soal hots akm dan kunci jawaban sejarah islam

 

 

Matching

Bacalah teks berikut!

Kehidupan yang mengalir dinamis telah melahirkan pembaharuan-pembaharuan islam baik secara pemikiran atau gerakan. Pembaruan disini bukan penambahan baru dalam islam, namun, proses pengembalian islam sesuai sumbernya dalam rentang zaman. Termasuk, penyelesaian permasalahan baru yang ditemui dikaitkan dengan rujukan islam.

Dalam islam, istilah pembaruan dikenal dengan tajdid. Para mujdaddid (pelaku pembaru) lahir sebagai reaksi atau tanggapan terhadap tantangan-tantangan internal maupun eksternal yang menyangkut keyakinan dan urusan sosial umat.

Rasululloh Saw sendiri menjamin bahwa Allah St akan melahirkan seorang mujaddid dalam kurun waktu satu abad. Fungsinya, sama seperti nabi yang diutus. Seorang mujaddid akan mengembalikan umat kepada tuntunannya Al Qur’an dan sunnah serta membawa umat islam keluar dari kesesatan. Seperti ditegaskan Rasulullah Saw dalam sabdanya, “sesungguhnya Allah akan mengutus kepada umat ini (umat islam) pada permulaan setiap abad orang yang akan memperbarui (memperbaiki) urusan agamanya.” (HR Abu Dawud)

Perhatikan pemikiran pembaruan islam berikut!

A.    Mendatangkan guru dari Eropa, terutama dari Inggris, Prancis, dan Italia

B.     Memodernisasi kurikulum pengajaran

C.     Menciptakan ide-ide baru

D.    Umat islam di setiap negara harus membangun semangat nasionalisme dan internasionalisme

E.     Mengelompokkan masyarakat dalam suatu pola yang meliputi budaya, tipe, dan organisasi

F.      Umat islam harus hidup dalam satu ikatan yang disebut ummatan wahidah

1.      Pemikiran pembaruan islam Muhammad Abduh dalam bidang pendidikan adalah ....

2.      Pemikiran pembaruan Muhammad Ali Pasha dalam bidang politik adalah ....

3.      Pemikiran yang pernah dikeluarkan oleh Jamaluddin Al Afghani adalah ....

1.      Ans: B

2.      Ans: E

3.      Ans: D

 

Bacalah teks berikut!

Masa Daulah Abbasiyah adalah masa keemasan islam, atau sering disebut dengan istilah “The Golden Age”. Pada masa itu umat islam telah mencapai puncak kemuliaan, baik dalam bidang ekonomi, peradaban dan kekuasaan. Selain itu juga telah berkembang sebagai cabang ilmu pengetahuan, ditambah lagi dengan banyaknya penerjemahan buku-buku dari bahasa asing ke bahasa Arab.

Fenomena ini kemudian yang melahirkan cendekiawan-cendekiawan besar yang menghasilkan berbagai inovasi baru di berbagai disiplin ilmu pengetahuan. Bani Abbas mewarisi imperium besar Bani Umayyah.

Di  bidang ilmu-ilmu agama, era Daulah Abbasiyah mencatat dimulainya sistematisasi beberapa cabang keilmuwan seperti tafsir, hadits, dan fiqih. Khususnya sejak tahun 143 H, para ulama mulai menyususn buku dalam bentuk yang sitematis baik di bidang ilmu tafsir, hadis, maupun fiqih.

Berikut hasil karya dari masa keemasan islam:

A.    Kitab Al Kimya

B.     Al Bidayah Wa An Nihayah

C.     Kitab Al I’bar

D.    Jawami’ Al Hisab

E.     Babma Ya’ulu Illahi Amr al Muslimin

F.      Diya Al Khafiqain

G.    Ar Radd ‘Ala Al Dahriyyin

1.      Hasil karya Ibnu Katsir di masa keemasan Bani Abbasiyah adalah ....

2.      Hasil karya Jabir bin Hayyan di masa keemasan adalah....

1.      Ans: B

2.      Ans: A

 

Bacalah teks berikut!

Dalam catatan sejarah, kita mengakui bahwa umat islam sudah duluan maju dibandingkan dengan Barat hari ini. Bahkan, kemajuan Barat hari ini disebabkan oleh peradaban islam. Tapi banyak umat islam tidak tahu masalah ini. Jangan kita menganggap bahwa kemajuan Barat hari ini disebabkan oleh orang Barat itu sendiri, tidak. Islamlah yang pertama sekali menampakkan kemajuan ilmu pengetahuan kepada Barat yang saat itu masih berada dalam masa kegelapan dan kemunduran. Jadi PR umat islam sekarang adalah bagaimana merebut kembali kemajuan ilmu pengetahuan yang telah direbut oleh barat itu, serta mengembalikan marwah islam yang pernah jaya ratusan tahun silam

Kita mengakui bahwa bumi ini berputar seperti roda, sekali berada di atas dan sekali berada di bawah. Begitu juga peradaban umat manusia. Tidak selamanya peradaban islam itu berada di atas dan juga tidak selamanya peradaban barat berada di bawah. Sejarah telah membuktikan bahwa jauh sebelum masehi sudah ada peradaban yang mengalami kemajuan ilmu pengetahuan yaitu peradaban Yunan-Romawi kuno, namun pada akhirnya mundur. Kemudian datanglah peradaban baru yaitu peradaban islam. Pada saat intulah peradaban islam bangkit dan berkembang dengan pesat ke seluruh penjuru dunia.

Dalam persoalan ini, sebenarnya tidak ada yang patut kita salahkan. Kita juga jangan menyalahkan barat dan juga jangan menyalahkan islam. Tapi yang patut kita salahkan adalah diri kita sendiri, karena kemajuan dan kemunduran itu smeua berawal pada diri kita sendiri bukan karena orang lain, bukan karena agama, bukan karena negara. Namun, kadang-kadang kita tidak mau menginstropeksi diri dan tidak mau mengkritisi diri sendiri atas apa yang telah kita lakukan selama ini.

Berdasarkan teks tersebut, penilaian yang tepat terkait kemunduran umat islam zaman sekarang adalah ....

a.       Benar

b.      Salah

1.      Umat islam terlalu cinta dunia dan takut mati (    )

2.      Menanamkan rasa dehumanisasi antar umat islam (    )

3.      Kepada penganut agama yang berbeda berpegang kepada “lakum dinukum wa liya din”, kepada sesama muslim berpegang kepada “lana a’maluna wa lakum a’malukum” (    )

4.      Keharmonisan kehidupan bersama  antar penduduk Indonesia (     )

5.      Memprioritaskan kemaslahatan individu atas kemaslahatan kelompok (    )

1.      Ans: a

2.      Ans: a

3.      Ans: b

4.      Ans: b

5.      Ans: a

 

Bacalah teks berikut!

Berdasarkan teks tersebut, manakah yang termasuk ikhtiar menuju kemajuan umat islam zaman sekarang?

a.       Benar

b.      Salah

1.      Mempelajari ilmu pengetahuan dan teknologi modern (   )

2.      Kegemaran untuk menguasai segalanya dengan hawa nafsu duniawinya (    )

3.      Membawakan persaudaraan untuk memelihara kedamaian manusia (   )

1.      Ans: a

2.      Ans: b

3.      Ans: a

 

True/false

1.      Bacalah teks berikut!

Peristiwa hijrah Nabi Muhammad saw. dari Makkah ke Yatsrib (diperkirakan pada Juni 622 Masehi) menjadi tonggak penting dalam sejarah Islam. Dalam hijrah itu, Nabi bersama Abu Bakar ash-Shiddiq sang sahabat terkasih menempuh perjalanan panjang ratusan kilometer, termasuk bertahan 3 hari di Gua Tsur, menuju tempat yang kelak berubah nama jadi Madinah.

Tahun-tahun menjelang hijrah itu, Muhammad kehilangan istri tercinta, Khadijah, disusul dengan meninggalnya sang paman sekaligus pelindungnya, Abu Thalib. Orang-orang Makkah semakin terbuka dalam menyerang Nabi.

Sementara itu, di Yatsrib, suku yang dahulu dominan, Bani Qaylah, terpecah menjadi 2 faksi yang bermusuhan, Aus dan Khazraj. Mereka baru saja merasakan Perang Bu'ath, perang sipil dan konflik terbesar keempat, yang menelan lebih banyak korban.

Pada musim panas 620 Masehi, 6 orang dari suku Khazraj datang ke Makkah untuk berziarah. Mereka sementara tinggal di 'Aqabah. Di sanalah orang-orang ini bertemu dengan Muhammad. Nabi tidak mengenal mereka, tapi orang-orang ini sudah mendengar soal beliau dan kenabiannya. Ketika Rasulullah menyampaikan ajaran, mereka langsung menerima dan terjadilah Baiat Aqobah I.

Sumber: sejarah-kisah-hijrah-nabi-muhammad-dari-makkah-ke-madinah-f6Tt

 

Berdasarkan teks tersebut, Baiat Aqabah I merupakan titik awal perkembangan islam sehingga dapat tersebar di seluruh penjuru negeri

Ans: f

 

 

2.      Bacalah teks berikut!

Kesultanan Utsmaniyah, kadang disebut Kesultanan Turki atau Turki saja; (sering pula disebut Kekaisaran Ottoman yang diambil dari ejaan Barat) adalah kekaisaran lintas benua yang didirikan oleh suku-suku Turki di bawah pimpinan Osman Bey di barat laut Anatolia pada tahun 1299. Setelah 1354, Utsmaniyah melintasi Eropa dan memulai penaklukkan Balkan, mengubah negara Utsmaniyah yang hanya berupa kadipaten kecil menjadi negara lintas benua. Utsmani mengakhiri riwayat Kekaisaran Romawi Timur seiring penaklukan Konstantinopel oleh Mehmed II tahun 1453.

Sepanjang abad ke-16 dan 17, tepatnya pada puncak kekuasaannya di bawah pemerintahan Sulaiman Al-Qanuni, Kesultanan Utsmaniyah adalah salah satu negara terkuat di dunia, imperium multinasional dan multibahasa yang mengendalikan sebagian besar Eropa Tenggara, Asia Barat/Kaukasus, Afrika Utara, dan Tanduk Afrika.

Dengan Konstantinopel sebagai ibu kotanya dan kekuasaannya atas wilayah yang luas di sekitar cekungan Mediterania, Kesultanan Utsmaniyah menjadi pusat interaksi antara dunia Timur dan Barat selama lebih dari enam abad. Kesultanan ini bubar pasca Perang Dunia I, tepatnya pada 1 November 1922. Pembubarannya berujung pada kemunculan rezim politik baru di Turki, serta pembentukan Balkan dan Timur Tengah yang baru.

Sumber: https://id.wikipedia.org/wiki/Kesultanan_Utsmaniyah

 

Berdasarkan teks tersebut, Sulaiman Al Qonuni merupakan representasi puncak kejayaan politik Daulah Usmani dan puncak keemasan pemerintahan Usmani yang menjangkau tiga benua.

Ans: t

 

3.      Bacalah teks keindahan kota Isfahan berikut!

Berdasarkan teks tersebut,  kota Isfahan merupakan separuh dari keindahan dunia (surga dari Persia)

Ans: t

 

4.      Bacalah teks berikut!

Resolusi Jihad merupakan cara KH. Hasyim Asy’ari dalam memperebutkan kemerdekaan Indonesia.

Ans: f

 

5.      Bacalah teks berikut!

Masjid raya Damaskus dianggap sebagai masjid paling indah dan paling baik tata ruangannya

Ans: t

 

Completion

1.      Pergaulan yang salah bisa menyebabkan kita terperosok sehingga kita harus berhati-hati dengan teman-teman kita sendiri. Kita pun harus berani mengatakan tidak pada narkoba serta meninggalkan kawan-kawan kita yang dapat merusak kita.

Carilah teman yang baru jika teman yang lama hanya berupaya menjerumuskan kita ke lubang yang dalam. Jika perlu pilih kawan yang biasa-biasa saja walaupun culun dan katro. Bergaul dengan orang saleh / soleh umumnya bisa menyelamatkan kita dari jerat narkoba.

Perhatikan slogan berikut!

Slogan tersebut sesuai dengan hasil didikan yang diajarkan oleh Wali Sanga yang menikah dengan putri bupati Tuban. Hasil didikannya adalah moh ....

Ans: madat

Madat

 

2.      Bacalah teks berikut!

Khadijah, menurut riwayat Ibnu al-Atsir dan Ibnu Hisyam adalah seorang wanita pedagang yang mulia dan kaya. Beliau sering mengirim orang kepercayaannya untuk berdagang. Ketika beliau mendengar kabar kejujuran Nabi SAW, dan kemuliaan akhlaknya, beliau mencoba mengamati Nabi SAW dengan membawa dagangannya ke Syam.

Khadijah membawakan barang dagangan ynag lebih baik dari apa yang dibawakan kepada orang lain. Dalam perjalan dagang ini Nabi SAW ditemani Maisarah, seorang kepercayaan Khadijah. Muhammad SAW menerima tawaran ini dan berangkat ke Syam bersama Maisarah meniagakan barang Khadijah. Dalam perjalanan ini Nabi berhasil membawa keuntungan yang berlipat ganda, sehingga kepercayaan Khadijah bertambah terhadapnya. Selama perjalanan tersebut Maisarah sangat mengagumi akhlak dan kejujuran Nabi. Semua sifat dan perilaku itu dilaporkan oleh Maisarah kepada Khadijah. Khadijah tertarik pada kejujurannya, dan ia pun terkejut oleh barakah yang diperoleh dari perniagaan Nabi SAW. Kemudian Khadijah menyatakan hasratnya untuk menikah dengan Nabi SAW, dengan perantaraan Nafisah binti Muniyah. Nabi SAW menyetujuinya, kemudian Nabi menyampaikan hal itu kepada paman-pamannya. Setelah itu, mereka meminangkan Khadijah untuk Nabi SAW dari paman Khadijah, Amr bin Asad. Ketika menikahinya, Nabi berusia 25 tahun sedangkan Khadijah berusia 40 tahun.

Sebelum menikah dengan Nabi SAW, Khadijah pernah menikah dua kali. Pertama dengan Atiq bin A’idz at Tamimi dan yang kedua dengan Abu Halah at-Tamimi, namanya Hindun bin Zurarah.

Sumber: Shirah Nabawiyah

Siapakah nama pembantu khadijah yang menemani Rosululloh Saw berdagang ke Syam?

Ans: Maisarah

maisarah

 

Short answer

1.      Bacalah teks berikut!

Khulafaurrasyidin yang terdiri atas empat sahabat Nabi Muhammad Saw mempunyai karakteristik yang berbeda-beda dalam kepemimpinannya. Khalifah Abu Bakar Ash Shiddiq mempunyai karakter lembut dan tegas. Khalifah Umar bin khatttab merupakan khalifah yang cerdas, tegas, dan mengutamakan kepentigan rakyat. Khalifah Usman bin Affan benar-benar sudah aman. Kemakmuran sudah tercapai di semua laisan masyarakat.

Pada masa peralihan kekuasaan dari khalifah Usman bin Affan kepada Ali bin Abi Thalib, kekacauan kembali terjadi. Dalam kondisi negara seperti itu, karakter pemimpin yang tegas dan mengutamakan kebenaran sangat diperlukan. Khalifah Ali bin Abi Thalib mempunyai karakter yang tepat. Ketegasan Ali dalam membela kebenaran mirip dnegan umar bin Khattab. Tetapi khalifah Ali bin Abi Thalib belum mampu mempersatukan umat hingga akhirnya terjadi perpecahan antar umat islam.

Berakhirnya masa Khulafaurrasyidin ditandai dengan wafatnya Ali bin Abi Thalib yang berhasil dibunuh oleh kaum khawarij. Pola pemerintahan maupun gaya kepemimpinan juga akhirnya berubah total. Sebagaimana telah diketahui bahwa penerus kekhalifahan islam setelah Ali bin Abi Thalib mengalami episode baru.

Hal yang membedakan kedua episode itu adalah pola pemerintahan dan gaya kepemimpinannya. Sedangkan prinsip politik luar negeri, menurut Imam Al Dzahabi dalam kitab Tarikh islam, tetap sama yaitu perluasan wilayah dalam rangka dakwah.

Bandingkan pola pemerintahan dan gaya kepemimpinan Khulafaurrasyidin dengan kepemimpinan Daulah Bani Umayyah!

Ans:

 

2.      Bacalah teks berikut!

Konstantinopel merupakan salah satu kota terpenting di dunia dan belum bisa dikuasai oleh penguasa islam sebelumnya. Kota ini dibangun pada kisaran tahun 330 M oleh Kaisar Byzantium yaitu Constantine 1.

Kota ini memiliki letak yang sangat strategis, sehingga dikatakan “andaikata dunia ini sebagai kerajaan, maka Konstantinopel akan cocok untuk menjadi ibu kota kerajaan itu”. Berdasarkan Hadits Nabi Muhammad Saw, “Pada suatu saat kota Konstantinopel pasti akan ditaklukkan oleh umat islam dan sebaik-baiknya pemimpin adalah yang menalukkannya dan sebaik baik pasukan adalah pasukannya”.

Dalam pemerintahan Daulah Bani Utsmani, Muhammad II mendapatkan gelar Al Fatih karena beliau berhasil menaklukkan kota Konstantinopel sebagai ibu kota Byzantium. Bagaimana cara Muhammad II Al Fatih menaklukkan konstantinopel hingga namanya berubah menjadi kota Istanbul?

Ans:

 

3.      Bacalah teks berikut!

Pola gagasan Muhammad Iqbal khususnya pada pembaharuan hukum Islam di India antara lain dipengaruhi oleh dinamika masyarakat Eropa dan pemahaman terhadap al-quran dan al-Hadits sebagai sumber etika mampu menangkap perkembangan zaman. Kemampuan al-quran dalam memberikan solusi untuk masalah yang berkembang dan kompleks terletak pada kemampuan orang Islam dalam memahami konten khususnya hukum.

Begitu juga dengan hadits pemahaman yang bersifat situasional. Menurutnya perubahan mekanisme ijtihad harus dilakukan yaitu kewenangan ijtihad yang selama ini berada pada orangorang tertentu atau bersifat individual untuk ijtihad kolektif. Ini pandangan kritik baik dari muslim lingkaran sendiri serta diasumsikan barat orentalis itu mengadopsi dari konsep imam di agama katolik

Pemikiran dan aktivitas Iqbal untuk mewujudkan Negara Islam ia tunjukkan sejak terpilih menjadi Presiden Liga Muslimin tahun 1930. Ia memandang bahwa tidaklah mungkin ummat Islam dapat bersatu dengan penuh persaudaraan dengan warga India yang memiliki keyakinan berbeda. Hingga akhirnya Muhammad Iqbal berfikir untuk menyatukan warga India sampai ia dijuluki The Father Founding of Pakistan. Menurut anda, bagaimana embrio terbentuknya negara Pakistan yang pernah disusun oleh Muhammad Iqbal?

Ans:

 

4.      Bacalah teks berikut!

Pada tahun 628, Quraisy dan Muslim dari Madinah menandatangani Perjanjian Hudaybiyah. Meskipun hubungan yang lebih baik terjadi antara Mekkah dan Madinah setelah penandatanganan Perjanjian Hudaybiyah, 10 tahun gencatan senjata dirusak oleh Quraisy, dengan sekutunya Bani Bakr, menyerang Bani Khuza'ah yang merupakan sekutu Muslim, walaupun sebenarnya yang pertama kali menyerang Bani Bakr adalah Bani Khuza'ah, dan sayang sekali permasalahan tersebut hanya diselesaikan dengan perjanjian elite yang tidak melibatkan akar rumput, sehingga masih menimbulkan dendam dikalangan Bani Bakr.

Pada saat itu musyrikin Quraisy ikut membantu Bani Bakr, padahal berdasarkan kesepakatan damai dalam perjanjian tersebut di mana Bani Khuza'ah telah bergabung ikut dengan Nabi Muhammad dan sejumlah dari mereka telah memeluk islam, sedangkan Bani Bakr bergabung dengan musyrikin Quraisy.

Abu Sufyan, kepala suku Quraisy di Mekkah, pergi ke Madinah untuk memperbaiki perjanjian yang telah dirusak itu, tetapi nabi Muhammad menolak, Abu Sufyan pun pulang dengan tangan kosong. Sekitar 10.000 orang pasukan Muslim pergi ke Mekkah yang segera menyerah dengan damai. Nabi Muhammad bermurah hati kepada pihak Mekkah, dan memerintahkan untuk menghancurkan berhala di sekitar dan di dalam Ka'bah. Selain itu hukuman mati juga ditetapkan atas 17 orang Mekkah atas kejahatan mereka terhadap orang Muslim, meskipun pada akhirnya beberapa di antaranya diampuni

Berdasarkan teks tersebut, temukan 3 ibrah dari peristiwa Fathu Makkah!

Ans:

 

5.      Bacalah teks berikut!

Masuknya Islam di Indonesia dipelopori oleh pedagang-pedagang yang berasal dari Gujarat, India. Proses perkembangan Islam di Indonesia sendiri tidak dilakukan dengan kekerasan atau kekuatan militer, melainkan penyebaran Islam dilakukan secara damai dan melalui berbagai jalur seperti perdagangan, perkawinan, pendirian lembaga pendidikan, dan lain sebagainya.

Kedatangan Islam di Indonesia telah membawa tamaddun (kemajuan) dan kecerdasan. Islam telah banyak mengubah kehidupan-kehidupan sosial budaya dan tradisi kerohanian di masyarakat Indonesia. Dengan pengaruh ajaran Islam, Indonesia menjadi lebih maju dalam bidang perdagangan terutama dalam hubungannya dengan perdagangan internasional dengan Timur Tengah. Khususnya bangsa Arab, Persia, dan India.

Berkat para pedagang muslim inilah kemudian Islam diperkenalkan dengan cara bertahap dan perlahan ajaran Islam bertoleran serta persamaan derajat antara sesama makhluk. Hal ini menarik bagi masyarakat Indonesia mengingat selama ini kebudayaan Hindu-Budha justru lebih menekankan pada perbedaan derajat atau kasta. Sampai pada akhirnya sebagian besar masyarakat di Indonesia memeluk agama Islam.

Saat pertama kali datang, agama islam dapat diterima dengan baik tanpa melalui peperangan, bahkan masyarakat segera menyambutnya dengan antusias. Mengapa demikian?

Ans: