PERUBAHAN KUR-13 SMK MENJADI KURIKULUM 13
SMK (PERBAIKAN 2017)
Mata Pelajaran
: Sejarah Indonesia
Aspek
|
Kurikulum 2013
|
Kurikulum 2013 (Perbaikan
2017)
|
Alasan
|
||||
Jml Jam/Mg/Smt
|
Total Jam
|
Jml Jam/Mg/Smt
|
Total jam
|
||||
A.
Waktu
|
|
|
|
|
|
||
1. Jumlah Jam
|
2
JP/mg x 6 Smt
|
212
|
3 JP/mg x 2Smt (1 dan 2)
|
108
|
Mengalami perubahan, karena
disesuaikan dengan Perubahan Struktur Kurikulum 2013 revisi ( SK Dirjen
Dikdasmen Nomor 130/D/KEP/2017)
•Mapel Sejarah
Indonesia di SMK dititikberatkan pada penanaman nilai-nilai kejuangan, pemahaman
sejarah perjuangan bangsa, dan kemampuan mewujudkan karakter pribadi yang
cinta bangsa dan negara. Tidak terpaku pada pembelajaran episode kesejarahan.
|
||
2. Durasi (berapa
semester di semester berapa)
|
6 semester (semester 1,2,3,4,5,
dan 6)
|
2 semester ( semsester 1 dan
semester 2)
|
|
||||
B.
Kompetensi Dasar (KD)
|
|
|
|
||||
1.
Jumlah KD
|
Klas X : KD1=2,
KD2=3, KD3= 8, KD4= 8
Klas XI : KD1=1, KD 2=5, KD 3= 11, KD 4= 11
Klas XII : KD1=1,
KD 2=3, KD 3= 9, KD 4= 9
|
KD 3 =20
KD 4 = 20
|
Ada perubahan KD 1 dan KD 2 dihilangkan
|
||||
|
KELAS X
|
|
|
||||
2. Materi
KD
|
3.1 Memahami dan menerapkan konsep berpikir kronologis
(diakronik), sinkronik, ruang dan waktu
dalam sejarah.
|
4.1 Menyajikan informasi mengenai keterkaitan antara konsep berpikir
kronologis (diakronik ) , sinkronik, ruang dan waktu dalam sejarah .
|
3.1 Memahami konsep dasar sejarah (berpikir
kronologis, diakronik, sinkronik, ruang dan waktu serta perubahan dan
keberlanjutan )
|
4.1 Menyajikan hasil pemahaman tentang konsep dasar
sejarah(berpikir kronologis, diakronik, sinkronik, ruang dan waktu serta
perubahan dan keberlanjutan )
|
|
||
|
3.2 Memahami corak kehidupan masyarakat pada zaman praaksara.
|
4.2 Menyajikan hasil penalaran mengenai corak kehidupan masyarakat pada
zaman praaksara dalam bentuk tulisan.
|
3.2 Menganalisis
kehidupan manusia dan hasil-hasil
budaya masyarakat Pra Aksara Indonesia
|
4.2 Menyajikan informasi mengenai manusia dan
hasil-hasil budaya khususnya
masyarakat Pra Aksara Indonesia
|
|||
|
3,3 Menganalisis asal-usul
nenek moyang bangsa Indonesia (Proto,
Deutero Melayu dan Melanesoid).
|
4.3 Menyajikan kesimpulan-kesimpulan dari informasi mengenai asal-usul
nenek moyang bangsa Indonesia (Proto,
Deutero Melayu dan Melanesoid) dalam
bentuk tulisan.
|
3.3 Menganalisis berbagai teori tentang proses masuknya
agama dan kebudayaan Hindu dan Buddha serta pengaruhnya terhadap kehidupan
masyarakat Indonesia (pemerintahan,
budaya)
|
4.3 Menyajikan hasil analisis berbagai teori masuknya agama dan kebudayaan Hindu dan
Buddha serta pengaruhnya terhadap kehidupan masyarakat Indonesia (pemerintahan, budaya)
|
|||
|
3.4 Menganalisis berdasarkan tipologi hasil budaya Praaksara Indonesia
termasuk yang berada di lingkungan terdekat.
|
4.4 Menalar informasi mengenai hasil budaya Praaksara Indonesia termasuk yang
berada di lingkungan terdekat dan
menyajikannya dalam bentuk tertulis
|
3.4 Menganalisis berbagai teoritentang proses masuknya
agama dan kebudayaan Islam serta pengaruhnya terhadap kehidupan masyarakat Indonesia (ekonomi, pemerintahan, budaya)
|
4.4
Menyajikan hasil analisis berbagai teori tentang proses masuknya agama dan
kebudayaan Islam serta pengaruhnya terhadap kehidupan masyarakat Indonesia(ekonomi, pemerintahan, budaya
|
|||
|
3.5 Menganalisis berbagai teori tentang proses masuk dan berkembangnya agama
dan kebudayaan Hindu-Buddha di
Indonesia
|
4.5 Mengolah informasi mengenai proses masuk dan perkembangan kerajaan
Hindu-Buddha dengan menerapkan cara berpikir kronologis, dan pengaruhnya pada
kehidupan masyarakat Indonesia masa kini serta mengemukakannya dalam bentuk
tulisan.
|
3.5 Menganalisis proses masuk dan perkembangan
penjajahan bangsa Eropa (Portugis, Spanyol, Belanda, Inggris) ke Indonesia
|
4.5
Mengolah informasi tentang proses masuk dan perkembangan penjajahan bangsa
Eropa (Portugis, Spanyol, Belanda, Inggris) ke Indonesia dan menyajikannya
dalam bentuk cerita sejarah)
|
|||
|
3.6
Menganalisis karakteristik
kehidupan masyarakat, pemerintahan, dan kebudayaan pada masa
kerajaan-kerajaan Hindu-Buddha di Indonesia serta menunjukkan contoh
bukti-bukti yang masih berlaku pada kehidupan masyarakat Indonesia masa kini.
|
4.6 Mengolah informasi mengenai proses masuk dan perkembangan kerajaan Islam
dengan menerapkan cara berpikir kronologis, dan pengaruhnya pada kehidupan masyarakat
Indonesia masa kini serta mengemukakannya dalam bentuk tulisan.
|
3.6
Menganalisis dampak politik, budaya, sosial, ekonomi, dan pendidikan pada
masa penjajahan bangsa Eropa (Portugis, Spanyol, Belanda, Inggris) dalam
kehidupan bangsa Indonesia masa kini
|
4.6 Menyajikan
hasil analisis dampak politik, budaya, sosial, ekonomi, dan pendidikan pada
masa penjajahan bangsa Eropa (Portugis, Spanyol, Belanda, Inggris) dalam
kehidupan bangsa
|
|||
|
3.7 Menganalisis berbagai teori tentang
proses masuk dan berkembangnya agama dan kebudayaan Islam di
Indonesia.
|
4.7 Menyajikan hasil penalaran dalam bentuk tulisan tentang nilai-nilai dan
unsur budaya yang berkembang pada masa kerajaan Hindu-Buddha dan masih berkelanjutan dalam
kehidupan bangsa Indonesia pada masa kini.
|
3.7 Menganalisis nilai-nilai sumpah pemuda dan maknanya bagi kehidupan
kebangsaan di Indonesia pada masa kini
|
4.7
Menyajikan hasil analisis nilai-nilai sumpah pemuda dan maknanya bagi
kehidupan kebangsaan di Indonesia pada masa kini.
|
|||
|
3.8 Menganalisis karakteristik kehidupan masyarakat, pemerintahan dan
kebudayaan pada masa kerajaan-kerajaan
Islam di Indonesia dan menunjukan contoh bukti-bukti yang masih
berlaku pada kehidupan masyarakat Indonesia masa kini
|
4.8 Menyajikan hasil penalaran dalam bentuk tulisan tentang nilai-nilai dan
unsur budaya yang berkembang pada masa kerajaan Islam dan masih berkelanjutan
dalam kehidupan bangsa Indonesia pada masa kini.
|
3.8
Mengevaluasi sifat pendudukan Jepang
dan respon bangsa Indonesia
|
4.8
Menyajikan hasil evaluasi tentang sifat pendudukan Jepang dan respon bangsa
Indonesia dan menyajikannya dalam bentuk cerita sejarah
|
|
||
|
|
|
3.9
Menganalisis peristiwa proklamasi kemerdekaan dan maknanya bagi kehidupan
sosial, budaya, ekonomi, politik, dan pendidikan bangsa Indonesia
|
4.9
Menyajikan hasil analisis tentang peristiwa proklamasi kemerdekaan dan
maknanya bagi kehidupan sosial, budaya, ekonomi, politik, dan pendidikan
bangsa Indonesia dan menyajikannya dalam bentuk cerita sejarah
|
|||
|
|
|
3.10
Menganalisis peristiwa pembentukan pemerintahan pertama Republik Indonesia
pada awal kemerdekaan dan maknanya bagi kehidupan kebangsaan Indonesia masa
kini
|
4.10
Menyajikan hasil analisis peristiwa pembentukan pemerintahan Republik
Indonesia pada awal kemerdekaan dan maknanya bagi kehidupan kebangsaan
Indonesia masa kini
|
|||
|
|
|
Menganalisis
strategi dan bentuk perjuangan bangsa Indonesia dalam upaya mempertahankan
kemerdekaan dari ancaman Sekutu dan Belanda
|
4.11 Mengolah informasi tentang strategi dan bentuk
perjuangan bangsa Indonesia dalam upaya mempertahankan kemerdekaan dari
ancaman Sekutu dan Belanda dan menyajikannya dalam bentuk cerita sejarah
|
|||
|
|
|
3.12
Mengevaluasi upaya bangsa indonesia dalam menghadapi ancaman disintegrasi
bangsa antara lain PKI Madiun 1948, DI/TII, APRA, Andi Aziz, RMS, PRRI,
Permesta, G-30-S/PKI
|
4.12
Merekonstruksi upaya bangsa indonesia dalam menghadapi ancaman disintegrasi bangsa
antara lain PKI Madiun 1948, DI/TII, APRA, Andi Aziz, RMS, PRRI, Permesta,
G-30-S/PKI dan menyajikannya dalam bentuk cerita sejarah
|
|||
|
|
|
3.13
Mengevaluasi peran dan nilai-nilai perjuangan tokoh nasional dan daerah dalam
mempertahankan keutuhan negara dan bangsa Indonesia pada masa 1945–1965
|
4.13
Menyajikan hasil analisis peran dan
nilai-nilai perjuangan tokoh nasional dan daerah yang berjuang mempertahankan
keutuhan negara dan bangsa Indonesia pada masa 1945–1965
|
|||
|
|
|
3.14 Mengevaluasi perkembangan kehidupan politik
dan ekonomi Bangsa Indonesia pada masa awal kemerdekaan sampai masa Demokrasi
Liberal
|
4.14
Merekonstruksi perkembangan kehidupan politik dan ekonomi Bangsa Indonesia
pada masa awal kemerdekaan sampai masa Demokrasi Liberal
|
|||
|
|
|
3.15 Mengevaluasi perkembangan kehidupan politik
dan ekonomi Bangsa Indonesia pada masa Demokrasi Terpimpin
|
4.15 Menyajikan hasil evaluasi tentang kehidupan
politik dan ekonomi Bangsa Indonesia pada masa Demokrasi Terpimpin
|
|||
|
|
|
3.16 Mengevaluasi perkembangan kehidupan politik
dan ekonomi Bangsa Indonesia pada masa Orde Baru
|
4.16
Menyajikan hasil evaluasi tentang pekembangan kehidupan politik dan ekonomi
Bangsa Indonesia pada masa Orde Baru dan menyajikannya dalam bentuk laporan
yg dipresentasikan dgn Power Point
|
|||
|
|
|
3.17 Mengevaluasi perkembangan kehidupan politik
dan ekonomi Bangsa Indonesia pada masa awal Reformasi
|
4.17 Melakukan penelitian sederhana tentang pekembangan
kehidupan politik dan ekonomi Bangsa Indonesia pada masa awal Reformasi
|
|
||
|
|
|
3.18
Mengevaluasi peran pelajar, mahasiswa, dan pemuda dalam perubahan politik dan
ketatanegaraan Indonesia
|
4.18
Menyajikan hasil evaluasi tentang peran pelajar, mahasiswa, dan pemuda dalam
perubahan politik dan ketatanegaraan Indonesia
|
|||
|
|
|
3.19
Mengevaluasi peran bangsa Indonesia dalam perdamaian dunia antara lain KAA,
Misi Garuda, Deklarasi Djuanda, Gerakan Non Blok, ASEAN, OKI, dan Jakarta
Informal Meeting
|
4.19 Menyajikan hasil evaluasi tentang peran
bangsa Indonesia dalam perdamaian dunia antara lain KAA, Misi Garuda,
Deklarasi Djuanda, Gerakan Non Blok, ASEAN, OKI, dan Jakarta Informal Meeting
|
|||
|
|
|
3.20
Mengevaluasi kehidupan Bangsa Indonesia dalam mengembangkan ilmu pengetahuan
dan teknologi pada era kemerdekaan (sejak proklamasi sampai dengan Reformasi)
|
4.20 Menyajikan hasil evaluasi tentang kehidupan
Bangsa Indonesia dalam mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi di era
kemerdekaan (sejak proklamasi sampai dengan Reformasi)
|
|||
|
Klas XI
|
|
|||||
|
3.1 Menganalisis perubahan, dan keberlanjutan dalam peristiwa sejarah pada masa
penjajahan asing hingga proklamasi kemerdekaan Indonesia.
|
4.1
Mengolah
informasi tentang peristiwa sejarah pada masa penjajahan bangsa Barat
berdasarkan konsep perubahan dan keberlanjutan, dan menyajikannya dalam bentuk cerita
sejarah.
|
|
|
Tidak ada pelajaran sejarah di kelas XI
dan XII
|
||
|
3.2 Menganalisis proses masuk dan perkembangan penjajahan
bangsa Barat (Portugis, Belanda, Inggeris) di Indonesia.
|
4.2 Mengolah informasi tentang proses masuk dan
perkembangan penjajahan bangsa Barat di Indonesia dan menyajikannya dalam
bentuk cerita sejarah.
|
|
|
|
||
|
3.3 Menganalisis strategi
perlawanan bangsa Indonesia terhadap penjajahan bangsa Barat di Indonesia
sebelum dan sesudah abad ke-20
|
4.3
Mengolah
informasi tentang strategi perlawanan bangsa Indonesia terhadap penjajahan
bangsa Barat di Indonesia sebelum dan sesudah abad ke-20 dan menyajikannya
dalam bentuk cerita sejarah.
|
|
|
|
||
|
3.3 Menganalisis persamaan dan perbedaan pendekatan dan strategi pergerakan nasional
di Indonesia pada masa awal kebangkitan nasional, Sumpah Pemuda dan sesudahnya sampai dengan Proklamasi Kemerdekaan.
|
4.4
Mengolah
informasi tentang persamaan dan perbedaan
pendekatan dan strategi pergerakan nasional di Indonesia pada masa
awal kebangkitan nasional, pada masa Sumpah Pemuda, masa
sesudahnya sampai dengan Proklamasi Kemerdekaan dan menyajikannya
dalam bentuk cerita sejarah.
|
|
|
|
||
|
3.5 Menganalisis peran tokoh-tokoh nasional dan daerah
dalam perjuangan menegakkan negara Republik Indonesia.
|
4.5 Menulis sejarah tentang
satu tokoh nasional dan tokoh dari daerahnya yang berjuang melawan
penjajahan kolonial Barat.
|
|
|
|
||
|
3.6. Menganalisis dampak
politik, budaya, sosial-ekonomi dan pendidikan pada masa penjajahan
Barat dalam kehidupan bangsa Indonesia masa kini.
|
4.6
Menalar
dampak politik, budaya, sosial-ekonomi
dan pendidikan pada masa penjajahan Barat dalam kehidupan bangsa Indonesia
masa kini dan menyajikannya dalam bentuk cerita sejarah.
|
|
|
|
||
|
3.7. Menganalisis
peristiwa proklamasi kemerdekaan
dan maknanya bagi kehidupan sosial, budaya, ekonomi, politik dan
pendidikan bangsa Indonesia.
|
4.7
Menalar
peristiwa proklamasi kemerdekaan dan
maknanya bagi kehidupan sosial, budaya, ekonomi, politik, dan pendidikan
bangsa Indonesia dan menyajikannya dalam bentuk cerita sejarah
|
|
|
|
||
|
3.8. Menganalisis
peristiwa pembentukan pemerintahan pertama Republik Indonesia dan
maknanya bagi kehidupan kebangsaan Indonesia masa kini.
|
4.8.Menalar peristiwa pembentukan pemerintahan pertama
Republik Indonesia dan maknanya bagi kehidupan kebangsaan Indonesia masa kini
dan menyajikannya dalam bentuk cerita sejarah
|
|
|
|
||
|
3.9.
Menganalisis
peran Bung Karno dan Bung Hatta sebagai proklamator serta tokoh-tokoh
proklamasi lainnya.
|
4.9. Menulis sejarah tentang perjuangan Bung Karno dan Bung Hatta.
|
|
|
|
||
|
3.10.
Menganalisis perubahan dan perkembangan politik masa
awal kemerdekaan.
|
4.10.Menalar perubahan dan perkembangan politik masa
awal proklamasi dan menyajikannya dalam bentuk cerita sejarah.
|
|
|
|
||
|
3.11.
Menganalisis perjuangan bangsa Indonesia dalam upaya
mempertahankan kemerdekaan dari ancaman Sekutu dan Belanda.
|
4.9. Mengolah informasi tentang perjuangan bangsa Indonesia
dalam upaya mempertahankan kemerdekaan dari ancaman, Sekutu, Belanda dan
menyajikannya dalam bentuk cerita sejarah.
|
|
|
|
||
|
Klas XII
|
|
|
|
|||
|
3.1
Mengevaluasi
upaya bangsa Indonesia dalam menghadapi ancaman disintegrasi bangsa terutama
dalam bentuk pergolakan dan pemberontakan .
|
4.1 Merekonstruksi
upaya bangsa Indonesia dalam menghadapi ancaman disintegrasi bangsa
terutama dalam bentuk pergolakan dan pemberontakan (antara lain: PKI Madiun
1948, DI/TII, APRA, Andi Aziz, RMS, PRRI, Permesta, G-30-S/PKI) dan
menyajikannya dalam bentuk cerita sejarah.
|
|
|
|
||
|
3.2. Mengevaluasi peran tokoh Nasional dan Daerah yang
berjuang mempertahankan keutuhan negara dan bangsa Indonesia pada masa 1948 –
1965.
|
4.2.Menulis
sejarah tentang tokoh nasional dan
daerah yang berjuang mempertahankan keutuhan negara dan bangsa Indonesia pada
masa 1948 – 1965
|
|
|
|
||
|
3.3
Mengevaluasi perkembangan kehidupan politik dan ekonomi bangsa Indonesia pada
masa Demokrasi Liberal.
|
4.3. Merekonstruksi
perkembangan kehidupan politik
dan ekonomi bangsa Indonesia pada masa Demokrasi Liberal dan menyajikannya
dalam bentuk laporan tertulis.
|
|
|
|
||
|
3.4
Mengevaluasi perkembangan kehidupan politik dan ekonomi
bangsa Indonesia pada masa Demokrasi Terpimpin.
|
4.4. Melakukan penelitian sederhana tentang kehidupan
politik dan ekonomi bangsa Indonesia pada masa Demokrasi Terpimpin dan
menyajikannya dalam bentuk laporan tertulis.
|
|
|
|
||
|
3.5
Mengevaluasi kehidupan politik dan ekonomi bangsa Indonesia pada masa Orde Baru.
|
4.5. Melakukan penelitian sederhana tentang kehidupan
politik dan ekonomi bangsa Indonesia
pada masa Orde Baru dan menyajikannya dalam bentuk laporan tertulis.
|
|
|
|
||
|
3.6
Mengevaluasi kehidupan politik dan ekonomi bangsa Indonesia pada masa awal Reformasi.
|
4.6. Melakukan penelitian sederhana tentang kehidupan
politik dan ekonomi bangsa Indonesia
pada masa awal Reformasi dan menyajikannya dalam bentuk laporan tertulis.
|
|
|
|
||
|
3.7. Mengevaluasi peran pelajar, mahasiswa dan tokoh
masyarakat dalam perubahan politik dan ketatanegaraan Indonesia.
|
3.7. Menulis sejarah tentang peran pelajar, mahasiswa dan
tokoh masyarakat dalam perubahan politik dan ketatanegaraan Indonesia.
|
|
|
|
||
|
3.8. Mengevaluasi
kontribusi bangsa Indonesia
dalam perdamaian dunia diantaranya ; ASEAN, Non Blok
dan Misi Garuda.
|
4.8Menyajikan hasil telaah tentang kontribusi bangsa Indonesia dalam perdamaian dunia
diantaranya ; ASEAN, Non Blok, dan
Misi Garuda serta menyajikannya dalam bentuk laporan tertulis.
|
|
|
|
||
|
3.9. Mengevaluasi
perubahan demokrasi Indonesia dari tahun 1950 sampai dengan era
Reformasi
|
3.9, Membuat
studi komparasi tentang ide dan gagasan perubahan demokrasi Indonesia
1950 sampai dengan era Reformasi dalam bentuk laporan tertulis.
|
|
|
|
||