soal hots akm dan kunci jawaban sejarah

 

 

 

 19.Kedatangan bangsa Barat ke Indonesia sebenarnya dipicu oleh kekayaan alam Tanah Air. Kala itu, bangsa Barat sudah tertarik dengan Nusantara yang memiliki tanah subur, lautan luas, keanekaragaman hayati, hingga rempah-rempah yang melimpah.

Akhirnya, bangsa Barat pun berlayar dan mendatangi Nusantara untuk berdagang dan mendapat rempah-rempah. Kendati demikian, keinginan berdagang itu pupus karena sifat keserakahan.

Niat untuk berdagang akhirnya tergantikan dengan praktik penjajahan. Bangsa Barat berupaya menguasai Indonesia sebagai negara penghasil rempah terbaik dan terbesar di dunia.

Di sisi lain, praktik penjajahan bangsa Barat juga dipengaruhi dengan beberapa faktor, di antaranya:1

3G atau Gold, Glory, Gospel

 Kumparan.com.id

Ilustrasi Eropa Foto: Pixabay

Kolonialisme bangsa barat mengacu pada semboyan gold, glory, dan gospel, yaitu:

Gold

Bangsa barat ingin mendapatkan kekayaan sebanyak-banyaknya untuk meningkatkan perkonomian negara. Karena itulah, mereka mendatangi Indonesia sebagai sumber rempah-rempah. Sebab, rempah memiliki harga yang tinggi jika dijual.

Glory

Selain mendapat kekayaan, bangsa Barat juga berupaya meraih kejayaan. Mereka hendak menjadi penguasa dari berbagai negara. Ini karena negara yang memenangkan perang dan banyak mengusasai tanah dianggap sebagai negara paling unggul.

Gospel

Bangsa Barat berusaha memperluas keyakinannya di Asia untuk memenuhi tugas mulia sebagai umat Nasrani. Oleh karena itu, mereka menyiarkan ajaran agama Nasrani ke seluruh wilayah Nusantara. Dari Penjelasan tersebut kedatangan Bangsa mempunyai maksud....

A.    Menyebarkan Agama Baru sesuai ketentuan perang salip

B.     Menyebarkan pengaruh baik ke seluruh wilayah Nusantara

C.     Menyebarkan pendidikan Barat ke Nusantara

D.    Melakukan perdagangan monopoli di Nusantara

E.     Melakukan perjanjian dengan penguasa setempat

ANS: A,D

   20.Penjelajahan Samudera Oleh Bangsa Eropa
Negara-negara yang memelopori penjelajahan samudra adalah Portugis dan Spanyol, menyusul Inggris, Belanda, Prancis, Denmark, dan lainnya. Untuk menghindari persaingan antara Portugis dan Spanyol, maka pada tanggal 7 Juni 1494 lahirlah Perjanjian Tordesillas. Paus membagi daerah kekuasaan di dunia non-Kristiani menjadi dua bagian dengan batas garis demarkasi/khayal yang membentang dari kutub Utara ke kutub Selatan. Daerah sebelah Timur garis khayal adalah jalur/kekuasaan Portugis, sedangkan daerah sebelah Barat garis khayal adalah jalur Spanyol.


Garis Khayal Tordesillas yang dibuat berdasarkan perjanjian tordesilas

 

    pelayaran Orang-orang Portugis
Orang-orang Portugis menjadi pelopor berlayar mencari tempat asal rempah-rempah. Hal ini tidak lepas dari kiat Pangeran Henry Mualim (Henry Navigator) yang memberi hak-hak istimewa kepada keluarga-keluarga saudagar sukses dari Italia, Spanyol, dan Prancis. Tujuannya supaya mereka bersedia tinggal dan berdagang di ibukota Portugis.

Berikut ini penjelajah-penjelajah yang berasal dari Portugis.
1) Bartholomeu Dias
Bartholomeu Dias berangkat dari Lisabon (Portugis) pada bulan Agustus 1487. Ketika sampai di ujung Selatan benua Afrika, kapal Dias terkena badai topan. Setelah badai reda, Dias kembali ke Portugis. Oleh Dias dan rombongannya, ujung Selatan Benua Afrika dinamai Tanjung Badai. Namun, Raja Portugal Joao II mengganti namanya menjadi Tanjung Harapan (Cape of Good Hope) karena untuk menghilangkan kesan menakutkan dan tempat tersebut dianggap memberikan harapan bagi bangsa Portugis untuk menemukan Hindia.

2) Vasco da Gama

Pada tanggal 8 Juli 1497, Raja Portugis Manuel I memerintahkan Vasco da Gama mengikuti jejak Dias. Ekspedisinya dilakukan melalui laut sepanjang pantai Afrika Barat.
Dalam pelayarannya, Vasco da Gama sempat singgah di pantai Afrika Timur. Atas petunjuk mualim Moor, da Gama melanjutkan ekspedisinya memasuki Samudra Hindia dan Laut Arab. Perjalanan Vasco da Gama tiba di Calcuta pada tanggal 22 Mei 1498. Di Calcuta, Vasco da Gama berupaya mendirikan pos perdagangan. Ia membeli rempah-rempah untuk dikirim ke Portugis dan sebagian dijual ke negara- negara Eropa lainnya.

 3) Alfonso d’ Albuquerque
Setelah beberapa lama menduduki Calcuta, orang Portugis sadar bahwa penghasil rempah-rempah bukan India. Ada tempat lain yang menjadi pusat perdagangan rempah-rempah di Asia, yaitu Malaka. Oleh karena itu ekspedisi ke Timur dilanjutkan kembali.
Bagi Portugis, cara termudah menguasai perdagangan di sekitar Malaka adalah dengan merebut atau menguasai Malaka. Oleh karena itu, dari Calcuta, Portugis mengirimkan ekspedisi ke Malaka di bawah pimpinan Alfonso d’ Albuquerque. Ekspedisi d’ Albuquerque tersebut berhasil menaklukkan Malaka pada tahun 1511.


Pelayaran Orang-orang Spanyol
Berikut ini para penjelajah Spanyol yang melakukan pelayaran ke dunia Timur:
1) Christopher Columbus
Pada tanggal 3 Agustus 1492, dengan menggunakan tiga buah kapal yaitu Santa Maria, Nina, dan Pinta, Columbus mulai berlayar mencari sumber rempah-rempah di dunia Timur. Setelah berlayar lebih dari 2 bulan mengarungi Samudra Atlantik, sampailah Columbus di Pulau Guanahani yang terletak di Kepulauan Bahama, Karibia. Ia merasa telah sampai di Kepulauan Hindia Timur yang merupakan sumber rempah-rempah. Ia menamai penduduk asli di kawasan itu sebagai Indian. Selanjutnya Kepulauan Bahama dikenal sebagai Hindia Barat. Columbus bersama seorang penyelidik bernama Amerigo Vespucci antara tahun 1492 – 1504, berlayar terhitung 4 kali. Mereka menemukan benua baru yang diberi nama Amerika. Jadi penemu Benua Amerika adalah Christopher Columbus. Sejak Columbus menemukan benua Amerika, menyusul pelaut-pelaut Spanyol seperti Cortez dan Pizzaro. Cortez menduduki Mexico pada tahun 1519 dengan menaklukkan suku Indian yaitu Kerajaan Aztec dan suku Maya di Yucatan. Pizzaro, pada tahun 1530 menaklukkan kerajaan Indian di Peru yaitu suku Inca.

2) Ferdinand Magelhaens (Magellan)
Pada tanggal 10 Agustus 1519, Magelhaens berlayar ke Barat didampingi oleh Kapten Juan Sebastian del Cano (Sebastian del Cano) dan seorang penulis dari Italia yang bernama Pigafetta. Penulis inilah yang mengisahkan perjalanan Magelhaens-del Cano mengelilingi dunia yang membuktikan bahwa bumi itu bulat seperti bola. Pada tahun 1520, setelah menyeberangi Samudra Pasifik, sampailah rombongan Magelhaens di Kepulauan Massava. Kepulauan ini kemudian diberi nama Filipina, mengambil nama Raja Spanyol, Philips II. Dalam suatu pertempuran melawan orang Mactan, Magelhaens gugur (27 April 1521). Akibat peristiwa itu rombongan bergegas meninggalkan Filipina dipimpin oleh Sebastian del Cano, menuju Kepulauan Maluku. Magelhaens dianggap sebagai orang besar dalam dunia pelayaran karena menjadi orang yang pertama kali berhasil mengelilingi dunia. Raja Spanyol memberi hadiah sebuah tiruan bola bumi. Pada tiruan bola bumi itu dililitkan pita bertuliskan ‘Engkaulah yang pertama kali mengitari diriku’.


Pelayaran orang-orang Inggris
1) Sir Francis Drake
Pada tahun 1577 Drake berangkat berlayar dari Inggris ke arah Barat. Dalam pelayarannya, rombongan ini memborong rempah-rempah di Ternate. Setelah mendapatkan banyak rempah-rempah Drake pulang ke negerinya dan sampai di Inggris pada tahun 1580. Pelayaran Drake ini belum memiliki arti penting secara ekonomis dan politis.


2) Pilgrim Fathers
Pada tahun 1607 rombongan yang menamakan diri Pilgrim Fathers melakukan pelayaran ke arah Barat. Kapal yang bernama May Flower berhasil membawa rombongan ini mendarat di Amerika Utara.

3) Sir James Lancester dan George Raymond
Pada pelayaran tahun 1591, Lancester berhasil mengadakan pelayaran sampai ke Aceh dan Penang, sampai di Inggris pada tahun 1594. Pada bulan Juni 1602, Lancester dan maskapai perdagangan Inggris (EIC) berhasil tiba di Aceh dan terus menuju Banten. Di Banten, dia mendapatkan izin dan mendirikan kantor dagang.

4) Sir Henry Middleton
Pada tahun 1604 pelayaran kedua EIC yang dipimpin Sir Henry Middleton berhasil mencapai Ternate, Tidore, Ambon, dan Banda. Terjadi persaingan dengan VOC. Selama tahun 1611 - 1617, orang-orang Inggris mendirikan kantor dagang di Sukadana (Kalimantan Barat Daya), Makassar, Jayakarta, Jepara, Aceh, Pariaman, dan Jambi.
http://serbasejarah.blogspot.com/

Berdasarkan artikel diatas mana yang

A.    Benar

B.     Salah

Ketika Jatuhnya kota konstatinopel merupakan awal kali masyarakat Eropa melakukan penjelajahan Dunia . (  )

ANS: A

21.pengertian hak octroi (hak istimewa ) dan isinya yang diberikan pada VOC

§  Pada pembahasan kali ini saya akan membahas tentang pengertian hak octroi dan isi dari hak octroi. apa itu hak octroi? apa yang dimaksud hak octroi? apa isi hak octroi? itulah yang akan saya bahas.  VOC di bentuk oleh pemerintah Belanda untuk menghindari pertikaian antara sesama pedagang Belanda. Agar dapat melaksanakan tugasnya dengan leluasa, VOC di beri hak hak istimewa oleh pemerintah Belanda, yang disebut sebagai hak octroi. jadi yang dimaksud hak octroi adalah hak hak istimewa yang diberikan pemerintah Belanda kepada VOC. itu tadi pengertian hak octroi, apa isi sari hak hak istimewa tersebut,  hak octroi meliputi;

§  Monopoli perdagangan

§  Mencetak dan mengedarkan uang

§  Mengangkat dan memberhentikan pegawai

§  Mengadakan perjanjian dengan para raja

§  Memiliki tentara untuk mempertahankan diri

§  Memiliki benteng

§  Menyatakan perang dan damai

§  Mengangkat dan memberhentikan penguasa setempat

  • Dengan kekuasaan yang istimewa tersebut, pada tahun 1605 VOC berhasil merampas benteng portugis di Ambon. pada tahun 1609, VOC berhasil mendirikan loji (pangkalan dagang) di Banten. setahun kemudian, untuk pertama kalinya VOC mengangkat seorang gubernur jenderal, yaitu Pieter Both (1610-1614).nah itu tadi penjelasan dari saya tentang apa itu hak octroi, pengertian hak octoi, yang dimaksud hak octroi, dan apa saja isi hak octroi meliputi apa saja isi hak octroi . sekian dan terima kasih. https://fikrimuhammadblog.wordpress.com/

Berdasarkan keterangan diatas....

A.     Fakta

B.     Opini

Dibolehkan berdagang seluas-luasnya diseluruh wilayah Nusantara dengan monopoli dagang(  )

ANS: A

22. Perang Diponegoro yang juga dikenal dengan sebutan Perang Jawa (Inggris:The Java WarBelandaDe Java Oorlog) adalah perang besar dan berlangsung selama lima tahun (1825-1830) di Pulau JawaHindia Belanda (sekarang Indonesia). Perang ini merupakan salah satu pertempuran terbesar yang pernah dialami oleh Belanda selama masa pendudukannya di Nusantara, melibatkan pasukan Belanda di bawah pimpinan Jenderal Hendrik Merkus de Kock[7] yang berusaha meredam perlawanan penduduk Jawa di bawah pimpinan Pangeran Diponegoro. Akibat perang ini, penduduk Jawa yang tewas mencapai 200.000 jiwa, sementara korban tewas di pihak Belanda berjumlah 8.000 tentara Belanda dan 7000 serdadu pribumi. Akhir perang menegaskan penguasaan Belanda atas Pulau Jawa.[8]

Berkebalikan dari perang yang dipimpin oleh Raden Ronggo sekitar 15 tahun sebelumnya, pasukan Jawa juga menempatkan masyarakat Tionghoa di tanah Jawa sebagai target penyerangan. Namun, meskipun Pangeran Diponegoro secara tegas melarang pasukannya untuk bersekutu dengan masyarakat Tionghoa, sebagian pasukan Jawa yang berada di pesisir utara (sekitar Rembang dan Lasem) menerima bantuan dari penduduk Tionghoa setempat yang rata-rata beragama Islam.

Untuk menghadapi Perang Diponegoro, Belanda terpaksa menarik pasukan yang dipakai perang di Sumatra Barat untuk menghadapi Pangeran Diponegoro yang bergerilya dengan gigih. Sebuah gencatan senjata disepakati pada tahun 1825, dan sebagian besar pasukan dari Sumatra Barat dialihkan ke Jawa. Namun, setelah Perang Diponegoro berakhir (1830), kertas perjanjian gencatan senjata itu disobek, dan terjadilah Perang Padri babak kedua. Pada tahun 1837 pemimpin Perang Paderi, Tuanku Imam Bonjol akhirnya ditangkap. Berakhirlah Perang Padri. https://id.wikipedia.org/

   Berdasarkan analisis diatas sebab perlawanan rakyat Indonesia gagal bisa dikatakan ....,

1.      Benar

2.      Salah

Rakyat Indonesia mampu menggunakan perangkat senjata modern yang serba canggih

ANS: B

 

 

 

 

 

 

 

 

 

23

           Kompas.com

        Daendels melakukan perubahan yang mendasar dan menyeluruh pada sistem politik dan pemerintahan Indonesia. Pada awal pemerintahan, Daendels melakukan reorganisasi sistem pemerintahan dan birokrasi di Jawa. Daendels menerapkan sistem pemerintahan sentralisasi kekuasaan dan menjadikan Batavia sebagai pusat kekuasaan. Berikut merupakan kebijakan Daendels dalam bidang politik dan pemerintahan : Membatasi pengaruh kekuasaan kerajaan-kerajaan tradisional Indonesia terhadap aspek-aspek kehidupan masyarakat Menmbagi pulau Jawa menjadi 23 karisidenan Kedudukan Bupati sebagai penguasa tradisional ,Sehingga tindakan Deandels telah menimbulkan perlawanan dengan pihak kerajaan.

Manakah yang termasuk Fakta dan Opini tentang Dampak politik pada masa Daendels adalah ....

A.    Fakta

B.     Opini

Penerapan Gaji dalam kerja paksa yang dilaksanakan oleh pemerintahan Daendles di Nusantara (   )

ANS: B

24.    KOMPAS.com - Tanda-tanda kekalahan Jepang dalam Perang Pasifik mulai terlihat pada tahun 1944. Amerika Serikat mampu mendesak angkatan laut Jepang di kawasan samudera Pasifik. Kondisi tersebut membuat Jendral Kiniaki Kaiso memberikan janji kemerdekaan kepada rakyat Indonesia pada bulan September 1944. Rakyat Indonesia diperbolehkan untuk mengibarkan bendera merah putih di samping bendera Jepang. Selain itu, rakyat Indonesia juga diperbolehkan untuk menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya setelah lagu kebangsaan Jepang. Tindakan tersebut dilakukan oleh Jepang agar rakyat Indonesia bersedia membantu mempertahankan posisi militer Jepang atas serangan Sekutu. Dalam buku Perang Pasifik (2001) karya PK Ojong, pada bulan Maret 1945, kekalahan Jepang dalam Perang Pasifik sudah di depan mata.

Letjen Kumakici Harada memutuskan untuk membentuk Badan Penyelidik Usaha Usaha Persiapan Kemerekaan Indonesia (BPUPKI). BPUPKI mempunyai 60 anggota dari tokoh nasional Indonesia dan 7 perwakilan Jepang. BPUPKI diketuai oleh Dr. Radjiwan Widyodiningrat dan Raden Panji Soeroso sebagai wakil ketua. BPUPKI dibentuk dengan tujuan untuk menyelidiki dan

mengumpulkan bahan-bahan penting dalam bidang konstitusi, ekonomi dan politik untuk kepentingan kemerdekaan Indonesia. Untuk mencapai tujuannya, BPUPKI melaksanakan 2 kali sidang pada tanggal 29 Mei – 1 Juni 1945 dan 10-16 Juli 1945. Setelah berhasil menjalankan tugas-tugasnya, BPUPKI dibubarkan pada 7 Agustus 1945 dan tugasnya dilanjutkan oleh Panitia Persiapan Kemerdekaan Indonesia (PPKI). PPKI memiliki 21 anggota yang merupakan perwakilan dari Jawa, Sumatera, Sulawesi, Kalimantan, Bali, Nusa Tenggara, etnis Tionghoa dan pihak Jepang.Amerika Serikat menjatuhkan bom atom di kota Hiroshima pada 6 Agustus 1945 dan Nagasaki pada 9 Agustus 1945. Ledakan bom atom menyebabkan kota Hiroshima dan Nagasaki yang merupakan kota industri militer luluh lantah, sehingga Jepang tidak lagi mampu untuk berperang. Dalam jurnal Jepang dan Perjuangan Kemerdekaan Indonesia (2007) karya Yasmis, Jepang secara resmi menyerah tanpa syarat pada 15 Agustus 1945.  Kekalahan Jepang diumumkan secara langsung oleh Kaisar Hirohito melalui siaran radio nasional. Berikut faktor penyebab kekalahan Jepang dalam Perang Pasifik : Teknologi persenjataan Jepang kalah modern dibandingkan dengan Amerika Serikat. Amerika Serikat mampu menyadap komunikasi militer Jepang dalam pertempuran pasifik. Jepang mengalami pemberontakan dari masyarakat di wilayah. Kekalahan Jepang dalam Perang Pasifik menyebabkan Indonesia mengalami situasi kekosongan kekuasaan. Situasi tersebut dimanfaatkan oleh rakyat Indonesia untuk mengambil alih kekuasaan dari Jepang dan melaksanakan proklamasi kemerdekaan Indonesia yang telah diidam seluruh bangsa indonesia.
Kalangan pemuda yang diketuai oleh Chaerul Saleh melakukan penculikan terhadap Soekarno Hatta yang kemudian dibawa ke Rengasdengklok.

 Dibwah ini mana yang benar dan salah.Alasan para pemuda melakukan penculikan tersebut.

1.      Benar

2.      Salah

Perbedaan sikap antar kalangan tua dan pemuda mengenai kapan saat yang tepat untuk melaksanakan kemerdekaan (   )

ANS: A

Naskah Proklamasi kompas.com

25.      Pernyataan tentang proklamasi kemerdekaan Indonesia tanggal 17 Agustus 1945 menjadikan Indonesia lepas dari penjajahan dan kekuasaan negara lain.Mana yang fakta dan opini tentang makna Proklamasi tersebut bagi kehidupan sosial bangsa Indonesia era sekarang.

A.    Fakta

B.     Opini

     Adanya peradaban baru dengan kebiasaan baru yang terbangun menjadi tradisi baru masyarakat

 ANS: B

 

26.     KOMPAS.com - Kondisi ekonomi Indonesia pasca pengakuan kedaulatan masih sangat kacau. Kekacauan ekonomi Indonesia disebabkan oleh beberapa permasalahan dalam bidang politik, keamanan dan sosial masyarakat Indonesia. Dilansir dari buku Sejarah Indonesia Modern (1200-2004) (2005) karya M.C Ricklefs, faktor penyebab krisis ekonomi Indonesia pasca kemerdekaan adalah : Situasi perang akibat adanya Agresi Militer Belanda Inflasi yang sangat tinggi karena mata uang yang beredar di Indonesia lebih dari satu Adanya blokade ekonomi yang dilakukan Belanda sejak November 1945 untuk menutupsektor perdagangan Indonesia, Kekosongan Kas Negara Perbankan didominasi oleh perusahaan Belanda, Inggris dan Cina Meningkatnya jumlah penduduk Indonesia sebesar 97 juta jiwa pada tahun1955-1961

        Untuk mengatasi permasalahan ekonomi pasca kemerdekaan, Indonesia menempuh beberapa langkah strategis. Dalam buku Ekonomi Indonesia: Dalam Lintasan Sejarah (2017) karya Boediono, langkah-langkah yang ditempuh Indonesia dalam memperbaiki masalah ekonomi adalah: Membentuk Badan Perancang Ekonomi untuk merencanakan pembangunan ekonomi Indonesia dalam jangka waktu 2-3 tahun. Menteri Keuangan mengadakan Program Pinjaman Nasional dengan persetujuan BP-KNIP pada Juli 1946. Berupaya menembus blokade ekonomi Belanda dengan cara mengadakan diplomasi beras ke India serta mengadakan kerja sama dengan perusahaan swasta Amerika Serikat.

        Melaksanakan program swasembada pangan bernama Kasimo Plan yang berisi: Intensifikasi lahan dengan bibit unggul Penanaman lahan kosong Mencegah penyembelihan hewan Pembentukan kebun bibit di desa-desa Transmigrasi atau pemindahan penduduk
Berdasarkan artikel diatas usaha pemerintah memperbaiki ekonomi pada awal kemerdekaan pilihlah

A.    Benar

B.     Salah

Membentuk Dewan Perancang Nasional untuk mempersiapkan rancangan undang-undang pembangunan nasional (    )

ANS: A

                Wikipedia.com

27. Berdasarkan gambar diatas Perhatikan pernyataan di bawah ini ! mana

A.     FAKTA

B.     OPINI

Peranan Sultan Hamengkubuwono IX sebagai tokoh nasional adalah….

Menyediakan Keraton Jogjakarta sebagai markas pejuang Serangan Umum 1 Maret

ANS : A

 

   28. KOMPAS.com – Para pahlawan negara kita melakukan berbagai upaya untuk memerdekakan Bangsa Indonesia dari tangan penjajah. Upaya tersebut ada yang dilakukan melalui perjuangan fisik, namun ada pula yang melalui usaha diplomasi. Baik perjuangan fisik maupun diplomasi, semuanya membutuhkan semangat nasionalisme yang tinggi serta sikap pantang menyerah. Tahukah kamu apa yang dimaksud dengan perjuangan fisik dan diplomasi? Perjuangan fisik Dalam jurnal yang berjudul Perjuangan Lasykar Rakyat dalam Mempertahankan Kemerdekaan Republik Indonesia di Kabupaten Lampung Selatan tahun 1945, karya Dany Lapeba, dkk, disebutkan jika perjuangan fisik merupakan perjuangan yang dilakukan dengan menggunakan senjata atau mengandalkan kekuatan militer. Perjuangan fisik dilakukan lewat pertempuran. Selain itu, biasanya dalam perjuangan fisik juga mengakibatkan banyak korban berjatuhan.

Dalam memerdekakan Indonesia, banyak pahlawan yang menggunakan perjuangan fisik untuk mengusir penjajah. Berikut contoh perjuangan fisik di Indonesia, yang mengutip dari situs Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud): Pertempuran Lima Hari di Semarang Pertempuran ini terjadi pada 15 Oktober hingga 20 Oktober 1945. Pertempuran ini bermula dari tawanan Jepang yang kabur saat akan dipindahkan dari Cepiring ke Bulu. Sesaat setelah tawanan kabur, Jepang melakukan serangan mendadak bahkan tersiar kabar pula jika Resevoir Siranda atau cadangan air minum untuk warga Semarang telah diracun oleh Jepang. Dr. Kariadi sebagai Kepala Laboratorium Rumah Sakit Purusara pergi untuk mengecek kebenaran soal kabar tersebut. Dalam perjalanan, tiba-tiba Jepang menembak Dr. Kariadi secara brutal. Para pahlawan Indonesia tidak terima karena Jepang tidak mau menghormati bahkan mengakui kemederkaan Indonesia. Akhirnya pertempuran di Semarang tidak dapat dihindarkan. Banyak korban jiwa berjatuhan dalam pertempuran tersebut. Sebagai bentuk penghargaan, di Semarang didirikan Monumen Tugu Muda dan nama Dr. Kariadi diabadikan menjadi nama rumah sakit, yakni Rumah Sakit Umum Pemerintah Dr. Kariadi. Baca juga: Perjuangan Mempertahankan Kemerdekaan Indonesia di Berbagai Daerah Pertempuran Margarana di Bali Pertempuran ini juga dikenal dengan istilah pertempuran puputan, yang berarti pertempuran habis-habisan. Pertempuran Margarana terjadi pada 20 November 1946 dan dipimpin oleh I Gusti Ngurah Rai. Sebelum pertempuran ini terjadi, I Gusti Ngurah Rai dan pasukannya menyerang markas Belanda di Tabanan pada 18 November 1946. Pertempuran ini dimenangkan oleh I Gusti Ngurah Rai dan pasukannya. Dua hari setelahnya, Belanda melakukan aksi balas dendam atas kekalahannya di Tabanan. Belanda mengerahkan seluruh pasukan untuk mengepung dan menyerang Bali. Saat pertempuran tersebut terjadi, I Gusti Ngurah Rai menyerukan pertempuran puputan. Prinsipnya Belanda harus angkat kaki dari Bali, jika ingin Bali dalam kondisi aman dan damai. Pertempuran Medan Area Pertempuran ini terjadi pada 13 Oktober 1945. Pertempuran ini bermula dari aksi seorang penghuni hotel di Jalan Bali, Kota Medan yang menginjak lencana merah putih. Saat itu, para pemuda Indonesia di Medan bersatu dan melawan Sekutu serta NICA. Mereka bertempur untuk merebut gedung pemerintahan yang diambil alih Jepang. Pertempuran terus berlanjut hingga akhirnya, Sekutu dan NICA mengarahkan kekuatannya untuk menyerang dan menduduki Kota Medan pada 10 Desember 1945.  

Lihat Foto Perjanjian Roem-Royen(Arsip Nasional Republik Indonesia) Perjuangan Diplomasi Diplomasi berkebalikan dengan perjuangan fisik. Karena lebih mengutamakan perundingan, menarik simpati dunia internasional, serta menghasilkan kesepakatan. Diplomasi sama sekali tidak menggunakan kekuatan senjata sehingga tidak ada korban jiwa yang ditimbulkan. Berikut contoh perjuangan memerdekakan Indonesia melalui diplomasi: Perjanjian Linggarjati Perjanjian Linggarjati diadakan pada 11 November hingga 13 November di Desa Linggarjati, Cilimus, Kuningan, Jawa Barat. Perundingan ini dipimpin oleh Lord Killearn dari Inggris. Perjanjian ini baru disahkan pada 25 Maret 1947. Secara garis besar, isi Perjanjian Linggarjati adalah Belanda harus mengakui secara de facto atas wilayah Indonesia, yakni Jawa, Sumatera serta Madura. Selain itu, Belanda juga harus angkat kaki dari Indonesia selambat-lambatnya pada 1 Januari 1949. Belanda dan Indonesia sepakat untuk membentuk Republik Indonesia Serikat (RIS). Baca juga: Upaya Mempertahankan Kemerdekaan Republik Indonesia Perjanjian Renville Perjanjian Renville diadakan pada 8 Desember 1947. Perundingan ini dilaksanakan di atas kapal perang Amerika Serikat, yakni USS Renville. Perundingan ini dilakukan karena Belanda menyerang Indonesia setelah Perjanjian Linggarjati. Hasil dari perjanjian ini sangatlah merugikan Indonesia. Contohnya Belanda hanya mengakui Jawa Tengah, Sumatera serta Yogyakarta sebagai bagian dari wilayah Indonesia. Perundingan Roem-Royen Hasil dari perundingan ini ditandatangani pada 7 Mei 1949 di Hotel Des Indes Jakarta. Perundingan ini dilakukan setelah Belanda melakukan Agresi Militer Belanda serta menangkap pemimpin Indonesia. Perundingan Roem-Royen menghasilkan keputusan jika Belanda bersedia untuk membebaskan seluruh tawanan perang serta menghenitkan agresi militer. Begitu pula dengan Indonesia yang setuju untuk menghentikan perang gerilya.

 Dibawaah ini latar belakang Perjuangan fisik mempertahankan kemerdekaan didaerah berlatang belakang beberapa hal....

A.    Benar

B.     Salah

1.      Ultimatum Terhadap pasukan TRI harus pergi dari kota Bandung

2.      Terbunuhnya Jendral Malaby di dekat Jembatan Merah

3.      Pemberontakan PKI Madiun

4.      Kedatangan Pasukan Inggris yang membonceng NICA

5.      Terbunuh Dr. Karyadi habis menyelidiki isu sumber air minum disabotase oleh Jepang.

6.      Taktik Strategi Perang Gerilya yang diterapkan Panglima Sudirman

1.      ANS: A

2.      ANS: B

3.      ANS: B

4.      ANS: A

5.      ANS: A

6.      ANS: B

 Pemilihan Umum Legislatif Indonesia 1955 atau biasa dikenal dengan Pemilihan Umum Indonesia 1955 atau Pemilu 1955 adalah pemilihan umum pertama di Indonesia yang diadakan pada tahun 1955. Pemilu ini sering dikatakan sebagai pemilu Indonesia paling demokratis. Pemilu tahun 1955 ini dilaksanakan saat keamanan negara masih kurang kondusif; beberapa daerah dirundung kekacauan oleh DI/TII (Darul Islam/Tentara Islam Indonesia) khususnya pimpinan Kartosoewirjo. Dalam keadaan seperti ini, anggota angkatan bersenjata dan polisi juga memilih. Mereka yang bertugas di daerah rawan digilir datang ke tempat pemilihan. Pemilu akhirnya pun berlangsung aman. Pemilu ini bertujuan memilih anggota-anggota DPR dan Konstituante.

Jumlah kursi DPR yang diperebutkan berjumlah 260, sedangkan kursi Konstituante berjumlah 520 (dua kali lipat kursi DPR) ditambah 14 wakil golongan minoritas yang diangkat pemerintah. Pemilu ini dipersiapkan di bawah pemerintahan Perdana Menteri Ali Sastroamidjojo. Namun, Ali Sastroamidjojo mengundurkan diri dan pada saat pemungutan suara, dan kepala pemerintahan telah dipegang oleh Perdana Menteri Burhanuddin Harahap.

 Meskipun pada bulan April 1954 Panitia Pusat Pemilihan telah mengumumkan bahwa pemilihan akan diadakan pada tanggal 29 September tahun berikutnya, pada bulan Juli dan awal Agustus, persiapan telah terlambat dari jadwal. Pengangkatan anggota panitia TPS yang direncanakan dimulai pada 1 Agustus tidak dilakukan oleh sebagian besar daerah dan mereka baru memulainya pada 15 September. Dalam pidato hari kemerdekaan pada 17 Agustus, Presiden Sukarno mengatakan bahwa siapa pun yang menghalangi pemilu adalah "pengkhianat revolusi". Pada 8 September, Menteri Penerangan Sjamsuddin Sutan Makmur mengatakan bahwa pemilihan akan diadakan pada 29 September kecuali di beberapa daerah yang persiapannya belum selesai. Akhirnya, sebagai hasil dari "kesibukan" (kerja keras) mereka, panitia TPS siap pada hari pemilihan.[8]

Menjelang hari pemungutan suara, rumor menyebar, termasuk ketakutan akan keracunan yang meluas di Jawa. Ada juga penimbunan barang. Di berbagai bagian negara juga diberlakukan jam malam spontan dan tidak diumumkan selama beberapa malam sebelum hari pemungutan suara.

Pada hari pemungutan suara itu sendiri, banyak pemilih yang menunggu untuk memberikan suara pada pukul 7 pagi. Hari itu damai karena orang-orang menyadari tidak ada hal buruk yang akan terjadi. Sebanyak 87,65% pemilih memberikan suara sah dan 91,54% memberikan suara. Dengan mengesampingkan jumlah kematian antara pendaftaran dan pemungutan suara, hanya sekitar 6% yang tidak memilih.[9]

Berdasarkan bacaan diatas manakah yang terkait dengan pemilu 1955

1.      Masyarakat sadar akan nasip bangsa Indonesia dimasa yang akan datang

2.      PNI,Masyumi, NU dan PKI

3.      Memilih anggota DPR Dan Badan Konstituante

A.      Mempunyai kekuatan mengakar sampai tingkat paling bawah

B.      Keadaan Keamanan yang menjamin dalam pelaksanakan Pemilu

C.      Fungsi Pemilu 1955 dimasa Demokrasi Liberal

1.      ANS: B

2.      ANS: A

3.      ANS: C

  Dokumen Desa Penyebangan Buleleng Bali

Indonesia pernah mengalami peristiwa kelam dalam Sejarah Bangsa Indonesia tentang peristiwa

G30SPKI,manakah yang Terkait dengan Peristiwa Tersebut....

1.      Terbunuhnya Para Pemimpin  Tinggi Angkatan Darat

2.      Surat Perintah Sebelas Maret 1966

A.    Mengatasi Keamanan Pasca G30SPKI

B.     Pemberian Gelar Revolusi dari Pemerintah

1.      ANS: B

2.      ANS: A

  Foto Bapak Presiden dalam sidang umum MPR

Beliau Bapak Soeharto menurut Pemerintahan Orba terkenal dengan Julukan Bapak....

ANS: Pembangunan

   Foto Dokumen Reformasi 1998

Diakhir Pemerintahan Bapak Soeharto menyerahkan kekuasaan kepada wakil beliau yang bernama....

ANS: Bapak Prof.Dr.Ing BJ Habibie

 

2. Foto Dokumen Pertemuan Ciganjur

Sebutkan Tokoh –tokoh Reformasi!

ANS

3.     

Pada masa pemerintahan pada masa Reformasi sering terjadi Reshuffle kabinet.Jelaskan tentang makna Reshuffle tersebut?

  Berdasarkan gambar diatas, jelaskan makna reshuffle kabinet!

ANS:

4. KOMPAS.com - Dalam menjalankan kebijakannya di dunia internasional atau politik luar negeri, Indonesia menganut prinsip politik yang bebas dan aktif. Bebas diartikan bangsa Indonesia tidak memihak atau ikut serta pada kekuatan-kekuatan yang ingin berseteru dan tidak sesuai dengan nilai luhur bangsa. Sementara aktif artinya Indonesia tidak tinggal saja, tapi aktif dalam hubungan internasional dalam rangka mewujudkan ketertiban dunia. Dengan politik bebas aktif, Indonesia bisa menentukan arah, sikap, dan keinginan sebagai negara yang merdeka dan berdaulat. Dilansir Encyclopaedia Britannica (2015), dalam politik luar negeri tujuan umum yang memandu kegiatan dan hubungan satu negara dalam interaksi dengan negara lain. Perkembangan politik luar negeri dipengaruhi oleh pertimbangan domestik, kebijakan, perilaku negara lain, atau rencana untuk memajukan desain geopolitik tertentu. Ditekankan keunggulan geografi dan ancaman eksternal dalam membentuk kebijakan luar negari. Diplomasi adalah alat kebijakan luar negeri.
 Dikutip situs Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud), politik dunia ditandai oleh munculnya dua kekuatan yang saling bertentangan, yaitu Amerika Serikat dan Uni Soviet. Amerika Serikat memiliki ideologi liberalisme, sedangkan Uni Soviet memiliki ideologi komunisme. Sehingga terbentuk istilah blok barat dan blok timur. Politik dan sikap Indonesia dilandaskan kepada kemerdekaan dan bertujuan untuk memperkuat perdamaian. Terhadap dua blok kekuatan yang bertentangan itu, Indonesia tidak mau memilih salah satu pihak. Indonesia menjalankan politik luar negeri “bebas aktif”. Hal ini sesuai dengan cita-cita PBB.
Pada 2 September 1948, dihadapan Komite Nasional Indonesia Pusat (KNIP) Mohammad Hatta menyampaikan pidatonya mengenai politik luar bebas aktif. Bahwa Indonesia seharusnya menentukan sikap sendiri terhadap pertarungan internasional dan bukan menjadi obyek politik internasional. Kenetralan bangsa Indonesia terhadap kedua kubu didukung dengan disusunnya Pancasila sebagai dasar negara dan Undang-Undang Dasar (UUD) 1945 sebagai konstitusi negara Indonesia. Dilansir situs Kementerian Luar Negeri (Kemenlu), Dalam sidang Majelis Umum PBB ke-15 pada 1960, Presiden Sukarno menyampaikan pidatonya dengan judul "Membangun Dunia Baru" (To Build the World Anew). Presiden SUkarno menyerukan "Kekuatan Dunia Baru" (New Emerging Forces) untuk bangkit

Indonesia adalah bangsa yang tidak membedakan antara satu bangsa dengan bangsa yang lain.Jelaskan pernyataan tersebut!

ANS:

 5. KOMPAS.com - Revolusi Hijau merupakan sebuah upaya modernisasi sistem dan budaya pertanian di negara-negara berkembang, khususnya di Amerika Latin dan Asia. Melalui Revolusi Hijau, petani dikenalkan dengan penggunaan pupuk buatan, pestisida, bibit unggul, peralatan pertanian modern dan sistem budidaya pertanian yang baru. Dalam jurnal Revolusi Hijau dan Perubahan Sosial Ekonomi Petani Wanita di Kabupaten Sleman tahun 1970-1984 (2015) karya Zuminati Rahayu, Revolusi Hijau pada awalnya diperkenalkan oleh Norman Barloug pada tahun 1968.
 Penerapan Revolusi Hijau di Indonesia terjadi pada masa Orde Baru. Pada tahun 1970 hingga 1980, pemerintahan Orde Baru melakukan investasi besar-besaran terhadap sektor pertanian. Pemerintah Orde Baru membangun dan mengembangkan program-program modernisasi pertanian yang bertujuan untuk menigkatkan produksi pertanian Indonesia. Dalam buku Petani dan Penguasa (1999) karya Noer Fauzi, terdapat empat usaha pokok yang dapat dilakukan untuk peningkatan produksi pertanian, yaitu : Intensifikasi pertanian, peningkatan kualitas dan kuantitas produksi tani dengan cara meningkatkan produktivitas kerja.
Ekstensifikasi pertanian, peningkatan kualitas dan kuantitas produksi tani dengan cara menambah faktor produksi pertanian Diversifikasi pertanian, peningkatan kualitas dan kuantitas produksi tani dengan cara pengembangan keanekaragaman jenis produk pertania Rehabilitasi pertanian, peningkatan kualitas dan kuantitas produksi tani dengan cara memulihkan lahan dan sumber daya pertanian yang sudah kritis Baca juga: Kondisi Politik masa Orde Baru Pada tahun 1984, pemerintah Orde Baru mengeluarkan program Pancausaha Tani yang terdiri dari lima asas utama, yaitu: Pemilihan dan penggunaan bibit unggul Pemupukan secara teratur Irigasi yang baik dan cukup Pemberantasan hama secara intensif Teknik penanaman yang teratur

 5.Jelaskan Manfaat Pupuk alami dengan Pupuk Buatan bagi tanaman!

 ANS: