soal perhotelan

 

 

Paket-B

 
 

 


SOAL USBN C3 (PAKET KEAHLIAN)

TAHUN PELAJARAN 2017/2018

 

1.    Beberapa informasi atau data awal yang perlu diketahui  reservation attendat  agar pemesanan dapat segera di proses pemesanan adalah ...

A.      Arrival date, No. of Room, Type of room

B.       Departure date, No. of person, Guest Name

C.       Guest name, Type of room, No. of room

D.      Type of room, No. of room, Depature date

E.       Period, No. of room, Type of room

2.    Pemesanan yang belum di garansi oleh pemesan, pihak hotel  akan memastikan kamar yang telah dipesan tersedia sampai batas waktu yang telah ditentukan saat tanggal kedatangan. Batas waktu yang diberikan  sampai dengan pukul ….

A.      14.00

B.       15.00

C.       16.00

D.      17.00

E.       18.00

3.    Tamu yang dalam pemesanannya mengadakan perubahan , dikarenakan kedatangannya lebih awal dari jadwal semula  disebut ….

A.      Extention stay

B.       Early arrival

C.       Early departure

D.      Amendment

E.       Cancellation

4.             Petugas yang mempunyai kewajiban menjaga kebersihan di area umum hotel disebut...

A.            Room boy

B.            Bellboy

C.            Doorman

D.           Houseman

E.            Room maid

5.             Format yang di siapkan di trolley untuk di isi oleh roomboy/maid adalah ...

A.   Roomboy control sheet, Lost & Found, Lost & damage/work order

B.   Roomboy / maid control sheet, Lost & Found

C.  Lost & Found, Work order

D.  Work order, Lost & damage dan Lost & Found

E.   Lost & Damage , Roomboy control sheet

6.        Obat pembersih perabotan/perlengkapan hotel khususnya terbuat dari kayu disebut...

A.       Metal polish

B.       Glass cleaner

C.       Liquid soap

D.      Furniture polish

E.       Braso

7.        Petugas yang mempunyai tanggung jawab menjaga kebersihan kamar tamu dan kamar mandi hotel disebut...

A.       Room boy

B.       Bellboy

C.       House man

D.      Door man

E.       Waiter

8.        Alat yang digunakan untuk mengumpulkan atau menampung sementara debu atau kotoran pada waktu menyapu lantai adalah...

A.     Dust pan

B.     Hand brush

C.     Bottle spray

D.    Round head brush

E.     Mattress

9.      Dua kamar yang saling bersebelahan dan dihubungkan dengan pintu penghubung disebut...

A.       Suite room

B.       Adjoining room

C.       Connecting room

D.      Double room

E.       Press room

10.  Alat kecil di pintu yang digunakan untuk melihat tamu atau orang yang berada diluar kamar disebut...

A.       Linear

B.       Cleaner

C.       Freshner

D.      Shower

E.       Viewer

11.  Pelayanan oleh room boy/ maid untuk membuka tempat tidur dan merapikan kamar yang disewa tamu dilakukan sore hari (evening shift) disebut...

A.       Turn down service

B.       Making bed

C.       General cleaning

D.      Cleaning service

E.       Cleaning equitment

12.  Kode kamar yamg menyatakan status kamar yang ditempati oleh staf kantor atau manajer karena tugas adalah...

A.       HU

B.       CO

C.       CI

D.      DL

E.       CO

13.  Penutup mattress atau kasur yang terbuat dari lena (katun) yang tebal dan berguna untuk penahan dan pelindung dari keringat disebut...

A.       Bed sheet

B.       Blanket

C.       Head board

D.      Bed pad

E.       Bed lamp

14.  Kode kamar yang menyatakan status kamar yang yang sudah disewa tamu, tetapi tamu tidak menempati kamar tersebut adalah...

A.       SO

B.       VD

C.       NL

D.      CO

E.       OC

15.  Sebuah kunci kamar yang di bawa oleh floor supervisor yang dapat digunakan untuk membuka semua kamar yang ada di lantai disebut...

A.       Pass key

B.       Master key

C.       Grand master key

D.      Emergency key

E.       Key rack

16.  Alat yang digunakan untuk menekan dan menarik genangan air adalah...

A.       Wiper

B.       Hand brush

C.       Long hand brush

D.      Floor squeezer

E.       Bottle spray

17.  Metode pembersihan suatu benda dari debu atau kotoran dengan mengelap dan lap (cloth) yang digunakan untuk membersihkan harus lap (cloth) lembab metode tersebut...

A.       Dusting

B.       Damp dasting

C.       Glass cleaning

D.      Swepping

E.       Damp sweeping

18.  Daftar tamu yang diharapkan berangkat disebut dengan istilah....

A.     Expected Arrival List                                

B.     Expected Departure List

C.    Guest History Record                               

D.    List of Important Guest

E.     Guest List

19.  Peralatan kantor yang fungsinya untuk melubangi kertas yang akan di file di odner adalah....

A.       Cutter

B.       Paper clip

C.       Steppler

D.      Perforator

E.       Calculator

20.  Good morning, Sir, Welcome to edOTEL Vocational High School Surabaya, May I help you?” ungkapan ini disampaikan oleh doorman saat tamu...

A.    Masuk kamar

B.     Meminta kunci kamar

C.     Akan menuju ke lobby

D.    Mengeluarkan barang dari mobil

E.     Minta barangnya dibawakan ke mobil

21.  Kolom untuk mengisi jumlah koper yang dibawa, di isi dengan angka adalah ……

A.     Time Out 

B.     Total luggage

C.     Errand card

D.    Departure

E.     Room Number

22.  Tugas utama reservation staff adalah:

A.      Menerima tamu

B.       Menawarkan kamar supaya terjual             

C.       Menerima telepon                             

D.      Mencatat dan memproses seluruh pemesanan kamar secara akurat

E.       Menyambut tamu

23.  Satu kegiatan menetapkan kamar untuk tamu yang memesan kamar sebelum tamu itu datang disebut dengan....

A.     Blocking Room     

B.     Departure Room                          

C.    Blocking Card

D.    Room Status Board          

E.     Arrival room                     

24.  Satu rekening yang di buat untuk tamu rombongan dimana rekening inti ini memuat seluruh fasilitas yang digunakan oleh tamu rombongan sesuai dengan surat jaminan/ voucher disebut....

A.     Extra bill

B.     Master bill

C.     Individual bill

D.    Separate bill

E.     Guaranted bill

25.       Mr. Dan Mrs. Agus menginap di hotel Majapahit Surabaya selama 4 malam, di kamar duluxe dengan harga US$ 55 per-night belum termasuk Tax dan Service 21%. Mereka mempergunakan fasilitas laundry US$ 15 netto, Spa US$  25 netto dan Mini Bar US$ 15 nett, nilai tukas 1 US$ adalah 10.900,00 pada saat check out mereka akan membayar dengan mata uang rupiah...

A.      Rp. 3.501.080-,

B.        Rp. 3.401.080-,

C.       Rp. 3.601.080-,

D.      Rp. 3.701.080-,

E.       Rp. 3.001.080-,

26.    Pada guest bill, jumlah keseluruhan dari transaksi tamu selama menginap yang akan dibayar oleh tamu saat check out (termaksud pajak dan pelayanaan), akan ditulis pada kolom....

A.     Debit

B.     Remark

C.     Charge

D.    Description

E.     Kredit

27.    Harga kamar hotel beragam tergantung dari situasi dan waktu. Pada umumnya hotel memberlakukan paket harga kamar. Paket harga kamar yang berlaku khusus hari libur mingguan (Jumat sampai dengan Minggu) disebut...

A.       Weekend rate

B.       Weekdays rate

C.       Corporate rate

D.      Compliment

E.       Family Rate

28.    Hotel Purnama Batu,  memiliki  400 kamar, pada hari  Sabtu, tanggal 10  Maret 2018, memiliki kondisi kamar hotel sebagai berikut: Occupied 200 kamar, C/O 20 kamar, House Use 15 kamar,  kamar yang rusak 15 kamar, maka jumlah kamar yang dapat dijual untuk  walk in guest pada hari tersebut adalah...

A.    220 kamar

B.     205 kamar

C.     200 kamar

D.    190 kamar

E.     170 kamar

29.    Bapak Hasyim menginap di hotel Evora Surabaya selama 2 malam. Harga kamar deluxe permalam Rp. 450.000,- harga belum termaksud 21% goverment tax dan service charge. Berapa harga kamar yang harus dibayar oleh Bapak Hasyim?

A.    Rp. 1.089.000,- 

B.     Rp. 990.000,-

C.     Rp. 989.000,-

D.    Rp. 1.089.900,-

E.     Rp. 1.989.000,-

30.    Alat utama yang digunakan di bagian operator telepon yang berupa telepon terdiri dari tombol-tombol dan dilengkapi head set dan pengeras suara adalah…

A.     PABX                            

B.     Pigeon hole

C.     Key drop box                            

D.    Telepon

E.     E-mail

31.    Kotak tempat menyimpan barang berharga milik tamu disebut…

A.       Bill rack

B.       Bell Desk

C.       Pigeon hole

D.      Key drop box

E.       Safe deposit box

32.  Meja panjang yang digunakan untuk menerima kedatangan tamu dan tempat menyimpan sebagian peralatan kantor depan disebut…

A.       Reservation rack                                               

B.       Information rack

C.       Room rack                                            

D.      Counter

E.       Bell desk

33.    Dalam proses pencucian diperlukan tahap pembilasan sebanyak...

A.    4 kali                                                     

B.     2 kali

C.     3 kali                                                     

D.    1 kali

E.     5 kali

34.  Proses pencucian yang dibantu dengan aksi kimia dan gaya mekanisme disebut...

A.       Extract                                                  

B.       Main washing                                       

C.       Prewash

D.      Pressing

E.       Folding

35.  Mesin mashroom garment press berfungsi melicinkan bagian dari pakaian, yaitu...

A.      Dada, pundak, dan kerah

B.       Dada, punggung, pundak dan tangan                          

C.       Kerah baju

D.      Punggung dan tangan

E.       Tangan dan kerah

36.    Mesin laundry yang berfungsi untuk memeras pakaian/ linen disebut...

A.       Main wash machine

B.       Marking machine

C.       Pressing machine                                  

D.      Washing machine

E.       Extractor machine

37.         Linen   yang di tata/diletakkan di Room Boy Trolley, jika menggunakan Duvet  adalah  ....

A.     Bed Sheets, Pillow Cases, Bed Runner

B.     Pillow Cases, Bed sheets Double, Bed sheet Single

C.     Matrrass Protector, Bed Sheets, Pillow cases.

D.    Bed Sheets, Pillow Cases, Duvet cover, Towels

E.     Duvet Cover, Pillow cases, Towels

38.         Chemical/cleaning supplies/bahan pembersih yang di letakkan di carry cady adalah...

A.   Toilet bowl cleaner, MPC, Glass cleaner

B.   MPC, Floor cleaner, Wood polish, Liquid soap

C.  Liquid soap, MPC, Toilet bowl cleaner, Glass cleaner, Wood polish

D.  MPC, Air freshener, Liquid soap, wood polish

E.   Air freshener, Floor cleaner, Wood polish, Liquid soap, MPC

39.         Bahan kimia yang dapat berfungsi menurunkan atau menghilangkan kotoran / noda yang memiliki ikatan pada pakaian disebut…

A.       Spot removing machine                                    

B.       Suzy – q

C.       Detergen                                                           

D.      Hand iron

E.       MPC

40.    Jenis proses menghilangkan kotoran pada pakaian sehingga pakaian yang dicuci  tampak seperti semula atau baru disebut…

A.       Proses pencucian          

B.       Manual dan machine equipment

C.       Pick up service                                      

D.       One day service

E.        Valet service

 

JAWABLAH PERTANYAAN DIBAWAH INI DENGAN BENAR DAN SINGKAT !

 

1.                  Hotel Mozcha Surabaya memiliki 30 kamar terdiri dari 24 single bed dan 6 double bed dengan menggunakan 3 sheet. Pihak hotel menggunakan 3 par stock. Berapakah sheet yang diperlukan untuk semua kamar?

2.                    Sumber-sumber reservasi ada 4 (empat). Sebutkan!

3.                    Sebutkan 5 alat pembersih yang termasuk kelompok alat penampung?

4.                    Seorang receptionist melayani keberangkatan  tamu. Disaat tamu tersebut check in sudah diinformasikan kepada petugas bahwa tamu tersebut sudah memiliki pemesanan dan sudah mengaransinya, tetapi  tamu lupa membawa Gurantee Letter (GL) sebagai bukti   pembayaran yang akan di tagihkan seluruhnya kepada perusahaan yang mengeluarkan GL   saat tamu telah meninggalkan hotel. Tamu berjanji akan menghubungi perusahaan  tetapi sampai dengan checkout GL yang dijanjikan belum ada. Apa saran yang dapat kalian berikan kepada  receptionist tersebut?

5.                           Jelaskan 6 format yang digunakan pada saat menangani  ‘Laundry Guest’!

 

 

 

-          SELAMAT MENGERJAKAN  -