usbn perhoelan mapel c3 produktif


  1. Format yang di siapkan di trolley untuk di isi oleh roomboy/maid adalah ...
A.   Roomboy control sheet, Lost & Found, Lost & damage/work order
B.   Roomboy / maid control sheet, Lost & Found
C.  Lost & Found, Work order
D.  Work order, Lost & damage dan Lost & Found
E.   Lost & Damage , Roomboy control sheet
17.  Posisi atau letak roomboy trolley/cart yang benar adalah ....
A.  Persis di depan pintu kamar tamu
B.  Persis di depan kamar yang akan dibersihkan
C.  Diletakkan di depan pintu kamar yang akan dibersihkan & sedikit serong
D.  Diletakkan di depan pintu kamar tamu dan lubang trolley menghadap keluar
E.   Diletakkan di depan pintu kamar tamu dan lubang trolley menghadap ke dalam
18.  Cara yang benar memasukki kamar tamu adalah ...
A.    Mengetuk pintu kamar tamu 2 X
B.     Menekan bel kamar tamu dan menyebutkan identitas
C.     Mengetuk pintu 3X dan membuka pintu kamar tamu
D.    Mengetuk pintu 3 X dan menyebutkan identitas
E.     Menekan bel cukup 2 X dan menyebutkan identitas
19.  Tujuan Stripping the Bed adalah ....
A.  Tidak terjadi kesalahan saat Making Bed
B.  Melihat barang tamu yang terselip & lena yang rusak/ kotor
C.  Menghindari complain/keluhan dari tamu
D.  Memberikan kenyamanan bagi tamu yang tinggal di kamar
E.   Salah satu fasilitas hotel yang diberikan kepada tamu
  1. Linen Bed yang diperlukan untuk menata tempat tidur (Making Bed) menggunakan Duvet adalah ...
A.     Bed Sheet, Duvet Cover, Inner Duvet,  Pillow Cases, Bed Protector, Bed Runner
B.     Bed Protector, Bed Sheet , Duvet Cover.
C.     Bed Sheet, Pillow Cases, Inner Duvet, Bed Runner
D.    Bed Runner, Bed Protector, Bed Sheet.
E.     Inner Duvet, Duvet Cover, Bed Sheet, Bed Runner
  1. Membersihkan lantai kamar mandi dilakukan setelah...
A.    Membersihkan Washbasin
B.     Mencuci gelas
C.     Membersihkan Bath Tub
D.    Membersihkan Toilet Bowl
E.     Melengkapi guest supplies dan Towels
  1. Jika Room boy menemukan barang yang mencurigakan, maka akan menghubungi ...
A.     Supervisor dan Security
B.     Housekeeper dan Supervisor room
C.     Supervisor room dan security
D.    Housekeeper dan Security
E.     GM dan Security
  1. Permintaan perlengkapan yang dipinjam tamu dan biasanya tamu harus membayar  adalah
A.   Extra Bed
B.   Adaptor
C.  Praying Mat
D.  Ironer
E.   Hair Dryer
24.  Agar tamu merasa nyaman, pada saat menggunakan Ironing Board, penempatan yang tepat adalah ….
A.  Dekat pintu masuk
B.  Dekat Bed
C.  Dekat Dressing table
D.  Dekat Electric Power
E.   Samping Wardrobe
25.  Mesin yang bekerja secara otomatis mulai dari proses pre-washing, wetting, washing, rinsing dan extracting disebut:
A.      Dry Cleaning Machine                                        
B.      Washing Machine
C.      Spot Removing Machine                         
D.     Drying Tumbler
E.      Extractor
26.  Bahan pencuci di laundry yang berfungsi untuk memutihkan pakaian adalah...
A.      Detergent                        
B.      Blau
C.      Softener                                       
D.     Starch
E.      Bleach
27.  Format yang di gunakan untuk mencatat jumlah biaya yang akan di bayar oleh tamu disebut ...
A.     Laundry List
B.     Pressing List
C.     Valet List
D.    Laundry Voucher
E.     Dry cleaning List
28.  Pengambilan dan pengembalian cucian  tamu di lakukan oleh ....
A.     Order taker
B.     Valet Laundry
C.     Finisher
D.    Washer
E.     Dry Cleaning Operator
  1. Proses pengambilan dan pengembalian uniform karyawan  pada umumnya menjadi tanggungjawab ...
A.     Linen Attendant
B.     Room Attendant
C.     Seamstress
D.    Tailor
E.     Order Taker
  1. Linen/lena yang digunakan di room dan F&B service akan di serahkan dan di ambil di...
A.     Pantry
B.     Roomboy Station
C.     Linen Room
D.    Store room
E.     Luggage room





I.         JELASKAN DENGAN SINGKAT DAN JELAS
  1. Alternatif apa saja yang dapat ditawarkan oleh staf reservation kepada tamu bila pemesanan yang diminta tidak tersedia.
  2. Seorang receptionist melayani keberangkatan  tamu. Disaat tamu tersebut check in sudah diinformasikan kepada petugas bahwa tamu tersebut sudah memiliki pemesanan dan sudah mengaransinya, tetapi  tamu lupa membawa Gurantee Letter (GL) sebagai bukti   pembayaran yang akan di tagihkan seluruhnya kepada perusahaan yang mengeluarkan GL   saat tamu telah meninggalkan hotel. Tamu berjanji akan menghubungi perusahaan  tetapi sampai dengan checkout GL yang dijanjikan belum ada Apa saran yang dapat kalian berikan kepada  receptionist tersebut?
3.    Sebutkan 4 perlengkapan yang di tata pada roomboy trolley
4.    Jelaskan prosedur penataan tempat tidur (Making the Bed) dengan menggunakan Duvet!
5.    Jelaskan 6 format yang digunakan pada saat menangani  Laundry Guest!





-          SELAMAT MENGERJAKAN -