soal dan kunci produktif kejuruan perhotelan


Paket-A
 
SOAL USBN C3 ( PAKET KEAHLIAN PERHOTELAN )
TAHUN PELAJARAN 2017-2018


I.                   PILIHLAH JAWABAN YANG PALING TEPAT.
1.    Hal yang dapat dilakukan agar nada suara Anda  terdengar lebih jelas oleh si penelpon, adalah ....
A.      Jarak yang baik ialah 2 jari dari bibir mulut atau sekitar 5 cm.
B.       Berbicara dengan pelan dengan suara yang tidak dibuar – buat
C.       Berbicaralah dengan jelas dan dengan nada yang teratur
D.      Kuasai berbagai hal teknis yang berkenaan dengan pekerjaan dan peralatan
E.       Berlatih mengunakan  magic words dan ungkapan-ungkapan positif
2.    Jika terdapat permintaan sambungan telepon yang tidak dapat dijawab dengan cepat, petugas operator dapat ....
A.      Memutuskan hubungan telepon segera, karena masih banyak yang harus dilayani
B.       Tawarkan pilihan kepada penelepon untuk menelon kembali , dan pastikan waktu untuk menelepon kembali.
C.       Sampai kepada penelepon permasalahan yang kalian temui dan persilahkan tamu untuk menunggu
D.      Berikan kesempatan kepada penelepon untuk membuat keputusan menunggu atau menitipkan pesan.
E.       Menuliskan ke dalam log book siapa saja yang menelepon dan yang tidak dapat disambungkan.
3.      Beberapa informasi atau data awal yang perlu diketahui  reservation attendat  agar pemesanan dapat segera di proses pemesanan adalah ...
A.      Arrival date, No. of Room, Type of room
B.       Departure date, No. of person, Guest Name
C.       Guest name, Type of room, No. of room
D.      Type of room, No. of room, Depature date
E.       Period, No. of room, Type of room
4.    Pemesanan yang belum di garansi oleh pemesan, pihak hotel  akan memastikan kamar yang telah dipesan tersedia sampai batas waktu yang telah ditentukan saat tanggal kedatangan. Batas waktu yang diberikan  sampai dengan pukul ….
A.      14.00
B.       15.00
C.       16.00
D.      17.00
E.       18.00
5.    Tamu yang dalam pemesanannya mengadakan perubahan , dikarenakan kedatangannya lebih awal dari jadwal semula  disebut ….
A.      Extention stay
B.       Early arrival
C.       Early departure
D.      Amendment
E.       Cancellation
6.    Untuk memudahkan dalam memproses transaksi tamu selama tamu menginap, maka harga kamar yang tertera di dalam guest slip (room rack slip) adalah ....
A.      Harga kamar rupiah  dan dikurangi diskon
B.       Harga kamar diskon di tambah  21 % tax & sevice
C.       Harga kamar yang ada di  room rack  ditambah dengan  21% tax & service
D.      Harga kamar rupiah, dikurangi diskon, ditambah 21% tax & service
E.       Harga kamar  brosur ditambah 21% tax & service dikurangi diskon
7.    Sebagai Bell boy saat kembali dari mengawal tamu ke kamar  tugas  yang dapat  mereka lakukan untuk layanan kamar adalah ....
A.      Mengumpulkan door knob menu atau baki
B.       Meminta F&B department untuk mengemasi piring kotor
C.       Mengemasi peralatan makan dan membawa ke steward section
D.      Berkoordinasi dengan houseman/housemaid  untuk membersihkan area koridor
E.       Membantu room boy/room maid  membersihkan kamar karena occupancy tinggi
8.    Bell boy  memiliki akses pada  kehidupan pribadi tamu, kemungkinan tamu mendiskusikan masalah bisnis/pribadi/aktivitas kehidupan lainnya yang bukan untuk konsumsi publik. Saat berkomunikasi dengan tamu, bell boy diharapkan dapat bersikap ....
A.      Memperlakukan tamu  secara profesional
B.       Batasi diri  dan tetap bersikap  sopan santun
C.       Bicaralah dengan jelas dan singkat
D.      Sebutkan  nama tamu setiap saat
E.       Tunjukkan etika yang benar setiap saat
9.    Tanda bukti dari masing–masing bagian yang ada di hotel yang digunakan untuk mencatat transksi tamu disebut ....
A.      Transaksi debit
B.       Transaksi kredit
C.       City ledger
D.      Transfer debit
E.       Nota Penjualan
10.     Reservation Attendant membuat Expected Arrival list dengan tujuan ....
A.      Memberikan arah bagi staff reservation, agar mengetahui  apa yang harus dikerjakan
B.       Memberi laporan kepada Front Office Manager jumlah tamu yang tiba dan yang meninggalkan hotel
C.       Departemen yang terkait dengan kedatangan tamu dapat melakukan persiapan
D.      Pihak pemesan mengetahui jam berapa kedatangan mereka diharapkan oleh hotel
E.       Bell boy dapat melakukan prosedur penjemputan tamu di temapt yang telah ditetapkan
11.    Dianjurkan agar staf reception  membaca semua voucher dengan hati-hati dan  kemudian dengan sopan memberi penjelasan kepada para tamu sesuai dengan apa yang tercantum  didalam  voucher,  hal tersebut dikarenakan ....
A.      Untuk memastikan tamu menyukai pelayanan yang kita berikan sehingga semakin banyak tamu yang datang
B.       Tamu tahu persis apa yang menjadi haknya sehingga dapat mengambil keuntungan dari semua yang mereka bayar.
C.       Memberikan informasi kepada tamu jumlah layanan compliment yang diperoleh selama tamu menginap
D.      Tidak terjadi kesalahpahaman terhadap jumlah biaya yang dikeluarkan oleh tamu selama tamu tinggal
E.       Voucher hanya berlaku bila dikeluarkan oleh travel agent yang sudah terkenal dan memberi banyak keuntungan
12.    Pada saat proses check in  sebagai tanda bahwa data tamu benar dan bersedia  membayar untuk layanan yang akan diberikan selama tamu menginap di hotel, yaitu ....
A.       Staf  Reception menyerahkan  Cash Receipt
B.       Tamu melakukan pembayaran deposit
C.        Tamu menandatangani Registration Card
D.       Staf Reception meminta surat jaminan
E.        Tamu membayar Pre payment
13.    Staf Reception  harus memastikan tamu–tamu yang diharapkan tiba (Expected Arrival List)  dengan  tamu–tamu yang benar-benar tiba             (Arrival List), karena  perbedaan antara jumlah tamu yang diharapkan tiba dibandingkan dengan jumlah tamu yang benar-benar tiba harus ditindaklanjuti sesuai dengan prosedur hotel. Cara untuk memeriksa  adanya perbedaan dapat diidentifikasi dengan memeriksa ....
A.  Jenis pemesanan kamar
B.  Laporan ke departemen lain
C.  Kondisi kamar secara nyata
D.  Tamu secara langsung
E.   Kedatangan tamu di bandara
14.    Ada dua tamu yang menginap dalam satu kamar, tetapi rekeningnya ditanggung masing masing. Pada saat mendaftar, , harga kamar akan  dibagi menjadi dua rekening. Rekening tersebut disebut ....
A.   Personal guest bill
B.   Separate guest bill
C.  Master bill
D.  Extra bill
E.   Guest bill
15.    Satu hari sebelum keberangkatan tamu, Staf Reception akan membuat lembaran informasi yang akan dikirim ke departemen terkait, informasi yang disiapkan adalah ....
A.   Expectation List
B.   Departure List
C.  Express Check out List
D.  Expected Departure List
E.   Arrival and Departure Book
16.    Bahan pembersih yang di semprotkan pada Lobby Duster adalah...
A.   Glass Cleaner                      
B.   Conq-R Dust
C.  Shine Up
D.    MPC                                  
E.     Floor Cleaner
17.    Bahan pembersih yang digunakan untuk membersihkan pintu Lobby dengan permukaan kaca adalah...
A.       Glass Cleaner                    
B.       Conq-R Dust          
C.       Shine Up
D.      MPC                                  
E.       Wax-Strip
18.         Proses pembersihan lantai berkarpet di area umum pada proses pengeringannya menggunakan mesin ...
A.  Floor Machine
B.  Vacuum cleaner
C.  Carpet extractor
D.  Blower
E.   Polisher Machine
19.         Tata letak (lay out)  ruang pertemuan (meeting room) yang cocok untuk pelatihan/acara penataran yang pesertanya banyak adalah bentuk ...
A.       U Shape                          
B.     Double U Shape   
C.     I Shape
D.    Class Room Style             
E.     Theatre Style
  1. Pengaturan meja ruang pertemuan (meeting room) yang pesertanya tidak banyak dapat menggunakan bentuk...
A.     Double U Shape               
B.     U Shape               
C.     I Shape
D.    Sitting Buffet                     
E.     V Shape
  1. Pada pembersihan lantai marmer (general cleaning) setelah lantai dilapisi dengan fortify/trafice grade di lakukan tehnik...
A.     Vacuuming
B.     Buffing
C.     Brushing
D.    Lobby Dusting
E.     Floor Squizing
  1. Mesin yang di gunakan untuk mengkilapkan lantai marmer adalah...
A.     Vacuum Cleaner wet & Dry
B.     Dry Vacuum Cleaner
C.     Wet Vacuum Cleaner
D.    Polishing Machine
E.     Brushing Machine

  1. Kebutuhan perlengkapan di trolley disiapkan berdasarkan...
A.     Bell Boy Report
B.     Room Boy Control sheet
C.     Room Boy Report
D.    Guest In The House Report
E.     Discripancy Report
  1. Linen   yang di tata/diletakkan di Room Boy Trolley, jika menggunakan Duvet  adalah  ....
A.     Bed Sheets, Pillow Cases, Bed Runner
B.     Pillow Cases, Bed sheets Double, Bed sheet Single
C.     Matrrass Protector, Bed Sheets, Pillow cases.
D.    Bed Sheets, Pillow Cases, Duvet cover, Towels
E.     Duvet Cover, Pillow cases, Towels
25.  Chemical/cleaning supplies/bahan pembersih yang di letakkan di carry caddy adalah...
A.   Toilet bowl cleaner, MPC, Glass cleaner
B.   MPC, Floor cleaner, Wood polish, Liquid soap
C.  Liquid soap, MPC, Toilet bowl cleaner, Glass cleaner, Wood polish
D.  MPC, Air freshener, Liquid soap, wood polish
E.   Air freshener, Floor cleaner, Wood polish, Liquid soap, MPC