PENGEMBANGAN RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) ( DOKUMEN III)

 

PENGEMBANGAN RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) ( DOKUMEN III)

 

 

A.        Pengertian RPP

 

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) adalah rencana kegiatan pembelajaran tatap muka untuk satu pertemuan atau lebih, yang dilengkapi dengan instrument penilaian dari 3 (tiga) ranah KD, yaitu ranah pengetahuan, sikap dan keterampilan.

RPP dikembangkan dari silabus dan bertujuan untuk mengarahkan kegiatan pembelajaran peserta didik dalam upaya mencapai kompetensi. Pengembangan RPP dilaksanakan bersamaan dengan pengembangan silabus saat melakukan analisis SKL, KI, dan KD.

 

B.       Komponen RPP

 

No

Komponen

Keterangan

1.

Identitas

·      Nama Sekolah, Mata Pelajaran, Kelas/ Semester                                                                  : Tahun Pelajaran, dan Alokasi Waktu.

·      Format penulisan Alokasi waktu harus menunjukkan jumlah JP.

Contoh : Alokasi Waktu = 2 JP (2 x 45 menit)

 

·      Alokasi waktu (AW) untuk satu kali pertemuan minimal 2 JP, jika sebuah mapel memiliki AW = 3 JP maka harus dilaksanakan dalam satu pertemuan.

·      Jika pembelajaran sebuah mapel membutuhkan lebih dari

1 (satu) pertemuan, maka pada RPP harus dituliskan identitas pertemuannya (pertemuan ke 1, pertemuan ke 2, dan seterusnya)

2.

Kompetensi Inti

·      Sesuai dengan Perdirjen nomor: 464/D.D5/KR/2018

·      Untuk mapel selain Pendidikan Agama dan PKn, cukup mencantumkan KI-3 dan KI-4.

3.

Kompetensi Dasar

·      Kemampuan spesifik yang mencakup sikap, penge tahuan, dan keterampilan yang terkait muatan atau mata pelajaran.

·      Sesuai dengan Perdirjen nomor: 464/D.D5/KR/2018


 

4.

Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK)

·      Merupakan tahapan kompetensi yang harus dilalui siswa untuk mencapai kompetensi KD (ditunjukkan oleh KKO KD)

·      Setiap 1 (satu) KD minimal diturunkan menjadi 3 (tiga) IPK, dengan rincian; 2 IPK sebagai tahapan, dan 1 IPK target (kunci)

·      Satu IPK hanya untuk satu kompetensi Contoh : Menjelaskan persamaan kuadrat

5.

Tujuan Pembelajaran (TP)

·      Diturunkan dari setiap IPK, dengan demikian jumlah indicator sama dengan jumlah TP.

·      Komponen kalimatnya terdiri atas Audience (A), Behavior (B), Condition (C), dan Degree (D).

·      Kompenen behavior (B) diambilkan dari IPK

 

Contoh : melalui diskusi (C) siswa (A) dapat menjelaskan persamaan kuadrat (B) dengan benar (D)

6.

Materi Pelajaran

·      Disesuaikan dengan IPK yang diturunkan dari KD

7.

Metode dan/atau Model Pembelajaran

·      Nama    metode    dan/atau   model    pembelajaran               yang digunakan

·      Metode    dan/atau    model    pembelajaran                  disesuaikan dengan karakteristik materi pelajaran.

8.

Kegiatan Pembelajaran

·      Terdiri dari pendahuluan, kegiatan inti dan penutup

·      Kegiatan pendahuluan terdiri atas ; persiapan, apersepsi, informasi dan motivasi

·      Pada kegiatan inti, langkah pembelajaran mengacu pada sintaks dari model pembelajaran yang digunakan

·      Kegiatan penutup terdiri dari ; refleksi, resume dan penugasan

9.

Penilaian

·      Meliputi 3 (ranah), yaitu ; pengetahuan, keterampilan dan sikap.

·      Menyebutkan teknik/instrument yang digunakan untuk menilai pada masing-masing ranah.

·      Khusus pada penilaian pengetahuan, maka jumlah soal dalam instrument penilaian minimal sama dengan jumlah item tujuan pembelajaran.

10.

Alokasi Waktu

·      Disesuaikan dengan waktu yang sudah direncanakan dalam program semester.

11.

Sumber belajar

·      Mencantumkan semua referensi yang digunakan sebagai sumber belajar.

·      Jika berupa buku, maka harus dituliskan secara lengkap judul, tahun terbit, dan pengarang/ penerbitnya, begitu juga jika berupa web atau blog


Sesuai dengan Surat Edaran Mendikbud nomor 14 tahun 2019 tentang Penyederhanaan RPP, maka komponen utama RPP menjadi 3 (tiga) komponen yaitu:

1.  Tujuan Pembelajaran

2.  Langkah-langkah kegiatan Pembelajaran

3.  Penilaian Pembelajaran

Dari komponen-komponen diatas, guru boleh menambahkan komponen pendukung agar RPP lebih aplikatif, misalnya : Identitas sekolah, dan KD.