- Ilmu kalam adalah ilmu yag membahas tentang wujud Allah,
sifat-sifat yang wajib bagi-Nya, sifat-sifat yang jaiz bagi-Nya, tentang
sifat-sifat yang ditiadakan dari-Nya, dan tentang rasul-rasul Allah baik
mengenai sifat wajib, jaiz, dan mustahil dari mereka, merupakan definisi
ilmu kalam menurut ....
a.
Al Farabi
b.
Ibnu Khaldun
c.
Mutadla Muthahari
d.
Mustafa Abdul Razaq
e.
Syekh Muhammad Abduh
2.
Ilmu kalam disebut juga sebagai ilmu ushuluddin,
sebab ....
a.
Membahas akhlak manusia kepada Tuhan dan alam
b.
Menguraikan persoalan ketuhanan
c.
Membicarakan tentang pokok-pokok agama, yakni
keimanan
d.
Membicarakan pokok kepercayaan agama dalam islam
e.
Membicarakan pokok keimanan
- Pada
masa sekarang ini banyak terdapat penyelewengan dalam akidah islam. Fungsi
ilmu kalam adalah ....
a.
Menopang dan menguatkan sistem
nilai ajaran islam yang terdiri dari iman, islam, dan ihsan.
b.
Membuat satu kesepakatan dengan
orang yang berakidah beda
c.
Selalu memerangi orang yang
tidak berakidah
d.
Tidak bergaul dengan orang yang
akidahnya buruk
e.
Mempelajari sistem keimanan
agama lain agar mudah untuk menyerangnya
- Menurut
Hasan Al Banna, ruang lingkup ilmu kalam yang membahas tentang alam
metafisika termasuk jin, syetan, dan iblis disebut ....
a.
Illahiyat
b.
Nubuwat
c.
Ruhaniyat
d.
Sam’iyat
e.
Fiqhiyat
- Ruang
lingkup ilmu kalam sangat luas sekali di antaranya .....
a.
Berkaitan dengan perkembangan
sejarah agama
b.
Sejarah tentang kemajuan
peradaban
c.
Berkaitan dengan batin seorang
mukmin
d.
Berkaitan dengan persoalan
ibadah furu’iyah
e.
Berkaitan dengan adanya hari
kebangkitan, hisab, dan alam kubur
- Ilmu
kalam disebut juga ilmu tauhid, sebab ....
a. Ilmu yang mengajarkan tentang keesaan Tuhan
b. Ilmu yang mengajarkan tentang keadilan tuhan
c. Ilmu yang membahas tentang akal
d. Ilmu yang mengajarkan tentang wujud Tuhan
e. Ilmu yang mengajarkan tentang sifat-sifat Tuhan
- Golongan
yang berpendapat bahwa manusia dipandang mempunyai daya yang besar lagi
bebas untuk mewujudkan perbuatannya sendiri, adalah ....
a. Mu’tazilah
b. Syi’ah
c. Ahlussunnah
d. Jabariyah
e. Asy’ariyah
- Hal-hal
yang tidak memengaruhi perkembangan ilmu kalam bersumber
dari Al Qur’an adalah .....
a. Al Qur’an membantah paham orang yang menyekutukan Allah
Swt dengan berhala
b. Al Qur’an mengaharuskan kaum muslimin untuk
mengembangkannya dan membelanya
c. Al Qur’an merupakan mu’jizat terbesar dari Nabi Muhammad
Saw
d. Al Qur’an di dalamnya terdapat ayat-ayat mutasyabihat
yang mendorong manusia untuk membahas dan memaknainya
e. Al Qur’an membantah paham orang yang mempertuhankan Nabi
Isa as
- Dalam ilmu kalam, ilmu yang dijadikan alat untuk
membenarkan ayat-ayat Al-Qur’an serta dijadikan bukti untuk membenarkan
ayat Al-Qur’an tersebut adalah hubungan antara ilmu kalam dengan ilmu ....
a.
Mu’amalah
b.
Ushuluddin
c.
Fikih
d.
Filsafat islam
e.
Tasawwuf
- Pada masa Rosululloh Saw
tidak terjadi perdebatan tentang ilmu akidah. Hal ini disebabkan karena
....
a.
Permasalahan akidah belum muncul
b.
Semua permasalahan dapat ditanyakan langsung
kepada Rosululloh Saw
c.
Pertikaian hanya buang-buang energi
d.
Nabi Muhammad Saw tidak menyukai pertikaian
e.
Akidah masih murni pada waktu itu
- Golongan Khawarij berpendapat
bahwa jabatan khalifah merupakan ....
a.
Jabatan turun menurun (monarchie
absolute)
b.
Dipilih secara terbuka oleh umat (rakyat)
c.
Dipilih oleh khalifah sebelumnya
d.
Musyawarah anggota pimpinan khalifah
e.
Dipilih oleh wakil rakyat
12.
Menurut pendapat khawarij bahwa iman adalah ....
a. Keyakinan dalam hati
b. Hanya diikrarkan saja
c. Diamalkan dalam bentuk perbuatan
d. Keyakinan turun-temurun
e. Keyakinan dalam hati yang diikrarkan dengan lisan dan
diamalkan dengan perbuatan
- Ajaran inti Mu’tazilah
terdiri atas at tauhid, al-adl, al –wa’ad wal wa’id, al-manzilah, bainal
manzilataian, dan amar ma’ruf nahi mungkar. Al Wa’ad wal wa’id adalah ....
a.
Keesaan Allah
b.
Posisi diantara dua posisi
c.
Janji dan ancaman
d.
Keadilan
e.
Perintah untuk berbuat baik dan larangan untuk
berbuat jahat
- Aliran
yang muncul disebabkan reaksi terhadap ajaran Mu’tazilah yang diangap
sangat mengagung-agungkan akal disebut....
a. Khawarij
b. Maturidiyah
c. Syi’ah
d. Murji’ah
e. Ahlussunnah wal jama’ah
- Akal manusia mampu
mengetahui mana yang baik dan mana yang buruk, walaupun Allah tidak
menurunkan agama. Pernyataan tersebut sesuai dengan keyakinan dari aliran
....
a. Khawarij
b. Qadariyah
c. Jabariyah
d. Syi’ah
e. Mu’tazilah
- Berikut ini nama tokoh aliran Al Maturidiyah adalah
.....
a.
Abu Mansur Al Maturidi
b.
Wasil bin Atha’
c.
Ja’ad bin Dirham
d.
Ma’bad Al Jauhari
e.
Hasan Al Basyri
- Orang
yang taat akan mendapatkan pahala sedangkan orang yang durhaka akan
mendapat siksa. Pernyataan di atas adalah janji dan ancaman menurut pendapat
dari paham .....
a.
Mu’tazilah
b.
Asy’ariyah
c.
Khawarij
d.
Al maturidiyah
e.
Jabariyah
- Aliran yang menyakini
bahwa Ali bin Abi Thalib adalah yang paling berhak memimpin umat islam
setelah wafatnya Nabi Muhammad Saw adalah aliran ....
a.
Murji’ah
b.
Jabariyah
c.
Syi’ah
d.
Qadariyah
e.
Khawarij
- Orang mukmin yang
melakukan dosa besar menurut Asy’ariyah adalah ....
a.
Tetap dianggap mukmin selama ia masih beriman
kepada Allah Swt dan Rasul-Nya
b.
Dijuluki kafir
c.
Dimasukkan dalam surga
d.
Dimasukkan dalam neraka
e.
Dirajam dan diasingkan
- Salah satu kewajiban
Tuhan menurut aliran mu’tazilah adalah ....
a.
Memberikan rezeki bagi manusia
b.
Mengirimkan Rosul
c.
Berbuat sewenang-wenang
d.
Berbuat sesuai dengan sifat wajib-Nya
e.
Menciptakan akal dan menurunkan wahyu
- Golongan
yang memberikan harapan kepada pelaku dosa besar untuk mendapatkan
pengampunan dari Allah adalah golongan .....
a. Asy’ariyah
b. Murji’ah
c. Khawarij
d. Syi’ah
e. Jabariyah
- Salah satu murid dari Hasan Al Basri yang mendirikan
aliran Mu’tazilah adalah .....
a.
Al Asy’ari
b.
Abu Mansyur
c.
Washil bin Atha’
d.
Gailan ad Dimasyqi
e.
Al Jubba’i
- Aliran yang sepaham dengan aliran Mu’tazilah dalam
pendapatnya mengenai akal dan wahyu adalah ......
a.
Asy’ariyah
b.
Khawarij
c.
Murji’ah
d.
Maturidiyah
e.
Jabariyah
- Surga dan neraka tidak kekal, dan akan hancur dan
musnah bersama penghuninya, karena yang kekal dan abadi hanyalah Allah
semata. Pendapat tersebut dikemukakan oleh aliran ....
a.
Jabariyah
b.
Qadariyah
c.
Imam Bukhari
d.
Asy’ariyah
e.
Hambali
- Aliran yang muncul
sebagai reaksi atas sikapnya yang tidak mau terlibat dalam upaya
mengkafirkan orang-orang yang terlibat dalam peristiwa tahkim disebut
aliran .....
a. Murji’ah
b. Qadariyah
c. Ahlussunnah wal Jama’ah
d. Maturidiyah
e. Khawarij
- Aliran Maturidiyah digolongkan dalam teologi Ahlus
Sunnah Wal Jama’ah yang merupakan ajaran yang bercorak rasional. Tokoh
aliran Al Maturidiyah adalah......
a.
Washil bin Atha’
b.
Abu Mansur Al Maturidi
c.
Abu Hasan Al Asy’ari
d.
Ali bin Abi Thalib
e.
Mu’awiyah bin Abi Sufyan
27.
Aliran Khawarij berpandangan
bahwa pelaku dosa kecil dan besar adalah ....
a.
Diampuni oleh Allah
b.
Disiksa di dunia
c.
Termasuk kafir
d.
Dimasukkan ke neraka
e.
Dimasukkan ke surga
28. Dalam aliran ilmu kalam kita juga mengenal aliran
Qadariyah yang rasionalis seperti aliran Mu’tazilah. Menurut aliran Qadariyah, orang
yang berdosa besar itu adalah ....
a.
Bukanlah kafir, dan bukanlah mukmin, tapi fasik dan kekal di neraka
b.
Termasuk kafir dan kekal di
neraka
c.
Termasuk mukmin sejati
d.
Tetap dianggap mukmin selama ia masih beriman kepada Allah dan Rosul-Nya
e.
Masuk surga tanpa hisab
- Golongan Syi’ah memiliki ajaran pokok tentang
Taqiyah. Pandangan Syi’ah terhadap Taqiyah adalah ....
a.
Sikap berhati-hati demi menjaga keselamatan jiwa
b.
Menaati imam merupakan sebagian dari
rukun iman
c.
Keyakinan akan dihidupkan kembali sejumlah hamba Allah
d.
Hari berkabung untuk memperingati wafatnya imam Husain bin Ali bin Abi
Thalib
e.
Menaati ulama merupakan sebagian dari iman
30.
Perhatikan hal berikut !
1.
Bersih dan rapi
2.
Tidak ketat dan tidak tipis
3.
Transparan
4.
Menyerupai pakaian lawan jenis
5.
Pakaian tipis
Dari hal diatas, yang merupakan syarat pakaian islami
adalah ....
a.
1 dan 3
b.
3 dan 5
c.
4 dan 5
d.
1 dan 2
e.
2 dan 4
1
|
E
|
11
|
B
|
21
|
B
|
2
|
C
|
12
|
E
|
22
|
C
|
3
|
A
|
13
|
C
|
23
|
D
|
4
|
C
|
14
|
E
|
24
|
A
|
5
|
E
|
15
|
B
|
25
|
A
|
6
|
A
|
16
|
A
|
26
|
B
|
7
|
A
|
17
|
D
|
27
|
C
|
8
|
C
|
18
|
C
|
28
|
A
|
9
|
D
|
19
|
A
|
29
|
A
|