Noun Clause Connector sebagai Subject

Contoh Noun Clause Connector sebagai Subject

She does not know what is in the box - noun clause sebagai object of verb
Pada contoh diatas, terdapat dua klausa, yaitu "she does not know" dan "what is in the box". Kedua klausa tersebut dihubungkan oleh connector "what". Pada klausa pertama, "she" merupakan subject kalimat dan "does not know" berfungsi sebagai verb dan pada klausa kedua, "what" berfungsi sebagai subject sementara "is" berfungsi sebagai verb
Satu hal yang perlu digaris bawahi pada contoh diatas adalah "what" dapat difungsikan sebagai connector dan dapat pula difungsikan sebagai subject pada saat yang bersamaan.
Berikut ini merupakan contoh kalimat dengan dua klausa yang digabungkan dengan connector lain untuk menambah variasi kalimat.
She is concerned about who will read the journal - noun clause sebagai object of preposition
Pada contoh soal kedua diatas, masih dijumpai dua klausa. Namun pada contoh kalimat ini, kedua klausa digabungkan dengan menggunakan connector "who". Kedua klausa pada contoh kedua diatas adalah "she is concerned" dan "who will read the journal" dimana pada klausa pertama, "she" berfungsi sebagai subject dari verb "is", dan pada klausa kedua, "who" berfungsi sebagai subject dari "will read".
Perlu digaris bawahi pada contoh kedua diatas bahwasanya "who" berfungsi sebagai connector sekaligus berfungsi sebagai "subject" untuk klausa kedua. Noun clause "who will read the journal" berfungsi sebagai object of preposition dari "about".
Whoever is coming to the party must wear black shirt
Pada contoh ketiga diatas, lagi-lagi terdapat dua klausa yang digabungkan dengan connector "whoever". Pada contoh kalimat ketiga ini, "whoever" berfungsi sebagai subject dari verb "is coming", sementara noun clause "whoever is coming to the party" berfungsi sebagai subject dari verb "must wear". Kata "whoever" pada contoh kalimat ketiga diatas memiliki fungsi ganda; yaitu sebagai connector yang menghubungkan dua klausa dan sebagai subject dari verb "is coming".

Pola Noun Clause Connectors/Subject

POLA NOUN CLAUSE CONNECTORS/SUBJECT
whowhatwhichwhoever whatever - whichever
NOUN CLAUSE/SUBJECT
noun connector/subject + V + V
What happened was amazing
NOUN CLAUSE SEBAGAI OBJECT
S + V + noun connector/subject + V
She knows what happened
KETERANGAN:
Noun clause
Hijau   : Subject
Biru     : Verb
Merah  : Connectors

Contoh Soal TOEFL Noun Clause Connectors/Subject

_______ was on television made me amazed
A. The story
B. When
C. It
D. What

Analisis Soal TOEFL Noun Clause Connectors/Subject

Opsi jawaban yang paling benar untuk soal diatas adalah opsi jawaban "what" karena connector "what" dalam contoh soal tersebut dapat difungsikan sebagai connector yang menghubungkan dua klausa dan juga dapat difungsikan sebagai subject dari verb "was" pada saat yang bersamaan.
 
sumber : http://www.emhaemen.com/2015/05/noun-clause-connectors-sebagai-subject.html?m=1