dokter spesialis ginjal

Dokter Spesialis Nefrologi

(oleh: Nadya)

Punya kerabat yang pernah berobat di dokter spesialis nefrologi? Apa yang dokter itu lakukan? Yuk, simak penjelasannya di bawah ini.

Dokter spesialis nefrologi adalah dokter spesialis yang menangani kesehatan dan penyakit ginjal. Dalam praktik medis, istilah ginjal berkaitan dengan semua yang melibatkan, memengaruhi, dan terletak di dekat ginjal. Oleh karena itu, nefrologis sering disebut dokter spesialis ginjal.

Sebagai cabang ilmu medis, nefrologi terdiri atas berbagai disiplin ilmu, yaitu:

Studi tentang fungsi ginjal normal


Penyebab dan diagnosa penyakit ginjal


Pengoatan penyakit ginjal akut atau kronis


Pelestarian fungsi ginjal


Transplantasi ginjal


Selain itu, nefrologi juga membawahi beberapa penyakit yang memengaruhi ginjal berupa gangguan sistemik, seperti vaskulitida sistemik (misal, ANCA vasculitis), autoimun (misal, lupus),  dan ginjal polikistik.

Biasanya, pasien yang dirujuk ke dokter spesialis nefrologi setelah menjalani urinalisis karena gagal ginjal akut, penyakit ginjal kronis, hematuria, proteinuria, batu ginjal, hipertensi, dan gangguan asam/basa (elektrolit).

Sejarah nefrologi

Kata “nefrologi” muncul pertama kali di konferensi Premier Congrès International de Néphrologie di Evian dan Jenewa pada 1—4 September 1960. Konferensi itu merupakan pertemuan pertama Perhimpunan Nefrologi Internasional (ISN). Bahasan utamanya adalah memajukan perawatan ginjal di seluruh dunia.

Pada 1964, National Kidney Foundation didirikan sebagai organisasi nasional yang mewakili pasien dan profesional yang mengobati penyakit ginjal di Amerika Serikat. Setelah kemuculan National Kidney Foundation, muncul berbagai organisasi nefrologi, seperti American Society of Nephrology (1966), American Nephrology Nurses'Association (1969), Asosiasi Pasien Ginjal Amerika, National Renal Administrators Association (1977), Perhimpunan Diagnostik dan Nefrologi Intervensional Amerika, dan Renal Support Network.

Selain Amerika, Inggris pun mendirikan organisasi nefrologi bernama Federasi Ginjal Nasional Inggris dan Asosiasi Psien Ginjal Inggris (BKPA). Kedua organisasi tersebut mewakili pasien dan dokter ginjal. Mereka bekerja sama dengan Kerangka Layanan Nasional untuk penyakit ginjal.

Spesialisasi dokter spesialis nefrologi

Nefrologi tidak hanya mengatasi gangguan ginjal, namun pencegahan dan manajemen penyakit ginjal dini juga diurusi oleh mereka. Namun, dokter spesialis nefrologi umumnya dipanggil untuk mengatasi gangguan ginjal primer yang bersifat kompleks atau lanjut.

Gangguan ginjal yang biasa ditangani oleh dokter spesialis nefrologi, antara lain:

Amiloidosis, penumpukan protein abnormal, yang disebut amiloid, di berbagai organ tubuh (termasuk ginjal)


Malformasi ginjal bawaan


Nefropati diabetik, penyebab utama penyakit ginjal


Glomerulonefritis, penyakit yang menyerang glomureli (unit kecil di ginjal yang merupakan tempat darah dibersihkan)


Kanker ginjal


Nefritis lupus, radang ginjal yang disebabkan oleh penyakit autoimun lupus


Sindrom nefrotik, kelainan yang menyebabkan tubuh mengeluarkan terlalu banyak protein dalam urin


Penyakit ginjal polikistik, kelainan genetik tempat sekelompok kista berkembang di dalam ginjal


Pielonefritis, sejenis infeksi saluran kemih di mana satu atau kedua ginjal terinfeksi


Gagal ginjal, di mana ginjal gagal menyaring produk-produk limbah dari darah


Obstruksi ginjal, yang disebabkan oleh batu ginjal, tumor, pembesaran prostat, dan kondisi lainnya


Stenosis ginjal, penyempitan pembuluh darah ke ginjal biasanya berhubungan dengan hipertensi kronis


Pendidikan nefrologi

Nefrologi adalah subspesialisasi penyakit dalam. Calon nefrologis harus menyelesaikan pelatihan yang sama dengan dokter penyakit dalam sebelum mengejar pelatihan tambahan di bidang nefrologi. Oleh karena itu, gelar dokter spesialis nefrologi di Indonesia adalah Sp.PD-KGH.

Minimal waktu belajar untuk menjadi dokter spesialisasi nefrologi adalah 9 tahun. Anda harus menyeselaikan sekolah kedokteran terlebih dahulu selama 4 tahun. Setelah mendapat gelar medis, Anda harus menyelesaikan residensi selama 3 tahun yang berfokus pada spesialis penyakit dalam. Setelah mendapat sertifikasi dalam kedokteran penyakit dalam, Anda harus belajar selama 2 tahun dalam spesialisasi nefrologi.

Sumber:

American College of Physcians. https://www.acponline.org/about-acp/about-internal-medicine/subspecialties/nephrology

Quigley, L., Masselink, L., Collins, A. (2016). The US Adult Nephrology Workforce 2016 Developments and Trends. Washington D.C.: American Society of Nephrologists.

Wikipedia. https://en.wikipedia.org/wiki/Nephrology