PERUBAHAN KUR-13 SMK MENJADI KURIKULUM 13 SMK (PERBAIKAN 2017) Mata Pelajaran : Sejarah Indonesia

PERUBAHAN KUR-13 SMK MENJADI KURIKULUM 13 SMK (PERBAIKAN 2017)

Mata Pelajaran    :    Sejarah Indonesia
Aspek
Kurikulum 2013
Kurikulum 2013 (Perbaikan 2017)
Alasan
Jml Jam/Mg/Smt
Total Jam
Jml Jam/Mg/Smt
Total jam
A.     Waktu





1.    Jumlah Jam
2 JP/mg x 6 Smt
212
3 JP/mg x 2Smt (1 dan 2)
 108
Mengalami perubahan, karena disesuaikan dengan Perubahan Struktur Kurikulum 2013 revisi ( SK Dirjen Dikdasmen Nomor 130/D/KEP/2017)
Mapel Sejarah Indonesia di SMK dititikberatkan pada penanaman nilai-nilai kejuangan, pemahaman sejarah perjuangan bangsa, dan kemampuan mewujudkan karakter pribadi yang cinta bangsa dan negara. Tidak terpaku pada pembelajaran episode kesejarahan.
2.    Durasi (berapa semester di semester berapa)
6 semester (semester 1,2,3,4,5, dan 6)
2 semester ( semsester 1 dan semester 2)

B.   Kompetensi Dasar (KD)



1.      Jumlah KD
Klas X :  KD1=2, KD2=3, KD3= 8, KD4= 8
Klas XI  :  KD1=1, KD 2=5, KD 3= 11, KD 4= 11
Klas XII :  KD1=1, KD 2=3, KD 3= 9, KD 4= 9
KD 3 =20
KD 4 = 20
Ada perubahan KD 1 dan KD 2 dihilangkan

                                              KELAS X


2. Materi KD
3.1 Memahami dan menerapkan konsep berpikir kronologis (diakronik), sinkronik, ruang dan waktu  dalam  sejarah.

4.1 Menyajikan informasi mengenai keterkaitan antara konsep berpikir kronologis (diakronik ) , sinkronik, ruang dan waktu dalam sejarah .

3.1  Memahami konsep dasar sejarah (berpikir kronologis, diakronik, sinkronik, ruang dan waktu serta perubahan dan keberlanjutan )

4.1 Menyajikan hasil pemahaman tentang konsep dasar sejarah(berpikir kronologis, diakronik, sinkronik, ruang dan waktu serta perubahan dan keberlanjutan )


3.2    Memahami corak kehidupan masyarakat pada zaman praaksara.

4.2 Menyajikan hasil penalaran mengenai corak kehidupan masyarakat pada zaman praaksara dalam bentuk tulisan.
3.2 Menganalisis kehidupan manusia dan  hasil-hasil budaya  masyarakat Pra Aksara Indonesia
4.2 Menyajikan informasi mengenai manusia dan hasil-hasil budaya khususnya  masyarakat Pra Aksara Indonesia

3,3 Menganalisis  asal-usul nenek  moyang bangsa Indonesia (Proto, Deutero Melayu dan Melanesoid).

4.3  Menyajikan kesimpulan-kesimpulan dari informasi mengenai asal-usul nenek  moyang bangsa Indonesia (Proto, Deutero Melayu  dan Melanesoid) dalam bentuk tulisan.

3.3 Menganalisis berbagai teori tentang proses masuknya agama dan kebudayaan Hindu dan Buddha serta pengaruhnya terhadap kehidupan masyarakat  Indonesia (pemerintahan, budaya)
4.3 Menyajikan hasil analisis berbagai teori  masuknya agama dan kebudayaan Hindu dan Buddha serta pengaruhnya terhadap kehidupan masyarakat  Indonesia (pemerintahan, budaya)

3.4  Menganalisis berdasarkan tipologi hasil budaya Praaksara Indonesia termasuk yang berada di lingkungan terdekat.

4.4  Menalar informasi mengenai hasil budaya Praaksara Indonesia termasuk yang berada di lingkungan terdekat dan  menyajikannya dalam bentuk tertulis
3.4 Menganalisis berbagai teoritentang proses masuknya agama dan kebudayaan Islam serta pengaruhnya terhadap kehidupan masyarakat  Indonesia (ekonomi, pemerintahan, budaya)
4.4 Menyajikan hasil analisis berbagai teori tentang proses masuknya agama dan kebudayaan Islam serta pengaruhnya terhadap kehidupan masyarakat  Indonesia(ekonomi, pemerintahan, budaya

3.5  Menganalisis berbagai teori tentang proses masuk dan berkembangnya agama dan kebudayaan  Hindu-Buddha di Indonesia
4.5  Mengolah informasi mengenai proses masuk dan perkembangan kerajaan Hindu-Buddha dengan menerapkan cara berpikir kronologis, dan pengaruhnya pada kehidupan masyarakat Indonesia masa kini serta mengemukakannya dalam bentuk tulisan.
3.5 Menganalisis proses masuk dan perkembangan penjajahan bangsa Eropa (Portugis, Spanyol, Belanda, Inggris) ke Indonesia

4.5 Mengolah informasi tentang proses masuk dan perkembangan penjajahan bangsa Eropa (Portugis, Spanyol, Belanda, Inggris) ke Indonesia dan menyajikannya dalam bentuk cerita sejarah)

3.6         Menganalisis karakteristik kehidupan masyarakat, pemerintahan, dan kebudayaan  pada masa  kerajaan-kerajaan Hindu-Buddha di Indonesia serta menunjukkan contoh bukti-bukti yang masih berlaku pada kehidupan masyarakat Indonesia masa kini.
4.6  Mengolah informasi mengenai proses masuk dan perkembangan kerajaan Islam dengan menerapkan cara berpikir kronologis, dan  pengaruhnya pada kehidupan masyarakat Indonesia masa kini serta mengemukakannya dalam bentuk tulisan.

3.6 Menganalisis dampak politik, budaya, sosial, ekonomi, dan pendidikan pada masa penjajahan bangsa Eropa (Portugis, Spanyol, Belanda, Inggris) dalam kehidupan bangsa Indonesia masa kini

4.6  Menyajikan hasil analisis dampak politik, budaya, sosial, ekonomi, dan pendidikan pada masa penjajahan bangsa Eropa (Portugis, Spanyol, Belanda, Inggris) dalam kehidupan bangsa


3.7  Menganalisis berbagai teori tentang  proses masuk dan berkembangnya agama dan kebudayaan Islam di Indonesia.
4.7  Menyajikan hasil penalaran dalam bentuk tulisan tentang nilai-nilai dan unsur budaya yang berkembang pada masa kerajaan  Hindu-Buddha dan masih berkelanjutan dalam kehidupan bangsa Indonesia pada masa kini.

3.7   Menganalisis nilai-nilai    sumpah pemuda dan maknanya bagi kehidupan kebangsaan di Indonesia pada masa kini

4.7 Menyajikan hasil analisis nilai-nilai sumpah pemuda dan maknanya bagi kehidupan kebangsaan di Indonesia pada masa kini.


3.8  Menganalisis  karakteristik  kehidupan masyarakat, pemerintahan dan kebudayaan  pada masa kerajaan-kerajaan Islam  di Indonesia dan  menunjukan contoh bukti-bukti yang masih berlaku pada kehidupan masyarakat Indonesia masa kini
4.8     Menyajikan hasil penalaran dalam bentuk tulisan tentang nilai-nilai dan unsur budaya yang berkembang pada masa kerajaan Islam dan masih berkelanjutan dalam kehidupan bangsa Indonesia pada masa kini.
              
3.8 Mengevaluasi  sifat pendudukan Jepang dan respon bangsa Indonesia


4.8 Menyajikan hasil evaluasi tentang sifat pendudukan Jepang dan respon bangsa Indonesia dan menyajikannya dalam bentuk cerita sejarah





3.9 Menganalisis peristiwa proklamasi kemerdekaan dan maknanya bagi kehidupan sosial, budaya, ekonomi, politik, dan pendidikan bangsa Indonesia

4.9 Menyajikan hasil analisis tentang peristiwa proklamasi kemerdekaan dan maknanya bagi kehidupan sosial, budaya, ekonomi, politik, dan pendidikan bangsa Indonesia dan menyajikannya dalam bentuk cerita sejarah



3.10 Menganalisis peristiwa pembentukan pemerintahan pertama Republik Indonesia pada awal kemerdekaan dan maknanya bagi kehidupan kebangsaan Indonesia masa kini

4.10 Menyajikan hasil analisis peristiwa pembentukan pemerintahan Republik Indonesia pada awal kemerdekaan dan maknanya bagi kehidupan kebangsaan Indonesia masa kini




Menganalisis strategi dan bentuk perjuangan bangsa Indonesia dalam upaya mempertahankan kemerdekaan dari ancaman Sekutu dan Belanda
4.11 Mengolah informasi tentang strategi dan bentuk perjuangan bangsa Indonesia dalam upaya mempertahankan kemerdekaan dari ancaman Sekutu dan Belanda dan menyajikannya dalam bentuk cerita sejarah




3.12 Mengevaluasi upaya bangsa indonesia dalam menghadapi ancaman disintegrasi bangsa antara lain PKI Madiun 1948, DI/TII, APRA, Andi Aziz, RMS, PRRI, Permesta, G-30-S/PKI

4.12 Merekonstruksi upaya bangsa indonesia dalam menghadapi ancaman disintegrasi bangsa antara lain PKI Madiun 1948, DI/TII, APRA, Andi Aziz, RMS, PRRI, Permesta, G-30-S/PKI dan menyajikannya dalam bentuk cerita sejarah




3.13 Mengevaluasi peran dan nilai-nilai perjuangan tokoh nasional dan daerah dalam mempertahankan keutuhan negara dan bangsa Indonesia pada masa 1945–1965

4.13 Menyajikan hasil analisis  peran dan nilai-nilai perjuangan tokoh nasional dan daerah yang berjuang mempertahankan keutuhan negara dan bangsa Indonesia pada masa 1945–1965




3.14  Mengevaluasi perkembangan kehidupan politik dan ekonomi Bangsa Indonesia pada masa awal kemerdekaan sampai masa Demokrasi Liberal

4.14 Merekonstruksi perkembangan kehidupan politik dan ekonomi Bangsa Indonesia pada masa awal kemerdekaan sampai masa Demokrasi Liberal



3.15  Mengevaluasi perkembangan kehidupan politik dan ekonomi Bangsa Indonesia pada masa Demokrasi Terpimpin

4.15  Menyajikan hasil evaluasi tentang kehidupan politik dan ekonomi Bangsa Indonesia pada masa Demokrasi Terpimpin



3.16  Mengevaluasi perkembangan kehidupan politik dan ekonomi Bangsa Indonesia pada masa Orde Baru
4.16 Menyajikan hasil evaluasi tentang pekembangan kehidupan politik dan ekonomi Bangsa Indonesia pada masa Orde Baru dan menyajikannya dalam bentuk laporan yg dipresentasikan dgn Power Point




3.17  Mengevaluasi perkembangan kehidupan politik dan ekonomi Bangsa Indonesia pada masa awal Reformasi

4.17 Melakukan penelitian sederhana tentang pekembangan kehidupan politik dan ekonomi Bangsa Indonesia pada masa awal Reformasi




3.18 Mengevaluasi peran pelajar, mahasiswa, dan pemuda dalam perubahan politik dan ketatanegaraan Indonesia

4.18 Menyajikan hasil evaluasi tentang peran pelajar, mahasiswa, dan pemuda dalam perubahan politik dan ketatanegaraan Indonesia



3.19 Mengevaluasi peran bangsa Indonesia dalam perdamaian dunia antara lain KAA, Misi Garuda, Deklarasi Djuanda, Gerakan Non Blok, ASEAN, OKI, dan Jakarta Informal Meeting

4.19  Menyajikan hasil evaluasi tentang peran bangsa Indonesia dalam perdamaian dunia antara lain KAA, Misi Garuda, Deklarasi Djuanda, Gerakan Non Blok, ASEAN, OKI, dan Jakarta Informal Meeting



3.20 Mengevaluasi kehidupan Bangsa Indonesia dalam mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi pada era kemerdekaan (sejak proklamasi sampai dengan Reformasi)

4.20  Menyajikan hasil evaluasi tentang kehidupan Bangsa Indonesia dalam mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi di era kemerdekaan (sejak proklamasi sampai dengan Reformasi)


Klas XI


3.1 Menganalisis  perubahan, dan keberlanjutan  dalam peristiwa sejarah pada masa penjajahan asing hingga proklamasi kemerdekaan Indonesia.
4.1           Mengolah informasi tentang peristiwa sejarah pada masa penjajahan bangsa Barat berdasarkan konsep perubahan dan keberlanjutan,  dan menyajikannya dalam bentuk cerita sejarah.



Tidak ada pelajaran sejarah di kelas XI dan XII


3.2    Menganalisis proses masuk dan perkembangan penjajahan bangsa Barat (Portugis, Belanda, Inggeris) di Indonesia.

4.2    Mengolah informasi tentang proses masuk dan perkembangan penjajahan bangsa Barat di Indonesia dan menyajikannya dalam bentuk  cerita sejarah.






3.3 Menganalisis strategi perlawanan bangsa Indonesia terhadap penjajahan bangsa Barat di Indonesia sebelum dan sesudah abad ke-20


4.3        Mengolah informasi tentang strategi perlawanan bangsa Indonesia terhadap penjajahan bangsa Barat di Indonesia sebelum dan sesudah abad ke-20 dan menyajikannya dalam bentuk cerita sejarah.






3.3    Menganalisis persamaan dan perbedaan  pendekatan dan strategi pergerakan nasional di Indonesia pada masa awal kebangkitan nasional,  Sumpah Pemuda dan sesudahnya sampai dengan  Proklamasi Kemerdekaan.

4.4        Mengolah informasi tentang persamaan dan perbedaan  pendekatan dan strategi pergerakan nasional di Indonesia pada masa awal kebangkitan nasional, pada masa Sumpah Pemuda,  masa  sesudahnya sampai dengan Proklamasi Kemerdekaan dan menyajikannya dalam bentuk cerita sejarah.





3.5    Menganalisis peran tokoh-tokoh nasional dan daerah dalam perjuangan menegakkan negara Republik Indonesia.

4.5    Menulis sejarah tentang  satu tokoh nasional dan tokoh dari daerahnya yang berjuang melawan penjajahan kolonial Barat.




3.6.  Menganalisis dampak  politik, budaya, sosial-ekonomi dan pendidikan pada masa penjajahan Barat dalam kehidupan bangsa Indonesia masa kini.


4.6        Menalar dampak  politik, budaya, sosial-ekonomi dan pendidikan pada masa penjajahan Barat dalam kehidupan bangsa Indonesia masa kini dan menyajikannya dalam bentuk cerita sejarah.









3.7.  Menganalisis  peristiwa proklamasi kemerdekaan  dan maknanya bagi kehidupan sosial, budaya, ekonomi, politik dan pendidikan bangsa Indonesia.

4.7        Menalar peristiwa proklamasi kemerdekaan  dan maknanya bagi kehidupan sosial, budaya, ekonomi, politik, dan pendidikan bangsa Indonesia dan menyajikannya dalam bentuk cerita sejarah




3.8.  Menganalisis  peristiwa pembentukan pemerintahan pertama Republik Indonesia dan maknanya bagi kehidupan kebangsaan Indonesia masa kini.
4.8.Menalar peristiwa pembentukan pemerintahan pertama Republik Indonesia dan maknanya bagi kehidupan kebangsaan Indonesia masa kini dan menyajikannya dalam bentuk cerita sejarah





3.9.        Menganalisis peran Bung Karno dan Bung Hatta sebagai proklamator serta tokoh-tokoh proklamasi lainnya.

4.9.  Menulis sejarah tentang perjuangan  Bung Karno dan Bung Hatta.






3.10.                 Menganalisis  perubahan dan perkembangan politik masa awal kemerdekaan.

4.10.Menalar perubahan dan perkembangan politik masa awal proklamasi dan menyajikannya dalam bentuk cerita sejarah.





3.11.                 Menganalisis  perjuangan bangsa Indonesia dalam upaya mempertahankan kemerdekaan dari ancaman Sekutu dan Belanda.

4.9.  Mengolah informasi tentang perjuangan bangsa Indonesia dalam upaya mempertahankan kemerdekaan dari ancaman, Sekutu, Belanda dan menyajikannya dalam bentuk cerita sejarah.





Klas XII




3.1           Mengevaluasi upaya bangsa Indonesia dalam menghadapi ancaman disintegrasi bangsa terutama dalam bentuk pergolakan dan pemberontakan .

4.1      Merekonstruksi   upaya bangsa Indonesia dalam menghadapi ancaman disintegrasi bangsa terutama dalam bentuk pergolakan dan pemberontakan (antara lain: PKI Madiun 1948, DI/TII, APRA, Andi Aziz, RMS, PRRI, Permesta, G-30-S/PKI) dan menyajikannya dalam bentuk cerita sejarah.





3.2. Mengevaluasi peran tokoh Nasional dan Daerah yang berjuang mempertahankan keutuhan negara dan bangsa Indonesia pada masa 1948 – 1965.
 4.2.Menulis sejarah  tentang tokoh nasional dan daerah yang berjuang mempertahankan keutuhan negara dan bangsa Indonesia pada masa 1948 – 1965




3.3           Mengevaluasi  perkembangan kehidupan  politik dan ekonomi bangsa Indonesia pada masa Demokrasi Liberal.


4.3.  Merekonstruksi   perkembangan kehidupan  politik dan ekonomi bangsa Indonesia pada masa Demokrasi Liberal dan menyajikannya dalam bentuk laporan tertulis.






3.4           Mengevaluasi  perkembangan kehidupan politik dan ekonomi bangsa Indonesia pada masa Demokrasi Terpimpin.

4.4.  Melakukan penelitian sederhana tentang kehidupan politik dan ekonomi bangsa Indonesia pada masa Demokrasi Terpimpin dan menyajikannya dalam bentuk laporan tertulis.





3.5         Mengevaluasi  kehidupan politik dan ekonomi  bangsa Indonesia pada masa Orde Baru.

4.5.    Melakukan penelitian sederhana tentang kehidupan politik dan ekonomi  bangsa Indonesia pada masa Orde Baru dan menyajikannya dalam bentuk laporan  tertulis.





3.6         Mengevaluasi  kehidupan politik dan ekonomi  bangsa Indonesia pada masa awal Reformasi.

4.6.    Melakukan penelitian sederhana tentang kehidupan politik dan ekonomi  bangsa Indonesia pada masa awal Reformasi dan menyajikannya dalam bentuk laporan tertulis.





3.7.  Mengevaluasi peran pelajar, mahasiswa dan tokoh masyarakat dalam perubahan politik dan ketatanegaraan Indonesia.

3.7.  Menulis sejarah tentang peran pelajar, mahasiswa dan tokoh masyarakat dalam perubahan politik dan ketatanegaraan Indonesia.





3.8.  Mengevaluasi  kontribusi  bangsa Indonesia dalam perdamaian dunia diantaranya ; ASEAN, Non  Blok  dan Misi Garuda.

4.8Menyajikan hasil telaah tentang kontribusi  bangsa Indonesia dalam perdamaian dunia diantaranya ; ASEAN, Non  Blok, dan Misi Garuda serta menyajikannya dalam bentuk laporan  tertulis.





3.9.  Mengevaluasi  perubahan demokrasi Indonesia dari tahun 1950 sampai dengan era Reformasi.

3.9, Membuat  studi komparasi tentang ide dan gagasan perubahan demokrasi Indonesia 1950 sampai dengan era Reformasi dalam bentuk laporan tertulis.