Format Penulisan KI-KD Mapel Kejuruan Program
Pendidikan 3 Tahun.
KOMPETENSI
INTI DAN KOMPETENSI DASAR
SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN/MADRASAH ALIYAH KEJURUAN
Bidang Keahlian :
________________________
Program Keahlian :
________________________
Kompetensi Keahlian : ________________________ (3
Tahun)
Tujuan kurikulum mencakup empat aspek kompetensi,
yaitu (1) aspek kompetensi sikap spiritual, (2) sikap sosial, (3) pengetahuan,
dan (4) keterampilan. Aspek-aspek kompetensi tersebut dicapai melalui proses
pembelajaran intrakurikuler, kokurikuler, dan ekstrakurikuler.
Rumusan kompetensi sikap spiritual yaitu, “Menghayati
dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya”. Sedangkan rumusan kompetensi sikap sosial yaitu, “Menghayati
dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, santun, peduli (gotong royong, kerja
sama, toleran, damai), bertanggung-jawab, responsif, dan proaktif melalui
keteladanan, pemberian nasihat, penguatan, pembiasaan, dan pengkondisian secara
berkesinambungan serta menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas
berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan
sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam
pergaulan dunia”. Kedua kompetensi
tersebut dicapai melalui pembelajaran tidak langsung (indirect teaching) yaitu keteladanan, pembiasaan, dan budaya
sekolah, dengan memperhatikan karakteristik mata pelajaran serta kebutuhan dan
kondisi peserta didik.
Penumbuhan dan pengembangan kompetensi sikap dilakukan sepanjang proses
pembelajaran berlangsung, dan dapat digunakan sebagai pertimbangan guru dalam
mengembangkan karakter peserta didik lebih lanjut.
KOMPETENSI INTI
3
(PENGETAHUAN)
|
KOMPETENSI INTI
4
(KETERAMPILAN)
|
3.
Memahami,
menerapkan,
menganalisis,
dan mengevaluasitentang pengetahuan faktual, konseptual, operasional dasar, dan metakognitif sesuai dengan bidang dan
lingkup kerja ________________________(diisi Kompetensi Keahlian)pada tingkat teknis, spesifik, detil, dan kompleks,
berkenaan dengan ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora
dalam konteks pengembangan potensi diri sebagai bagian dari keluarga,
sekolah, dunia kerja, warga masyarakat nasional, regional, dan internasional.
|
4. Melaksanakan tugas
spesifik dengan menggunakan alat, informasi, dan prosedur kerja yang lazim
dilakukan serta memecahkan
masalah sesuai dengan bidang kerja ______________________________ ____________________ (diisi Kompetensi Keahlian). Menampilkan kinerja di bawah bimbingan dengan mutu
dan kuantitas yang terukur sesuai dengan standar kompetensi kerja.
Menunjukkan keterampilan menalar, mengolah, dan menyaji secara efektif, kreatif, produktif, kritis, mandiri, kolaboratif, komunikatif, dan solutif dalam ranah abstrak terkait dengan
pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan
tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.
Menunjukkan keterampilan mempersepsi, kesiapan,
meniru, membiasakan, gerak mahir, menjadikan gerak alami dalam ranah konkret terkait dengan
pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan
tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.
|
Mata
Pelajaran: _____________________________________
KOMPETENSI
DASAR
|
KOMPETENSI
DASAR
|
WAKTU
|
UNIT KOMPETENSI
|
SKEMA SERTIFIKASI
|
3.1
|
4.1
|
|
|
|
3.2
|
4.2
|
|
|
|
3.3
|
4.3
|
|
|
|
3.4
|
4.4
|
|
|
|
3.5
|
4.5
|
|
|
|
3.6
|
4.6
|
|
|
|
3.7
|
4.7
|
|
|
|
3.8
|
4.8
|
|
|
|
3.9
|
4.9
|
|
|
|
3.10
|
4.10
|
|
|
|
3.11
|
4.11
|
|
|
|
3.12
|
4.12
|
|
|
|
3.13
|
4.13
|
|
|
|
3.14
|
4.14
|
|
|
|
3.15
|
4.15
|
|
|
|
3.16
|
4.16
|
|
|
|
3.17
|
4.17
|
|
|
|
3.18
|
4.18
|
|
|
|
3.19
|
4.19
|
|
|
|
3.20
|
4.20
|
|
|
|
3.21
|
4.21
|
|
|
|
3.22
|
4.22
|
|
|
|
3.23
|
4.23
|
|
|
|
3.24
|
4.24
|
|
|
|
3.25
|
4.25
|
|
|
|
3.26
|
4.26
|
|
|
|
3.27
|
4.27
|
|
|
|
3.28
|
4.28
|
|
|
|
3.29
|
4.29
|
|
|
|
3.30
|
4.30
|
|
|
|
3.31
|
4.31
|
|
|
|
3.32
|
4.32
|
|
|
|
3.33
|
4.33
|
|
|
|
3.34
|
4.34
|
|
|
|
3.35
|
4.35
|
|
|
|
3.36
dst.
…
|
4.36
dst. …
|
|
|
|
Mata
Pelajaran: _____________________________________
KOMPETENSI
DASAR
|
KOMPETENSI
DASAR
|
WAKTU
|
UNIT KOMPETENSI
|
SKEMA SERTIFIKASI
|
3.1
|
4.1
|
|
|
|
3.2
|
4.2
|
|
|
|
3.3
|
4.3
|
|
|
|
3.4
|
4.4
|
|
|
|
3.5
|
4.5
|
|
|
|
3.6
|
4.6
|
|
|
|
3.7
|
4.7
|
|
|
|
3.8
|
4.8
|
|
|
|
3.9
|
4.9
|
|
|
|
3.10
|
4.10
|
|
|
|
3.11
|
4.11
|
|
|
|
3.12
|
4.12
|
|
|
|
3.13
|
4.13
|
|
|
|
3.14
|
4.14
|
|
|
|
3.15
|
4.15
|
|
|
|
3.16
|
4.16
|
|
|
|
3.17
|
4.17
|
|
|
|
3.18
|
4.18
|
|
|
|
3.19
|
4.19
|
|
|
|
3.20
|
4.20
|
|
|
|
3.21
|
4.21
|
|
|
|
3.22
|
4.22
|
|
|
|
3.23
|
4.23
|
|
|
|
3.24
|
4.24
|
|
|
|
3.25
|
4.25
|
|
|
|
3.26
|
4.26
|
|
|
|
3.27
|
4.27
|
|
|
|
3.28
|
4.28
|
|
|
|
3.29
|
4.29
|
|
|
|
3.30
|
4.30
|
|
|
|
3.31
|
4.31
|
|
|
|
3.32
|
4.32
|
|
|
|
3.33
|
4.33
|
|
|
|
3.34
|
4.34
|
|
|
|
3.35
|
4.35
|
|
|
|
3.36
dst.
…
|
4.36
dst. …
|
|
|
|
Mata
Pelajaran: _____________________________________
KOMPETENSI
DASAR
|
KOMPETENSI
DASAR
|
WAKTU
|
UNIT KOMPETENSI
|
SKEMA SERTIFIKASI
|
3.1
|
4.1
|
|
|
|
3.2
|
4.2
|
|
|
|
3.3
|
4.3
|
|
|
|
3.4
|
4.4
|
|
|
|
3.5
|
4.5
|
|
|
|
3.6
|
4.6
|
|
|
|
3.7
|
4.7
|
|
|
|
3.8
|
4.8
|
|
|
|
3.9
|
4.9
|
|
|
|
3.10
|
4.10
|
|
|
|
3.11
|
4.11
|
|
|
|
3.12
|
4.12
|
|
|
|
3.13
|
4.13
|
|
|
|
3.14
|
4.14
|
|
|
|
3.15
|
4.15
|
|
|
|
3.16
|
4.16
|
|
|
|
3.17
|
4.17
|
|
|
|
3.18
|
4.18
|
|
|
|
3.19
|
4.19
|
|
|
|
3.20
|
4.20
|
|
|
|
3.21
|
4.21
|
|
|
|
3.22
|
4.22
|
|
|
|
3.23
|
4.23
|
|
|
|
3.24
|
4.24
|
|
|
|
3.25
|
4.25
|
|
|
|
3.26
|
4.26
|
|
|
|
3.27
|
4.27
|
|
|
|
3.28
|
4.28
|
|
|
|
3.29
|
4.29
|
|
|
|
3.30
|
4.30
|
|
|
|
3.31
|
4.31
|
|
|
|
3.32
|
4.32
|
|
|
|
3.33
|
4.33
|
|
|
|
3.34
|
4.34
|
|
|
|
3.35
|
4.35
|
|
|
|
3.36
dst.
…
|
4.36
dst. …
|
|
|
|
Lampiran 7. Format
Penulisan KI-KD Mapel Kejuruan Program Pendidikan 4 Tahun.
KOMPETENSI
INTI DAN KOMPETENSI DASAR
SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN/MADRASAH ALIYAH KEJURUAN
Bidang Keahlian :
________________________
Program Keahlian :
________________________
Kompetensi Keahlian : ________________________ (4
Tahun)
Tujuan kurikulum mencakup empat aspek kompetensi,
yaitu (1) aspek kompetensi sikap spiritual, (2) sikap sosial, (3) pengetahuan,
dan (4) keterampilan. Aspek-aspek kompetensi tersebut dicapai melalui proses pembelajaran
intrakurikuler, kokurikuler, dan ekstrakurikuler.
Rumusan kompetensi sikap spiritual yaitu, “Menghayati
dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya”. Sedangkan rumusan kompetensi sikap sosial yaitu, “Menghayati
dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, santun, peduli (gotong royong, kerja
sama, toleran, damai), bertanggung-jawab, responsif, dan proaktif melalui
keteladanan, pemberian nasihat, penguatan, pembiasaan, dan pengkondisian secara
berkesinambungan serta menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas
berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan
sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam
pergaulan dunia”. Kedua kompetensi
tersebut dicapai melalui pembelajaran tidak langsung (indirect teaching) yaitu keteladanan, pembiasaan, dan budaya
sekolah, dengan memperhatikan karakteristik mata pelajaran serta kebutuhan dan
kondisi peserta didik.
Penumbuhan dan pengembangan kompetensi sikap dilakukan sepanjang proses
pembelajaran berlangsung, dan dapat digunakan sebagai pertimbangan guru dalam
mengembangkan karakter peserta didik lebih lanjut.
KOMPETENSI INTI
3
(PENGETAHUAN)
|
KOMPETENSI INTI
4
(KETERAMPILAN)
|
3.
Memahami,
menerapkan,
menganalisis,
dan mengevaluasitentang pengetahuan faktual, konseptual, operasional lanjut, dan metakognitif secara multidisiplin sesuai
dengan bidang dan lingkup kerja ________________________ _____
(diisi Kompetensi Keahlian)pada tingkat
teknis, spesifik, detil, dan kompleks, berkenaan dengan ilmu pengetahuan, teknologi,
seni, budaya, dan humaniora dalam konteks pengembangan potensi diri sebagai
bagian dari keluarga, sekolah, dunia kerja, warga masyarakat nasional,
regional, dan internasional.
|
4. Melaksanakan tugas
spesifik dengan menggunakan alat, informasi, dan prosedur kerja yang lazim
dilakukan serta memecahkan
masalah sesuai dengan bidang kerja ______________________________ _____________________ (diisi Kompetensi Keahlian).
Menampilkan kinerja mandiri dengan mutu dan
kuantitas yang terukur sesuai dengan standar kompetensi kerja.
Menunjukkan keterampilan menalar, mengolah, dan menyaji secara efektif, kreatif, produktif, kritis, mandiri, kolaboratif, komunikatif, dan solutif dalam ranah abstrak terkait dengan
pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan
tugas spesifik secara mandiri.
Menunjukkan keterampilan mempersepsi, kesiapan,
meniru, membiasakan, gerak mahir, menjadikan gerak alami, sampai dengan tindakan orisinal
dalam ranah konkret terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di
sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik secara mandiri.
|
Mata
Pelajaran: _____________________________________
KOMPETENSI
DASAR
|
KOMPETENSI
DASAR
|
WAKTU
|
UNIT KOMPETENSI
|
SKEMA SERTIFIKASI
|
3.1
|
4.1
|
|
|
|
3.2
|
4.2
|
|
|
|
3.3
|
4.3
|
|
|
|
3.4
|
4.4
|
|
|
|
3.5
|
4.5
|
|
|
|
3.6
|
4.6
|
|
|
|
3.7
|
4.7
|
|
|
|
3.8
|
4.8
|
|
|
|
3.9
|
4.9
|
|
|
|
3.10
|
4.10
|
|
|
|
3.11
|
4.11
|
|
|
|
3.12
|
4.12
|
|
|
|
3.13
|
4.13
|
|
|
|
3.14
|
4.14
|
|
|
|
3.15
|
4.15
|
|
|
|
3.16
|
4.16
|
|
|
|
3.17
|
4.17
|
|
|
|
3.18
|
4.18
|
|
|
|
3.19
|
4.19
|
|
|
|
3.20
|
4.20
|
|
|
|
3.21
|
4.21
|
|
|
|
3.22
|
4.22
|
|
|
|
3.23
|
4.23
|
|
|
|
3.24
|
4.24
|
|
|
|
3.25
|
4.25
|
|
|
|
3.26
|
4.26
|
|
|
|
3.27
|
4.27
|
|
|
|
3.28
|
4.28
|
|
|
|
3.29
|
4.29
|
|
|
|
3.30
|
4.30
|
|
|
|
3.31
|
4.31
|
|
|
|
3.32
|
4.32
|
|
|
|
3.33
|
4.33
|
|
|
|
3.34
|
4.34
|
|
|
|
3.35
|
4.35
|
|
|
|
3.36
dst.
…
|
4.36
dst. …
|
|
|
|
Mata
Pelajaran: _____________________________________
KOMPETENSI
DASAR
|
KOMPETENSI
DASAR
|
WAKTU
|
UNIT KOMPETENSI
|
SKEMA SERTIFIKASI
|
3.1
|
4.1
|
|
|
|
3.2
|
4.2
|
|
|
|
3.3
|
4.3
|
|
|
|
3.4
|
4.4
|
|
|
|
3.5
|
4.5
|
|
|
|
3.6
|
4.6
|
|
|
|
3.7
|
4.7
|
|
|
|
3.8
|
4.8
|
|
|
|
3.9
|
4.9
|
|
|
|
3.10
|
4.10
|
|
|
|
3.11
|
4.11
|
|
|
|
3.12
|
4.12
|
|
|
|
3.13
|
4.13
|
|
|
|
3.14
|
4.14
|
|
|
|
3.15
|
4.15
|
|
|
|
3.16
|
4.16
|
|
|
|
3.17
|
4.17
|
|
|
|
3.18
|
4.18
|
|
|
|
3.19
|
4.19
|
|
|
|
3.20
|
4.20
|
|
|
|
3.21
|
4.21
|
|
|
|
3.22
|
4.22
|
|
|
|
3.23
|
4.23
|
|
|
|
3.24
|
4.24
|
|
|
|
3.25
|
4.25
|
|
|
|
3.26
|
4.26
|
|
|
|
3.27
|
4.27
|
|
|
|
3.28
|
4.28
|
|
|
|
3.29
|
4.29
|
|
|
|
3.30
|
4.30
|
|
|
|
3.31
|
4.31
|
|
|
|
3.32
|
4.32
|
|
|
|
3.33
|
4.33
|
|
|
|
3.34
|
4.34
|
|
|
|
3.35
|
4.35
|
|
|
|
3.36
dst.
…
|
4.36
dst. …
|
|
|
|
Mata
Pelajaran: _____________________________________
KOMPETENSI
DASAR
|
KOMPETENSI
DASAR
|
WAKTU
|
UNIT KOMPETENSI
|
SKEMA SERTIFIKASI
|
3.1
|
4.1
|
|
|
|
3.2
|
4.2
|
|
|
|
3.3
|
4.3
|
|
|
|
3.4
|
4.4
|
|
|
|
3.5
|
4.5
|
|
|
|
3.6
|
4.6
|
|
|
|
3.7
|
4.7
|
|
|
|
3.8
|
4.8
|
|
|
|
3.9
|
4.9
|
|
|
|
3.10
|
4.10
|
|
|
|
3.11
|
4.11
|
|
|
|
3.12
|
4.12
|
|
|
|
3.13
|
4.13
|
|
|
|
3.14
|
4.14
|
|
|
|
3.15
|
4.15
|
|
|
|
3.16
|
4.16
|
|
|
|
3.17
|
4.17
|
|
|
|
3.18
|
4.18
|
|
|
|
3.19
|
4.19
|
|
|
|
3.20
|
4.20
|
|
|
|
3.21
|
4.21
|
|
|
|
3.22
|
4.22
|
|
|
|
3.23
|
4.23
|
|
|
|
3.24
|
4.24
|
|
|
|
3.25
|
4.25
|
|
|
|
3.26
|
4.26
|
|
|
|
3.27
|
4.27
|
|
|
|
3.28
|
4.28
|
|
|
|
3.29
|
4.29
|
|
|
|
3.30
|
4.30
|
|
|
|
3.31
|
4.31
|
|
|
|
3.32
|
4.32
|
|
|
|
3.33
|
4.33
|
|
|
|
3.34
|
4.34
|
|
|
|
3.35
|
4.35
|
|
|
|
3.36
dst.
…
|
4.36
dst. …
|
|
|
|