soal DASAR TATA NIAGA ( B)

 

SOAL-SOAL  UNBK

Paket B

 

Satuan Pendidikan           :

Paket Keahlian/Kelas       : PEMASARAN (DASAR TATA NIAGA)

Mata Pelajaran                  : DASAR TATA NIAGA ( B)

Hari / Tanggal                   :

Pukul                                : WIB

Alokasi Waktu                 :  120  Menit

 

 

1.           Perusahaan yang mengolah barang mentah menjadi barang jadi, atau perusahaan yang menghasilkan produk dengan mengubah sifat barang. Contohnya : industri tekstil, garmen, mebel, pesawat terbang, mobil, dan sebagainya merupakan...

A.           Perusahaan Jasa

B.            Perusahaan Dagang

C.            Perusahaan Manufaktur dan Industri

D.           Perusahaan Agraris

E.            Perusahaan Ekstraktif

 

2.             Dalam perusahaan bisnis industri yang berhubungan dengan pengelolaan pengeboran tanah, pertambangan, dan sebagainya adalah industri............

A.           Industri bidang Genetik

B.            Industri bidang Ekstratif

C.            Industri bidang Sintetik

D.           Industri bidang Konstruksi

E.            Industri bidang Analitik

 

3.                Industri yang berhubungan dengan pengelolaan pembuatan bangunan, pembuatan jembatan, pembuatan jalan raya, irigasi, dan sebagainya adalah industry ……..

A.           Industri bidang Genetik

B.            Industri bidang Ekstratif

C.            Industri bidang Sintetik

D.           Industri bidang Konstruksi

E.            Industri bidang Analitik

 

 

 

4.                Dibawah ini yang bukan merupakan faktor pendukung K3,……….

A.           Penyediaan tempat kerja aman

B.            Pematuhan standard yang sudah ada

C.            Penetapan insentif kerja

D.           Evaluasi keadaan tempat kerja

E.            Adanya tenaga konsultasi dan identifikasi

 

5.                Berikut yang bukan termasuk keterbatasan manusia yang menghambat tingkat produktivitas di tempat kerja, adalah….

A.           Penglihatan

B.            Usia

C.            Persepsi

D.           Gaji

E.            Kemampuan motorik

 

6.           Yang bukan tujuan  dari K3LH adalah ……….

A.           Menjalin tenaga kerja meningkatkan produktifitas

B.            Mencegah dan menanggulangi kerugian yang diderita oleh semua pihak yang bekerja

C.            Memberi pertolongan diri bagai pekerja bila terjadi kecelakaan

D.           Mencegah kecelakaan dijalan raya

E.            Melindungi tenaga kerja dari bahaya kecelakaan pada saat bekerja

 

7.           Rangkaian tata kerja yang bekerja sama satu sama lain sehingga menjalin adanya suatu urutan tahap demi tahap serta jalan yang harus ditempuh dalam rangka melaksanakan suatu bidang pekerjaan merupakan pengertian dari………

A.           Prosedur kerja

B.            Keamanan

C.            Kesehatan

D.           Keselamatan

E.            Pelindung diri

 

 

8.                Saham adalah bukti ikut andil dalam sebuah perusahaan.  Tempat perdagangan saham disebut ..

A.           Pasar modal

B.            Pasar tenaga kerja

C.            Pasar abstrak

D.           Pasar barang berjangka

E.            Pasar valuta asing

 

9.                  Pasar yang kegiatan jual beli barang atau jasa yang diperdagangkan  melalui brosur, internet, televisi disebut...

A.           Pasar modal

B.            Pasar tenaga kerja

C.            Pasar abstrak

D.           Pasar barang berjangka

E.            Pasar valuta asing

 

10.         Suatu kegiatan untuk mempertemukan antara pencari kerja dengan yang membutuhkan pekerjaan disebut...

A.           Pasar modal

B.            Pasar barang berjangka

C.            Pasar tenaga kerja

D.           Pasar valuta asing

E.            Pasar abstrak (pasar tidak nyata)

 

11.              Konsep inti pasar adalah :

A.           Nilai dan kepuasan

B.            Produk baru

C.            Analisa pasar

D.           Promosi

E.            Harga

 

 

12.       Pasar yang dapat terjadi sewaktu-waktu dalam waktu yang tidak tentu (tidak rutin) pasar ini biasanya terjadi pada peristiwa tertentu. Misalnya pasar murah, bazar, dan pasar karena ada perayaan kemerdekaan RI adalah pasar………

A.           Pasar Harian

B.            Pasar Mingguan

C.            Pasar Temporer

D.           Pasar Bulanan

E.            Pasar Nyata

 

13.            Sebuah jenis pasar dengan jumlah penjual dan pembeli yang sangat banyak dan produk yang dijual bersifat homogen. Harga terbentuk melalui mekanisme pasar dan hasil interaksi antara penawaran dan permintaan sehingga penjual dan pembeli di pasar ini tidak dapat mempengaruhi harga adalah pasar ……….

A.           Pasar persaingan Sempurna

B.            Pasar monopoli

C.            Pasar Oligopoli

D.           Pasar monopoli

E.            Pasar Monopolistik

 

14.         Suatu bentuk pasar di mana hanya terdapat satu penjual yang menguasai pasar. Penentu harga pada pasar ini adalah seorang penjual atau sering disebut sebagai “monopolis”. Sebagai penentu harga (price-maker), seorang monopolis adalah ………

A.           Pasar persaingan Sempurna

B.            Pasar monopoli

C.            Pasar Oligopoli

D.           Pasar monopoli

E.            Pasar Monopolistik

 

 

 

 

 

 

15.       Mengurangi banyaknya gagasan dengan mencari  dan menghilangkan gagasan buruk sedini mungkin merupakan tujuan dari………

A.           Pengembangan strategi pemasaran

B.            Pengembangan dan pengujian kosep

C.            Penyaringan gagasan

D.           Pemunculan gagasan

E.            Idea generator

 

16.       Usaha yang dilakukan dengan membuka usaha rekaman video untuk dokumentasi merupakan peluang usaha dibidang ……….

A.           Jasa

B.            Produksi

C.            Keuangan

D.           Kontraktor

E.            Manajement

 

17.       Peluang usaha atau peluang bisnis dapat ditekankan diberbagai bidang kehidupan  mulai dari pendidikan, produksi, distribusi, transfortasi dan sebagainya. Berikut ini merupakan contoh peluang bisnis dibidang jasa yaitu ……..

A.           Salon kecantikan dan pemasok sembako

B.            Salon kecantikan, bengkel dan laundry

C.            Penjualan kartu perdana

D.           Pembuatan tempe

E.            Produksi makanan ringan

 

18.    Berikut ini yang merupakan  syarat-syarat sumber informasi  dari peluang usaha adalah……….

A.           Lengkap dapat dipercaya dan aktual

B.            Lengkap padat dan berisi

C.            Lengkap tajam dan sistematis

D.           Lengkap cepat dan bermanfaat

E.            Lengkap sistematis dan kronologis

 

19.         Harga produk ini dapat ditetapkan setinggi  mungkin karena perusahaan belum ada saingan dan produk ini dipasarkan untuk orang-orang kaya, adalah …

A.           Penetration price

B.            Skiming price

C.            Margin pricing

D.           Limming price

E.            Competitors price

 

20.         Untuk memperoleh Reputasi sebagai toko  murah, adakalanya toko tersebut memasang harga produk yang murah agar dikenal oleh masyarakat merupakan  ….

A.           Penetration price

B.            Skiming price

C.            Margin pricing

D.           Limming price

E.            Competitors price

 

21.       Kegiatan untuk memperoleh informasi  menyusun strategi agar merk tersebut menjadi merk yang kuat, merupakan ….

A.           Brand Image

B.            Brand equity

C.            Brand value

D.           Unbranderd goods

E.            Brand as Reference

 

22.         Sifat produk jasa mempunyai sifat tidak berwujud, karena tidak bisa dilihat atau diraba sebelum transaksi pembelian adalah ………

A.           Tidak berwujud (Intangibility)

B.            Tidak bisa dipisahkan (Inseparability)

C.            Berubah-ubah (variability)

D.           Daya Tahan (Perishability)

E.            Kualitatif  Produk

 

 

23.       Sesungguhnya jasa sangat mudah berubah-ubah, karena jasa sangat tergantung pada siapa yang menyajikan, kapan dan dimana disajikan  hal ini merupakan sifat jasa …

A.           Tidak berwujud (Intangibility)

B.            Tidak bisa dipisahkan (Inseparability)

C.            Berubah-ubah (variability)

D.           Daya Tahan (Perishability)

E.            Kualitatif  Produk

 

24.       Dalam ilmu pemasaran kita harus mengenal strategi 4 P yaitu : Product, Price, Place, Promotion. Tempat/ lokasi usaha adalah  …..

A.           Promotion

B.            Price

C.            Product

D.           Place

E.            People

 

25.         Bentuk komunikasi yang digunakan oleh perusahaan (pemasaran) untuk memberi tahu (informasi) membujuk, jasa merupakan pengertian dari……..

A.           Adventensi

B.            Menjual

C.            Promosi

D.           Produk

E.            Membeli

 

26.          Kemampuan produk untuk dipasarkan adalah nama lain dari……..

A.           Marketability

B.            Manufacturability

C.            Servicebility

D.           Penggunaan kelompok

E.            Penggunaanindividu

 

 

 

27.       Contoh dibawah ini mana yang bukan klasifikasi bisnis yang dikembangkan di Indonesia….

A.           Usaha produksi

B.            Usaha pertanian

C.            Industri

D.           Usaha tabungan

E.            Usaha jasa

 

28.       Media promosi yang paling banyak digunakan oleh pemasar sebab memiliki keunggulan cepat dalam menyebarkan informasi dan kemampuan  untuk diingat dalam waktu singkat. Bentuk ini  yang biasa digunakan antara lain brosur, poster, selebaran, billboard dan sebagainya adalah ……

A.           Bauran Promosi

B.            Publicity

C.            Sales Promotion

D.           Advertensi (iklan)

E.            Direct Marketing

 

29.         komunikasi langsung antara penjual dan calon pelanggan untuk 
memeprkenalkan suatu produk. Contohnya penjulan dengan jasa sales, penjulan lewat toko, pasar malam, persentasi penjualan disebut ……….

A.           Bauran Promosi

B.            Personal Selling

C.            Sales Promotion

D.           Advertensi (iklan)

E.            Direct Marketing

 

30.         Akte pendirian perusahaan harus dibuat dikantor…

A.           Kelurahan

B.            Notaris

C.            Kecamatan

D.           Kabupaten/kotamadya

E.            RW

 

31.         SIUP yang diterbitkan untuk perusahaan yang menyetorkan modal atau memiliki kekayaan bersih sampai dengan Rp 200 juta, diluar nilai tanah dan bangunan tempat usaha tersebut….

A.           SIUP besar

B.            SIUP menengah

C.            SIUP kecil

D.           SIUP standar

E.            SIUP sedang

 

32.         Wajib daftar perusahaan sesuai dengan ketentuan undang-undang No 3 Tahun 1982 tentang wajib daftar disebut…..

A.           NPWP (Nomor Pokok Wajib Pajak)

B.            TDP (Tanda Daftar Perusahaan)

C.            SITU (Surat Izin Tempat Usaha)

D.           SIUP (Surat Izin Usaha Perdagangan)

E.            Akta Pendirian

 

33.         Perusahaan yang dapat memenuhi kewajiban keuangan baik dan bersifat jangka pendek maupun jangka panjang disebut ……..

A.           Likuid tetapi insolvable

B.            Likuid dan Insolvabel

C.            Likuid dan solvable

D.           Likuis tetapi solvable

E.            Likuid

 

34.       Salah satu bentuk dan rasio rentabilitas untuk mengukur kemampuan perusahaan adalah

A.           Renturn on Equity

B.            Operating Income Rostio

C.            Net profit margin

D.           Ratio Equity

E.            Return on Investment

 

 

35.         Rasio yang menunjukan kemampuan pengelolaan perusahaan dalam memenuhi kewajiban/membayar utang jangka pendeknya disebut……..

A.           Rentabilitas

B.            Likuiditas

C.            Solvabilitas

D.           Rasionalisasi

E.            Rasionalisme

 

36.         Alat  pemasaran yang paling ampuh karena hampir semua orang dari berbagai latar belakang yang berbeda, sangat aktif digunakan adalah…

A.           Door to Door

B.            Sosial media

C.            Memilih Event-Event

D.           Memberi Sample

E.            Berkunjung ke Customer

 

37.         Suatu penurunan harga barang dan jasa secara umum dalam perekonomian adalah……….

A.           Inflasi

B.            Deflasi

C.            Produktifitas

D.           Investasi

E.            Corporete Social  Responcibility

 

38.     Suatu konsep atau tindakan yang dilakukan oleh perusahaan sebagai rasa tanggung jawab perusahaan terhadap sosial maupun lingkungan terhadap kegiatan bisnis adalah………….

A.           Inflasi

B.            Deflasi

C.            Produktifitas

D.           Investasi

E.            Corporate Social  Responcibility

 

39.     Sikap karyawan terkait dengan kerja dan kompensasi yang diterima karyawan.attitude pilihan dalam menentukan cara pandang terhadap kondisi eksternal yang di hadapi dengan mengubah dan menyesuaikan kondisi internet  disebut ……

A.           Worker performance and attitude

B.            Manager performance and development

C.            Physical and financial resources

D.           Market standing(penguasa pasar)

E.            Public responsibility

 

40.     Masyarakat yang menggunakan, memanfaatkan, mengajukan permintaan barang/jasa adalah …………..

A.           Kreditur

B.            Pemilik

C.            Pekerja

D.           konsumen

E.            Pemasok

 

 

II.      JAWABLAH DENGAN SINGKAT DAN BENAR !

 

1.             Sebutkan bentuk-bentuk pasar menurut strukturnya ?

2.             Jelaskan jenis produk barang berdasarkan tujuan pemakaiannya ?

3.             Sebutkan Dokumen yang diperlukan untuk membuat Surat Izin Tempat Usaha (SITU) ?

4.             Jelaskan perbedaaan antara Skimming Price dengan Penetration Price ?

5.             Jelaskan tiga (3) jenis  riset pemasaran berdasarkan tujuannya ?

 

 

 

 

 

 

 

 

Kunci Jawaban

Paket B

 

1

C

11

A

21

B

31

C

2

B

12

C

22

A

32

B

3

D

13

A

23

C

33

C

4

C

14

D

24

D

34

E

5

D

15

C

25

C

35

B

6

D

16

A

26

A

36

B

7

A

17

B

27

D

37

B

8

A

18

A

28

D

38

E

9

C

19

B

29

B

39

A

10

C

20

A

30

B

40

D

 

 

II.

1.       Bentuk-bentuk pasar menurut strukturnya adalah :

* Pasar persaingan sempurna

Pasar persaingan sempurna merupakan sebuah jenis pasar dengan jumlah penjual dan pembeli yang sangat banyak dan produk yang dijual bersifat homogeny

·                Pasar monopoli adalah suatu bentuk pasar di mana hanya terdapat satu penjual yang menguasai pasar. Penentu harga pada pasar ini adalah seorang penjual atau sering disebut sebagai “monopolis”. Sebagai penentu harga (price-maker)

·                Pasar persaingan monopolistik adalah salah satu bentuk pasar di mana terdapat banyak produsen yang menghasilkan barang serupa tetapi memiliki perbedaan dalam beberapa aspek. Penjual pada pasar monopolistik tidak terbatas,

·                Pasar Oligopoli adalah adalah pasar di mana penawaran satu jenis barang dikuasai oleh beberapa perusahaan. Umumnya jumlah perusahaan lebih dari dua tetapi kurang dari sepuluh. Dalam pasar oligopoli,

 

 

2.       jenis produk barang berdasarkan tujuan pemakaiannya :

*        Shopping Goods

                   Barang yang memerlukan pertimbangan kualitas, harga, gaya, kemasan

dan jenis. Contoh : TV, jam tangan, kulkas, permata dan sebagainya

·                Convinience Goods

Barang konsumsi yang sifatnya mudah dicari bila diperlukan setiap saat dan tersedia ditoko/warung terdekat, contoh : sabun, gula, permen, dan sebagainya

·  Speciality Goods

o      Barang kebutuhan konsumen, tetapi memerlukan pelayanan khusus dan terdapat ditoko/tempat tertentu, contoh : mobil mewah, jam mewah, permata dan sebagainya

·  Unsought Goods

Barang yang tidak dicari dan pemasarannya dengan cara mendatangi konsumen, misalnya ensiklopedia.

3.       Dokumen yang diperlukan untuk membuat Surat Izin Tempat Usaha (SITU), antara lain :

·                Fotocopy KTP permohonan

·                Foto permohonan ukuran 3 x 4 cm sebanyak 2 buah

·                Formulir isian lengkap dan sudah ditandatangani

·                Fotocopy pelunasan PBB tahun berjalan

·                Fotocopy IMB ( Izin Mendirikan Bangunan )

·                Fotocopy sertifikat tanah atau akta tanah

·                Denah lokasi tempat usaha

·                Surat pernyataan tidak keberatan dari tetangga ( Izin Tetangga ) yang diketahui RT / RW

·                Izin sewa atau kontrak

·                Surat keterangan domisili perusahaan

·                Fotocopy akta pendirian perusahaan dari notaries

·                Berita acara pemeriksaan lapangan

 

 

 

4.             Perbedaan skimming price (harga setinggi mungkin) dan penetration price (harga serendah mungkin)

Skimming Price adalah menetapkan harga produk setinggi mungkin, karena perusahaan belum memiliki saingan dan produk dipasarkan untuk orang kaya.

 

Penetration Price adalah kebijakan penetapan harga yang bertujuan untuk menerobos produk perusahaan lain masuk ke pasar.

 

5.             Berdasarkan tujuannya, riset pemasaran dapat diklasifikasikan ke dalam tiga kelompok:

Problem solving research, yaitu riset yang diselenggarakan untuk mengidentifikasi dan memecahkan masalah-masalah pemasaran.

Controlling research, yaitu riset yang diselenggarakan untuk melakukan pengawasan atau pengendalian proses bisnis dan pemasaran yang sedang berjalan.

Planning reseach, yaitu riset yang diselenggarakan untuk memperoleh informasi yang akan digunakan sebagai panduan kegiatan pemasaran dan perencanaan bisnis