jika air laut kehilangan garam, apa yg terjadi?

VIVA – Tuhan telah menciptakan alam ini dengan keseimbangan dan keteraturan yang sulit dicerna secara logika. Ada langit, ada bumi, ada udara dan lain sebagainya. Secara alami, lautan mengandung garam dalam jumlah yang sangat besar. Apa jadinya jika karena sesuatu hal yang tidak terduga, tiba-tiba seluruh kandungan garam di lautan ini lenyap seketika?


Satu liter air laut mengandung sekitar 35 gram garam terlarut, jadi desalinasi (menghilangkan kandungan garam) seluruh laut akan menyebabkan menghilangkan 45 juta miliar ton garam. Penurunan berat secara tiba-tiba ini akan menekan dasar laut yang berkemungkinan besar akan memicu gempa bumi dahsyat dan gunung berapi meletus di seluruh dunia.


Karena air tawar kurang padat, lapisan es di Arktik akan menenggelamkan 10 cm ekstra ke dalam air, menciptakan gelombang pasang terbesar yang pernah ada di planet ini di sepanjang Eropa utara, Rusia dan Kanada.


Beberapa jam kemudian, hampir semua kehidupan laut akan mati saat sel-selnya membengkak dan pecah karena osmosis (molekul air bergerak menuju area konsentrasi garam yang lebih tinggi).