KISI-KISI UJIAN SEKOLAH
BERSTANDAR NASIONAL
SEKOLAH MENENGAH
KEJURUAN/MADRASAH ALIYAH KEJURUAN
KURIKULUM
2006 TAHUN PELAJARAN 2018/2019
Mata
Pelajaran : Dasar-dasar
Pariwisata
IPK |
No. |
Ujian
Utama |
Menjelaskan
karakteristik dan tipe dalam industri perhotelan |
1.
|
Hotel merupakan salah satu
komponen penting dalam bidang
pariwisata yang usahanya memerlukan banyak modal dan sumber daya manusia
dalam menjalankan usahanya, hal ini sesuai dengan karakteristik industri perhotelan
yaitu .... A.
fokus
pada pelayanan pelanggan B.
sangat
bergantung terhadap perubahan lingkungan sekitarnya C.
memerlukan
tenaga ahli yang kompeten D.
merupakan usaha padat modal sekaligus padat
karya E.
beroperasi
selama 24 jam,7 hari dalam seminggu |
Mengklasifikasi
tipe hotel berdasarkan fasilitas yang dimiliki |
2.
|
Hotel
A memiliki jumlah kamar minimum 50 kamar tipe standar, memiliki
minimum 3 kamar suite, tersedianya bar, dining room serta sarana rekreasi dan
olah raga merupakan klasifikasi untuk hotel bintang... A.
1 B.
2 C.
3 D.
4 E.
5 |
Menganalisis
dampak dan kondisi industri pariwisata |
3.
|
Salah satu dampak negatif dari
pariwisata terhadap lingkungan fisik di suatu daerah tujuan wisata adalah
terjadinya pencemaran limbah pada air laut, danau dan sungai.Air juga
mendapatkan polusi dari buangan bahan bakar minyak alat transportasi air.
Untuk dapat meminimalisir dampak negatif tersebut,hal yang dapat dilakukan
adalah... A.
melarang
alat transportasi laut beroperasi B.
menganjurkan masyarakat dan wisatawan
menggunakan alat transportasi air yang
ramah lingkungan C.
menganjurkan
masyarakat setempat menjaga keamanan wilayah perairan setempat D.
meminta
bantuan kepolisian untuk mengawasi obyek wisata bahari setempat E.
memberikan
sangsi tegas kepada wisatawan dan masyarakat yang membuang sampah sembarangan
di tempat wisata |
Menganalisis
jenis dan karakteristik wisatawan |
4.
|
Mr. Andrean adalah seorang warga
negara Swiss yang bertugas sebagai konsultan di perusahaan asing di
Indonesia, pada saat liburan dia kembali ke Swiss dan melakukan perjalanan
wisata di negaranya, Mr.Andrean dikategorikan sebagai.... A.
domestic tourist B.
foreign tourist C.
business tourist D.
indigenous foreign tourist E.
transit tourist |
Menganalisis
alat pelindung diri saat melakukan pekerjaan |
5.
|
Ada beberapa pekerjaan yang
mengharuskan pekerja untuk berada pada
posisi yang cukup berbahaya seperti pada posisi miring,tergantung atau
memasuki rongga sempit.Alat pelindung yang berfungsi untuk membatasi gerak
pekerja agar tidak terjatuh atau terlepas dari posisi yang diinginkan
disebut... A.
safety belt B.
safety shoes C.
respirator D.
ear plug
E.
spectacles |
Menerapkan
prosedur evakuasi jika terjadi kebakaran |
6.
|
Berikut ini merupakan prosedur
evakuasi yang dapat dilakukan jika terjadi
kebakaran di kantor : 1.berkumpul di daerah aman yang telah
ditentukan 2.beri bantuan terhadap orang cacat
atau wanita hamil 3.wanita tidak boleh menggunakan
sepatu hak tinggi saat evakuasi 4.segera tinggalkan gedung sesuai
petunjuk team evakuasi 5.turun atau berlarilah ikuti jalan
keluar,jangan panik dan saling membantu untuk memastikan evakuasi selamat Urutan yang tepat dari prosedur diatas
adalah... A.
4-5-3-2-1 B.
1-2-3-4-5 C.
1-3-4-2-5 D.
3-2-1-4-5 E.
5-3-2-1-4 |
Menganalisis
prosedur keselamatan kerja |
7.
|
Ketika seorang pekerja meninggalkan
kantor dan membiarkan beberapa peralatan elektronik tetap menyala,maka hal
ini akan berpeluang menimbulkan terjadinya.... A.
bahaya kebakaran B.
keracunan C.
kecelakaan
kerja D.
pencurian E.
ancaman
bom |
Menerapkan
komunikasi dengan pelanggan dan kolega dari berbagai latar belakang |
8.
|
Suatu perusahaan agen perjalanan melakukan pembelian
beberapa jenis paket wisata dari sebuah Biro Perjalanan Wisata yang merupakan
“wholesaler” dan kemudian paket
tersebut di jual kembali oleh agen perjalanan tersebut kepada konsumen, dalam
hal ini yang disebut sebagai pelanggan internal adalah.... A.
Biro
Perjalanan Wisata B.
Agen Perjalanan
C.
Konsumen D.
Perantara E.
Pengguna
Jasa |
Menganalisis
solusi konflik dengan
pelanggan |
9.
|
Ketika terjadi komplain dari tamu
hotel karena tamu mendapatkan kamar yang tidak sesuai dengan yang dipesan
sebelumnya dan keluhan dari tamu tidak
ditangani dengan baik oleh recepsionis sehingga tamu menjadi
lebih emosi, maka solusi yang dapat
diberikan adalah .... A.
mendengarkan
keluhan tamu tanpa memberikan kamar pengganti yang sesuai dengan permintaan tamu B.
memberikan
kompensasi kepada tamu dengan memberikan diskon untuk biaya menginap tamu
tersebut C.
meminta maaf atas kesalahan yang dilakukan
pihak hotel dan memberikan tamu kamar yang sesuai dengan permintaan tamu
sebelumnya beserta kompensasi tertentu D.
memberikan
pilihan kepada tamu untuk memilih kamar yang tersedia E.
memberikan
fasilitas menginap gratis kepada tamu |
Menganalisis
solusi konflik dengan
pelanggan |
10.
|
Seorang pelanggan yang datang ke
kantor tiba-tiba marah dan kecewa dengan pelayanan dari staf kantor, faktor
yang menimbulkan kemarahan dari
pelanggan tersebut adalah.... A.
pelayanan
yang diberikan sesuai prosedur
perusahaan B.
pelayanan staf yang lambat, tidak ramah dan
kurang menghargai tamu C.
penyambutan
tamu dengan ucapan selamat datang D.
penggunaan
bahasa yang sopan E.
ucapan
terima kasih kepada tamu yang telah datang ke kantor |