31. Yang merupakan tiga kategori prioritas waktu yang sesuai dengan kategori dan karakteristiknya
A. Jangan dikerjakan,kerjakan nanti,kerjakan sekarang
B. Perencanaan, maksud dan tujuan
C. Melaksanakan fungsi tujuan
D. Sediakan waktu untuk perencanaan dan menetapkan prioritas
E. Rasio output dengan input
32. Penggunaan alat elektronik untuk memudahkan komunikasi baik fomal maupun informal didalam maupun diluar perusahaan untuk meningkatkan produktivitas adalah …
A. Pengertian Otomatisasi Kantor
B. Fungsi Otomatisasi kantor
C. Manfaat Otomatisasi kantor
D. Tujuan Otomatisasi kantor
E. Prinsif Otomatisasi kantor
33. Berikut yang merupakan tujuan dari Otomatisasi Kantor ………..
A. Penggabungan dan penerapan teknologi dalam perkantoran
B. Tuntutan perkembangan teknologi menyebabkan karyawan membutukan banyak waktu mempelajari aplikasi komputer
C. Mengurangi kebutuhan akan stap dalam jumlah besar
D. Memerlukan sedikit tempat untuk menyimpan data
E. Beberapa orang dapat memperbarui data secara bersamaan dalam hal perubahan jadwal
34. Yang menunjukkan salah satu pengguna Otomatisasi kantor …………..
A. Manajer
B. Karyawan pabrik
C. Buruh pabrik
D. Office boy
E. Karyawan hotel
35. Penggunaan jaringan komputer untuk menyimpan dan memanggil acara yang telah ditetapkan oleh manajer merupakan jenis otomatisasi ..
A. Electronik calendaring
B. Voice mail
C. Word processing
D. Vidio teks
E. Komputer Conferencing
36. Mengurangi kebutuhan akan stap dalam jumlah besar, merupakan
A. Pengertian Otomatisasi Kantor
B. Fungsi Otomatisasi kantor
C. Manfaat Otomatisasi kantor
D. Tujuan Otomatisasi kantor
E. Prinsif Otomatisasi kantor
37. Menjaga sistem agar tetap berjalan sesuai rencana dan tujuannya, adalah
A. Sasaran
B. Tujuan
C. Kendali
D. Umpan balik
E. Proses
38. Fakta menta atau rincian peristiwa yang belum diolah yang terkadang tidak dapat diterima oleh akal pikiran adalah merupakan ...
A. Pengertian data
B. Pengertian informasi
C. Pengertian SIM
D. Ciri-ciri SIM
E. Karakteristik informasi
39. Yang termasuk Sistem Informasi Manajemen adalah ...
A. Sistem informasi yang menghasilkan output dengan masukan input dan berbagai proses lainnya yang hasilnya dibutuhkan untuk tujuan tertentu dalam kegiatan manajemen
B. Meningkatkan produktifitas dan penghematan biaya dalam suatu organisasi
C. Meningkatkan efisiensi dan efektifitas data yang tersaji akurat dan tepat waktu
D. Meningkatkan kualitas sumber daya manusia
E. Mempermuda fihak manajemen untuk melakukan perencanaan dan pengawasan
40. Adapun beberapa manfaat yang didapatkan dari sistem informasi manajemen untuk perusahaan ...
A. Adanya ketersediaan kualitas dan ketrampilan dalam memanfaatkan sistem informasi
B. Meningkatkan produktifitas dan penghematan biaya dalam suatu organisasi
C. Meningkatkan efisiensi dan efektifitas data yang tersaji akurat dan tepat waktu
D. Meningkatkan kualitas sumber daya manusia
E. Mempermuda fihak manajemen untuk melakukan perencanaan dan pengawasan
41. Jelaskan hal-hal yang harus dilakukan dalam prosedur pencatatan !
42. Jelaskan fungsi komunikasi ditempat kerja !
43. Jelaskan azas keamanan dan kepuasan kerja bagi pegawai!
44. Jelaskan perbedaan SOP makro dengan SOP mikro!
45. Sebutkan fungsi manajemen waktu :
kunci jawaban
34. A
35. A
36. C
37. C
38. A
39. A40. A
42. a. Menjalin hubungan baik dengan rekan kerja
b.Membangun kerja sama dan sinergi dengan rekan kerja
c.Berkoordonasi dan mengarahkan pekerjaan sesuai dengan tujuan yang diharapkan perusahaan
d. Mengatasi perbedaan pendapat, ketegangan dan konflik
43.
Jawaban Skor
Dalam penataan ruang kantor, penerapan azas keamanan dan kepuasan kerja sangat perlu dilakukan. Menurut azas ini, tata ruang dan peralatan kantor harus membuat pegawai dapat bekerja secara aman, nyaman, dan puas sehingga tujuan organisaassi/ perusahaan dapat tercapai dengan baik dan maksimal 5
44. Jelaskan perbedaan SOP makro dengan SOP mikro!
Kunci jawaban Skor
SOP makro adalah SOP yang merupakan integrasi dari beberapa SOP mikro yang membentuk serangkaian kegiatan dalam SOP tersebut
Contoh: SOP pengelolaan surat
SOP mikro merupakan bagian dari sebuah SOP makro
5
45. Sebutkan fungsi manajemen waktu :
1. Membantu kita membuat prioritas
2. Mengurangi kecenderungan untuk menunda
3. Membantu kita menghindari tabrakan waktu
4. Memberi kita kebebasan dan kendali
5. Membantu kita menghindari perasaan bersalah
6. Membantu mengevaluasi kemajuan kita Skor
5
A. Jangan dikerjakan,kerjakan nanti,kerjakan sekarang
B. Perencanaan, maksud dan tujuan
C. Melaksanakan fungsi tujuan
D. Sediakan waktu untuk perencanaan dan menetapkan prioritas
E. Rasio output dengan input
32. Penggunaan alat elektronik untuk memudahkan komunikasi baik fomal maupun informal didalam maupun diluar perusahaan untuk meningkatkan produktivitas adalah …
A. Pengertian Otomatisasi Kantor
B. Fungsi Otomatisasi kantor
C. Manfaat Otomatisasi kantor
D. Tujuan Otomatisasi kantor
E. Prinsif Otomatisasi kantor
33. Berikut yang merupakan tujuan dari Otomatisasi Kantor ………..
A. Penggabungan dan penerapan teknologi dalam perkantoran
B. Tuntutan perkembangan teknologi menyebabkan karyawan membutukan banyak waktu mempelajari aplikasi komputer
C. Mengurangi kebutuhan akan stap dalam jumlah besar
D. Memerlukan sedikit tempat untuk menyimpan data
E. Beberapa orang dapat memperbarui data secara bersamaan dalam hal perubahan jadwal
34. Yang menunjukkan salah satu pengguna Otomatisasi kantor …………..
A. Manajer
B. Karyawan pabrik
C. Buruh pabrik
D. Office boy
E. Karyawan hotel
35. Penggunaan jaringan komputer untuk menyimpan dan memanggil acara yang telah ditetapkan oleh manajer merupakan jenis otomatisasi ..
A. Electronik calendaring
B. Voice mail
C. Word processing
D. Vidio teks
E. Komputer Conferencing
36. Mengurangi kebutuhan akan stap dalam jumlah besar, merupakan
A. Pengertian Otomatisasi Kantor
B. Fungsi Otomatisasi kantor
C. Manfaat Otomatisasi kantor
D. Tujuan Otomatisasi kantor
E. Prinsif Otomatisasi kantor
37. Menjaga sistem agar tetap berjalan sesuai rencana dan tujuannya, adalah
A. Sasaran
B. Tujuan
C. Kendali
D. Umpan balik
E. Proses
38. Fakta menta atau rincian peristiwa yang belum diolah yang terkadang tidak dapat diterima oleh akal pikiran adalah merupakan ...
A. Pengertian data
B. Pengertian informasi
C. Pengertian SIM
D. Ciri-ciri SIM
E. Karakteristik informasi
39. Yang termasuk Sistem Informasi Manajemen adalah ...
A. Sistem informasi yang menghasilkan output dengan masukan input dan berbagai proses lainnya yang hasilnya dibutuhkan untuk tujuan tertentu dalam kegiatan manajemen
B. Meningkatkan produktifitas dan penghematan biaya dalam suatu organisasi
C. Meningkatkan efisiensi dan efektifitas data yang tersaji akurat dan tepat waktu
D. Meningkatkan kualitas sumber daya manusia
E. Mempermuda fihak manajemen untuk melakukan perencanaan dan pengawasan
40. Adapun beberapa manfaat yang didapatkan dari sistem informasi manajemen untuk perusahaan ...
A. Adanya ketersediaan kualitas dan ketrampilan dalam memanfaatkan sistem informasi
B. Meningkatkan produktifitas dan penghematan biaya dalam suatu organisasi
C. Meningkatkan efisiensi dan efektifitas data yang tersaji akurat dan tepat waktu
D. Meningkatkan kualitas sumber daya manusia
E. Mempermuda fihak manajemen untuk melakukan perencanaan dan pengawasan
41. Jelaskan hal-hal yang harus dilakukan dalam prosedur pencatatan !
42. Jelaskan fungsi komunikasi ditempat kerja !
43. Jelaskan azas keamanan dan kepuasan kerja bagi pegawai!
44. Jelaskan perbedaan SOP makro dengan SOP mikro!
45. Sebutkan fungsi manajemen waktu :
kunci jawaban
34. A
35. A
36. C
37. C
38. A
39. A40. A
42. a. Menjalin hubungan baik dengan rekan kerja
b.Membangun kerja sama dan sinergi dengan rekan kerja
c.Berkoordonasi dan mengarahkan pekerjaan sesuai dengan tujuan yang diharapkan perusahaan
d. Mengatasi perbedaan pendapat, ketegangan dan konflik
43.
Jawaban Skor
Dalam penataan ruang kantor, penerapan azas keamanan dan kepuasan kerja sangat perlu dilakukan. Menurut azas ini, tata ruang dan peralatan kantor harus membuat pegawai dapat bekerja secara aman, nyaman, dan puas sehingga tujuan organisaassi/ perusahaan dapat tercapai dengan baik dan maksimal 5
44. Jelaskan perbedaan SOP makro dengan SOP mikro!
Kunci jawaban Skor
SOP makro adalah SOP yang merupakan integrasi dari beberapa SOP mikro yang membentuk serangkaian kegiatan dalam SOP tersebut
Contoh: SOP pengelolaan surat
SOP mikro merupakan bagian dari sebuah SOP makro
5
45. Sebutkan fungsi manajemen waktu :
1. Membantu kita membuat prioritas
2. Mengurangi kecenderungan untuk menunda
3. Membantu kita menghindari tabrakan waktu
4. Memberi kita kebebasan dan kendali
5. Membantu kita menghindari perasaan bersalah
6. Membantu mengevaluasi kemajuan kita Skor
5