Multiple choice
1.
Perhatikan teks artikel berikut!
CARA CEPAT JADI PEJABAT ADALAH DENGAN JUALAN MARTABAK
Sebagai warga negara yang biasa-biasa saja,
saya kadang merasa resah dengan berbagai kelakuan orang-orang yang nggak ada
angin nggak ada hujan tiba-tiba jadi pejabat. Seakan-akan dunia politik adalah
wahana yang mudah untuk ditaklukan. Walaupun itu hak semua orang kaya warga negara untuk jadi pejabat, tapi
ya menurut saya dunia yang mengurusi hajat orang banyak itu harusnya diisi
mereka yang memang kompeten. Bukan hanya diisi oleh orang yang terkenal dari
media sosial, artis dan bahkan anak pejabat yang belum terjun langsung dalam
ranah perpolitikan. Dari berbagai orang-orang itu, saya menemukan 4 cara
cepat—yang tentunya dibarengi dengan uang yang banyak—untuk jadi pejabat atau
politikus di Indonesia. Berikut cara-caranya:
…jadi
selebriti atau orang terkenal
Cara pertama ini paling ampuh dan sering
dipilih tanpa harus kuliah atau memahami ilmu politik. Kepopuleran menjadi
ujung tombak. Hal ini terjadi ya karena banyak orang awam kurang paham politik
memilih orang-orang yang setidaknya pernah mereka lihat di layar kaca.
Kedekatan itulah yang diincar jika mau jadi pejabat.
…jadi anak
pejabat
Previlege menjadi ketahanan konten yang
mesti diangkat tiap minggu di Twitter. Setiap muncul kasus muncul, terutama
menyangkut orang kaya atau berpengaruh, misalnya anak pejabat, “hak-hak”
istimewa jadi bahan perdebatan. Hal ini memang nyata, Apalagi ketika seseorang
menjadi anak pejabat. Privilege yang didapat melimpah, mulai fasilitas wahid di
berbagai tempat dan acara, masa depan pun terang-benderang. Sehingga peluang
seseorang menjadi politikus pun terbuka luas.
…Jadi ketua
BEM
Cara ini adalah cara yang bisa dilakukan ketika seseorang menjadi
mahasiswa dan ingin masuk dunia politik. Menjadi ketua BEM memang jadi cara
yang cukup ampuh untuk dilirik partai politik. Ketua BEM dianggap sudah tahu
“medan tempur,” apalagi banyak juga pemilihan BEM yang tetek bengeknya pakai
“politik kotor”.
…Jadi tukang
martabak
Cara ini dilakukan oleh seorang pengusaha martabak terkenal. Baru
beberapa tahun menjalankan bisnis martabaknya, ia sudah memberanikan diri jadi
pejabat. Lewat kecemerlangan dan ketekunan usaha martabaknya ini, PDIP melirik
beliau untuk maju di sebuah pemilihan. Bahkan ia didukung oleh hampir seluruh
partai di Indonesia dan berpotensi menjadi calon tunggal. Luar biasa!
Sumber
:https://mojok.co/terminal/cara-cepat-jadi-pejabat-adalah-dengan-jualan-martabak/
Berdasarkan teks bacaan diatas
dapat disimpulkan bahwa mobilitas sosial yang terjadi dalam dunia politik
bersifat....
A.
Fleksibel
B.
Eksklusif
C.
Terbuka
D.
Tertutup
E.
Semi tertutup
ANS: C
2.
Perhatikan artikel berikut!
Menguak Kebenaran "Gurita" di Pemprov Banten dalam Kacamata Etika
Normatif
Mohammad Rafian
Selasa, 29 Desember 2020 | 13:50 WIB
Ilustrasi praktik politik dinasti di Banten (dok.
istimewa)
Suara.com - Dalam menjaga kekuatan politiknya,
banyak orang berkuasa melahirkan orang berkuasa lainnya demi terciptanya
regenerasi kekuatan politik yang abadi. Politik dinasti sendiri menurut Querubin
merujuk kepada kekuatan politik yang dialami oleh anggota keluarga dengan lebih
dari satu generasi.
Makna negatif dari politik dinasti
disini didefinisikan dalam bentuk keluarga atau keturunan yang dipilih dalam
sebuah pemilihan wewenang dan kekuasaan yang semata-mata karena kedudukannya
sebagai salah satu kerabat politisi yang sudah duduk di bangku politik (ascribed status). Dengan demikian, hal ini cenderung sangat
tidak sesuai dengan norma maupun etika politik terutama apabila dipilihnya ia
akibat privilege kekerabatannya.
Leo Agustino mengungkapkan dalam
tulisannya bahwa dalam dinasti politik, para penguasa akan berusaha untuk
mengkonstruksi sebuah kerajaan berisikan keluarga, saudara, maupun kerabat
dalam perpolitikannya di pemerintahan sehingga sesama anggota akan dapat saling
menjaga kekekalannya dalam praktik kekuasaan
Di Indonesia, perkembangan politik
dinasti telah menjamur dan ada sejak lama di beberapa daerah. Tidak hanya
akibat sejarah Indonesia yang merupakan kerajaan, namun dewasa ini fenomena
politik dinasti juga turut timbul akibat tokoh masyarakat terpilih yang
kemudian maju sebagai kepala daerah atau dewan perwakilan dan kemudian pada
masa jabatannya turut mendorong saudara, pasangan, maupun anggota keluarga
lainnya untuk maju dalam pemilihan kepala daerah yang dipimpinnya.
Octopussy dynasties yang tergambar
dari adanya penggunaan kekuasaan Ratu Atut Chosiyah dalam menjalin hubungan dan
sinergi dengan aktor keluarga. Anak, menantu, hingga cucunya yang menjadi
pejabat eksekutif maupun legislatif di pemerintahan lokal provinsi banten, di
mana masuknya keluarga dalam arena politik sendiri bukanlah didasarkan kepada
ke-sukarelawan nya (consent) namun lebih dimaknai atas dasar kehormatan
(honor) untuk menjaga eksistensi pengaruh keluarga (Mc Coy,1994).
Masa reformasi di
Indonesia yang dimulai tahun 1998 menandai berakhirnya politik dinasti yang dimonopoli
kelompok tertentu. Hal ini berakibat pada dimulainya penentuan status
kepemimpinan nasional yang dipilih berdasarkan...
A.
Latar
belakang keturunan ningrat
B.
Kekuatan
partai politik tertentu
C.
Aspirasi rakyat secara langsung
D.
Penguasaan
pada basis masa
E.
Campur
tangan militer Negara
ANS: C
3.
Perhatikan Artikel berikut!
Mora’akeke, Ritual Meminta Hujan Suku Kaili,
Sulawesi Tengah yang Unik dan Sarat Makna
Ritual meminta hujan sudah dilakukan oleh manusia
sejak ribuan tahun yang lalu. Di Indonesia sendiri, ritual semacam ini juga
dilakukan oleh beberapa suku. Misal warga keturunan Madura melakukan Ojung atau
tradisi pertarungan dengan rotan untuk meminta hujan datang. Selain warga
keturunan dari Madura ini, ritual meminta hujan juga dilakukan oleh Suku Kaili.
Suku yang terletak di kawasan Sulawesi Tengah kerap melakukan ritual ini saat
kemarau panjang.
Mereka akan melakukan serangkaian ritual unik bernama
Mora’akeke. Ritual akan diadakan oleh warga dengan bergotong royong di
pinggiran sungai untuk meminta berkah dari Nteka atau penguasa sungai. Dalam
ritual ini tiga ekor kambing akan disembelih di pinggiran Sungai Vuno. Darah
yang keluar dari kambing akan menyatu dengan air agar sampai kepada Nteka.
Selain kambing, babi dan juga anjing juga akan disembelih dan darahnya
dibiarkan mengucur. Setelah penyembelihan, hewan ini akan dimasak lalu dimakan
bersama-sama sebagai ungkapan rasa syukur.
Nilai Filosofi dari Ritual Mora’akeke
Ritual Mora’akeke memiliki nilai yang sangat dalam dari setiap rangkaian
acaranya. Hal ini bisa dilihat dari warga yang gotong royong dalam melakukan
ritual. Secara tidak langsung ritual ini juga mempererat penduduk di Suku
Kaili. Semua orang akan bahu-membahu untuk mempersiapkan acara hingga akhirnya
berlangsung dengan lancar. Nilai selanjutnya yang bisa dipetik dari ritual ini
adalah rasa bersyukur dan berserah diri. Warga akan mengorbankan hewan yang
disembelih di sungai. Pengorbanan ini merupakan wujud syukur kepada
penciptanya. Terakhir mereka juga berserah diri kepada pencipta agar hujan
dalam bentuk air atau rezeki bisa datang dalam waktu dekat.
Berdasarkan fungsinya,
jenis nilai yang terdapat dalam ilustrasi tersebut adalah...
A.
Nilai
instrumental
B.
Nilai
disintegrative
C.
Nilai
keindahan
D.
Nilai
integrative
E.
Nilai dominan
ANS: E
4.
Perhatikan Bacaan berikut!
Mora’akeke, Ritual Meminta Hujan Suku Kaili,
Sulawesi Tengah yang Unik dan Sarat Makna
Ritual meminta hujan sudah dilakukan oleh manusia
sejak ribuan tahun yang lalu. Di Indonesia sendiri, ritual semacam ini juga
dilakukan oleh beberapa suku. Misal warga keturunan Madura melakukan Ojung atau
tradisi pertarungan dengan rotan untuk meminta hujan datang. Selain warga
keturunan dari Madura ini, ritual meminta hujan juga dilakukan oleh Suku Kaili.
Suku yang terletak di kawasan Sulawesi Tengah kerap melakukan ritual ini saat
kemarau panjang.
Mereka akan melakukan serangkaian ritual unik bernama
Mora’akeke. Ritual akan diadakan oleh warga dengan bergotong royong di
pinggiran sungai untuk meminta berkah dari Nteka atau penguasa sungai. Dalam
ritual ini tiga ekor kambing akan disembelih di pinggiran Sungai Vuno. Darah
yang keluar dari kambing akan menyatu dengan air agar sampai kepada Nteka.
Selain kambing, babi dan juga anjing juga akan disembelih dan darahnya
dibiarkan mengucur. Setelah penyembelihan, hewan ini akan dimasak lalu dimakan
bersama-sama sebagai ungkapan rasa syukur.
Nilai Filosofi dari Ritual Mora’akeke
Ritual Mora’akeke memiliki nilai yang sangat dalam dari setiap rangkaian
acaranya. Hal ini bisa dilihat dari warga yang gotong royong dalam melakukan
ritual. Secara tidak langsung ritual ini juga mempererat penduduk di Suku
Kaili. Semua orang akan bahu-membahu untuk mempersiapkan acara hingga akhirnya
berlangsung dengan lancar. Nilai selanjutnya yang bisa dipetik dari ritual ini
adalah rasa bersyukur dan berserah diri. Warga akan mengorbankan hewan yang
disembelih di sungai. Pengorbanan ini merupakan wujud syukur kepada
penciptanya. Terakhir mereka juga berserah diri kepada pencipta agar hujan
dalam bentuk air atau rezeki bisa datang dalam waktu dekat.
Gotong royong merupakan
kebudayaan bangsa Indonesia yang memuat nilai-nilai sosial. Salah satu fungsi
nilai sosial yang tergantung dalam gotong-royong adalah...
A.
Memberi
harapan baik pada kehidupan masyarakat
B.
Menjadi alat untuk meningkatkan solidaritas sosial
masyarakat
C.
Mengarahkan
masyarakat dalam berfikir dan bertingkah laku
D.
Memotivasi
masyarakat untuk berperilaku sesuai nilai dan norma social
E.
Menunjukkan
pola perilaku masyarakat yang sesuai nilai dan norma social
ANS:
B
5.
Perhatikan
bacaan berikut!
Dalam
lingkungan pergaulannya, Heru memiliki teman-teman yang gemar menindik, tato,
bergaya punk dan tawuran. Heru pun mengikuti gaya tersebut dan menunjukkan
eksistensinya sebagai anak punk di jalan-jalan. Perilaku menyimpang yang
dilakukan Heru disebabkan faktor....
- Keterbatasan ekonomi keluarga
- Labelling
- Proses sosialisasi tidak sempurna
- Pengaruh mental yang tidak sehat
- Sosialisasi
subkebudayaan menyimpang
ANS: E
6.
Perhatikan
gambar berikut!
Kepahlawanan Zaman Now
Kini di zaman now, dunia sedang bergerak dengan cepat. Inovasi dan kreasi
yang berbasis internet meluncur bagai banjir bandang merasuki seluruh teritori
kehidupan. Perkembangan teknologi informasi mesti dipahami sebagai ’’papan
selancar’’ generasi milenial mematangkan diri. Pada tahun 2001 dunia dihebohkan
hacker komputer World of Hell (WoH) dengan pesan antiperang dan antikorupsi.
Operasi Shady Rat juga mewarnai serangan siber global pada 2006–2011 yang
mengganggu badan dunia sekaliber PBB maupun Komite Olimpiade. Kaum muda yang
beranjak menatap ruang waktu dibuat tertantang ’’merakit’’ pengaman data
komputer yang menunjukkan kecerdasan generasi milenial.
Sadari bahwa generasi milenial merupakan penggenggam kecanggihan
berjejaring multitasking dengan independensi pilihan. Inilah generasi serba
gadget dengan penguasaan beragam vitur serta akses informasi tak berbatas.
Mempersiapkan hadirnya jiwa kepahlawanan generasi milenial yang memiliki
supremasi digital sejurus hadirnya generasi alpha yang berkeunggulan
nanoteknologi adalah panggilan takdir. Tugas orang tua Indonesia adalah
membekali generasi milenial yang superteknologi ini dengan berjiwa
nasionalisme. Inilah generasi yang berwawasan global, tetapi tetap berpijak
kepentingan nasional sedasar dengan adagium think globally-act locally.
Mari kita persiapkan hadirnya pahlawan generasi milenial yang imun dari
gelombang viralnya nafsu main kuasa, sok jagoan, dan mengabaikan keadilan.
Generasi zaman now harus terpanggil memperkukuh NKRI dengan harkat, martabat,
dan kehormatan ditengah era globalisasi.
https://www.jawapos.com/opini/sudut-pandang/10/11/2017/kepahlawanan-zaman-now/
Semangat “think globally act locally”
yang digaungkan tersebut mengandung maksud yang positif untuk menghadapi
tantangan arus budaya global. Contoh semangat ini ialah...
A. Menanamkan
semangat meninggikan budaya sendiri
B. Mempelajari
bahasa asing dan melupakan bahasa daerah
C. Menggantikan
cara-cara tradisional dengan teknologi modern yang canggih dan efektif
D. Melakukan
wisata ke luar negeri untuk memperoleh kesenangan
E.
Memadukan
pengetahuan lokal dan teknologi dalam menunjukkan jati diri
ANS: E
7.
Perhatikan
gambar berikut!
Kepahlawanan Zaman Now
Kini di zaman now, dunia sedang bergerak dengan cepat. Inovasi dan kreasi
yang berbasis internet meluncur bagai banjir bandang merasuki seluruh teritori
kehidupan. Perkembangan teknologi informasi mesti dipahami sebagai ’’papan
selancar’’ generasi milenial mematangkan diri. Pada tahun 2001 dunia dihebohkan
hacker komputer World of Hell (WoH) dengan pesan antiperang dan antikorupsi. Operasi
Shady Rat juga mewarnai serangan siber global pada 2006–2011 yang mengganggu
badan dunia sekaliber PBB maupun Komite Olimpiade. Kaum muda yang beranjak
menatap ruang waktu dibuat tertantang ’’merakit’’ pengaman data komputer yang
menunjukkan kecerdasan generasi milenial.
Sadari bahwa generasi milenial merupakan penggenggam kecanggihan
berjejaring multitasking dengan independensi pilihan. Inilah generasi serba
gadget dengan penguasaan beragam vitur serta akses informasi tak berbatas.
Mempersiapkan hadirnya jiwa kepahlawanan generasi milenial yang memiliki
supremasi digital sejurus hadirnya generasi alpha yang berkeunggulan
nanoteknologi adalah panggilan takdir. Tugas orang tua Indonesia adalah
membekali generasi milenial yang superteknologi ini dengan berjiwa
nasionalisme. Inilah generasi yang berwawasan global, tetapi tetap berpijak
kepentingan nasional sedasar dengan adagium think globally-act locally.
Mari kita persiapkan hadirnya pahlawan generasi milenial yang imun dari
gelombang viralnya nafsu main kuasa, sok jagoan, dan mengabaikan keadilan.
Generasi zaman now harus terpanggil memperkukuh NKRI dengan harkat, martabat,
dan kehormatan ditengah era globalisasi.
https://www.jawapos.com/opini/sudut-pandang/10/11/2017/kepahlawanan-zaman-now/
Dari uraian diatas globalisasi
memudahkan generasi muda menikmati, mengadopsi musik, film, aplikasi dan produk
budaya asing lainnya. Hal ini berpotensi runtuhnya budaya luhur bangsa yang dilupakan
oleh generasi mudanya. Solusi yang tepat dari permasalahan tersebut adalah...
A. Revitalisasi
budaya luhur bangsa sehingga digemari generasi muda
B. Melarang masuknya budaya luar karena
mempengaruhi budaya asli
C. Membatasi peluang generasi muda
mengakses informasi dari luar
D. Membatasi aktivitas organisasi yang
bermuatan budaya lokal dan memperbanyak penguasaan teknologi
E.
Menyelenggarakan
pertukaran pemuda antarbangsa
ANS: A
8.
Perhatikan
gambar berikut!
Pernyataan yang menunjukkan hubungan fenomena pada gambar
dan ilmu sosiologi yaitu...
A. Revolusi
industri tidak objek kajian sosiologi, tetapi dampak yang ditimbulkan menjadi
objek kajian sosiologi
B. Perkembangan ilmu sosiologi mendorong
lahirnya revolusi industri dari generasi pertama hingga generasi keempat
C. Sosiologi hanya mengkaji perkembangan
teknologi yang dapat meningkatkan produktifitas ekonomi masyarakat
D. Revolusi industri generasi 2.0
mengakibatkan perubahan signifikan, kondisi tersebut menjadi tonggak awal
lahirnya sosiologi
E.
Revolusi
industri 4.0 tidak menjadi objek kajian sosiologi karena hanya terjadi di
sebagian wilayah dan dampak yang ditimbulkan kecil
ANS: A
9.
Perhatikan gambar berikut!
Sesuai dengan ilustrasi pada gambar kita telah memasuki
era industri 4.0, dimana seiring pesatnya revolusi industri 4.0 sistem produksi
semakin modern dan efisien. Semua lini bagian produksi banyak memanfaatkan
teknologi mesin yang bekerja sesuai kendali yang terhubung melalui jaringan
internet. Hal ini merupakan salah satu dampak positif teknologi. Akan tetapi, apabila
sistem ini semakin banyak diterapkan pada pabrik-pabrik yang sudah ada di
Indonesia, permasalahan sosial yang mungkin terjadi ialah...
A. Meningkatnya
jumlah barang impor
B. Konflik
antarkelas sosial yang berbeda
C. TKI
terdidik yang ke luar negeri meningkat
D. Transfer
alat produksi modern dari negara maju
E.
Pandangan
politik masyarakat lebih demokratis
ANS: B
10.
Perhatikan uraian gambar berikut!
Penggunaan
teknologi secara tidak bijak dapat menyebabkan masalah sosial, salah satunya
cyber crime. Kasus cyber crime yang pernah terjadi di Indonesia antara lain
penyalahgunaan kartu kredit, perjudian online, pencurian dokumen penting, dan
pembajakan (hacking). Dampak permasalahan sosial tersebut adalah...
A. Keamanan
masyarakat terganggu
B.
Kerusakan
fisik di berbagai daerah
C.
Terjadi
kesenjangan sosial antarindividu
D.
Disintegrasi
sosial masyarakat meningkat
E.
Ketergantungan
masyarakat meningkat
ANS: A
11.
Perhatikan berita online berikut!
Berdasarkan uraian berita tersebut,
perilaku menyimpang tersebut terjadi disebabkan oleh....
- Ketidaksanggupan menyerap
norma
- Proses
belajar yang menyimpang
- Kegagalan dalam berteman
- Sosialisasi tidak sempurna
- Pelampiasan rasa kecewa
ANS:
B
12.
Perhatikan artikel berikut!
Berdasarkan kutipan artikel tersebut, upaya lembaga
keluarga untuk mencegah agar anak tidak kecanduan game online adalah dengan mengikutsertakan anak-anak dalam kegiatan
yang menghasilkan produktifitas yakni...
A. Memberikan
syarat yang mudah dilakukan sebelum anak bermain game online
B. Menghentikan
secara paksa apabila anak ketahuan bermain game
online
C. Membiarkan
anak jika bermain game online secara
terus menerus
D. Memberikan
kebebasan anak dengan memasang wifi
di rumah
E.
Memberi
kebebasan pada anak untuk melakukan hobby diluar gaming untuk menambah kualitas
diri, serta melibatkan secara aktif dalam setiap kegiatan rumah.
ANS: E
13.
Perhatikan
bacaan berikut!
Dalam kutipan artikel diatas menggambarkan bahwa lembaga keluarga
menjalankan fungsi....
A. Proteksi
B.
Ekonomi
C.
Afeksi
D.
Biologis
E.
Edukatif
ANS: A
14.
Perhatikan
bacaan berikut!
Konflik
yang Dipicu Keberagaman Budaya Indonesia
TEMPO.COM, Jakarta:Badan
Pusat Statistik merilis data pada 2010 yang menyebut ada 1.128 suku di
Indonesia yang tersebar di lebih dari 17 ribu pulau. Keberagaman ini menjadikan
Indonesia salah satu negara dengan budaya paling kaya. Di sisi lain,
keberagaman juga dapat memicu konflik bila tak dijembatani dengan baik. Tempo
mencatat beberapa tragedi di Indonesia yang bersumber karena perbedaan budaya.
Konflik itu tak hanya menelan korban materi namun juga menghilangkan nyawa
ratusan orang.
1. Tragedi Sampit
Tragedi ini bermula dari konflik antara kelompok etnis Dayak dan Madura yang
terjadi di Sampit, Kalimantan Tengah. Tempo mencatat konflik bermula pada 18
Februari 2001 saat empat anggota keluarga Madura, Matayo, Haris, Kama dan
istrinya, tewas dibunuh. Warga Madura lantas mendatangi rumah milik suku Dayak
bernama Timil yang dianggap telah menyembunyikan si pembunuh. Massa meminta
agar Timil menyerahkan pelaku pembunuhan itu. Karena permintaan mereka tidak
dituruti, massa marah dan membakar rumah. Insiden malam itu dapat dihentikan
polisi. Sayang, pembakaran terus meluas ke rumah-rumah lainnya. Warga Dayak
pinggiran Sampit pun mulai berdatangan, baik melalui darat maupun sungai. Etnis
Madura dikejar dan dibunuh. Penduduk asli sepertinya tahu di mana
kantong-kantong warga Madura berada. Tua-muda pria-wanita menjadi sasaran
pembunuhan. Di beberapa ruas jalan, tampak bergelimangan tubuh korban tanpa kepala. Sebagian besar warga dari etnis Madura harus diungsikan ke
Jawa Timur dan Jawa Tengah. Korban bertambah dan sudah tidak bisa dihitung
berapa rumah dan fasilitas umum yang terbakar. Diperkirakan korban jiwa
mencapai angka 469 orang dalam konflik yang berlangsung selama 10 hari ini.
2.
Konflik Maluku
Konflik
ini adalah konflik kekerasan dengan latar belakang perbedaan agama yakni antara
kelompok Islam dan Kristen. Konflik Maluku disebut menelan korban terbanyak
yakni sekitar 8-9 ribu orang tewas. Selain itu, lebih dari 29 ribu rumah
terbakar, serta 45 masjid, 47 gereja, 719 toko, 38 gedung pemerintahan, dan 4
bank hancur. Rentang konflik yang terjadi juga yang paling lama, yakni sampai 4
tahun.
3.
Konflik 1998
Krisis
ekonomi berujung menjadi konflik sosial pada penghujung Orde Baru. Jatuhnya
Soeharto ditandai dengan merebaknya kerusuhan di berbagai wilayah di Indonesia.
Pada kerusuhan tersebut, banyak toko dan perusahaan dihancurkan massa yang
mengamuk. Sasaran utama adalah properti milik warga etnis Tionghoa.
Perserikatan Bangsa-Bangsa menetapkan 21 Mei sebagai Hari Dialog dan
Keberagaman sejak 2002. Peringatan hari ini berawal saat UNESCO mengeluarkan
Deklarasi Universal tentang Keberagaman Budaya. Melalui Resolusi Nomor 57/249,
ditetapkanlah 21 Mei sebagai hari merayakan keberagaman di seluruh dunia. PBB
mencatat sebanyak 75 persen dari konflik besar yang terjadi di dunia saat ini
berakar pada dimensi kultural. PBB pun mencanangkan dialog untuk menjembatani
budaya demi menciptakan perdamaian. Tindakan sederhana yang disarankan PBB
untuk merayakan keberagaman budaya antara lain mengunjungi pameran kebudayaan,
mendengarkan musik dari kebudayaan berbeda, mengundang tetangga beda agama atau
suku untuk makan bersama, atau menonton film yang berkisah seputar budaya
berbeda.
MOYANG
KASIH DEWIMERDEKA
Daerah kami adalah
daerah suburban yang pola hidupnya semi kota dan desa. Karena perbedaan status
sosial sering terjadi kericuhan baik antarindividu maupun antarkelompok. Atas
dasar pengalaman, siapakah yang paling tepat dalam menangani masalah tersebut
....
A.
Polisi
B.
Pengadilan
C.
Tokoh masyarakat
D.
Lembaga Bantuan Hukum
E.
LSM (Lembaga Swadaya Masyarakat)
ANS: C
MULTIPLE RESPONSE
1. Perhatikan Bacaan berikut!
Masyarakat Dieng memiliki banyak
kearifan lokal (local wishdom)” yang
dijadikan sebagai identitas, kekayaan budaya dan juga pedoman dalam
bermasyarakat. Seperti candi Siwaistis, pekerja keras, upacara muspe atau mabakti, teposliro dan telaga warna air pawitrasari ini menunjukkan bahwa
kearifan lokal terbagi menjadi 2 bentuk
yakni:
- Tangible
- Materil
- Intangible
- Bangunan
- Tradisi
ANS:
A, C
2.
Perhatikan
artikel berikut!
CARA CEPAT JADI PEJABAT ADALAH DENGAN JUALAN MARTABAK
Sebagai warga negara yang biasa-biasa saja,
saya kadang merasa resah dengan berbagai kelakuan orang-orang yang nggak ada
angin nggak ada hujan tiba-tiba jadi pejabat. Seakan-akan dunia politik adalah
wahana yang mudah untuk ditaklukan. Walaupun itu hak semua orang kaya warga negara untuk jadi pejabat, tapi
ya menurut saya dunia yang mengurusi hajat orang banyak itu harusnya diisi
mereka yang memang kompeten. Bukan hanya diisi oleh orang yang terkenal dari
media sosial, artis dan bahkan anak pejabat yang belum terjun langsung dalam
ranah perpolitikan. Dari berbagai orang-orang itu, saya menemukan 4 cara
cepat—yang tentunya dibarengi dengan uang yang banyak—untuk jadi pejabat atau
politikus di Indonesia. Berikut cara-caranya:
…jadi
selebriti atau orang terkenal
Cara pertama ini paling ampuh dan sering
dipilih tanpa harus kuliah atau memahami ilmu politik. Kepopuleran menjadi
ujung tombak. Hal ini terjadi ya karena banyak orang awam kurang paham politik
memilih orang-orang yang setidaknya pernah mereka lihat di layar kaca.
Kedekatan itulah yang diincar jika mau jadi pejabat.
…jadi anak
pejabat
Previlege menjadi ketahanan konten yang
mesti diangkat tiap minggu di Twitter. Setiap muncul kasus muncul, terutama
menyangkut orang kaya atau berpengaruh, misalnya anak pejabat, “hak-hak”
istimewa jadi bahan perdebatan. Hal ini memang nyata, Apalagi ketika seseorang
menjadi anak pejabat. Privilege yang didapat melimpah, mulai fasilitas wahid di
berbagai tempat dan acara, masa depan pun terang-benderang. Sehingga peluang
seseorang menjadi politikus pun terbuka luas.
…Jadi ketua
BEM
Cara ini adalah cara yang bisa dilakukan ketika seseorang menjadi
mahasiswa dan ingin masuk dunia politik. Menjadi ketua BEM memang jadi cara
yang cukup ampuh untuk dilirik partai politik. Ketua BEM dianggap sudah tahu
“medan tempur,” apalagi banyak juga pemilihan BEM yang tetek bengeknya pakai
“politik kotor”.
…Jadi tukang
martabak
Cara ini dilakukan oleh seorang pengusaha martabak terkenal. Baru
beberapa tahun menjalankan bisnis martabaknya, ia sudah memberanikan diri jadi
pejabat. Lewat kecemerlangan dan ketekunan usaha martabaknya ini, PDIP melirik
beliau untuk maju di sebuah pemilihan. Bahkan ia didukung oleh hampir seluruh
partai di Indonesia dan berpotensi menjadi calon tunggal. Luar biasa!
Sumber
:https://mojok.co/terminal/cara-cepat-jadi-pejabat-adalah-dengan-jualan-martabak/
Mobilitas sosial bisa dialami oleh setiap masyarakat melalui
berbagai macam saluran-saluran mobilitas sosial. Berdasarkan artikel diatas 3 saluran-saluran
mobilitas apa saja yang memungkinkan dipergunakan dalam berkontemplasi di dunia
politik.
A.
Organisasi ekonomi
B.
Organisasi politik
C.
Lembaga pendidikan
D. Keturunan
E. Ketenaran
ANS: A, B, C
3.
Cermati uraian data berikut!
Berikut ini yang merupakan 2 cara
penanganan preventif yang tepat dilakukan pemerintah agar angka penyalahgunaan
narkoba tersebut tidak meningkat adalah...
A.
Mengajukan
permohonan rehabilitasi kepada Badan Narkotika Nasional (BNN)
B.
Melakukan penyuluhan dan kampanye antinarkoba di
sekolah
C.
Menciptakan
hubungan harmonis dan penuh kasih sayang di lingkungan rumah
D.
Melakukan
razia dadakan ke tempat-tempat hiburan malam
E.
Melakukan sosialisasi dampak negatif konsumsi NAPZA
melalui media cetak dan elektronik
ANS: B, E
4.
Perhatikan artikel berikut!
Dari uraian kasus berita tersebut dapat disimpulkan bahwa
interaksi sosial tersebut terjadi dipengaruhi oleh 2 faktor berikut ini:
A.
Sugesti
B.
Empati
C.
Imitasi
D.
Definisi
E.
Identifikasi
ANS: C, E
5.
Perhatikan bacaan berikut!
Situasi tersebut menggambarkan bentuk Interaksi
sosial karena terpenuhinya 2 syarat interkasi sosial yang berupa....
A.
Tindakan sosial
B. Kontak sosial
C. Komunikasi sosial
D.
Sugesti
E.
Simpati social
ANS: B, C
6.
Perhatikan bacaan berikut!
Berikut ini yang menjadi 2 tujuan
dari Pariwisata berkelanjutan yang berkembang di Indonesia dengan prinsip
mengikutsertakan masyarakat lokal dalam proses pembangunan nasional.
A.
Menyeimbangkan
kebutuhan rekreasi wisatawan dengan masyarakat local
B.
Memperoleh
banyak masukan dari berbagai pihak dalam pembangunan
C.
pariwisataTerwujudnya
kualitas hidup masyarakat lokal dan masyarakat pendatang
D.
Meningkatkan rasa peduli masyarakat wisata terhadap
kelestarian lingkungan alam
E.
Menghasilkan kemapanan ekonomi dan menumbuhkan produktifitas bagi masyarakat lokal
ANS: D, E