soal biologi kelas X lintas minat pAS UAS

1.        Ruang lingkup biologi yang paling mendasar setelah molekul adalah …..


A.      Jaringan
B.       Organ
C.       Sistem organ
D.      Organisme
E.       Sel


2.        Tingkatan organisasi kehidupan mulai dari yang terkecil secara berturut-turut adalah....
A.      Molekul – sel – jaringan – organ – individu – populasi – komunitas.
B.       Organ – individu – populasi – komunitas – ekosistem – bioma
C.       Molekul – jaringan – organ – sistem organ – individu – populasi
D.      Molekul – sel – jaringan – organ – sistem organ – individu – populasi
E.       Individu – populasi – komunitas – ekosistem – biosfer – bioma
3.        Cabang ilmu biologi yang mempelajari tingkat sel adalah....


A.      Sitologi
B.       Organologi
C.       Fisiologi
D.      Histologi
E.       Mikologi


4.        Untuk mempermudah mempelajari objek yang sangat beraneka ragam, perlu dilakukan klasifikasi. Cabang ilmu yang mempelajari klasifikasi adalah....


A.      Teratologi
B.       Taksonomi
C.       Botani
D.      Ekologi
E.       Embriologi


5.        Dalam hidupnya, manusia bergantung pada alam. Ilmu yang mempelajari hubungan timbal balik antara makhluk hidup dan lingkungannya adalah.....


A.      Ekosistem
B.       Morfologi
C.       Ekologi
D.      Taksonomi
E.       Genetika


6.        Hal yang bukan merupakan manfaat biologi adalah....
A.      Pemanfaatan virus dan bakteri untuk membuat senjata biologi
B.       Pembuatan bakteri pengurai plastik
C.       Penggunaan bakteri Thiobacillus sp. Untuk proses pemisahan logam
D.      Pembiakan tanaman dengan cara kultur jaringan
E.       Pembuatan tanaman transgenik
7.        Image result for gambar simbol tengkorak pada kemasan




       jika kemasan suatu bahan terdapat simbol seperti gambar di samping, artinya bahan tersebut bersifat.....


A.      Mudah menyala
B.       Korosif
C.       Toksin
D.      Iritasi
E.       Mudah meledak


8.        Untuk mengambil cairan dari dalam botol, maka kita menggunakan ….


A.      Tabung reaksi
B.       Gelas ukur
C.       Pipet
D.      Pinset
E.       kaca benda


9.        Berikut ini yang merupakan pengertian dari sistematika adalah.....


A.      Sesuai dengan kehendak hati
B.       Sesuai dengan prioritaas
C.       Sesuai dengan logika
D.      Sesuai dengan kenyataan yang ada
E.       Sesuai dengan langkah-langkah metode ilmiah


10.    Pada percobaan “ Pengaruh zat pakaian terhadap kehidupan ikan”, digunakan ikan dengan jumlah dan berat yang sama. Hal tersebut merupakan variabel.....


A.      Terikat
B.       Bebas
C.       Kontrol
D.      Respons
E.       Manipulasi


11.    Pada percobaan “Pengaruh limbah organik terhadap pertumbuhan tanaman bunga mawar”, digunakan bermacam-macam limbah, misalnya air bekas cucian beras, air bekas cucian ikan, air bekas cucian sayuran. Hal tersebut merupakan variabel......


A.      Terikat
B.       Bebas
C.       Kontrol
D.      Respons
E.       Pengganggu


12.    Perhatikan langkah-langkah metode ilmiah berikut.


1)        Mengumpulkan data
2)        Membuat kesimpulan
3)        Menemukan dan merumuskan masalah
4)        Menyusun hipotesis
5)        Melakukan percobaan
6)        Mengolah hasil percobaan


       Urutan langkah metode ilmiah yang benar adalah.....


A.      1-2-3-4-5-6
B.       2-1-3-5-4-6
C.       3-4-5-1-6-2
D.      4-5-1-2-3-6
E.       3-1-4-5-6-2


13.    Hal yang bukan kegiatan observasi adalah.....


A.      Melihat
B.       Mendengarkan
C.       Mengukur
D.      Membau
E.       Meramalkan


14.    Perhatikan masalah berikut “Adakah pengaruh perbedaan suhu udara terhadap kecepatan transpirasi pada tumbuhan talas?’. Variabel terikat dalam rumusan tersebut adalah.....


A.      Perbedaan suhu
B.       Kecepatan transpirasi
C.       Jenis tumbuhan talas
D.      Kondisi lingkungan
E.       Waktu percobaan


15.    Untuk membuktikan bahwa proses fotosintesis dipengaruhi oleh intensitas cahaya, perlu dilakukan......


A.      Observasi
B.       Hipotesis
C.       Komunikasi hasil
D.      Eksperimen
E.       Perumusan masalah


16.    Keanekaragaman hayati tingkat spesies dipengaruhi oleh .... dan ….. sehingga terdapat perbedaan ciri fisik, sifat atau kebiasaan antara spesies satu dengan yang lainnya.


A.      gen dan lingkungan
B.       tingkah laku dan gen
C.       gen dan faktor abiotik
D.      faktor abiotik dan biotik
E.       gen dan makanan


17.    Keanekaragaman tingkat gen terdapat pada kelompok tanaman….


A.      kelapa, nyiur dan pinang
B.       padi, pisang dan mahoni
C.       papaya, kelapa dan pinang
D.      pisang raja, pisang kapok dan pisang tanduk
E.       palem, mangga dan kelapa


18.    Baru – baru ini telah terdengar kabar bahwa spesies Jalak bali atau  Leucopsar rothschildi telah terancam punah karena maraknya perburuan liar terhadap burung tersebut. Pemerintah akhirnya memindahkannya ke Kebun Binatang Surabaya. Upaya pemerintah tersebut merupakan …


A.      Usaha pelestarian In-Situ 
B.       Usaha pelestarian Ex-Situ 
C.       Usaha penangkaran
D.      Upaya pelestarian cagar alam
E.       Upaya pelestarian suaka marga satwa


19.    Garis Wallace dan garis Weber membagi wilayah Indonesia menjadi 3 yaitu….


A.      Indonesia bagian timur, tengah dan bara
B.       Australian, peralihan dan oriental
C.       neotropis, peralihan dan oriental
D.      tropis, peralihan dan subtropics
E.       Australian, peralihan, neotropis


20.    Manfaat keanekaragaman hayati bagi kehidupan manusia adalah sebagai berikut, kecuali ....


A.      untuk pemenuhan kebutuhan hidup
B.       sebagai sumber kebutuhan sandang
C.       sebagai sumber kebutuhan pangan
D.      sebagai sumber kekayaan pribadi

E.       sebagai sumber kekayaan papan


kunci
1.
E
11.
B
2.
D
12.
C
3.
A
13.
E
4.
B
14.
C
5.
C
15.
D
6.
A
16.
A
7.
E
17.
D
8.
C
18.
B
9.
E
19.
B
10.
C
20.
D