soal + kunci jawaban mapel tata niaga

PAKET B
1. Penampilan diri sering juga dikenal dengan istilah…
A. Performance
B. Grooming
C. Accupational
D. Industrial hygiene
E. Penampilan prima

2. Penjualan  langsung  adalah  penjualan  …
A. Dari produsen ke konsumen
B. Menggunakan perantara
C. Kredit
D. Tunai
E. Angsuran

3. Bahan makanan olahan yang bahan dasarnya dari ikan berikut bumbu bumbunya, biasa dikemas dengan  kaleng  termasuk  kelompok...
A.      Canned Fish
B.      Canned meat
C.      Cooking needs
D       Canned vegetable
E.      dessert

4. Pengelompokan pasar menjadi  kelompok  konsumen-konsumen yang  homogen yang tiap kelompok dapat dipilih sebagai pasar yang dituju adalah...
A.       marketing MIX
B.       segmentasi pasar
C.       advertising
D.       promotion
E.       product planning
5. Konfirmasi dengan respon pembeli meminta  keterangan lebih lanjut  dari  penjual mengenai produk yang dijual disebut...
A. direct acknowledgement
B. positive feelilaing
C. clarifiying response
D. agreeing response
E. supportive respons

6. Di bawah ini yang bukan  merupakan langkah-langkah dalam  melakukan konfirmasi kepututusan  pelangggan sesuai SOP Perusahaan adalah...
A. Sapa
B. salam
C. Butuh
D. Demo
E. Tutup

7. mudah  dibawa, mudah dibuka atau ditutup  kembali, ringan dan sebaginya, adalah  syarat-syarat pembungkus...
A. sebagai tempat
B. dapat melindungi
C. praktis
D. dapat menimbulkan kesan
E. ketepatan ukuran

8. Syarat pokok terjadinya pengiriman barang dari supplier kepada pelanggan adalah...
A. Adanya barang dagangan
B. Adanya agreement
C Adanya alat transportasi yang sesuai
D. Adanya bukti-bukti transaksi
E. Adanya administrasi pengiriman barang

9. Konsep pemasaran online adalah…
A. Pemasaran langsung kepada konsumen
B. Pemasaran secara tidak langsung
C. Broadcast BBM
D. Pemasaran dengan  menggunakan jaringan internet
E. Melalui internet

10. Yang  bukan  termasuk  pengelompokan  barang-barang  yang  ada  di supermarket  adalah
A. Barang fresh
B. Barang supermarket
C. Barang pecah belah
D. Barang fashion
E. Barang food

11. Kegiatan dalam  pemasaran  yang  dilakukan dengan  memperkenalkan  barang  kepada masyarakat dengan tujuan  meningkatkan  penjualan adalah…
A. Advertensi
B. Sosialisasi
C. Promosi
D. Intervensi
E. Publikasi

12. Perusahaan yang berikut ini merupakan perusahaan dagang adalah...
A. Toko buku, kafetaria
B. Rumah maka, toko bangunan
C. Pedagang rokok, penjahit pakaian
D. Pasar swalayan bioskop
E. Toko sepatu, toko buku


13. Tata letak ( lay out ) penempatan barang  dagangan  dan  teknik visual display merupakan kegiatan atau  langkah SOP perusahaan  untuk...
A. Membeli produk
B. Menjual produk
C. Menata produk
D. Mendistribusikan produk
E. Mempromosikan  produk.

14. Alat pemajang, bagian dari gondola yang  biasa disebut rak tetapi  jumlahnya  lebih  banyak dan berfungsi untuk  menggantung  barang-barang  agak  kecil  disebut...
A.  Ready stock
B.  shelving
C. single hook
d. POP
e. SKU

15. Hak paten diberikan  untuk melindungi  penemuan  dibidang…
A. Hukum
B. Jasa
C. Perdagangan
D. Keuangan
E. Tehnologi

16. Dalam  pengaturan  ruangan  took modern  memungkinkan  konsumen…
A. Mencari barang yang dibutuhkan
B. Mencari barang yang dipajang
C. Bingung dalam mencari barang kebutuhan
D. Memeriksa barang yang dibutuhkan
E. Menemukan barang dengan melayani sendiri


17. Pemajangan  yang  terdiri  atas  symbol  dan  petunjuk  tentang  penggunaan  produk dan sekaligus  memberi  peringatan  kepada  petugas  penjualan  supaya memberi keterangan yang  sesuai dengan petunjuk disebut…
A. Dealer display
B. Store display
C. Decoration display
D. Architectural display
E. Eksterior display

18. Pemajangan barang dagangan ditempat  tertentu  diluar  kegiatan  usaha yang biasa digunakan untuk promosi ,pengenalan  produk baru,cuci gudang yaitu…
A. Eksterior display
B. Architectural display
C. Close interior display
D. Open interior display
E. Interior display

19. Peralatan yang biasanya digunakan untuk menyimpan  produk yang sedang dipromosikan atau diskon adalah…
A. wagon
B. single hook
C. showcase
D. shelving
E. gondola






20. Pemasangan POP pada gondola perlu memperhatikan item produk. Bila dalam satu selving produk yang didisplay satu item produk maka letak POP dibagian…..selving
A. Atas
B. Bawah
C. Kiri
D. Kanan
E. Tengah

21. Penataan ulang kerapian terhadap barang dagangan sebaiknya dilakukan
A. Setelah toko tutup
B. Setiap saat
C. Pada awal toko buka
D. Seminggu sekali
E. Beberapa saat setelah disentuh konsumen

22. Dalam penataan produk barang dikelompokkan menjadi 3 yaitu ...
A. Barang fashion, fresh dan barang supermarket
B. Barang fashion, acsesories dan toys.
C. Barang fresh, non fresh dan toys.
D. Barang fashion, non fashion dan acsesories
E. Barang fashion, fresh dan acsesories

23. Peralatan yang biasanya digunakan untuk menyimpan  produk yang sedang dipromosikan atau diskon adalah…
A. Wagon
B. Single hook
C. Showcase
D. Shelving
E. Gondola

24. Dalam Teknik pemajangan Produk Fashion berdasar ukuran, pernyataan dibawah ini yang benar adalah…
A. Sebelah kiri besar, kanan besar
B. Depan besar, belakang kecil
C. Atas kecil, bawah besar
D. Sebelah kiri besar, kanan kecil
E. Atas besar, bawah kecil

25. Pemasangan POP pada Table Disply perlu memperhatikan item produk. Bila dalam satu produk yang didisplay beberapa item produk maka letak POP dibagian…….produk
A. Atas
B. Bawah
C. Belakang
D. Depan
E. Tengah

kunci jawaban

1 B 11 C 21 B
2 A 12 E 22 A
3 A 13 E 23 A
4 B 14 C 24 C
5 C 15 C 25 C