D.    Thales

E.     Herodotus

ANS: C

3. JAKARTA, KOMPAS.TV – Kapolri Jenderal Listyo Sigit bersilaturrahmi dengan Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) (28/1).

Dalam pertemuan tersebut, Kapolri Jenderal Listyo Sigit yang baru saja dilantik Jokowi, bertemu dengan Ketua Umum PBNU KH. Said Aqil Siradj.

Listyo menyebut, pertemuan tersebut dilakukan untuk meningkatkan kerja sama antra Polri dan PBNU.

"Penting kami berkunjung ke PBNU menyinergikan umaro dan ulama. Ke depan polri tidak mungkin bekerja tanpa dukungan partisipasi masyarakat," ujar Kapolri saat melaksanakan konferensi pers (28/12).

Baca Juga: Listyo Sigit Prabowo Jadi Kapolri, Segini Gaji dan Tunjangannya Dalam Sebulan

Dalam pertemuan tersebut, Ketua Umum PBNU KH. Said Aqil Siradj juga mengajak NU dan Polri untuk bekerja sama, bahkan di tingkat cabang sekali pun.

“Mari kita perkuat lagi, kita tingkatkan lagi dari tingkat bawah, Polsek, Polres, Polda, mari kita perkuat kerja sama kita antara NU Cabang, Pusat, Wilayah”, ungkap Said Aqil saat dalam pertemuan yang juga disiarkan Menurut berita tersebut sepuluh tahun kedepan

Peristiwa pertemuan tersebut bisa dikatakan sebagai peristiwa sejarah,sesuai table dibawah ini, jika mengandung unsur….

Pilihlah satu paling tepat sesuai kolom table dibawah ini!

A

B

C

D

E

Manusia

Ruang

Waktu

 

Kejadian

Manusia

Fakta

Ruang

Fakta

manusia

 

Fakta

Dokumen

waktu

Dokumen

Manusia

ruang

ANS: A

4. Sejarah dikatakan sebagai kisah karena sejarah adalah kejadian-kejadian pada masa lalu yang kemudian dibangun kembali. Banyak orang-orang yang mencoba menafsirkannya dan juga membangun ulang ingatan-ingatan akan kejadian masa lalu itu. Sejarah itu gambaran masa lalu kalian sebagai individu, maupun sebagai makhluk sosial. Kejadian-kejadian itu kemudian disusun secara ilmiah berdasarkan fakta-fakta pada masa tersebut. Kemudian fakta-fakta itu ditafsirkan dan dijelaskan secara terperinci, sehingga dapat memberi pengertian kepada kita tentang apa sih yang terjadi pada masa lalu.

 Peristiwa itu diperoleh dan disusun dari berbagai sumber untuk kemudian dilakukan penafsiran. Hasil dari penafsiran itu diceritakan kembali kepada generasi-generasi selanjutnya, seperti kita ini. Banyak dari cerita-cerita peristiwa, diceritakan kembali oleh para sejarawan dengan tafsiran yang berbeda antarmereka.

Para sejarawan ini memiliki caranya sendiri dalam menafsirkan sejarah, biasanya disesuaikan dengan konteks zaman. https://blog.ruangguru.com/pengertian-sejarah-sebagai-kisah-dan-peristiwa

Sebagai peristiwa masa lampau sejarah memiliki ciri-ciri geschichte, einmalig, dan unique. Ciri einmalig dalam sejarah berarti....

A.    sejarah tidak pernah berubah dan tetap dikenang

B.     sejarah hanya terjadi sekali dan tidak akan terulang kembali

C.     peristiwa sejarah  hanya  terjadi satu kali saja sesuai zaman

D.    sejarah menentukan kehidupan orang banyak

E.     sejarah bersandar pada kehidupan manusia

 ANS: B

5.Proklamasi Kemerdekaan Indonesia dilaksanakan pada hari Jumat, 17 Agustus 1945 tahun Masehi, atau tanggal 17 Agustus 2605 menurut tahun Jepang, yang dibacakan oleh Soekarno dengan didampingi oleh Drs. Mohammad Hatta bertempat di sebuah rumah hibah dari Faradj bin Said bin Awadh Martak di Jalan Pegangsaan Timur No. 56, Jakarta Pusat.[1]

Kata-kata dan deklarasi proklamasi tersebut harus menyeimbangkan kepentingan kepentingan internal Indonesia dan Jepang yang saling bertentangan pada saat itu.[2] Proklamasi tersebut menandai dimulainya perlawanan diplomatik dan bersenjata dari Revolusi Nasional Indonesia, yang berperang melawan pasukan Belanda dan warga sipil pro-Belanda, hingga Belanda secara resmi mengakui kemerdekaan Indonesia pada tahun 1949.[3] Pada tahun 2005, Belanda menyatakan bahwa mereka telah memutuskan untuk menerima secara de facto tanggal 17 Agustus 1945 sebagai tanggal kemerdekaan Indonesia.[4] Namun, pada tanggal 14 September 2011, pengadilan Belanda memutuskan dalam kasus pembantaian Rawagede bahwa Belanda bertanggung jawab karena memiliki tugas untuk mempertahankan penduduknya, yang juga mengindikasikan bahwa daerah tersebut adalah bagian dari Hindia Timur Belanda, bertentangan dengan klaim Indonesia atas 17 Agustus 1945 sebagai tanggal kemerdekaannya.[5] Dalam sebuah wawancara tahun 2013, sejarawan Indonesia Sukotjo, antara lain, meminta pemerintah Belanda untuk secara resmi mengakui tanggal kemerdekaan pada 17 Agustus 1945.[6] Perserikatan Bangsa-Bangsa mengakui tanggal 27 Desember 1949 sebagai tanggal kemerdekaan Indonesia.[7]

Naskah Proklamasi ditandatangani oleh Sukarno (yang menuliskan namanya sebagai "Soekarno" menggunakan ortografi Belanda) dan Mohammad Hatta,[8] yang kemudian ditunjuk sebagai presiden dan wakil presiden berturut-turut sehari setelah proklamasi dibacakan.[9][10] wikipedia.org

,       Dalam momentum kemerdekaan ke 75 kita sebagai rakyat Indonesia semestinya harus  ....

A.   apatis terhadap kelanjutan nasib bangsa dimasa yang akan datang

B.   menghambur-hamburkan kekayaan alam bangsa Indonesia

C.   terjadi perubahan yang  mendorong simpati terhadap gerakan separatisme

D.   selalu mengorbarkan semangat nasionalisme yang hari ini semakin luntur

E.    tidak berperan aktif dalam membangun bangsa diera kemerdekaan

ANS: D

6. Diakronik berasal dari kata Diachronich (Dia yaitu dalam bahasa latin artinya melalui / melampaui dan Chronicus artinya waktu). Diakronik artinya memanjang dalam waktu tetapi terbatas dalam ruang.Berpikir diakronik disebut juga berpikir kronologis. Berpikir diakronik dalam sejarah yaitu menganalisa/menelusuri suatu peristiwa dari awal kejadian hingga akhir. Contohnya menceritakan pengalaman hidup seseorang sejak dilahirkan sampai sekarang

·         Sinkronik artinya meluas dalam ruang tetapi terbatas dalam waktu. Pendekatan sinkronik yaitu menganalisa sesuatu pada saat tertentu, tidak menjelaskan suatu peristiwa dari awal dan hanya pada intinya saja. Konsep berpikir Diakronik

1.      Memandang masyarakat sebagai sesuatu yang terus bergerak dan memiliki hubungan kausalitas atau sebab akibat

2.      Mempelajari kehidupan sosial secara memanjang berdimensi waktu

3.      Menguraikan proses transformasi yang terus berlangsung dari waktu ke waktu secara berkesinambungan wordpres.com

Berdasarkan konsep diakronis maka peristiwa diatas adalah....

A.    tidak merta-merta Indonesia merdeka ada kejadian awal yang menyertai

B.     kemerdekaan Indonesia terjadi berdasarkan pembagian zaman

C.     mencari Waktu hari kemerdekaan

D.    perlunya waktu Untuk menentukan kemerdekaan

E.     menetapkan waktu dalam kemerdekaan Indonesia

ANS: A

7. Dalam roda kehidupan setiap manusia, baik secara individu maupun sebagai makhluk sosial,  memiliki masa lalu yang tidak terhapus oleh waktu. Kejadian-kejadian tersebut tidak selamanya hadir sebagai sebuah kepahitan ataupun kebahagiaan. Namun demikian, masa lalu juga mampu menjadi motivasi sekaligus menjadi sebuah pembelajaran yang berharga dan bermanfaat bagi masyarakat. Alhasil, banyak diantaranya yang diunggah kembali sebagai bagian untuk pengingat agar tidak terlupakan. Singkatnya, sejarah sebagai kisah.Mungkin kalian pernah mempelajari pelajaran sejarah, namun apakah kalian tahu kejadian masa lalu itu masuk dalam bagian sebuah sejarah? Menarik bukan? Untuk memahaminya, ikuti pembahasannya yuk!

Sejarah Sebagai KisahSejarah sebagai kisah merupakan peristiwa sejarah pada masa lalu dikisahkan kembali dalam bentuk data sejarah. Data itu dapat berdasarkan sumber tertulis, ingatan pelaku, berita media, dan sumber-sumber lainnya. Pengisahan sejarah terbuka terhadap unsur subjektif pihak yang mengisahkan, meskipun unsur objektif tetap harus diperhatikan.Salah satu contohnya, sejarah perang Korea yang dikisahkan oleh pihak Korea Selatan tentu akan memiliki perbedaan dengan yang dikisahkan oleh pihak Korea Utara. Masing-masing pihak memiliki penafsiran tersendiri terhadap fakta yang sama.

Sejarah sebagai kisah muncul dalam bentuk narasi atau cerita yang menarik. Dalam hal ini, kebenaran sejarah sebagai kisah harus berada di tengah antara objektivitas dan subjektivitas, sehingga jangan terlalu objektif maupun subjektif. Apabila objektivitas ditekankan maka sejarah bukan kisah lagi melainkan laporan fakta kejadian, begitupula jika subjektivitas dikedepankan maka sejarah akan bergeser menjadi legenda.Kelas Pintar.id

Pernyataan ini merupakan pengertian sejarah sebagai....

A.    pelajaran Berharga bagi generasi sesudahnya

B.     peristiwa Penting yang harus ambil manfaat

C.     mengandung manfaat ilmu bagi generasi sesudahnya

D.    peristiwa yang indah bagi generasi sesudahnya

E.     kisah masa lampau yang sangat bermanfaat bagi generasi sesudahnya

ANS : E

Perhatikan gambar berikut!

 

 

 

 

                                                                                                               https://fixcomart.com/blog

8. Gambar tersebut menunjukkan corak kehidupan masyarakat praaksara yaitu masa  ....

A. meramu dan berburu yang berfungsi untuk menusuk binatang

B. mengumpulkan makanan yang berfungsi untuk perhiasan

C. bercocok tanam yang berfungsi untuk memotong makanan

D. perundagian yang berfungsi sebagai senjata tradisional

E. beternak yang berfungsi untuk memotong binatang

ANS: C

9.Dalam dunia ilmu sejarah nama Prof. Dr Sartono Kartodirdja adalah nama yang tidak mungkin dilupakan sejarawan dan pendidik sejarah, baik di Indonesia mau pun di luar negeri. Dedikasinya yang tinggi dan dalam waktu yang sangat panjang telah menghasilkan banyak sejawaran di negara ini. Pandangan beliau mengenai cara menafsirkan peristiwa sejarah di tanah air masih merupakan sesuatu yang masih terus dikembangkan pada saat sekarang. Banyak murid-murid beliau yang masih terus melakukan berbagai penyempurnaan terhadap  pandangan ”indonesia sentris” walaupun ada juga yang terus membahas pandangan itu dari sisi yang lain.  Pandangan ini diikuti oleh pnedekatan ”multi disciplinary approach” dalam menafsirkan peristiwa sejarah.

Cara pandang ”indonesia sentris” mengenai peristiwa sejarah yang terjadi di wilayah nusantara bukan saja merupakan suatu pandangan yang sinkron dengan pembangunan kesadaran sejarah bangsa tetapi juga merupakan tantangan bagi pendidikan sejarah. Sebagaimana yang sering dikemukakan Prof. Dr. Sartono Kartodirdjo (1997), salah satu fungsi belajar sejarah untuk mengenal siapa diri kita sebagai bangsa. Bangsa Indonesia yang memperoklamasikan kemerdekaannya pada tahun 1945 bukan pewaris Hindia Belanda atau pun Pemerintahan Pendudukan Jepang. Bangsa Indonesia dilahirkan oleh para pemimpin bangsa yang mengembangkan kepemimpinan dan pengakuan diri mereka atas dasar sesuatu yang baru dan belum dikenal masyarakat nusantara sebelumnya. Para pemimpin bangsa tersebut bukan berasal dari organisasi politik tradisional (kerajaan) yang telah ada di nusantara. Mereka adalah pemimpin yang mendapatkan pengakuan sebagai pemimpin bangsa atas dasar organisasi baru yaitu organisasi politik, sosial, budaya bahkan keagamaan yang menyebar dan berkembang di wilayah nusantara, yang sejak tahun 1928 dideklarasikan sebagai bangsa dan tanah air Indonesia oleh para pemimpin organisasi-organisasi baru ini.

Sangat sulit menggambarkan kekuatan apa yang menyebabkan hampir seluruh orang yang berdiam di wilayah nusantara menerima status baru sebagai anggota suatu bangsa yang belum ada secara politik sebelumnya. Tekad para pemuda yang dinyatakan dalam sumpah mereka adalah tekad kelompok kecil orang yang terdidik di negeri nusantara yang berada di bawah kekuasaan pemerintahan penjajahan Hindia Belanda. Mereka bukan golongan yang mewakili kekuasaan tradisional, yaitu kerajaan-kerajaan di Nusantara, tetapi masyarakat menerima kehadiran mereka dan menerima kepemimpinan mereka untuk bangsa baru ini. Pengakuan tersebut melewati batas-batas wilayah kekuasaan tradisional, suku, dan agama. Pengalaman Kolektif suatu Bangsa di masa lalu yang menjadi cirri dan karakter bangsa merupakan fungsi sebagai....

A.    Sumber Inspirasi                             

B.     Pembelajaran masa lalu                  

C.     Identitas dan Kepribadian Bangsa 

D.    Alat Pemersatu Bangsa                   

E.     Motivasi menuju hidup lebih baik    

ANS: D

10.Agama Hindu dan Buddha di Indonesia sudah ada cukup lama. Awalnya agama Hindu dan Buddha berkembang di wilayah India. Kemudian menyebar luas ke negara-negara dunia, salah satunya Nusantara (Indonesia). Masuknya Hindu dan Bunda ke Indonesia melalui jalur perdagangan. Pada awal masehi sudah terjalin hubungan perdagangan antara China (Asia Timur) dan India (Asis Selatan) yang melintasi kawasan Asia Tenggara termasuk Indonesia. Karena Indonesia merupakan daerah yang sangat strategis dalam pelayaran dan perdagangan. Itu yang menyebabkan pengaruh Hindu-Buddha yang berkembang di India menyebar ke Indonesia. Dalam buku Sejarah Politik dan Kekuasaan (2019) Tappil Rambe dan kawan-kawan, melalui hubungan pelayaran dan perdagangan antara Nusantara dengan bangsa asing muncul pengaruh bagi kedua pihak. Di mana masyarakat Nusantara mendapat berbagai kebudayaan baru dan kemudian mengadopsi sebagian kebudayaan dari bangsa India.Banyak teori dan opini yang diberikan para ahli sejarah tentang masuknya agama Hindu- Buddha ke Nusantara.
 Dalam teori arus balik ini menyatakan banyak orang Nusantara yang sengaja datang ke India untuk berziarah dan belajar agama Hindu-Buddha. Setelah kembali ke Nusantara mereka menyebarkan ajaran Hindu-Buddha ke masyarakat. Teori ini dikemukakan oleh F.D.K. Bosch. Teori arus balik di dukung dengan pendapat Van Leur. Menurutnya orang-orang Nusantara memiliki peran dalam proses masuknya kebudayaan India. Mereka penasaran dengan kebudayaan tersebut. Di sana, mereka menetap selama beberapa waktu dan kemudian kembali pulangkeNusantara.
KOMPas.com


Pendapat Terkemuka dalam penyebaran kebudayaan India di Nusantara

A.    melalui penaklukan para ksatria dari negeri India

B.     perdagangan yang dilakukan bangsa India di Nusantara

C.     para pelajar Nusantara yang dahulunya menuntut ilmu dinegeri India

D.    para kaum agamawan yang datang langsung dari India

E.     kaum pengemis dan rakyat jelata dari India

 ANS: C

11.Wafatnya Gajah Mada pada 1364 dan Hayam Wuruk pada 1389 menjadi salah satu faktor penyebab melemahnya Majapahit. Stabilitas wilayah yang amat luas mulai goyah. Beberapa negeri taklukan berusaha melepaskan diri.Dalam buku Runtuhnya Kerajaan Hindu-Jawa dan Timbulnya Negara-negara Islam di Nusantara (2005:20), Slamet Muljana menerangkan, polemik menemukan raja baru setelah kematian Hayam Wuruk ikut andil dalam meruntuhkan kekuatan Majapahit.
Polemik ini memunculkan perang saudara yakni Perang Paregreg. Pada 1389, Wikramawardhana, menantu Hayam Wuruk, menganggap dirinya sebagai penerus tahkta. Suami Kusumawardhani ini berselisih dengan Bhre Wirabhumi, anak dari selir Hayam Wuruk. Perang ini dimenangkan oleh Wikramawardhana.
Wikramawardhana memimpin sampai 1427, kemudian berturut-turut dilanjutkan oleh Ratu Suhita (1429-1447), Kertawijaya (1447-1451), Rajasawardhana (1451-1453), Purwawisesa (1456-1466), Suraprabhawa (1466-1468), Bhre Kertabumi (1468-1478), dan Girindrawardhana (1478-1498).
Di era Ratu Suhita, Majapahit nyaris bangkit. Namun, kerajaan ini ternyata tak sanggup seperkasa dulu. Tiada lagi pemimpin secakap Hayam Wuruk, juga mahapatih setangguh Gajah Mada. Bahkan, Majapahit sempat mengalami kekosongan kepemimpinan antara 1453 hingga 1456.
Pamor Majapahit kian pudar saat Kesultanan Demak sebagai kerajaan Islam pertama di Jawa muncul pada 1475. Kesultanan Demak didirikan oleh Raden Patah, putra Bhre Kertabumi atau Brawijaya V (1468-1478) dari istri selir asal Cina bernama Siu Ban Ci.
Raden Patah kecewa karena ayahnya takluk kepada Girindrawardhana yang kemudian berkuasa di Majapahit dengan gelar Brawijaya VI (1478-1498). Di era ini, Patih Udara melakukan kudeta. Majapahit di ambang kehancuran.Majapahit benar-benar musnah ketika Kesultanan Demak dipimpin Sultan Trenggana (1521-1546). Pada 1527, Sultan Trenggana mengirimkan pasukan untuk menduduki Majapahit. Sejak itulah riwayat Kerajaan Majapahit tamat setelah Kesultanan Demak mengambil-alih wilayah-wilayah taklukan yang masih tersisa.
Baca juga:

·         Sejarah Kerajaan Majapahit: Negara Besar yang Akhirnya Musnah

. Adapun faktor utama kemunduran Majapahit 1478 M adalah ....

A.    serangan dari pasukan Islam di bawah pimpinan Raden Patah

B.    perang saudara (Paregreg) melemahkan kekuatan kerajaan Majapahit

C.    kelemahan pemerintah pusat dan kemunduran ekonomi Majapahit

D.    tidak ada pembentukan pimpinan baru di Majapahit setelah Gajah Mada

E.    daerah-daerah bawahan banyak melepaskan diri kerajaan Majapahit

 ANS: B

 

 

 

 

 

12.   Candi Peninggalan Majapahit

Sumber: Dinas Purbakala Jatim Berdasarkan gambar diatas candi Jawa Timur....

A.    cerita mistik yang beredar ditengah masyarakat

B.     tempat kediaman Raja yang gagah berani

C.     sebagai tempat persemayaman dan peribadatan

D.    tempat pertapaan para Raja Majapahit

E.     tempat sembayangan para Raja lan keluarga.

ANS: C

  Candi Peninggalan masa Hindu-Budha di Nusantara Dinas Purbakala.com

13. Masuknya pengaruh agama dan kebudayaan Hindu dan Budha membawa banyak perubahan bagi kehidupan masyarakat Indonesia. Pengaruh yang terbesar terhadap peradaban Bangsa adalah ....

A.    Sistem pemerintahan kerajaan

B.     Tradisi Aksara pada bangunan

C.     Cara pembuatan relief candi

D.    Arsitektur bangunan candi

E.     Tata cara peribadatan di candi

ANS: D

14.Pengaruh Hindu Buddha dari India ke Indonesia berhasil membawa kemajuan yang pesat, terutama dalam seni sastra. Karya sastra yang sampai saat ini masih tersohor adalah kitab Ramayana dan Mahabharata. Bahkan kitab Mahabharata pun juga sudah mengambil alih dalam seni film. Adanya peninggalan kitab-kitab ini, membuat para pujangga di Indonesa untuk terus menghasilkan karya-karya sastra yang lebih baik lagi.

Isi dari karya sastra peninggalan hindu buddha di Indonesia ini mayoritas tidak menggunakan kalimat langsung dalam penyajiannya, melainkan di isi dengan kumpulan puisi dan sajak-sajak indah dalam sejumlah bait (pupuh). Ungkapan yang biasa ada dalam karya sastra ini, biasa disebut dengan kakawin. Tema kitab yang diambil pun berasal dari gubahan atau karya baru yang juga sudah disesuaikan dengan tradisi dan budaya yang ada di masyarakat kita. Penting dengan adanya karya sastra ini, kita dapat mengambil catatan, kisah dan laporan peristwia-peristiwa penting dalam sejarah.

Berikut ini kitab peninggalan hindu buddha berdasarkan zamannya :

Kitab MahabhartaKitab yang terkenal pada zaman ini adalah Kitab Mahabharata. Asal nama Mahabharata berasal dari nama lengkap kitab ini, yaitu Mahabharatayudha, yang artinya perang besar keluarga Bharata (Pandawa berjumlah lima dan Kurawa berjumlah seratus). Oleh sebab itu, di dalam kitab ini tertulis informasi tentang pertempuran selama 18 hari antara keluarga Pandawa dan keluarga Kurawa. Kitab Mahabharata berasal dari puisi kepahlawanan atau epos di India pada tahun 1000 saat pemerintahan Raja Dharmawangsa.ruang belajar.com

Berdasarkan artikel diatas jelas bangsa kita sangat pandai membuat karya-karya penting yang sangat monumental bagi sejarah bangsa kita diamasa lalu,apa yang dilakukan bagi generasi sekarang….

A.    Hanya sebatas tahu tentang karya tersebut

B.     Mempelajari dengan seksama dan penuh ketelitian

C.     Menjual kepada pihak lain agar dapat untung

D.    Menyimpannya dalam brankas Museum

E.     tidak menghiraukan karya sastra tersebut

ANS: C

15. Sistem pemerintahan Indonesia pada masa Hindu dan Buddha adalah sistem pemerintahan kerajaan. Dalam hal ini, muncul raja sebagai pimpinan tertinggi dibantu sejumlah pejabat yang bertugas sesuai fungsi jabatan yang diemban dalam pemerintahan kerajaan dalam setiap masa.
Sebagai penguasa, raja memiliki wewenang penuh terhadap seluruh tanah di wilayah kerajaannya, sedangkan rakyat hanyalah penggarap serta wajib memberikan kesetiaan yang penuh terhadap titah raja, termasuk dalam membangun istana dan candi tanpa menuntut upah.
Sistem pemerintahan kerajaan pada masa kerajaan Hindu dan Buddha pada umumnya terbagi dalam beberapa bidang, yaitu bidang pertahanan atau angkatan perang, perdagangan, keuangan, urusan luar negri, pajak, dan hukum. Jabatan-jabatan ini dapat dirangkap hanya oleh beberapa orang tergantung keinginan raja dan luasnya kerajaan.
https://brainly.co.id

Kedatangan agama dan kebudayaan Hindu-Budha juga berpengaruh terhadap kehidupan di Nusantara secara politik, termasuk dalam hal sistem Pemerintahan.

Berdasarkan bacaan diatas.mana yang paling benar dan salah mengenai Sosok raja

A.    Raja gampang diatur oleh para rakyat dan abdi dalem kerajaan

B.     Adanya kenyakinan raja berwenang penuh titisan para dewa

C.     Adanya keyakinan bahwa raja adalah titisan Dewa memiliki wewenang penuh dalam tanah jajahan

D.    Tidak berpengaruh terhadap jalannya pemerintahan kerajaan

E.     Raja mudah dijatuhkan oleh para abdi dalem kerajaan

ANS: B,C

16.Merdeka.com - Mitos Kota Kediri selama ini dianggap sebagai wilayah 'wingit' yang tak boleh didatangi oleh presiden Republik Indonesia sangat kuat. Sebab dari enam presiden yang berkuasa di republik ini hanya dua presiden yang berani datang ke Kota Kediri yakni Soekarno dan Gus Dur, dan kedua-duanya akhirya diturunkan dari kursi presiden dengan cara politik.

Dari penelusuran sejarah yang dilakukan merdeka.com, hampir semua pendapat menyatakan hal tentang 'wingitnya' Kota Kediri dibandingkan kota lain di Indonesia bagi penguasa nusantara.

Salah satunya adalah akibat kutukan Kartikea Singha suami Ratu Shima yang juga penguasa Kerajaan Kalingga (pra Mataram Hindu abad ke-6) di Keling Kepung Kabupaten Kediri.Kutukannya cukup jelas, siapa kepala negara yang tidak suci benar masuk wilayah Kota Kediri maka dia akan jatuh," jelas Kiai Ngabehi Agus Sunyoto, budayawan penulis Atlas Walisongo saat berbincang dengan merdeka.com, Sabtu (17/5).

Berdasarkan bacaan diatas mana fakta dan mana opini  tentang mitos kerajaan kediri

A.          Adanya anggapan bahwa Presiden datang ke kota kediri sering menemui kejadian wingit

B.           Adanya anggapan bahwa setiap Presiden Indonesia tidak pernah mendatangi kota kediri karena takut tentang mitos

C.           Adanya anggapan kota kediri sering terjadi bencana alam yang mematikan

D.          Adanya anggapan kota kediri sering terkena wabah penyakit

E.            Adanya anggapan bahwa kota kediri sangat jauh perjalanannya

ANS: A,B

17.Ramadan memberikan kesan tersendiri di kalangan masyarakat Indonesia. Waktu sahur dan berbuka dijadikan momen untuk berkumpul keluarga. Di berbagai daerah, terutama di kompleks pemukiman serta perkampungan, banyak warga yang turun ke jalan untuk menjajakan ta’jil (santapan berbuka puasa) di waktu menjelang berbuka. Di Indonesia sendiri terdapat istilah “ngabuburit” yang merupakan aktivitas menunggu waktu berbuka.Nuansa Ramadan yang khas di Indonesia ini dapat menandakan bahwa betapa banyaknya penduduk yang beragama Islam. Seperti yang kita sudah ketahui negara dengan penduduk pemeluk agama Islam paling banyak adalah negara Indonesia. Negara kepulauan ini memiliki warga beragama Islam sebanyak 222 juta jiwa lebih pada tahun 2016. Angka tersebut di atas dari penduduk beragama Islam Pakistan yang berada di posisi ke dua dengan 195 juta jiwa, disusul India dengan jumlah 183 juta jiwa, dan Bangladesh di urutan ke empat dengan 149 juta jiwa.Keberadaan agama Islam di Indonesia pun memiliki sejarahnya sendiri. Pada zaman dahulu, pedagang-pedagang dunia sering sekali menggunakan samudera untuk dijadikan jalur lalu lintas perdagangan. Berkat letak Indonesia yang strategis, yaitu di antara samudera hindia dan samudera pasifik, banyak pedagang yang sering menyambangi negara ini. https://pahamify.com/blog.Berdasakan opini diatas,maka dibawah ini mengapa islam dapat berkembang pesat karena….

A.    Penyebaran Islam melalui cara perkawian

B.     Penyebaran Islam melalui cara perdagangan

C.     Penyebaran islam melalui cara pesantren

D.    Penyebaran Islam melalui cara pemaksaan

E.     Penyebaran  agama Islam di nusantara melalui peperangan

ANS: A,B,C

18.Pesantren merupakan lembaga dakwah tertua di Indonesia yang dikembang untuk melakukan penyiaran agama Islam. Pesantren memiliki kaitan erat dengan pendidikan Islam, sehingga mengandung arti sebagai jalan untuk menanamkan pengetahuan agama  pada diri seseorang agar menjadi pribadi yang Islami. Karena itu lembaga pesantren dalam pendidikan Islam dianggap sebagai sarana untuk memahami, menggali, dan mengembangkan ajaran Islam, sehingga terus berkembang sesuai dengan perkembangan zaman.

Dalam pendidikan agama pesantren berfungsi  sebagai pemberi jalan atau cara  yang sebaik mungkin  dalam mentransfer ilmu agama terutama menyangkut nilai-nilai yang terdapat dalam Islam,  khususnya  dalam pelaksanaan kegiatan dakwah mempunyai pola sebagai berikut:

1.   Memberikan Contoh Teladan

Kata teladan dalam al-Qur'an indentik dengan kata uswah  yang kemudian diberi sifat hasanah di belakangnya  yang berarti contoh teladan yang baik. Kata uswah dicontohkan  pada Nabi Muhammad SAW  dan Nabi Ibrahim, "Dalam diri rasulullah itu kamu dapat menemukan teladan yang baik."(Q.S. 33: 21). Metode teladan ini dianggap penting karena aspek agama yang  mengandung akhlak yang termasuk  dalam kawasan afektif  yang terwujud dalam  bentuk tingkah laku  (behaviroral).[1] Tentang keteladan Nabi Ibrahim dijelaskan Allah;

قد كانت لكم اسواة حسنة...(الممتحنة: ٤)

Artinya: "Sesungguhnya  pada mereka  itu (Ibrahim dan umatnya) ada teladan  yang baik bagimu…" (Q.S. 60: 4).[2]

Dalam surat al-Ahzab ayat 21 juga dijelaskan sebagai berikut:

لقد كان لكم فى رسول الله اسوة حسنة ... (الأحواب: ٢١)

Artinya: " Dalam diri rasulullah itu kamu dapat menemukan teladan yang baik …" (Q.S. 3321).[3]

Berdasarkan opini diatas, mana yang paling aling tepat....

A.    peranan pesantren menjadi pondasi utama islamisasi di Nusantara

B.     peranan pesantren  sangat berperngaruh dalam perkembangan Islam di Nusantara

C.     pearanan Pesantren tidak penting bagi penyebaran Islam di Nusantara

D.    peranan Pesantren sebagai lembaga uswah paling penting di Nusantarasa

E.     peranan Pesantren menjadi penutup jalan penyebaran islam di Nusantara

   ANS: B,D