Multiple Choice
1.
Perhatikan bacaan berikut!
Jakarta, CNBC Indonesia - Ruas tol
Cikampek Palimanan KM 122+400 arah Jakarta ambles pada Senin, 8 Februari 2021 pukul
16.00
WIB.
Terlihat ambles cukup dalam dengan keretakan menjulang 40 meter di badan jalan.
Direktur
Operasi Astra Tol Cipali, Agung Prasetyo menjelaskan keretakan terjadi akibat
intensitas curah hujan yang tinggi, mengakibatkan banyak volume air masuk ke
dalam base layer (lapisan dasar) retakan.
Ditambah
dengan jumlah kendaraan berat yang melintas."Kendaraan berat yang melintas
banyak karena untuk menghindari banjir di jalur Pantura, menyebabkan keretakan
bertambah. Keretakan semakin buruk pada pukul 22.00
WIB
sehingga terjadi retakan yang lebih besar," dalam keterangan resmi, Selasa
(9/2/2021).
Berdasarkan
teks informasi tersebut, segala hal yang diciptakan pasti akan mengalami
kerusakan, hanya Allah Dzat yang kekal, karena Allah bersifat ....
A. qidam
B. baqa’
C. sama’
D. hayat
E. kalam
Ans: B
2.
Perhatikan bacaan berikut!
Sifat
jaiz Allah adalah sifat yang mungkin (boleh) ada atau sifat yang mungkin
(boleh) tidak ada pada Allah. Dalam kalimat lain, sifat jaiz ini adalah sifat
yang bisa melekat pada Allah dan bisa pula tidak melekat pada Allah. Sebab
semua adalah berdasarkan kehendak-Nya, maka Allah bisa melakukan sesuatu atau
tidak melakukan sesuatu.
Tidak
ada kewajiban atas-Nya untuk melakukan atau tidak melakukan sesuatu. Tidak ada
pula paksaan kepada-Nya untuk melakukan atau tidak melakukan sesuatu. Kehendak
sepenuhnya ada pada Allah.
Apabila
sifat wajib dan sifat mustahil Allah Swt. ada banyak, maka sifat jaiz pada
Allah hanya satu, yaitu ....
A. هُوَ الْأَوَّلُ وَالْآخِرُ
B. وَيَبْقَى وَجْهُ رَبِّكَ ذُو
الْجَلَالِ وَالْإِكْرَامِ
C. فِعْلُ كُلِّ مُمْكِنٍ اَوْ تَرْكُهُ
D. لَيْسَ كَمِثْلِهِ شَيْءٌ وَهُوَ
السَّمِيعُ الْبَصِيرُ
E. إِنَّ اللَّهَ عَلَى كُلِّ شَيْءٍ
قَدِيرٌ
Ans: C
3.
Perhatikan
bacaan berikut!
Kakek Koswara
Digugat Rp 3 Miliar
Kisah orang tua digugat anak kandung yang jadi sorotan pekan
ini dialami Koswara (85), warga Cinambo Kota Bandung, Jawa Barat. Dia
digugat oleh empat anak kandungnya sendiri ke Pengadilan Negeri Kelas IA Khusus
Bandung. Koswara
diketahui memiliki enam orang anak yakni Imas, Deden, Masitoh, Ajid, Hamidah,
dan Mochtar. Empat
anaknya yakni Deden, Masitoh, Ajid dan Mochtar berkoalisi menggugat Koswara dan
dua saudara kandung mereka yakni Imas dan Hamidah.
Atas insiden ini, Koswara sempat membuat surat
pernyataan tertulis bermaterai dengan cap notaris pada 11 Desember 2020 yang
menyatakan dia tidak lagi mengakui Masitoh, Deden, Ajid dan Muchtar sebagai
anaknya lagi.
"Itu ditandatangani
tertulis oleh bapak saya, di hadapan notaris dan tujuh saksi. Itu karena bapak
saya sangat kecewa, padahal semuanya anak seibu sebapak," ucap Hamidah,
satu dari dua anak Koswara yang berada di kubu sang ayah.
Hal itu berawal ketika Koswara berniat menjual tanah warisan orang tuanya di Jalan AH
Nasution, Ujung Berung
seluas 3000 meter persegi. Di tanah warisan itu,
ada satu tanah dan bangunan 3x2 meter persegi yang disewa oleh Deden untuk jadi
toko. Namun, pada 2020, Koswara tidak menyewakannya lagi ke
Deden karena tanah itu tanah warisan dan
akan dijual. Hasil
penjualannya
akan dibagikan ke adik-adiknya yang berhak atas tanah tersebut. Hal itu membuat Deden tak terima. Sebab, Deden yang
sempat membayar biaya sewa untuk tahun 2021 namun oleh Koswara, uangnya
dikembalikan sehingga terjadilah konflik keluarga ini.
Deden
yang tak terima dengan pengembalian uang itu kemudian mengajukan gugatan
perbuatan melawan hukum perdata ke bapaknya melalui Pengadilan Negeri Kelas IA
Khusus Bandung.
(https://www.tribunnews.com/nasional/2021/01/22/kisah-3-orang-tua-yang-digugat-oleh-anak-kandung-mereka-gara-gara-harta-ini-terjadi-dalam-sepekan?page=2)
Berdasarkan bacaan tersebut, seorang anak hendaknya
berbakti kepada kedua orang tua. Dalil naqli yang menunjukkan perintah berbakti
kepada kedua orang tua adalah ....
A. لَّا تَجْعَلْ مَعَ ٱللَّهِ
إِلَٰهًا ءَاخَرَ فَتَقْعُدَ مَذْمُومًا مَّخْذُولًا
B. وَقَضَىٰ رَبُّكَ أَلَّا تَعْبُدُوٓا۟ إِلَّآ
إِيَّاهُ وَبِٱلْوَٰلِدَيْنِ إِحْسَٰنًا
C. وَإِذْ قَالَ لُقْمَٰنُ لِٱبْنِهِۦ وَهُوَ
يَعِظُهُۥ يَٰبُنَىَّ لَا تُشْرِكْ بِٱللَّهِ
D. وَإِن جَٰهَدَاكَ عَلَىٰٓ أَن تُشْرِكَ بِى مَا
لَيْسَ لَكَ بِهِۦ عِلْمٌ فَلَا تُطِعْهُمَا
E. يَٰبُنَىَّ أَقِمِ ٱلصَّلَوٰةَ وَأْمُرْ
بِٱلْمَعْرُوفِ وَٱنْهَ عَنِ ٱلْمُنكَرِ
Ans: B
4.
Perhatikan hadis berikut!
لَـيْسَ
مِنَّا مَنْ لَـمْ يُجِلَّ كَبِيْـرَنَا، وَيَرْحَمْ صَغِيْـرَنَا، وَيَعْرِفْ
لِعَالِـمِنَا حَقَّهُ
“Tidak
termasuk golongan kami; orang yang tidak menghormati yang lebih tua, tidak
menyayangi yang lebih muda, dan tidak mengetahui hak seorang ulama.” (HR. Ahmad)
Berdasarkan hadis tersebut, Rasulullah Saw. memerintahkan
kita untuk memuliakan guru. Guru tidak terbatas pada orang yang mengajar di
sekolah saja, tetapi setiap orang yang telah berjasa memberikan ilmu, keterampilan, dan bimbingan.
Berikut yang bukan merupakan adab siswa terhadap guru
adalah ....
A.
berkhidmah
kepadanya
B.
menyela
pembicaraannya
C.
menyapa
ketika bertemu
D.
tawaduk di
hadapanya
E.
menaati
perintahnya
Ans: B
5.
Perhatikan bacaan berikut!
Kaum Sodom merupakan masyarakat yang indentik dengan kerusakan
moral yang parah. Mereka tidak memiliki agama, nilai kemanusiaan yang beradab, dan belas kasihan.
Pencurian dan perampasan harta merupakan kejadian sehari-hari di mana
yang kuat menjadi penguasa, sedangkan yang lemah
menjadi korban penindasan dan perlakuan sewenang-wenang.
Yang lebih parah lagi adalah mereka
senantiasa melakukan maksiat, yakni berhubungan seks dengan sesama jenis,
laki-laki dengan laki-laki alias homoseksual, begitu pun juga perempuan dengan perempuan yang dikenal
dengan lesbian.
(https://www.merdeka.com/gaya/kisah-nabi-luth-as-dan-laknat-allah-swt-pada-kaum-sodom.html?page=4)
Faktor paling besar yang membuat Allah murka dengan perbuatan
homoseks kaum Nabi Luth adalah ....
A. tidak
mau menyembah Allah
B. tidak
mau taat pada Nabi Luth
C. menyalahi
kodrat manusia
D. menghina
Nabi Luth sebagai utusan-Nya
E. memusuhi
dan mengusir Nabi Luth
Ans: C
6.
Perhatikan
bacaan berikut!
Zalim adalah meletakkan sesuatu tidak pada tempatnya
atau tidak sesuai dengan ketentuan Allah.
Zalim merupakan perbuatan dosa yang harus ditinggalkan, karena tindakan
aniaya dapat merusak kehidupan pribadi, keluarga, dan masyarakat.
Berkaitan dengan istilah zalim, ar-Razi memberikan
10 penafsiran zalim sebagai berikut: zalim adalah orang yang lebih banyak
kesalahannya, sesuatu yang kulitnya lebih bagus daripada isinya, orang yang
bertauhid dengan lidah tetapi berbeda dengan sepak terjang hidupnya, orang yang
berbuat dosa besar, yang membaca al-Qur’an dengan tidak mempelajari isinya
apalagi mengamalkannya, orang yang jahil, orang yang tidak mau berhenti berbuat
maksiat, orang yang setelah dihisab masuk neraka, dan orang yang mengambil
al-Qur’an tetapi tidak mau mengamalkannya.
Berdasarkan bacaan tersebut, yang termasuk bahaya zalim
adalah ....
A. merusak
persatuan dan persaudaraan
B. selalu
merasa kurang dan tidak bersyukur
C. merasa
lebih baik dari yang lain
D. menimbulkan
rasa dengki dan permusuhan
E. senang
menyingkirkan lawan
Ans: A
7.
Perhatikan bacaan berikut!
Diskriminasi
adalah perbedaan perlakuan terhadap sesama
warga Negara (berdasarkan warna kulit, golongan, suku, ekonomi, agama, dan lain
sebagainya). Segala perlakuan pembedaan yang didasarkan atas warna kulit, jenis
kelamin, golongan, status sosial,
dan berbagai perbedaan lainnya merupakan perbuatan diskriminasi.
Ada banyak sekali bentuk diskiminasi yang dilakukan di
dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara seperti pada hukum tidak adil dalam
Islam. Hal ini terjadi karena manusia umumnya memiliki kecenderungan untuk
membeda-bedakan atau mengelompokkan diri.
Perlakuan diskriminasi
bisa terjadi di mana dan kapan saja, hal itu disebabkan karena adanya perbedaan karakteristik suku
dan ras, kelas sosial, jenis kelamin, agama/ kepercayaan, pandangan politik,
kondisi fisik dan lain-lain.
Berdasarkan bacaan tersebut, cara menghindari diskriminasi adalah
....
A. tidak
suka mengolok orang lain
B. rajin
bekerja untuk memperoleh harta yang halal
C. usaha
maksimal untuk menggapai cita-cita
D. qana’ah
terhadap apa yang diberikan oleh Allah
E. tidak
memikirkan kehidupan dunia
Ans: A
8.
Perhatikan Q.S. Al-A’raf (7): 20 berikut!
فَوَسْوَسَ لَهُمَا ٱلشَّيْطَٰنُ لِيُبْدِىَ لَهُمَا مَا
وُۥرِىَ عَنْهُمَا مِن سَوْءَٰتِهِمَا وَقَالَ مَا نَهَىٰكُمَا رَبُّكُمَا عَنْ
هَٰذِهِ ٱلشَّجَرَةِ إِلَّآ أَن تَكُونَا مَلَكَيْنِ أَوْ تَكُونَا مِنَ
ٱلْخَٰلِدِينَ
“Maka syaitan
membisikkan pikiran jahat kepada keduanya untuk menampakkan kepada keduanya apa
yang tertutup dari mereka yaitu auratnya dan syaitan berkata: ‘Tuhan kamu tidak
melarangmu dan mendekati pohon ini, melainkan supaya kamu berdua tidak menjadi
malaikat atau tidak menjadi orang-orang yang kekal (dalam surga)’".
Fungsi pakaian yang
sesuai dengan ayat tersebut adalah ....
A.
sebagai
perhiasan
B.
mengikuti mode
C.
petunjuk
identitas
D.
menutup aurat
E.
pelindung dari
panas
Ans: D
9.
Perhatikan gambar berikut!
Kenakalan remaja adalah gejala sakit (patologis) secara
sosial pada anak-anak dan remaja yang disebabkan oleh salah satu bentuk
pengabaian sosial, sehingga mereka mengembangkan bentuk perilaku yang
menyimpang, seperti pergaulan bebas, tawuran antarpelajar, mengonsumsi minuman
keras, penyalahgunaan narkoba, maupun bolos sekolah.
Berikut upaya yang dapat dilakukan agar tidak terjerumus
dalam kenakalan remaja, kecuali ....
A. mengalokasikan
waktu untuk kegiatan yang positif
B. menghindari
berduaan antara laki-laki dan perempuan
C. selalu
mengingat tujuan atau cita-cita kita untuk belajar
D. lebih
selektif dalam menentukan teman bergaul
E. memisahkan
pergaulan antara laki-Iaki dan perernpuan
Ans: E
10.
Ajaran Nabi Muhammad Saw. memiliki tiga dimensi yaitu Iman, Islam, dan Ihsan. Tasawuf merupakan
implementasi dari dimensi ihsan tersebut. Istilah tasawuf pada masa Nabi
Muhammad Saw. belum dipergunakan, tetapi secara substansial telah dilaksanakan.
Perhatikan pernyataan-pernyataan berikut!
1)
Mempelajari ilmu
pengetahuan yang berkaitan dengan syari’at agama
2)
Mengamati dan
berusaha semaksimal mungkin untuk mengikuti jejak langkah guru, melaksanakan
perintahnya dan meninggalkan larangannya
3)
Tidak
mencari-cari keringanan dalam beramal agar tercapai kesempurnaan hakiki
4)
Berbuat dan
mengisi waktu seefisien mungkin dengan segala wirid dan doa guna pemantapan dan
kekhususan dalam mencapai maqamat yang lebih tinggi
Dalam ajaran tasawuf, pernyataan-pernyataan tersebut
merupakan unsur dari ....
A. syariat
B. hakikat
C. tarekat
D. ma’rifat
E.
taat
Ans: C
11.
Perhatikan bacaan berikut!
Rabi’ah al-Adawiyah lahir pada tahun 95 H/713 M atau 99 H/717 M
di suatu perkampungan dekat kota Bashrah (Irak) dan wafat di kota itu pada
tahun 185 H/801 M.
Beliau dilahirkan dari keluarga yang sangat miskin dan
merupakan anak keempat dari empat bersaudara, sehingga ia dinamakan Rabi’ah
yang berarti anak keempat.
Beberapa hari setelah kelahiran Rabi'ah, ayah beliau
bermimpi bertemu dengan Nabi Muhammad, dalam mimpinya, Nabi Muhammad berkata agar
jangan bersedih, karena Rabi'ah akan menjadi seorang wanita yang mulia,
sehingga banyak orang akan mengharapkan syafaatnya. Sejak kecil Rabi'ah sudah
dikenal sebagia anak yang cerdas dan taat beragama.
Rabi’ah al-Adawiyah memiliki corak tasawuf yang unik dan
berbeda dengan para sufi pendahulunya, yaitu ....
A. ittihad
B. hulul
C. khauf
D. raja’
E.
mahabbah
Ans: E
12.
Perhatikan bacaan berikut!
Abdurrahman bin Auf termasuk sahabat yang masuk
Islam sangat awal, yaitu yang
kedelapan. Beliau bersyahadah 2 hari
setelah Abu Bakar. Abdurrahman bin Auf termasuk salah satu dari enam orang yang
ditunjuk oleh Umar bin Khattab untuk memilih khalifah sesudahnya.
Abdurrahman bin Auf seorang mufti yang dipercaya oleh
Rasulullah Saw. untuk berfatwa di Madinah, padahal Rasulullah Saw. masih hidup.
Beliau terlibat dalam perang Badar bersama Rasulullah Saw. dan menewaskan
musuh-musuh Allah.
Beliau juga terlibat dalam perang Uhud dan bahkan
termasuk yang bertahan di sisi Rasulullah Saw. ketika tentara kaum muslimin
banyak yang meninggalkan medan peperangan. Dari peperangan tersebut ada
sembilan luka parah di tubuhnya dan dua puluh luka kecil yang di antaranya ada
yang sedalam anak jari.
Berdasarkan bacaan tersebut, yang bukan termasuk
keteladanan dari Abdurrahman bin Auf adalah ....
A.
tolong menolong
B.
dinamis
C.
dermawan
D.
zuhud
E.
egaliter
Ans: E
13.
Perhatikan gambar berikut!
Berdasarkan survei yang dilakukan
oleh Masyarakat Telematika Indonesia (Mastel) pada 7-9 Februari 2017 terhadap
1.116 responden di Indonesia, sebanyak 44,30 persen masyarakat menyatakan
menerima berita hoaks setiap hari. Bahkan, 17,20 persen menyatakan menerima
berita palsu ini lebih dari sekali sehari.
Semakin banyaknya berita hoaks yang beredar, maka akan
menimbulkan ....
A. kepanikan
masyarakat
B. rusaknya
nama baik individu
C. sikap
saling membenci
D. sikap
apatis
E. sikap
dinamis
Ans: A
14.
Perhatikan bacaan berikut!
Taubat mengandung arti kembali, yaitu kembali ke
jalan yang benar, berarti pada dasarnya manusia itu dalam perjalanan hidupnya
sudah pernah benar, kemudian berbuat salah dan harus bertaubat memohon ampun
kepada Allah.
Firman Allah dalam QS. Al-Baqarah (2): 222
إِنَّ
ٱللَّهَ يُحِبُّ ٱلتَّوَّٰبِينَ وَيُحِبُّ ٱلْمُتَطَهِّرِينَ
"Sesungguhnya
Allah mencintai orang-orang yang tobat dan mencintai orangorang yang suci."
(QS. al-Baqarah : 222)
Di antara contoh dan tanda orang yang bertaubat
adalah lebih berhati-hati dalam melakukan sesuatu disebabkan takut terjerumus
lagi ke dalam dosa. Selain itu orang yang bertaubat akan lebih giat beramal
karena merasa kawatir dosanya belum diampuni oleh Allah Swt.
(https://www.bacaanmadani.com/2018/04/pengertian-taubat-dalil-naqli-contoh.html)
Berdasarkan bacaan tersebut, urutan
syarat taubat yang tepat adalah ....
A. menyesal - berjanji tidak mengulangi
- menyadari
B. berjanji tidak mengulangi -
menyadari - menyesal
C. menyadari kesalahan - menyesal -
berjanji - berbuat baik
D. menyesal - menyadari kesalahan -
berbuat baik - berjanji
E. berbuat baik - menyesal - berjanji -
menyadari
Ans: C
Multiple Response
1.
Perhatikan bacaan berikut!
Islam telah mengajarkan untuk saling menghormati adanya
perbedaan, bahkan menempatkannya sebagai suatu rahmat. Namun, apabila salah
dalam menyikapi perbedaan yang ada, maka perbedaan tersebut akan menjadi suatu
nestapa. Ada persoalan besar yang harus diselesaikan bersama untuk menjaga agar
perbedaan pemahaman keagamaan jangan sampai menimbulkan perpecahan.
Ujian umat Islam dalam menjaga persatuan dan kesatuan sudah terjadi
sejak Nabi Muhammad Saw. wafat. Namun, ujian tersebut dapat diselesaikan dengan
baik sejak terpilihnya Abu Bakar ash-Ṣiddiq sebagai khalifah. Keadaan ini dapat
dipertahankan pada masa pemerintahan Umar bin Khaṭab dan awal pemerintahan
Utsman bin Affan. Namun, pada akhir masa pemerintahan Ustman bin Affan
terjadilah huru-hara politik, yang menyebabkan terbunuhnya Utsman bin Affan.
Ali bin Abi Ṭālib
yang menjabat khalifah
menggantikan Ustman bin Affan, menghadapi situasi yang sangat sulit. Ada
beberapa sahabat yang enggan berbaiat, bahkan ada yang menentangnya secara terang-terangan
sehingga terjadilah perang Jamal (perang unta) dan perang Siffin. Situasi yang
penuh ketegangan inilah akhirnya memicu munculnya beberapa aliran/firqah, yang
dalam khazanah keilmuan Islam dikenal dengan aliran ilmu Kalam.
Cermati tabel berikut!
No. |
Aliran |
Huruf |
Doktrin |
1 |
Khawarij |
P |
Manusia tidak mampu berbuat sesuatu
dan segalanya disandarkan kepada Tuhan |
2 |
Murji’ah |
Q |
Segala perbuatan manusia tidak dipaksa
oleh Tuhan |
3 |
Jabariyah |
R |
Surga dan neraka tidak kekal |
4 |
Syi’ah |
S |
Iman cukup
membenarkan dengan hati |
Berdasarkan tabel tersebut, pasangan yang tepat antara
aliran ilmu kalam dan doktrinnya adalah .... (Jawaban lebih dari 1)
A. 1
dan Q
B. 2
dan S
C. 3
dan P
D. 4
dan Q
E. 4
dan P
Ans: B, C
2.
Perhatikan bacaan berikut!
Masa remaja adalah masa peralihan dari usia anak-anak kepada usia dewasa. Pada
masa ini rasa ingin tahu remaja tumbuh dengan pesat, mereka lebih terbuka
kepada teman sejawatnya daripada kepada orang tua.
Penanaman nilai-nilai akhlak terpuji bagi remaja sangatlah penting, karena apabila
dalam pergaulan remaja diisi dengan
kegiatan yang baik maka akan dapat membentuk pribadi yang baik pula, sehingga
mereka dapat mempersiapkan diri dalam menghadapi kehidupan di masa mendatang.
Akan tetapi, sebaliknya apabila pergaulan remaja tidak diisi dengan kegiatan
yang positif maka akan dapat menjerumuskan masa depan mereka dalam kehidupan
yang tidak baik.
Sebagai contoh dalam pergaulan antara laki-laki dengan
perempuan diperbolehkan sampai pada batas tidak membuka peluang terjadinya
perbuatan dosa. Islam adalah agama yang menjaga kesucian maka pergaulan di dalam
Islam harus dilandasi dengan nilai-nilai
kesucian. Dalam pergaulan lawan jenis, harus dijaga jarak agar tidak mengarah
kepada perbuatan zina.
Cermati pernyataan-pernyataan berikut!
1)
Menimbulkan
penyakit yang mematikan (AIDS)
2)
Merusak
identitas keturunan
3)
Menimbulkan
kegelisahan masyarakat
4)
Tingginya angka
kriminalitas
5)
Merusak ikatan
keluarga dan masyarakat
Berdasarkan pernyataan-pernyataan tersebut, dampak
negatif dari perbuatan zina adalah .... (Jawaban lebih dari 1)
A. 1,
2, dan 3
B. 1,
2, dan 4
C. 1,
2, dan 5
D. 2,
3, dan 4
E. 3,
4, dan 5
Ans: A, C
3.
Abu Dzar al-Ghifari sangat dikenal
sebagai figur yang mempunyai kasih sayang kepada kaum dhuafa. Kepedulian terhadap golongan
fakir ini bahkan menjadi sikap hidup dan kepribadian Abu Dzar.
Sudah menjadi
kebiasaan penduduk Ghiffar pada masa jahiliyah merampok kafilah yang lewat. Abu
Dzar sendiri, ketika belum masuk Islam,
kerap kali merampok orang-rang kaya. Namun hasilnya dibagi-bagikan kepada kaum
dhuafa. Kebiasaan itu berhenti begitu menyatakan diri masuk agama Islam.
Prinsip hidup sederhana dan
peduli terhadap kaum miskin itu tetap ia pegang di tempat barunya, di Syria.
Namun di tempat baru ini, ia menyaksikan gubernur Mu’awiyah hidup bermewah-mewah.
Ia memusatkan kekuasaannya dengan bantuan kelas yang mendapat hak istimewa,
dengan itu mereka telah menumpuk harta secara besar-besaran. Ajaran egaliter
Abu Dzar membangkitkan massa melawan penguasa dan kaum borjuis itu.
Perhatikan pernyataan-pernyataan berikut!
1)
Mencintai
anak yatim
2)
Lihatlah
orang yang lebih rendah dalam hal materi dan penghidupan
3)
Menyambung
silaturrahim
4)
Perbanyaklah
ucapan la haula wala quwwata illa billah
5)
Tidak
meminta-minta
6)
Perbanyak
ucapan subhanallah
Berdasarkan pernyataan-pernyataan tersebut, yang termasuk
wasiat Nabi Muhammad Saw. kepada Abu Dzar al-Ghifari adalah .... (Jawaban lebih
dari 1)
A. 1,
2, dan 3
B. 1,
2, dan 4
C. 2,
3, dan 5
D. 2,
3, dan 6
E. 3,
4, dan 5
Ans: C, E
4.
Berbagai perilaku dapat kita lakukan sebagai cerminan
dari Asmaul Husna. Salah satu
cara untuk mendekatkan diri kepada Allah adalah dengan berdzikir dan salah satu
cara untuk dikabulkannya permohonan dengan berdoa.
Adab berdoa agar
mudah dikabulkannya permohonan diawali memuji kepada Allah, sedangkan pujian
yang paling baik adalah dengan menyebut Asmaul Husna Dengan Asmaul Husna kita mengusahakan kebaikan sebagai cerminan
atas-Nya.
Firman Allah dalam Q.S.
Al-Mu’minun ayat 116:
فَتَعَٰلَى ٱللَّهُ ٱلْمَلِكُ ٱلْحَقُّ ۖ لَآ إِلَٰهَ إِلَّا
هُوَ رَبُّ ٱلْعَرْشِ ٱلْكَرِيمِ
“Maka Maha Tinggi
Allah, Raja Yang Sebenarnya; tidak ada Tuhan selain Dia, Tuhan (Yang mempunyai)
'Arsy yang mulia.”
Cara meneladani Asmaul Husna berdasarkan
ayat tersebut adalah .... (Jawaban lebih
dari 1)
A.
menjadi pemimpin
yang baik
B.
tidak sombong
C.
teguh pendirian
D.
senang memaafkan
E.
bersedekah
setiap hari
Ans: A, B
5.
Berbagai perilaku dapat kita lakukan sebagai cerminan
dari Asmaul Husna. Salah satu
cara untuk mendekatkan diri kepada Allah adalah dengan berdzikir dan salah satu
cara untuk dikabulkannya permohonan dengan berdoa.
Adab berdoa agar
mudah dikabulkannya permohonan diawali memuji kepada Allah, sedangkan pujian
yang paling baik adalah dengan menyebut Asmaul Husna Dengan Asmaul Husna kita mengusahakan kebaikan sebagai cerminan
atas-Nya.
Firman Allah dalam Q.S.
As-Sajdah ayat 7:
ٱلَّذِىٓ أَحْسَنَ كُلَّ شَىْءٍ خَلَقَهُۥ ۖ وَبَدَأَ خَلْقَ
ٱلْإِنسَٰنِ مِن طِينٍ
“Yang membuat segala
sesuatu yang Dia ciptakan sebaik-baiknya dan Yang memulai penciptaan manusia
dari tanah.”
Cara meneladani Asmaul Husna berdasarkan
ayat tersebut adalah .... (Jawaban lebih
dari 1)
A.
mengevaluasi
diri dengan baik
B.
berpikir kreatif
dan inovatif
C.
bersifat
bijaksana
D.
menjadi pribadi
yang pemaaf
E.
melakukan
penghijauan
Ans: B, E
6.
Perhatikan bacaan berikut!
Bekerja keras sangat perlu dilakukan oleh setiap manusia
untuk menggapai keperluan, kebutuhan dan impiannya. Kerja keras adalah kegiatan
yang dilakukan dengan sungguh-sungguh untuk mencapai target yang akan dituju.
Dalam Islam, kerja keras disebut juga dengan ikhtiar,
yaitu syarat untuk mencapai maksud dan daya upaya dengan bersungguh-sungguh
dalam melakukan segala sesuatu semata-mata karena Allah Swt. Tanpa adanya kerja keras, seseorang akan sulit
mendapatkan apa yang dicita-citakan atau ditujukan. Oleh karena itu, Islam
sangat menganjurkan umatnya untuk bekerja keras dalam menggapainya.
Dengan bekerja keras seseorang akan mudah meraih
cita-citanya. Sebaliknya jika seseorang hanya berpangku tangan dan
bermalas-malasan tidak akan mungkin cita-cita itu akan datang dengan
sendirinya.
Perhatikan pernyataan berikut!
1)
Melakukan segala perbuatan dengan tulus karena Allah
2)
Melakukan dengan sungguh-sungguh dan pantang menyerah
3)
Tidak meremehkan pekerjaan dan tidak tergesa-gesa menyikapi pekerjaan
4)
Menyerahkan hasil kepada Allah
5)
Berkolaborasi dalam hal kebaikan
6)
Mengutamakan kepentingan bersama
Berdasarkan bacaan dan pernyataan-pernyataan tersebut,
yang termasuk ciri dan prinsip bekerja keras adalah .... (Jawaban lebih dari 1)
A.
1 dan 2
B.
1 dan 5
C.
2 dan 6
D.
3 dan 4
E.
3 dan 5
Ans: A, D