Materi
teori dasar kejuruan Animasi:3
1. Emile
Cohladalahorangpertama yang membuat film animasiberjudul “Gertie the Dinosaur”
padatahun 1908. Diaberasaldarinegara ...
a. Italia
b. Perancis
c. Jerman
d. AmerikaSerikat
e. Inggris
2. Jenisanimasi
yang digunakandalam website atau game adalahanimasi ...
a. Flip
book
b. Cell
c. HitamPutih
d. Interaktif
e. Modern
3. Di
bawahiniyang merupakanprosesdalamPraProduksi Film Animasiadalah ...
a. Editing
b. Colouring
c. In
Between
d. Mastering
e. Story
Boarding
4. Warnadasar
yang menjadipembentukwarna lain disebut ...
a. Warna primer
b. Warnasekunder
c. Warnabiner
d. Warnatersier
e. Warnaquartener
5. Dalamproses
editing film animasi, software yang digunakanuntukmenggabungkanantara file AVI
darikeseluruhan scene adalah ...
a. Adobe
Photoshop
b. Adobe
Premiere
c. Corel
Draw
d. Particle
Illusion
e. Partician
Magic
6. Berapakah
standard frame/sekon yang dipergunakandalamanimasi Walt Disney?
a. 24
b. 132
c. 8
d. 12
e. 17
7. Suatukualitasdalam
film animasi yang memungkinkanoranguntukmenikmatigambar yang memikat, desain
yang bagus, dankomunikatifsecaramenyeluruhadalahperwujudandariprinsipanimasi
...
a. Archs
b. Timing
c. Staging
d. Appeal
e. Pose
to pose
8. Campuranwarnamerahdengankuningadalah
...
a. Orange
b. Biru
c. Hijau
d. Ungu
e. Abu-abu
9. Shortcut
dalam flash untukmenambah frame adalah ...
a. F6
b. F4
c. F5
d. Ctrl+F6
e. Ctrl+i
10. Sebelummasukkedalam
storyboard, gambarandarisinopsisdituangkandalambentuk ...
a. Storyboard
b. Panel
c. Skripsi
d. Layout
e. Konsep
11. Animasiberasaldaribahasalatin
“Anima” yang berarti ...
a. Nyawa
b. Gambar
c. Warna
d. Materi
e. Normal
12. Berikutiniadalahmetode
yang digunakanuntukmembuat film animasi, kecuali ...
a. Hand Drawing
b. Digital
Animation
c. Puppet
(Stop Motion)
d. Layer
(Cell Animation)
e. Staging
13. Yang
termasukdalamkelompokwarnadasaradalah ...
a. Merah,
cokelat, biru
b. Merah,
kuning, biru
c. Biru,
jingga, ungu,
d. Hijau,
nila, biru
e. Jingga,
hijau, merah
14. Dalam
Macromedia Flash, shortcut yang digunakanuntukmengimport file adalah ...
a. B
b. Ctrl+d
c. Ctrl+i
d. C
e. Ctrl+r
15. Berikutini
yang termasukdalamPraProduksi, kecuali ...
a. DesainKarakter
b. Mastering
c. Storyboard
d. Script
e. Layout
16. Yang
merupakancontohwarnasekunderberikutiniadalah ...
a. Merah
b. Putihtulang
c. Ungu
d. Abu-abu
e. Birulaut
17. Gerakan
yang mengikutigerakanutama, dalamprinsipanimasidisebut ...
a. Anticipation
b. Follow
through
c. Overlapping
d. Stretch
and squash
e. Slow
in and slow out
18. Pernyataandibawahini
yang benartentang coloring adalah ....
a. Warnakarakterharusmenggunakan
CMYK
b. Garis
background wajibberwanahitam
c. Warnakaraktersinkrondengan
background
d. Coloring
dapatdilakukandi notepad
e. Semuabenar
19. Pada
software Macromedia Flash, shortcut pada keyboard untukmembuatsimboladalah ...
a. Capslock
b. Printscreen
c. Ctrl+k
d. Alt+F4
e. F8
20. Pada
storyboard harusdisertakan ...
a. Dialog,
setting, animatik, layout for animation
b. Dialog,
sfx, durasi, setting, scene/panel
c. Karakter,
background, software, hardware
d. Merekdagang,
halaman, daftarpustaka
e. Sfx,
setting, warnakarakter, teknik yang digunakan
21. Agar suatukomposisitampakmenyatu,
makaharusmemenuhiprinsipdasarkomposisidesain ...
a. Balance
b. Unity
c. Foccus
of interest
d. Zoom
in
e. Rythm
22. Donald
duck inginberlarikencang. Diaakanmengangkat kaki
terlebihdahuluuntukmengambilancang-ancangsebelumberlari. Dari 12 prinsipanimasi,
disebutapakahgerakanancang-ancangtersebut?
a. Stretch
and Squash
b. Anticipation
c. Follow
throug and overlapping action
d. Timing
e. Slow
in and slow out
23. Berapakah
standard frame yang diperlukansaatkitamembuat 1 siklus walking cycle?
a. 10
b. 11
c. 12
d. 13
e. 14
24. Dalammewarnaikarakterdalampembuatan
film animasi, biasanyadigunakansoftware ....
a. Corel
Draw
b. Adobe
After Effect
c. ToonBoom
d. Macromedia
Flash
e. Adobe
Photoshop
25. Bilakitamelakukan
editing menggunakan software Macromedia Flash, lalukitainginmenghapus frame,
maka yang kitalakukanadalah ...
a. Klikkanan
– erase frame
b. Klikkanan
– remove frame
c. Klikkanan
– delete frame
d. Klikkanan
– copy frame
e. Klikkanan
– insert frame
26. Sebutkanurutanprosespraproduksi
film animasi!
a. Layout,
script, storyboard, panel
b. Script,
layout, storyboard, panel
c. Panel,
script, storyboard, layout
d. Script,
panel, storyboard, layout
e. Layout,
storyboard, script, panel
27. Dibawahinimerupakanprinsipdasaranimasi,
kecuali ...
a. Archs
b. Timing
c. Stretch
and squash
d. Anticipation
e. Arrow
28. Menggambardengancepatsebuahobyek
yang tertangkapolehmatadisebutdengan ...
a. Timing
b. Sketch
c. Archs
d. Signage
e. Anticipation
29. Disebutapakahwarna
yang bertetanggadalamlingkaranwarna…
a. Warnanetral
b. Warna
analog
c. Warnamonoton
d. Warnaadiktif
e. Dimensiwarna
30. Software
yang lazimdigunakanuntukmembuatanimasiinteraktifadalah ...
a. Macromedia
Flash
b. Adobe
Photoshop
c. After
Effect
d. Adobe
Premiere
e. Corel
Draw
31. Hal-hal
yang dilakukanpadawaktupraproduksianimasiadalahsepertidibawahini, kecuali ...
a. Pembuatanidecerita
b. Pembuatan
storyboard
c. Character
design
d. Background
e. Mastering
32. Pada animasi seekor kuda yang sedang berlari, ekornya yang
melambai didasarkan pada prinsip animasi ...
a. Stretch
b. Squash
c. Staging
d. Exageration
e. Follow
through
33. Shortcut
untukmembalik (inverse) seleksipada Adobe Photoshop adalah ...
a. Ctrl+z
b. Alt+F4
c. Ctrl+Shift+i
d. Ctrl+Shift+r
e. Ctrl+d
34. Video
effect dalam Adobe After Effect yang
digunakanuntukmemperlambatgerakanpadaanimasisehinggaterlihatseperti effect pada
matrix (bullet time) adalah ...
a. Distort
b. Average
time
c. Tint
d. Lightning
e. twrill
35. Proses
paling awalpadapraproduksiadalah ...
a. Editing
b. Coloring
c. Storyboard
d. Layout
e. Script
36. Gerakananimasidarigerakanlambatmenujugerakan
yang lebihcepatmenggunakanprinsipdasaranimasi
a. Slow
in
b. Slow
out
c. Stretch
d. Squash
e. Overlapping
37. Gambardiantara
key drawing adalah ...
a. Key
frame
b. Inbetween
c. Flipping
d. Animatic
e. Panel
38. Yang
bukantermasukprinsipanimasiadalah ...
a. Spacing
b. Timing
c. Secondary
action
d. Archs
e. Teamwork
39. Supayahasilgarislebihbagusdanhalus,
dalam Macromedia Flash, kitadapatmenggunakan ...
a. Tracing
b. Clean
up
c. Scan
d. Color
range
e. Brightness
and Contrast
40. Tugasseorang
scriptwriter adalah ...
a. Menggambarkarakter
b. Membuatstroyboard
c. Menulisnaskah
d. Editing
e. Mewarnaikarakter