Latihan persiapan UAS PAS kelas X sejarah lintas minat kelas 10

1.      Kegiatan berikut yang bukan merupakan langkah-langkah penulisan sejarah yaitu ...
a.       Mencari sumber sejarah
b.      Menilai sumber sejarah
c.       Menyeleksi sumber sejarah
d.      Mempublikasikan sumber sejarah
e.       Mendeskripsikan sumber sejarah
2.      Rahmat berkunjung ke perpustakaan daerah. Ia sedang mengumpulkan sumber-sumber sejarah tentang seputar peralihan kekuasaan dari pemerintah Orde Baru ke pemerintahan Reformasi. Kegiatan Rahmat tersebut dalam tahap penelitian sejarah disebut ...
a.       Heuristik
b.      Historiografi
c.       Ekskavasi
d.      Verifikasi
e.       Interpretasi
3.      Ketika melakukan kritik ektern sumber sejarah, muncul pertanyaan; apakah sumber itu masih utuh atau sudah diubah-ubah. Persoalan ini menyangkut ...
a.       Autentisitas
b.      Reliabilitas
c.       Kredibilitas 
d.      Orisinalitas
e.       Integritas
4.      Seorang sejarawan menguji kesesuaian tanggal pembuatan dokumen dengan isi dokumen. Hal ini dilakukan untuk melihat ...
a.       Otentisitas sumber
b.      Kredibilitas sumber
c.       Kesalahan narasi
d.      Kesalahan interpretasi
e.       Kesalahan heuristik
5.      Cara penentuan usia suatu  benda peninggalan budaya berdasarkan lapisan tanah disebut ...
a.       Tipologi
b.      Geologi
c.       Stratigrafi
d.      Pateografi
e.       Heraldik
6.      Dalam teknik penulisan sejarah diperlukan bantuan beberapa ilmu lain diantaranya epigrafi, yaitu ilmu yang mempelajari tentang ...
a.       Peninggalan purbakala
b.      Prasasti
c.       Fosil
d.      Mata uang kuno
e.       Aksara kuno
7.      Keterangan yang diucapkan langsung oleh pelaku ataupun saksi peristiwa yang terjadi dimasa lalu merupakan ...
a.       Sumber tertulis
b.      Artefak
c.       Sumber primer
d.      Sumber sekunder
e.       Sumber lisan
8.      Dalam ilmu sejarah, Historiografi merupakan ...
a.       Proses melakukan verivikasi atau pengujian terhadap keaslian sumber sejarah
b.      Suatu teknik, suatu seni, yakni teknik mencari atau mengumpulkan sumber
c.       Rekontruksi yang imajinatif berdasarkan data yang diperoleh dari sumber – sumber sejarah
d.      Menafsirkan dahulu, dirangkaikan, dan disusun menjadi kisah sejarah yang utuh dan objektif
e.       Kesaksian dalam sejarah
9.      berikut ini yang termasuk ciri-ciri historiografi kolonial adalah ...
a.       Bersifat feodalistis-aristokratis
b.      Tidak begitu membedakan hal-hal yang khayal dan hal-hal yang nyata
c.       Bersifat Nedherlandosentris atau Eropasentris
d.      Bertujuan untuk menghomati dan meninggikan kedudukan Raja
e.       Bersifat religio magis
10.  Sejarawan yang merupakan pelopor penulisan sejarah Indonesia Modern adalah ...
a.       Koentowijoyo
b.      M. Yamin
c.       Moh. Ali
d.      Sartono Kartodirjo
e.       Soekarno

                             
I.       Soal uraian!
1.    Jelaskan keterkaitan antara peristiwa yang terjadi pada masa lampau dengan peristiwa masa kini?
2.    Bagaimana jika seorang sejarawan tidak menggunakan sumber sejarah dalam penulisan sejarah?
3.    Jelaskan keterkaitan berpikir sejarah secara diakronis dan sinkronis?
4.    Sebutkan 3 contoh tentang sejarah lokal?
5.    Berkaitan dengan langkah-langah penelitian sejarah, apa yang dilakukan oleh sejarawan sebelum melakukan tahap interpretasi? Dan apa tujuannya?




Selamat Mengerjakan


1.      D
2.      A
3.      E
4.      A
5.      C
6.      E
7.      E
8.      C
9.      C
10.  D



Skor = 1,2
      

II. URAIAN                                      
FORMAT PEDOMAN PENSKORAN

No. Soal/ Bobot
Kunci/Kriteria Jawaban
Skor
1.
Mudah
              Peristiwa masa lalu berkaitan erat dengan peristiwa setelahnya. Di dalam sejarah, dinyatakan bahwa segala sesuatu yang tersed ia pada masa sekarang merupakan produk dari perkembangan pada masa lalu atau masa sebelumnya, sedangkan banyak keadaan atau kecenderungan yang terjadi pada masa sekarang akan menentukan masa yang akan datang. Dengan kata lain, pada masa kini tersimpan masa lalu, dan di masa yang akan datang tersimpan masa kini. Dengan demikian, sejarah atau kejadian masa lalu itu memuat penjelasan tentang-apa-apa yang akan terjadi pada masa sekarang dan apa-apa yang dapat terjadi pada masa yang akan datang. Oleh karena itu, sejarah dapat digunakan sebagai modal bertindak di masa kini dan menjadi acuan untuk perencanaan masa yang akan datang.


Skor Maksimum
8



No. Soal/ Bobot
Kunci/Kriteria Jawaban
Skor
2.
Sedang
            Sumber sejarah adalah sesuatu yang secara langsung atau tidak langsung menyampaikan kepada kita tentang kenyataan masa lalu. Andanya sumber sejarah merupakan bukti dan fakta kenyataan sejarah serta sebagai bahan rujukan dalam penulisan sejarah sehingga tanpa adanya sumber sejarah maka sejarawan mustahil dapat mengungkap tentang peristiwa masa lalu.


Skor Maksimum
8



No. Soal/ Bobot
Kunci/Kriteria Jawaban
Skor
3.
Sedang

             Sejarah adalah proses, dalam kata lain sejarah adalah perkembangan. Ilmu sejarah sendiri memiliki sifat yang diakronis yaitu memanjang dalam waktu dan dalam ruang yang terbatas. Sejarah mengenal adanya suatu proses kontinuitas atau berkelanjutan. Sedangkan ilmu sosial itu bersifat sinkronis (menekankan struktur) artinya  ilmu sosial meluas dalam ruang. Pendekatan sinkronis menganalisa sesuatu tertentu pada saat tertentu, titik tetap pada waktunya. Kedua ilmu ini saling berhubungan ( ilmu sejarah dan ilmu – ilmu sosial ). Kita ingin mencatat bahwa ada persilangan antara sejarah yang diakronis dan ilmu sosial lain yang sinkronis Artinya ada kalanya sejarah menggunakan ilmu sosial, dan sebaliknya, ilmu sosial menggunakan sejarah Ilmu diakronis bercampur dengan sinkronis.



Skor Maksimum
9




No. Soal/ Bobot
Kunci/Kriteria Jawaban
Skor
4.
Sukar
1.      Asal usul kota Banyuwangi
2.      Sejarah Raja Jayabaya Kadhiri
3.      Sejarah pemberontakan Ronggolawe di Tuban

Skor Maksimum
6




No. Soal/ Bobot
Kunci/Kriteria Jawaban
Skor
5.
Sukar
Sebelum melakukan tahap interpretasi atau penafsiran, sejarah terlebih dahulu harus melakukan kritik atau verifikasi. Kritik adalah sebuah kegiatan pengujian secara kritis terhadap sumber-sumber sejarah yang telah ditemukan, untuk memperoleh otentisitas dan dan kredibilitas. Tujuan utama kritik sumber adalah untuk menyeleksi data, sehingga diperoleh sebuah fakta.

Skor Maksimum
9