1. Do’a qunut adalah sudah menjadi salah satu ciri amaliah jam’iyah NU, maka do’a qunut dibaca pada waktu … .
a. i’tidal rakaat kedua
b. takbiratul ikhram
c. tahiyat akhir
d. i’tidal rakaat pertama
e. syujud rakaat kedua
2. Bermadzhab artinya mengikuti salah satu madzhab, dan madzhab itu sendiri artinya aliran/jalan, maka para alim ulama NU bersepakat , imam yang layak untuk dijadikan sebagai panutan hanya … . mujtahid.
a. tiga
b. empat
c. lima
d. enam
e. tujuh
3. Pesantren sebagai pusat studi Islam semakin kokoh, setelah ... .
a. berdirinya kerajaan-kerajaan Islam di Indonesia.
b. berdirinya perguruan – perguruan Islam di Timur Tengah
c. penguasaan pemerintah terhadap keberadaan pesantren sebagai sistim pendidikan
d. berdirinya organisasi Nahdlatul Ulama.
e. terbentuknya hubungan pesantren dengan pusat Islam di Timur Tengah
4. Karakteristik para mubaligh menunjukkan bahwa faham keagamaan yang berkembang di Indonesia adalah ... .
a. Syi’ah
b. Khawarij
c. Mu’tazilah
d. Salafiyah
e. Ahlussunnah wal jama’ah
5. Kitab-kitab standar dalam masalah aqidah, yang sejak semula sudah dikembangkan di Indonesia, adalah kitab-kitab dari ulama … .
a. Asy’ariyah
b. Ibnu taimiyah
c. Qadariyah
d. Jabariyah
e. Syafi’iyah
6. Faktor utama yang menyebabkan pondok pesantren bisa berkembang dengan cepat adalah ... .
a. kurikulum pesantren yang luas
b. kharisma Kiyai yang simpatikdan ikhlas
c. dana besar yang disediakan oleh pesantren
d. dukungan pemerintah yang sangat kuat
e. Promosi besar-bsar yang dilakukan oleh pesantren
7. Seluruh warga pondok peantren dibentuk untuk mempunai jiwa keikhlasan artinya ... .
a. segala aktivitasnya tidak dimotivasikan oleh keuntungan dunia
b. adanya niatan sepenuhnya untuk membantu kiyai
c. adanya keyakinan bahwa yang dilakukan adalah kebenaran
d. adanya keberanian untuk hidup apa adanya
e. segala perintah kiyai tidak boleh dibantah
8. Selain jiwa keikhlasan warga pesantren dibentuk dengan penanaman kejiwaan berikut, kecuali ...
a. jiwa kesederhanaan
b. jiwa persaudaraan
c. jiwa kebebasan
d. jiwa kepasrahan
e. kemandirian
9. Alasan santri tinggal di pesantren adalah sebagai berikut, kecuali ... .
a. bisa lebih intensif dalam mengaji
b. mengabdikan diri kepada kiyai
c. mendapatkan pengalaman hidup disiplin
d. melatih keuletan, kemandirian, dan kesetiakawanan
e. mendalami dan menghayati nilai-nilai keikhlasan
10. Ahlussunnah wal jamaah bukan merupakan reaksi dari timbulnya beberapa aliran dalam Islam, karena ... .
a. Ahlussunnah wal jamaah sudah ada sejak zaman Rasulullah dan para sahabatnya
b. Aliran ahlussunnah wal jamaah muncul sebelum munculnya aliran-aliran yang ada
c. Ahlussnnah wal jamaah pada hakekatnya bukan aliran tetapi hanya sekedar faham.
d. munculnya ajaran ahlussunnah wal jamaah hanya untuk meluruskan aliran-aliran yang menyimpang.
e. Aliran ahlussunnah wal jamaah itu hanya ada di Indonesia
11. Ajaran Ahlussunnah wal jamaah sebenarnya sudah ada sejak Rasulullah, yaitu ... .
a. sahabat
b. ajaran agama Islam
c. ayat-ayat Al-Qur’an
d. wahyu Allah
e. ijtihat para sahabat
12. Timbulnya firqah dalam Islam, dimlai dengan munculnya ... .
a. pasukan Ali bin Abi Thalib dan Mu’awiyah bin Abi Sufyan
b. golongn syi’ah dan khawarij
c. faham qadariyah dan jabbariyah
d. ajaran mu’tazilah dan ahlussunnah wal jamaah
e. organisasi Nahdlatul Ulama’ dan Muhammadiyah
13. Tokoh yang mempopulerkan Ahlussunnah wal jama’ah adalah ... .
a. Ali bin Abi Thalib
b. Imam Hanafi, Maliki, Syafi’i, dan Imam Hambali
c. Imam Al Ghazali
d. Abu Hasan Al Asy’ari dan Abu Mansur Al Maturidi
e. KH. Hasyim Asy’ari
14. Langkah Khalifah Utsman bin Affan untuk membukukan Al-qur’an, dan melarang peredaran Alqur’an yang berbeda dengan mushhaf yang telah dibukukannya, bertujuan untuk ... .
a. mencari popularitas sebagai khalifah Islam
b. mencsucikan Al-Qur’an, dan membedakanya dengan tulisan yang lain
c. menjadikan Al-Qur’an sebagai rujukan baku bagi seluruh kaum muslimin sepanjang masa
d. melaaksanakan perintah Khalifah Abu Bakar As Shiddiq daqn Umar bin Khattab
e. menjadikan agama Islam lebih baik dibanding dengan agama yang lain, karena mempunyai kitab suci yang baku
15. Tugas ulama generasi pewaris setelah mujtahid antara lain ... .
a. mngembangkan ajaran agama islam dari ijtihad para mujtahid sesuai dengan kebutuhan umat.
b. menterjemahkan kitab-kitab para mujtahid ke dalam berbagai bahasa
C. menjelaskan hasil ijtihad para mujtahid dengan menambahkan dalil alqur’an dan hadits
d. menafsirkan ayat alqur’an dan hadits sesuai dengan perkembangan zaman
e. membuka lembaga-lembaga pendidikaan sebagai tempat mengajarkan hasil ijtihad para mujtahid
16. Pengembangan ahlussunnah wal jamaah di Indonesia mulai mendapat tantangan setelah ... .
a. masuknya bangsa barat ke Indonesia
b. masuknya pembaruan Islam ke Indonesia
c. lahirnya Muhammadiyah
d. penjajahan bangsa Jepang atas Indonesia
e. kemerdekaan Indonesia
17. Jalur pendidikan yang diandalkan para ulama dalam mengembangkan dan melestarikan Ahlussunnah wal jamaah di Indonesia adalah ... .
a. madrasah diniyah
b. perguruan tinggie
c. pondok pesantren
d. majlis ta’lim
e. majlis halaqah
a. i’tidal rakaat kedua
b. takbiratul ikhram
c. tahiyat akhir
d. i’tidal rakaat pertama
e. syujud rakaat kedua
2. Bermadzhab artinya mengikuti salah satu madzhab, dan madzhab itu sendiri artinya aliran/jalan, maka para alim ulama NU bersepakat , imam yang layak untuk dijadikan sebagai panutan hanya … . mujtahid.
a. tiga
b. empat
c. lima
d. enam
e. tujuh
3. Pesantren sebagai pusat studi Islam semakin kokoh, setelah ... .
a. berdirinya kerajaan-kerajaan Islam di Indonesia.
b. berdirinya perguruan – perguruan Islam di Timur Tengah
c. penguasaan pemerintah terhadap keberadaan pesantren sebagai sistim pendidikan
d. berdirinya organisasi Nahdlatul Ulama.
e. terbentuknya hubungan pesantren dengan pusat Islam di Timur Tengah
4. Karakteristik para mubaligh menunjukkan bahwa faham keagamaan yang berkembang di Indonesia adalah ... .
a. Syi’ah
b. Khawarij
c. Mu’tazilah
d. Salafiyah
e. Ahlussunnah wal jama’ah
5. Kitab-kitab standar dalam masalah aqidah, yang sejak semula sudah dikembangkan di Indonesia, adalah kitab-kitab dari ulama … .
a. Asy’ariyah
b. Ibnu taimiyah
c. Qadariyah
d. Jabariyah
e. Syafi’iyah
6. Faktor utama yang menyebabkan pondok pesantren bisa berkembang dengan cepat adalah ... .
a. kurikulum pesantren yang luas
b. kharisma Kiyai yang simpatikdan ikhlas
c. dana besar yang disediakan oleh pesantren
d. dukungan pemerintah yang sangat kuat
e. Promosi besar-bsar yang dilakukan oleh pesantren
7. Seluruh warga pondok peantren dibentuk untuk mempunai jiwa keikhlasan artinya ... .
a. segala aktivitasnya tidak dimotivasikan oleh keuntungan dunia
b. adanya niatan sepenuhnya untuk membantu kiyai
c. adanya keyakinan bahwa yang dilakukan adalah kebenaran
d. adanya keberanian untuk hidup apa adanya
e. segala perintah kiyai tidak boleh dibantah
8. Selain jiwa keikhlasan warga pesantren dibentuk dengan penanaman kejiwaan berikut, kecuali ...
a. jiwa kesederhanaan
b. jiwa persaudaraan
c. jiwa kebebasan
d. jiwa kepasrahan
e. kemandirian
9. Alasan santri tinggal di pesantren adalah sebagai berikut, kecuali ... .
a. bisa lebih intensif dalam mengaji
b. mengabdikan diri kepada kiyai
c. mendapatkan pengalaman hidup disiplin
d. melatih keuletan, kemandirian, dan kesetiakawanan
e. mendalami dan menghayati nilai-nilai keikhlasan
10. Ahlussunnah wal jamaah bukan merupakan reaksi dari timbulnya beberapa aliran dalam Islam, karena ... .
a. Ahlussunnah wal jamaah sudah ada sejak zaman Rasulullah dan para sahabatnya
b. Aliran ahlussunnah wal jamaah muncul sebelum munculnya aliran-aliran yang ada
c. Ahlussnnah wal jamaah pada hakekatnya bukan aliran tetapi hanya sekedar faham.
d. munculnya ajaran ahlussunnah wal jamaah hanya untuk meluruskan aliran-aliran yang menyimpang.
e. Aliran ahlussunnah wal jamaah itu hanya ada di Indonesia
11. Ajaran Ahlussunnah wal jamaah sebenarnya sudah ada sejak Rasulullah, yaitu ... .
a. sahabat
b. ajaran agama Islam
c. ayat-ayat Al-Qur’an
d. wahyu Allah
e. ijtihat para sahabat
12. Timbulnya firqah dalam Islam, dimlai dengan munculnya ... .
a. pasukan Ali bin Abi Thalib dan Mu’awiyah bin Abi Sufyan
b. golongn syi’ah dan khawarij
c. faham qadariyah dan jabbariyah
d. ajaran mu’tazilah dan ahlussunnah wal jamaah
e. organisasi Nahdlatul Ulama’ dan Muhammadiyah
13. Tokoh yang mempopulerkan Ahlussunnah wal jama’ah adalah ... .
a. Ali bin Abi Thalib
b. Imam Hanafi, Maliki, Syafi’i, dan Imam Hambali
c. Imam Al Ghazali
d. Abu Hasan Al Asy’ari dan Abu Mansur Al Maturidi
e. KH. Hasyim Asy’ari
14. Langkah Khalifah Utsman bin Affan untuk membukukan Al-qur’an, dan melarang peredaran Alqur’an yang berbeda dengan mushhaf yang telah dibukukannya, bertujuan untuk ... .
a. mencari popularitas sebagai khalifah Islam
b. mencsucikan Al-Qur’an, dan membedakanya dengan tulisan yang lain
c. menjadikan Al-Qur’an sebagai rujukan baku bagi seluruh kaum muslimin sepanjang masa
d. melaaksanakan perintah Khalifah Abu Bakar As Shiddiq daqn Umar bin Khattab
e. menjadikan agama Islam lebih baik dibanding dengan agama yang lain, karena mempunyai kitab suci yang baku
15. Tugas ulama generasi pewaris setelah mujtahid antara lain ... .
a. mngembangkan ajaran agama islam dari ijtihad para mujtahid sesuai dengan kebutuhan umat.
b. menterjemahkan kitab-kitab para mujtahid ke dalam berbagai bahasa
C. menjelaskan hasil ijtihad para mujtahid dengan menambahkan dalil alqur’an dan hadits
d. menafsirkan ayat alqur’an dan hadits sesuai dengan perkembangan zaman
e. membuka lembaga-lembaga pendidikaan sebagai tempat mengajarkan hasil ijtihad para mujtahid
16. Pengembangan ahlussunnah wal jamaah di Indonesia mulai mendapat tantangan setelah ... .
a. masuknya bangsa barat ke Indonesia
b. masuknya pembaruan Islam ke Indonesia
c. lahirnya Muhammadiyah
d. penjajahan bangsa Jepang atas Indonesia
e. kemerdekaan Indonesia
17. Jalur pendidikan yang diandalkan para ulama dalam mengembangkan dan melestarikan Ahlussunnah wal jamaah di Indonesia adalah ... .
a. madrasah diniyah
b. perguruan tinggie
c. pondok pesantren
d. majlis ta’lim
e. majlis halaqah