haji


>Keduanya wajib bagi orang yang mukallaf, merdeka, mampu, dan sekali seumur hidup.

>rukun haji adalah ikhrom, wuquf diarofah antara tergelincirnya matahari dan fajar hari qurban, thowaf idlofah, sa'i 7x, memotong rambut dan tertib, dan rukun tersebut tidak dapat diganti dengan dam (denda), rukun umroh itu sama dengan rukun haji kecuali wuquf.

>syarat thowaf adalah suci, menutup aurat, dan niat jika thowaf yang secara secara terpisah (sunnah), dan dimulai dari hajar aswad yang bertepatan dengan badan yang berthowaf, dan menjadikan Baitullah selalu di sebelah kiri, dan berputar sebanyak tujuh kali, dan disunnahkan diawali dengan mengusap hajar aswad, dan mengusap hajar aswad setiap putaran, dan mengusap pojok ka'bah sebelah kanan hajar aswad, dan sunnah juga berjalan agak cepat bagio laki-laki pada tiga putaran awal.

>Wajib haji adalah ikhrom di miqot, mabit di muzdalifah dan mina, thawaf wada', melempar jumroh, untuk wajib ini dapat diganti dengan dam.

>sunnah haji adalah mandi karena ikhrom dan masuk mekkah serta wuiquf, memakai wangi-wangian sebelum ikhrom, membaca kaliamat talbiyah, thowaf qudum, mabit di Mina di malam hari arofah , dan wuquf di muzdalifah (tempat nabi adam dan inu hawa berkumpul kembali) dan dzikir-dzikir..

>hal-hal yang diharomkan ketika ikhrom adalah jima', mencium, bermesraan, nikah, memakai wangi-wangian, berminyak rambut, memotong rambut, memotong kuku, dan di kharomkan bagi lelaki menutup sebagian kepala dengan barang yang dianggap penutup, dan memakai pakaian berjahit tanpa udzur, dan bagi perempuan menutup sebagian wajah.

>fidyah untuk orang yang melakukan hal-hal yang dilarang adalah berqurban kambing, atau bershodaqoh 3 sho' kepada 6 orang miskin, atau berpuasa 3 hari. dan dam bagi orang yang meninggalkan hal-hal yang diperintahkan adalah berqurban kambing, apabila tidak mampu harus berpuasa 3 hari sebelum hari qurban (di tanah harom) dan dilanjutkan 7 hari setelah tiba di tanah air (puasa 10 hari), dan bagi orang yang hajinya rusak karena jima' (bersetubuh) maka harus menyembelin unta badanah dan harus diqodlo' secepatnya.