A.
Pilihan ganda
1.
Tahapan-tahapan proses perjalanan hidup produk dimulai dari peluncuran
awal (soft launching), peluncuran
resmi (grand launching),
perubahan dari target awal, lalu mulai berjuang dan berkompetisi dengan produk-produk
yang sejenis, hingga melewati persaingan dan kompetisi produk memiliki tingkat penerimaan/
penjualan/ distribusi yang luas dan tersebar.Pernyataan tersebut adalah definisi ...
A.
Diferensiasi product
B.
Diversifikasi product
C.
Product life cycle
D.
Market segmentation
E.
Product lounching
2. Perhatikan
pernyataan berikut ini !
·
Kapasitas
produksi yang tinggi
·
Memiliki
laba yang besar bagi mereka yang dapat memimpin pasar
·
Cash
Flow akan berada dalam kondisi Positif yang kuat
·
Pesaing
yang lemah dan kalah bersaing akan mulai keluar dari pasar
·
Harga
Produk mulai turun
Beberapa pernyataan diatas adalah ciri-ciri perusahaan
yang berada dalam tahap ...
A.
Perkembangan
B.
Penurunan
C.
Kedewasaan
D.
Perkenalan
E.
Persaingan
3. Membuat analisa
pasar dalam kegiatan pemasaran adalah langkah penting dalam merancang kegiatan
pemasaran yang berhasil, berikut beberapa hal yang berhubungan dengan analisa
pasar kecuali ...
A.
Lokasi pasar
B.
Luasnya pasar
C.
Sifat pasar dan calon konsumen
D.
Karakteristik pasar dan calon konsumen
E.
Manfaat produk bagi konsumen
4. Seorang manajer pemasaran harus dapat menguraikan struktur produk
dengan menganalisis sasaran produk (target product) dan susunan produk yang
tersedia cukup banyak untuk
memenuhi kebutuhan para konsumen di pasaran.
Dalam
langkah menganalisis pasar pernyataan diatas adalah ...
A.
Menguraikan strukturpasar
B.
Mendefinisikan pasar yang relevan
C.
Menganalisis kebutuhan primer untuk pasar yang
relevan
D.
Menganalisis kebutuhan selektif dalam pasar yang
relevan
E.
Menganalisis pasar target potensial
5. Dalam
perencanaan pemasaran terdapat beberapa elemen yang harus diperhatikan dalam
kebehasilan kegiatan penjualan. Elemen yang mengharuskan manajer melihat kedepan, untuk mengetahui dan peluang
penting yang mungkin dihadapi produk, dalam perencanaan pemasaran termasuk elemen ...
A.
Ringkasan eksekutif
B.
Situasi pemasaran sekarang
C.
Ancaman dan peluang
D.
Strategi pemasaran
E.
Pasar sasaran
6.
Pernyataan dibawah ini yang bukan merupakan prosedur
pengurusan surat ijin usaha pemasaran/perdagangan adalah ...
A.
Pemohon mendatangi unit perizinan,
menerima buku pedoman, formulir surat permohonan izin.
B.
Menyiapkan dokumen persyaratan
yang harus dilampirkan
C.
Meminta persetujuan dari para
tetangga atas pendirian usaha
D.
Meneyerahkan formulir surat
pemohonan izin yang sudah diisi beserta persyaratan untuk dilampirkan.
E.
Melakukan wawancara dan memeriksa kelengkapan
pemohon.
7. Berikut ini
adalah penerapan pemasaran on line terbaik adalah ...
A.
Memiliki akun diberagai media
sosial yang potensial, bersikap dan berkomunikasi baik, menjalin banyak
persahabatan, menawarkan produk yang dibutuhkan para follower (pengikut),
memberikan informasi produk yang jelas dan apa adanya
B.
Memiliki akun salah satu media
sosial, berkomunikasi hal yang penting saja, memilih banyak pertemanan, menjual
produk yang diproduksi kepada pengikut (follower), memberikan informasi yang
perlu tentang produk.
C.
Memiliki akun di situs group
diskusi, berkomunikasi dengan tegas, memilih banyak teman diskusi, menjual
produk yang tersedia kepada teman diskusi, memberikan informasi tentang produk
yang tersedia
D.
Memiliki akun salah satu media
sosial, berkomunikasi hal yang penting saja, memilih banyak pertemanan, menjual
produk yang diproduksi kepada pengikut (follower), memberikan informasi yang
perlu tentang.
E.
Menjadi anggota komunitas yang
memiliki banyak anggota sehingga potensi untuk berhasil menjual produk lebih
terjamin.
8. Seorang
bisnismen mulai melakukan perencanaan promosi diawali dengan menetapkan tujuan
promosi, bauran promosi dan media promosi. poin-poin tersebut dalam marketing
mix termasuk komponen ...
A.
Product
B.
Promotion
C.
Price
D.
Place
E.
Priority
9. Berikut ini yang termasuk etika pengirman surat elektronik adalah ...
A.
Dalam mengutip tulisan orang
lain, lakukan dengan mengutip seluruh tulisannya
B.
Mengirim lanjutkan (forward)
surat elektronik dengan memikirkan lebih dahulu kegunaan bagi orang yang dituju
C.
Isi surat dapat memuat kata hate-speech
D.
Kolom subjek, boleh dikosongkan
E.
Bertanya kepada penerima tentang
artikel kiriman yang telah lampau
10. Suatu metode yang menekankan pada berbagai faktor yang
memengaruhi selera dan kesukaan pelanggan berdasarkan kemampuan dan kemauan pelanggan
untuk membeli, manfaat yang diberikan produk dan perilaku konsumen secara umum, adalah penetapan yang yang didasarkan atas ...
A.
Permintaan
B.
Biaya
C.
Laba
D.
Persaingan
E.
Penawaran
11. Ciri-ciri
pelanggan yang merasa tidak puas sebagai berikut :
A.
Loyal terhadap produk
atau merk tertentu
B.
Adanya komunikasi
dari mulut ke mulut yang bersifat positif.
C.
Mendatangi perusahan
secara langsung untuk meminta garansi
D.
Perusahaan
menjadi pertimbangan utama ketika membeli merek.
E.
Mengikuti perkembangan
produk
12. Untuk
menghargai komunikan maka komunikator harus memiliki etika sebagai berikut :
A.
Menyimak
pembicaraan dengan seksama
B.
Pandai
menangkap pembicaraan
C.
Menyampaikan
isi pesan secara factual
D.
Siap mendengarkan
E.
Menjabarkan
referensi pesan kepada pendengar tertentu
13. Dibawah
ini yang bukan keuntungan menerapkan taktik dalam negosiasi bagi seorang negosiator...
A.
Melihat
permasalahan sebenarnya yang sedang diperdebatkan di meja perundingan.
B.
Taktik
juga dapat menguraikan kemadekan
C.
Dapat membantu
untuk melihat potensi kekurangan dari lawan bisnisnya.
D.
Melindungi
diri dari kecurangan yang berpotensi dilakukan negosiator.
E.
Memahami
kelebihan lawan
14. Myzone
melakukan promosi dengan menampilkan banyak orang yang berjoget dan secara serentak
dan berirama. Maka Myzone menggunakan media promosi dengan menggunakan ...
A.
Kartu Nama
B.
Brosur
C.
Katalog
D.
Ambient Art
E.
Flash Mob
15.
Menunjukkan perilaku
pembelian secara teratur atau terdapat suatu kodisi dimana mewajibkan pelanggan
membeli paling sedikit dua kali dalam selang waktu tertentu disebut ...
A.
Pelanggan setia
B.
Pelanggan cermat
C.
Pelanggan teliti
D.
Pelanggan acuh
E.
Ekspresi
pelanggan
16.
Menjadi
penjual yang berhasil harus dapat mengenali sikap dan karakteristik konsumen
dengan baik, terdapat beberapa jenis tipe pelangan, pelanggan
yang tidak ceroboh membeli produk yang dibutuhkan, skala prioritas, asas manfaat
dengan pertimbangan kemampuan dan daya beli tidak berpatok pada merek, model
atau warna. Merupakan pelanggan bertipe ...
A.
Pelanggan
rasional
B.
Pelanggan
emosional
C.
Pelanggan
setia
D.
Pelaggan
pemarah
E.
Pelanggan
bermasalah
17.
Salah satu
jenis pelayanan purna jual adalah ketersediaan garansi, berikut ini adalah layanan
purna jual yang berhubungan garansi kecuali ...
A.
Ketersediaan
pusat pelayanan purna jual (service center)
B.
Ketersediaan suku cadang
C.
Penggantian produk sejenis apabila terjadi kerusakan
yang
tidak dapat diperbaiki selama masa garansi
yang
diperjanjikan
D.
Penggantian suku cadang sesuai jaminan selama masa
garansi yang diperjanjikan.
E.
Memiliki bukti transaksi yang meyakinkan
18. Kegiatan komunikasi pemasaran yang tidak memperkenalkan produk tetapi organisasi
pembuatanya dinamakan …
A.
Sales
promotion
B.
Iklan
C.
Publisitas
D.
Brosur
E.
Katalog
19. Dokumen manakah yang digunakan dalam menghitung persediaan barang digudang
dengan menggunakan metode FIFO ?
A.
Faktur
pebelian
B.
Struk
C.
Kwitansi
D.
Bon
E.
Nota
penjualan
20.
Bukti
transaksi yang berisikan perincian perhitungan penjualan barang secara kredit
yang dibuat oleh pihak penjual dan disampaikan kepada pembeli adalah …
A.
Faktur
B.
Nota
debet
C.
Nota
kredit
D.
Kwitansi
E.
Cek
21.
Mesin yang
digunakanuntukmelayanikonsumen yang melakukanpembayaran non tunai/ alatpembayaranelektronikadalah
...
A.
Mesin
EDC (Electronik Data Captures)
B.
Mesin
EDC (Electronik Data Cart)
C.
Mesin
EDC (Electronik Data Cardrider)
D.
Mesin
EDC (Electronika Data Card)
E.
Mesin
EDC (Electronika Data Concep)
22.
Money detector
adalah ...
A.
Alat
yang digunakan untuk memeriksa apakah uang itu asli atau palsu
B.
Alat
yang digunakan untuk memeriksa apakah kartu kredit itu asli atau palsu
C.
Alat
yang digunakan untuk memeriksa apakah uang itu sah atau tidak
D.
Alat
yang digunakan untuk memeriksa apakah kartu kredit itu sah atau tidak
E.
Alat
yang digunakan untuk memeriksa apakah bukti transaksi
asli atau tidak
23.
Jika dalam setahun omzet penjualan Rp 12.000.000,
perputaran piutang 6x, maka rata-rata piutang perusahaan
setiap bulannya adalah ...
A.
Rp.
1.500.000
B.
Rp. 2.000.000
C.
Rp.
2.500.000
D.
Rp.
3.000.000
E.
Rp.
3.500.000
24.
Perhatikan
tabel berikut ini !
April |
1 5 15 17 30 30 |
Persediaan Pembelian Penjualan Penjualan pembelian penjualan
|
5000
unit 10000
unit 8000
unit 6000
unit 7500unit
2000
unit |
@$10.00 @$11.00 @$12.00 @$13.00 @$10.00 @$13.00 |
Mei |
4 5 15 |
Penjualan Pembelian
penjualan |
6000 10000 5000 |
@$12.00 @$11.00 @$13.00 |
Berdasarkan
data diatas pilih jawaban yang paling benar:
Berapa persediaan bulan April dengan metode LIFO!
A.
$ 65.000,00
B.
$ 66.500,00
C.
$ 66.000,00
D.
$ 67.000,00
E.
$ 68.000.00
25. Setiap pemasukan dan pengeluaran persediaan
dicatat dalam perkiraan yang berbedaya itu pembelian dan penjualan, dalam hal ini sistem pencatatan yang
dipergunakan adalah …
A.
Sistem perpetual
B.
Sistem priodik
C.
Metode LIFO
D.
Metode FIFO
E.
Metode
average
26. Bank memberikan layanan umum kepada para nasabahnya yang
diatur dalam KUHD berikut adalah salah satu jasa layanan umum yang diatur dalam
KUHD ...
A.
Sertifikat
deposito
B.
Sertifikat
Bank Indonesia
C.
Wesel bank
D.
Pengiriman
uang
E.
Perdagangan
surat berharga
27. Penataanbarang
dagangan di dalam kegiatan usaha dimana barang diletakkan secara terbuka
sehingga konsumen dapat melihat, dan mengamati tanpa bantuan petugas adalah
pengertian dari….
A.
Open interior display
B.
Self display
C.
Island display
D.
Window display
E.
Dealer display
28. Barang
merupakan atribut yang secara fisik dapat diraba dalam bentuk nyata dan dikelompokkan
dalam dua kelompok berdasarkan kepuasan dan kesejahteraan sertatujuan pemakaiannya.
Untuk barang seperti detergent, fosfat tergolong dalam kelompok….
A.
Solutary product
B.
Pressing produk
C.
Desirable
product
D.
Deficient
product
E.
Durable
produk
29. barang-barang yang dibeli setelah terlebih dahulu membanding-bandingkan
kecocokan, kualitas, harga dan modal antara barang-barangsejenis, misalnya pakaian
jadi, sepatu, perabot rumah tangga, dan lain-lainnya. Disebut dengan ...
A.
Specialty
good
B.
Shopping
good
C.
Durable good
D.
Non durable
good
E.
Confenience
good
30. Produk
dasar yang mampu memenuhi fungsi produk yang paling dasar (rancangan produk
minimal agar dapat berfungsi) adalah ...
A.
Produk utama/inti
(core benefit)
B.
Produk harapan
(expected product)
C.
Produk generik
D.
Produk pelengkap
(augmented product)
E.
Shopping
product
31. Atribut produk merupakan sesuatu yang melekat pada suatu produk. Dibawah
ini adalah alasan atribut memegang peran yang penting bagi sebuah produk ...
A.
Karna atribut produk salah satu
faktor yang dijadikan pertimbangan oleh konsumen ketika membeli produk
tersebut.
B.
Karna atribut produk yang
dijadikan alasan untuk mengenal produk bagi konsumen.
C.
Karna atribut produk yang
dijadikan gambaran yang jelas untuk mengenal produk oleh konsumen.
D.
Karna atribut produk dijadikan
petunjuk penentu manfaat yang diberikan kepada konsumen
E.
Karena tribut produk adalah
identitas produk
32. Dibawah ini yang tidak termasuk ciri-ciri
jasa…
A.
Tidak
berwujud dan tidak memiliki sifat fisik
B.
Tidak
dapat disimpan
C.
Proses
produksinya banyak menggunakan factor manusia
D.
Pasarsulit
diperluas ( lebih bersifat local)
E.
Tidak dapat diproduksi secara masal
33. Merancang
suatu dekorasi swalayan sering dilakukan dalam rangka menarik costumer,
diantaranya mewajibkan karyawannya untuk berpakaian serasi sesuai dengan tema
yang berlaku, kegiatan ini dalam interior POP termasuk dalam…
A.
Theme setting
display
B.
Posters, signs,
and cards
C.
Rack display and
case display
D.
Ensemble display
E.
Window
display
34. Mendesain
layout penataan barang dagangan didalam kegiatan usaha dimana barang diletakan secara
terbuka sehingga konsumen dapat melihat, dan mengamati tanpa bantuan petugas penjualan
(Pramuniaga) ...
A.
Open interior
display
B.
Window display
C.
Solary display
D.
Eksterior
display
E.
Ensemble display
35. Semua aktivitas yang dilakukan untuk menjual
barang atau jasa kepada konsumen akhir bagi pengguna pribadi dan bukan untuk bisnis
adalah ....
A.
Usaha
barang
B.
Usaha
jasa
C.
Bisnis
ritel
D.
Usaha
bisnis
E.
Waralaba
36. Toko ritel yang memiliki volume
penjualan yang besar, sistem swalayan adanya department alisasi dengan mark up
yang rendah untuk memperoleh perputaran barang yang tinggia dalah ....
A.
Supermarket
B.
Super
store
C.
Hypermarket
D.
Discount
store
E.
Retail store
37. Berikut ini yang bukan merupakan jenis-jenis bisnis
retail berdasarkan tipe kepemilikanya adaalah ...
A.
Waralaba
B.
Franchising
C.
Independent retail Firm
D.
Corporate Chain
E.
Service Retailing
38. Perhatikan
bagan dibawah ini !
Dalam bisnis retail bagan di
atas termasuk distribusi ...
A.
Langsung
B.
Semi
langsung
C.
Tidak
langsung
D.
Distribusi
primer
E.
Distribusi
sekunder
39. Permintaan pasarakan produk
ritel mendorong para pelaku usaha ritel untuk mengkombinasikan beberapa kebijaksanaan
untuk melayani konsumen cara ini adalah ....
A.
Strategi
bisnis ritel
B.
Taktik
bisnis ritel
C.
Kebijaksanaan
bisnis ritel
D.
Kombinasi
bisnis ritel
E.
Etika bisnis ritel
40. Kemampuan untuk melaksanakan suatu pemberian
atau mengadakan suatu pinjaman, dengan janji pembayarannya akan dilakukan pada jangka
waktu yang disepakati ....
A.
Kemampuan
membayar
B.
Kredit
C.
Janji
pembayaran
D.
Rehabilitas
E.
Solvabilitas
B.
Jawablah pertanyaan dibawah ini dengan bernar!
1.
Terdapat beberapa
komponen dalam bauran pemasaran (marketing mix) sebutkan keempat koponen tersebut
dengan lengkap!
2.
Dalam
kegiatan menjual setiap konsumen akan memiliki keputusan untuk kembali
bertransaksi atau tidak hal tersebut dipengaruhi oleh kepuasan yang dirasakan
pelanggan. Tuliskan 3 ciri pelanggan yang puas !
3.
Terdapat 2 sistem
yang biasaya digunakan untuk melakukan pencatatan administrasi gudang, sebutkan
3 sistem tersebut dengan lengkap dan benar!
4.
Atribut
sangat penting untuk memperkenalkan produk kepada konsumen. Sebutkan apa saja
hal yang menjadi komponen atribut produk!
5.
Sebutkan Faktor yang
dapat mendorong usaha ritel berhasil ?
Jawaban Pilihan
Ganda :
1 |
C |
11 |
C |
21 |
A |
31 |
A |
2 |
C |
12 |
C |
22 |
A |
32 |
E |
3 |
E |
13 |
A |
23 |
B |
33 |
A |
4 |
A |
14 |
E |
24 |
B |
34 |
A |
5 |
C |
15 |
A |
25 |
B |
35 |
C |
6 |
C |
16 |
A |
26 |
E |
36 |
C |
7 |
A |
17 |
E |
27 |
A |
37 |
E |
8 |
B |
18 |
C |
28 |
B |
38 |
C |
9 |
A |
19 |
A |
29 |
A |
39 |
A |
10 |
A |
20 |
A |
30 |
B |
40 |
B |
Kunci jawaban Uraian :
1.
Komponen
bauran pemasaran
·
Produk
·
Price
·
Place
·
Promotion
2.
Ciri
pelanggan yang puas
a.
Loyalterhadapprodukataumerktertentu
b.
Adanyakomunikasidariulutkemulut
yang bersifatpositif
c.
Perusahaan
menjadipertimbangLanutamaketikamembelimerek.
d.
Mengikutiperkembanganproduk
3.
Sistem
pencatatan dalam administrasi gudang
·
Sistem
prepetual
·
Sistem
periodik
4.
Komponen
atribut produk
·
Merk
·
Sifat produk
·
Sifat produk
·
Kemasan
label
5.
Faktor yang dapat mendorong usaha ritel
berhasil
a.
lokasi usaha
b.
harga yang tepat
c.
suasana took
d.
karakter khusus
retailing.