SOal praKWU PKK

 

MULTIPLE CHOICE

 

1.      Salah satu dari  unsur-unsur kewirausahaan adalah. …

A.    motivasi

B.     kreatif

C.     inovatif

D.    unggul

E.     teladan

ANS: A

 

2.      Pembuatan barang dan jasa dengan menggunakan faktor-faktor produksi tanah, tenaga kerja, dan modal disebut. …

A.    manajemen produksi

B.     menajemen operasi

C.     produksi

D.    manufaktur

E.     proses produksi

ANS:  C

 

3.      Membuat  produk yang macamnya terbatas (low variety) namun harga murah (low price), serta waktu produksi yang lebih cepat disebut. ..

A.    produksi satuan

B.     produksi sedang

C.     produksi massal

D.    produksi cepat

E.     produksi langka

ANS: C

 

4.      Berikut merupakan hal-hal yang menjadi pertimbangan dalam menentukan jenis dan mutu produk yang akan diproduksi, kecuali. …

A.    sifat produk

B.     kegunaan produk

C.     pembiayaan

D.    sifat permintaan

E.     desain produk

ANS: E

 

5.        Di bawah ini yang termasuk karakteristik produksi massal yang benar, kecuali. …

A.  besar volume produk

B.   perencanaan produksi dan control mudah

C.   wakytu siklus produksi tepat

D.  biaya produksi besar

E.   volume produk sedikit

ANS:  E

 

6.        Salah satu perencanaan yang berkaitan dengan kapan produksi dimulai dan kapan produksi diakhiri termasuk dalam pengendalian ...

A.  Tenaga kerja

B.  Bahan baku

C.  Kualitas

D.  Proses produksi

E. Biaya

ANS:  D

 

 

7.      Berikut yang bukan termasuk dalam strategi desain proses produksi adalah ...

A.  batch

B.  job shop

C.  agile manufacturing

D.  siklus produksi

E. proyek

ANS: D

 

8.    Berikut yang menyebabkan produksi massal sangat efektif dibanding dengan produksi satuan

 adalah ...

A.  biaya rendah dan produksi banyak

B.  biaya sedang dan produksi sedang

C.  biaya tinggi dan produksi tinggi

D.  biaya sedang dan produksi tinggi

E.biaya rendah dan produksi rendah

ANS: A

 

9.    Jika perusahaan akan memproduksi dan menjual lebih dari satu jenis produk, aspek yang terdapat di dalamnya adalah ...

A.  jenis produk

B.  cara

C.  tempat

D.  kombinasi produk

E.pemasaran

ANS: D

 

10.  Tahapan produksi secara umum terbagi atas pengolahan bahan atau pembahanan, pembentukan, perakitan dan ...

A.  pemasaran

B.  pembentukan

C.  finishing

D.  painting

E.   produk

ANS: C

 

11.  Usaha manusia yang mengolah atau mengubah sumber-sumber ekonomi (bahan-bahan) menjadi produk baru disebut dengan ...

A.  produk

B.   jasa

C.   produksi

D.  barang

E.   usaha

ANS: C

 

12.  Pengujian atas kinerja prototipe dapat menghasilkan sejumlah informasi penting, kecuali ...

A.  usia panjang produk

B.  tingkat ke usangan produk

C.  masalah yang timbul dari pemakaian atau konsumsi yang tidak seharusnya

D.  potensi kerusakan yang memerlukan penggantian

E.  pendapatan laba perusahaan

      ANS: E

 

 

 

13.  Cara utama dalam menguji sebuah produk baru dalam situasi yang sama dengan yang nantinya

akan dihadap dalam peluncuran produk yang bersangkutan adalah ...

A.  pelayanan

B.   pengujian teknis

C.   uji pasar

D.  pengujian preferensi

E.   pengujian pasar simulasi

ANS: C

 

14.  Berikut adalah variabel yang akan diestimasi perusahaan di dalam pengujian produk konsumen, kecuali ...

A.  keuntungan perusahaan

B.   adopsi produk

C.   product trial

D.  frekuensi pembelian

E.   first repeat

      ANS: A

 

15.  Unsur-unsur produk yang dipandang penting oleh konsumen dan dijadikan dasar pengambilan   keputusan pembelian adalah ...

A.  kemasan

B.   perusahaan

C.   harga

D.  label

E.   atribut produk

 ANS: E

 

16.  Seorang wirausahawan membuka usaha pengolahan limbah plastik menjadi berbagai pot bunga plastik merupakan salah satu manfaat kegiatan produksi, yaitu ...

A.  form utililty

B.   time utililty

C.   ownership utililty

D.  place utililty

E.   element utililty

 ANS: A

 

17.  Perakitan yang sebagian besar proses dikerjakan secara konvensional atau menggunakan tenaga manusia dengan peralatan yang sederhana tanpa alat-alat bantu yang spesifik atau khusus disebut dengan perakitan ...

A.  secara individual

B.  tunggal

C.  manual

D.  otomatis

E. produk seri

  ANS: C

 

18.  Bila perakitan dilakukan dalam jumlah massal dalam bentuk dan ukuran yang sama, seperti proses perakitan produk elektronik, perakitan mobil, perakitan motor, dan lain-lain, maka digunakan jenis perakitan ...

A.  tunggal

B.  secara individual

C.  manual

D.  dengan pemilihan

E.produk seri

  ANS: E

 

19.  Meminta konsumen untuk memakai suatu produk selama jangka waktu tertentu, kemudian mereka diminta untuk menjawab sejumlah pertanyaan berkaitan dengan preferensi dan kepuasan mereka merupakan salah satu cara dalam melakukan pengujian dengan tipe ...

A.  pengujian teknis

B.  pengujian pasar simulasi

C.  uji pasar

D.  pengujian preferensi dan kepuasaan

E. sales wave research

  ANS: D

 

20.  Hasil dari kegiatan produksi yang mempunyai sifat-sifat fisik dan kimia, serta ada jangka  waktu antara saat diproduksi dengan saat produk tersebut dikonsumsi atau digunakan disebut ...

A.  jasa

B.  produksi

C.  perencanaan produk

D.  barang

E. pangan

  ANS: D

 

21.  Berikut yang bukan merupakan sarana bauran promosi adalah....

A.  periklanan

B.  promosi penjualan

C.  saluran distribusi

D.  hubungan masyarakat

E.   pemasaran langsung

       ANS: C

 

22.  Pasar yang menyediakan pelayanan bagi kelas konsumen tertentu disebut pasar....

A.  tradisional

B.  tersegmentasi

C.  individual

D.  khusus

E.   modern

ANS: B

 

23.  Berikut merupakan konsep-konsep dalam melakukan strategi pemasaran, kecuali....

A.  market positioning

B.  promotion

C.  targeting

D.  marketing mix strategy

E.   timing strategy

       ANS: B

 

24.  Bauran pemasaran/marketing mix yang terdapat kegiatan distribusi adalah.....

A.  place

B.  price

C.  promotion

D.  product

E.   planning

       ANS: A

 

 

 

 

 

 

25.  Berikut yang merupakan manfaat dari segmentasi pasar adalah perusahaan dapat....

A.  menentukan target pasar

B.  menentukan tingkat penjualan produk

C.  merancang pesan dari produk

D.  mengatur produknya dan marketing

E.   memilih saluran promosi

      ANS: D

 

26.  Berikut ini merupakan media marketing online yang berupa social networking, kecuali.....

A.  Facebok

B.  Path

C.  Instagram

D.  Blog

E.   Twitter

      ANS: D

 

27.  Keuntungan pemasaran online diantaranya pelayanan lebih fokus, yaitu....

A.       membantu melakukan riset pasar dengan melihat kata kunci

B.       melayani pelanggan yang melakukan pembelian

C.       menyediakan sistem pengelolaan barang

D.       menyediakan katalog dan daftar harga

E.        biaya pemasaran relatif murah

                        ANS: B

 

28.  Berikut merupakan metode pembayaran iklan online, kecuali....

A.  pay per share

B.   pay per play

C.   pay per read

D.  pay per click

E.   pay per lead

       ANS: A

 

29.  Media promosi yang merupakan kumpulan halaman yang saling terkait dimana masing-masing  

 saling berhubungan disebut....

A.       Social media

B.       Adversiting

C.       Website

D.       Portal

E.        Tab

       ANS: C

 

30.  Pasar yang digunakan dalam pemasaran online disebut....

A.      market place

B.       supermarket

C.       market share

D.      e-market

E.       market space

         ANS: E

31.  Data dalam proposal harus sesuai dengan keadaan sebenarnya, tanpa pengaruh dari pihak

      luar maupun penulis proposal. Hak tersebut menanadakan proposal harus....

A.      complete

B.       akurat

C.       objektif

D.      subjektif

E.       up to date

         ANS: C

32.  Untuk mengetahui kemampuan modal kerja perusahaan berputar dalam satu periode siklus Kas perusahaan, rasio yang digunakan adalah....

A.      total asset turn over

B.       working capital turn over

C.       cash ratio

D.      operarating income ratio

E.       working capital to total assets ratio

         ANS: B

 

33.  Pendapatan para ahli, iklan dan tanggapan masyarakat dalam kegiatan usaha tertentu merupakan....

A.      faktor pendukung proposal

B.       faktor penentu proposal

C.       pembuat proposal

D.      data proposal

E.       sumber proposal

   ANS: A

 

34.  Suatu alat atau indikator yang digunakan utuk mengetahui keadaan dan perkembangan keuangan suatu perusahaan adalah ...

A.  anilisis aspek pasar

B.  analisis aspek produksi

C.  laporan keuangan

D.  jurnal

E.   rasio keuangan

ANS: E

 

35.  Proposal usaha harus dibuat sejelas mungkin, baik mengenai jenis usaha, kepemilikan, risiko usaha, maupun prospek keuntungannya. Hal tersebut menandakan proposal harus.....

A.      clear

B.       complete

C.       up to date

D.      consise

E.       correct

ANS: B

 

36.  Patokan utama dalam mengvaluasi perkembangan atau kemunduran usaha adalah ....

A.      posisi  keuangan

B.       jumlah konsumen

C.       tingkat penjualan

D.      produksi barang/jasa

E.       jumlah cabang usaha

ANS: A

 

37.  Proposal usaha adalah.....

A.      isian perencanaan usaha

B.       pengajuan pinjaman

C.       kegiatan usaha

D.      rencana kegiatan produksi

E.       rancangan kegiatan usaha

ANS: E

 

38.  Aspek yang di gunakan untuk menentukan jenis teknologi yang paling sesuai dengan kebutuhan usaha yang dikaji adalah aspek....

A.      keuangan

B.       ketrampilan

C.       teknis

D.      kemampuan

E.       pasar/lingkungsn

ANS: E

39.  Berikut merupakan hal-hal yang memengaruhi penurunan kondisi usaha, kecuali....

A.      pasar yang mulai lesu

B.       persaingan yang makin ketat

C.       produktivitas menurun

D.      biaya produksi yang meningkat

E.       menurunnya harga bahan baku

ANS: E

 

40.  Biaya bank, potongan harga, dan sebagainya, termasuk biaya ....

A.      utang

B.       penjualan dan promosi

C.       gedung

D.      pengluaran komunikasi

E.       gaji/upah

ANS: D

41.  Ditinjau dari asal usul kata,kewirausahaan berasal dari dua kata yaitu “wira” dan “usaha”,kata   

     “wiras” artinya....

A.      bekerja secara tekun

B.       kemauan keras

C.       berpikir maju ke depan

D.      sanggup memikul risiko

E.       kemajuan untuk maju

ANS: C

42.  Apabila tingkat produksi terlalu besar dibanding permintaan pasar,maka yang akan terjadi adalah....

A.      meningkatkan laba usaha

B.       mengurangi beban gudang

C.       meningkatkan volume penjualan

D.      mengakibatkan pemborosan biaya

E.       memperluas pemasaran produk

ANS: D

43.  Tipe organisasi yang cocok digunakan baik untuk perusahaan kecil maupun perusahaan besar adalah  tipe organisasi..

A.      lini

B.       lini dan staf

C.       fungsional

D.      fungsional dan lini

E.       lini,staf,dan fungsional

ANS: B

 

44.  Kegiatan yang dilakukan untuk menambah nilai guna suatu barang disebut...

A.      konsumsi

B.       distribusi

C.       desain

D.      produksi

E.       penjualan

ANS: B

45.  Berikut bukan langkah yang ditempuh untuk menyeleksi peluang,yaitu..

A.      menaksir biaya awal

B.       memperhitungkan risiko yang akan terjadi

C.       menentukan konsumen

D.      menciptakan prudok baru

E.       E.mengamati pintu peluang

ANS: C

 

 

 

 

46.  peluang usaha adalah...

A.      keuntungan dalam usaha

B.       keputusan dalam usaha

C.       risiko dalam usaha

D.      keinginan dalam usaha

E.       kesempatan dalam usaha

ANS: E

 

47.  Risiko yang berhubungandengan pengembangan produk yang cocok dengan yang di harapkan atau berkaitan dengan objek tertentu disebut risiko...

A.      teknik

B.       modal

C.       finansila

D.      tenaga kerja

E.       kecelakaan

ANS: A

 

48.  Kemampuan pesaing untuk memperthankan posisinya di pasar dinamakan risiko...

A.      teknik

B.       kerugian

C.       pesaing

D.      fonansial

E.       biaya

ANS: C

 

49.  Berikut yang menjadi ukuran dalam menetapkan tempat usaha yang yang strategis,kecuali...

A.       dapat menjamin keamanan perusahaan dan pembeli

B.       transportasi mudah di dapat dengan ongkos murah

C.       adanya fasilitas pemerintah daerah

D.       dapat menjamin kelangsungan hidup perusahaan

E.        dapat menjamin kepuasaan para produsen

ANS: E

 

50.  Google dan Yahoo merupakan komponen pemasaran online yang termasuk dalam....

A.      search engine machine

B.       website

C.       content marketing

D.      online advertising

E.       conversion

ANS: A