Format Penulisan KI-KD Mapel Kelompok A dan B selain
PA-BP dan PPKn untuk Program Pendidikan 3 Tahun`
KOMPETENSI INTI
DAN KOMPETENSI DASAR
SEKOLAH MENENGAH
KEJURUAN/MADRASAH ALIYAH KEJURUAN
Bidang
Keahlian : Seluruh
Bidang Keahlian
Program
Keahlian :
________________________
Kompetensi Keahlian :
________________________ (3 Tahun)
Mata
Pelajaran :
_________________________
Tujuan
kurikulum mencakup empat aspek kompetensi, yaitu (1) aspek kompetensi sikap
spiritual, (2) sikap sosial, (3) pengetahuan, dan (4) keterampilan. Aspek-aspek
kompetensi tersebut dicapai melalui proses pembelajaran intrakurikuler,
kokurikuler, dan ekstrakurikuler.
Rumusan
kompetensi sikap spiritual yaitu, “Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya”. Sedangkan rumusan kompetensi sikap sosial
yaitu, “Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, santun,
peduli (gotong royong, kerja sama, toleran, damai), bertanggung-jawab,
responsif, dan proaktif melalui keteladanan, pemberian nasihat, penguatan,
pembiasaan, dan pengkondisian secara berkesinambungan serta menunjukkan sikap
sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara
efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai
cerminan bangsa dalam pergaulan dunia”.
Kedua kompetensi tersebut dicapai melalui pembelajaran tidak langsung (indirect teaching) yaitu keteladanan,
pembiasaan, dan budaya sekolah, dengan memperhatikan karakteristik mata
pelajaran serta kebutuhan dan kondisi peserta didik.
Penumbuhan
dan pengembangan kompetensi sikap dilakukan sepanjang proses pembelajaran
berlangsung, dan dapat digunakan sebagai pertimbangan guru dalam mengembangkan
karakter peserta didik lebih lanjut.
KOMPETENSI
INTI 3
(PENGETAHUAN)
|
KOMPETENSI
INTI 4
(KETERAMPILAN)
|
3.
Memahami, menerapkan,
menganalisis, dan mengevaluasitentang pengetahuan faktual, konseptual, operasional dasar, dan metakognitif
sesuai dengan bidang dan lingkup kajian/kerja ______ ___________________________(diisi Nama Mapel)pada tingkat teknis, spesifik, detil, dan
kompleks, berkenaan dengan ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan
humaniora dalam konteks pengembangan potensi diri sebagai bagian dari
keluarga, sekolah, dunia kerja, warga masyarakat nasional, regional, dan
internasional.
|
4.
Melaksanakan tugas
spesifik dengan menggunakan alat, informasi, dan prosedur kerja yang lazim
dilakukan serta
memecahkan masalah sesuai dengan bidang kajian/kerja _________
_________________ ___________________(diisi Nama Mapel).
Menampilkan kinerja di
bawah bimbingan dengan mutu dan kuantitas yang terukur sesuai dengan standar
kompetensi kerja.
Menunjukkan keterampilan
menalar, mengolah, dan menyaji secara efektif, kreatif, produktif,
kritis, mandiri, kolaboratif, komunikatif, dan solutif
dalam ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di
sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan
langsung.
Menunjukkan
keterampilan mempersepsi, kesiapan, meniru, membiasakan, gerak mahir, menjadikan gerak alami dalam ranah konkret terkait dengan
pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan
tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.
|
KOMPETENSI DASAR
|
KOMPETENSI DASAR
|
ALOKASI
WAKTU
|
3.1
|
4.1
|
|
3.2
|
4.2
|
|
3.3
|
4.3
|
|
3.4
|
4.4
|
|
3.5
|
4.5
|
|
3.6
|
4.6
|
|
3.7
|
4.7
|
|
3.8
|
4.8
|
|
3.9
|
4.9
|
|
3.10
|
4.10
|
|
3.11
|
4.11
|
|
3.12
|
4.12
|
|
3.13
|
4.13
|
|
3.14
|
4.14
|
|
3.15
|
4.15
|
|
3.16
|
4.16
|
|
3.17
|
4.17
|
|
3.18
|
4.18
|
|
3.19
|
4.19
|
|
3.20
|
4.20
|
|
3.21
|
4.21
|
|
3.22
|
4.22
|
|
3.23
|
4.23
|
|
3.24
|
4.24
|
|
3.25
|
4.25
|
|
3.26
|
4.26
|
|
3.27
|
4.27
|
|
3.28
|
4.28
|
|
3.29
|
4.29
|
|
3.30
|
4.30
|
|
3.31
|
4.31
|
|
3.32
|
4.32
|
|
3.33
|
4.33
|
|
3.34
|
4.34
|
|
3.35 dst. …
|
4.35 dst. …
|
|
Jumlah
|
|