soal hots dan kunci jawaban umbk uspbk ekonomi

 

TRUE/FALSE

 

1.      Bu Ani adalah seorang pedagang sayur di Surabaya. Setiap hari ia berbelanja di Pasar karena ia memiliki toko sayuran di depan rumahnya. Ia selalu mengisi bensin sebelum berangkat ke pasar.  Setelah sampai, ia tidak segera berbelanja namun melihat dulu daftar harga sembako yang ada di papan harga digital. Sebagai berikut:

Data Terbaru Rata-Rata Harga Komoditi Tanggal 2021-02-26

List Data Harga Komoditi

No.

Kategori

Komoditi

Satuan

Harga

1

IKAN

Ikan Mujair Segar (Uk. Sedang)

Kg

Rp. 28,857

3

CABE MERAH

Cabe Merah Keriting

Kg

Rp. 57,500

4

KENTANG

Kentang

Kg

Rp. 14,000

5

WORTEL

Wortel

Kg

Rp. 11,500

6

BAWANG

BAWANG MERAH (Lokal Problg)

Kg

Rp. 29,714

7

BAWANG

Bawang Putih Kating

Kg

Rp. 28,286

8

TOMAT

Tomat

Kg

Rp. 10,143

9

TELUR AYAM

Telur Ayam Broiler

Kg

Rp. 22,857

10

GAS LPG

Gas LPG ( 3Kg )

Pertabung

Rp. 18,000

11

CABE MERAH

Cabe Merah Besar

Kg

Rp. 40,714

12

BAWANG

Bawang Bombay

Kg

Rp. 21,214

13

BERAS

Beras IR. 64 Kualitas II

Kg

Rp. 10,636

14

GULA PASIR

Gula Pasir Lokal tanpa kemasan (Putih)

Kg

Rp. 12,214

Sumber: http://disperdagin.surabaya.go.id/bahanpokok/tabel

 

Setelah beberapa saat akhirnya ia memutuskan untuk berbelanja kentang 3kg, wortel 4kg, cabe merah besar 2kg, cabe merah keriting 1kg, bawang bombay 1kg, bawang merah dan bawang putih masing-masing 2 kg. Jika ia sedang malas berbelanja ke pasar sebenarnya ada supplier keliling yang mau menyuplai barang tersebut ke rumahnya namun dengan selisih harga Rp 3.000,00 per kg untuk semua jenis barang.

Pernyataan yang benar dan salah sesuai dengan kegiatan Bu Ani dan tabel informasi tersebut adalah . . . .

1.      Biaya peluang adalah ketika Bu Ani lebih memilih berbelanja di pasar daripada berbelanja di supplier keliling. (___)

ANS: T

2.      Biaya sehari-hari adalah biaya yang dikeluarkan Bu Ani untuk berbelanja ke pasar. (___)

ANS: T

 

 

2.      Perhatikan pergeseran kurva penawaran berikut!

Kurva  keseimbangan bisa mengalami pergeseran baik ke kanan maupun ke kiri. Pergeseran tersebut bisa disebabkan oleh banyak faktor.

Manakah pernyataan yang benar dan salah sesuai dengan kurva tersebut ?

1.      Perubahan tingkat teknologi ke tingkat tradisional tidak bisa menggeser kurva dari SS ke S1S1. (___)

ANS: T

2.      Pendapatan masyarakat menyebabkan Qd (jumlah yang ditawarkan) melonjak sehingga kurva penawaran bergeser dari SS ke S1S1. (___)

ANS: F

 

 

MATCHING

3.      Arini adalah mahasiswi jurusan lingkungan, minggu lalu ia baru saja mengikuti pelatihan pembuatan sampah plastik bersama dengan para pengusaha UKM. Warga perumahan di sekitar tempat tinggal Arini menghasilkan sampah plastik dengan jumlah yang besar setiap minggunya. Jika dibakar maka sampah tersebut akan mencemari lingkungan lewat asapnya, sementara jika dibiarkan maka tidak dapat terurai oleh tanah . Oleh karena itu, Arini berinisiatif untuk memanfaatkan sampah plastik tersebut dengan membuat produk barang bekas yang kreatif. Ia mengajak warga sekitar tempat tinggalnya untuk mengubah sampah plastik menjadi produk yang bernilai jual.

 

 

 

Bagaimana pendapatmu jika masalah diatas dikaitkan dengan masalah pokok ekonomi?

a.       Setuju

b.      Tidak setuju

1.      Dengan mengajak warga sekitar perumahannya untuk mengelola sampah plastik maka maka masalah pokok ekonomi yang timbul adalah “what”

2.      Ketika warga perumahan  menghasilkan sampah plastik maka bukan masalah pokok ekonomi

3.      Seharusnya Arini tidak usah ikut repot dengan masalah ini karena sudah ada pihak pemerintah desa yang akan menyelesaikannya

1.      ANS: A

2.      ANS: A

3.      ANS: B

 

4.      Perhatikan wacana dibawah ini!

Bidang-Bidang Manajemen Pemasaran

Ilmu manajemen seringkali diterapkan dalam pengelolaan perusahaan. Tidak hanya diterapkan secara menyuluruh, ilmu manajemen juga diterapkan dalam beberapa bidang yang ada di perusahaan. Salah satu bidang yang ada dalam perusahaan adalah pemasaran. Penerapan ilmu manajemen dalam bidang pemasaran disebut sebagai manajemen pemasaran. Dilansir dari buku Manajemen Pemasaran (2012) karya Hery, manajemen pemasaran adalah suatu seni dan ilmu dalam memilih pasar sasaran dan mendapatkan, menjaga, serta menumbuhkan pelanggan dengan menciptakan, menyerahkan, dan mengkomunikasikan nilai pelanggan yang unggul. Dari definisi tersebut, dapat dipahami bahwa bagian terpenting dari manajemen pemasaran bukanlah penjualan. Justru penjualan hanyalah sebagian kecil dari proses manajemen.pemasaran.
https://www.kompas.com/skola/read/2020/11/14/130000969/bidang-bidang-manajemen-pemasaran.
Rudi bekerja di PT. Alam Semesta sebagai manager personalia yang bertanggungjawab dalam merencanakan penerimaan pegawai baru. Dalam rangka merealisasikan rencananya, Rudi membentuk panitia, menetapkan tugas dan tanggungjawab tiap individu serta mendelegasikan wewenang kepada bawahannya. Pernyataan berikut yang sesuai dengan narasi diatas adalah. . . .

a.       Benar

b.      Salah

1.      Rudi bekerja di bagian manajemen pemasaran yang bertugas meningkatkan volume penjualan.(___)

2.      Rudi bekerja di bagian manajemen sumber daya manusia yang tugasnya mengawasi pengadaan SDM.(___)

3.      Rudi bekerja di bagian manajemen produksi yang tugas utamanya mengatur faktor produksi supaya efektif.(___)

1.      ANS: B

2.      ANS: A

3.      ANS: B

5.      Perhatikan wacana berikut!

Betapa Krusialnya Pajak dalam Portal Kehidupan berbangsa dan bernegara

Geliat aktivitas perekonomian Indonesia tidak dapat terlepas dari peran pajak di dalamnya. Pajak telah menjadi tulang punggung keuangan negara. Kontribusinya terhadap pendapatan negara kian vital. Dalam postur APBN 2019, penerimaan perpajakan tercatat menyumbang 82,5 persen dari total pendapatan negara. Itu artinya bahwa segala ongkos yang dibutuhkan pemerintah untuk menjalankan roda pemerintahan dan menyediakan akses layanan dasar bagi masyarakat, sangatlah bergantung pada penerimaan perpajakan.

Sayangnya, tingkat kesadaran masyarakat dalam membayar pajak masih jauh dari harapan. Apabila dibandingkan dengan aktivitas perekonomiannya, Indonesia belum mampu menghimpun penerimaan pajak dalam jumlah yang ideal. Hal ini dapat dilihat dari rendahnya tax ratio Indonesia. Pada 2018, tax ratio Indonesia hanya mencapai 11,5 persen. Artinya, porsi pajak yang berhasil dikumpulkan negara hanya sekitar 11 persen dari total aktivitas perekonomian Indonesia.

Fobia terhadap pajak mungkin memang belum pernah terdengar di telinga kita, namun pada kenyataannya hal tersebut benar-benar ada dan menjangkit mayoritas masyarakat Indonesia sampai saat ini. Bagaimana tidak, kata “pajak” seolah menjadi “momok menakutkan” bagi sebagian besar masyarakat. Dalih bahwa pajak itu tidak adil, pajak itu menyengsarakan, pajak itu semata hanyalah akal-akalan para pembuat kebijakan untuk melanggengkan kepentingan pemangku kekuasaan, atau bahkan kata-kata yang menyebut dan mempertanyakan “apa pentingnya pajak” masih sering kita dengar.

Padahal bila kita dapat meresapi makna kemerdekaan Indonesia, bagaimana Indonesia dapat menyelenggarakan pembangunan nasional yang masih terus berlangsung hingga kini, tentunya hal tersebut tidak bisa terlepas dari sumber pendanaan yang tidak sedikit jumlahnya. Tidak dapat dipungkiri bahwa sumber pendanaan terbesar republik ini masih bergantung pada penerimaan perpajakan.

https://www.pajak.go.id/id/artikel/betapa-krusialnya-pajak-dalam-portal-kehidupan-berbangsa-dan-bernegara

Penilaian informasi yang tepat berdasarkan artikel tersebut adalah . . . .

a.       setuju

b.       tidak setuju

1.       Roda pemerintahan dalam menyediakan akses layanan dasar bagi masyarakat, sangatlah bergantung pada penerimaan perpajakan(___)

2.       Pajak memberikan kontribusi minimal terhadap pembangunan di Indonesia(___)

1.       ANS: A

2.       ANS: B

 

 

MATCHING

6.      Perhatikan wacana berikut!

Sistem Ekonomi Masyarakat Perancis

Perancis merupakan salah satu ekonomi terbesar dan terkuat di dunia. Adapun sistem ekonomi yang dianut Perancis adalah sama dengan Amerika Serikat dan Inggris, yakni sistem ekonomi liberal (pasar).

 

Menurut data dari IMF, ekonomi Perancis berada di urutan 8 dunia berdasarkan kemampuan berbelanja (PPP) tahun 2007, yakni sebesar $ 2.047 triliun. Sedangkan berdasarkan data CIA World Factbook (2008) menentukan GDP Perancis adalah sebesar $2.067 triliun, yang berada di urutan 8 dunia berdasarkan PPP. Kemudian di grup negara Maju G8, Perancis berada di peringkat kelima ekonomi terbesar, dan peringkat keenam berdasarkan PDB nominal.

 

Perancis tercatat mengganti mata uangnya dari franc ke euro pada tahun 2002. Berdasarkan data OECD, tahun 2004 -- Perancis merupakan pengekspor barang manufaktur terbesar kelima di dunia dan pengimpor terbesar keempat di dunia.

 

Di sektor industri penerbangan, Perancis memiliki industri angkasa penting yang dipimpin oleh konsorsium Eropa, yakni Airbus. Perancis bersama Swedia menjadi satu-satunya kekuatan Eropa (selain Rusia) yang memiliki pelabuhan antariksa nasional pribadi (Centre Spatial Guyanais).

 

Di sektor energi, Perancis merupakan negara Barat yang paling mandiri dalam sumber daya energi. Hal itu dikarenakan Perancis memiliki investasi yang besar dalam tenaga nuklir (tenaga nuklir di Perancis), yang membuat Perancis menjadi negara produsen yang paling minim karbon dioksida di antara 7 negara industri di dunia.

Hasil dari investasi besar dalam pengembangan energi nuklir, banyak listrik diproduksi di Perancis yang menggunakan tenaga nuklir, sebesar 78,1% (2004). Angka tersebut meningkat dari 8% (1973), 24% (1980), serta 75% (1990).

 

Sumber: https://www.onlenpedia.com/2017/02/mengenal-sistem-ekonomi-perancis-salah.html

 

Terlepas dari suksesnya negara Perancis, mereka menggunakan sistem ekonomi bebas atau liberal. Jodohkanlah pernyataan yang cocok berikut!

a.       Kelebihan

b.      Kelemahan

1.      Monopoli terjadi dimana-mana pada lapisan masyarakat.(___)

2.      Timbulnya kesenjangan antara si kaya dan si miskin.(___)

3.      Menciptakan dan meningkatkan persaingan untuk bisa maju.(___)

4.      Menciptakan barang berkualitas tinggi agar laku di pasar.(___)

1.      ANS: B

2.      ANS: B

3.      ANS: B

4.      ANS: A

 

 

COMPLETION

 

7.      Perhatikan wacana berikut!

Nilai  tukar rupiah terhadap dollar AS menguat pada perdagangan (Kamis/21/1/2021) setelah Bank Indonesia mempertahankan tingkat suku bunga acuan. Berdasarkan data Bloomberg, nilai tukar rupiah terhadap dollar AS ditutup menguat 35 point atau 0,25% ke level Rp 14.000. indeks dollar disisi lain melemah 0,18% ke level 90,314.

Rupiah ditutup dengan perkasa karena apresiasi mata uang garuda yang menjadi tertinggi dibandingkan dengan mata uang lain di Asia. Kurs rupiah menguat setelah bank Indonesia  mempertahankan suku bunga acuan atau BI-7 Day Reserve Report dalam Rapat Dewan Gubernur . Gubernur Bank Indonesia, Perry Warjiyo mengatakan tren penguatan nilai tukar rupiah sejak awal di dorong aliran modal asing ke pasar domestik seiring dengan kepastian asar saham global yang mulai kondusif. Pada nilai berapakah penutupan nilai tukar rupiah terhadap dollar ?

 

ANS: 14.000

 

 

8.      Pak Rudi pergi ke Dealer sepeda motor bersama dengan anak laki-lakinya. Ia akan membelikan sepeda motor untuk anaknya sebagai hadiah karena anaknya telah menang lomba karya tulis ilmiah dengan tema “akibat pandemi” di tingkat kabupaten Sidoarjo.

Ia memilih sepeda motor sesuai dengan keinginan anaknya, setelah beberapa saat, pilihan jatuh pada sepeda motor matic warna merah. Sebagai seorang konsumen, ia diberi pilihan apakah akan membayar motor tersebut secara kredit atau tunai. Akhirnya, sepeda itu dibayar oleh ayahnya secara tunai.

Ia mendapat sebuah bukti kertas yang menuliskan bahwa sepeda itu telah dibeli secara tunai, ia menunggu beberapa saat sampai proses selesai dan 2 hari kemudian sepeda motor itu dikirim ke rumahnya. Jurnal apakah yang akan dicatat oleh pemilik dealer terhadap transaksi ini ?

ANS: pemasukan kas

SHORT ANSWER

37.  Amir memiliki usaha fotocopy sejak tahun 2010. Usaha tersebut ia dirikan setelah ia lulus SMK bersama dengan sahabatnya diberi nama Fotocopy Lancar. 

Pada tanggal 1 Februari 2010, ia membuka usaha tersebut dan mengeluarkan modal sebesar Rp 3.000.000,00 dan sahabatnya mengeluarkan modal 2.500.000,00.

Kemudian pada tanggal 3 Februari 2010 mereka membeli perlengkapan secara kredit (mesin fotocopy dan etalase) senilai Rp 28.000.000,00. Bentuk jurnal umum dari transaksi diatas adalah . . . .

ANS:

 

 

38.  PD. ASA bergerak dalam usaha suplier buku bacaan untuk kalangan pelajar. Ia bekerja sama dengan beberapa percetakan yang lain untuk memperbesar usahanya. Terkadang anatar satu dengan perusahaan yang lain saling melakukan transaksi dagang. Berikut ini adalah data keuangan PD. ASA (dalam ribuan rupiah)!

                                                                 JURNAL PEMBELIAN                                            halaman 1

Tanggal

Keterangan

Ref.

Pembelian

Debit

Kredit

2020

Nov

 

Perlengkapan

Serba-serbi

Utang dagang

akun

jumlah

2

4

6

10

16

PD. Pelangi

UD. Airlangga

CV. Sumber Ilmu

UD. Airlangga

CV. Sumber Ilmu

 

3.400.000

2.600.000

4.100.000

1.700.000

 

 

 

 

2.800.000

 

 

3.400.000

2.600.000

4.100.000

1.700.000

2.800.000

 

                                                                        JURNAL UMUM

Tanggal

Nama Akun

Ref

Debit

Kredit

2020

Nov

3

 

21

Utang dagang (PD. Pelangi)

                Retur Pembelian

Utang dagang (CV. Sumber Ilmu)

                Retur Pembelian

 

1.000.000

 

700.000

 

1.000.000

 

700.000

 

Posting buku besar pembantu utang dari CV. Sumber Ilmu yang benar adalah . . . .

 

39.  Toko Malika menjual barang kebutuhan pokok seperti beras, gula, minyak, sabun, shampoo dan lain-lain. Toko ini berdiri sejak tahun 2010 , awalnya toko ini menjual barang dagangannya secara ecer kepada konsumennya, namun selama perjalanannya, sekarang toko ini menjadi toko supplier bagi toko-toko kecil di sekitarnya.

Sejumlah barang dagangannya ada yang dibeli secara tunai dan ada yang barang titipan dari beberapa sales.Setiap Pagi Toko Malika selalu kedatangan sales yang meletakkan barang dan mengambil uang dagangan titipan di toko tersebut.

Berikut ini adalah data usaha dagang di Toko Malika terhadap salah satu produk sabun mandi selama bulan Januari 2021.

Penjualan                                      Rp 6.500.000,00

Retur pembelian                           Rp 1.000.000,00

Persediaan barang dagang awal   Rp 5.800.000,00

Persediaan barang dagang akhir Rp 3.050.000,00

Beban angkut penjualan               Rp    650.000,00

Pembelian                                     Rp 6.200.000,00

Potongan pembelian                     Rp    450.000,00

Jika Harga Pokok Penjualan (HPP) Rp 8.100.000,00. Berapakah nilai beban angkut pembelian Toko Malika tersebut?

ANS:

 

40. UD. Ardana bergerak dalam bidang perusahaan dagang dengan bentuk usaha penyuplai bahan bangunan. Pemilik usaha tersebut selalu membuat laporan keuangan secara teratur untuk mengetahui apaka perusahaan memperoleh laba atau menderita kerugian di setiap tahunnya. Salah satu bentuk pembukuan yang ia buat adalah jurnal penutup.

Jurnal penutup adalah jurnal yang ia buat pada akhir periode akuntansi untuk mengnolkan akun-akun nominal. Penyusunannya ada yang menggunakan pendekatan ikhtisar laba rugi maupun pendekatan Harga Pokok Penjualan (HPP).

Berikut adalah data keuangan berupa neraca saldo setelah diseduaikan milik UD. Ardana per 31 Desember 2020:

Kas                                               Rp 15.700.000,00

Persediaan barang dagang           Rp 17.500.000,00

Prive                                             Rp   2.500.000,00

Pembelian                                     Rp 26.800.000,00

Potongan pembelian                     Rp   2.100.000,00

Penjualan                                      Rp 29.300.000,00

Retur penjualan                            Rp   2.600.000,00

Beban gaji                                    Rp   9.800.000,00

Buatlah jurnal penutup untuk menutup akun beban berdasarkan data diatas !

ANS: