soal umbk akidah akhlak

 

Multiple Choice

1.        Perhatikan bacaan berikut!

Jakarta, CNBC Indonesia - Ruas tol Cikampek Palimanan KM 122+400 arah Jakarta ambles pada Senin, 8 Februari 2021 pukul 16.00 WIB. Terlihat ambles cukup dalam dengan keretakan menjulang 40 meter di badan jalan.

Direktur Operasi Astra Tol Cipali, Agung Prasetyo menjelaskan keretakan terjadi akibat intensitas curah hujan yang tinggi, mengakibatkan banyak volume air masuk ke dalam base layer (lapisan dasar) retakan.

Ditambah dengan jumlah kendaraan berat yang melintas."Kendaraan berat yang melintas banyak karena untuk menghindari banjir di jalur Pantura, menyebabkan keretakan bertambah. Keretakan semakin buruk pada pukul 22.00 WIB sehingga terjadi retakan yang lebih besar," dalam keterangan resmi, Selasa (9/2/2021).

(www.cnbcindonesia.com)

Berdasarkan teks informasi tersebut, segala hal yang diciptakan pasti akan mengalami kerusakan, hanya Allah Dzat yang kekal, karena Allah bersifat ....

A.      qidam

B.       baqa’

C.       sama’

D.      hayat

E.       kalam

Ans: B

 

2.        Perhatikan bacaan berikut!

Sifat jaiz Allah adalah sifat yang mungkin (boleh) ada atau sifat yang mungkin (boleh) tidak ada pada Allah. Dalam kalimat lain, sifat jaiz ini adalah sifat yang bisa melekat pada Allah dan bisa pula tidak melekat pada Allah. Sebab semua adalah berdasarkan kehendak-Nya, maka Allah bisa melakukan sesuatu atau tidak melakukan sesuatu. 

Tidak ada kewajiban atas-Nya untuk melakukan atau tidak melakukan sesuatu. Tidak ada pula paksaan kepada-Nya untuk melakukan atau tidak melakukan sesuatu. Kehendak sepenuhnya ada pada Allah.

Apabila sifat wajib dan sifat mustahil Allah Swt. ada banyak, maka sifat jaiz pada Allah hanya satu, yaitu ....

A.      هُوَ الْأَوَّلُ وَالْآخِرُ

B.       وَيَبْقَى وَجْهُ رَبِّكَ ذُو الْجَلَالِ وَالْإِكْرَامِ

C.       فِعْلُ كُلِّ مُمْكِنٍ اَوْ تَرْكُهُ

D.      لَيْسَ كَمِثْلِهِ شَيْءٌ وَهُوَ السَّمِيعُ الْبَصِيرُ

E.       إِنَّ اللَّهَ عَلَى كُلِّ شَيْءٍ قَدِيرٌ

Ans: C

 

3.        Perhatikan bacaan berikut!

Kakek Koswara Digugat Rp 3 Miliar

Kisah orang tua digugat anak kandung yang jadi sorotan pekan ini dialami Koswara (85), warga Cinambo Kota Bandung, Jawa Barat. Dia digugat oleh empat anak kandungnya sendiri ke Pengadilan Negeri Kelas IA Khusus Bandung. Koswara diketahui memiliki enam orang anak yakni Imas, Deden, Masitoh, Ajid, Hamidah, dan Mochtar. Empat anaknya yakni Deden, Masitoh, Ajid dan Mochtar berkoalisi menggugat Koswara dan dua saudara kandung mereka yakni Imas dan Hamidah.

Atas insiden ini, Koswara sempat membuat surat pernyataan tertulis bermaterai dengan cap notaris pada 11 Desember 2020 yang menyatakan dia tidak lagi mengakui Masitoh, Deden, Ajid dan Muchtar sebagai anaknya lagi.

"Itu ditandatangani tertulis oleh bapak saya, di hadapan notaris dan tujuh saksi. Itu karena bapak saya sangat kecewa, padahal semuanya anak seibu sebapak," ucap Hamidah, satu dari dua anak Koswara yang berada di kubu sang ayah.

Hal itu berawal ketika Koswara berniat menjual tanah warisan orang tuanya di Jalan AH Nasution, Ujung Berung seluas 3000 meter persegi. Di tanah warisan itu, ada satu tanah dan bangunan 3x2 meter persegi yang disewa oleh Deden untuk jadi toko. Namun,  pada 2020, Koswara tidak menyewakannya lagi ke Deden karena tanah itu tanah warisan dan akan dijual. Hasil penjualannya akan dibagikan ke adik-adiknya yang berhak atas tanah tersebut. Hal itu membuat Deden tak terima. Sebab, Deden yang sempat membayar biaya sewa untuk tahun 2021 namun oleh Koswara, uangnya dikembalikan sehingga terjadilah konflik keluarga ini.

Deden yang tak terima dengan pengembalian uang itu kemudian mengajukan gugatan perbuatan melawan hukum perdata ke bapaknya melalui Pengadilan Negeri Kelas IA Khusus Bandung.

(https://www.tribunnews.com/nasional/2021/01/22/kisah-3-orang-tua-yang-digugat-oleh-anak-kandung-mereka-gara-gara-harta-ini-terjadi-dalam-sepekan?page=2)

Berdasarkan bacaan tersebut, seorang anak hendaknya berbakti kepada kedua orang tua. Dalil naqli yang menunjukkan perintah berbakti kepada kedua orang tua adalah ....

A.      لَّا تَجْعَلْ مَعَ ٱللَّهِ إِلَٰهًا ءَاخَرَ فَتَقْعُدَ مَذْمُومًا مَّخْذُولًا

B.       وَقَضَىٰ رَبُّكَ أَلَّا تَعْبُدُوٓا۟ إِلَّآ إِيَّاهُ وَبِٱلْوَٰلِدَيْنِ إِحْسَٰنًا

C.       وَإِذْ قَالَ لُقْمَٰنُ لِٱبْنِهِۦ وَهُوَ يَعِظُهُۥ يَٰبُنَىَّ لَا تُشْرِكْ بِٱللَّهِ

D.      وَإِن جَٰهَدَاكَ عَلَىٰٓ أَن تُشْرِكَ بِى مَا لَيْسَ لَكَ بِهِۦ عِلْمٌ فَلَا تُطِعْهُمَا

E.       يَٰبُنَىَّ أَقِمِ ٱلصَّلَوٰةَ وَأْمُرْ بِٱلْمَعْرُوفِ وَٱنْهَ عَنِ ٱلْمُنكَرِ

Ans: B

 

4.        Perhatikan hadis berikut!

لَـيْسَ مِنَّا مَنْ لَـمْ يُجِلَّ كَبِيْـرَنَا، وَيَرْحَمْ صَغِيْـرَنَا، وَيَعْرِفْ لِعَالِـمِنَا حَقَّهُ

Tidak termasuk golongan kami; orang yang tidak menghormati yang lebih tua, tidak menyayangi yang lebih muda, dan tidak mengetahui hak seorang ulama.” (HR. Ahmad)

Berdasarkan hadis tersebut, Rasulullah Saw. memerintahkan kita untuk memuliakan guru. Guru tidak terbatas pada orang yang mengajar di sekolah saja, tetapi setiap orang yang telah berjasa memberikan  ilmu, keterampilan, dan bimbingan.

Berikut yang bukan merupakan adab siswa terhadap guru adalah ....

A.      berkhidmah kepadanya

B.       menyela pembicaraannya

C.       menyapa ketika bertemu

D.      tawaduk di hadapanya

E.       menaati perintahnya

Ans: B

 

5.        Perhatikan bacaan berikut!

Kaum Sodom merupakan masyarakat yang indentik dengan kerusakan moral yang parah. Mereka tidak memiliki agama, nilai kemanusiaan yang beradab, dan belas kasihan.

Pencurian dan perampasan harta merupakan kejadian sehari-hari di mana yang kuat menjadi penguasa, sedangkan yang lemah menjadi korban penindasan dan perlakuan sewenang-wenang.

Yang lebih parah lagi adalah mereka senantiasa melakukan maksiat, yakni berhubungan seks dengan sesama jenis, laki-laki dengan laki-laki alias homoseksual, begitu pun juga perempuan dengan perempuan yang dikenal dengan lesbian.

(https://www.merdeka.com/gaya/kisah-nabi-luth-as-dan-laknat-allah-swt-pada-kaum-sodom.html?page=4)

Faktor paling besar yang membuat Allah murka dengan perbuatan homoseks kaum Nabi Luth adalah ....

A.      tidak mau menyembah Allah

B.       tidak mau taat pada Nabi Luth

C.       menyalahi kodrat manusia

D.      menghina Nabi Luth sebagai utusan-Nya

E.       memusuhi dan mengusir Nabi Luth

Ans: C

 

6.        Perhatikan bacaan berikut!

Zalim adalah meletakkan sesuatu tidak pada tempatnya atau tidak sesuai dengan ketentuan Allah.  Zalim merupakan perbuatan dosa yang harus ditinggalkan, karena tindakan aniaya dapat merusak kehidupan pribadi, keluarga, dan masyarakat. 

Berkaitan dengan istilah zalim, ar-Razi memberikan 10 penafsiran zalim sebagai berikut: zalim adalah orang yang lebih banyak kesalahannya, sesuatu yang kulitnya lebih bagus daripada isinya, orang yang bertauhid dengan lidah tetapi berbeda dengan sepak terjang hidupnya, orang yang berbuat dosa besar, yang membaca al-Qur’an dengan tidak mempelajari isinya apalagi mengamalkannya, orang yang jahil, orang yang tidak mau berhenti berbuat maksiat, orang yang setelah dihisab masuk neraka, dan orang yang mengambil al-Qur’an tetapi tidak mau mengamalkannya.

Berdasarkan bacaan tersebut, yang termasuk bahaya zalim adalah ....

A.      merusak persatuan dan persaudaraan

B.       selalu merasa kurang dan tidak bersyukur

C.       merasa lebih baik dari yang lain

D.      menimbulkan rasa dengki dan permusuhan

E.       senang menyingkirkan lawan

Ans: A

 

7.        Perhatikan bacaan berikut!

Diskriminasi adalah perbedaan perlakuan terhadap sesama warga Negara (berdasarkan warna kulit, golongan, suku, ekonomi, agama, dan lain sebagainya). Segala perlakuan pembedaan yang didasarkan atas warna kulit, jenis kelamin, golongan, status sosial, dan berbagai perbedaan lainnya merupakan perbuatan diskriminasi.

Ada banyak sekali bentuk diskiminasi yang dilakukan di dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara seperti pada hukum tidak adil dalam Islam. Hal ini terjadi karena manusia umumnya memiliki kecenderungan untuk membeda-bedakan atau mengelompokkan diri. 

Perlakuan diskriminasi  bisa terjadi di mana dan kapan saja, hal itu disebabkan  karena adanya perbedaan karakteristik suku dan ras, kelas sosial, jenis kelamin, agama/ kepercayaan, pandangan politik, kondisi fisik dan lain-lain.

Berdasarkan bacaan tersebut, cara menghindari diskriminasi adalah ....

A.      tidak suka mengolok orang lain

B.       rajin bekerja untuk memperoleh harta yang halal

C.       usaha maksimal untuk menggapai cita-cita

D.      qana’ah terhadap apa yang diberikan oleh Allah

E.       tidak memikirkan kehidupan dunia

Ans: A

 

8.        Perhatikan Q.S. Al-A’raf (7): 20 berikut!

فَوَسْوَسَ لَهُمَا ٱلشَّيْطَٰنُ لِيُبْدِىَ لَهُمَا مَا وُۥرِىَ عَنْهُمَا مِن سَوْءَٰتِهِمَا وَقَالَ مَا نَهَىٰكُمَا رَبُّكُمَا عَنْ هَٰذِهِ ٱلشَّجَرَةِ إِلَّآ أَن تَكُونَا مَلَكَيْنِ أَوْ تَكُونَا مِنَ ٱلْخَٰلِدِينَ

Maka syaitan membisikkan pikiran jahat kepada keduanya untuk menampakkan kepada keduanya apa yang tertutup dari mereka yaitu auratnya dan syaitan berkata: ‘Tuhan kamu tidak melarangmu dan mendekati pohon ini, melainkan supaya kamu berdua tidak menjadi malaikat atau tidak menjadi orang-orang yang kekal (dalam surga)’".

Fungsi pakaian yang sesuai dengan ayat tersebut adalah ....

A.      sebagai perhiasan

B.       mengikuti mode

C.       petunjuk identitas

D.      menutup aurat

E.       pelindung dari panas

Ans: D

 

9.        Perhatikan gambar berikut!

Kenakalan remaja adalah gejala sakit (patologis) secara sosial pada anak-anak dan remaja yang disebabkan oleh salah satu bentuk pengabaian sosial, sehingga mereka mengembangkan bentuk perilaku yang menyimpang, seperti pergaulan bebas, tawuran antarpelajar, mengonsumsi minuman keras, penyalahgunaan narkoba, maupun bolos sekolah.

Berikut upaya yang dapat dilakukan agar tidak terjerumus dalam kenakalan remaja, kecuali ....

A.      mengalokasikan waktu untuk kegiatan yang positif

B.       menghindari berduaan antara laki-laki dan perempuan

C.       selalu mengingat tujuan atau cita-cita kita untuk belajar

D.      lebih selektif dalam menentukan teman bergaul

E.       memisahkan pergaulan antara laki-Iaki dan perernpuan

Ans: E

 

10.    Ajaran Nabi Muhammad Saw. memiliki tiga dimensi yaitu  Iman, Islam, dan Ihsan. Tasawuf merupakan implementasi dari dimensi ihsan tersebut. Istilah tasawuf pada masa Nabi Muhammad Saw. belum dipergunakan, tetapi secara substansial telah dilaksanakan.

Perhatikan pernyataan-pernyataan berikut!

1)        Mempelajari ilmu pengetahuan yang berkaitan dengan syari’at agama

2)        Mengamati dan berusaha semaksimal mungkin untuk mengikuti jejak langkah guru, melaksanakan perintahnya dan meninggalkan larangannya

3)        Tidak mencari-cari keringanan dalam beramal agar tercapai kesempurnaan hakiki

4)        Berbuat dan mengisi waktu seefisien mungkin dengan segala wirid dan doa guna pemantapan dan kekhususan dalam mencapai maqamat yang lebih tinggi

Dalam ajaran tasawuf, pernyataan-pernyataan tersebut merupakan unsur dari ....

A.      syariat

B.       hakikat

C.       tarekat

D.      ma’rifat

E.       taat

Ans: C

 

11.    Perhatikan bacaan berikut!

Rabi’ah al-Adawiyah lahir pada tahun 95 H/713 M atau 99 H/717 M di suatu perkampungan dekat kota Bashrah (Irak) dan wafat di kota itu pada tahun 185 H/801 M.

Beliau dilahirkan dari keluarga yang sangat miskin dan merupakan anak keempat dari empat bersaudara, sehingga ia dinamakan Rabi’ah yang berarti anak keempat.

Beberapa hari setelah kelahiran Rabi'ah, ayah beliau bermimpi bertemu dengan Nabi Muhammad, dalam mimpinya, Nabi Muhammad berkata agar jangan bersedih, karena Rabi'ah akan menjadi seorang wanita yang mulia, sehingga banyak orang akan mengharapkan syafaatnya. Sejak kecil Rabi'ah sudah dikenal sebagia anak yang cerdas dan taat beragama.

Rabi’ah al-Adawiyah memiliki corak tasawuf yang unik dan berbeda dengan para sufi pendahulunya, yaitu ....

A.      ittihad

B.       hulul

C.       khauf

D.      raja’

E.       mahabbah

Ans: E

 

12.    Perhatikan bacaan berikut!

Abdurrahman bin Auf termasuk sahabat yang masuk Islam   sangat awal, yaitu yang kedelapan. Beliau  bersyahadah 2 hari setelah Abu Bakar. Abdurrahman bin Auf termasuk salah satu dari enam orang yang ditunjuk oleh Umar bin Khattab untuk memilih khalifah sesudahnya.

Abdurrahman bin Auf seorang mufti yang dipercaya oleh Rasulullah Saw. untuk berfatwa di Madinah, padahal Rasulullah Saw. masih hidup. Beliau terlibat dalam perang Badar bersama Rasulullah Saw. dan menewaskan musuh-musuh Allah.

Beliau juga terlibat dalam perang Uhud dan bahkan termasuk yang bertahan di sisi Rasulullah Saw. ketika tentara kaum muslimin banyak yang meninggalkan medan peperangan. Dari peperangan tersebut ada sembilan luka parah di tubuhnya dan dua puluh luka kecil yang di antaranya ada yang sedalam anak jari.

Berdasarkan bacaan tersebut, yang bukan termasuk keteladanan dari Abdurrahman bin Auf adalah ....

A.      tolong menolong

B.       dinamis

C.       dermawan

D.      zuhud

E.       egaliter

Ans: E

 

13.    Perhatikan gambar berikut!

Berdasarkan survei yang dilakukan oleh Masyarakat Telematika Indonesia (Mastel) pada 7-9 Februari 2017 terhadap 1.116 responden di Indonesia, sebanyak 44,30 persen masyarakat menyatakan menerima berita hoaks setiap hari. Bahkan, 17,20 persen menyatakan menerima berita palsu ini lebih dari sekali sehari.

(https://tirto.id/cKAx)

Semakin banyaknya berita hoaks yang beredar, maka akan menimbulkan ....

A.      kepanikan masyarakat

B.       rusaknya nama baik individu

C.       sikap saling membenci

D.      sikap apatis

E.       sikap dinamis

Ans: A

 

14.    Perhatikan bacaan berikut!

Taubat mengandung arti kembali, yaitu kembali ke jalan yang benar, berarti pada dasarnya manusia itu dalam perjalanan hidupnya sudah pernah benar, kemudian berbuat salah dan harus bertaubat memohon ampun kepada Allah.

Firman Allah dalam QS. Al-Baqarah (2): 222

 إِنَّ ٱللَّهَ يُحِبُّ ٱلتَّوَّٰبِينَ وَيُحِبُّ ٱلْمُتَطَهِّرِينَ

"Sesungguhnya Allah mencintai orang-orang yang tobat dan mencintai orangorang yang suci." (QS. al-Baqarah : 222)

Di antara contoh dan tanda orang yang bertaubat adalah lebih berhati-hati dalam melakukan sesuatu disebabkan takut terjerumus lagi ke dalam dosa. Selain itu orang yang bertaubat akan lebih giat beramal karena merasa kawatir dosanya belum diampuni oleh Allah Swt.


(
https://www.bacaanmadani.com/2018/04/pengertian-taubat-dalil-naqli-contoh.html)

Berdasarkan bacaan tersebut, urutan syarat taubat yang tepat adalah ....

A.      menyesal - berjanji tidak mengulangi - menyadari

B.       berjanji tidak mengulangi - menyadari - menyesal

C.       menyadari kesalahan - menyesal - berjanji - berbuat baik

D.      menyesal - menyadari kesalahan - berbuat baik - berjanji

E.       berbuat baik - menyesal - berjanji - menyadari

Ans: C

 

Multiple Response

1.        Perhatikan bacaan berikut!

Islam telah mengajarkan untuk saling menghormati adanya perbedaan, bahkan menempatkannya sebagai suatu rahmat. Namun, apabila salah dalam menyikapi perbedaan yang ada, maka perbedaan tersebut akan menjadi suatu nestapa. Ada persoalan besar yang harus diselesaikan bersama untuk menjaga agar perbedaan pemahaman keagamaan jangan sampai menimbulkan perpecahan.

Ujian umat Islam dalam menjaga persatuan dan kesatuan sudah terjadi sejak Nabi Muhammad Saw. wafat. Namun, ujian tersebut dapat diselesaikan dengan baik sejak terpilihnya Abu Bakar ash-Ṣiddiq sebagai khalifah. Keadaan ini dapat dipertahankan pada masa pemerintahan Umar bin Khaṭab dan awal pemerintahan Utsman bin Affan. Namun, pada akhir masa pemerintahan Ustman bin Affan terjadilah huru-hara politik, yang menyebabkan terbunuhnya Utsman bin Affan.

Ali bin Abi Ṭālib  yang menjabat khalifah  menggantikan Ustman bin Affan, menghadapi situasi yang sangat sulit. Ada beberapa sahabat yang enggan berbaiat, bahkan ada yang menentangnya secara terang-terangan sehingga terjadilah perang Jamal (perang unta) dan perang Siffin. Situasi yang penuh ketegangan inilah akhirnya memicu munculnya beberapa aliran/firqah, yang dalam khazanah keilmuan Islam dikenal dengan aliran ilmu  Kalam.

Cermati tabel berikut!

No.

Aliran

Huruf

Doktrin

1

Khawarij

P

Manusia tidak mampu berbuat sesuatu dan segalanya disandarkan kepada Tuhan

2

Murji’ah

Q

Segala perbuatan manusia tidak dipaksa oleh Tuhan

3

Jabariyah

R

Surga dan neraka tidak kekal

4

Syi’ah

S

Iman cukup membenarkan dengan hati

Berdasarkan tabel tersebut, pasangan yang tepat antara aliran ilmu kalam dan doktrinnya adalah .... (Jawaban lebih dari 1)

A.      1 dan Q

B.       2 dan S

C.       3 dan P

D.      4 dan Q

E.       4 dan P

Ans: B, C

 

2.        Perhatikan bacaan berikut!

Masa remaja adalah masa peralihan  dari usia anak-anak kepada usia dewasa. Pada masa ini rasa ingin tahu remaja tumbuh dengan pesat, mereka lebih terbuka kepada teman sejawatnya daripada kepada orang tua.

Penanaman nilai-nilai akhlak terpuji bagi  remaja sangatlah penting, karena apabila dalam pergaulan remaja  diisi dengan kegiatan yang baik maka akan dapat membentuk pribadi yang baik pula, sehingga mereka dapat mempersiapkan diri dalam menghadapi kehidupan di masa mendatang. Akan tetapi, sebaliknya apabila pergaulan remaja tidak diisi dengan kegiatan yang positif maka akan dapat menjerumuskan masa depan mereka dalam kehidupan yang tidak baik.

Sebagai contoh dalam pergaulan antara laki-laki dengan perempuan diperbolehkan sampai pada batas tidak membuka peluang terjadinya perbuatan dosa. Islam adalah agama yang menjaga kesucian maka pergaulan di dalam Islam harus  dilandasi dengan nilai-nilai kesucian. Dalam pergaulan lawan jenis, harus dijaga jarak agar tidak mengarah kepada perbuatan zina.

Cermati pernyataan-pernyataan berikut!

1)        Menimbulkan penyakit yang mematikan (AIDS)

2)        Merusak identitas keturunan

3)        Menimbulkan kegelisahan masyarakat

4)        Tingginya angka kriminalitas

5)        Merusak ikatan keluarga dan masyarakat

Berdasarkan pernyataan-pernyataan tersebut, dampak negatif dari perbuatan zina adalah .... (Jawaban lebih dari 1)

A.      1, 2, dan 3

B.       1, 2, dan 4

C.       1, 2, dan 5

D.      2, 3, dan 4

E.       3, 4, dan 5

Ans: A, C

 

3.        Abu Dzar  al-Ghifari sangat dikenal sebagai figur yang mempunyai kasih sayang kepada  kaum dhuafa. Kepedulian terhadap golongan fakir ini bahkan menjadi sikap hidup dan kepribadian Abu Dzar.

Sudah menjadi kebiasaan penduduk Ghiffar pada masa jahiliyah merampok kafilah yang lewat. Abu Dzar  sendiri, ketika belum masuk Islam, kerap kali merampok orang-rang kaya. Namun hasilnya dibagi-bagikan kepada kaum dhuafa. Kebiasaan itu berhenti begitu menyatakan diri masuk agama Islam.

Prinsip hidup sederhana dan peduli terhadap kaum miskin itu tetap ia pegang di tempat barunya, di Syria. Namun di tempat baru ini, ia menyaksikan gubernur Mu’awiyah hidup bermewah-mewah. Ia memusatkan kekuasaannya dengan bantuan kelas yang mendapat hak istimewa, dengan itu mereka telah menumpuk harta secara besar-besaran. Ajaran egaliter Abu Dzar membangkitkan massa melawan penguasa dan kaum borjuis itu.

Perhatikan pernyataan-pernyataan berikut!

1)        Mencintai anak yatim

2)        Lihatlah orang yang lebih rendah dalam hal materi dan penghidupan

3)        Menyambung silaturrahim

4)        Perbanyaklah ucapan la haula wala quwwata illa billah

5)        Tidak meminta-minta

6)        Perbanyak ucapan subhanallah

Berdasarkan pernyataan-pernyataan tersebut, yang termasuk wasiat Nabi Muhammad Saw. kepada Abu Dzar al-Ghifari adalah .... (Jawaban lebih dari 1)

A.      1, 2, dan 3

B.       1, 2, dan 4

C.       2, 3, dan 5

D.      2, 3, dan 6

E.       3, 4, dan 5

Ans: C, E

 

4.        Berbagai perilaku dapat kita lakukan sebagai cerminan dari Asmaul Husna. Salah satu cara untuk mendekatkan diri kepada Allah adalah dengan berdzikir dan salah satu cara untuk dikabulkannya permohonan dengan berdoa.

Adab berdoa agar mudah dikabulkannya permohonan diawali memuji kepada Allah, sedangkan pujian yang paling baik adalah dengan menyebut Asmaul Husna Dengan Asmaul Husna kita mengusahakan kebaikan sebagai cerminan atas-Nya.

Firman Allah dalam Q.S. Al-Mu’minun ayat 116:

فَتَعَٰلَى ٱللَّهُ ٱلْمَلِكُ ٱلْحَقُّ ۖ لَآ إِلَٰهَ إِلَّا هُوَ رَبُّ ٱلْعَرْشِ ٱلْكَرِيمِ

Maka Maha Tinggi Allah, Raja Yang Sebenarnya; tidak ada Tuhan selain Dia, Tuhan (Yang mempunyai) 'Arsy yang mulia.”

Cara meneladani Asmaul Husna berdasarkan ayat tersebut adalah .... (Jawaban lebih dari 1)

A.      menjadi pemimpin yang baik

B.       tidak sombong

C.       teguh pendirian

D.      senang memaafkan

E.       bersedekah setiap hari

Ans: A, B

 

5.        Berbagai perilaku dapat kita lakukan sebagai cerminan dari Asmaul Husna. Salah satu cara untuk mendekatkan diri kepada Allah adalah dengan berdzikir dan salah satu cara untuk dikabulkannya permohonan dengan berdoa.

Adab berdoa agar mudah dikabulkannya permohonan diawali memuji kepada Allah, sedangkan pujian yang paling baik adalah dengan menyebut Asmaul Husna Dengan Asmaul Husna kita mengusahakan kebaikan sebagai cerminan atas-Nya.

Firman Allah dalam Q.S. As-Sajdah ayat 7:

ٱلَّذِىٓ أَحْسَنَ كُلَّ شَىْءٍ خَلَقَهُۥ ۖ وَبَدَأَ خَلْقَ ٱلْإِنسَٰنِ مِن طِينٍ

Yang membuat segala sesuatu yang Dia ciptakan sebaik-baiknya dan Yang memulai penciptaan manusia dari tanah.”

Cara meneladani Asmaul Husna berdasarkan ayat tersebut adalah .... (Jawaban lebih dari 1)

A.      mengevaluasi diri dengan baik

B.       berpikir kreatif dan inovatif

C.       bersifat bijaksana

D.      menjadi pribadi yang pemaaf

E.       melakukan penghijauan

Ans: B, E

 

6.        Perhatikan bacaan berikut!

Bekerja keras sangat perlu dilakukan oleh setiap manusia untuk menggapai keperluan, kebutuhan dan impiannya. Kerja keras adalah kegiatan yang dilakukan dengan sungguh-sungguh untuk mencapai target yang akan dituju.

Dalam Islam, kerja keras disebut juga dengan ikhtiar, yaitu syarat untuk mencapai maksud dan daya upaya dengan bersungguh-sungguh dalam melakukan segala sesuatu semata-mata karena Allah Swt.  Tanpa adanya kerja keras, seseorang akan sulit mendapatkan apa yang dicita-citakan atau ditujukan. Oleh karena itu, Islam sangat menganjurkan umatnya untuk bekerja keras dalam menggapainya.

Dengan bekerja keras seseorang akan mudah meraih cita-citanya. Sebaliknya jika seseorang hanya berpangku tangan dan bermalas-malasan tidak akan mungkin cita-cita itu akan datang dengan sendirinya.

Perhatikan pernyataan berikut!

1)        Melakukan segala perbuatan dengan tulus karena Allah

2)        Melakukan dengan sungguh-sungguh dan pantang menyerah

3)        Tidak meremehkan pekerjaan dan tidak tergesa-gesa menyikapi pekerjaan

4)        Menyerahkan hasil kepada Allah

5)        Berkolaborasi dalam hal kebaikan

6)        Mengutamakan kepentingan bersama

Berdasarkan bacaan dan pernyataan-pernyataan tersebut, yang termasuk ciri dan prinsip bekerja keras adalah .... (Jawaban lebih dari 1)

A.      1 dan 2

B.       1 dan 5

C.       2 dan 6

D.      3 dan 4

E.       3 dan 5

Ans: A, D