MULTIPLE CHOICE
1.
Istilah sejarah yang berasal dari kata dalam
bahasa Belanda, yaitu …..
a.
Geschite
b.
Geschiedenis
c.
Sayajarotun
d.
History
e.
Historia
ANS: b
2.
Catatan kejadian-kejadian secara singkat dari
waktu ke waktu secara berurutan disebut ……
a.
Kronologi
b.
Sistematika
c.
Periodisasi
d.
Kronik
e.
Alur
ANS: d
3.
Sejarah memiliki sifat unik karena pada
hakikatnya suatu peristiwa sejarah tidak dapat taerulang atau terjadi lagi
secara persis. Dengan demikian, sejarah memiliki posisi sebagai …..
a.
Pelajaran
b.
Peristiwa
c.
Kisah
d.
Seni
e.
Ilmu
ANS: b
4.
Cerita sejarah merupakan cerita yang didasarkan
pada fakta-fakta dan disusun dengan metode ilmiah yang bermula dari, Kecuali
…..
a.
Mencari dan menemukan jejak sejarah
b.
Menafsirkan atau menginterpretasikan
fakta-fakta
c.
Menulis hasil interpretasi itu menjadi sebuah
kisah menarik
d.
Menulis cerita yang berasal dari dongeng
e.
Menguji jejak tersebut dengan metode kritik
ANS: d
5.
Langkah pertama dalaml sebuah proses ilmiah
menyingkap kebenaran dari sebuah peristiwa masa lalu adalah ……
a.
heuristik
b.
historiografi
c.
interpretasi
d.
pemilihan topic
e.
verifikasi
ANS: d
6.
Historia, Magistra Vitae mengandung arti ……
a.
Sejarah adalah guru besar
b.
Sejarah adalah mempelajari masa lampau
c.
Sejarah adalah gurunya kehidupan
d.
Sejarah adalah gurunya umat manusia
e.
Sejarah adalahgurunya makhluk hidup
ANS: c
7.
Dalam sejarah ada hubungan kausalitas antara
peristia sebelumnya dan peristiwa sesudahnya. Kausalitas artinya ….
a.
Peristiwa
b.
Sebab-akibat
c.
Pengaruh
d.
Positif
e.
Penting
ANS: b
8.
Sejarah memberikan pelajaran bagaimana hari ini
dikelola dan bagaimana hari esok dirancang agar tidak mengulangi
kesalahan-kesalahan masa lalu. Dengan begitu sejarah memiliki niai guna……
a.
Edukaif
b.
Inspiratif
c.
Rekreatif
d.
Manipulatif
e.
Persuasif
ANS: a
9.
Empiris artinya …..
a.
Fakta
b.
Nyata
c.
Ilmiah
d.
Pengalaman manusia
e.
Bukti
ANS: d
10.
Salah satu tahap penelitian sejarah yang
bermaksud menguji keabsahan sumber sejarah disebut ……
a.
Periodisasi
b.
Interpretasi
c.
Heuristik
d.
Histografi
e.
Verifikasi
ANS: e
11.
Sumber sejarah yang merupakan kesaksian dari
pelakunya disebut …..
a.
Sumber tertulis
b.
Sumber lisan
c.
Sumber primer
d.
Sumber sekunder
e.
Sumber tersier
ANS: c
12.
Unsur sejarah yang berhubungan dengan aspek
geografis adalah …..
a.
Waktu
b.
Ruang
c.
Manusia
d.
Tempat
e.
Wilayah
ANS: b
13.
Pada awalnya kolonialisme adalah kelanjutan
dari patriotisme, dimana kebijakan kolonialisme hanya mengadopsi kebiasaan
lama. Hal ini disebut dengan istilah …..
a.
Temporal
b.
Spasial
c.
Kontinuitas
d.
Perubahan
e.
Primordial
ANS: c
14.
Selain manusia dan ruang, waktu merupakan unsur
penting lain dalam sejarah. Waktu menjadi unsur dari konsep penting dalam
sejarah karena ….
a.
Waktu menjadi penentu utama perjalanan hidup
manusia.
b.
Waktu menentukan berlangsung dalam waktu
tertentu.
c.
Sejarah manusia berlangsung dalalm waktu
tertentu.
d.
Manusia memmbutuhkan waktu untuk menciptakan
sejarah.
e.
Hanya manusia yang memiliki konsep unsur dan
waktu.
ANS: a
15.
Penegrtian sejarah sebagai kisah adalah ……
a.
Menunjukkan peristiwa yang benar-benar terjadi
pada masa lampau.
b.
Peristiwa masa lampau yang diceritakan sendiri
oleh pelakunya.
c.
Peristiwa atau kejadian yang sudah tidak
mungkin terjadi lagi.
d.
Peristiwa masa lampau yang telah disusun
menjadi tulisan atau buku.
e.
Pengetahuan masa lampau yang berkembang menjadi
tradisi lisan.
ANS: d
16.
Sejarah juga termasuk seni. Hal ini karena
dalam penulisan sejarah ……
a.
Melibatkan para seniman yang memahami sejarah.
b.
Dapat menajadi seumber penting bagi pwmbuatan
film atau pementasan.
c.
Merupakan hasil imajinasi, emosi, dan gaya
bertutur para pelaku sejarah.
d.
Melibatkan imajinasi, emosi dan gaya bertutur
yang khas.
e.
Memiliki alur atau jalan cerita yang
menggerakkan emosi penelitianya.
ANS: d
17.
Sejarah juga termasuk seni. Hal ini karena
dalam penulisan sejarah ….
a.
Melibatkan para seniman yang memahami sejarah.
b.
Dapat menajadi seumber penting bagi pwmbuatan
film atau pementasan.
c.
Merupakan hasil imajinasi, emosi, dan gaya
bertutur para pelaku sejarah.
d.
Melibatkan imajinasi, emosi dan gaya bertutur
yang khas.
e.
Memiliki alur atau jalan cerita yang
menggerakkan emosi penelitianya.
ANS: d
18.
Dalam mempelajari ilmu sejarah, diperlukan
konsep kronologi dan periodisasi. Kegunaan konsep kronologi adalah ……
a.
Membuat urutan-urutan peristiwa berdasarkan
tahun kejadiannya.
b.
Mencari kebenaran suatu peristia sejarah.
c.
Mengelompokkan berbagai peristiwa sejarah.
d.
Menghindari anakronisme sejarah.
e.
Menyeleksi berbagai peristiwa
ANS: c
19.
Sejarah bersandar pada pengalaman manusia yang
direkam dalam dokumen, baik dokumen tertulis maupun dokumen tidak tertulis.
Makna yang terkandung dalam pernyataan ini adalah …..
a.
Sejarah memiliki genaralisasi
b.
Sejarah mempunyai metode
c.
Sejarah memiliki objek
d.
Sejarah memiliki subjek
e.
Sejarah itu empiris
ANS: e
20.
Suatu peristiwa sejarah tidak akan terjadi
tanpa ada yang menggerakkannya. Penggerak sejarah adalah …..
a.
Kekuatan alam
b.
Hukum alam
c.
Manusia
d.
Kekuatan duniawi
e.
Lingkungan
ANS: c
21.
Perhatikan pernyataan – pernyaataan berikut ini
1)
letak Indonesia strategis, yaitu berada dijalur
pelayaran yang menghubungkan Negara-negara barat dan timur
2)
pola dan angina musim yang berubah setiap enam
bulan sekali yang memudahkan kapal-kapal dagang asing singgah di Indonesia
dalam aktu yang cukup lama
3)
kerajaan Hindu-Budha di Indonesia mendukung
penyebaran Hindu-Budha
4)
agama dan kebudayaan Hindu-Budha tidak mengenal
system kasta
5)
kaum brahmana aktif menyebarkan ajalrannya
kesleuruh dunia
Dari lima pernyataan diatas, dua faktor
geografis yang memudahkan masuknya agama dan kebudayaan Hindu-budha ke
Indonesia adalahpernyataan nomor ….
a.
1 dan 2
b.
1 dan 3
c.
2 dan 3
d.
3 dan 4
e.
4 dan 5
ANS: a
22.
Agama hindu masuk ke Indonesia dibawa oleh para
pedagang india. Pernyataan tersebut sesuia denggan teori…..
a.
Brahmana
b.
Ksatria
c.
Waisya
d.
Sudra
e.
Paria
ANS: c
23.
Berikut merupakan pengaruh agama dan kebudyaan
hindu budha bagi masyarakat Indonesia, kecuali…..
a.
Berkembangnya teknologi pembuatan candi
b.
Dikenalnya system kasta pada masyarakat Hindu
c.
Mulai dikenalnya konsep raja dan kerjaaan
d.
Dikenalnya system kasta pada masyrakat Budha
e.
Mulai dikenalnya aksara dan kesustraan
ANS: d
24.
Kerjaan Mataram kuno yang terpevah dapat
disatukan kembali pada masa pemerintahan …
a.
Raja Samaratungga
b.
Raja Pikatan
c.
Dyah Balitung
d.
Rakai Panangkaran
e.
Raja Wisnu
ANS: b
25.
Kitab Sutosoma dikarang oleh seorang puangga
kerajaan majapahit yang bernama ….
a.
Mpu Tantular
b.
Mpu Sedah
c.
Mpu Prapanca
d.
Mpu Panuluh
e.
Mpu Dharmaja
ANS: a
26.
Berkembangnya pengaruuh dan kebudayaan india
ini dilakukan leh bangsa Indonesia sendiri. Pendapat ini dikemukakan oleh teori
….
a.
Ksatria
b.
Waisya
c.
Arus balik
d.
Brahmana
e.
Sudra
ANS: c
27.
Agama Budha diperkirakan masuk ke Indinesia
pada sekitar abad ke-5 M. ajaran Budha yang paling banyak dianut oleh sebagian
besar masyarakat Indonesia adalah dari aliran ….
a.
Mahayana
b.
Syiwa-Budha
c.
Hinayanaa
d.
Tantrayana
e.
Wisnu-Budha
ANS: c
28.
Pengaruh Hindu-Budha terhadap bangsa indnesia
dalam bidang aksara adalah dalam bentuk huruf ….
a.
Pallawa
b.
Kawi
c.
Jawa kuno
d.
Bali
e.
Latin
ANS: a
29.
Perhatikan nama-nama kerajaan dibawah ini:
1.
Kutai
2.
Pajajaran (Sunda)
3.
Melayu
4.
Mataram kuno
5.
Kalingga
6.
Sriwijaya
7.
Majapahit
dari daftar kerjaan diatas, yang
termasuk dalam kategori kerajaan bercorak Hindu ditunjukkan oleh nomor
a.
1,2, dan 4
b.
1,3, dan 5
c.
2,3, dan 4
d.
3,4, dan 5
e.
5,6, dan 7
ANS: a
30.
Dari soal nomor 9, daftar kerajaan yang
bercorak Budha ditunjukan oleh nomor …..
a.
1,2,3
b.
1,2,4
c.
2,3,4
d.
3,5,6
e.
3,5,7
ANS: d
31.
Informasi yang tepat tetang tugu batu ( tujuh
buah yupa) di Kerajaan Kutai adalah……
a.
Letaknya didaerah hilir sungai mahkaam
b.
Dibuat menghormati kedermawanan Raja Mulawarmam
c.
Dibuat oleh Raja Mulaarman
d.
Bertuliskam angka tahun 400 M
e.
Dituis dalam huruf Kawi
ANS: b
32.
Kebudayaan Hindu merupakan perpaduan antara dua
kebudayaan, yaitu ……
a.
Harappa dan Mohenjo Daro
b.
Dravida dan Harappa
c.
Arya dan Mohenjo Daro
d.
Harappa dan Arya
e.
Dravida dan Arya
ANS: e
33.
Kerajaan Kediri merupakan warisan dri kerajaan
….
a.
Medang Kamulan
b.
sriwijaya
c.
majapahit
d.
singasari
e.
pajajaran
ANS: a
34.
keberadaan kerjaan Kutai diketahui atas dasar
sumber berita yang ditemukan yaitu berupa prasasti yang berbebntuk
a.
Neraca
b.
Yupa 7 buah
c.
Punden berundak
d.
Artefak
e.
Waruga
ANS: b
35.
Pemberian hadiah berupa Arca Amonghaphasa oleh
Raja Singasari dimaksudkan terutama untuk menjalin kerja sama dalam bidang …..
a.
Politik
b.
Ekonomi
c.
Sosial
d.
Keagamaan
e.
Pendidikan
ANS: a
36.
Teori sudra tentang proses masuknya Hindu ke
Indonesia memiliki kelemahan, yaitu ….
a.
Tidak ada buktu pendukung teori tersebut
b.
Kaum sudra orang yang sangat miskin
c.
Tidak ada kitab yang menyebutnya
d.
Indonesia terlalu jauh untuk dijangkau
e.
Sulitnya komunikasi dalam bahsa sanskerta
ANS: b
37.
Hipotesa yang menyatakan bahwa penyebaran agama
hindu ke indonesia dibawa oleh para
parajurit adalah penjelasan teori
a.
Brahmana
b.
Arus balik
c.
Ksatria
d.
Sudra
e.
Waisya
ANS: c
38.
Agama hindu berkembang sejak….
a.
1000 SM
b.
1500 SM
c.
2000 SM
d.
2500 SM
e.
3000 SM
ANS: b
39.
Aswawarman disebut sebagai wangsakarta dari
kerjaaan kutai karena….
a.
Raja perama Kutai yang beragama Hindu
b.
Pembentuk kebudayaan Hindu
c.
Pembentuk silsilah keluarga
d.
Pembentuk pemerintahan kerajaan
e.
Pembentuk kerjaan Kutai yang bercorak Hindu
ANS: c
40.
Perdagangan
di kerajaan Sriwijaya mengalami kemajuan yang pesat terutama karena
a.
Runtuhnya pernan pelabuhan malaka
b.
Ramainya perdagangan di selat malaka
c.
Letaknya strategis di tepi malaka
d.
Daerah kekuasaanya sangat luas
e.
Menjadi pusat penghasil lada