soal tata niaga

 

 

A.      Pilihan ganda

1.        Tahapan-tahapan proses perjalanan hidup produk dimulai dari peluncuran awal (soft launching), peluncuran resmi (grand launching), perubahan dari target awal, lalu mulai berjuang dan berkompetisi dengan produk-produk yang sejenis, hingga melewati persaingan dan kompetisi produk memiliki tingkat penerimaan/ penjualan/ distribusi yang luas dan tersebar.Pernyataan tersebut adalah definisi ...

A.                Diferensiasi product

B.                 Diversifikasi product

C.                 Product life cycle

D.                Market segmentation

E.                 Product lounching

 

2.      Perhatikan pernyataan berikut ini !

·       Kapasitas produksi yang tinggi

·       Memiliki laba yang besar bagi mereka yang dapat memimpin pasar

·       Cash Flow akan berada dalam kondisi Positif yang kuat

·       Pesaing yang lemah dan kalah bersaing akan mulai keluar dari pasar

·       Harga Produk mulai turun

Beberapa pernyataan diatas adalah ciri-ciri perusahaan yang berada dalam tahap ...

A.              Perkembangan

B.               Penurunan

C.               Kedewasaan

D.              Perkenalan

E.               Persaingan

 

3.      Membuat analisa pasar dalam kegiatan pemasaran adalah langkah penting dalam merancang kegiatan pemasaran yang berhasil, berikut beberapa hal yang berhubungan dengan analisa pasar kecuali ...

A.              Lokasi pasar

B.               Luasnya pasar

C.               Sifat pasar dan calon konsumen

D.              Karakteristik pasar dan calon konsumen

E.               Manfaat produk bagi konsumen

 

4.      Seorang manajer pemasaran harus dapat menguraikan struktur produk dengan menganalisis sasaran produk (target product) dan susunan produk yang tersedia cukup banyak untuk memenuhi kebutuhan para konsumen di pasaran.

Dalam langkah menganalisis pasar pernyataan diatas adalah  ...

A.                Menguraikan strukturpasar

B.                Mendefinisikan pasar yang relevan

C.                Menganalisis kebutuhan primer untuk pasar yang relevan

D.                Menganalisis kebutuhan selektif dalam pasar yang relevan

E.                 Menganalisis pasar target potensial

 

 

 

 

 

5.      Dalam perencanaan pemasaran terdapat beberapa elemen yang harus diperhatikan dalam kebehasilan kegiatan penjualan. Elemen yang mengharuskan manajer melihat kedepan, untuk mengetahui dan peluang penting yang mungkin dihadapi produk, dalam perencanaan pemasaran termasuk elemen ...

A.                Ringkasan eksekutif

B.                Situasi pemasaran sekarang

C.                Ancaman dan peluang

D.                Strategi pemasaran

E.                 Pasar sasaran

 

6.        Pernyataan dibawah ini yang bukan merupakan prosedur pengurusan surat ijin usaha pemasaran/perdagangan adalah ...

A.                Pemohon mendatangi unit perizinan, menerima buku pedoman, formulir surat permohonan izin.

B.                Menyiapkan dokumen persyaratan yang harus dilampirkan

C.                Meminta persetujuan dari para tetangga atas pendirian usaha

D.                Meneyerahkan formulir surat pemohonan izin yang sudah diisi beserta persyaratan untuk dilampirkan.

E.                 Melakukan wawancara dan memeriksa kelengkapan pemohon.

 

7.      Berikut ini adalah penerapan pemasaran on line terbaik adalah ...

A.                Memiliki akun diberagai media sosial yang potensial, bersikap dan berkomunikasi baik, menjalin banyak persahabatan, menawarkan produk yang dibutuhkan para follower (pengikut), memberikan informasi produk yang jelas dan apa adanya

B.                Memiliki akun salah satu media sosial, berkomunikasi hal yang penting saja, memilih banyak pertemanan, menjual produk yang diproduksi kepada pengikut (follower), memberikan informasi yang perlu tentang produk.

C.                Memiliki akun di situs group diskusi, berkomunikasi dengan tegas, memilih banyak teman diskusi, menjual produk yang tersedia kepada teman diskusi, memberikan informasi tentang produk yang tersedia

D.                Memiliki akun salah satu media sosial, berkomunikasi hal yang penting saja, memilih banyak pertemanan, menjual produk yang diproduksi kepada pengikut (follower), memberikan informasi yang perlu tentang.

E.                 Menjadi anggota komunitas yang memiliki banyak anggota sehingga potensi untuk berhasil menjual produk lebih terjamin.

 

8.      Seorang bisnismen mulai melakukan perencanaan promosi diawali dengan menetapkan tujuan promosi, bauran promosi dan media promosi. poin-poin tersebut dalam marketing mix termasuk komponen ...

A.                Product

B.                Promotion

C.                Price

D.                Place

E.                 Priority

 

 

 

 

 

9.      Berikut ini yang termasuk etika pengirman surat elektronik adalah ...

A.                Dalam mengutip tulisan orang lain, lakukan dengan mengutip seluruh tulisannya

B.                Mengirim lanjutkan (forward) surat elektronik dengan memikirkan lebih dahulu kegunaan bagi orang yang dituju

C.                Isi surat dapat memuat kata hate-speech

D.                Kolom subjek, boleh dikosongkan

E.                 Bertanya kepada penerima tentang artikel kiriman yang telah lampau

 

10.  Suatu metode yang menekankan pada berbagai faktor yang memengaruhi selera dan kesukaan pelanggan berdasarkan kemampuan dan kemauan pelanggan untuk membeli, manfaat yang diberikan produk dan perilaku konsumen secara umum, adalah penetapan yang yang didasarkan atas ...

A.                Permintaan

B.                Biaya

C.                Laba

D.                Persaingan

E.                 Penawaran

 

11.  Ciri-ciri pelanggan yang merasa tidak puas sebagai berikut :

A.                Loyal terhadap produk atau merk tertentu

B.                Adanya komunikasi dari mulut ke mulut yang bersifat positif.

C.                Mendatangi perusahan secara langsung untuk meminta garansi

D.                Perusahaan menjadi pertimbangan utama ketika membeli merek.

E.                 Mengikuti perkembangan produk

 

12.  Untuk menghargai komunikan maka komunikator harus memiliki etika sebagai berikut :

A.                Menyimak pembicaraan dengan seksama

B.                Pandai menangkap pembicaraan

C.                Menyampaikan isi pesan secara factual

D.                Siap mendengarkan

E.                 Menjabarkan referensi pesan kepada pendengar tertentu

 

13.  Dibawah ini yang bukan keuntungan menerapkan taktik dalam negosiasi bagi seorang negosiator...

A.                Melihat permasalahan sebenarnya yang sedang diperdebatkan di meja perundingan.

B.                Taktik juga dapat menguraikan kemadekan

C.                Dapat membantu untuk melihat potensi kekurangan dari lawan bisnisnya.

D.                Melindungi diri dari kecurangan yang berpotensi dilakukan negosiator.

E.                 Memahami kelebihan lawan

 

14.  Myzone melakukan promosi dengan menampilkan banyak orang yang berjoget dan secara serentak dan berirama. Maka Myzone menggunakan media promosi dengan menggunakan ...

A.                Kartu Nama

B.                Brosur

C.                Katalog

D.                Ambient Art

E.                 Flash Mob

 

 

15.  Menunjukkan perilaku pembelian secara teratur atau terdapat suatu kodisi dimana mewajibkan pelanggan membeli paling sedikit dua kali dalam selang waktu tertentu disebut ...

A.                Pelanggan setia

B.                Pelanggan cermat

C.                Pelanggan teliti

D.                Pelanggan acuh

E.                 Ekspresi pelanggan

 

16.  Menjadi penjual yang berhasil harus dapat mengenali sikap dan karakteristik konsumen dengan baik, terdapat beberapa jenis tipe pelangan, pelanggan yang tidak ceroboh membeli produk yang dibutuhkan, skala prioritas, asas manfaat dengan pertimbangan kemampuan dan daya beli tidak berpatok pada merek, model atau warna. Merupakan pelanggan bertipe ...

A.                Pelanggan rasional

B.                Pelanggan emosional

C.                Pelanggan setia

D.                Pelaggan pemarah

E.                 Pelanggan bermasalah

 

17.  Salah satu jenis pelayanan purna jual adalah ketersediaan garansi, berikut ini adalah layanan purna jual yang berhubungan garansi kecuali ...

A.                Ketersediaan pusat pelayanan purna jual (service center)

B.                Ketersediaan suku cadang

C.                Penggantian produk sejenis apabila terjadi kerusakan yang 
tidak dapat diperbaiki selama masa garansi yang 
diperjanjikan

D.                Penggantian suku cadang sesuai jaminan selama masa 
garansi yang diperjanjikan
.

E.                 Memiliki bukti transaksi yang meyakinkan

 

18.  Kegiatan komunikasi pemasaran yang tidak memperkenalkan produk tetapi organisasi pembuatanya dinamakan …

A.                Sales promotion

B.                Iklan

C.                Publisitas

D.                Brosur

E.                 Katalog

 

19.  Dokumen manakah yang digunakan dalam menghitung persediaan barang digudang dengan menggunakan metode FIFO ?

A.                Faktur pebelian

B.                Struk

C.                Kwitansi

D.                Bon

E.                 Nota penjualan

 

 

 

20.  Bukti transaksi yang berisikan perincian perhitungan penjualan barang secara kredit yang dibuat oleh pihak penjual dan disampaikan kepada pembeli adalah …

A.                Faktur

B.                Nota debet

C.                Nota kredit

D.                Kwitansi

E.                 Cek

 

21.  Mesin yang digunakanuntukmelayanikonsumen yang melakukanpembayaran non tunai/ alatpembayaranelektronikadalah ...

A.                Mesin EDC (Electronik Data Captures)

B.                Mesin EDC (Electronik Data Cart)

C.                Mesin EDC (Electronik Data Cardrider)

D.                Mesin EDC (Electronika Data Card)

E.                 Mesin EDC (Electronika Data Concep)

 

22.  Money detector adalah ...

A.                Alat yang digunakan untuk memeriksa apakah uang itu asli atau palsu

B.                Alat yang digunakan untuk memeriksa apakah kartu kredit itu asli atau palsu

C.                Alat yang digunakan untuk memeriksa apakah uang itu sah atau tidak

D.                Alat yang digunakan untuk memeriksa apakah kartu kredit itu sah atau tidak

E.                 Alat yang digunakan untuk memeriksa apakah bukti transaksi asli atau tidak

 

23.  Jika dalam setahun omzet penjualan Rp 12.000.000, perputaran piutang 6x, maka rata-rata piutang perusahaan setiap bulannya adalah ...

A.                Rp. 1.500.000

B.                Rp. 2.000.000

C.                Rp. 2.500.000

D.                Rp. 3.000.000

E.                 Rp. 3.500.000

 

24.  Perhatikan tabel berikut ini !

 

April

 

 

 

 

 

 

 

1

5

15

17

30

30

 

Persediaan

Pembelian

Penjualan

Penjualan

pembelian

penjualan

5000 unit

10000 unit

8000 unit

6000 unit

7500unit

2000 unit

 

 

@$10.00

@$11.00

@$12.00

@$13.00

@$10.00

@$13.00

Mei

4

5

15

Penjualan

Pembelian

penjualan

6000

10000

5000

 

@$12.00

@$11.00

@$13.00

 

 

 

 

Berdasarkan data diatas pilih jawaban yang paling benar:

Berapa persediaan bulan April dengan metode LIFO!

A.                $ 65.000,00

B.                $ 66.500,00

C.                $ 66.000,00

D.                $ 67.000,00

E.                 $ 68.000.00

 

25.  Setiap pemasukan dan pengeluaran persediaan dicatat dalam perkiraan yang berbedaya itu pembelian dan penjualan, dalam hal ini sistem pencatatan yang dipergunakan adalah

A.                Sistem perpetual

B.                Sistem priodik

C.                Metode LIFO

D.                Metode FIFO

E.                 Metode average

 

26.  Bank memberikan layanan umum kepada para nasabahnya yang diatur dalam KUHD berikut adalah salah satu jasa layanan umum yang diatur dalam KUHD ...

A.                Sertifikat deposito

B.                Sertifikat Bank Indonesia

C.                Wesel bank

D.                Pengiriman uang

E.                 Perdagangan surat berharga

 

27.  Penataanbarang dagangan di dalam kegiatan usaha dimana barang diletakkan secara terbuka sehingga konsumen dapat melihat, dan mengamati tanpa bantuan petugas adalah pengertian dari….

A.                Open interior display

B.                Self display

C.                Island display

D.                Window display

E.                 Dealer display

 

28.  Barang merupakan atribut yang secara fisik dapat diraba dalam bentuk nyata dan dikelompokkan dalam dua kelompok berdasarkan kepuasan dan kesejahteraan sertatujuan pemakaiannya. Untuk barang seperti detergent, fosfat tergolong dalam kelompok….

A.                Solutary product

B.                Pressing produk

C.                Desirable product

D.                Deficient product

E.                 Durable produk

 

 

 

 

 

 

 

29.  barang-barang yang dibeli setelah terlebih dahulu membanding-bandingkan kecocokan, kualitas, harga dan modal antara barang-barangsejenis, misalnya pakaian jadi, sepatu, perabot rumah tangga, dan lain-lainnya. Disebut dengan ...

A.              Specialty good

B.               Shopping good

C.               Durable good

D.              Non durable good

E.               Confenience good

 

30.  Produk dasar yang mampu memenuhi fungsi produk yang paling dasar (rancangan produk minimal agar dapat berfungsi) adalah ...

A.                Produk utama/inti (core benefit)

B.                Produk harapan (expected product)

C.                Produk generik

D.                 Produk pelengkap (augmented product)

E.                 Shopping product

 

31.  Atribut produk merupakan sesuatu yang melekat pada suatu produk. Dibawah ini adalah alasan atribut memegang peran yang penting bagi sebuah produk ...

A.                Karna atribut produk salah satu faktor yang dijadikan pertimbangan oleh konsumen ketika membeli produk tersebut.

B.                Karna atribut produk yang dijadikan alasan untuk mengenal produk bagi konsumen.

C.                Karna atribut produk yang dijadikan gambaran yang jelas untuk mengenal produk oleh konsumen.

D.                Karna atribut produk dijadikan petunjuk penentu manfaat yang diberikan kepada konsumen

E.                 Karena tribut produk adalah identitas produk

 

32.  Dibawah ini yang tidak termasuk ciri-ciri jasa…

A.                Tidak berwujud dan tidak memiliki sifat fisik

B.                Tidak dapat disimpan

C.                Proses produksinya banyak menggunakan factor manusia

D.                Pasarsulit diperluas ( lebih bersifat local)

E.                 Tidak dapat diproduksi secara masal

 

33.  Merancang suatu dekorasi swalayan sering dilakukan dalam rangka menarik costumer, diantaranya mewajibkan karyawannya untuk berpakaian serasi sesuai dengan tema yang berlaku, kegiatan ini dalam interior POP termasuk dalam…

A.                Theme setting display

B.                Posters, signs, and cards

C.                Rack display and case display

D.                 Ensemble display

E.                 Window display

 

 

 

34.  Mendesain layout penataan barang dagangan didalam kegiatan usaha dimana barang diletakan secara terbuka sehingga konsumen dapat melihat, dan mengamati tanpa bantuan petugas penjualan (Pramuniaga) ...

A.                Open interior display

B.                Window display

C.                Solary display

D.                Eksterior display

E.                 Ensemble display

 

35.  Semua aktivitas yang dilakukan untuk menjual barang atau jasa kepada konsumen akhir bagi pengguna pribadi dan bukan untuk bisnis adalah ....

A.                Usaha barang

B.                Usaha jasa

C.                Bisnis ritel

D.                Usaha bisnis

E.                 Waralaba

 

36.  Toko ritel yang memiliki volume penjualan yang besar, sistem swalayan adanya department alisasi dengan mark up yang rendah untuk memperoleh perputaran barang yang tinggia dalah  ....

A.                Supermarket

B.                Super store

C.                Hypermarket

D.                Discount store

E.                 Retail store

 

37.  Berikut ini yang bukan merupakan jenis-jenis bisnis retail berdasarkan tipe kepemilikanya adaalah ...

A.                 Waralaba

B.                Franchising

C.                 Independent retail Firm

D.                Corporate Chain

E.                 Service Retailing

 

38.  Perhatikan bagan dibawah ini !

Text Box: Produsen sen Text Box: Distributor
 

 

 


Dalam bisnis retail bagan di atas termasuk distribusi ...

A.                Langsung

B.                Semi langsung

C.                Tidak langsung

D.                Distribusi primer

E.                 Distribusi sekunder

 

39.  Permintaan pasarakan produk ritel mendorong para pelaku usaha ritel untuk mengkombinasikan beberapa kebijaksanaan untuk melayani konsumen cara ini adalah ....

A.                Strategi bisnis ritel

B.                Taktik bisnis ritel

C.                Kebijaksanaan bisnis ritel

D.                Kombinasi bisnis ritel

E.                 Etika bisnis ritel

 

40.  Kemampuan untuk melaksanakan suatu pemberian atau mengadakan suatu pinjaman, dengan janji pembayarannya akan dilakukan pada jangka waktu yang disepakati  ....

A.                Kemampuan membayar

B.                Kredit

C.                Janji pembayaran

D.                Rehabilitas

E.                 Solvabilitas

 

B.       Jawablah pertanyaan dibawah ini dengan bernar!

1.        Terdapat beberapa komponen dalam bauran pemasaran (marketing mix) sebutkan keempat koponen tersebut dengan lengkap!

2.        Dalam kegiatan menjual setiap konsumen akan memiliki keputusan untuk kembali bertransaksi atau tidak hal tersebut dipengaruhi oleh kepuasan yang dirasakan pelanggan. Tuliskan 3 ciri pelanggan yang puas !

3.        Terdapat 2 sistem yang biasaya digunakan untuk melakukan pencatatan administrasi gudang, sebutkan 3 sistem tersebut dengan lengkap dan benar!

4.        Atribut sangat penting untuk memperkenalkan produk kepada konsumen. Sebutkan apa saja hal yang menjadi komponen atribut produk!

5.        Sebutkan Faktor yang dapat mendorong usaha ritel berhasil  ?

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Jawaban Pilihan Ganda :

 

1

C

11

C

21

A

31

A

2

C

12

C

22

A

32

E

3

E

13

A

23

B

33

A

4

A

14

E

24

B

34

A

5

C

15

A

25

B

35

C

6

C

16

A

26

E

36

C

7

A

17

E

27

A

37

E

8

B

18

C

28

B

38

C

9

A

19

A

29

A

39

A

10

A

20

A

30

B

40

B

 

 

 

Kunci jawaban  Uraian :

1.        Komponen bauran pemasaran

·                    Produk

·                    Price

·                    Place

·                    Promotion

 

2.        Ciri pelanggan yang puas

a.                  Loyalterhadapprodukataumerktertentu

b.                  Adanyakomunikasidariulutkemulut yang bersifatpositif

c.                  Perusahaan menjadipertimbangLanutamaketikamembelimerek.

d.                 Mengikutiperkembanganproduk

 

3.        Sistem pencatatan dalam administrasi gudang

·                     Sistem prepetual

·                     Sistem periodik

 

4.        Komponen atribut produk

·                    Merk

·                    Sifat produk

·                    Sifat produk

·                    Kemasan label

 

5.        Faktor yang dapat mendorong usaha ritel berhasil 

a.                  lokasi usaha

b.                  harga yang tepat

c.                  suasana took

d.                 karakter khusus retailing.