langkah melaksanakan persiapan pergelaran musik



Simaklah penjelasan dari setiap Langkah yang harus ditempuh untuk melaksanakan persiapan pergelaran musik adalah berikut.

a. Menentukan Tema Pergelaran
Sebelum tema ditentukan, terlebih dahulu harus menentukan tujuan pergelaran, dimana isi dari pergelaran itu akan menampilkan hasil karya siswa atau hanya dalam rangka kegiatan lain. Hal ini sebenarnya tidak menjadi masalah, yang terpenting sesuai dengan program kegiatan sekolah, pemeritah juga masyarakat.
Ada beberapa contoh penentuan tema pergelaran musik di sekolah seperti berikut.
• Perlombaan, Festival,
• Konser musik ansamble, festival gamelan, orkes shymphony, konser band
• Paduan Suara, Vokal grup, Layeutan Suara, Koor, Rampak Sekar, Mamaos, Tembang, Anggana sekar
• Kontes musik (Dangdut dan Pop)

b. Menentukan Rencana Kegiatan
Seperti telah diungkapkan bahwa suatu kegiatan harus betul-betul direncanakan dengan baik. Kita perlu perhatikan hal-hal penting sebelum kegiatan berjalan, yaitu mulai dari persiapan pergelaran, tema pergelaran, jenis pergelaran, juga tempat dan waktu pergelaran.
• Tema harus diolah dengan baik, agar pergelaran tersebut dapat diterima dan dapat menarik simpatik penonton.
• Jenis kegiatan harus sesuai, bukan saja sesuai dengan bidangnya, namun juga harus disesuaikan dengan situasi dan kondisi sekitarnya.
• Tempat pergelaran, dapat dilakukan di sekolah atau di luar sekolah, ini dapat dilihat dari tema dan jenis pergelaran.
• Waktu pergelaran, dapat disesuaikan dengan program pendidikan.
Sebelum melangkah pada penyusunan program pergelaran, terlebih dahulu harus dapat menyelesaikan tahapan kegiatan berikut:
(1) Tahapan-tahapan yang dipersiapkan, seperti:
• Mengumpulkan data-data yang diperlukan untuk pergelaran
• Penganalisisan terhadap data yang telah dikumpulkan
• Menyeleksi data-data yang telah disiapkan.
(2) Tahapan-tahapan penyusunan
• Perumusan dari tujuan yang telah disepakati
• Alat atau media serta metode yang akan digunakan.

3. Menyusun Program Pergelaran.
Dalam penyusunan program diperlukan langkah-langkah yang tepat untuk merumuskan kegiatan yang akan di tampilkan. Buatlah kelompok khusus untuk ditugasi menyusun program pergelaran ini, kemudian setelah selesai lalu disampaikan kepada semua komponen yang terlibat dalam kegiatan ini.
Agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan pada waktu pentas berjalan, hendaknya pada waktu proses penyusunan program kegiatan semua perencanaan yang akan dipergelarkan disinggung kembali mulai dari tema sampai keamanan.

d. Menentukan Tempat Pergelaran.
Dalam menentukan tempat pergelaran dapat dikelompokkan ke dalam beberapa jenis, yaitu pergelaran didalam kelas, pergelaran di sekolah, dan pergelaran di luar sekolah atau umum, perlu diketahui bahwa untuk pergelaran tikat Sekolah Dasar mungkin hanya dapat dilakukan di lingkungan sekolah saja. Dalam pergelaran di luar sekolah atau umum pelaksanaannya dapat dibagi menjadi dua macam pertunjukan, yaitu
Pergelaran terbuka
Pergelaran tertutup
1) Pergelaran terbuka
Pergelaran ini dilakukan di tempat yang lebih luas dengan jumlah penonton tidak terbatas, seperti lapangan olah raga, alun-alun. Di tempat seperti ini penataan panggung lebih leluasa namun penjagaan harus sangat ketat, karena keributan sangat mungkin terjadi.
2)Pergelaran tertutup
Pergelaran ditempat tertutup adalah kebalikan dari pergelaran di tempat terbuka, seperti penataan panggung sangat terbatas, penontonnya terbatas, namun juga dalam segi keamanan tidak perlu terlalu ketat. Ada beberapa contoh panggung yang dapat dipergunakan untuk pergelaran musik, sebagai berikut:
a) Panggung prosenium: ialah suatu bentuk tempat pentas yang hanya dapat dilihat oleh penonton dari satu arah ( satu sisi ), bentuk ini dibatasi oleh penyekat yang memisahkan tempat untuk penonton dan menempatkan lantai panggung lebih tinggi dari tempat penonton.
Ada beberapa keuntungan lain dari bentuk panggung prosenium, yaitu :
• Pengaturan tempat duduk bagi penonton mudah kita atur
• Mudah keluar masuk bagi penonton
• Konsentrasi penonton akan tertuju pada satu arah.
Adapun kekurangan bentuk panggung prosenium adalah sebagai berikut.
• Komunikasi antara penonton dan yang ditonton akan terasa sulit, karena adanya jarak antara tempat pentas dan tempat penonton.
• Penonton yang ada dibagian belakang kurang jelas melihat kearah yang ditonton.
Bentuk Panggung Pergelaran Prosenium
b) Bentuk Pergelaran Setengah Arena, adalah bentuk panggung dimana penonton dapat melihat totonannya dari tiga arah.
Keuntungan dari tempat pergelaran setengah arena adalah :
• Terjadinya komunikasi antara penonton dan yang ditonton
• Panggung akan kelihatan, sehingga liku-liku dari dekorasi tempat pentas akan terlihat jelas.
• Bloking dapat terlihat oleh penonton.
Kerugiannya dari tempat pergelaran setengah lingkaran antara lain berikut.
• Biasanya kadang-kadang konsentrasi dari pemain terganggu, karena jarak yang terlalu dekat dengan penonton.
• Pengaturan dekorasi sedikit sulit.
3). Tempat pergelaran bentuk Arena, bentuk ini memerlukan tempat yang luas, penonton dapat melihat tontonannya dari empat penjuru. Sedangkan keuntungan dan kerugiannya sama dengan pergelaran setengah arena.

e. Membentuk Organisasi
Jika kita kita melaksanakan suatu kegiatan tentunya memerlukan suatu wadah, demikian juga pada pergelaran musik, tentu saja yang dibutuhkan adalah suatu organisasi.
Apa yang dimaksud dengan organisasi ?
Organisasi merupakan kesatuan antara orang-orang yang bekerja sama untuk mencapai satu tujuan secara bersama yang terikat oleh aturan-aturan.
Apabila Anda sudah memahami hal di atas, maka akan dengan mudah kita melaksanakannya. Hal yang terpenting dalam suatu organisasi adalah orang-orang yang berda di dalamnya, mampu memahami dan melaksanakan tugas yang dibebankannya sesuai dengan kapasitasnya. Sebab bagaimanapun para anggotanyalah yang bertanggung jawab atas sukses dan tidaknya suatu kegiatan.
1) Fungsi Organisasi.
Fungsi organisasi merupakan suatu alat mengkoordinasikan, mengarahkan beberapa potensi yang dimiliki dari unsure-unsur lain,sehingga mencapai satu tujuan dan mencapai kata mufakat dalam melaksanakan perencanaan yang telah ditentukan sebelumnya.
b. Prinsif dalam Organisasi
Berikut beberapa prinsip dalam organisasi.
(1) Tujuan organisasi harus jelas dan nyata,
(2) Pembagian tugas harus jelas dan sesuai dengan kemampuannya,
(3) Adanya pembagian dan pemindahan tanggung jawab,
(4) Pengawasan,
(5) Satu kesatuan perintah dan tujuan,
(6) Organisasi harus fleksibel.

f. Menyusun kepanitiaan
Keberadaan panitia di dalam suatu pergelaran sangat penting karena dari masing-masing bagian mempunyai tugas yang mesti dipertanggung jawabkan, agar pergelaran berjalan sesuai dengan yang direncanakan.
Dalam penyusunan kepanitiaan harus disesuaikan dengan situasi dan kondisi. Adapun susunan kepanitiaan itu pada umumnya terdiri dari beberapa kelompok, yaitu penasihat, penanggungjawab, ketua pelaksana, sekretaris, bendahara, dan seksi-seksi.
1) Penasihat
Biasanya ditunjuk orang yang dianggap paling mampu dalam menyelesaikan permasalahan, dan diharapkan mampu memberikan tuntunan, arahan dan motivasi kepada semua panitia dalam melaksanakan tugas.
• Biasanya tugas yang diberikan pada seorang penasihat adalah:
• Menerima laporan tentangh rencana yang akan dilaksanakan
• Mengevaluasi kerja yang dilakukan
• Memecahkan permasalahan yang ada dalam organisasi
• Ikut bertanggung jawab dalam jalannya pergelaran
2) Penanggung jawab
Orang yang menjadi penanggung jawab harus seorang pucuk pimpinan, minimal yang menjadi wakil, hal ini harus dapat memantau semua pekerjaan yang dilakukan secara rutin. Penanggung jawab boleh juga mewakili penasihat, jika penasihat ada suatu masalah yang mendadak.
3) Ketua
Ketua adalah orang yang diharapkan dapat mengatur jalannya organisasi, mampu memecahkan berbagai permasalahan yang terdapat pada saat-saat pergelaran berlangsung, memiliki sifat kepemimpinan yang tegas, jujur, sabar dan bijaksana. Seorang ketua harus mampu berkomunikasi dan bekerja sama dengan berbagai pihak serta memiliki rasa tanggung jawab terhadap tugas dan kewajiban yang telah menjadi garapannya. Adapun tugas seorang ketua adalah:
• Membuat proposal
• Sebagai nara sumber dan fasilitator
• Memimpin rapat pada saat-saat tertentu
• Membuat laporan pertanggung jawaban
4) Sekretaris
Sekretaris adalah orang yang bertugas sebagai pencatat data, selain sebagai pencatat data juga sebagai pendamping ketua dalam rapat. Selain itu juga sekretaris sebagai pembuat surat-surat pemberitahuan kepada pihakpihak yang bersangkutan pada kegiatan pergelaran. Sekretaris juga harus dapat membuat pengarsipan surat-surat penting dan menyusunnya sesuai dengan tanggal waktu pengeluaran surat secara tersusun dan teratur. Selain itu harus mengetahui isi surat yang dikirimkan kepada orang lain, mengetahui nomor surat, perihal, lampiran, kepada siapa surat dikirim, tempat, tanggal, waktu dan tema.
5) Bendahara
Bendahara adalah orang yang bertanggung jawab secara penuh terhadap penggunaan, penyimpanan dan penerimaan uang yang masuk sebagai biayapergelaran. Seorang bendahara harus jujur, cermat sabar dan tidak boros.
6) Seksi-seksi
Seksi-seksi adalah bagian dari kepanitiaan yang bertugas mengurus sesuatu yang spesifik. Adapun seksi-seksi yang bertugas untuk membantu pergelaran musik agar dapat berjalan sesuai dengan yang direncanakan adalah sebagai berikut.
(1) Seksi Usaha . seksi ini berkewajiban membantu dalam pencarian dana atau sumbangan dari berbagai pihak untuk menunjang pada keberhasilan pergelaran itu sendiri.
(2) Seksi Dokumentasi, Seksi ini tugasnya adalah mengambil gambar untuk dokumen. Seksi ini selalu diidentikkan pada pengambilan foto, selain itu tugas yang harus dikerjakan oleh seksi ini juga:
• Mengetahui susunan acara
• Mengetahui medan dari pergelaran tersebut, sehingga kalau mengambil
• Gambar betul-betul yang dianggap paling tepat dan indah.
• Menyimpan hasil gambar yang akan dijadikan dokumen.
(3) Seksi Perlengkapan, seksi ini diperlukan banyak orang, mengingat tugas yang akan diberikannya cukup berat, Adapun tugas dari seksi ini adalah:
• Mempersiapkan tempat untuk pelaksanaan pergelaran tersebut
• Menyusun serta menata tempat pergelaran, sehingga terlihat indah dan efisien. Penggunaannya yang tentunya akaan disesuaikan dengan warna pertujukan pergelaran itu sendiri.
• Menginventarisasikan barang-barang yang akan dipergunakan dalam pergelaran tersebut. Hal ini untuk memudahkan proses penggunaan, pengambilan, atau penerimaan kembali barang yang diambil.
(4) Seksi Konsumsi, Seksi ini bertugas mengurusi konsumsi pada waktu pembukaan bagi panitia, tamu undangan, dll.