1. Cermati
teks berikut!
Seorang
perempuan sangat ingin mempunyai sepatu dari kulit buaya. Dia pun pergi ke
toko sepatu dan kecewa karena mahalnya.
“Mahal amat sih,” Tanya si perempuan.
“Kalau ingin murah ya menangkap buaya
sendiri sana,“ kata si pemilik toko.
Terinspirasi
oleh perkataan si pemilik toko, perempuan tersebut pergi ke sungai besar di
daerah situ sambil membawa senjata api.
Beberapa saat kemudian si pemilik toko itu
datang dan terkagum ketika melihat tiga ekor buaya mati ditumpuk di pinggir
sungai.
Sementara si perempuan terlihat di tengah sungai sedang membidikkan ke seekor buaya lainnya.
Suara tembakan terdengar, kemudian si perempuan menyeret buaya ke empat
yang baru ditembaknya ke pinggir dan kemudian menyumpah, “Sialan! Yang ini
juga tidak memakai sepatu.”
|
Makna
kata terinspirasi dan membidikkan pada teks tersebut adalah ….
A.
teryakini,
menunjukkan
B.
dipahami,
menjelaskan
C.
diarahkan,
diyakini
D.
ditunjukkan,
diarahkan
E.
ditunjukkan,
diarahkan
2.
Cermati teks berita berikut!
Sumbangan
sektor ekonomi kreatif terhadap pemasukan negara terus meningkat. Ekosistem
pendukung yang semakin ideal dan perubahan pola konsumsi masyarakat menjadi
faktor pendukung utamanya. Peningkatan terlihat dari nilai produk domestik
bruto (PDB) dari ekonomi kreatif. Tahun ini diperkirakan menembus Rp1.000
triliun atau meningkat dari 2016 yang sekitar 900 triliun. Tahun depan diperkirakan
akan lebih besar mencapai Rp1.100 triliun kata Kepala Badan Ekonomi Kreatif
di Bandung.
|
Ide pokok teks
tersebut adalah ....
A. peningkatan
ekonomi kreatif
B. perkiraan peningkatan pemasukan negara
C. pengaruh pemasukan negara terhadap
masyarakat
D. sumbangan masyarakat terhadap sektor
konsumsi
E. faktor
pendukung peningkatan ekonomi rakyat
3. Cermati
penggalan novel berikut!
Zamzami
sering mendengar Enong berbicara soal kamus Bahasa Inggris. Dari nada
suaranya, ia tahu putrinya ingin punya kamus. Sebaliknya, meskipun masih
kecil, Enong paham bahwa ayahnya miskin. Ia tak pernah minta dibelikan
apapun.
Padang Bulan, Andrea Hirata
|
Amanat yang terkandung dalam penggalan
novel tersebut adalah ….
A.
Jadilah seorang
anak yang paham dengan keadaan orang tua
B.
Seorang anak
tidak perlu memahami keadaan ekonomi keluarga
C.
Orang tua tidak
wajib mendidik anaknya jika tidak mampu
D.
Memintalah
sesuatu kepada orang tuamu walaupun orang tuamu miskin
E.
Karena miskin
maka orang tua tidak perlu tahu apa kebutuhan anaknya
4. Cermati kutipan cerpen berikut!
Aku
bertanya, seperti biasanya, “Biar apa, Ayah?”
“Biar kamu tidak sombong menjadi
manusia, Zahra,” ujarnya sambil tersenyum, lalu mengecup keningku. Seperti
biasanya.
Di tengah orang yang berlomba-lomba menjadi patung lilin, ayah
adalah salah satu dari sedikit orang yang memilih untuk tetap menjadi
manusia.
|
Watak tokoh ayah pada kutipan cerpen
tersebut adalah ….
A.
sombong
B.
rendah hati
C.
religious
D.
bijaksana
E.
tabah
5. Cermati
kutipan novel berikut!
Hujan mulai
menetes turun ketika Rana sampai rumahnya. Kilat menyambar-nyambar di
langit kelam. Rana merasa tubuhnya demikian berat. Setelah seharian bekerja
di depan komputer. Pak Arya akan berangkat ke luar negeri sehingga Rana
harus menyelesaikan seluruh materi presentasinya. Rumah sunyi, belum ada
tanda-tanda berpenghuni. Ia masuk dan melepas lelah di sofa.
Andrei
Aksana: Cinta Penuh Air Mata
|
Latar tempat yang terdapat dalam kutipan
novel tersebut adalah ....
A.
Rumah
B.
Ruang tamu
C.
Kantor
D.
Lobi kantor
E.
Luar negeri
6. Cermatilah
kutipan teks laporan hasil observasi di bawah ini!
Sampah merupakan material sisa
yang tidak diinginkan setelah berakhirnya suatu proses. Sampah dapat
bersumber dari alam, manusia, konsumsi, nuklir, industri, dan pertambangan.
Sampah di bumi akan terus bertambah selama masih ada kegiatan yang
dilakukan oleh baik alam maupun manusia. Sampah yang dihasilkan di
Indonesia mencapai 11.330 ton per hari. Sampah [...] merupakan sampah yang
paling banyak dihasilkan manusia dapat diuraikan atau degradable.
|
Istilah
yang tepat untuk melengkapi bagian yang dirumpangkan adalah ....
A.
organisme
B.
organik
C.
arogan
D.
arsenik
E.
limbah
7.
Bacalah teks Berikut!
(1) Masalah pendidikan di
negara mana pun tidak pernah selesai. (2) Selalu ada persoalan pendidikan
sebagaimana yang terjadi di India, Pilipina, dan Korea Selatan. (3) Oleh
karena itu, cara kita belajar dari ketiga negara tersebut bukan sekedar
mengimpor praktik baik yang ada, tetapi perlu disesuaikan dengan konteks
Indonesia.(4) Hal itu karena kurikulum merupakan keseluruhan proses
pendidikan. (5) Kurikulum merupakan keseluruhan dari sebuah proses pendidikan
tidak hanya sekadar ketersediaan dokumen.
|
Maksud kalimat
nomor (3) dalam teks tersebut adalah ...
A. Kita harus meniru
hal-hal yang baik dari negara asing untuk diterapkan dalam sistem pendidikan
kita.
B. Tidak semua hal yang baik dari negara lain
dapat diterapkan, tetapi harus disesuaikan dengan keadaan sistem pendidikan di
Indonesia.
C. Agar pendidikan di negara kita maju, kita
harus mencontoh sistem pendidikan di negara lain.
D. Sistem pendidikan di negara maju merupakan
barometer berhasil tidaknya pelaksanaan pendidikan di negara kita.
E. Pendidikan di negara kita masih dipengaruhi
oleh sistem pendidikan di negara-negara yang lebih maju.
8.
Cermati kalimat kompleks
berikut!
Kahlil
Gibran dilahirkan dari lingkungan sebuah keluarga miskin pada 6 Desember 1883
di Bishari, sebuah kota kecil di Lebanon Utara yang terletak di kaki
pegunungan yang dianggap suci, Pegunungan Cedar.
|
Inti kalimat
kompleks tersebut adalah ...
A. Kahlil Gibran
dilahirkan dari keluarga miskin.
B. Kahlil Gibran dilahirkan pada 6 Desember
1883.
C. Kahlil Gibran dilahirkan di kaki pegunungan
yang dianggap suci.
D. Kota kecil di Lebanon Utara terletak di kaki
pegunungan.
E. Lingkungan sebuah keluarga
miskin terletak di kaki pegunungan.
9. Cermati
teks berikut!
Becak
Dilarang Masuk
Ceritanya
ada seorang tukang becak asal Madura yang pernah dipergoki oleh polisi
ketika melanggar rambu “Becak Dilarang Masuk”. Tukang becak itu masuk ke
jalan yang ada gambar becak disilang dengan garis hitam yang berarti jalan
itu tidak boleh dimasuki becak.
“Apa kamu tidak melihat gambar itu? Itu kan gambar becak tak
boleh masuk jalan ini,” bentak Pak Polisi. “Oh saya melihat Pak, tapi itu
kan gambarnya becak kosong tidak ada pengemudinya. Becak saya ada yang
mengemudi, tidak kosong berarti boleh masuk,” jawab si tukang becak.
|
Isi tersirat
yang sesuai dengan teks tersebut adalah …
A.
Kemarahan polisi
saat melihat pengemudi becak berhenti di tempat yang salah.
B.
Kebaikan hati
pengemudi becak saat menjawab pertanyaan polisi.
C.
Kepandaian
pengemudi becak saat memberi alasan atas pertanyaan polisi.
D.
Kemarahan
pengemudi becak saat dimarahi polisi.
E.
Kelucuan
beberapa pengemudi becak saat berurusan dengan polisi.
10. Cermati
gagasan utama dan gagasan penjelas teks berikut!
Gagasan
utama : Sebab terjadinya banjir
Gagasan
penjelas :
(1) Pendangkalan
sungai
(2) Buang
sampah sembarangan
(3) Program
reboisasi
(4) Pengerukan
sungai
|
Gagasan
penjelas yang tepat untuk gagasan utama tersebut ditandai dengan nomor ….
A.
(1), (2)
B.
(1), (4)
C.
(2), (4)
D.
(3), (4)
E.
(3), (1)
11.
Cermati kutipan cerpen berikut!
Sudah beberapa hari kujelajahi
kota ini, tetapi tak kujumpai sepotong wajah pun yang kukenal atau
mengenalku. Semua orang tatkala kutanya hanya mengangkat bahu dan membisu,
atau berlalu begitu saja tanpa peduli. Tubuhku terasa penat sekali. Sambil
bersandar di sebuah tembok emperan toko aku terduduk di situ entah berapa
lama. Dan akhirnya aku pun tertidur tak sadar diri oleh capekku.
(Batu-Batu Setan: M.
Fudoli Zarini)
|
Ringkasan
yang sesuai dengan kutipan tersebut adalah ...
A. Seseorang tengah
menjelajahi sebuah kota yang penduduknya tidak ia kenali hingga akhirnya
kelelahan.
B. Seseorang tengah menjelajahi sebuah kota
yang tidak berpenduduk hingga ia tak sadarkan diri.
C. Penjelajahan seseorang ke sebuah kota tak
berpenghuni hingga tertidur karena kelelahan.
D. Perjalanan seseorang ke sebuah kota yang
mayoritas penduduknya tidak ia kenal sehingga mengalami kesulitan.
E. Petualangan seseorang ke sebuah
kota yang penduduknya tidak banyak mengenalnya sehingga ia menghadapi
kesulitan.
12. Cermati
teks berikut!
Walaupun Susi anak semata wayang, dia tidaklah dimanja oleh
orang tuanya. Dia dididik oleh orang tuanya dengan kasih sayang karena
tegas. Orang tuanya bersikap seperti itu agar Susi dapat hidup mandiri.
Ketika kuliah, Susi harus banyak mengerjakan tugas. Dia pun dapat
mengerjakan tugas itu dengan baik sebab dia terbiasa mandiri.
|
Penggunaan
kata penghubung yang tidak tepat pada
teks tersebut adalah ….
A.
walaupun
B.
karena
C.
agar
D.
ketika
E.
sebab
13. Bacalah teks berikut!
(1) Kesimpangsiuran
informasi hampir selalu terulang pada setiap bencana. (2) Setelah letusan
Kelud, di media sosial ramai dibicarakan Gunung Bromo dan Semeru, isu palsu
itu membuat panik. (3) Tugas mitigasi adalah meningkatkan pengetahuan
masyarakat tentang ciri-ciri letusan gunung secara ilmiah. (4) Tugas
mitigasi juga membangun sikap rasional kepada masyarakat mengenai
penanggulangan berbasis masyarakat. (5) Daripada menghamburkan uang untuk
hal-hal yang tidak penting, lebih baik pemerintah mulai menyiapkan
infrastruktur mitigasi yang benar.
|
Pernyataan yang merupakan opini penulis pada
teks tersebut terdapat pada kalimat ….
A. (1)
B. (2)
C. (3)
D. (4)
E. (5)
14.
Cermati kutipan cerpen berikut!
(1) Makanya kadang kubayangkan
urat saraf bunda lebih canggih daripada kami, tujuh anaknya, yang semua sarjana
bahkan dua dokter pula.(2) Urat-urat saraf itu tak henti berdenyut seperti
jantung kita, atau kedap-kedip serupa kabel di pusat telepon. (3) Tiap denyut
adalah pantauan sekaligus hubungan dengan anaknya, cucu, dan cicit yang
semakin banyak. (4) Dengan masalah yang juga tambah banyak. (5) Justru itu,
telah lama kami hindarkan kabar buruk dari beliau, menutup-nutupinya, karena
belum siap melihat denyut itu tiba-tiba berhenti.
|
Kalimat kedua
kutipan cerpen tersebut bemajas ....
A. antitesis
B. litotes
C. asosiasi
D. hiperbola
E. personifikasi
15. Cermati
teks pantun berikut!
(1)
Kita juga punya borobudur
(2)
Wujudkan dalam laku dan tutur
(3)
Indonesia punya kain batik
(4) Tunjukkanlah sikap yang terbaik
|
Urutan teks pantun yang tepat adalah
....
A.
(3), (4), (1), (2)
B.
(3), (2), (4), (1)
C.
(3), (1), (4), (2)
D.
(1), (4), (2), (3)
E.
(1), (3), (2), (4)
16.
Bacalah kutipan cerpen berikut!
(1) Seorang lelaki berbadan
besar tegap laksana reruntuhan sebuah candi akhirnya tak dapat menahan hati
ikut menanyai. (2) Dia bertanya kepada laki-laki kurus itu, ”Apakah
sesungguhnya yang mendorong Saudara dari jauh datang kembali untuk
menyerahkan uang itu?” (3) Laki-laki kurus itu berpikir sejenak mencari
kata-kata yang patut untuk dijadikan jawaban bagi pertanyaan yang datang
tidak tersangka-sangkanya itu. (4) Katanya, ”Saya merasa uang itu bukan
hak saya. Jadi harus saya kembalikan pada yang berhak.” (5) Barangkali
disebabkan oleh susunan kalimat yang baru didengarnya itu, tapi laki-laki
tegap itu lalu tampak termangu.
(Kisah di Kantor Pos:
Muhammad Ali)
|
Bukti watak
laki-laki kurus adalah orang yang jujur terdapat pada kalimat nomor ....
A. (1)
B. (2)
C. (3)
D. (4)
E. (5)
17. Cermati
penggalan paragraf deskripsi berikut ini !
Letusan Gunung
Anak Krakatau di Selat Sunda penuh pesona. Ibarat kembang api di tengah
pesta. Setiap sepuluh menit sekali debu dan lava panas menyembur ke udara
mencapai ketinggian 30 hingga 50 meter dari puncak. Pada senja atau malam
hari, dari Pulau Sembesi, semburan Gunung Anak Krakatau tampak sangat
mengesankan dan mengagumkan ….
|
Kalimat penjelas yang tepat untuk mengisi paragraf yang dirumpangkan
adalah …
A. Untuk
ke Pulau Sembesi dapat ditempuh dengan menggunakan speedboat.
B. Semburan
itu bagai bola api berwarna jingga yang berpijar-pijar.
C. Meskipun
letusan tidak berbahaya para pelancong tidak boleh mendekat.
D. Keindahan
letusan gunung bagaikan kembang api.
E. Untuk
menikmati keindahannya, jangan lupa membawa kamera.
18. Cermati
teks berikut!
Penjual : [….]
Roza : “Maaf, kaos kaki yang
berwarna hitam itu berapa, Mbak?”
Penjual : “Kaos
kaki ini harganya sepuluh ribu rupiah?”
Roza : “Oh, mahal sekali, Mbak!”
Penjual : “Boleh kurang, Dik!”
Roza : “Kalau tujuh ribu lima ratus,
bagaimana, Mbak!”
Penjual : “Bolehlah, Dik, sebagai harga
perkenalan.”
|
Kalimat
pembuka yang tepat untuk melengkapi bagian rumpang tersebut adalah ….
A.
Kalau mau beli,
silakan mampir!
B.
Silakan cari!
C.
Cari tas apa,
Dik?
D.
Silakan pilih,
Dik!
E.
Mau beli kaos
kaki warna hitam?
19. Cermati pantun berikut ini!
Kuda perang
berpacu kencang
Kuda beban
jalan perlahan
[….]
Mohon maafkan segala
kesalahan
|
Kalimat yang tepat untuk melengkapi pantun
tersebut adalah ….
A. Maafkan aku minta tolong
B. Bolehkah aku berjalan kencang
C. Maafkan aku berteriak lantang
D. Maafkan aku berteriak keras
E. Ananda bersalah janganlah dihukum
20. Cermati
paragraf ulasan drama berikut ini!
(1) Film yang diadaptasi dari cerita asal Jepang ini, memiliki
cukup banyak perbedaan dengan cerita versi aslinya. (2) Dimulai dari tokoh-tokohnya yang
lebih banyak memunculkan tokoh original ketimbang tokoh penting yang ada
dalam cerita animasi. (3) … (4)Hal ini menyebabkan kekecewaan yang cukup besar bagi penonton. (5)
“Terlalu aneh bagi siswa, sayang
padahal animasinya mendunia sekali,” begitu kata salah seorang
penonton yang mengaku sudah menunggu film ini sejak setahun lalu.
|
Kalimat yang tepat
untnk mengisi bagian rumpang paragraf teks ulasan drama di atas
adalah…
A.
Kemudian dari
segi jalan cerita pun cukup berbeda sehingga tampak kurang menarik
karena terasa dipersingkat.
B.
Dilihat dari
segi tema, film ini menginspirasi para sutrada untuk menampilkan teknik animasi
yang canggih.
C.
Penonton dibuat
takjub terhadap penokohan para tokoh yang ditampilkan secara dramatis, sehingga
membuat penonton larut dalam suasana.
D.
Kepopuleran film,
animasi Jepang ini sangat dinantikan penonton karena tema cerita diambil dari
kisah nyata.
E.
Film animasi
Jepang ini banyak menuai kritik dari para simpatisan film, karena banyak
perbedaan alur cerita dari film versi aslinya.
21. Cermati data berikut!
Judul buku : Perbedaan Sebagai
Kekayaan Bangsa
Penulis : Mutiara Larusatya
Penerbit, kota terbit : Jakarta, Bina Sumber Daya Mipa
Tahun
terbit, halaman : 2010, 26
|
Penulisan
catatan kaki yang benar berdasarkan data tersebut adalah ….
A.
Larusatya, Mutiara. 2010. Perbedaan Sebagai Kekayaan Bangsa. Jakarta, Bina Sumber Daya Mipa. halaman 26.
B.
Larusatya, Mutiara. Perbedaan
Sebagai Kekayaan Bangsa. (Jakarta, Bina Sumber Daya Mipa). hlm. 26.
C.
Larusatya, Mutiara. Perbedaan
Sebagai Kekayaan Bangsa. (Jakarta: Bina Sumber Daya Mipa, 2010). hlm. 26.
D.
Mutiara Larusatya. 2010. Perbedaan Sebagai Kekayaan Bangsa. Jakarta, Bina Sumber Daya Mipa. halaman 26.
E.
Mutiara Larusatya. Perbedaan
Sebagai Kekayaan Bangsa. (Jakarta: Bina Sumber Daya Mipa, 2010). hlm. 26.
22.
Bacalah teks berikut!
Pendukung perdagangan bebas
sering dicap sebagai kelompok neoliberalis, kapitalis, dan probarang impor
atau proasing. Pemerintah [...] tidak terlalu liberal agar kesejahteraan
nasional [...]. Dalam hal ini pemerintah terbukti membuat neraca perdagangan
makin tidak berimbang. Pertumbuhan ekspor lebih rendah daripada impor.
Indikatornya terlihat dari rendahnya rata-rata bea masuk barang impor ke
Indonesia.
|
Kata bentukan
yang tepat untuk melengkapi teks tersebut adalah ....
A. diminta,
bertingkat
B. meminta, meningkat
C. meminta, ditingkatkan
D. diminta, meningkat
E. diminta, meningkatkan
23.
Bacalah kalimat berikut!
Sinar api dari Gunung Agung
semakin sering teramati pada malam hari yang menandakan [...] letusan yang
lebih besar akan segera terjadi.
|
Kata yang tepat
untuk melengkapi kalimat tersebut adalah ....
A. kompeten
B. kompetensi
C. potensial
D. potensi
E. kompetisi
24.
Cermatilah penggalan kutipan cerpen di bawah ini!
Suasana sangat menyenangkan. Aku ingin
duduk sebentar. Secangkir kopi dan roti beroles keju tersedia di meja kecil
dekat jendela. Aku benar-benar merasakan kenyamanan ini. Main tenis dengan
isti telah kuselesaikan. Roti dan kopi sebagai hidangan pagi pun kunikmati.
Ini hari minggu. Pukul delapan pagi. Meski begitu, telepon
sebentar-sebentar berdering. Para bawahan dan orang-orang yang ingin
mempelancar urusan kantor selalu saja ingin bertamu ke rumah dengan membawa
berbagai oleh-oleh.
Air Mata Anakku, Soim Anwar
|
Bukti bahwa
kutipan cerpen tersebut memiliki latar suasana adalah ....
A.
Roti
dan kopi sebagai hidangan pagi pun kunikmati
B.
Ini
hari minggu
C.
Pukul
delapan pagi
D.
Telepon
sebentar-sebentar bordering
E.
Para
bawahan mempelancar urusan kantodi rumah
25. Cermati
teks berikut!
Kemerdekaan Indonesia tak mungkin diraih tanpa kebangkitan
literasi lokal yang dimotori Budi Utomo. Budi Utomo mengembangkan
pendidikan dan keaksaraan menjadi pemberdayaan rakyat pribumi dan
pergerakan sosial. Sekolah yang dikembangkan Budi Utomo memodifikasi sekolah
Belanda dengan memasukkan nilai-nilai budaya Jawa. Dengan kemunculan Budi
Utomo, perjuangan melawan penjajah menjadi lebih terorganisasi karena
dimotori kaum intelektual pribumi.
|
Tanggapan positif yang sesuai dengan isi teks tersebut adalah ... .
A.
Indonesia telah merdeka berkat
perjuangan para pahlawan dan tidak ada kaitannya dengan literasi lokal.
B.
Kebangkitan literasi lokal dan
kemampuan memodifikasi dalam pendidikan oleh Budi Utomo perlu kita teladani
untuk kemajuan bangsa.
C.
Memasukkan nilai-nilai budaya
Jawa dalam pendidikan adalah hal yang melemahkan nasionalisme.
D.
Kaum intelektual pribumi telah
memiliki kemampuan tinggi dan Budi Utomo hanyalah organisasi lokal.
E.
Belanda sangat kuat tetapi kaum
intelektual Indonesia lebih kuat sehingga dapat merdeka.
kunci jawaban
1.
A
2.
A
3.
A
4.
D
5.
B
6.
B
7.
B
8.
A
9.
C
10.
A
11.
D
12.
B
13.
E
14.
C
15.
C
16.
D
17.
B
18.
D
19.
D