soal perhotelan

 

SOAL USBN PILIHAN GANDA C-2

2017 – 2018

1.        Menurut The Educational Institute of the American Hotel & Motel Association, Industri Pariwisata dapat diklasifikasikan menjadi 5 kategori besar. Industri Pariwisata yang termasuk dalam kategori Lodging Operation adalah :

A.            Hotels, Motels, Pensions, Lodging Properties

B.            Gift Shops, Souvenir Shops, Art/CraftsShops, ShoppingMalls

C.            Hotels, Motels, Pensions, Resorts Hotels

D.           Hotels, Motels, Pensions, Ships

E.            Hotels, Motels, Pensions, Entertainment

2.        Menurut   SK   Menparpostel   no.KM   37/PW.340/MPPT-86   tentang peraturan usaha dan pengelolaan hotel mana intisari pernyataan tersebut yang paling tepat?

A.           Mempergunakan    sebagian    atau    seluruh    bangunan    untuk menyediakan jasa penginapan, makanan dan minuman serta jasa penunjang lainnya bagi umum yang dikelola secara komersial.

B.            Bangunan (fisik) yang menyediakan layanan kamar, makanan dan minuman bagi tamu.

C.            Bangunan yang dikelola secara komersial, pelayanan makan dan minum, pelayanan kamar, pelayanaan barang bawaan, pencucian pakaian dan dapat menggunakan fasilitas/perabotan dan menikmati hiasan-hiasan yang ada didalamnya.

D.           Bangunan yang dikelola secara komersial, pelayanan makan dan minum, pelayanan kamar, pelayanaan barang bawaan, pencucian pakaian.

E.            Bangunan yang dikelola secara komersial, pelayanan makan dan minum, pelayanan kamar, pelayanaan penunjang lainnya

3.        Salah satu fasilitas yang dapat digunakan oleh tamu untuk bersantai atau menunggu kolega (rekan bisnis) yang umumnya berlokasi dibagian depan hotel dikenal dengan istilah ....

A.           Restaurant

B.            Bar

C.            Lobby

D.           Room

E.            Swimming pool

4.        Industri perhotelan memiliki karakteristik yang unik yang membedakan dengan bidang-bidang usaha atau industri lainnya. Salah satu perbedaan antara hotel dengan bidang-bidang usaha atau industri lainnya adalah ....

A.           Industri hotel memerlukan modal usaha  yang  besar dengan  tenaga kerja  yang  sedikit

B.            Dipengaruhi oleh keadaan dan perubahan yang terjadi pada sektor ekonomi, politik, sosial, budaya, dan keamanan dimana hotel tersebut berada.

C.            Menghasilkan  dan memasarkan  produknya tidak bersamaan  dengan tempat dimana jasa pelayanannya dihasilkan.

D.           Beroperasi selama 24 jam sehari dalam pelayanan jasa terhadap pelanggan hotel dan masyarakat pada umumnya dan tutup pada waktu hari libur

E.            Memperlakukan pelanggan seperti teman selain juga memperlakukan pelanggan sebagai patner dalam usaha

5.        Keramah-tamahan dari petugas hotel, kenyamanan dalam kamar tamu, keindahan dan keamanan lingkungan hotel merupakan karakteristik dari industri perhotelan yang dapat dikelompokkan dalam....

A.           Tangible product

B.            Intangible product

C.            Perishable goods

D.           Non perishable goods

E.            Services Excellent

6.        Hotel yang tidak mempunyai hubungan kepemilikan atau pada pengelolaannya tidak berinduk pada perusahaan lain, biasanya merupakan hotel-hotel kecil dan kelas menengah milik keluarga dan dikelola tanpa mengikuti prosedur maupun pengoperasian tertentu dari  orang  lain dikelompokkan ke dalam ....

A.           Independent Hotel

B.            Parent Company

C.            Management Contract

D.           Franchise

E.            Referal Group

7.        Management Contract  yaitu hotel-hotel yang memisahkan antara kepemilikan dengan pengelolaannya.  Pemilik  hotel membeli  jasa  pengelolaan  dari perusahaan lain dengan membayar sejumlah uang sesuai dengan perjanjian sebelumnya, salah satu hotel di Surabaya yang termasuk dalam kategori Management Contract  `adalah ....

A.           The Ritz Carlton

B.            Four Seasons  

C.            Intercontinental Hotels

D.           Hyatt Intercontinental

E.            Sheraton

8.        Salah satu maskapai penerbangan yang ada di Indonesia adalah Garuda Indonesia, dalam industri pariwisata Garuda Indonesia dapat diklasifikasikan ke dalam....

A.           Lodging Operation

B.            Transportation Service

C.            Food and Beverage Operations

D.           Retail Store

E.            Activities

9.        Salah satu daya tarik wisata yang ada di Propinsi Jawa Timur adalah Gunung Bromo, selain karena keindahan alam nya di kawasan Gunung Bromo juga terdapat Cultural Events yang ingin di saksikan oleh wisatawan baik domestik maupun wisatawan asing yang dikenal dengan upacara ....

A.           Ngaben

B.            Tedhak siten

C.            Sekaten

D.           Kasodo

E.            Grebeg Suro

10.    Mengatur peralatan, menjaga kebersihan, agar hotel tampak rapi, bersih, menarik dan menyenangkan serta melaksanakan persiapan kamar yang meliputi perlengkapan, kerapihan, kebersihan dan kenyamanan guna memastikan pelayanan maksimal yang diberikan kepada tamu merupakan tugas dan tanggung jawab dari departrmen ....

A.            Human Resources Department

B.            Front Office Department

C.            Housekeeping Department

D.           Food and Beverage Department

E.            Engineering Department

11.    Melaksanakan perbaikan dan perawatan perlengkapan yang ada di kamar dan peralatan lain, mesin-mesin, computer, audio visual, pendingin dan alat elektronik lainnya yang ada di seluruh hotel merupakan tanggung jawab dari departemen ....

A.            Human Resources Department

B.            Front Office Department

C.            Housekeeping Department

D.           Food and Beverage Department

E.            Engineering Department

12.    Secara operasional, area pelayanan hotel dapat dibagi menjadi dua golongan besar yaitu front of the house area dan back of the house area. Yang termasuk dalam front of the house area antara lain ....

A.            Reception, reservation dan Stewarding

B.            Reception, reservation dan Purchasing

C.            Reception, reservation dan Income Aaudit

D.           Reception, reservation dan Uniformed Service

E.            Reception, reservation dan Training & Development

13.    Pengertian sanitasi adalah....

A.           Melakukan pekerjaan sesuai aturan kesehatan

B.            Mengendalikan terjadinya bahaya atau komplikasi

C.            Suatu  usaha  pencegahan  penyakit  yang  menitikberatkan  kegiatan pada usaha kesehatan lingkungan hidup manusia

D.           Mengevaluasi tingkat bahaya di tempat kerja

E.            proses untuk menciptakan bersih terhadap sesuatu, bebas dari pengotor fisik dan kelihatan menyenangkan

14.  Pengertian dari Hygiene adalah...

A.  proses untuk menciptakan bersih terhadap sesuatu, bebas dari pengotor fisik dan    kelihatan menyenangkan

B. Suatu   pencegahan   penyakit   yang   menitikberatkan   pada   usaha kesehatan  perseorangan  atau  manusia  beserta  lingkungan  tempat orang tersebut berada

C. Melakukan pekerjaan sesuai aturan kesehatan                  

D. Mencegah timbulnya penyakit menular

E. Mengevaluasi tingkat bahaya di tempat kerja

15.  Penyebab dari kecelakaan kerja yang sering terjadi adalah....

A. Dikarenakan   jenis bahaya yang   ditimbulkan oleh penggunaan peralatan

B. Membaca label pembungkus dan mengikuti petunjuknya

C. Tempat limbah harus dipelihara dan ditangani dalam kondisi yang aman

D..Menurunnya daya pendengaran

E. Mengevaluasi tingkat bahaya di tempat kerja

16.  Yang bukan merupakan prinsip pencegahan  yang mengakibatkan kebakaran dari pemakaian peralatan adalah ….

A.    Jangan mempergunakan peralatan yang anda belum pernah dilatih untuk   mempergunakannya

B.     Periksalah peralatan sebelum dan sesudah digunakan

C.     Mengetahui jenis bahaya yang  ditimbulkan oleh penggunaan peralatan

D.    Lakukan pemeliharaan secara berkala

E.     Hindari kerusakan pada kabel peralatan

17.  Alat pemadam kebakaran yang terdapat di kamar tamu

A.  Spinkler    

B.  Fire Extinguisher 

C.  Chemical powder  

D.  Foam  

 E.  Gas

18.  Salah satu alat pelindung yang digunakan untuk membersihkan kamar mandi adalah ....

A.    Toilet Bowl Brush    

B.     Sponge     

C.     Hand Glove    

D.    Dry Cloth 

E.     Booth

19.  Alat sanitasi ,hygiene & keselamatan kerja untuk membersihkan kaca pada gedung tinggi adalah sebagai berikut kecuali

A.  Safety goggles 

B.  Safety beltH 

C.  Helmet ,

D.  Net 

E.  Hand Glove

20.  Prosedur pertolongan pertama pada kecelakaan adalah ....

A.    Pemberian pertolongan segera kepada penderita sakit atau korban kecelakaan  yang  memerlukan  penanganan  medis  dasar  untuk  mencegah cacat atau maut

B.     Mengevaluasi tingkat bahaya di tempat kerja

C.     Melakukan pekerjaan sesuai aturan kesehatan

D.    Suatu   pencegahan   penyakit   yang   menitikberatkan   pada   usaha kesehatan  perseorangan  atau  manusia  beserta  lingkungan  tempat orang tersebut berada

E.     Suatu  usaha  pencegahan  penyakit  yang  menitikberatkan  kegiatan pada usaha kesehatan lingkungan hidup manusia

21.  Salah satu contoh penerapan sanitasi,hygiene dan keselamatan kerja adalah....

A.    Selalu menjaga kebersihan diri dan lingkungan

B.     Mengevaluasi tingkat bahaya di tempat kerja

C.     Mengetahui jenis bahaya yang  ditimbulkan oleh penggunaan peralatan

D.    Melakukan pekerjaan sesuai aturan kesehatan

E.     Melakukan pemeliharaan secara berkala pada peralatan

22.  Hal-hal yang perlu dilakukan untuk menjaga kebersihan dan penampilan pribadi/personal hygiene adalah:

A. Selalu menjaga kebersihan diri dan lingkungan

B. Melakukan pekerjaan sesuai aturan kesehatan

C. Mengevaluasi tingkat bahaya di tempat kerja

D. Pemeriksaan kesehatan secara rutin

E. Gunakan pakaian yang bersih dan licin

23.  Penerapan Pertolongan pertama pada kecelakaan  salah satu tindakan yang dapat dilakukan adalah....

A)    Memastikan keselamatan penolong, penderita, dan orang-orang di sekitar lokasi kejadian

B)    Mengurangi penderitaan korban.

C)    Mempertahankan hidup korban

D)    Melakukan pekerjaan sesuai aturan kesehatan

E)     Mengevaluasi tingkat bahaya di tempat kerja

24.  Prosedur penerapan evaluasi terjadinya kebakaran dari pemakaian peralatan adalah...

A.    Melakukan pekerjaan sesuai aturan kesehatan

B.     Periksalah peralatan sebelum dan sesudah digunakan

C.     Mengevaluasi tingkat bahaya di tempat kerja

D.    Selalu menjaga kebersihan diri dan lingkungan

E.     Memastikan keselamatan penolong, penderita, dan orang-orang di sekitar lokasi kejadian

25.  Yang bukan merupakan prosedur keselamatan kerja adalah

A.    Mengantisipasi  keberadaan  faktor  penyebab  bahaya  dan  melakukan pencegahan sebelumnya.

B.     Memahami jenis-jenis bahaya yang ada di tempat kerja

C.     Mengevaluasi tingkat bahaya di tempat kerja

D.    Mengendalikan terjadinya bahaya atau komplikasi.

E.     Memastikan keselamatan penolong, penderita, dan orang-orang di sekitar lokasi kejadian

26.  Ruang lingkup sanitasi  hygiene dan keselamatan kerja adalah .....

A.    Menjamin lingkungan serta tempat kerja yang baik ,bersih dan Aman

B.     Mengendalikan terjadinya bahaya atau komplikasi

C.     Memahami jenis-jenis bahaya yang ada di tempat kerja

D.    Mengevaluasi tingkat bahaya di tempat kerja

E.     Melakukan pekerjaan sesuai aturan kesehatan

27.  Alat pelindung diri saat bekerja adalah sebagai berikut kecuali

A.    Gogless/ Safety goggles/Kacamata debu/pelindung mata

            B.    Pelindung pernapasan/Masker

C.        Sarung tangan/Hand Glove

D.         Pakaian pelindung/jas,celemek/Coat

E.          Sikat jamban /toilet bowl brush

28.  Salah satu syarat petugas dalam memberikan layanan kepada tamu adalah good communication yang berarti petugas harus ...

A.    Menguasai bahasa lain dari satu bahasa

B.     Pintar memberi solusi atau menciptakan inovasi

C.     Bekerja dengan detail dan teliti

D.    Menjalin hubungan dengan rekan kerja

E.     Sanggup berkomunikasi dengan baik

29.  Faktor – faktor yang menyebabkan komunikasi dapat terhambat, kecuali ...

A.    Kecakapan yang kurang baik

B.     Sikap kurang tepat

C.     Kesalahan bahasa

D.    Jarak komunikator dan penerima

E.     Teknologi komunikasi sudah brkembang pesat

30.  Pendengar tidak diberi kesempatan untuk menanyakan atau menyampaikan saran – saran, sehingga apa yang ia terima tidak jelas. Hal ini alan menimbulkan penafsiran yang tidak tepat. Penjelasan di atas merupakan pengertian hambatan komunikasi ....

A.    Komunikasi yang berlebihan

B.     Komunikasi satu arah

C.     Jarak komunikator dan penerima

D.    Kurang memahami sistem sosial

E.     Kecakapan yang kurang baik

31.  Kurang cakap berbicara, kurang cakap mendengarkan merupakan hambatan atau rintangan dalam komunikasi. Umumnya kegiatan–kegiatan tersebut telah dapat kita laksanakan, tetapi belum dapat melakukannya dengan baik dan efektif. Untuk mengatasi hal ini tidak ada jalan lain kecuali belajar dan berlatih. Penjelasan diatas merupakan pengertian hambatan komunikasi ...

A.    Komunikasi yang berlebihan

B.     Komunikasi satu arah

C.     Jarak komunikator dan penerima

D.    Kurang memahami sistem sosial

E.     Kurang cakapnya dalam proses komunikasi

32.  Penjualan kamar, makanan, minuman, kolam renang dll merupakan produk yang ditawarkan hotel yang dapat dikategorikan kedalam produk ..

A.     Intangible product

B.     Perishable product

C.     Non perishable product

D.    Tangible product

E.     Main goods

33.  Dalam teknik menjual petugas perlu melakukan pendekatan kepada tamu dengan cara ...

A.    Menawarkan produk terlaris

B.     Memberi salam disertai senyum

C.     Menciptakan hubungan yang menyenangkan

D.    Menjual produk unggulan

E.     Memberikan beberapa pilihan

34.  Cara mengatatasi pelanggan yang mengeluh dan bersifat agresif adalah ...

A.    Melakukan debat dengan pelanggan

B.     Meninggalkan pelanggan begitu saja

C.     Usahakan agar pelanggan lebih tenang dengan menawarkan tempat yang nyaman untuk bicara

D.    Jenuh dengan ocehan / komplain tamu

E.     Akui kekurangan dan ucapkan terima kasih atas sarannya

35.  Menjual dengan metoda kuantitatif sekali terjadi pada situasi jumlah penyediaan (supply) melebihi jauh di atas jumlah kebutuhan (demand). Periode seperti ini disebut dengan valley season. Penjualan mengandalkan volume pembelian sehingga harga jual bisa diatur lebih fleksibel, misalnya pada city hotel pada saat periode menjelang dan sesudah lebaran, grup untuk acara pertemuan.

A.     Selling by quantity

B.     Selling by quality

C.     Selling by quality n quantity

D.    Inconsistency

E.     Perisabelity

36.  Personal sales adalah ..

A.    Mengumpulkan data sebanyak mungkin dengan waktu sesingkat mungkin

B.     Alat yang paling efektif dalam menjual properti hotel dan pelayananya

C.     Membuat janji temu

D.    Kunjungan yang bertujuan untuk mempresentasikan produk properti dan menutup penjualan  sesegera mungkin.

E.     Bertujuan memberikan perhatian khusus kepada klien.

37.  Konflik yang dikelolah dengan baik dapat menghasilkan dan mendatangkan manfaat, diantaranya adalah ...

A.    Mengetahui kepribadian seseorang

B.     Mengetahui mana yang salah dan benar

C.     Mengetahui mana yang berkepribadian baik

D.    Mondorong seseorang untuk bersaing

E.     Menyesuaikan diri dengan kenyataan

38.  Konflik yang tidak dikelolah dengan baik berakibat ...

A.    Motivasi meningkat

B.     Iikatan kelompok lebih erat

C.     Mendorong pertumbuhan

D.    Membantu untuk mencapai tujuan

E.     Kepercayaan merosot

39.  Konflik yang terjadi sudah mengarah kepada pertentangan, sulit bagi keduannya untuk bekerja sama, penjelasan di atas merupakan pengertian dari ...

A.    Menghambat kerja sama

B.     Subyektif dan emosional

C.     Apriori

D.    Saling menjatuhkan

E.     Frustasi

40.  Apabila kebencian sudah memuncak dapat mendorong seseorang untuk melakukan tindakan yang kurang terpuji untuk menjatuhkan lawannya, penjelasan di atas merupakan pengertian dari ...

A.    Menghambat kerja sama

B.     Subyektif dan emosional

C.     Apriori

D.    Saling menjatuhkan

E.     Frustasi

 

 

II.  Jawablah dengan benar dan singkat

 

1.    Jelaskan 4 karakteristik industri perhotelan !

2.    Jelaskan pencegahan terjadinya kebakaran dalam penggunaan peralatan ?

3.    Sebutkan dan jelaskan 5 fungsi  dari jenis alat pelindung kerja ?

4.        Sebutkan 5 aspek ruang lingkup kegiatan sanitasi di hotel!

5.        Apakah  tujuan dari pemberian seragam yang sesuai dengan Standar Operasional Prosedur (SOP) pada bidang pariwisata

 

 

 

-          Selamat Mengerjakan     -

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

KUNCI JAWABAN PUBLIC RELATION

2017 - 2018

 

 

1.      A

2.      E

3.