KOMPETENSI INTI
DAN KOMPETENSI DASAR
SEKOLAH MENENGAH
KEJURUAN/MADRASAH ALIYAH KEJURUAN
Bidang
Keahlian : Seluruh
Bidang Keahlian
Program
Keahlian : Seluruh Program Keahlian
Kompetensi Keahlian :
Seluruh Kompetensi Keahlian (4 Tahun)
Mata
Pelajaran : Bahasa Indonesia
Tujuan
kurikulum mencakup empat aspek kompetensi, yaitu (1) aspek kompetensi sikap
spiritual, (2) sikap sosial, (3) pengetahuan, dan (4) keterampilan. Aspek-aspek
kompetensi tersebut dicapai melalui proses pembelajaran intrakurikuler, kokurikuler,
dan ekstrakurikuler.
Rumusan kompetensi
sikap spiritual yaitu, “Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya”. Sedangkan rumusan kompetensi sikap sosial
yaitu, “Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, santun,
peduli (gotong royong, kerja sama, toleran, damai), bertanggung-jawab,
responsif, dan proaktif melalui keteladanan, pemberian nasihat, penguatan,
pembiasaan, dan pengkondisian secara berkesinambungan serta menunjukkan sikap
sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara
efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai
cerminan bangsa dalam pergaulan dunia”.
Kedua kompetensi tersebut dicapai melalui pembelajaran tidak langsung (indirect teaching) yaitu keteladanan,
pembiasaan, dan budaya sekolah, dengan memperhatikan karakteristik mata
pelajaran serta kebutuhan dan kondisi peserta didik.
Penumbuhan dan
pengembangan kompetensi sikap dilakukan sepanjang proses pembelajaran
berlangsung, dan dapat digunakan sebagai pertimbangan guru dalam mengembangkan
karakter peserta didik lebih lanjut.
KOMPETENSI INTI
3
(PENGETAHUAN)
|
KOMPETENSI INTI
4
(KETERAMPILAN)
|
3.
Memahami, menerapkan,
menganalisis, dan mengevaluasi tentang pengetahuan faktual, konseptual, operasional dasar, dan metakognitif
sesuai dengan bidang dan lingkup kajian bahasa Indonesia pada tingkat teknis, spesifik, detil, dan kompleks,
berkenaan dengan ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora
dalam konteks pengembangan potensi diri sebagai bagian dari keluarga,
sekolah, dunia kerja, warga masyarakat nasional, regional, dan internasional.
|
4.
Melaksanakan tugas
spesifik dengan menggunakan alat, informasi, dan prosedur kerja yang lazim
dilakukan serta
memecahkan masalah sesuai dengan bidang kajian bahasa Indonesia.
Menampilkan kinerja di
bawah bimbingan dengan mutu dan kuantitas yang terukur sesuai dengan standar
kompetensi kerja.
Menunjukkan keterampilan
menalar, mengolah, dan menyaji secara efektif, kreatif, produktif,
kritis, mandiri, kolaboratif, komunikatif, dan solutif
dalam ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di
sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan
langsung.
Menunjukkan
keterampilan mempersepsi, kesiapan, meniru, membiasakan, gerak mahir, menjadikan gerak alami dalam ranah konkret terkait dengan
pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan
tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.
|
KOMPETENSI DASAR
|
KOMPETENSI DASAR
|
ALOKASI
WAKTU
(JP)
|
3.1 Memahami laporan
hasil observasi berkaitan dengan bidang
pekerjaan yang dipresentasikan
dengan lisan dan tulis
|
4.1 Menyajikan isi teks (intisari) laporan
hasil observasi berkaitan dengan bidang
pekerjaan berdasarkan interpretasi baik secara lisan
maupun tulis
|
8
|
3.2 Menganalisis isi dan aspek kebahasaan dari
minimal dua teks laporan hasil observasi berkaitan dengan bidang pekerjaan
|
4.2 Mengonstruksikan teks laporan observasi berkaitan bidang pekerjaan dengan memerhatikan isi dan aspek kebahasaan
baik lisan maupun tulis
|
8
|
3.3 Mendeskripsikan(permasalahan,
argumentasi, pengetahuan, dan rekomendasi) teks eksposisi berkaitan dengan bidang pekerjaan yang didengar dan atau dibaca
|
4.3 Mengembangkan isi (permasalahan, argumen,
pengetahuan, dan rekomendasi) teks eksposisi berkaitan dengan bidang pekerjaan secara lisan dan/tulis
|
8
|
3.4 Menganalisis
struktur dan kebahasaan teks eksposisi yang berkaitan dengan bidang pekerjaan
|
4.4 Mengonstruksikan teks eksposisi berkaitan bidang pekerjaan dengan memerhatikan isi (permasalahan,
argumen, pengetahuan, dan rekomendasi), struktur dan kebahasaan
|
8
|
3.5 Menganalisis teks
anekdot dari aspek makna tersirat
|
4.5 Mengonstruksi makna tersirat dalam sebuah teks
anekdot baik lisan maupun tulis
|
8
|
3.6 Mengevaluasi struktur
dan kebahasaan teks anekdot
|
4.6 Menciptakan kembali teks anekdot dengan
memerhatikan struktur, dan kebahasaan baik lisan maupun tulis.
|
8
|
3.7 Mendeskripsikan
nilai-nilai dan isi yang terkandung dalam cerita rakyat (hikayat) baik lisan
maupun tulis
|
4.7 Menceritakan kembali isi cerita rakyat (hikayat)
yang didengar dan dibaca
|
8
|
3.8 Membandingkan nilai-nilai dan kebahasaan cerita
rakyat dan cerpen
|
4.8 Mengembangkan cerita rakyat (hikayat) ke dalam
bentuk cerpen dengan memerhatikan isi dan nilai-nilai
|
8
|
3.9 Menguraikan
butir-butir penting dari dua buku nonfiksi (buku pengayaan) dan satu novel
|
4.9 Menyusun ikhtisar dari dua buku nonfiksi (buku
pengayaan) dan ringkasan dari satu novel yang dibaca
|
8
|
3.10 Menganalisis pengajuan, penawaran dan persetujuan dalam
teks negosiasi berkaitan dengan bidang pekerjaan lisan maupun tertulis
|
4.10 Menyampaikan pengajuan, penawaran, persetujuan
dan penutup dalam teks negosiasi berkaitan dengan bidang pekerjaan secara lisan atau tulis
|
8
|
3.11 Mengevaluasi isi, struktur (orientasi, pengajuan, penawaran, persetujuan, penutup) dan kebahasaan teks negosiasi berkaitan dengan bidang pekerjaan
|
4.11 Mengonstruksikan teks negosiasi berkaitan dengan bidang pekerjaan dengan memerhatikan isi, struktur (orientasi, pengajuan, penawaran, persetujuan, penutup) dan kebahasaan
|
8
|
3.12 Menganalisis permasalahan/
isu, sudut pandang dan argumen beberapa
pihak dan simpulan dari debat berkaitan dengan bidang pekerjaan untuk menemukan esensi dari debat
|
4.12 Mengonstruksi permasalahan/isu, sudut pandang
dan argumen beberapa pihak, dan
simpulan dari debat berkaitan dengan bidang
pekerjaan secara lisan untuk menunjukkan esensi dari
debat
|
8
|
3.13 Menganalisis
isi debat berkaitan dengan bidang
pekerjaan (permasalahan/isu, sudut pandang dan argumen beberapa pihak, dan simpulan )
|
4.13 Mengembangkan permasalahan/ isu dari berbagai
sudut pandang yang dilengkapi argumen dalam berdebat berkaitan dengan bidang pekerjaan
|
8
|
3.14 Menganalisis butir-butir penting yang dapat diteladani dari teks biografi berkaitan dengan bidang pekerjaan
|
4.14 Menyajikan hal-hal yang
dapat diteladani dari tokoh yang
terdapat dalam teks biografi berkaitan dengan bidang pekerjaan yang dibaca secara tertulis
|
8
|
3.15 Menganalisis aspek makna dan kebahasaan dalam
teks biografi berkaitan dengan bidang
pekerjaan
|
4.15 Membuat teks
biografi berkaitan dengan bidang
pekerjaan baik lisan maupun tulis
|
8
|
3.16 Menganalisis
suasana, tema, dan makna beberapa puisi yang terkandung dalam antologi puisi yang diperdengarkan
atau dibaca
|
4.16 Mendemonstrasikan (membacakan atau
memusikalisasikan) satu puisi dari antologi puisi atau kumpulan puisi
dengan memerhatikan vokal, ekspresi,
dan intonasi (tekanan dinamik dan tekanan tempo)
|
8
|
3.17 Menganalisis
unsur pembangun puisi
|
4.17 Menulis puisi dengan memerhatikan unsur
pembangunnya (tema, diksi, gaya bahasa, imaji, struktur, perwajahan)
|
8
|
3.18 Menganalisis isi dari minimal satu buku fiksi
dan satu buku nonfiksi yang sudah dibaca
|
4.18 Menyajikan
replikasi isi buku ilmiah yang dibaca dalam bentuk resensi
|
8
|
|
|
|
3.19 Menganalisis
informasi berupa pernyataan-pernyataan umum dan tahapan-tahapan dalam teks
prosedur berkaitan dengan bidang
pekerjaan
|
4.19 Merancang pernyataan umum dan tahapan-tahapan
dalam teks prosedur berkaitan bidang pekerjaan dengan organisasi yang tepat secara lisan dan
tulis
|
6
|
3.20 Menganalisis struktur dan kebahasaan teks
prosedur berkaitan dengan bidang
pekerjaan
|
4.20 Mengembangkan teks prosedur berkaitan bidang pekerjaan dengan memerhatikan hasil analisis terhadap
isi, struktur, dan kebahasaan
|
6
|
3.21 Menganalisis
informasi (pengetahuan dan urutan kejadian) dalam teks ekplanasi berkaitan dengan bidang pekerjaan lisan dan tulis
|
4.21 Mengkonstruksi informasi (pengetahuan dan urutan kejadian) dalam teks
eksplanasi berkaitan dengan bidang
pekerjaan secara lisan dan tulis
|
6
|
3.22 Menganalisis struktur dan kebahasaan teks eksplanasi berkaitan dengan bidang pekerjaan
|
4.22 Memproduksi teks eksplanasi berkaitan dengan bidang pekerjaan secara lisan atau tulis
dengan memerhatikan struktur dan kebahasaan
|
6
|
3.23 Menganalisis
informasi berupa permasalahan aktual yang disajikan dalam ceramah berkaitan dengan bidang pekerjaan
|
4.23 Menyusun bagian-bagian penting dari permasalahan aktual sebagai bahan untuk disajikan dalam ceramah berkaitan dengan bidang pekerjaan
|
6
|
3.24 Menganalisis isi, struktur, dan kebahasaan dalam
ceramah berkaitan dengan bidang pekerjaan
|
4.24 Mengonstruksi ceramah berkaitan bidang pekerjaan dengan memerhatikan aspek kebahasaan dan
menggunakan struktur yang tepat
|
6
|
3.25 Mendeskripsikan
butir-butir penting dari satu buku pengayaan (nonfiksi)
berkaitan dengan bidang
pekerjaan yang dibaca
|
4.25 Menyajikan butir-butir penting dari satu buku pengayaan (nonfiksi) berkaitan dengan bidang pekerjaan
|
6
|
3.26 Menemukan
butir-butir penting dari dua buku pengayaan berkaitan dengan bidang pekerjaan (nonfiksi) yang dibaca
|
4.26 Menyajikan persamaan dan perbedaan isi dua buku
pengayaan berkaitan dengan bidang pekerjaan (nonfiksi) yang dibaca
|
6
|
3.27 Menganalisis pesan dari satu buku
fiksi yang dibaca
|
4.27 Menyusun ulasan terhadap pesan dari satu buku fiksi
yang dibaca
|
6
|
3.28 Mendeskripsikan informasi
penting yang ada dalam proposal kegiatan atau penelitian berkaitan dengan bidang pekerjaan
|
4.28 Melengkapi informasi dalam proposal berkaitan dengan bidang pekerjaan supaya
lebih efektif
|
6
|
3.29 Menganalisis isi,
sistematika, dan kebahasaan suatu proposal berkaitan dengan bidang pekerjaan
|
4.29 Merancang sebuah proposal karya ilmiah berkaitan bidang pekerjaan dengan memerhatikan informasi, tujuan, dan
esensi karya ilmiah yang diperlukan
|
6
|
3.30 Menganalisis
informasi, tujuan dan esensi sebuah karya ilmiah berkaitan dengan bidang pekerjaan yang dibaca
|
4.30 Merancang informasi, tujuan, dan esensi yang
harus disajikan dalam karya ilmiah berkaitan dengan bidang pekerjaan
|
6
|
3.31 Menganalisis sistematika dan kebahasaan karya
ilmiah berkaitan dengan bidang
pekerjaan
|
4.31 Mengonstruksi sebuah karya ilmiah berkaitan bidang pekerjaan dengan memerhatikan isi, sistematika, dan
kebahasaan
|
6
|
3.32 Membandingkan isi berbagai resensi berkaitan dengan bidang pekerjaan untuk menemukan sistematika sebuah resensi
|
4.32 Menyajikan isi
sebuah resensi berkaitan bidang pekerjaan dengan memerhatikan hasil perbandingan beberapa
teks resensi
|
6
|
3.33 Menganalisis kebahasaan resensi dalam kumpulan cerpen atau novel setidaknya dua karya yang berbeda
|
4.33 Mengkonstruksi sebuah resensi dari
buku kumpulan cerita pendek atau novel
yang sudah dibaca
|
6
|
3.34 Menganalisis alur cerita, babak demi babak, dan konflik dalam drama yang dibaca atau ditonton
|
4.34 Mempertunjukkan salah satu tokoh
dalam drama yang dibaca atau ditonton secara lisan
|
6
|
3.35 Menganalisis isi dan kebahasaan
drama yang dibaca atau ditonton
|
4.35 Mendemonstrasikan sebuah naskah
drama dengan memerhatikan isi dan kebahasaan
|
6
|
3.36 Menganalisis pesan dari dua buku
fiksi (novel dan buku kumpulan puisi) yang dibaca
|
4.36
Menyusun ulasan terhadap pesan dari dua buku kumpulan
puisi yang dikaitkan dengan situasi kekinian
|
6
|
|
|
|
3.37 Mendeskripsikan
isi dan sistematika surat lamaran pekerjaan yang dibaca
|
4.37
Menyajikan simpulan sistematika dan unsur-unsur isi surat lamaran
baik secara lisan maupun tulis
|
6
|
3.38 Menganalisis unsur
kebahasaan surat lamaran pekerjaan
|
4.38
Menyusun surat lamaran pekerjaan dengan memerhatikan
isi, sistematika dan kebahasaan
|
6
|
3.39 Menganalisis
informasi, yang mencakup orientasi, rangkaian kejadian yang saling berkaitan,
komplikasi dan resolusi, dalam cerita sejarah lisan atau tulis
|
4.39
Mengonstruksi nilai-nilai dari informasi cerita sejarah dalam sebuah
teks eksplanasi
|
8
|
3.40 Menganalisis kebahasaan cerita atau novel sejarah
|
4.40
Menulis cerita sejarah pribadi dengan memerhatikan kebahasaan
|
8
|
3.41 Mendeskripsikan
informasi (pendapat, alternatif solusi dan simpulan terhadap suatu isu) dalam
teks editorial berkaitan dengan bidang
pekerjaan
|
4.41
Menyeleksi ragam informasi sebagai bahan teks editorial berkaitan dengan bidang pekerjaan baik secara lisan maupun tulis
|
6
|
3.42 Menganalisis
struktur dan kebahasaan teks editorial berkaitan dengan bidang pekerjaan
|
4.42
Merancang teks editorial berkaitan bidang pekerjaan dengan memerhatikan struktur dan kebahasaan baik secara lisan maupun
tulis
|
8
|
3.43 Menilai isi dua buku fiksi (kumpulan cerita
pendek atau kumpulan puisi) dan satu buku pengayaan (nonfiksi) yang dibaca
|
4.43
Menyusun laporan hasil diskusi buku tentang satu topik baik secara
lisan maupun tulis
|
8
|
3.44 Menganalisis isi teks iklan sesuai bidang pekerjaan
|
4.44
Mengonstruksi makna dan tujuan isi teks iklan sesuai
bidang pekerjaan
|
6
|
3.45 Menganalisis struktur dan ciri kebahasaan teks iklan sesuai bidang
pekerjaan
|
4.45
Menyusun teks iklan sesuai bidang pekerjaan dengan memerhatikan struktur dan kebahasaan baik
secara lisan maupun tulis
|
8
|
3.46 Mengevaluasi informasi, baik fakta maupun opini,
dalam sebuah artikel berkaitan dengan bidang
pekerjaan yang dibaca
|
4.46
Menyusun opini dalam bentuk artikel berkaitan dengan bidang pekerjaan
|
8
|
3.47 Menganalisis kebahasaan artikel dan/atau buku
ilmiah berkaitan dengan bidang
pekerjaan
|
4.47
Mengonstruksi sebuah artikel berkaitan bidang pekerjaan dengan memerhatikan fakta dan kebahasaan
|
8
|
3.48 Mendeskripsikan
isi dan sistematika surat dinas berkaitan dengan bidang pekerjaan
|
4.48
Menyajikan simpulan sistematika dan unsur-unsur isi surat dinas berkaitan dengan bidang pekerjaan baik secara lisan maupun tulis
|
6
|
3.49 Menganalisis unsur
kebahasaan surat dinas yang sesuai bidang
pekerjaan
|
4.49 Menyusun surat dinas yang berkaitan bidang pekerjaan dengan memerhatikan
isi, sistematika dan kebahasaan
|
8
|
3.50 Menganalisis
nilai-nilai yang terdapat dalam sebuah buku pengayaan (nonfiksi) dan satu
buku drama (fiksi)
|
4.50
Menulis refleksi tentang nilai-nilai yang terkandung dalam sebuah
buku pengayaan (nonfiksi) dan satu buku drama (fiksi)
|
8
|
Jumlah
|
354
|