soal kisi dasar pelayaran

 

SOAL ANCHOR UJIAN SEKOLAH BERSTANDAR NASIONAL

SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN/MADRASAH ALIYAH KEJURUAN

KURIKULUM 2013 TAHUN PELAJARAN 2018/2019

 

Mata Pelajaran            : Dasar-dasar Pelayaran

 

IPK

No.

Ujian Utama

Ujian Susulan

mengklasifikasikan kebakaran

1.                   

Sebuah kapal mengalami kebakaran dikamar mesin, diketahui dikamar mesin banyak bahan – bahan yang mudah terbakar, seperti oli dan solar, kasus kebakaran di atas termasuk kelas kebakaran, yaitu…

A.    Kelas A

B.     Kelas B

C.     Kelas C

D.    Kelas D

E.     Kelas E

 

Sebuah kapal mengalami kebakaran dikamar mesin, diketahui dikamar mesin banyak bahan – bahan yang mudah terbakar, seperti oli dan solar, pemadaman kebakaran yang paling tepat menggunakan…

A. Busa Pemadam

B. Air

C. Gas CO2

D. Selimut Api

E. Es/salju

 

menentukan isyarat dalam keadaan darurat

2.                   

Sebuah kapal sedang bongkar muat dipelabuhan, tiba –tiba timbul api di salah satu palka dan langsung membesar, seorang mualim jaga langsung membunyikan alarm kebakaran, yaitu ….

A.    1 tiup pendek 1 tiup panjang secara terus menerus

B.     1 tiup panjang 1 tiup pendek secara terus menerus

C.     1 tiup pendek 2 tiup panjang secara terus menerus

D.    2 tiup pendek 1 tiup panjang secara terus menerus

E.     2 tiup pendek 2 tiup panjang secara terus menerus

 

Sebuah kapal mengalami tubrukan dengan gunung es dan mengalami kebocoran parah. Kapten memerintahkan untuk “abandon ship, seorang yang jaga  langsung membunyikan isyarat darurat, yaitu ….

A. 1 tiup pendek 7 tiup panjang secara terus menerus

B. 6 tiup pendek 2 tiup panjang secara terus menerus

C. 7 tiup pendek 1 tiup panjang secara terus menerus

D. 7 tiup pendek 2 tiup panjang secara terus menerus

E. 7 tiup panjang 1 tiup pendek secara terus menerus

 

menganalisis prosedur pengoperasian incinerator

3.                   

Jika waktu pelayaran lama, untuk mencegah pencemaran lingkungan, maka sebuah kapal harus mengolah sampah sendiri dengan sebuat alat incinerator, langkah pertama sampah dimasukan ke ruang pembakaran utama, yang disebut…

A.    gas vortex

B.     auxiliary burner

C.     excess air supply

D.    primary burner

E.     primary chamber

 

Jika waktu pelayaran lama, untuk mencegah pencemaran lingkungan, maka sebuah kapal harus mengolah sampah sendiri dengan sebuat alat incinerator, prosedur tersebut diatur dalam Marine Pollution (MARPOL) annex…

A. Annex I

B. Annex II

C. Annex III

D. Annex IV

E. Annex V

 

menerapkan peraturan SOLAS tentang alat-alat keselamatan dilaut

4.                   

Description: https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEj527omnardmJYeOD76sl52_S8DdMvbgasvHyOzaV7QVk8D-j6cyHpv8rvXIKkEUsouhQSKOJkXmIPTUjWev5lFAMBPOgqFbeXSQyWjWh3n0Co9I-STFS2NdXovD2pSp2KFfEnf0fmNhVc/s1600/Rakit+Penolong+Kembung.jpg

Gambar di atas adalah alat keselamatan dikapal, yang disebut…

A.    inflatable liferaft

B.     immersion suit

C.     survival suit

D.    life boat

E.     life jacket

 

Gambar di atas adalah alat keselamatan dikapal, yang disebut…

A. inflatable liferaft

B. immersion suit

C. survival suit

D. life boat

E. life jacket

 

Menganalisis Shipboard Oil Pollution Emergency Plan (SOPEP)

5.                   

Serbuk gergaji, ember, chemical oil spill dispersant, majun, sapu, pasir dan ada banyak lainnya, merupakan isi dari SOPEP, bilamanakah SOPEP digunakan di atas kapal…

A.    pada saat terjadi kebakaran dikapal

B.     pada saat pengisian BBM di atas kapal

C.    pada saat ada tumpahan minyak dikapal

D.    pada saat kegiatan bongkar muat dikapal

E.     pada saat klining palka kapal

 

Untuk menanggulangi tumpahan minyak di kapal, maka setiap kapal harus menyiapkan alat dan bahan yang tepat untuk keadaan tersebut, hal demikian disebut dengan…

A. Oil Shipboard Pollution Emergency Plan (OSPEP)

B. Shipboard Plan Oil Pollution Emergency (SPOPE)

C. Shipboard Emergency Oil Pollution Plan (SEOPP)

D. Shipboard Oil Pollution Emergency Plan (SOPEP)

E. Shipboard Oil Pollution Plan Emergency (SOPPE)

 

Mengidentifikasi bagian-bagian kapal

6.                   

Description: http://sribintanpura.com/wp-content/uploads/2017/11/bagian-bagian-kapal.jpg

Pada gambar di atas , yang ditunjukan oleh nomer 9 adalah…

A.    smokestack

B.     anchor

C.     stern

D.    bow

E.     bridge

 

Pada gambar di atas , yang ditunjukan oleh nomer 6 adalah…

A. smokestack

B. bow

C. stern

D. bulbous bow

E. bridge

menerapkan bahasa Inggris Maritim pada routine operation on board

7.                   

What do you things about one hours notice …

A.    this ordered from bridge for prepare main engine and other machinery for manoeuvring

B.     this ordered from bridge for stop  main engine and other machinery

C.     this ordered from bridge for change over engineer on duty

D.    this ordered from bridge for prepare stop main engine

E.     this ordered from bridge for prepare change over main engine

Coast Guard    :  What kind of assistance is required?

Radio Officer  : 

 

A. Yes, fire is under control

B. No, dangerous goods are on fire

C. Yes, danger of explosion

D. Flooding is under control

E. MV Stella Maris requires medical assistance

 

Menentukan Annex II yang tercantum dalam konvensi MARPOL 73/78

8.                   

Sebuah kapal pengangkut chemical mengalami kebocoran yang mengakibatakan kerusakan pada habitat laut, pencemaran oleh zat cair beracun diatur dalam konvensi MARPOL 73/78 pada annex berapa…

A.    annex I

B.     annex II

C.     annex III

D.    annex IV

E.     annex V

 

Dalam konvensi MARPOL 73/78 pada annex II mengatur tentang

A. pencemaran oleh zat cair beracun

B. tumpahan muatan minyak

C. pencemaran sampah

D. pencemaran oleh bahan berbhaya berbentuk dalam peti kemasan

E. pencemaran oleh Polusi udara

 

menghitung besaran GM

9.                   

Berat benaman kapal 3000 ton dengan KG = 18 memuat beras seberat 2000 ton dengan KG = 15 dan setelah itu membongkar janggung seberat 1000 ton dengan KG = 10, berapakah GM kapal jika KM akhir 20 …

A.    1,05

B.    1,15

C.    1,20

D.    1,25

E.    1,50

 

Berat benaman kapal 8200 ton dengan KG = 6,40m memuat beras seberat 3600 ton dengan KG = 6,2 dan setelah itu membongkar janggung seberat 200 ton dengan KG = 3,5, isi air tawar 200 ton KG= 2,5m bila TPC = 20 dan KM= 8m hitunglah GM….

A. 7,10m

B. 7,20m

C. 8,20m

D. 8,20m

E. 8,30m

 

menghitung perubahan Trim

10.               

Diketahui sebelum muat di pelabuhan draft depan 1 meter draft belakang 2 meter setelah selesai muat kapal mempunyai draft depan 5 meter dan draft belakang 5,25  meter berapakah nilai trim kapal setelah selesai muat ….

A.    0,1 m

B.     0,75 m

C.     0,5 m

D.    0,25 m

E.     0,15 m

 

Diketahui sebelum muat di pelabuhan draft depan 1,5 meter draft belakang 2,5 meter setelah selesai muat kapal mempunyai draft depan 5,25 meter dan draft belakang 6  meter berapakah nilai trim kapal setelah selesai muat ….

A. 0,1 m

B. 0,75 m

C. 0,5 m

D. 0,25 m

E. 0,15 m