Modernisasi di Indonesia

Sebagaimana bangsa-bangsa lain di dunia, bangsa Indonesia sedang menggalakkan pembangunan dan modernisasi dalam berbagai aspek kehidupan. Kita harus bersyukur terhadap Tuhan YME karena pembangunan dan modernisasi di Indonesia telah berjalan dengan lancar selama ini.
Pembangunan dan modernisasi pada dasarnya diarahkan untuk menciptakan kondisi masyarakat yang lebih baik dibandingkan dengan kondisi yang ada Modernisasi yang dilakukan oleh bangsa Indonesia mencakup bidangbidang berikut ini.

1. Modernisasi di Bidang Teknologi
Teknologi tidak dapat dilepaskan dari aktivitas kehidupan manusia.  Diawali dengan penggunaan teknologi sederhana seperti kapak untuk menebang pohon atau gerobak untuk mengangkut barang. Kemudian, manusia mengembangkan teknologi tersebut dengan menciptakan teknologi yang lebih maju seperti gergaji mesin untuk menebang pohon dan truk bermesin diesel untuk mengangkut barang.
Gejala modernisasi di bidang teknologi ditandai dengan perkembangan teknologi seperti munculnya teknologi yang lebih maju dari teknologi yang sudah ada sebelumnya. Adanya kemajuan dalam penggunaan teknologi membuat pekerjaan menjadi lebih mudah dan memberikan hasil yang lebih banyak sehingga manusia secara berangsur-angsur meninggalkan teknologi lama dan menggunakan teknologi baru.
Gejala modernisasi yang demikian juga terjadi di Indonesia. Masyarakat Indonesia mulai mengembangkan berbagai macam teknologi untuk mempermudah pekerjaan dan meningkatkan hasil produksi dari pekerjaan tersebut
Modernisasi teknologi di Indonesia dapat kita lihat melalui perkembangan penggunaan teknologi yang digunakan, dari teknologi sederhana, teknologi menengah, dan teknologi canggih. Teknologi sederhana adalah jenis teknologi yang tidak memerlukan keahlian khusus untuk mengoperasikannya, seperti gerobak, cangkul, parang, dan tombak. Teknologi menengah adalah jenis teknologi yang sudah mulai memerlukan keahlian tertentu untuk mengoperasikannya, seperti mesin jahit, sepeda motor, atau mesin penggiling padi. Adapun teknologi canggih adalah teknologi yang terdiri atas banyak komponen dan memerlukan keahlian khusus untuk mengoperasikannya, seperti komputer dan pesawat terbang.

2. Modernisasi di Bidang Ekonomi
salah satu gejala yang muncul dalam modernisasi ekonomi adalah terjadinya industrialisasi. Apa yang dimaksud dengan industrialisasi? Industrialisasi merupakan proses pergantian dari penggunaan tenaga manual menjadi penggunaan tenaga mesin. Industrialisasi merupakan salah satu cara yang dapat dilakukan untuk mewujudkan modernisasi di bidang ekonomi. Modernisasi dan pembangunan di bidang ekonomi mempunyai satu tujuan, yaitu mencapai kehidupan bangsa yang sejahtera. Namun, kesejahteraan bangsa tidak hanya diukur dari tingginya pendapatan masyarakat dan pendapatan negara. Tingginya pendapatan masyarakat masih harus diukur berdasarkan pemerataan akan hasil-hasil pembangunan ekonomi bagi masyarakat secara adil. Untuk itulah, diperlukan usaha-usaha untuk mencapai tujuan tersebut.

3. Modernisasi di Bidang Ilmu Pengetahuan dan Pendidikan
Pembangunan di bidang ilmu pengetahuan dan pendidikan ditujukan untuk mengejar ketertinggalan bangsa dari laju pertumbuhan bangsa lain. Pembangunan di bidang ilmu pengetahuan dan pendidikan akan mendukung peningkatan kemampuan sumber daya manusia yang berkualitas dan mampu berdaya saing. Sumber daya manusia yang berkualitas dapat mendorong lebih cepat lajunya modernisasi dan perubahan sosial budaya. Salah satu cara untuk mewujudkan pembentukan sumber daya manusia berkualitas adalah didirikannya lembaga-lembaga ilmu pengetahuan dengan berbagai macam penelitiannya.
Modernisasi ilmu pengetahuan dan teknologi menjadi jembatan dalam proses Indonesia dari negara berkembang menjadi negara maju. Ilmu pengetahuan merupakan usaha sadar untuk menyelidiki, menemukan, dan meningkatkan pemahaman manusia dari berbagai segi kenyataan dalam alam manusia. Sementara pendidikan diartikan sebagai usaha sadar dan terencana

4. Modernisasi di Bidang Komunikasi, Informasi, dan Transportasi

5. Modernisasi Bidang Politik dan Ideologi
Sistem perwakilan rakyat dalam pemerintahan dapat disebut sebagai salah satu hasil modernisasi yang memengaruhi perubahan sosial budaya dalam masyarakat. Modernisasi telah merambah semua bidang kehidupan.
Tidak terkecuali bidang politik dan ideologi. Kehidupan politik erat kaitannya dengan proses yang melibatkan kenegaraan dan ketatanegaraan, di antaranya meliputi lembaga-lembaga negara, dasar pemerintahan, sistem pemerintahan, penyelenggaraan pemilihan umum. Adapun ideologi merupakan rangkaian konsep suatu cita-cita yang diemban dan diidam-idamkan oleh suatu kelompok/ golongan, gerakan massa, dan negara. Jadi, istilah ideologi bermakna sebagai kumpulan konsep bersistem yang dijadikan asas pendapat untuk memberikan arah dan tujuan demi kelangsungan hidup. Lalu, apakah yang dimaksud dengan modernisasi politik dan ideologi?
Kehidupan politik dan ideologi sangat erat kaitanya dengan sistem demokrasi suatu negara. Kamu sudah tahu bukan, bahwa perjalanan demokrasi di Indonesia telah banyak mengalami perubahan? Perubahan yang pernah dilakukan oleh Indonesia berkaitan dengan kehidupan demokrasi adalah demokrasi parlementer, demokrasi terpimpin, dan demokrasi Pancasila. Perkembangan politik di Indonesia tersebut telah kamu pelajari pada Tema 2 buku ini. Perkembangan politik dan ideologi di Indonesia mencapai tahap kemajuan seiring dengan modernisasi masyarakat Indonesia dalam mewujudkan kesatuan dan persatuan negara RI yang berideologikan Pancasila. Pancasila sebagai landasan ideologi bangsa berperan penting dalam aktivitas politik dan ideologi masyarakat. Bagaimanakah modernisasi politik dan ideologi di Indonesia? Modernisasi politik dan ideologi yang terjadi di negara berkembang seperti Indonesia dapat berperan penting dalam proses modernisasi secara total di berbagai bidang kehidupan dengan dipicu modernisasi bidang ekonomi dan sosial.
Gejala modernisasi politik dan ideologi di Indonesia banyak ditandai oleh berbagai sikap politik masyarakat yang mulai mengesampingkan sikap primordial, kesukuan, kedaerahan, dan sejenisnya atau juga pemilihan kepemimpinan berdasarkan prestasi.

6. Modernisasi di Bidang Keagamaan
Salah satu modernisasi dalam bidang keagamaan adalah aplikasi dari kitab suci yang bisa diinstall di komputer dan smartphone.
Keberagaman dalam bidang keagamaan di Indonesia menunjukkan bahwa bangsa Indonesia adalah bangsa yang religius.  Setelah agama masuk ke Indonesia kepercayaan lama yang dianut oleh mereka ternyata tidak hilang, sehingga terjadi percampuran antara agama dan kepecayaan. Mereka menganut agama namun tetap percaya pada animisme, dinamisme, dan sebagainya. Lalu bagaimanakah kehidupan keagamaan di Indonesia di era modernisasi?
Modernisasi bidang keagamaan dalam masyarakat Indonesia harus tetap diperhatikan agar tidak mengarah kepada sekularisasi atau pemisahan antara agama dan kehidupan dunia. modernisasi agama mempunyai landasan yang kuat dalam persoalan keimanan, ketakwaan, sikap toleransi, dan sebagainya. Dengan landasan yang kuat dalam bidang rohani, akan tercipta suatu masyarakat Indonesia yang serasi, selaras, dan seimbang antara bidang-bidang keduniaan dengan bidang-bidang keakhiratan.
Gejala modernisasi bidang keagamaan di Indonesia di antaranya adalah munculnya berbagai perpaduan antara unsur agama dan teknologi modern.Misalnya, elektronik yang memudahkan para pemeluk agama dalam membaca kitab suci, cara belajar kitab suci yang dipandu dengan media dan teknologi, penceramah/ pendakwah/penyebar agama yang menggunakan media untuk menyampaikan ajaran agamanya, dan masih banyak lagi. Dengan modernisasi bidang keagamaan yang terjadi di masyarakat ataupun di lingkungan pendidikan, diharapkan akan lahir sumber daya manusia yang berkualitas dengan ciri memiliki ketakwaan dan iman yang kuat serta mampu menguasai teknologi.

Sumber : buku k13 Ilmu Pengetahuan Sosial kelas IX