soal membandingkan kelas 4




Tujuan: 
Anak dapat membandingkan dua bilangan dengan memperhatikan nilai tempat dari kedua bilangan tersebut kemudian memberikan tanda < atau >.

Petunjuk: 
Bandingkanlah kedua bilangan di bawah ini, kemudian isilah titik-titik tersebut dengan memberi tanda < atau >  di tempat yang telah disediakan !


1. 
52.173 . . . 53.258


2. 
36.328 . . . 63.328


3. 
72.474 . . . 35.732


4. 
66.241 . . . 81.266


5. 
48.369 . . . 35.894


6. 
153.264 . . . 135.122


7. 
292.631 . . . 129.876


8. 
426.881 . . . 53.258


9. 
557.755 . . . 557.557


Mengenal Sifat Penyebaran dalam Perhitungan

Tujuan: 
Anak dapat menyelesaikan soal-soal sifat penyebaran dalam perhitungan.

Petunjuk: 
Jawablah soal-soal berikut dengan cara mengisi jawaban di tempat yang telah disediakan !
contoh         : (18 x 35) + (18 x 68) = . . .
jawab          : 1.854

penjelasan  : dapat diselesaikan dengan dua cara yaitu
                      1.    (18 x 35) + (18 x 68) = 18 x (35 + 68) = 18 x 103 = 1.854
                      2.    (18 x 35) + (18 x 68) = 630  +  1.224   = 1.854
                      Jadi (18 x 35) + (18 x 68) = 1.854 



            
                  


1. 
(112 x 35) + (80 x 35) = . . .


2. 
(24 x 68) + (24 x 44) = . . .


3. 
(56 x 43) + (56 x 65) = . . .


4. 
(33 x 14) + (33 x 77) = . . .


5. 
(89 x 25) + (125 x 25) = . . .


6. 
(20 x 43) + (87 x 43) = . . .


7. 
(68 x 52) + (68 x 91) = . . .


8. 
(89 x 20) + (89 x 70) = . . .


9. 
(110 x 41) + (73 x 41) = . . .


10. 
(34 x 85) + (34 x 115) = . . .

Mengenal Penjumlahan Tiga Bilangan Berurutan

Tujuan: 
Anak dapat mengerjakan soal-soal penjumlahan tiga bilangan berurutan.

Petunjuk: 
Isilah soal-soal berikut dengan benar di tempat yang telah disediakan !
contoh        : 62 + 21 + 84 = . . .
jawab         : 167
penjelasan : Diselesaikan dengan 2 cara :
                     1.  (62 +  21) + 84  = 83 +  84  = 167
                     2.   62 + (21  + 84) = 62 + 105 = 167
                     jadi 62 +  21  + 84  = 167


1. 
26 + 11 + 142 = . . .


2. 
56 + 29 + 44 = . . .


3. 
24 + 73 + 62 = . . .


4. 
84 + 30 + 35 = . . .


5. 
35 + 68 + 28 = . . .


6. 
54 + 12 + 115 = . . .


7. 
61 + 53 + 88 = . . .


8. 
133 + 47 + 19 = . . .


9. 
23 + 125 + 83 = . . .


10. 
49 + 56 + 98 = . .


Mengenal Perkalian Tiga Bilangan Berurutan

Tujuan: 
Anak dapat mengerjakan soal-soal perkalian tiga bilangan berurutan.

Petunjuk: 
Isilah soal-soal berikut dengan benar di tempat yang telah disediakan !
contoh        : 58 x 5 x 25 = . . .
jawab         : 167
penjelasan : Diselesaikan dengan 2 cara :
                     1.  (58 x  5) x 25  = 290 x  25  = 7.250
                     2.   58 x (5  x 25) =  58  x 125 = 7.250
                     jadi 58 x  5  x 25  = 7.250                                                                      


1. 
48 x 25 x 7 = . . .


2. 
36 x 37 x 10 = . . .


3. 
51 x 0 x 40 = . . .


4. 
73 x 30 x 19 = . . .


5. 
20 x 57 x 1 = . . .


6. 
81 x 12 x 28 = . . .


7. 
42 x 6 x 40 = . . .


8. 
33 x 10 x 55 = . . .


9. 
61 x 16 x 20 = . . .


10. 
49 x 8 x 45 = . . .


Menentukan Nilai Angka

Tujuan: 
Anak dapat belajar menentukan nilai angka.

Petunjuk: 
Isilah soal-soal berikut dengan cara mengisi jawaban di tempat yang telah disediakan !

1. 
Berapa nilai angka 8 pada bilangan 458.397 ?


2. 
Berapa nilai angka 3 pada bilangan 324.651 ?


3. 
Berapa nilai angka 7 pada bilangan 289.376 ?


4. 
Berapa nilai angka 7 pada bilangan 157.539 ?


5. 
Berapa nilai angka 6 pada bilangan 235.964 ?


6. 
Berapa nilai angka 9 pada bilangan 348.976 ?


7. 
Berapa nilai angka 2 pada bilangan 123.756 ?


8. 
Berapa nilai angka 5 pada bilangan 156.463 ?


9. 
Berapa nilai angka 3 pada bilangan 484.613 ?


10. 
Berapa nilai angka 1 pada bilangan 264.831 ?




Menjumlahkan dan Mengurangkan Bilangan Ribuan

Tujuan: 
anak dapat melakukan penghitungan penjumlahan dan pengurangan bilangan puluhan ribu.

Petunjuk: 
Pilihlah jawaban yang benar!

1. 
18.140 + 23.574 = ….

a. 40.187

b. 41.741

c. 41.714

d. 40.871

2. 
46.656 – a = 28.886, maka nilai a adalah ….

a. 17.777

b. 17.770

c. 17.707

d. 17.007

3. 
Hasil dari 31.589 – 15.883 – 9.647 = ….

a. 5.021

b. 7.654

c. 6.059

d. 8.694

4. 
Selisih nilai angka yang sama pada bilangan 47.871 adalah ….

a. 6.930

b. 630

c. 6.300

d. 930

5. 
Peternakan Pak Hasan menghasilkan 17.590 butir telur ayam, peternakan Pak Ahmad menghasilkan 10.339 butir telur ayam, dan peternakan Pak Saleh menghasilkan 12.764 butir telur ayam. Berapa jumlah telur ayam seluruhnya?

a. 35.671

b. 40.693

c. 29.754

d. 35.761

6. 
Jika aku adalah sebuah bilangan yang merupakan selisih dari bilangan 31.007 dengan bilangan 18.699, maka aku adalah bilangan ….

a. 12.308

b. 49.706

c. 36.770

d. 34.308

7. 
n – 26.314 = 12. 075, maka nilai n adalah ….

a. 38.647

b. 29.206

c. 38.389

d. 29.602

8. 
Selisih angka 3 pada bilangan 38.391 adalah ….

a. 2.970

b. 2.700

c. 29.700

d. 20.970

9. 
Jumlah kambing Pak Arman adalah 10.204 ekor. Menjelang hari raya Idul Adha terjual 6.882. Berapa sisa kambing Pak Arman?

a. 2.754

b. 3.322

c. 1.546

d. 2.132

10. 
Rina mempunyai uang Rp 40.000,00. Ia membeli sebuah buku seharga Rp 15.300,00 dan sebuah pensil seharga Rp 9.750,00. Berapa sisa uang Rina?

a. Rp 29.500,00

b. Rp 19.600,00

c. Rp 14.950,00

d. Rp. 24.950,00


Menghitung Banyak Sudut Siku-siku

Tujuan: 
Anak dapat menjawab pertanyaan dengan cara melihat berapa banyak sudut siku-siku pada tiap bangun datar.

Petunjuk: 
Hitunglah banyaknya sudut siku-siku pada setiap bangun datar !

1. 
Ada berapakah sudut siku-sikunya


2. 
Ada berapakah sudut siku-sikunya ?


3. 
Ada berapakah sudut siku-sikunya ?


4. 
Ada berapakah sudut siku-sikunya ?


5. 
Ada berapakah sudut siku-sikunya ?


6. 
Ada berapakah sudut siku-sikunya ?


7. 
Ada berapakah sudut siku-sikunya ?


8. 
Ada berapakah sudut siku-sikunya ?


9. 
Ada berapakah sudut siku-siku pada gambar di bawah ini ?


10. 
Ada berapakah sudut siku-siku ?


menjumlahkan dan mengurangkan bilangan ribuan

Tujuan: 
anak dapat melakukan penghitungan penjumlahan dan pengurangan bilangan puluhan ribu.

Petunjuk: 
Pilihlah jawaban yang benar!


1. 
18.140 + 23.574 = ….

a. 40.187

b. 41.741

c. 41.714

d. 40.871

2. 
46.656 – a = 28.886, maka nilai a adalah ….

a. 17.777

b. 17.770

c. 17.707

d. 17.007

3. 
Hasil dari 31.589 – 15.883 – 9.647 = ….

a. 5.021

b. 7.654

c. 6.059

d. 8.694

4. 
Selisih nilai angka yang sama pada bilangan 47.871 adalah ….

a. 6.930

b. 630

c. 6.300

d. 930

5. 
Peternakan Pak Hasan menghasilkan 17.590 butir telur ayam, peternakan Pak Ahmad menghasilkan 10.339 butir telur ayam, dan peternakan Pak Saleh menghasilkan 12.764 butir telur ayam. Berapa jumlah telur ayam seluruhnya?

a. 35.671

b. 40.693

c. 29.754

d. 35.761

6. 
Jika aku adalah sebuah bilangan yang merupakan selisih dari bilangan 31.007 dengan bilangan 18.699, maka aku adalah bilangan ….

a. 12.308

b. 49.706

c. 36.770

d. 34.308

7. 
n – 26.314 = 12. 075, maka nilai n adalah ….

a. 38.647

b. 29.206

c. 38.389

d. 29.602

8. 
Selisih angka 3 pada bilangan 38.391 adalah ….

a. 2.970

b. 2.700

c. 29.700

d. 20.970

9. 
Jumlah kambing Pak Arman adalah 10.204 ekor. Menjelang hari raya Idul Adha terjual 6.882. Berapa sisa kambing Pak Arman?

a. 2.754

b. 3.322

c. 1.546

d. 2.132

10. 
Rina mempunyai uang Rp 40.000,00. Ia membeli sebuah buku seharga Rp 15.300,00 dan sebuah pensil seharga Rp 9.750,00. Berapa sisa uang Rina?

a. Rp 29.500,00

b. Rp 19.600,00

c. Rp 14.950,00

d. Rp. 24.950,00


Menghitung Satuan Ukuran Kuantitas

Tujuan: 
anak dapat mengetahui dan mengerjakan hubungan antar satuan kuantitas.

Petunjuk: 
Hitunglah penjumlahan dan pengurangan di bawah ini !
Contoh pengerjaan soal :
                        1 lusin + 3 lusin = .......buah
                        1 lusin + 3 lusin = 12 buah  +  36 buah  =  48 buah
Penjelasan :
                        1 lusin = 12 buah                 1 gros = 144 buah                          1 rim = 500 lembar
                        1 gros = 12 lusin                 1 kodi  = 20 lembar (helai)


1. 
2 lusin + 2 lusin = ...... buah


2. 
4 kodi – 1 kodi = ...... lembar


3. 
3 gros – 1 gros = ...... buah


4. 
4 rim + 2 rim = ...... lembar


5. 
8 lusin – 3 lusin = ...... buah


6. 
6 kodi + 4 kodi = ...... helai


7. 
4 gros + 4 gros = ...... buah


8. 
9 lusin – 4 lusin = ...... buah


9. 
7 kodi + 9 kodi = ...... helai


10. 
8 rim – 3 rim = ...... lembar



Menulis Lambang Bilangan berdasarkan Nilai Tempat

Tujuan: 
anak dapat menuliskan dan mengurutkan lambang bilangan sesuai dengan nilai tempatnya.

Petunjuk: 
Tulislah lambang bilangan sesuai dengan nilai tempatnya !
Contoh :  
                  1.  300.000 + 10.000 + 6.000 + 100 + 60 + 7  =  316.167
                  2.  350.000 +   9.000 +    600 +   40 +      5     =  359.645


1. 
100.000 + 80.000 + 6.000 + 900 + 80 + 8 = . . . . . .


2. 
200.000 + 30.000 + 4.000 + 600 + 60 + 7 = . . . . . .


3. 
100.000 + 10.000 + 2.000 + 300 + 70 + 6 = . . . . . .


4. 
300.000 + 60.000 + 5.000 + 500 + 90 + 9 = . . . . . .


5. 
400.000 + 30.000 + 8.000 + 100 + 40 + 5 = . . . . . .


6. 
230.000 + 9.000 + 900 + 80 + 7 = . . . . . .


7. 
260.000 + 1.000 + 300 + 50 + 4 = . . . . . .


8. 
460.000 + 5.000 + 700 + 30 + 2 = . . . . . .


9. 
340.000 + 7.000 + 600 + 40 + 1 = . . . . . .


10. 
170.000 + 6.000 + 300 + 50 + 8 = . . . . . .


Menulis Nilai Uang Rupiah

Tujuan: 
anak dapat menuliskan nilai uang rupiah dengan benar.

Petunjuk: 
Tulislah dengan penulisan nilai uang rupiah yang benar !
Contoh :        
               1.  Seratus rupiah ditulis Rp100,00
               2. Seribu rupiah ditulis Rp1.000,00
               3.  Sepuluh ribu dua ratus rupiah ditulis Rp10.200,00


1. 
Dua ratus lima puluh rupiah


2. 
Sembilan ratus dua puluh lima rupiah


3. 
Seribu dua ratus lima puluh rupiah


4. 
Tujuh ribu tujuh ratus lima puluh rupiah


5. 
Sembilan ribu seratus tujuh puluh lima rupiah


6. 
Sepuluh ribu enam ratus rupiah


7. 
Delapan ribu tujuh ratus lima puluh rupiah


8. 
Lima ribu lima ratus lima puluh rupiah


9. 
Empat ribu tujuh ratus rupiah


10. 
Sepuluh ribu sembilan ratus lima puluh rupiah



mengenal penulisan nama dan lambang bilangan puluhan ribuan

Tujuan: 
anak dapat menuliskan nama dan lambang bilangan puluhan ribuan.

Petunjuk: 
isilah nama atau lambang bilangan dibawah ini!

contoh 1 : 11.587 = …..
jawab: sebelas ribu lima ratus delapan puluh tujuh

contoh 2 : enam belas ribu tujuh ratus satu = ….
jawab: 16.701


1. 
27.008 = ……………………………………………………………………..


2. 
45.777 = ……………………………………………………………………..


3. 
13.525 = ………………………………………………………………………


4. 
32.493 = ……………………………………………………………………..


5. 
50.000 = ……………………………………………………………………..


6. 
tiga puluh ribu seratus delapan puluh delapan = ….


7. 
empat puluh delapan ribu tujuh belas = ….


8. 
tiga puluh sembilan ribu enam puluh dua = ….


9. 
sembilan belas ribu dua ratus dua puluh lima = ….


10. 
dua puluh enam ribu sembilan ratus tiga = ….


Mengenal Satuan Ukuran Kuantitas

Petunjuk: 
 Kerjakanlah hubungan antar satuan kuantitas berikut ini !
Keterangan    :
                           1 lusin = 12 buah                                  1 kodi = 20 lembar (helai)
                           1 gros  = 12 lusin                                  1 rim  = 500 lembar
                           1 gros  = 144 buah


1. 
3 lusin = ...... buah


2. 
2 kodi = ...... helai


3. 
2 gros = ...... buah


4. 
4 rim = ...... lembar


5. 
5 kodi = ...... helai


6. 
60 buah = ...... lusin


7. 
140 helai = ...... kodi


8. 
576 buah = ...... gros


9. 
3500 lembar = ...... rim


10. 
96 buah = ...... lusin



Menghitung Keliling Bangun Datar

Tujuan: 
anak dapat mengitung keliling suatu bangun datar.

Petunjuk: 
Hitunglah keliling bangun datar di bawah ini!

Contoh:
Kolam ikan Sudin berbentuk persegi dengan panjang setiap sisinya 100 cm. Berapa centimeter keliling kolam ikan Sudin?Jawab: 400

1. 
Keliling = …. cm


2. 
Keliling = … cm


3. 
Keliling = … cm


4. 
Keliling = …. cm


5. 
Keliling = …. Cm


6. 
Pak Soleh mempunyai sawah yang berbentuk persegi dengan panjang setiap sisinya 520 cm. Berapa centimeter keliling sawah Pak Soleh?


7. 
Kebun Bibi Inge berbentuk segitiga. Panjang setiap sisi adalah 365 cm. Berapa centimeter keliling kebun Bibi Inge?


8. 
Sekolah Anggi memiliki lapangan bermain berbentuk bujur sangkar. Panjang setiap sisi bujur sangkar adalah 245 cm. Berapa centimeter keliling lapangan bermain sekolah Anggi?


9. 
Kebun Pak Somat berbentuk seperti gambar diatas. Jika di sekeliling kebun ditanami pohon jagung dengan jarak tiap pohon adalah 60 cm, berapa banyak pohon jagung yang harus ditanam di kebun Pak Somat?


10. 
Jika Tono berlari 5 kali keliling lapangan, berapa jarak yang ditempuh Tono? Tono berlari mengelilingi lapangan yang berbentuk seperti di bawah ini.


menghitung waktu dan penanggalan

Tujuan: 
anak dapat melakukan penghitungan waktu dan penanggalan.

Petunjuk: 
Pilihlah jawaban yang benar!

1. 
18 tahun = … bulan

a. 216

b. 144

c. 1.800

d. 1.860

2. 
Usia ayah setengah abad. Usia ayah adalah ….

a. 5 tahun

b. 50 tahun

c. 500 tahun

d. d. 5000 tahun

3. 
Sejak 3 windu yang lalu, ayahku bekerja di Jakarta. Jadi ayahku telah bekerja selama …

a. 24 tahun

b. 30 tahun

c. 300 tahun

d. 8 tahun

4. 
Waktu yang ditempuh dari rumah kakek ke rumah paman adalah 6 hari, 21 jam, 39 menit. Waktu tersebut sama dengan …. menit.

a. 9.939

b. 9.339

c. 9.933

d. 9.393

5. 
Aku berlibur di rumah nenek selama 2 minggu 17 hari. Berapa hari lamanya aku berlibur di rumah nenek?

a. 28 hari

b. 19 hari

c. 45 hari

d. 31 hari

6. 
Waktu yang dicapai pelari itu adalah 1 jam 53 menit 8 detik. Maka waktu tersebut sama dengan …. detik.

a. 62 detik

b. 6.788 detik

c. 6.877 detik

d. d. 6.848 detik

7. 
Rino bersepeda dari kota A ke kota B yang berjarak 40 km. Jika ia berangkat pukul 08.00 dan tiba pukul 12.00, maka berapa kecepatan rata-ratanya?

a. 10 km/jam

b. 20 km/jam

c. 40 km/jam

d. 30 km/jam

8. 
3 windu + 2 abad + 145 tahun = … bulan

a. 3.452

b. 2.845

c. 4.428

d. 2.485

9. 
272 tahun + 576 bulan = …. windu

a. 20

b. 30

c. 40

d. 60

10. 
Sinta berangkat ke sekolah pukul 06.45 dan pulang pukul 12.30, maka lama Sinta bersekolah = … detik.

a. 19.300 detik

b. 20.700 detik

c. 25.900 detik

d. 29.759 detik


menghitung perkalian dan pembagian bilangan puluhan dan ratusan

Tujuan: 
anak dapat melakukan penghitungan perkalian dan pembagian bilangan satuan, puluhan dan ratusan.

Petunjuk: 
isilah dengan jawaban yang benar!

1. 
24 x 3 = …


2. 
76 x 9 = …


3. 
100 x 2 = …


4. 
387 x 3 = …


5. 
589 x 6 = …


6. 
54 : 6 = …


7. 
144 : 6 = …


8. 
408 : 24 = …


9. 
500 : 25 = …


10. 
625 : 25 = …