soal hots akm dan kunci jawaban sejarah islam

 

Multiple choice

1.      Dinasti Umayyah merupakan kekhalifahan pertama setelah era Khulafaurrasyidin dalam sejarah islam. Nama dinasti ini diambil dari Umayyah bin ‘Abd asy-Syams atau Muawiyah bin Abu Sufyan alias Muawiyah I, salah seorang sahabat Nabi Muhammad, lalu menjadi khalifah yang memimpin pada 661-680 Masehi

Pertengahan abad ke-6 menjadi masa-masa krusial kekhalifahan Umayyah. Pada periode ini, Umayyah mulai mengalami kekalahan dari pasukan Abbasiyah. Hingga akhirnya pada 750 M Damaskus berhasil direbut oleh Abbasiyah yang praktis membuat pemerintahan Umayyah jatuh.

Seperti halnya Dinasti Umayyah, Dinasti Abbasiyah juga memiliki karakter dan ciri khas istimewa. Pemerintahan Abbasiyah merupakan pemerintahan non-Arab, sementara pemerintahan Umayyah merupakan pemerintahan yang sangat peka terhadap suku Arab. Dengan demikian, perbandingan sistem politik yang dijalankan oleh Dinasti Abbasiyah sebagai karakteristik pemerintahannya adalah ....

a.       Para khalifah tetap keturunan Arab, sedangkan para menteri, pejabat, dan panglimanya berasal dari golongan Mawali

b.      Para khalifah tetap keturunan Arab, sedangkan para menteri, pejabat, dan panglimanya berasal dari bangsa Turki

c.       Para khalifah tetap keturunan Arab, sedangkan para menteri, pejabat, dan panglimanya berasal dari bangsa Persia

d.      Para khalifah tetap keturunan Arab dan Turki, sedangkan para menteri, pejabat dan panglimanya berasal dari bangsa Arab

e.       Para khalifah tetap keturunan Arab dan Mawali, sedangkan para menteri, pejabat, dan panglimanya berasal dari bangsa Persia

Ans: a

 

2.      Perhatikan gambar berikut!

GeNose, alat pendeteksi penyebab Covid-19 yang dikembangkan oleh para peneliti di Universitas Gadjah Mada tengah menjadi perhatian publik. Tidak seperti alat tes Covid-19 lainnya seperti PCR test, Rapid test berbasis antibodi maupun antigen. GeNose dikembangkan dengan mengidentifikasi Volatile Organic Compound (VOC) yang terbentuk oleh adanya infeksi Covid-19 yang keluar saat bernapas.

Dian adalah dokter yang bersama penemu GeNose, Prof Dr Kuwat Triyono mengembangkan alat pendeteksi Covid-19 itu. Keduanya sama-sama dari Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta. Prof Kuwat dari MIPA, Dian dari kedokteran.

Setelah lebih dua minggu GeNose dipakai di tempat umum, Dian berkesimpulan bahwa tigkat ketertularan adalah 3 persen. Artinya, dari semua calon penumpang yang di tes lewat GeNose, tiga persen terdeteksi positif Covid-19. Itu sama dengan standart di mana-mana.

Penemuan alat pendeteksi Covid ini membuktikan bahwa ....

a.       Manusia dilarang untuk memiliki sifat jumud

b.      Kemampuan manusia dalam mengembangkan ilmu terapan

c.       Manusia diperintah untuk mengintensifkan dan mengintepretasikan kembali ajaran islam

d.      Manusia dapat mengembangkan ilmu kimia yang diwariskan oleh Ibnu Hayyan

e.       Menerapkan cara apapun agar Covid-19 segera lenyap

Ans: a

 

3.      Islam adalah agama yang perkembangannya paling cepat di dunia dan akan menyalip Kristen sebagai yang paling populer selama seabad terakhir. Hal itu merupakan hasil analisis survei agama dari Pew Research Center yang diterbitkan pada Selasa (28/2).
Dilansir dari IB Times, Rabu (1/3), menurut perkiraan Pew pada 2010 lalu, umat
 Islam memiliki 23 persen dari populasi dunia dengan total pemeluk sekitar 1,6 miliar orang. Angka itu masih memang masih lebih sedikit dibandingkan pemeluk agama Kristen yang mencapai 2,2 miliar orang, dan merupakan 31 persen populasi dunia.
Namun, pada 2050 diperkirakan ada kedekatan jarak jumlah pemeluk dari dua agama untuk pertama kalinya dalam sejarah. Alasannya dari pertumbuhan ini adalah meningkatnya rasio anak-anak Muslim jika dibandingkan kelompok agama lain, dan dengan usia pemeluk agama Islam yang realtif masih muda.
Persentase terbesar umat Islam saat ini ada di kawasan Asia-Pasifik dan uniknya bukan berada di Timur Tengah ataupun Afrika Utara. Indonesia, saat memiliki jumlah Muslim terbesar dari negara manapun tetapi, predikat itu bisa beralih ke India pada 2050. Saat itu, diproyeksikan umat Islam memegang 10 persen penduduk Eropa.

Meski islam berkembang pesat di berbagai belahan dunia, bukan berarti islam tidak mengalami hambatan. Pluralitas masyarakat, faktor sentimen ekonomi, sosial, ras, dan juga agama memicu terjadinya kecemburuan (konflik) di tengah-tengah masyarakat.

Problem yang kalah seriusnya adalah soal identitas keislaman. Beberapa negara yang menganut sistem sekuler (pemisahan agama dan negara), tentu menghadapi kendala-kendala tertentu bagi hak-hak keberagaman para muslim. Soal persediaan makanan halal misalnya, atau hak mengenakan jilbab bagi muslimah di ruang-ruang publik, termasuk di sekolah, kerap mewarnai tarik ulur ketegangan antara komunitas muslim dengan pemerintah. Untuk menyikapi hambatan-hambatan ini, maka sikap kita sebaiknya ....

a.       Bersikap pasrah dan mentaati segala peraturan yang ada di negara tersebut

b.      Melakukan demonstrasi untuk menutut hak atas nama kebebasan beragama

c.       Melakukan negoisasi melalui organisasi-organisasi islam dengan pemerintah setempat

d.      Mempertahankan prinsip sebagai bentuk ketaatan meskipun bertentangan dengan peraturan

e.       Keluar dari situasi tersebut demi mempertahankan prinsip dan mencari negara lain

Ans: c

 

4.      Kunci kemajuan Barat berawal dari sebuah peristiwa besar. Peristiwa itu dikenal sebagai renaisans. Kata kunci tersebut mengacu kepada penemuan kembali kebudayaan Yunani dan Romawi Klasik oleh Barat, terutama Eropa Barat.

Penemuan kembali kebudayaan Yunani dan Romawi klasik tersebut bukan dalam artian harfiah, yakni menghidupkan kembali tradisi yang dulu hidup di masa klasik.

Jauh sebelum peradaban barat mengembangkan sains dan teknologi sekaligus berbagai turunannya, para ilmuwan islam sudah terlebih dahulu mengembangkan banyak terobosan dan inovasi terkait sains dan teknologi. Misalnya upaya yang dilakukan khalifah Umar bin Khattab dengan meminta bantuan dari Ali bin Abi Thalib seperti metode Tahlil Unsuril Jarimah untuk menganalisis unsur kejahatan. Penemuan-penemuan teknologi umat imat tersebut dimaksudkan agar umat islam saat ini senantiasa ....

a.       Berpikir kritis dan selalu konra dengan adanya kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi

b.      Aktif menggunakan akalnya untuk menghasilkan gagasan baru yang bermanfaat bagi kemajuan peradaban.

c.       Mengasah kemampuan berkomunikasi sehingga dapat beradaptasi dengan lingkungan yang baru

d.      Mempertahankan sikap dan mental fatalisme untuk menjaga kemurnian ajaran islam

e.       Membuka hubungan diplomasi dengan negara-negara barat demi perbaikan ekonomi individu

Ans: b

 

5.      Kekhalifahan Abbasiyah atau Bani Abbasiyah merupakan kekhalifahan kedua Islam yang berkuasa di Baghdad, Irak. Pada masanya kekhalifahan Abbasiyah berkembang pesat dan menjadikan Islam sebagai pusat pengetahuan dunia.

Kekuasaannya dimulai setelah merebutnya dari Bani Umayyah dan menaklukkan semua wilayahnya kecuali Andalusia. Bani Abbasiyah merujuk kepada keturunan paman termuda Nabi Muhammad seperti yang diceritakan dalam sejarah peristiwa isra miraj, Abbas bin Abdul Muthalib (566 – 652) dan itu sebabnya juga masih termasuk kepada Bani Hasyim.

Pada masa Bani Abbasiyah, Khalifah Al Ma’mun membangun pusat ilmu pegetahuan, penelitian dan juga perpustakaan yang sangat besar bernama Baitul Hikmah yang sangat membantu proses pengembangan ilmu pengetahuan pada masa itu. Ibrah yang dapat diambil dari jasa Khalifah Al Ma’mun dalam menguatkan ilmu pengetahuan adalah ....

a.       Mengembangkan ilmu haruslah sesuai dengan kesempatan

b.      Mengembangkan ilmu hanya menyesuaikan kebutuhan

c.       Mengembangkan ilmu dengan mempertimbangkan aspek usia

d.      Mengembangkan ilmu hanya menuruti tuntutan zaman

e.       Mengembangkan ilmu seluas-luasnya tanpa melihat batasan usia

Ans: e

 

6.      Bacalah artikel berikut!

Konsep Penanggulangan Kemiskinan P2KP

          Sejak krisis moneter 1997-1998, dikenal angka-angka kemiskinan versi BKKBN dengan menjumlahkan angka Pra-KS dan KS-1, dengan alasan ekonomi. Awalnya, versi miskin tersebut ditujukan untuk program keluarga berencana dan keluarga sejahtera, tetapi kemudian digunakan untuk mendata keluarga miskin. Pada perkembangan selanjutnya, data tersebut digunakan sebagai pedoman dalam berbagai program peningkatan keluarga sejahtera, seperti Takesra/Kukesra, JPS OPK beras dan JPS lainnya. Pertanyaannya adalah, apakah data versi BKKBN ini sesuai untuk seluruh daerah di Indonesia? Dengan kata lain, terjadi penyamaan atas kriteria miskin untuk semua daerah. Sedangkan kita mengetahui, daerah satu dengan daerah lainnya di Indonesia memiliki latar belakang dan perbedaan yang cukup besar, baik dari segi budaya, bahasa, gaya hidup dan sebagainya.

          Pada dasarnya persoalan kemiskinan merupakan persoalan multidimensional yang saling terkait (interrelated) dan saling mengunci (interlocking) antara satu dengan yang lainnya. Akan muncul beragam jawaban, jika pertanyaan “mengapa terjadi kemiskinan” dilontarkan.

          Dilihat dari sudut pandang politik, kemiskinan timbul karena tidak adanya partisipasi masyarakat miskin dalam proses pengambil keputusan yang menyangkut hidup mereka. Dilihat dari sudut pandang sosial, masyarakat miskin tidak terintegrasi dalam institusi sosial formal dan terinternalisasi dalam budaya kemiskinan. Dari sudut pandang ekonomi, masyarakat miskin ditandai dengan rendahnya penghasilan untuk memenuhi hidup saja tidak cukup. Dilihat dari sudut pandang aset, masyarakat miskin dapat dilihat dari rendahnya kepemilikannya terhadap barang-barang modal yang dapat menjadi aset (harta) mereka.

          Pertanyaannya adalah, jika pengambil keputusan (stakeholder) di negara ini mengambil langkah penanggulangan kemiskinan hanya dengan memakai “kacamata kuda”, misal hanya melihat dari sudut pandang politik saja atau sudut pandang ekonomi, aset dan sosial untuk menanggulangi persoalan kemiskinan, maka kita dapat memprediksikan bahwa pemecahan persoalan kemiskinan tidak akan terjawab.

         Pada dasarnya P2KP melihat, persoalan kemiskinan merupakan persoalan mental manusia yang sudah terkontaminasi oleh nafsu keserakahan atau lunturnya nilai-nilai universal/kemanusiaan. Maka dari itu, ada beberapa langkah/intervensi yang dilakukan P2KP dalam penanggulangan kemiskinan. Tataran-tataran intervensi yang dilakukan P2KP adalah kepada pelaku, kebijakan, pengaturan, kelembagaan, program, dan evaluasi.

Sumber:http://kotaku.pu.go.id:8081/wartaarsipdetil.asp?mid=1719&catid=2&

Dari kutipan artikel tersebut, pemerintah mengaplikasikan cara dakwah yang dilakukan oleh Sunan Drajat yang tertuang dalam suluk petuahnya yaitu ....

a.       Menehana teken marang wong kang wuta

b.      Menehana mangan marang wong kang luwe

c.       Menehana busana marang wong kang wuda

d.      Menehana ngiyup marang wong kang kudanan

e.       Menehana panggon marang wong kang tunawisma

Ans: b

 

7.      Bacalah dengan seksama!

Jakarta - Tindakan sadis kembali terjadi dan menimpa bayi perempuan yang baru lahir di India. Bayi itu telah dikubur hidup-hidup dan ditemukan di salah satu pemakaman di India Utara. Syukurlah, nyawa sang bayi berhasil diselamatkan.

Bayi perempuan itu ditemukan pada 10 Oktober 2019 waktu setempat. Ia ditemukan sepasang suami istri yang akan menguburkan anaknya yang meninggal di rumah sakit.

"Ketika mereka mulai menggali tanah, terdengar suara tangisan. Mereka pun menggali lalu menemukan bayi yang ditaruh dalam pot terbuat dari tanah," kata Abhinandan Singh, Inspektur Polisi distrik Bareilly, dikutip dari CNN.

Bayi itu kemudian langsung di bawa ke rumah sakit. Dari segi medis, sang bayi mengalami beberapa infeksi dan berat badannya hanya 1,5 kilogram. Kini, bayi malang itu tengah menerima perawatan insentif di ICU.

Sumber: https://www.haibunda.com/parenting/20191016210023-62-62282/astaghfirullah-membunuh-bayi-perempuan-baru-lahir-jadi-trend-di-india

Dari kutipan tersebut, tindakan sadis di negara India sama hal nya dengan .....

a.       Adat kebiasaan orang kafir Quraisy Makkah

b.      Bentuk peribadatan masyarakat kaum kafir Quraisy Makkah

c.       Kebiasaan buruk kaum kafir Quraisy Makkah

d.      Sistem pemerintahan kaum kafir Quraisy Makkah

e.       Takhayyul kaum kafir Quraisy Makkah

Ans: c

 

8.      Bacalah dengan seksama!

Berdasarkan survei Indo Barometer, tingkat kepuasan masyarakat terhadap kinerja Presiden Joko Widodo sebesar yakni 66,4 persen. Masih ada 32 persen lainnya yang mengaku tidak puas dengan kinerja Jokowi. Dalam pertanyaan terbuka, responden mengungkapkan alasan ketidakpuasan itu.

Direktur Eksekutif Indo Barometer Muhammad Qodari mengatakan, jawaban tertinggi responden yaitu lapangan pekerjaan masih terbatas (14,3 persen). Sementara itu, peringkat kedua alasan ketidakpuasan dengan angka 12,3 peraen yaitu kebijakan Jokowi hanya menguntungkan pihak tertentu. Istilah "presiden boneka" ternyata masih belum lepas dari Jokowi.

Di masa kampanye hingga awal pemerintahannya, Jokowi disebut sebagai boneka partai, yang maksudnya mudah diatur-atur oleh PDI Perjuangan, partai yang mengusungnya. "Alasan publik tidak puas kinerja presiden Jokowi karena dianggap boneka PDI-P dengan 9,9 persen," ujar Qodari dalam diskusi "Evaluasi Publik 2,5 Tahun Pemerintah Jokowi-JK" di Jakarta, Rabu (22/3/2017). Sementara itu, alasan lainnya dalam urutan selanjutnya yakni belum bisa mengatasi masalah ekonomi (9,2 persen), harga kebutuhan mahal (8,7 persen), masih banyak korupsi (8,5 persen). Alasan lain, penegakan hukum tidak netral (6,9 persen), menguntungkan China (6,6 persen), terlalu pro Ahok (4,8 persen), bantuan masih kurang tepat sasaran (4,5 persen), kurang tegas dalam memimpin (3,4 persen) hingga masih kurangnya perhatian untuk pendidikan.
Dari Suvei Indo Barometer tersebut dapat dikaitkan dengan ciri dari periodesasi kepemimpinan Daulah Bani Abbasiyah pada ....

a.       Fase pertama

b.      Fase kedua

c.       Fase ketiga

d.      Fase keempat

e.       Fase kelima

Ans: c

 

9.      Bacalah teks berita berikut!

Blusukan Mensos Tri Rismaharini Jadi Perdebatan, Ini Fakta Terbarunya

Sabtu, 9 Januari 2021 12:06Reporter : Rizka Nur Laily M

Merdeka.com - Aksi blusukan yang beberapa kali dilakukan Menteri Sosial (Mensos) Tri Rismaharini di sejumlah wilayah di DKI Jakarta memicu perdebatan publik, tak terkecuali di berbagai media sosial. Sejumlah komentar diberikan warganet sebagai respons atas aktivitas blusukan Risma.

Aksi blusukan yang belakangan ini kerap dilakukan Menteri Sosial (Mensos) Risma di sejumlah wilayah DKI Jakarta, dicurigai hanya untuk mencari simpati publik atau pencitraan guna mengincar kursi Gubernur DKI,” tulis instagram @infojatim, Jumat (8/1).

Sementara itu, anggota Komisi VIII DPR Fraksi PKS, Bukhori menduga, Risma mengincar kursi Gubernur DKI Jakarta.

“Ya itu yang beliau (Risma) ingin tempuh (DKI 1) kelihatannya,” ujar Bukhori, di Jakarta, Rabu (6/1/2021). Jika Risma benar mengincar kursi Gubernur DKI Jakarta, lanjut Bukhori, ia seharusnya tida perlu menjadi menteri. “Tapi kalau begitu jangan jadi menteri,” imbuhnya. Bukhori juga menilai gaya blusukan Risma tidak akan mempengaruhi warga Jakarta. Pasalnya, gaya yang demikian disebutnya sudah tidak cocok untuk menggaet simpati warga Ibu Kota Indonesia itu.

Sementara itu, Wakil Gubernur DKI Jakarta, Ahmad Riza Patria memberikan respons terhadap temuan Mensos Risma ketika blusukan. Riza mengaku baru mendengar ada tunawisma di sekitar kawasan Sudirman-Thamrin, Jakarta Pusat. Ia pun sempat kaget.

Meski demikian, ia mengaku telah memerintahkan jajarannya untuk mengecek temuan mantan Wali Kota Surabaya itu. Riza mengakui, di wilayah lain di Ibu Kota memang terdapat tunawisma.

Blusukan mensos Tri Rismaharini tersebut pernah dilakukan oleh walisanga dalam menyebarkan agama islam di pulau Jawa yang dikenal dengan aksi kegiatan sosialnya adalah ....

a.       Raden Makdum Ibrahim

b.      Ja’far Shodiq

c.       Raden Said

d.      Raden Paku

e.       Raden Qosim

Ans: e

 

10.  Perhatikan tembang dolanan berikut!

Lir ilir, lir ilir

Tandure wis sumilir

Tak ijo royo-royo tak senggo temanten anyar

Cah angon-cah angon penekno blimbing kuwi

Lunyu-lunyu yo penekno kanggo mbasuh dodotiro

Dodotiro-dodotiro kumitir bedhah ing pinggir

Dondomono jlumatono kanggo sebo mengko sore

Mumpung padhang rembulane

Mumpung jembar kalangane

Yo surako

Surak iyo

Tembang tersebut merupakan media dakwah yang dilakukan oleh Sunan Kalijaga dalam menyebarkan agama islam di Pulau Jawa. Tembang tersebut mengingatkan pada umat islam untuk ....

a.       Putus asa dalam berjuang

b.      Tidak mudah putus asa dalam berjuang walaupun banyak rintangan yang dihadapi

c.       Bersatu melawan penjajah

d.      Mencintai budaya lokal

e.       Menyebarkan agama islam dan bergaul dengan rakyat jelata pada sore hari

Ans: b

 

11.  Perhatikan gambar berikut!

Taj Mahal merupakan sebuah kompleks bangunan yang di dalamnya dilengkapi dengan taman, luas lahannya sekitar 22,4 hektar. Di sana Anda akan menemukan air mancur, makam, dan kolam yang memanjang nan cantik. Bagunan tersebut juga dapat dikatakan sebagai bukti cinta dari Raja ternama, Shah Jahan, untuk sang istri, Mumtaz Mahal menjadi tempat bersandar di akhir hayatnya atau makamnya.

Untuk menyelesaikan bangunan nan mewah ini membutuhkan waktu selama kurang lebih 22 tahun. Setelah selesai, sekitar tahun 1983, Taj Mahal dijadikan situs warisan dunia UNESCO. Selain itu juga bangunan tersebut menjadi pemenang dalam inisiatif Tujuh Keajaiban Dunia Baru pada tahun 2007.

Keindahannya pun terlihat dari arsitektur bumbung, kubah, dan menara yang terbuat dari marmer putih. Lalu juga ada kira-kira sebanyak 43 jenis batu. Diantaranya permata, termasuk berlian, jed, kristal, topaz dan nilam di gunakan untuk membuat bangunan semakin mengagumkan.

Dari gambar dan teks tersebut membuktikan bahwa kemajuan peradaban islam yang paling menonjol pada masa daulah Bani Mughal adalah ....

a.       Bidang agama

b.      Bidang seni arsitektur

c.       Bidang kebudayaan

d.      Bidang ekonomi

e.       Bidang politik dan administrasi pemerintahan

Ans: b

 

12.  Bacalah teks berikut!

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Eritrea termasuk salah satu daerah Afrika yang pertama kali menerima sentuhan Islam. Kendati demikian, kehidupan kaum Muslimin di negeri itu jarang sekali diungkap oleh media arus utama dunia.
Eritrea terletak di kawasan tandus Afrika. Negeri ini berbatasan langsung dengan Laut Merah di timur, Sudan di barat, Etiopia di selatan, dan Djibouti di sebelah tenggara. Pada masa lalu, Eritrea merupakan bagian dari wilayah Kerajaan Aksum (Habasyah).
Seperti halnya Ethiopia, Eritrea merupakan salah satu kawasan yang menerima Islam secara damai pada periode risalah Nabi Muhammad SAW. Dekatnya jarak Eritrea ke Makkah, membuat proses masuknya Islam ke negeri ini berlangsung alamiah.
“Hari ini, Islam telah mengakar kuat di Eritrea. Islam memberi warna tersendiri pada kultur, sejarah, dan norma-norma sosial masyarakat di negara tersebut,” tulis Ismael Mukhtar dalam makalah “Milestones in the History of Islam in Eritrea”.
Menurut catatan sejarah, Islam mulai masuk ke Eritrea sekira 615 M. Ketika itu, kaum Muslimin menghadapi gangguan dan penyiksaan yang kejam dari orang-orang kafir Makkah. Demi menyelematkan iman mereka, Rasulullah lantas memerintahkan para sahabat untuk hijrah ke negeri Habasyah.
Proses hijrah kaum Muslimin pada waktu itu dibagi menjadi dua gelombang. Gelombang pertama terjadi pada tahun kelima risalah Nabi (sekira 615 M). Rombongan ketika itu terdiri dari 11 laki-laki dan empat perempuan. Beberapa tokoh yang menonjol, di antaranya Ruqayah (putri Nabi Muhammad SAW) dan suaminya, Utsman bin Affan RA. Mereka menetap di Habasyah untuk waktu yang sangat singkat.
Gelombang berikutnya terdiri dari 83 laki-laki dan 18 perempuan. Mereka tinggal di Habasyah hingga tahun ke-8 Hijriyah (628 M). Dalam rombongan kedua ini terdapat Ja'far bin Abi Thalib RA. Dia adalah saudara sepupu Nabi SAW yang berperan penting dalam penyebaran syiar Islam di Habasyah.

Dari teks tersebut membuktikan bahwa islam telah memasuki benua Afrika sejak Rasulullah masih hidup. Orang Afrika pertama yang masuk islam adalah ....

a.       Ja’far bin Abi Thalib

b.      Bilal bin Rabbah

c.       Utsman bin Ma’zhun

d.      Amr bin Ash

e.       Uqbah bin Nafi’

Ans: b

 

13.  Bacalah teks berikut!

Siap-Siap! Jokowi Bakal Disuntik Vaksin Corona Sinovac Hari Ini di Istana

                               Presiden Jokowi menyampaikan harapannya untuk tahun 2021.

Jakarta - Vaksinasi virus Corona pertama digelar hari ini, Rabu (13/1/2021). Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan jadi orang pertama di Indonesia yang akan diberi suntikan vaksin Corona Sinovac.

Jokowi akan menerima dosis pertama vaksin di Istana Kepresidenan, Jakarta. Jika tidak ada halangan, maka vaksinasi akan digelar pada pukul 09.00 dan disiarkan secara live streaming melalui kanal Youtube Sekretariat Presiden.

Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono mengatakan tak ada persiapan khusus yang dilakukan oleh kepala negara untuk menerima vaksin. Ia hanya disarankan tidur cukup dan sarapan terlebih dahulu.

Jokowi akan menerima vaksin dari dokter kepresidenan. Dikabarkan sebelumnya, ia akan disuntik vaksin Corona Sinovac.

"Iya Sinovac," kata Heru.

Jokowi mengatakan bersedia disuntik vaksin Corona pertama untuk menunjukkan bahwa vaksin yang digunakan aman. Sebab, vaksin itu telah melalui uji klinis tidak hanya sekali.

Seperti yang diberitakan, Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) telah mengeluarkan izin penggunaan darurat vaksin CoronaVac, Sinovac, pada Senin (11/1/2021) lalu. Efikasi vaksin tersebut 65,3 persen, lebih tinggi daripada ambang batas WHO.

Dari teks tersebut jika dikaitkan dengan sifat keteladanan khulafaurrasyidin yang dibaiat dua kali adalah ....

a.       Dermawan

b.      Itsar

c.       Babul ilmi

d.      Pemalu

e.       Al Faruq

Ans: b

 

14.  Perhatikan peta penyebaran islam di Indonesia berikut!

PETA PENYEBARAN ISLAM DI INDONESIA

                      

Penyebaran islam di Nusantara tidak terlepas dari peran para pedagang yang datang ke Nusantara. Pedagang-pedagang tersebut berasal dari berbagai negara, seperti Arab, Mesir, Persia (Iran), dan Gujarat (India).

Para pedagang tersebut selain berdagang juga memperkenalkan dan menyebarkan agama islam, bahkan terjadi perkawinan anatra pedagang dengan wanita pribumi. Adanya perkawinan membuat perkembangan islam cepat menyebar ke berbagai wilayah, salah satunya di Pulau Jawa yang disebarkan oleh Wali sanga.

Wali sanga merupakan ulama yang menyebarkan islam di Pulau Jawa. Mereka menyebarkan islam dengan cara yang damai, sejuk tanpa persinggungan dengan agama lain. Diantara bentuk kepiawaiannya dalam menyebarkan islam dengan cara mengakulturasikan budaya tanpa merusak ajaran islam yang murni. Strategi dakwah wali sanga tersebut jika dikaitkan dengan kehidupan beragama sekarang adalah ....

a.       Selalu berinstropeksi diri dalam beragama

b.      Bersikap toleransi secara berlebih-lebihan

c.       Tidak menyalahkan orang lain karena berbeda keyakinan

d.      Saling menghormati dan menghargai kebebasan beragama

e.       Tidak memaksakan kehendak kepada orang lain

Ans: d

 

Multiple response

1.      Penyebaran Islam di Nusantara pada awalnya didorong oleh meningkatnya jaringan perdagangan di luar kepulauan Nusantara. Pedagang dan bangsawan dari kerajaan besar Nusantara biasanya adalah yang pertama mengadopsi Islam. Kerajaan yang dominan, termasuk Kesultanan Mataram (di Jawa Tengah sekarang), dan Kesultanan Ternate dan Tidore di Kepulauan Maluku di timur. Pada akhir abad ke-13, Islam telah berdiri di Sumatra Utara, abad ke-14 di timur laut MalayaBruneiFilipina selatan, di antara beberapa abdi kerajaan di Jawa Timur, abad ke-15 di Malaka dan wilayah lain dari Semenanjung Malaya (sekarang Malaysia).

Meskipun diketahui bahwa penyebaran Islam dimulai di sisi barat Nusantara, kepingan-kepingan bukti yang ditemukan tidak menunjukkan gelombang konversi bertahap di sekitar setiap daerah Nusantara, melainkan bahwa proses konversi ini rumit dan lambat.

Para ulama sangat berperan penting dalam menyebarkan dan mengajarkan ajaran islam di Indonesia. Dengan dianutnya agama islam oleh masyarakat Indonesia, telah mendatangkan banyak sekali perubahan dalam kehidupan masyarakat itu sendiri. Diantara perubahan tersebut adalah masyarakat Indonesia yang dulunya menganut sistem kasta dan diskriminasi menjadi masyarakat yang setiap anggotanya mempunyai kedudukan, harkat, martabat yang sama.

Dari teks tersebut telah menginspirasi kita untuk bisa menerapkannya dalam kehidupan berbangsa dan benegara saat ini yaitu ....

a.       Memantapkan ketauhidan kepada Allah Swt dengan khusyu’ dalam beribadah

b.      Mewujudkan sikap washathiyah baik antar sesama muslim maupun non muslim

c.       Bersikap nasionalis dari pada sikap sekratin (kesukuan)

d.      Menumbuhkan rasa ukhuwah diniyah sesama manusia

e.       Menumbuhkan semangat liberalisme dalam kehidupan bermasyarakat

Ans: b, d

 

2.      Islam di Malaysia diperkenalkan oleh para pedagang yang datang dari Arab, Tiongkok dan India. Peristiwa tersebut mulai terjadi pada abad ke-15. Konstitusi memberikan kebebasan beragama dan menjadikan Malaysia sebuah negara yang secara resmi sekuler, meskipun menjadikan Islam sebagai "agama Federasi" untuk melambangkan pengaruhnya pada masyarakat Malaysia.

Baru-baru ini Kementerian Dalam Negeri Malaysia  kembali menegaskan pendiriannya, bahwa pemerintah tidak akan menghapus status agama di kartu identitas penduduk atau dikenal dengan MyKad. Di MyKad, status agama Islam tertera dengan jelas di bagian depan kartu identitas Negeri Jiran tersebut. Sedangkan agama lain (non-Muslim), informasinya hanya disimpan di dalam chip kartu identitas.

Cermati data statitika sensus penduduk negara Malaysia berikut!

Dari data statistika diatas dapat disimpulkan bahwa citra dan nuansa agama islam di Malaysia lebih kentara meski penduduk islam di Malaysia lebih sedikit dari pada di Indonesia. Hal ini dapat dilihat karena ....

a.       Pemerintah Malaysia menyusun kembali model dan sistem ekonomi Malaysia menjadi model islam

b.      Persesuaian adat istiadat Melayu dengan kebudayaan islam

c.       Tradisi Hindu-Budha yang lebih lama dianut sudah tidak memadai lagi bagi penduduk Malaysia

d.      Tekanan dari kalangan muslim terhadap pemerintah agar mengganti sistem hukum, kelembagaan, dan sistem perekonomian dengan sistem islam

e.       Deklarasi pemerintah untuk merevisi sistem hukum nasional menjadi selaras dengan islam

Ans: a, e

 

3.      Agama islam masuk ke Thailand melalui kerajaan Pasai (Aceh). Thailand merupakan satu-satunya negara di Asia Tenggara yang tidak pernah dijajah. Maka dari itu, negara Thailand disebut dnegan negara Gajah Putih.

Perhatikan pemeluk agama di negara Thailand berikut:

Dari data tersebut menyebutkan bahwa agama islam menjadi agama yang minoritas. Walau minoritas, tetapi agama islam Thailand banyak yang terlibat dalam kancah politik. Umat islam yang ada di Thailand bagian selatan mendapatkan perhatian penuh dari pemerintah karena ....

a.       Berbatasan langsung dengan Malaysia yang mempunyai persamaan agama dan etnis

b.      Pemerintah khawatir mereka akan melepaskan diri dari Thailand dan bergabung dengan Malaysia

c.       Pemerintah Thailand hanya berpihak kepada thailand bagian selatan saja

d.      Pemerintah Thailand beragama islam meski penduduknya mayoritas beragama Budha

e.       Pemerintah Thailand hanya mampu membiayai umat islam di Thailand bagian selatan saja

Ans: a, b

 

4.      Perhatikan data berikut!

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Direktur pendidikan Diniyah dan Pondok Pesantren Kementerian Agama Ahmad Zayadi mengatakan, dalam beberapa dekade terakhir pesantren mengalami perkembangan jumlah luar biasa dan menakjubkan, baik di wilayah pedesaan, pinggiran kota, maupun perkotaan.

“Selain menunjukkan tingkat keragaman, orientasi pimpinan pesantren dan independensi kiai, jumlah ini memperkuat argumentasi bahwa pesantren merupakan lembaga pendidikan swasta yang mandiri dan sejatinya merupakan praktik pendidikan berbasis masyarakat,” kata Zayadi.

Dari data tersebut, pendidikan pesantren merupakan salah satu saluran islamisasi yang ada di Indonesia, alasannya karena ....

a.       Merupakan falsafah pendidikan ing madya mangun karsa baik untuk mendidik masyarakat

b.      Merupakan pusat paling baik mendidik umat

c.       Pesantren sebagai tempat pengajaran islam dan keterampilan hidup bagi masyarakat nusantara

d.      Merupakan lahan yang paling baik untuk membina masyarakat

e.       Merupakan falsafah tut wuri handayani yang baik untuk mencetak kader bangsa

Ans: c, d

5.      Kehidupan bangsa Arab sebelum datangnya Islam dikenal dengan istilah Jahiliyah. Masyarakat Jahiliyah ini identik dengan peradaban yang sangat buruk, pelacuran dimana-mana, pertumpahan darah, perbuatan keji yang tak dapat diterima akal sehat.

Sebelum diutusnya Nabi Muhammad SAW , orang-orang Arab menganut agama Yahudi, Nasrani, Majusi, Shabi'ah dan penyembah berhala (paganisme). Kondisi sosial bangsa Arab Jahiliyah memiliki klasifikasi berbeda-beda dimana kaum bangsawan mendapat kedudukan terpandang. Mereka memiliki otoritas dan pendapat yang mesti didengar.

Adapun gaya hidup masyarakat Arab Jahiliyah terbiasa bercampur baur antara kaum laki-laki dan perempuan. Boleh dikatakan kehidupan mereka jauh dari akal sehat. Selain pelacuran, gila-gilaan, pertumpahan darah sudah biasa di kalangan masyarakat Arab Jahiliyah.

Sebelum kedatangan islam, kondisi moral masyarakat jahiliyah sangatlah minim. Di sisi lain, kehidupan sosial ekonomi masyarakat Makkah cukup maju. Berikut yang termasuk kondisi moral masyarakat jahiliyah adalah ....

a.       Mengelilingi berhala atau patung yang diletakkan di skeitar Ka’bah

b.      Mempersembahkan hewan Qurban dihadapan berhala

c.       Berjudi, mencuri, merampok dan menghalalkan segala cara untuk mewujudkan keinginan

d.      Menyembah hantu, jin, dan ruh-ruh leluhur mereka dan menganggap batu sebagai makhluk yang terhormat

e.       Memandang rendah derajat manusia

Ans: c, e

 

6.      Bangsa Indonesia sudah memasuki usia ke-75 tahun merdeka sejak The Founding Father, Ir Soerkarno membacakan teks proklamasi pada tahun 1945 silam sebagai tanda berakhirnya penjajahan di tanah air. Perjuangan untuk memperoleh kemerdekaan Indonesia tidaklah muncul begitu saja, namun melalui proses perjuangan panjang yang telah mendahuluinya.

Perjuangan umat Islam melawan penjajahan kolonial Portugis, Belanda, dan Inggris dimulai dari kerajaan-kerajaan. Kemudian diteruskan oleh perjuangan rakyat semesta yang dipimpin sebagian besar oleh para ulama. Jadi, perjuangan ini dirintis sejak dari perlawanan kerajaan-kerajaan Islam. Kemudian diteruskan dengan munculnya pergerakan sosial di daerah-daerah, yaitu perlawanan rakyat terhadap kolonial/penjajahan dan para agen-agennya, sampai dengan munculnya kesadaran bernegara yang merdeka.

Dalam perjuangan di kawasan nusantara, khususnya Indonesia yang mayoritas penduduknya muslim, maka peranan ajaran Islam dan sekaligus umat Islamnya punya arti yang sangat penting dan tidak dapat dihapus dalam panggung sejarah Indonesia.

Peran umat islam dalam memperjuangkan kemerdekaan Indonesia adalah ....

a.       Rakyat Indonesia bersatu berjuang meraih kemerdekaan

b.      Berperang dengan sifat kedaerahan

c.       Berusaha memperdalam soal agama

d.      Membentuk suatu organisasi untuk melaksanakan cita-cita pembaharuan islam di bumi Nusantara

e.       Melaksnakan politik devide at impera

Ans: a, d