Cermati teks
berikut!
Seorang perempuan
sangat ingin mempunyai sepatu dari kulit buaya. Dia pun pergi ke toko
sepatu dan kecewa karena mahalnya.
“Mahal amat sih,” Tanya si perempuan.
“Kalau ingin murah ya menangkap buaya
sendiri sana,“ kata si pemilik toko.
Terinspirasi
oleh perkataan si pemilik toko, perempuan tersebut pergi ke sungai besar di
daerah situ sambil membawa senjata api.
Beberapa saat kemudian si pemilik toko
itu datang dan terkagum ketika melihat tiga ekor buaya mati ditumpuk di
pinggir sungai.
Sementara si perempuan terlihat di
tengah sungai sedang membidikkan
ke seekor buaya lainnya. Suara tembakan terdengar, kemudian si perempuan
menyeret buaya ke empat yang baru ditembaknya ke pinggir dan kemudian
menyumpah, “Sialan! Yang ini juga tidak memakai sepatu.”
|
Makna
kata terinspirasi dan membidikkan pada teks tersebut adalah ….
A.
teryakini, menunjukkan
B.
dipahami, menjelaskan
C.
diarahkan, diyakini
D.
ditunjukkan, diarahkan
E.
ditunjukkan, diarahkan
2. Cermati teks berita berikut!
Sumbangan sektor ekonomi kreatif terhadap pemasukan negara
terus meningkat. Ekosistem pendukung yang semakin ideal dan perubahan pola
konsumsi masyarakat menjadi faktor pendukung utamanya. Peningkatan terlihat
dari nilai produk domestik bruto (PDB) dari ekonomi kreatif. Tahun ini
diperkirakan menembus Rp1.000 triliun atau meningkat dari 2016 yang sekitar 900
triliun. Tahun depan diperkirakan akan lebih besar mencapai Rp1.100 triliun
kata Kepala Badan Ekonomi Kreatif di Bandung.
|
Ide pokok
teks tersebut adalah ....
A.
peningkatan
ekonomi kreatif
B.
perkiraan peningkatan pemasukan
negara
C.
pengaruh pemasukan negara
terhadap masyarakat
D.
sumbangan masyarakat terhadap
sektor konsumsi
E.
faktor pendukung peningkatan
ekonomi rakyat
3. Cermati penggalan novel berikut!
Zamzami sering mendengar Enong
berbicara soal kamus Bahasa Inggris. Dari nada suaranya, ia tahu putrinya
ingin punya kamus. Sebaliknya, meskipun masih kecil, Enong paham bahwa
ayahnya miskin. Ia tak pernah minta dibelikan apapun.
Padang Bulan, Andrea
Hirata
|
Amanat yang terkandung dalam penggalan
novel tersebut adalah …
A.
Jadilah seorang anak yang paham
dengan keadaan orang tua.
B.
Seorang anak tidak perlu memahami
keadaan ekonomi keluarga.
C.
Orang tua tidak wajib mendidik
anaknya jika tidak mampu.
D.
Memintalah sesuatu kepada orang
tuamu walaupun orang tuamu miskin.
E.
Karena miskin maka orang tua
tidak perlu tahu apa kebutuhan anaknya.
4.
Cermati kutipan cerpen berikut!
Aku bertanya,
seperti biasanya, “Biar apa, Ayah?”
“Biar kamu tidak sombong menjadi
manusia, Zahra,” ujarnya sambil tersenyum, lalu mengecup keningku. Seperti
biasanya.
Di tengah orang yang berlomba-lomba
menjadi patung lilin, ayah adalah salah satu dari sedikit orang yang
memilih untuk tetap menjadi manusia.
|
Watak tokoh ayah pada kutipan cerpen
tersebut adalah ….
A.
sombong
B.
rendah hati
C.
religious
D.
bijaksana
E.
tabah
5.
Cermati kutipan novel berikut!
Hujan mulai menetes turun
ketika Rana sampai rumahnya. Kilat menyambar-nyambar di langit kelam. Rana
merasa tubuhnya demikian berat. Setelah seharian bekerja di depan komputer.
Pak Arya akan berangkat ke luar negeri sehingga Rana harus menyelesaikan
seluruh materi presentasinya. Rumah sunyi, belum ada tanda-tanda
berpenghuni. Ia masuk dan melepas lelah di sofa.
Andrei
Aksana: Cinta Penuh Air Mata
|
Latar
tempat yang terdapat dalam kutipan novel tersebut adalah ....
A.
rumah
B.
ruang tamu
C.
kantor
D.
lobi kantor
E.
luar negeri
6. Cermati teks berikut!
Selain
penerus Rumah Batik Jawa Timur, Usman merupakan salah seorang seniman batik
Surabaya. Terlahir dari keluarga pembatik, Usman telah menciptakan banyak
karya. […] menggeluti batik sejak 2008. Salah satu karyanya adalah batik khas
Surabaya bergambar suro lan boyo dengan
warna dasar hijau.
|
Pronomina
yang tepat untuk melengkapi teks tersebut adalah ….
A.
saya
B.
dia
C.
kami
D.
kamu
E.
mereka
7. Bacalah teks Berikut!
(1) Masalah pendidikan di negara mana pun tidak pernah
selesai. (2) Selalu ada persoalan pendidikan sebagaimana yang terjadi di
India, Pilipina, dan Korea Selatan.
(3) Oleh karena itu, cara kita belajar dari ketiga negara
tersebut bukan sekedar mengimpor praktik baik yang ada, tetapi perlu
disesuaikan dengan konteks Indonesia.(4) Hal itu karena kurikulum merupakan
keseluruhan proses pendidikan. (5) Kurikulum merupakan keseluruhan dari
sebuah proses pendidikan tidak hanya sekadar ketersediaan dokumen.
|
Maksud kalimat nomor (3) dalam teks tersebut adalah ...
A.
Kita harus
meniru hal-hal yang baik dari negara asing untuk diterapkan dalam sistem
pendidikan kita.
B.
Tidak semua hal yang baik dari
negara lain dapat diterapkan, tetapi harus disesuaikan dengan keadaan sistem
pendidikan di Indonesia.
C.
Agar pendidikan di negara kita
maju, kita harus mencontoh sistem pendidikan di negara lain.
D.
Sistem pendidikan di negara maju
merupakan barometer berhasil tidaknya pelaksanaan pendidikan di negara kita.
E.
Pendidikan di negara kita masih
dipengaruhi oleh sistem pendidikan di negara-negara yang lebih maju.
8. Cermati kalimat kompleks berikut!
Kahlil Gibran dilahirkan dari lingkungan sebuah keluarga
miskin pada 6 Desember 1883 di Bishari, sebuah kota kecil di Lebanon Utara
yang terletak di kaki pegunungan yang dianggap suci, Pegunungan Cedar.
|
Inti kalimat
kompleks tersebut adalah ...
A.
Kahlil Gibran
dilahirkan dari keluarga miskin.
B.
Kahlil Gibran dilahirkan pada 6
Desember 1883.
C.
Kahlil Gibran dilahirkan di kaki
pegunungan yang dianggap suci.
D.
Kota kecil di Lebanon Utara
terletak di kaki pegunungan.
E.
Lingkungan sebuah keluarga miskin
terletak di kaki pegunungan.
9.
Cermati teks berikut!
Becak
Dilarang Masuk
Ceritanya ada
seorang tukang becak asal Madura yang pernah dipergoki oleh polisi ketika
melanggar rambu “Becak Dilarang Masuk”. Tukang becak itu masuk ke jalan
yang ada gambar becak disilang dengan garis hitam yang berarti jalan itu
tidak boleh dimasuki becak.
“Apa
kamu tidak melihat gambar itu? Itu kan gambar becak tak boleh masuk jalan
ini,” bentak Pak Polisi. “Oh saya melihat Pak, tapi itu kan gambarnya becak
kosong tidak ada pengemudinya. Becak saya ada yang mengemudi, tidak kosong
berarti boleh masuk,” jawab si tukang becak.
|
Isi
tersirat yang sesuai dengan teks tersebut adalah …
A.
Kemarahan polisi saat melihat
pengemudi becak berhenti di tempat yang salah.
B.
Kebaikan hati pengemudi becak
saat menjawab pertanyaan polisi.
C.
Kepandaian pengemudi becak saat
memberi alasan atas pertanyaan polisi.
D.
Kemarahan pengemudi becak saat
dimarahi polisi.
E.
Kelucuan beberapa pengemudi becak
saat berurusan dengan polisi.
10.
Cermati gagasan utama dan gagasan
penjelas teks berikut!
Gagasan
utama : Sebab terjadinya banjir
Gagasan
penjelas :
(1) Pendangkalan
sungai
(2) Buang
sampah sembarangan
(3) Program
reboisasi
(4) Pengerukan
sungai
|
Gagasan
penjelas yang tepat untuk gagasan utama tersebut ditandai dengan nomor ….
A.
(1), (2)
B.
(1), (4)
C.
(2), (4)
D.
(3), (4)
E.
(3), (1)
11. Cermati kutipan cerpen berikut!
Sudah beberapa hari kujelajahi kota ini, tetapi tak
kujumpai sepotong wajah pun yang kukenal atau mengenalku. Semua orang tatkala
kutanya hanya mengangkat bahu dan membisu, atau berlalu begitu saja tanpa
peduli. Tubuhku terasa penat sekali. Sambil bersandar di sebuah tembok
emperan toko aku terduduk di situ entah berapa lama. Dan akhirnya aku pun
tertidur tak sadar diri oleh capekku.
(Batu-Batu Setan: M. Fudoli Zarini)
|
Ringkasan yang sesuai dengan kutipan tersebut adalah ...
A.
Seseorang tengah
menjelajahi sebuah kota yang penduduknya tidak ia kenali hingga akhirnya
kelelahan.
B.
Seseorang tengah menjelajahi
sebuah kota yang tidak berpenduduk hingga ia tak sadarkan diri.
C.
Penjelajahan seseorang ke sebuah
kota tak berpenghuni hingga tertidur karena kelelahan.
D.
Perjalanan seseorang ke sebuah
kota yang mayoritas penduduknya tidak ia kenal sehingga mengalami kesulitan.
E.
Petualangan seseorang ke sebuah
kota yang penduduknya tidak banyak mengenalnya sehingga ia menghadapi
kesulitan.
12. Cermati
teks berikut!
Setelah
kematian Teuku Umar, Cut Nyak Dien memimpin pasukan perlawanan melawan
Belanda di daerah pedalaman Meulaboh bersama pasukan kecilnya dan mencoba
melupakan suaminya. Pasukan ini terus bertempur sampai kehancurannya pada
tahun 1901. Pasukan itu dapat dihancurkan karena tentara Belanda sudah
terbiasa berperang di medan daerah Aceh. Selain itu, Cut Nyak Dien sudah
semakin tua.
|
Hal yang diceritakan dalam kutipan tersebut
adalah ….
A.
Cut
Nyak Dien memimpin pasukan bersama Teuku Umar.
B.
Cut
Nyak Dien memimpin pasukan setelah Teuku Umar meninggal.
C.
Cut
Nyak Dien mulai memimpin pasukan sejak tahun 1901.
D.
Teuku
Umar dan Cut Nyak Dien berjuang sampai tahun 1901.
E.
Teuku
Umar melanjutkan perjuangan Cut Nyak Dien.
13. Bacalah
teks berikut!
(1) Kesimpangsiuran informasi hampir
selalu terulang pada setiap bencana. (2) Setelah letusan Kelud, di media
sosial ramai dibicarakan Gunung Bromo dan Semeru, isu palsu itu membuat
panik. (3) Tugas mitigasi adalah meningkatkan pengetahuan masyarakat
tentang ciri-ciri letusan gunung secara ilmiah. (4) Tugas mitigasi juga
membangun sikap rasional kepada masyarakat mengenai penanggulangan berbasis
masyarakat. (5) Daripada menghamburkan uang untuk hal-hal yang tidak
penting, lebih baik pemerintah mulai menyiapkan infrastruktur mitigasi yang
benar.
|
Pernyataan yang merupakan opini penulis pada
teks tersebut terdapat pada kalimat ….
A.
(1)
B.
(2)
C.
(3)
D.
(4)
E.
(5)
14. Cermati kutipan cerpen berikut!
(1) Makanya kadang kubayangkan urat saraf bunda lebih
canggih daripada kami, tujuh anaknya, yang semua sarjana bahkan dua dokter
pula.(2) Urat-urat saraf itu tak henti berdenyut seperti jantung kita, atau
kedap-kedip serupa kabel di pusat telepon. (3) Tiap denyut adalah pantauan
sekaligus hubungan dengan anaknya, cucu, dan cicit yang semakin banyak. (4)
Dengan masalah yang juga tambah banyak. (5) Justru itu, telah lama kami
hindarkan kabar buruk dari beliau, menutup-nutupinya, karena belum siap
melihat denyut itu tiba-tiba berhenti.
|
Kalimat
kedua kutipan cerpen tersebut bemajas ....
A.
antitesis
B.
litotes
C.
asosiasi
D.
hiperbola
E.
personifikasi
15.
Cermati teks pantun berikut!
(1)
Kita juga punya borobudur
(2)
Wujudkan dalam laku dan tutur
(3)
Indonesia punya kain batik
(4)
Tunjukkanlah
sikap yang terbaik
|
Urutan
teks pantun yang tepat adalah ....
A.
(3), (4), (1), (2)
B.
(3), (2), (4), (1)
C.
(3), (1), (4), (2)
D.
(1), (4), (2), (3)
E.
(1), (3), (2), (4)
16.Bacalah kutipan cerpen berikut!
(1) Seorang lelaki berbadan besar tegap laksana reruntuhan
sebuah candi akhirnya tak dapat menahan hati ikut menanyai. (2) Dia bertanya
kepada lak-laki kurus itu, ”Apakah sesungguhnya yang mendorong Saudara dari
jauh datang kembali untuk menyerahkan uang itu?” (3) Laki-laki kurus itu
berpikir sejenak mencari kata-kata yang patut untuk dijadikan jawaban bagi
pertanyaan yang datang tidak tersangka-sangkanya itu. (4) Katanya, ”Saya
merasa uang itu bukan hak saya. Jadi harus saya kembalikan pada yang berhak.”
(5) Barangkali disebabkan oleh susunan kalimat yang baru didengarnya itu,
tapi laki-laki tegap itu lalu tampak termangu.
(Kisah di Kantor Pos: Muhammad Ali)
|
Bukti watak
laki-laki kurus adalah orang yang jujur terdapat pada kalimat nomor ....
A.
(1)
B.
(2)
C.
(3)
D.
(4)
E.
(5)
17. Cermati penggalan paragraf deskripsi
berikut ini !
Letusan Gunung Anak Krakatau di
Selat Sunda penuh pesona. Ibarat kembang api di tengah pesta. Setiap
sepuluh menit sekali debu dan lava panas menyembur ke udara mencapai
ketinggian 30 hingga 50 meter dari puncak. Pada senja atau malam hari, dari
Pulau Sembesi, semburan Gunung Anak Krakatau tampak sangat mengesankan dan
mengagumkan ….
|
Kalimat penjelas yang tepat untuk mengisi
paragraf yang dirumpangkan adalah …
A.
Untuk ke Pulau Sembesi dapat
ditempuh dengan menggunakan speedboat.
B.
Semburan itu bagai bola api
berwarna jingga yang berpijar-pijar.
C.
Meskipun letusan tidak berbahaya
para pelancong tidak boleh mendekat.
D.
Keindahan letusan gunung bagaikan
kembang api.
E.
Untuk menikmati keindahannya,
jangan lupa membawa kamera.
18.
Cermati teks berikut!
Penjual : [….]
Roza : “Maaf,
kaos kaki yang berwarna hitam itu berapa, Mbak?”
Penjual : “Kaos kaki ini harganya sepuluh
ribu rupiah?”
Roza : “Oh,
mahal sekali, Mbak!”
Penjual
: “Boleh kurang, Dik!”
Roza : “Kalau
tujuh ribu lima ratus, bagaimana, Mbak!”
Penjual :
“Bolehlah, Dik, sebagai harga perkenalan.”
|
Kalimat
pembuka yang tepat untuk melengkapi bagian rumpang tersebut adalah ….
A.
Kalau mau beli, silakan mampir!
B.
Silakan cari!
C.
Cari tas apa, Dik?
D.
Silakan pilih, Dik!
E.
Mau beli kaos kaki warna hitam?
19.
Cermati teks pantun berikut!
Kalau
keladi sudah ditanam
Jangan
lagi meminta talas
Kalau
budi sudah ditanam
Jangan
lagi meminta balas
|
Tema
pantun tersebut adalah ….
A.
ekonomi
B.
agama
C.
lingkungan
D.
nasihat
E.
kasih sayang
20.
Cermatlah kutipan teks ulasan film
berikut!
Jangan Buang
Ibu, Nak
adalah novel karya Wahyu Berapriyangga yang menceritakan perjuangan seorang
ibu yang tinggal di ibu kota. Ia bernama Restiana. Ia harus menghidupi ketiga
orang anaknya sejak suaminya meninggal karena kecelakaan. Untung saja ia
tinggal di lingkungan masyarakat yang cukup baik. Salah satunya adalah Bu
Sumi, tetangga sebelah rumahnya yang bersedia menjaga anak-anaknya ketika
ditinggal ibunya mencari nafkah.
|
Teks
ulasan drama/film tersebut berisi tentang ….
A.
keunggulan film
B.
kelemahan film
C.
identitas film
D.
sinopsis film
E.
kritikan film
21.
Cermatilah penggalan novel berikut!
Dua
tas kabin jatuh dari komparteman karena tak tahan terhadap hentakan pesawat.
Tanganku dan tangan Rangga bertaut, sama-sama mencengkeram bahu tempat duduk
kami dengan erat. Kami tak yakin apakah sang pilot mampu menegndalikan laju
pesawat yang oleng ke kanan dan ke kiri itu. Aku memandang sekeliling. Aku
melihat muka-muka penumpang lain yang begitu pasrah.
(99 Cahaya di Langit Eropa: Hanun
Salsabeilla Rais dan Rangga Almahendra)
|
Tahapan
alur penggalan novel tersebut adalah ....
A. Pengenalan situasi
B. Pengungkapan peristiwa
C. Menuju konflik
D. Puncak konflik
E.
Penyelesaian
22. Bacalah teks
berikut!
Pendukung perdagangan bebas sering dicap sebagai kelompok
neoliberalis, kapitalis, dan probarang impor atau proasing. Pemerintah [...]
tidak terlalu liberal agar kesejahteraan nasional [...]. Dalam hal ini
pemerintah terbukti membuat neraca perdagangan makin tidak berimbang.
Pertumbuhan ekspor lebih rendah daripada impor. Indikatornya terlihat dari
rendahnya rata-rata bea masuk barang impor ke Indonesia.
|
Kata
bentukan yang tepat untuk melengkapi teks tersebut adalah ....
A.
diminta,
bertingkat
B.
meminta, meningkat
C.
meminta, ditingkatkan
D.
diminta, meningkat
E.
diminta, meningkatkan
23 Bacalah kalimat berikut!
Sinar api dari Gunung Agung semakin sering teramati pada
malam hari yang menandakan [...] letusan yang lebih besar akan segera
terjadi.
|
Kata yang tepat untuk melengkapi kalimat tersebut adalah ....
A.
kompeten
B.
kompetensi
C.
potensial
D.
potensi
E.
kompetisi
24.
Cermatilah penggalan kutipan cerpen di bawah ini!
Suasana
sangat menyenangkan. Aku ingin duduk sebentar. Secangkir kopi dan roti
beroles keju tersedia di meja kecil dekat jendela. Aku benar-benar
merasakan kenyamanan ini. Main tenis dengan isti telah kuselesaikan. Roti
dan kopi sebagai hidangan pagi pun kunikmati. Ini hari minggu. Pukul
delapan pagi. Meski begitu, telepon sebentar-sebentar berdering. Para
bawahan dan orang-orang yang ingin mempelancar urusan kantor selalu saja
ingin bertamu ke rumah dengan membawa berbagai oleh-oleh.
Air Mata Anakku,
Soim Anwar
|
Bukti bahwa kutipan
cerpen tersebut memiliki latar suasana adalah ....
A.
Roti dan kopi sebagai hidangan
pagi pun kunikmati
B.
Ini hari minggu
C.
Pukul delapan pagi
D.
Telepon sebentar-sebentar
bordering
E.
Para bawahan mempelancar urusan
kantodi rumah
25. Cermati teks berikut!
Kemerdekaan
Indonesia tak mungkin diraih tanpa kebangkitan literasi lokal yang dimotori
Budi Utomo. Budi Utomo mengembangkan pendidikan dan keaksaraan menjadi
pemberdayaan rakyat pribumi dan pergerakan sosial. Sekolah yang
dikembangkan Budi Utomo memodifikasi sekolah Belanda dengan memasukkan
nilai-nilai budaya Jawa. Dengan kemunculan Budi Utomo, perjuangan melawan
penjajah menjadi lebih terorganisasi karena dimotori kaum intelektual
pribumi.
|
Tanggapan
positif yang sesuai dengan isi teks
tersebut adalah ... .
A.
Indonesia telah merdeka berkat
perjuangan para pahlawan dan tidak ada kaitannya dengan literasi lokal.
B.
Kebangkitan literasi lokal dan
kemampuan memodifikasi dalam pendidikan oleh Budi Utomo perlu kita teladani
untuk kemajuan bangsa.
C.
Memasukkan nilai-nilai budaya
Jawa dalam pendidikan adalah hal yang melemahkan nasionalisme.
D.
Kaum intelektual pribumi telah
memiliki kemampuan tinggi dan Budi Utomo hanyalah organisasi lokal.
E.
Belanda sangat kuat tetapi kaum
intelektual Indonesia lebih kuat sehingga dapat merdeka.