ormat Penulisan KI-KD Mapel Kejuruan

Format Penulisan KI-KD Mapel Kejuruan Program Pendidikan 3 Tahun.


KOMPETENSI INTI DAN KOMPETENSI DASAR
SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN/MADRASAH ALIYAH KEJURUAN
Bidang Keahlian                        : ________________________
Program Keahlian                      : ________________________
Kompetensi Keahlian                 : ________________________ (3 Tahun)

Tujuan kurikulum mencakup empat aspek kompetensi, yaitu (1) aspek kompetensi sikap spiritual, (2) sikap sosial, (3) pengetahuan, dan (4) keterampilan. Aspek-aspek kompetensi tersebut dicapai melalui proses pembelajaran intrakurikuler, kokurikuler, dan ekstrakurikuler.
Rumusan kompetensi sikap spiritual yaitu, “Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya”. Sedangkan rumusan kompetensi sikap sosial yaitu, “Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, santun, peduli (gotong royong, kerja sama, toleran, damai), bertanggung-jawab, responsif, dan proaktif melalui keteladanan, pemberian nasihat, penguatan, pembiasaan, dan pengkondisian secara berkesinambungan serta menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia”. Kedua kompetensi tersebut dicapai melalui pembelajaran tidak langsung (indirect teaching) yaitu keteladanan, pembiasaan, dan budaya sekolah, dengan memperhatikan karakteristik mata pelajaran serta kebutuhan dan kondisi peserta didik.
Penumbuhan dan pengembangan kompetensi sikap dilakukan sepanjang proses pembelajaran berlangsung, dan dapat digunakan sebagai pertimbangan guru dalam mengembangkan karakter peserta didik lebih lanjut.

KOMPETENSI INTI 3
(PENGETAHUAN)
KOMPETENSI INTI 4
(KETERAMPILAN)
3.    Memahami, menerapkan, menganalisis, dan mengevaluasitentang pengetahuan faktual, konseptual, operasional dasar, dan metakognitif sesuai dengan bidang dan lingkup kerja ________________________(diisi Kompetensi Keahlian)pada tingkat teknis, spesifik, detil, dan kompleks, berkenaan dengan ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dalam konteks pengembangan potensi diri sebagai bagian dari keluarga, sekolah, dunia kerja, warga masyarakat nasional, regional, dan internasional.
4.    Melaksanakan tugas spesifik dengan menggunakan alat, informasi, dan prosedur kerja yang lazim dilakukan serta memecahkan masalah sesuai dengan bidang kerja ______________________________ ____________________ (diisi Kompetensi Keahlian). Menampilkan kinerja di bawah bimbingan dengan mutu dan kuantitas yang terukur sesuai dengan standar kompetensi kerja.
Menunjukkan keterampilan menalar, mengolah, dan menyaji secara efektif, kreatif, produktif, kritis, mandiri, kolaboratif, komunikatif, dan solutif dalam ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.
Menunjukkan keterampilan mempersepsi, kesiapan, meniru, membiasakan, gerak mahir, menjadikan gerak alami dalam ranah konkret terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.

Mata Pelajaran: _____________________________________
KOMPETENSI DASAR
KOMPETENSI DASAR
WAKTU
UNIT KOMPETENSI
SKEMA SERTIFIKASI
3.1       
4.1       



3.2       
4.2       



3.3       
4.3       



3.4       
4.4       



3.5       
4.5       



3.6       
4.6       



3.7       
4.7       



3.8       
4.8       



3.9       
4.9       



3.10     
4.10    



3.11     
4.11    



3.12     
4.12    



3.13     
4.13    



3.14     
4.14    



3.15     
4.15    



3.16     
4.16    



3.17     
4.17    



3.18     
4.18    



3.19     
4.19    



3.20     
4.20    



3.21     
4.21    



3.22     
4.22    



3.23     
4.23    



3.24     
4.24    



3.25     
4.25    



3.26     
4.26    



3.27     
4.27    



3.28     
4.28    



3.29     
4.29    



3.30     
4.30    



3.31     
4.31    



3.32     
4.32    



3.33     
4.33    



3.34     
4.34    



3.35     
4.35    



3.36    dst. …
4.36   dst. …




Mata Pelajaran: _____________________________________
KOMPETENSI DASAR
KOMPETENSI DASAR
WAKTU
UNIT KOMPETENSI
SKEMA SERTIFIKASI
3.1       
4.1       



3.2       
4.2       



3.3       
4.3       



3.4       
4.4       



3.5       
4.5       



3.6       
4.6       



3.7       
4.7       



3.8       
4.8       



3.9       
4.9       



3.10     
4.10    



3.11     
4.11    



3.12     
4.12    



3.13     
4.13    



3.14     
4.14    



3.15     
4.15    



3.16     
4.16    



3.17     
4.17    



3.18     
4.18    



3.19     
4.19    



3.20     
4.20    



3.21     
4.21    



3.22     
4.22    



3.23     
4.23    



3.24     
4.24    



3.25     
4.25    



3.26     
4.26    



3.27     
4.27    



3.28     
4.28    



3.29     
4.29    



3.30     
4.30    



3.31     
4.31    



3.32     
4.32    



3.33     
4.33    



3.34     
4.34    



3.35     
4.35    



3.36    dst. …
4.36   dst. …





Mata Pelajaran: _____________________________________
KOMPETENSI DASAR
KOMPETENSI DASAR
WAKTU
UNIT KOMPETENSI
SKEMA SERTIFIKASI
3.1       
4.1       



3.2       
4.2       



3.3       
4.3       



3.4       
4.4       



3.5       
4.5       



3.6       
4.6       



3.7       
4.7       



3.8       
4.8       



3.9       
4.9       



3.10     
4.10    



3.11     
4.11    



3.12     
4.12    



3.13     
4.13    



3.14     
4.14    



3.15     
4.15    



3.16     
4.16    



3.17     
4.17    



3.18     
4.18    



3.19     
4.19    



3.20     
4.20    



3.21     
4.21    



3.22     
4.22    



3.23     
4.23    



3.24     
4.24    



3.25     
4.25    



3.26     
4.26    



3.27     
4.27    



3.28     
4.28    



3.29     
4.29    



3.30     
4.30    



3.31     
4.31    



3.32     
4.32    



3.33     
4.33    



3.34     
4.34    



3.35     
4.35    



3.36    dst. …
4.36   dst. …








Lampiran 7. Format Penulisan KI-KD Mapel Kejuruan Program Pendidikan 4 Tahun.


KOMPETENSI INTI DAN KOMPETENSI DASAR
SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN/MADRASAH ALIYAH KEJURUAN
Bidang Keahlian                        : ________________________
Program Keahlian                      : ________________________
Kompetensi Keahlian                 : ________________________ (4 Tahun)

Tujuan kurikulum mencakup empat aspek kompetensi, yaitu (1) aspek kompetensi sikap spiritual, (2) sikap sosial, (3) pengetahuan, dan (4) keterampilan. Aspek-aspek kompetensi tersebut dicapai melalui proses pembelajaran intrakurikuler, kokurikuler, dan ekstrakurikuler.
Rumusan kompetensi sikap spiritual yaitu, “Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya”. Sedangkan rumusan kompetensi sikap sosial yaitu, “Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, santun, peduli (gotong royong, kerja sama, toleran, damai), bertanggung-jawab, responsif, dan proaktif melalui keteladanan, pemberian nasihat, penguatan, pembiasaan, dan pengkondisian secara berkesinambungan serta menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia”. Kedua kompetensi tersebut dicapai melalui pembelajaran tidak langsung (indirect teaching) yaitu keteladanan, pembiasaan, dan budaya sekolah, dengan memperhatikan karakteristik mata pelajaran serta kebutuhan dan kondisi peserta didik.
Penumbuhan dan pengembangan kompetensi sikap dilakukan sepanjang proses pembelajaran berlangsung, dan dapat digunakan sebagai pertimbangan guru dalam mengembangkan karakter peserta didik lebih lanjut.

KOMPETENSI INTI 3
(PENGETAHUAN)
KOMPETENSI INTI 4
(KETERAMPILAN)
3.    Memahami, menerapkan, menganalisis, dan mengevaluasitentang pengetahuan faktual, konseptual, operasional lanjut, dan metakognitif secara multidisiplin sesuai dengan bidang dan lingkup kerja ________________________ _____ (diisi Kompetensi Keahlian)pada tingkat teknis, spesifik, detil, dan kompleks, berkenaan dengan ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dalam konteks pengembangan potensi diri sebagai bagian dari keluarga, sekolah, dunia kerja, warga masyarakat nasional, regional, dan internasional.
4.    Melaksanakan tugas spesifik dengan menggunakan alat, informasi, dan prosedur kerja yang lazim dilakukan serta memecahkan masalah sesuai dengan bidang kerja ______________________________ _____________________ (diisi Kompetensi Keahlian).
Menampilkan kinerja mandiri dengan mutu dan kuantitas yang terukur sesuai dengan standar kompetensi kerja.
Menunjukkan keterampilan menalar, mengolah, dan menyaji secara efektif, kreatif, produktif, kritis, mandiri, kolaboratif, komunikatif, dan solutif dalam ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik secara mandiri.
Menunjukkan keterampilan mempersepsi, kesiapan, meniru, membiasakan, gerak mahir, menjadikan gerak alami, sampai dengan tindakan orisinal dalam ranah konkret terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik secara mandiri.

Mata Pelajaran: _____________________________________
KOMPETENSI DASAR
KOMPETENSI DASAR
WAKTU
UNIT KOMPETENSI
SKEMA SERTIFIKASI
3.1       
4.1       



3.2       
4.2       



3.3       
4.3       



3.4       
4.4       



3.5       
4.5       



3.6       
4.6       



3.7       
4.7       



3.8       
4.8       



3.9       
4.9       



3.10     
4.10    



3.11     
4.11    



3.12     
4.12    



3.13     
4.13    



3.14     
4.14    



3.15     
4.15    



3.16     
4.16    



3.17     
4.17    



3.18     
4.18    



3.19     
4.19    



3.20     
4.20    



3.21     
4.21    



3.22     
4.22    



3.23     
4.23    



3.24     
4.24    



3.25     
4.25    



3.26     
4.26    



3.27     
4.27    



3.28     
4.28    



3.29     
4.29    



3.30     
4.30    



3.31     
4.31    



3.32     
4.32    



3.33     
4.33    



3.34     
4.34    



3.35     
4.35    



3.36    dst. …
4.36   dst. …





Mata Pelajaran: _____________________________________
KOMPETENSI DASAR
KOMPETENSI DASAR
WAKTU
UNIT KOMPETENSI
SKEMA SERTIFIKASI
3.1       
4.1       



3.2       
4.2       



3.3       
4.3       



3.4       
4.4       



3.5       
4.5       



3.6       
4.6       



3.7       
4.7       



3.8       
4.8       



3.9       
4.9       



3.10     
4.10    



3.11     
4.11    



3.12     
4.12    



3.13     
4.13    



3.14     
4.14    



3.15     
4.15    



3.16     
4.16    



3.17     
4.17    



3.18     
4.18    



3.19     
4.19    



3.20     
4.20    



3.21     
4.21    



3.22     
4.22    



3.23     
4.23    



3.24     
4.24    



3.25     
4.25    



3.26     
4.26    



3.27     
4.27    



3.28     
4.28    



3.29     
4.29    



3.30     
4.30    



3.31     
4.31    



3.32     
4.32    



3.33     
4.33    



3.34     
4.34    



3.35     
4.35    



3.36    dst. …
4.36   dst. …




Mata Pelajaran: _____________________________________
KOMPETENSI DASAR
KOMPETENSI DASAR
WAKTU
UNIT KOMPETENSI
SKEMA SERTIFIKASI
3.1       
4.1       



3.2       
4.2       



3.3       
4.3       



3.4       
4.4       



3.5       
4.5       



3.6       
4.6       



3.7       
4.7       



3.8       
4.8       



3.9       
4.9       



3.10     
4.10    



3.11     
4.11    



3.12     
4.12    



3.13     
4.13    



3.14     
4.14    



3.15     
4.15    



3.16     
4.16    



3.17     
4.17    



3.18     
4.18    



3.19     
4.19    



3.20     
4.20    



3.21     
4.21    



3.22     
4.22    



3.23     
4.23    



3.24     
4.24    



3.25     
4.25    



3.26     
4.26    



3.27     
4.27    



3.28     
4.28    



3.29     
4.29    



3.30     
4.30    



3.31     
4.31    



3.32     
4.32    



3.33     
4.33    



3.34     
4.34    



3.35     
4.35    



3.36    dst. …
4.36   dst. …