PERUBAHAN KUR-13 SMK MENJADI KURIKULUM 13
SMK (PERBAIKAN 2017)
Mata Pelajaran
: Bahasa Indonesia
Aspek
|
Kurikulum 2013
|
Kurikulum 2013 (Perbaikan 2017)
|
Alasan
|
||
Jml Jam/Mg/Smt
|
Total Jam
|
Jml Jam/Mg/Smt
|
Total jam
|
||
A.
Waktu
|
|
|
|
|
|
1.
Jumlah Jam
|
4 JP/Mgg X 6 Smt
|
424
|
4 JP/Mgg x 2 Smt (1 dan
2)
3 JP/Mgg X 4 Smt (3,4,5, dan 6)
|
354
|
Mengalami perubahan : Disesuaikan dengan perubahan struktur Kurikulum
2013 revisi ( SK Dirjen Dikdasmen
Nomor 130/D/KEP/2017)
Mapel Bahasa Indonesia pada Pendidikan Menengah merupakan pengembangan dan peningkatan
kemampuan berbahasa Indonesia yang telah dipelajari di Pendidikan Dasar. Khusus di SMK lebih
dititikberatkan pada pengembangan kemampuan berkomunikasi
dalam bahasa Indonesia dengan baik dan benar, baik lisan maupun tulisan
terutama dalam konteks pengembangan keahlian kejuruan yang ditekuni
|
2.
Durasi (berapa semester di semester berapa)
|
6 smt (smt 1, 2, 3, 4, 5, dan 6)
|
6 smt (smt 1, 2, 3, 4, 5, dan 6)
|
Mengalami perubahan : Disesuaikan dengan perubahan struktur Kurikulum
2013 revisi ( SK Dirjen Dikdasmen
Nomor 130/D/KEP/2017)
|
||
B. Kompetensi Dasar (KD)
|
|
|
|
||
1.
Jumlah KD
|
Kelas 10 KD 1 : 2, KD 2 :
2, KD 3 : 4, KD 4 : 5
Kelas 11 KD 1 : 2, KD 2 :
2, KD 3 : 4, KD 4 : 5
Kelas 12 KD 1 : 2, KD 2 :
2, KD 3 : 4, KD 4 : 5
|
Kelas 10 KD 3 : 18, KD 4 : 18
Kelas 11 KD 3 : 18 KD 4 : 18
Kelas 12 KD 3 : 14 KD 4 : 14
|
1.
Kurikulum 2013 lama memuat KD 1 dan KD 2, sedangkan di
kurikulum 2013 revisi KD tersebut tidak ada dan hanya terdapat di mapel PKn
dan PABP
2.
KD di kurikulum 2013 revisi terdiri dari 50 pasang KD 3
dan KD 4, lebih banyak dibanding dengan kurikulum 2013 lama karena setiap
teks dijabarkan dalam 2 pasang KD, sementara
di kurikulum 2013 lama dalam 1 KD memuat 5 jenis teks. Di samping itu, KD 3
dan KD 4 tidak sama.
|
||
2. Materi KD
|
3.1
Memahami struktur dan kaidah teks anekdot,
eksposisi, laporan hasil observasi, prosedur kompleks, dan negosiasi baik
melalui lisan maupun tulisan
|
4.1
Menginterpretasi makna teks anekdot, eksposisi, laporan hasil observasi, prosedur
kompleks, dan negosiasi baik secara lisan maupun tulisan
|
3.1 Memahami laporan
hasil observasi berkaitan dengan bidang
pekerjaan yang dipresentasikan secara
lisan dan tulis
|
4.1
Menyajikan isi teks (intisari) laporan hasil
observasi berkaitan dengan bidang
pekerjaan berdasarkan interpretasi baik secara lisan
maupun tulis
|
Mengalami perubahan:
1.
Kurikulum 2013 lama menuntut pembelajaran proses.
Pembelajaran dimulai dari tahap berpikir rendah sampai ke tingkat teringgi (
dari memahmi – mengevaluasi) dengan objek materi yang sama. Sementara pada
kurikulum 2013 revisi, menuntut pembelajaran pada tingkat tinggi (HOTS)
karena pada tingkatan tersebut sudah melalui tahapan yang terendah pada
proses pembelajaran.
2.
Di kurikulum
2013 lama antara KD 3 dan KD 4 tidak saling linier, bahkan jumlah KD tidak
sama, sementara di kurikulum 2013 revisi KD 3 dan KD 4 berpasangan dan
linier, sehingga memudahkan dalam proses pembelajaran.
3.
Ada penambahan KD yang berkaitan dengan implementasi
program literasi baik di kelas 10, 11, dan 12.
4.
Ada penambahan KD baru di kelas 10 yaitu cerita rakyat dan
debat, serta ada perpindahan KD yang semula terdapat di kelas 11, yaitu
biografi dan pantun. Alasan penambahan KD karena dalam KD tersebut terdapat
muatan nilai-nilai kehidupan dan keteladanan.
5.
Di kelas 12 ada pengurangan KD cerita ulang, pantun,
dan cerpen yang semula ada di kurikulum lama, namun KD tersebut setara dengan
KD tentang cerita rakyat, puisi, dan biografi yang sudah dipelajari di kelas
10. Akan tetapi, di kelas 11 juga ada penambahan KD tentang teks prosedur
yang semula diajarkan di kelas 10, ceramah, proposal, dan karya tulis ilmiah,
yang semula tidak ada di kurikulum lama. Alasan penambahan KD ini, karena
KD-KD tersebut bermanfaat secara praktis untuk kehidupan keseharian siswa
SMK.
6.
Ada penambahan KD di kelas 12, yaitu tentang surat
lamaran pekerjaan, surat dinas, dan artikel. Alasan penambahan KD ini, karena
KD-KD tersebut bermanfaat secara praktis untuk kehidupan keseharian siswa
SMK.
|
|
3.2
Memahami struktur dan kaidah teks anekdot, eksposisi,
laporan hasil observasi, prosedur kompleks, dan negosiasi baik melalui lisan
maupun tulisan
|
4.2
Memproduksi teks
anekdot, eksposisi, laporan hasil observasi, prosedur kompleks, dan negosiasi
yang koheren sesuai dengan karakteristik teks yang akan dibuat baik secara
lisan mupun tulisan
|
3.2 Menganalisis isi dan aspek kebahasaan dari
minimal dua teks laporan hasil observasi berkaitan dengan bidang pekerjaan
|
4.2
Mengonstruksikan teks laporan observasi berkaitan bidang pekerjaan dengan memperhatikan
isi dan aspek kebahasaan baik lisan maupun tulis
|
|
|
3.3
Menganalisis teks anekdot, laporan hasil
observasi, prosedur kompleks, dan negosiasi baik melalui lisan maupun tulisan
|
4.1
Menyunting teks anekdot, eksposisi, laporan hasil
observasi, prosedur kompleks, dan negosiasi sesuai dengan struktur dan kaidah
teks baik secara lisan maupun tulisan
|
3.3 Mendeskripsikan(permasalahan,
argumentasi, pengetahuan, dan rekomendasi) teks eksposisi berkaitan dengan bidang pekerjaan yang didengar dan atau dibaca
|
4.3
Mengembangkan isi (permasalahan, argumen, pengetahuan, dan
rekomendasi) teks eksposisi berkaitan dengan bidang pekerjaan secara lisan dan/tulis
|
|
|
3.4
Mengevaluasi teks anekdot, eksposisi, laporan
hasil observasi, prosedur kompleks, dan negosiasi berdasarkan kaidah-kaidah
teks baik melalui lisan maupun tulisan
|
4.4
Mengabstraksi teks
anekdot, eksposisi, laporan hasil observasi, prosedur kompleks, dan negosiasi
baik secara lisan maupun tulisan
|
3.4 Menganalisis
struktur dan kebahasaan teks eksposisi yang berkaitan dengan bidang pekerjaan
|
4.4 Mengonstruksikan teks eksposisi berkaitan bidang pekerjaan dengan memerhatikan isi (permasalahan,
argumen, pengetahuan, dan rekomendasi), struktur dan kebahasaan
|
|
|
|
4.5
Mengonversi teks anekdot, eksposisi, laporan
hasil observasi, prosedur kompleks, dan negosiasi ke dalam bentuk yang lain
sesuai dengan struktur dan kaidah teks baik secara lisan maupun tulisan
|
3.5 Menganalisis teks
anekdot dari aspek makna tersirat
|
4.5
Mengonstruksi makna tersirat dalam sebuah teks anekdot baik lisan
maupun tulis
|
|
|
|
|
3.6 Mengevaluasi struktur
dan kebahasaan teks anekdot
|
4.6
Menciptakan kembali teks anekdot dengan memerhatikan struktur, dan
kebahasaan baik lisan maupun tulis.
|
|
|
|
|
3.7 Mendeskripsikan
nilai-nilai dan isi yang terkandung dalam cerita rakyat (hikayat) baik lisan
maupun tulis
|
4.7
Menceritakan kembali isi cerita rakyat (hikayat) yang didengar dan
dibaca
|
|
|
|
|
3.8 Membandingkan nilai-nilai dan kebahasaan cerita
rakyat dan cerpen
|
4.8
Mengembangkan cerita rakyat (hikayat) ke dalam bentuk cerpen dengan
memerhatikan isi dan nilai-nilai
|
|
|
|
|
3.9 Menguraikan
butir-butir penting dari dua buku nonfiksi (buku pengayaan) dan satu novel
|
4.9
Menyusun ikhtisar dari dua buku nonfiksi (buku pengayaan) dan
ringkasan dari satu novel yang dibaca
|
|
|
|
|
3.10 Menganalisis pengajuan, penawaran dan persetujuan dalam
teks negosiasi berkaitan dengan bidang pekerjaan lisan maupun tertulis
|
4.10 Menyampaikan pengajuan, penawaran, persetujuan
dan penutup dalam teks negosiasi berkaitan dengan bidang pekerjaan secara lisan atau tulis
|
|
|
|
|
3.11 Mengevaluasi isi, struktur (orientasi, pengajuan, penawaran, persetujuan, penutup) dan kebahasaan teks negosiasi berkaitan dengan bidang pekerjaan
|
4.11 Mengonstruksikan teks negosiasi berkaitan dengan bidang pekerjaan dengan memerhatikan isi, struktur (orientasi, pengajuan, penawaran, persetujuan, penutup) dan kebahasaan
|
|
|
|
|
3.12 Menganalisis permasalahan/
isu, sudut pandang dan argumen beberapa
pihak dan simpulan dari debat berkaitan dengan bidang pekerjaan untuk menemukan esensi dari debat
|
4.12
Mengonstruksi permasalahan/isu, sudut pandang dan argumen
beberapa pihak, dan simpulan dari
debat berkaitan dengan bidang
pekerjaan secara lisan untuk menunjukkan esensi dari
debat
|
|
|
|
|
3.13 Menganalisis
isi debat berkaitan dengan bidang
pekerjaan (permasalahan/isu, sudut pandang dan argumen beberapa pihak, dan simpulan )
|
4.13
Mengembangkan permasalahan/ isu dari berbagai sudut pandang yang
dilengkapi argumen dalam berdebat berkaitan dengan bidang pekerjaan
|
|
|
|
|
3.14 Menganalisis butir-butir penting yang dapat diteladani dari teks biografi berkaitan dengan bidang pekerjaan
|
4.14 Menyajikan hal-hal yang
dapat diteladani dari tokoh yang
terdapat dalam teks biografi berkaitan dengan bidang pekerjaan yang dibaca secara tertulis
|
|
|
|
|
3.15 Menganalisis aspek makna dan kebahasaan dalam
teks biografi berkaitan dengan bidang
pekerjaan
|
4.15 Membuat teks
biografi berkaitan dengan bidang
pekerjaan baik lisan maupun tulis
|
|
|
|
|
3.16 Menganalisis
suasana, tema, dan makna beberapa puisi yang terkandung dalam antologi puisi yang diperdengarkan
atau dibaca
|
4.16 Mendemonstrasikan (membacakan atau
memusikalisasikan) satu puisi dari antologi puisi atau kumpulan puisi
dengan memerhatikan vokal, ekspresi,
dan intonasi (tekanan dinamik dan tekanan tempo)
|
|
|
|
|
3.17 Menganalisis
unsur pembangun puisi
|
4.17 Menulis puisi dengan memerhatikan unsur
pembangunnya (tema, diksi, gaya bahasa, imaji, struktur, perwajahan)
|
|
|
|
|
3.18 Menganalisis isi dari minimal satu buku fiksi
dan satu buku nonfiksi yang sudah dibaca
|
4.18
Menyajikan replikasi isi buku ilmiah yang dibaca dalam
bentuk resensi
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3.1
Memahami struktur dan kaidah teks cerita pendek, pantun, cerita ulang,
eksplanasi kompleks, dan ulasan/reviu film/drama baik melalui lisan maupun
tulisan
|
4.1 Menginterpretasi makna
teks cerita pendek, pantun, cerita ulang, eksplanasi kompleks, dan
ulasan/reviu film/drama baik secara lisan maupun tulisan
|
3.19 Menganalisis
informasi berupa pernyataan-pernyataan umum dan tahapan-tahapan dalam teks
prosedur berkaitan dengan bidang
pekerjaan
|
4.19 Merancang pernyataan umum dan tahapan-tahapan
dalam teks prosedur berkaitan bidang pekerjaan dengan organisasi yang tepat secara lisan dan
tulis
|
|
|
3.2 Membandingkan teks cerita pendek, pantun, cerita
ulang, eksplanasi kompleks, dan ulasan/reviu film/drama baik melalui lisan
maupun tulisan
|
4.2 Memproduksi teks cerita pendek, pantun, cerita
ulang, eksplanasi kompleks, dan ulasan/reviu film/drama yang koheren sesuai
dengan karakteristik yang akan dibuat baik secara lisan mupun tulisan
|
3.20 Menganalisis struktur dan kebahasaan teks
prosedur berkaitan dengan bidang
pekerjaan
|
4.20 Mengembangkan teks prosedur berkaitan bidang pekerjaan dengan memerhatikan hasil analisis terhadap
isi, struktur, dan kebahasaan
|
|
|
3.3 Menganalisis
teks cerita pendek, pantun, cerita ulang, eksplanasi kompleks, dan
ulasan/reviu film/drama baik melalui lisan maupun tulisan
|
4.3 Menyunting teks cerita
pendek, pantun, cerita ulang, eksplanasi kompleks, dan ulasan/reviu
film/drama sesuai dengan struktur dan kaidah baik secara lisan maupun tulisan
|
3.21 Menganalisis
informasi (pengetahuan dan urutan kejadian) dalam teks ekplanasi berkaitan dengan bidang pekerjaan lisan dan tulis
|
4.21 Mengkonstruksi informasi (pengetahuan dan urutan kejadian) dalam teks
eksplanasi berkaitan dengan bidang
pekerjaan secara lisan dan tulis
|
|
|
3.4 Mengevaluasi teks cerita
pendek, pantun, cerita ulang, eksplanasi kompleks, dan ulasan/reviu
film/drama berdasarkan kaidah-kaidah baik melalui lisan maupun tulisan
|
4.4 Mengabstraksi teks cerita
pendek, pantun, cerita ulang, eksplanasi kompleks, dan ulasan/reviu
film/drama baik secara lisan maupun tulisan
|
3.22 Menganalisis struktur dan kebahasaan teks eksplanasi berkaitan dengan bidang pekerjaan
|
4.22 Memproduksi teks eksplanasi berkaitan dengan bidang pekerjaan secara lisan atau tulis
dengan memerhatikan struktur dan kebahasaan
|
|
|
|
4.5 Mengonversi teks cerita
pendek, pantun, cerita ulang, eksplanasi kompleks, dan ulasan/reviu
film/drama ke dalam bentuk yang lain sesuai dengan struktur dan kaidah baik
secara lisan maupun tulisan
|
3.23 Menganalisis
informasi berupa permasalahan aktual yang disajikan dalam ceramah berkaitan dengan bidang pekerjaan
|
4.23
Menyusun bagian-bagian penting dari
permasalahan aktual sebagai bahan untuk disajikan dalam ceramah berkaitan dengan bidang pekerjaan
|
|
|
|
|
3.24 Menganalisis isi, struktur, dan kebahasaan dalam
ceramah berkaitan dengan bidang pekerjaan
|
4.24 Mengonstruksi ceramah berkaitan bidang pekerjaan dengan memerhatikan aspek kebahasaan dan
menggunakan struktur yang tepat
|
|
|
|
|
3.25 Mendeskripsikan
butir-butir penting dari satu buku pengayaan (nonfiksi)
berkaitan dengan bidang
pekerjaan yang dibaca
|
4.25 Menyajikan butir-butir penting dari satu buku pengayaan (nonfiksi) berkaitan dengan bidang pekerjaan
|
|
|
|
|
3.26 Menemukan
butir-butir penting dari dua buku pengayaan berkaitan dengan bidang pekerjaan (nonfiksi) yang dibaca
|
4.26 Menyajikan persamaan dan
perbedaan isi dua buku pengayaan berkaitan dengan bidang pekerjaan (nonfiksi)
yang dibaca
|
|
|
|
|
3.27 Menganalisis pesan dari satu buku
fiksi yang dibaca
|
4.27
Menyusun ulasan terhadap pesan dari satu buku fiksi yang dibaca
|
|
|
|
|
3.28 Mendeskripsikan informasi
penting yang ada dalam proposal kegiatan atau penelitian berkaitan dengan bidang pekerjaan
|
4.28
Melengkapi informasi dalam proposal berkaitan dengan bidang pekerjaan supaya
lebih efektif
|
|
|
|
|
3.29 Menganalisis isi,
sistematika, dan kebahasaan suatu proposal berkaitan dengan bidang pekerjaan
|
4.29
Merancang sebuah proposal karya ilmiah berkaitan bidang pekerjaan dengan memerhatikan informasi, tujuan, dan esensi karya ilmiah yang
diperlukan
|
|
|
|
|
3.30 Menganalisis
informasi, tujuan dan esensi sebuah karya ilmiah berkaitan dengan bidang pekerjaan yang dibaca
|
4.30
Merancang informasi, tujuan, dan esensi yang harus disajikan dalam
karya ilmiah berkaitan dengan bidang
pekerjaan
|
|
|
|
|
3.31 Menganalisis sistematika dan kebahasaan karya
ilmiah berkaitan dengan bidang
pekerjaan
|
4.31
Mengonstruksi sebuah karya ilmiah berkaitan bidang pekerjaan dengan memerhatikan isi, sistematika, dan kebahasaan
|
|
|
|
|
3.32 Membandingkan isi berbagai resensi berkaitan dengan bidang pekerjaan untuk menemukan sistematika sebuah resensi
|
4.32
Menyajikan isi sebuah resensi berkaitan bidang pekerjaan dengan memerhatikan hasil perbandingan beberapa teks resensi
|
|
|
|
|
3.33 Menganalisis kebahasaan resensi dalam kumpulan cerpen atau novel setidaknya dua karya yang berbeda
|
4.33
Mengkonstruksi sebuah resensi dari buku kumpulan cerita pendek atau novel yang
sudah dibaca
|
|
|
|
|
3.34 Menganalisis alur cerita, babak demi babak, dan konflik dalam drama yang dibaca atau ditonton
|
4.34
Mempertunjukkan salah satu tokoh dalam drama yang dibaca
atau ditonton secara lisan
|
|
|
|
|
3.35 Menganalisis isi dan kebahasaan
drama yang dibaca atau ditonton
|
4.35
Mendemonstrasikan sebuah naskah drama dengan memerhatikan
isi dan kebahasaan
|
|
|
|
|
3.36 Menganalisis pesan dari dua buku
fiksi (novel dan buku kumpulan puisi) yang dibaca
|
4.36
Menyusun ulasan terhadap pesan dari dua buku kumpulan
puisi yang dikaitkan dengan situasi kekinian
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3.1
Memahami struktur dan kaidah teks cerita sejarah, berita, iklan,
editorial/opini, dan cerita fiksi dalam novel baik melalui lisan maupun
tulisan
|
4.1 Menginterpretasi makna
teks cerita sejarah, berita, iklan, editorial/opini, dan cerita fiksi dalam
novel baik secara lisan maupun tulisan
|
3.37 Mendeskripsikan
isi dan sistematika surat lamaran pekerjaan yang dibaca
|
4.37
Menyajikan simpulan sistematika dan unsur-unsur isi surat lamaran
baik secara lisan maupun tulis
|
|
|
3.2 Membandingkan teks cerita
sejarah, berita, iklan, editorial/opini, dan cerita fiksi dalam novel baik
melalui lisan maupun tulisan
|
4.2 Memproduksi teks cerita
sejarah, berita, iklan, editorial/opini, dan cerita fiksi dalam novel yang
koheren sesuai dengan karakteristik teks baik secara lisan maupun tulisan
|
3.38 Menganalisis unsur
kebahasaan surat lamaran pekerjaan
|
4.38
Menyusun surat lamaran pekerjaan dengan memerhatikan
isi, sistematika dan kebahasaan
|
|
|
3.3 Menganalisis teks cerita
sejarah, berita, iklan, editorial/opini, dan cerita fiksi dalam novel baik
melalui lisan maupun tulisan
|
4.3 Menyunting teks cerita
sejarah, berita, iklan, editorial/opini, dan cerita fiksi dalam novel sesuai
dengan struktur dan kaidah teks baik secara lisan maupun tulisan
|
3.39 Menganalisis
informasi, yang mencakup orientasi, rangkaian kejadian yang saling berkaitan,
komplikasi dan resolusi, dalam cerita sejarah lisan atau tulis
|
4.39
Mengonstruksi nilai-nilai dari informasi cerita sejarah dalam sebuah
teks eksplanasi
|
|
|
3.4 Mengevaluasi teks cerita
sejarah, berita, iklan, editorial/opini, dan cerita fiksi dalam novel
berdasarkan kaidah-kaidah baik melalui lisan maupun tulisan
|
4.4 Mengabstraksi teks cerita
sejarah, berita, iklan, editorial/opini, dan cerita fiksi dalam novel baik
secara lisan maupun tulisan
|
3.40 Menganalisis kebahasaan cerita atau novel sejarah
|
4.40
Menulis cerita sejarah pribadi dengan memerhatikan kebahasaan
|
|
|
|
4.5 Mengonversi teks cerita
sejarah, berita, iklan, editorial/opini, dan cerita fiksi dalam novel ke
dalam bentuk yang lain sesuai dengan struktur dan kaidah teks baik secara
lisan maupun tulisan
|
3.41 Mendeskripsikan
informasi (pendapat, alternatif solusi dan simpulan terhadap suatu isu) dalam
teks editorial berkaitan dengan bidang
pekerjaan
|
4.41
Menyeleksi ragam informasi sebagai bahan teks editorial berkaitan dengan bidang pekerjaan baik secara lisan maupun tulis
|
|
|
|
|
3.42 Menganalisis
struktur dan kebahasaan teks editorial berkaitan dengan bidang pekerjaan
|
4.42
Merancang teks editorial berkaitan bidang pekerjaan dengan memerhatikan struktur dan kebahasaan baik secara lisan maupun
tulis
|
|
|
|
|
3.43 Menilai isi dua buku fiksi (kumpulan cerita
pendek atau kumpulan puisi) dan satu buku pengayaan (nonfiksi) yang dibaca
|
4.43
Menyusun laporan hasil diskusi buku tentang satu topik baik secara
lisan maupun tulis
|
|
|
|
|
3.44 Menganalisis isi teks iklan sesuai bidang pekerjaan
|
4.44
Mengonstruksi makna dan tujuan isi teks iklan sesuai
bidang pekerjaan
|
|
|
|
|
3.45 Menganalisis struktur dan ciri kebahasaan teks iklan sesuai bidang
pekerjaan
|
4.45
Menyusun teks iklan sesuai bidang pekerjaan dengan memerhatikan struktur dan kebahasaan baik
secara lisan maupun tulis
|
|
|
|
|
3.46 Mengevaluasi informasi, baik fakta maupun opini,
dalam sebuah artikel berkaitan dengan bidang
pekerjaan yang dibaca
|
4.46
Menyusun opini dalam bentuk artikel berkaitan dengan bidang pekerjaan
|
|
|
|
|
3.47 Menganalisis kebahasaan artikel dan/atau buku
ilmiah berkaitan dengan bidang
pekerjaan
|
4.47
Mengonstruksi sebuah artikel berkaitan bidang pekerjaan dengan memerhatikan fakta dan kebahasaan
|
|
|
|
|
3.48 Mendeskripsikan
isi dan sistematika surat dinas berkaitan dengan bidang pekerjaan
|
4.48
Menyajikan simpulan sistematika dan unsur-unsur isi surat dinas berkaitan dengan bidang pekerjaan baik secara lisan maupun tulis
|
|
|
|
|
3.49 Menganalisis unsur
kebahasaan surat dinas yang sesuai bidang
pekerjaan
|
4.49
Menyusun surat dinas yang berkaitan bidang
pekerjaan dengan memerhatikan
isi, sistematika dan kebahasaan
|
|
|
|
|
3.50 Menganalisis
nilai-nilai yang terdapat dalam sebuah buku pengayaan (nonfiksi) dan satu
buku drama (fiksi)
|
4.50
Menulis refleksi tentang nilai-nilai yang terkandung dalam sebuah
buku pengayaan (nonfiksi) dan satu buku drama (fiksi)
|
|
|
|
|
|
|
|
Mengetahui Jakarta, Maret 2017
Fasilitator Penyusun,
Drs. Nanang Yusuf, M.Si. Omit
Sumitra, S.P. Sri
Wahjuni Pudjiastuti, S.Pd.
No
HP : 085643031322