Materi
teori dasar kejuruan Animasi:1
1. Semakin sedikit jumlah inbetween maka gerakan yang diciptakan akan
semakin ...
a. Lambat
b. Cepat
c. Konstan
d. Tetap
e. Berubah-ubah
2. Sebelum dilakukan line test, maka gambar yang dibuat harus ...
a. Di Clean Up
b. Bersih dan rapi
c. Kasar tetapi akurat
d. Simpel dan banyak
e. Memperhatikan detil sampai sekecil-kecilnya
3. Untuk mempermudah dan mempercepat menggambar karakter yang bergerak agar
diperoleh gerakan yang mengalir dengan sempurna dalam waktu yang lebih singkat,
biasanya dilakukan hal-hal dibawah ini, kecuali ...
a. Menggambarkan dengan detil yang akurat
b. Menyederhanakan bentuknya menjadi bentuk geometrikal
c. Menggambar dengan menggunakan struktur
d. Menggambar dengan menggunakan key pose
e. Menggambarkan dengan kasar namun akurat
4. Yang dimaksudkan dengan penempatan karakter di dalam sebuah scene dan
bagaimana karakter dan scene itu saling berhubungan secara menyeluruh, serta
kaitannya dengan kamera saat scene itu berlangsung disebut dengan ...
a. Point of interest
b. Rules of film making
c. Staging
d. Pose to pose drawing
e. Persistence of vision
5. Pada tahun ... Raja Mesir Firaun II membangun candi untuk dewi Isis yang
memiliki 110 kolom. Setiap kolom dilukis gambar dewi Isis yang memperlihatkan
perubahan gerak.
a. 1500 SM
b. 1700 SM
c. 1600 SM
d. 1000 SM
e. 500 SM
6. Sebuah kartu berbentuk bundar, kedua sisinya di kaitkan dengan tali.
Sisi 1 diberi gambar burung, sisi yang lainnya diberi gambar sangkar. Ketika
tali yang mengait kartu ini diregangkan dan gambar burung serta sangkar menjadi
terlihat menyatu karena kecepatan geraknya yang tertangkap oleh mata kita.
Benda ini disebut dengan ...
a. Thaumatrope
b. Phenakistoscope
c. Zoetrope
d. Praxinoscope
e. Projector
7. Rangkaian gerak yang diciptakan untuk membantu penonton memahami gerakan
apa yang akan terjadi dari satu gerakan menuju ke gerakan yang lainnya adalah
...
a. Staging
b. Line of arc
c. Moving sequence
d. Anticipation
e. Secondary action
8. Untuk menggambarkan suasana yang menyeramkan, maka ditampilkan rumah
yang menyeramkan, angin yang berhembus kencang, hujan deras dengan petir
menyambar, seseorang berjalan menuju rumah dengan menggunakan jubah hitam
panjang, suara lolongan serigala bersahut-sahutan.
Petikan suasana di atas adalah wujud dari salah satu
prinsip animasi yaitu ...
a. Anticipation
b. Staging
c. Exageration
d. Foreshortening
e. Emphasis
9. Tahun 1914, Gertie The Dinosaurs di tampilkan di depan publik oleh ...
a. Winsor Mc Cay
b. Emile Cohl
c. James Stuart Blackton
d. Thomas A Edison
e. Emile Reynaud
10. Seorang animator menggambar mulai dari awal sampai akhir mengalir
bersama semua ide yang muncul di kepalanya. Teknik menggambar ini disebut
dengan ...
a. Solid drawing
b. Pose to pose
c. Straight ahead
d. Paths of action
e. Traceback drawing
11. Animator merencanakan aksi yang akan digambarkannya. Menghubungkan satu
gambar dengan yang lainnya sambil memberikan acuan untuk penggambaran inbetweennya.
Teknik menggambar ini disebut dengan ...
a. Solid drawing
b. Pose to pose
c. Straight ahead
d. Paths of action
e. Traceback drawing
12. Karakter menitikkan air mata. Kedua tangannya mengucek matanya, mulutnya
meraung-raung. Hal ini termasuk di dalam prinsip animasi ...
a. Staging
b. Exageration
c. Appeal
d. Secondary action
e. Overlapping action
13. Appeal di dalam prinsip animasi berkaitan erat dengan ...
a. Sifat-sifat dan bagaimana karakter itu bertingkah laku
b. Hubungan antara satu elemen dengan elemen lain di dalam sebuah scene
c. Waktu yang diperlukan untuk membuat satu gerakan
d. Bagaimana menciptakan efek ekstrim dari sebuah gerakan
e. Lintasan garis untuk membantu menentukan arah gerak karakter
14. Sebelum masuk ke dalam storyboard, gambaran dari sinopsis dituangkan
dalam bentuk…
a. Storyboard
b. Panel
c. Script
d. Layout
e. Konsep
15. Gambar diantara key drawing
adalah..
a. Key frame
b. Inbetween
c. Flipping
d. Animatic
e. Panel
16. Istilah Animatic dibuat dalam proses…
a. Produksi
b. Konsep
c. Pasca produksi
d. Pra produksi
e. Semua benar
17. Yang bukan termasuk prinsip dasar
animasi…
a. Timing
b. Anticipation
c. Dubbing
d. Stretch and Squash
e. Slow in and slow out
18. Pada running cycle pada posisi berapakah mengalami proses melayang…
a. 4
b. 5
c. 6
d. 7
e. 8
19. Apa yang dimaksud Exaggeration
adalah…
a. Antisipasi
b. Penataan gerak
c. Menakan
d. Melebihkan
e. Daya tarik
20. Keuntungan dari pemakaian straight
ahead adalah seperti dibawah ini, kecuali ...
a. Spontan
b. Menimbulkan potensi improvisasi
c. Mengalir dengan natural
d. Memperpanjang waktu pengerjaan
e. Dapat menimbulkan banyak tambahan gerak ditengah pengerjaannya.
21. Dibawah ini adalah elemen dari komposisi, kecuali ...
a. Area
b. Depth
c. Line
d. Perspective
e. Value
22. Orang yang membuat soryboard dan naskah cerita disebut…
a. Scriptwriter, Line tester
b. Inbetweener, Key animator
c. Storyboard artist, Scriptwriter
d. Colorist, Checker
e. Editor, Lead animator
23. Keuntungan dari teknik pose to pose adalah seperti di bawah ini, kecuali
...
a. Kita mendapatkan kejelasan gerak
b. Bisa memperkirakan waktu dengan akurat
c. Gerakan yang digambar menjadi tidak natural
d. Mudah untuk diikuti oleh assisten animator
e. Terstruktur, terukur, dan logis
24. Pada saat compositing dilakukan, maka background diletakkan di
layer ...
a. Paling atas
b. Nomer dua
c. Paling bawah
d. Nomer lima
e. Berikutnya
25. Yang tidak termasuk di dalam dope sheet adalah ...
a. Action
b. Camera instruction
c. Sequence
d. Dial numbers
e. Timing
26. Alat untuk menahan kertas agar tidak bergerak pada saat menggambar
animasi adalah ...
a. Pagebar
b. Pageholler
c. Punch holler
d. Animation paper
e. Clipper
27. Pada walking cycle terjadi contact pada nomer ...
a. 1 dan 3
b. 2 dan 3
c. 1 dan 5
d. 5 dan 6
e. 6 saja
28. Running cycle dasar ada ... posisi
a. 6
b. 7
c. 5
d. 8
e. 9
29. Passing position pada running cycle terletak pada nomer ...
a. 1
b. 2
c. 3
d. 4
e. 5
30. Pada saat seekor anjing berhenti bergerak, maka telinga dan pipinya
membutuhkan waktu yang lebih lama untuk berhenti. Ini adalah prinsip animasi
...
a. Overlapping action
b. Secondary action
c. Slowing in
d. Slowing out
e. Anticipation
31. Sebelum meniup lilin, seekor kucing mengela nafas sedalam-dalamnya,
mengisi dadanya dengan udara sampai menggembung. Ini adalah prinsip animasi ...
a. Overlapping action
b. Secondary action
c. Slowing in
d. Slowing out
e. Anticipation
32. Untuk membuat lypsinc, kita memerlukan bentuk mulut yang mengucapkan ...
a. Vokal dan beberapa konsonan
b. Vokal saja
c. Konsonan saja
d. Hanya membuka dan menutup
e. Semua jawaban salah
33. Seluruh durasi seharusnya dihitung pada waktu ...
a. Sebelum membuat script
b. Setelah membuat storyboard
c. Sebelum membuat storyboard
d. Dubbing
e. Pasca produksi
34. Urutan dari pra produksi yang benar adalah…
a. Storyboard, panel
b. Script, storyboard, panel
c. Panel, script, storyboard
d. Script, panel, storyboard
e. Storyboard, script, panel
35. Hal paling awal yang dilakukan untuk membuat film animasi adalah ...
a. Script
b. Storyboard
c. Panel
d. Ide cerita
e. Layout
36. Gambar key harus dikerjakan
persis sesuai dengan ...
a. Panel
b. Layout
c. Inbetween
d. Script
e. Naskah
37. Seekor tupai mengunyah kenari. Pipinya bergerak gerak dengan dinamis,
demikian juga dengan mukanya. Ini sesuai dengan prinsip animasi
a. Slow in
b. Slow out
c. Anticipation
d. Stretch and squash
e. Secondary action
38. Minnie tikus selalu melakukan aksinya dalam konteks yang feminin, baik
ketika dia marah maupun ketika sedang merayu Mickey tikus. Ini sesuai dengan
prinsip animasi ...
a. Appeal
b. Staging
c. Exageration
d. Secondary action
e. Pose to pose drawing
39. Seekor bebek terkejut, sehingga rahangnya terjatuh, matanya keluar dari
kelopaknya, dan rambutnya terlempar ke udara. Ini sesuai dengan prinsip animasi
...
a. Appeal
b. Secondary action
c. Line of arc
d. Exageration
e. Overlapping action
40. Seekor kucing hendak tidur. Dia menggeserkan tubuhnya di kasur untuk
mendapatkan posisi yang nyaman, tangannya diangkat ke udara dan dia menguap
berulang-ulang. Ini menunjukkan prinsip
animasi yaitu ...
a. Staging
b. Appeal
c. Secondary action
d. Follow through
e. Pose to pose drawing
41. Untuk mendapatkan action yang sesuai dengan apa yang diinginkan oleh
animator, maka gambar harus menunjukkan .... yang jelas.
a. Ekspresi
b. Gestur
c. Ekspresi dan gestur
d. Mimik muka
e. Mimik muka dan ekspresi
42. Model sheet adalah panduan bagi ...
a. Animator
b. Color artist
c. Line tester
d. Inbetweener
e. Semua benar
43. Poin yang tidak terdapat di dalam storyboard adalah ...
a. Durasi
b. Halaman
c.
Sequence
d. Frame
e. Scene
44. Cermin sering dipergunakan animator untuk ...
a. Menggambar mimik mukanya sendiri
b. Melihat referensi ekspresi yang dibutuhkannya dari mukanya sendiri
c. Bercermin
d. Merenungkan apa yang akan digambarkannya
e. Mencari inspirasi
45. Pewarnaan background harus ...
a. Kuat dan solid
b. Menonjol diantara semua elemen yang ada
c. Tidak mengalahkan karakter utamanya
d. Tidak terlihat
e. Block dan line hitam yang tebal
46. Kita menggunakan 2 gambar dalam 1 lembar kertas untuk menunjukkan efek
...
a. Gerak yang lambat
b. Gerak tak terduga
c. Gerak terputus
d. Gerak yang cepat
e. Tidak bergerak
47. Dibawah ini adalah poin yang harus ada di dalam pembuatan film animasi
kecuali ...
a. Gambar berkarakter
b. Staging yang mengena
c. Action yang tepat
d. Gambar yang banyak
e. Jalan cerita yang jelas dan mudah dipahami
48. Milt Kahl dan Frank Thomas adalah animator yang berasal dari studio ...
a. Disney
b. Pixar
c. Dreamworks
d. Sonny picture
e. Warner Brothers
49. Pose test dilakukan sebelum...
a. Membuat inbetween
b. Membuat key
c. Coloring
d. Clean up
e. Editing
50. Dibawah ini adalah cara membuat layout, kecuali ...
a. Thumbnail yang terencana
b. Tradisional
c. Pilihan ganda
d. Long Shot atau establishing shot
e. B dan c salah